10 Rekomendasi Mesin Pembuat Kopi (Coffee Maker) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Pembuat Kopi (Coffee Maker) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda penggemar kopi, dapat menikmati secangkir kopi panas di rumah setiap saat merupakan hal yang menyenangkan. Dengan memiliki mesin pembuat kopi atau yang sering disebut dengan coffee maker, Anda bisa menikmati kopi kapan pun Anda mau.

Mesin pembuat kopi memiliki berbagai macam tipe dari yang manual hingga otomatis, untuk kopi bubuk maupun kopi bentuk kapsul. Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih mesin pembuat kopi yang tepat, serta merekomendasikan produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. DeLonghi, Nescafe, Hario, Oxone, dan merek lainnya akan kami jelaskan disini. Yuk, disimak!

Daftar isi

Cara memilih mesin pembuat kopi

Pertama-tama, kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih mesin pembuat kopi untuk Anda. Pastikan untuk meneliti produk yang akan Anda beli sebelumnya.

Pilihlah yang sesuai dengan keinginan Anda

Selain model drip, mesin pembuat kopi memiliki berbagai macam jenis dan tipe, dengan kelebihan yang berbeda-beda. Mari kita lihat satu persatu.

Drip method, sederhana dan efisien

Drip method, sederhana dan efisien

Drip method atau disebut juga dengan filter method merupakan salah satu coffee maker yang populer karena kesederhanaan dan efisiensinya. Cara pembuatannya adalah dengan meletakkan kopi bubuk pada kertas/saringan yang tersedia, lalu tuangkan air dari atas, dan panaskan bejana kopi tersebut. Kopi pun siap disajikan.

Pada alat ini ada dua jenis server yang tersedia, yaitu kaca dan stainless steel. Masing-masing memiliki ketahanan panas yang berbeda. Bagi Anda yang senang minum kopi dalam waktu singkat setelah diseduh, Anda bisa memilih server yang terbuat dari kaca. Bagi Anda yang ingin minum dengan perlahan, Anda dapat memilih server dengan bahan stainless steel karena dapat menahan panas lebih lama.

Sebelum Anda memilih coffee maker jenis ini, ada baiknya Anda mengecek kelengkapan alat yang ada. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek dripper-nya apakah ukurannya sudah sesuai atau belum.

Coffee pod, praktis dan mudah digunakan

Coffee pod, praktis dan mudah digunakan

Anda dapat dengan mudah membuat kopi dengan coffee maker tipe ini karena Anda cukup memasukkan pods atau kapsul kopi ke dalamnya. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, coffee pod merupakan tipe mesin kopi yang mudah digunakan dan dibersihkan.

Karena dikemas dalam bentuk kantong kecil dengan ukuran yang pas, Anda tidak perlu khawatir akan takaran yang salah, serta Anda juga tidak perlu khawatir bubuknya akan berhamburan. Meskipun memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan drip method, mesin dengan tipe ini lebih mudah dibersihkan. Selain itu, kopi dengan bentuk kapsul juga memiliki rasa yang bervariasi sehingga Anda bisa mencoba berbagai macam rasa yang Anda sukai. 

Siphon type, butuh keterampilan khusus untuk menggunakannya

Siphon type, butuh keterampilan khusus untuk menggunakannya

Kelebihan yang dimiliki coffee maker tipe siphon ini adalah Anda bisa melihat proses kopi tersebut menetes sedikit demi sedikit secara langsung. Selain itu, mesin ini juga memiliki penampilan yang menarik sehingga dapat juga Anda jadikan sebagai bagian dari interior rumah Anda. Tipe ini mengandalkan tekanan uap untuk proses pembuatan kopinya, jika dibandingkan dengan tipe lainnya, sedikit dibutuhkan keterampilan khusus saat menggunakan mesin kopi ini. Untuk Anda yang ingin menikmati kopi dengan cita rasa yang berbeda, kami merekomendasikan mesin kopi ini untuk Anda. 

Jika Anda ingin membeli coffee maker tipe ini, pilihlah mesin yang menggunakan tenaga listrik karena lebih mudah dan aman saat digunakan. Selain itu, pilihlah produk yang menggunakan tipe kabel magnet.

Espresso type, nyawa sebuah kafe

Espresso type, nyawa sebuah kafe

Meskipun diberi nama mesin espresso, beberapa produk selain mesin ini juga dapat membuat espresso. Mesin ini dapat mengolah kopi dari yang masih berbentuk biji maupun yang sudah menjadi bubuk kopi. Mesin espresso sendiri sangat beragam. Baik dari segi model, ukuran, fungsi, kecanggihan, hingga harganya.

Mesin ini dapat menghasilkan espresso yang lezat dalam waktu singkat. Mesin tipe ini sering disebut sebagai nyawa sebuah kafe atau kedai kopi karena dapat menghasilkan seduhan espresso yang sempurna. Untuk mesin profesional biasanya memiliki tekanan optimal sebesar 9 bar, dan untuk menghasilkan espresso shot yang sempurna diperlukan 25 – 60 ml air kopi yang telah diseduh pada 20-30 detik pertama. Tidak hanya untuk para profesional, Anda pun dapat memiliki mesin ini di rumah, karena ada berbagai macam tipe mesin espresso dengan harga yang terjangkau.

Pilih berdasarkan spesifikasi produknya

Setiap jenis coffee maker memiliki fitur yang berbeda, pastikan Anda memeriksa dan menelitinya sebelum membeli.

Kapasitas dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

Coffee maker biasanya diletakan di dapur atau tempat makan. Pastikan ukurannya sesuai dengan tempat yang Anda miliki, agar tidak mengganggu aktivitas Anda.

Selain itu, periksalah kapasitas coffee maker yang akan Anda beli. Misalnya Anda ingin membuat kopi untuk seluruh anggota keluarga (4-5 cups) dalam satu kali pembuatan, maka Anda membutuhkan mesin dengan kapasitas sekitar 1 liter. Pilihlah coffee maker yang sesuai dengan kapasitas yang Anda butuhkan.

Mudah digunakan dan dibersihkan

Pilihlah coffee maker yang mudah digunakan. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek apakah mesin tersebut mudah dibersihkan, seperti tempat air yang bisa di lepas, periksa juga apakah setiap bagian bisa dijangkau dengan tangan, lalu apakah mesin tersebut memiliki struktur yang sederhana, dan sebagainya. Pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu agar Anda tidak kesulitan di kemudian hari.

Selain itu, pastikan suku cadang pada coffee maker yang Anda beli mudah didapat sehingga Anda dapat membelinya dengan mudah apabila ada bagian mesin yang rusak.

Pilihlah berdasarkan fitur tambahannya

Pilihlah berdasarkan fitur tambahannya

Sebelum Anda membeli coffee maker pilihan Anda, periksalah fitur tambahan yang ada. Contohnya seperti memiliki fungsi steamer, pengaturan waktu otomatis, power off otomatis, dan lain-lain. Pastikan fitur tambahan tersebut menguntungkan Anda saat menggunakannya.

10 Rekomendasi mesin pembuat kopi (coffee maker) terbaik (terbaru tahun 2018)

Dari sini kami akan mengulas dan merekomendasikan coffee maker terbaik untuk Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan model yang Anda inginkan, ya!

10. Sharp HM-80L-W

10. Sharp HM-80L-W

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 229.000

Kapasitas besar, praktis untuk menjamu tamu yang datang ke rumah

Coffee maker Sharp HM-80L-W merupakan mesin yang cukup hemat energi karena menggunakan daya 700 watt. Mesin ini memiliki kapasitas cukup besar yaitu 1,5 liter. Anda dapat menyajikan 10-20 cups kopi, praktis, dan bisa lebih hemat waktu. Bagi Anda yang memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak atau sering menjamu tamu di rumah, mesin ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Bagian filter mesin kopi ini dapat dilepas, memudahkan Anda saat membersihkannya. Mesin ini juga memiliki wadah berbahan kaca sehingga Anda dapat melihat takaran dengan jelas. Dilengkapi dengan piringan pemanas, kopi Anda akan tetap terjaga kehangatannya setiap saat.

9. Akebonno – Coffee Syphon 2 Cups

9. Akebonno - Coffee Syphon 2 Cups

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 419.000

Ukuran yang tidak terlalu besar, pilihan tepat untuk Anda yang tinggal sendiri

Bagi Anda para penikmat kopi yang ingin merasakan rasa dan aroma kopi dengan cita rasa yang berbeda, Anda bisa mencoba produk dari Akebonno ini. Pembuatan kopi yang melalui proses pemanasan yang tepat, mesin ini dapat menghasilkan kopi dengan rasa yang tidak terlalu pahit, serta aroma yang istimewa. 

Mesin ini dapat membuat kopi hingga 2 cupsDengan ukuran tinggi 34 cm, lebar 11 cm, dan diameter gelas bawah 8,5 cm, produk ini tidak memakan tempat yang besar. Harga yang terjangkau dan ukuran yang tidak terlalu besar, produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang tinggal sendiri atau tinggal berdua bersama pasangan.

8. Oxone OX-212 Coffee & Tea Maker

8. Oxone OX-212 Coffee & Tea Maker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 390.000

Break time menjadi lebih menyenangkan dengan kopi atau teh

Untuk Anda penyuka kopi maupun teh, mesin keluaran Oxone ini mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda. Memiliki daya 650 watt dan memiliki daya tampung yang cukup besar, Anda dapat mengajak teman-teman Anda datang ke rumah untuk bersantai bersama. Anda dapat menyeduh teh atau kopi, sesuai dengan mood Anda hari itu. Waktu santai Anda pun menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, mesin ini juga memiliki indikator kapasitas untuk mengetahui volume air agar sesuai dengan takaran yang Anda inginkan. Bagi Anda yang menginginkan coffee maker dengan daya listrik yang tidak begitu besar dengan hasil seduhan yang banyak, mesin ini sangat cocok untuk Anda.

7. Hario – Coffee Syphon Technica TCA-2

7. Hario Coffee Syphon Technica TCA-2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Nikmati kopi dengan rasa murni dan tidak pahit

Terbuat dari kaca berkualitas, produk ini dapat menghasilkan suhu ideal saat membuat kopi yaitu 91-95 derajat celcius, membuat hasil seduhan kopi ini memiliki aroma serta rasa yang murni. Produk buatan Jepang ini memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Meskipun harganya cukup mahal, Anda tidak akan kecewa jika memilikinya.

Alat ini menggunakan mekanisme ilmiah dan bekerja sesuai prinsip tekanan. Bagi Anda yang senang melihat proses penyeduhan kopi, Anda wajib mencoba menyeduh kopi dengan alat ini. Pasti akan sangat menyenangkan! Selain itu, untuk Anda yang menyukai interior dengan gaya klasik, coffee maker ini juga cocok sebagai salah satu alat untuk menghiasi rumah Anda.

6. Sigmatic Coffee Maker 100 SS

6. Sigmatic Coffee Maker 100 SS

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.299.000

Siap untuk membuka kafe Anda sendiri?

Dilengkapi dengan teknologi pemanas alumunium boiler, mesin ini bisa memanaskan air lebih cepat. Penggunaan mesin ini pun sangat mudah dan praktis karena memiliki knob pengatur, dan steam besaran uap pembuat buih yang ditentukan langsung oleh mesin sehingga rasa minuman kopi yang dihasilkan pun dijamin pas. Dengan mesin ini, Anda bisa membuat sendiri moccacino, espresso, serta cappucino, yang nikmat di rumah.

Mesin ini juga dijamin aman karena sudah dilengkapi dengan thermostat yang berfungsi untuk memutuskan aliran listrik ketika terjadi tegangan listrik yang tidak stabil atau terjadi panas yang berlebih. Sisa kopi yang dihasilkan pun mudah dibersihkan. Bagi Anda yang akan membuka kafe ataupun ingin menikmati berbagai macam variasi minuman kopi di rumah, mesin ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Nescafe Dolce Gusto Circolo Automatic Titanium

5. Nescafe Dolce Gusto Circolo Automatic Titanium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.899.870

Tak perlu lagi jajan kopi di luar. Yuk, hemat pengeluaran dengan kopi nikmat buatan sendiri!

Bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan dan menginginkan mesin yang mampu menyajikan kopi dengan cepat, maka produk ini adalah pilihannya. Mesin ini mampu menyajikan kopi kurang dari 1 menit sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati secangkir kopi hangat atau dingin setiap harinya. Tidak hanya mampu menyajikan minuman dengan cepat, cita rasa yang dihasilkan pun juga nikmat.

Selain kopi, mesin ini juga dapat membuat semua jenis minuman seperti teh, coklat, ataupun frosthy lattes. Untuk Anda yang hobi membeli minuman kopi di kafe terkenal, kini Anda tidak perlu melakukannya lagi. Kalau bisa membuatnya sendiri di rumah, kenapa harus membeli di luar? Anda pun akan lebih hemat uang! 

4. Breville Nespresso U Solo

4. Breville Nespresso U Solo 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.799.000

Dapatkan cita rasa kopi asli dengan mesin ini

Mesin ini memiliki sistem pemanas air thermoblock dengan kapasitas sekitar 0,8 liter. Memiliki 3 fitur cups yang berbeda yaitu espresso, ristretto, dan lungo, produk ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati kopi asli tanpa campuran. Dilengkapi juga dengan Aeroccino yang berfungsi untuk mengoptimalkan pembuatan buih susu secara otomatis, Anda pun dapat membuat minuman kopi selain kopi hitam.

Cara penggunaan mesin ini pun cukup mudah sehingga untuk Anda yang masih pemula pun dapat menggunakan. Dilengkapi dengan tempat air dan baki tetesan yang mudah dilepas, coffee maker ini mudah dibersihkan. Dilengkapi pula dengan eco mode, membuat mesin ini semakin aman dan mudah digunakan. Bagi Anda yang menginginkan mesin dengan fitur yang canggih, mudah digunakan, dan memiliki hasil seduhan yang memuaskan, Anda tidak perlu ragu untuk memilih mesin ini.

3. DeLonghi – DL Bco260CD MC Intaruska

3. Delonghi DL Bco260CD MC Intaruska

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.202.500

Santai sejenak dengan secangkir cappucino untuk Anda yang selalu sibuk

Mesin ini memiliki  kapasitas yang cukup besar yaitu 1,3 liter atau setara dengan 10 cangkir kopi. Dengan kapasitas ini, Anda tidak perlu lagi berulang kali membuat kopi. Tidak hanya bisa digunakan di rumah, untuk Anda yang memiliki kantor kecil, mesin kopi ini juga bisa menjadi pilihan sempurna agar Anda dapat menikmati secangkir kopi nikmat dengan rekan kerja saat istirahat.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur mesin ini agar bisa menyala setiap pagi. Pas untuk Anda yang setiap harinya minum kopi sebagai mood booster sebelum mulai bekerja. Dilengkapi dengan sistem emulsi khusus, Anda bisa membuat cappuccino yang nikmat dengan mesin ini. Anda pun bisa memilih antara kopi bubuk dan easy serving espresso.

2. DeLonghi – Icona Manual Espresso Machine ECO 310

2. DeLonghi ECOV 310

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.600.800

Keseruan membuat kopi dengan berbagai macam rasa

Mesin dengan kapasitas 1,4 liter ini menawarkan fitur-fitur yang sangat menjanjikan untuk Anda. Salah satunya adalah mesin ini dilengkapi dengan stainless steel boiler dan dual thermostat yang membuat proses pembuatan kopi menjadi lebih cepat dan menghasilkan rasa yang nikmat. Mesin ini juga memiliki filter khusus untuk menghasilkan cita rasa kopi dengan aroma yang tahan lama.

Selain itu, mesin ini dapat digunakan dengan 2 cara brewing, yaitu bisa dengan cara kapsul dan bisa juga dengan memasukkan bubuk kopi seperti mesin kopi pada umumnya. Ada juga fitur sistem cappuccino dan self-priming yang selalu siap untuk digunakan. Tidak hanya kopi dan espresso, Anda juga dapat membuat minuman jenis latte lainnya. Coffee maker ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati berbagai macam minuman kopi.

1. Krups XP5620

1. Krups XP5620

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.500.000

Kelezatan segelas kopi yang sempurna untuk mengawali hari Anda

Mesin dengan kapasitas 1,1 liter ini dilengkapi dengan autotamping yang dirancang untuk membuat espresso dengan hasil seduhan serta aroma yang sama setiap harinya. Anda juga dapat memilih akan menggunakan bubuk kopi maupun biji kopi pada saat membuatnya. Memiliki tekanan sebesar 15 bar, mesin ini dapat membuat kopi dengan rasa yang sangat enak.

Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan thermoblock yang berfungsi untuk mempercepat proses pemanasan sebelum mesin digunakan. Ada pula sistem eco mode serta auto shut-off, mesin ini aman dalam penggunaanya, dan Anda juga akan lebih menghemat biaya listrik. Bagi Anda yang menginginkan mesin dengan banyak fitur dan hasil kopi yang sempurna, Anda tidak perlu ragu untuk memilih mesin ini.

Tips membuat kopi yang enak

Setelah merekomendasikan berbagai macam coffee maker untuk Anda, kali ini kami akan memberikan tips membuat kopi yang nikmat. Selamat mencoba!

Lakukanlah percobaan pertama untuk mesin kopi baru

Lakukanlah percobaan pertama unutk mesin kopi baru 

Setelah Anda membeli mesin kopi baru, cobalah langsung untuk membuat kopi dengan mesin tersebut. Kopi memiliki sifat mudah menyerap bau sehingga Anda perlu mencoba mesin kopi tersebut, untuk membuang bau yang ada pada barang-barang yang masih baru. Jika Anda ingin menikmati aroma kopi asli, jangan meminum kopi yang diseduh untuk pertama kali pada mesin baru, silakan menikmati kopi dari seduhan kedua.

Rahasia agar Anda mendapatkan kopi yang nikmat adalah dengan membersihkannya setiap saat. Pastikan mesin yang Anda miliki selalu bersih sehingga kotoran atau residunya tidak mengubah cita rasa kopi yang Anda buat.

Memasak kopi untuk menambah cita rasa kopi

Memasak kopi untuk menambah cita rasa kopi

Jika mesin Anda memiliki fitur untuk memasak, gunakanlah fitur tersebut. Memasak kopi sebelum membuatnya, dipercaya akan menambah cita rasa pada kopi yang Anda buat.

Metode ini memang sedikit merepotkan. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih nikmat, tidak ada salahnya Anda mencoba metode ini.

Jangan panaskan kopi Anda terlalu lama karena dapat merusak cita rasa asli kopi

Jangan panaskan kopi Anda terlalu lama karena dapat merusak cita rasa asli kopi

Selain coffee maker, ada pula alat penghangat kopi yang membantu agar kopi Anda hangat setiap saat. Akan tetapi, menghangatkan kopi dalam kurun waktu yang lama justru akan merusak cita rasa kopi itu sendiri.

Khususnya untuk produk yang dilengkapi dengan lempengan pemanas di bagian bawahnya. Sebaiknya janganlah terlalu lama memanaskannya, dan minumlah segera setelah Anda menyeduhnya.

Kesimpulan

Itulah 10 produk mesin pembuat kopi yang kami rekomendasikan untuk Anda. Jka Anda memiliki mesin kopi di rumah, Anda tidak perlu setiap saat pergi ke kafe untuk menikmati secangkir kopi dengan kelezatan yang sempurna. Dengan memilikinya di rumah, Anda juga dapat menikmatinya bersama dengan keluarga atau teman-teman dengan lebih santai. Pilihlah mesin kopi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat memilih!