10 Rekomendasi Mesin Pembuat Kopi (Coffee Maker) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mesin Pembuat Kopi (Coffee Maker) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi coffee lovers, tak ada yang lebih nikmat selain memulai hari dengan menyeruput secangkir kopi! Anda dapat menjalani ritual pagi ini dengan mudah jika memiliki mesin pembuat kopi sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kopi ala kafe kapan pun Anda mau.

Mesin pembuat kopi memiliki berbagai macam tipe dan merek. Apakah Anda pernah mendengar tentang merek DeLonghi, Krups, Hario, dan Oxone? Beberapa merek mesin pembuat kopi terbaik ini akan kami ulas di dalam artikel. Yuk, disimak!

Daftar isi

Cara memilih mesin pembuat kopi

Pertama-tama, kami akan memberikan tips cara memilih mesin pembuat kopi. Pastikan untuk selalu meneliti produk yang akan Anda beli agar tidak kecewa pada kemudian hari.

Pilihlah tipe yang paling Anda sukai

Selain model drip, masih banyak tipe mesin pembuat kopi lainnya yang layak dipertimbangkan. Sebagai pembuka, mari kita cari keunggulan masing-masing tipe agar Anda dapat menemukan produk yang terbaik!

Drip type: Sederhana dan efisien

Drip type: Sederhana dan efisien

Mesin pembuat kopi yang paling familier di antara para barista adalah tipe drip. Untuk mengekstrak kopi, Anda cukup meletakkan bubuk kopi di saringan yang tersedia, lalu tuangkan air panas di atasnya. Jika Anda ingin menikmati kopi secara mudah, silakan untuk memakai bubuk kopi.

Setelah proses brewing, tetesan sari kopi ini akan ditampung di dalam server. Server tipe drip terbuat dari dua jenis bahan yaitu kaca dan stainless steel yang memiliki ketahanan panas berbeda. Untuk Anda yang terbiasa meminum kopi setelah diseduh, pilihlah tipe kaca. Berbeda cerita jika Anda ingin menikmati kopi secara perlahan, pilihlah bahan stainless steel yang memiliki daya tahan terhadap panas cukup tinggi.

Satu lagi, Anda juga harus memeriksa dripper-nya. Tipe drip dengan satu lubang efektif untuk mengekstrak kopi secara perlahan sehingga hasilnya lebih kaya rasa. Di sisi lain, tipe drip dengan banyak lubang akan lebih menghemat waktu dan menghasilkan kopi yang terasa lebih fresh. Jika Anda berencana memakai dripper Anda sendiri, pastikan ukurannya sesuai dengan ukuran mesin pembuat kopinya.

Coffee pod type: Mudah dipakai dan dibersihkan

Coffee pod type: Mudah dipakai dan dibersihkan

Ketika Anda tidak memiliki banyak waktu, tipe ini bisa menjadi penyelamat. Tipe coffee pod memang unggul dari segi kemudahan pengekstraksian kopi. Anda cukup memasukkan pods atau kapsul kopi ke dalamnya. Dibandingkan jenis lainnya, coffee pod ini juga lebih gampang dibersihkan.

Daya tarik utama dari coffee pods adalah cara pakainya yang praktis. Anda pun tak perlu khawatir jika salah ukuran atau bubuk kopi berhamburan. Pasalnya, kopi ini sudah ditakar dalam jumlah tertentu dan dikemas dalam kantong kecil. Meskipun memiliki harga yang sedikit lebih mahal, tipe ini lebih mudah dioperasikan dan dibersihkan. Selain itu, kopi berbentuk kapsul juga memiliki cita rasa yang bervariasi sehingga Anda tidak cepat bosan.

Syphon type: Butuh keahlian khusus untuk mengoperasikannya

Syphon type: Butuh keahlian khusus untuk mengoperasikannya

Keunggulan utama dari tipe syphon adalah Anda dapat melihat secara langsung bagaimana kopi menetes sedikit demi sedikit selama proses ekstraksi. Selain itu, mesin ini juga terlihat fashionable dan bisa dijadikan item penunjang interior rumah. Sayangnya, dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa mengoperasikan mesin ini. Proses ekstraksi kopi dengan mesin ini menggunakan tekanan uap yang cukup sulit dilakukan untuk pemula. Walaupun begitu, tak ada salahnya untuk menantang diri sendiri dan mulai belajar memakai syphon type mulai dari sekarang.

Jika Anda ingin membeli coffee maker tipe ini, pilihlah mesin yang menggunakan tenaga listrik karena lebih mudah dan aman digunakan. Anda pun bisa memilih produk yang menggunakan tipe kabel magnet.

Espresso machine type: Bisa dipakai secara manual dan otomatis!

Espresso machine type: Bisa dipakai secara manual dan otomatis!

Meskipun diberi nama mesin espresso, mesin ini juga bisa dipakai untuk membuat kopi biasa. Ada mesin tipe otomatis yang bisa dipakai untuk mengolah biji kopi hingga menjadi bubuk kopi. Ada pula mesin tipe manual yang menggunakan bubuk atau coffee pod. Lalu, bagaimana dengan tipe drip? Mesin ini juga sudah mendukung tipe drip.

Sedikit bocoran, Anda dapat membuat kopi espresso yang nikmat dengan tekanan ekstraksi 9 atm. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya suatu merek, Anda juga bisa melihat dari harganya. Semakin mahal harganya, fiturnya dijamin tak akan mengecewakan.

Pilih berdasarkan spesifikasi produk

Setiap tipe coffee maker memiliki fitur yang berbeda. Pastikan Anda memilih tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan dan lifestyle Anda.

Pastikan kapasitas tangki sesuai dengan kebutuhan

Pastikan kapasitas tangki sesuai dengan kebutuhan   

Mesin pembuat kopi biasanya diletakkan di dapur atau tempat makan. Sebelum membeli, pastikan ukurannya sudah sesuai dengan tempat di mana Anda akan meletakkannya agar tidak mengganggu rutinitas sehari-hari.

Cara mudahnya, Anda dapat berpatokan pada ukuran standar yaitu sebesar 140 ml. Lalu, perkirakan berapakah jumlah konsumsi tiap orang dalam satu hari? Berapa banyak cangkir kopi yang bisa dibuat dalam satu waktu? Dengan berpedoman pada jumlah anggota keluarga atau pengunjung, Anda dapat memperkirakan konsumsi harian dan cara termudah untuk menyajikannya.

Pilih yang mudah dioperasikan dan dibersihkan

Pilih yang mudah dioperasikan dan dibersihkan

Coffee maker yang sulit dibersihkan biasanya juga sulit dioperasikan. Mengingat Anda akan memakainya dalam jangka waktu lama, carilah tipe yang mudah dioperasikan. Cari tahu juga apakah tangkinya mudah dilepas dan apakah susunannya sederhana, serta server mudah dijangkau. Selain itu, pastikan jika suku cadang produk yang Anda pilih tersedia dan dijual di Indonesia. Dengan demikian, Anda dapat berjaga-jaga jika mesin pembuat kopi rusak pada masa depan.

Periksa juga fitur tambahannya

Periksa juga fitur tambahannya

Sebelum membeli mesin pembuat kopi, periksalah fitur tambahan yang ada. Contohnya, cari tahu apakah tipe tersebut memiliki fungsi steamer, pengaturan waktu otomatis, power off otomatis, dan sebagainya. Semakin tinggi harga, biasanya fiturnya pun semakin banyak. Pastikan fitur tambahan tersebut memang menguntungkan dan harganya masih sesuai dengan budget Anda.

10 Rekomendasi mesin pembuat kopi (coffee maker) terbaik

Mulai dari sini, kami akan mengulas dan merekomendasikan mesin pembuat kopi (coffee maker) terbaik untuk Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan model yang Anda inginkan!

10. Sharp HM-80L-W

10. Sharp HM-80L-W

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 210.000

Kapasitas besar, praktis menjamu banyak orang dalam satu waktu

Sharp HM-80L-W memiliki daya tampung besar sehingga Anda dapat menyajikan hingga sekitar dua puluh gelas kopi secara praktis. Bagi Anda yang memiliki banyak anggota keluarga atau sering kedatangan tamu, mesin ini bisa menjadi penyelamat. Setelah tamu pulang, filter mesin kopinya mudah dilepas dan dibersihkan.

Tipe Drip
Fitur tambahan Water-level indicator, safe thermostat control, auto keep warm function
Kapasitas tangki 1.5 L
Ukuran Tidak dicantumkan

9. Akebonno Syphon Coffee Maker TCA-2H

9. Akebonno Syphon Coffee Maker TCA-2H

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Beraroma istimewa dengan rasa yang tidak terlalu pahit

Akebonno menghadirkan coffee maker berukuran medium yang sangat cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau bersama pasangan. Mesin pembuat kopi ini bisa dipakai untuk membuat dua gelas kopi. Produk ini juga menghasilkan kopi dengan aroma dan rasa yang berbeda.

Rasanya tidak terlalu pahit dengan aroma yang istimewa karena diseduh melalui proses pemanasan yang tepat. Jika pasangan Anda tidak terlalu suka kopi, rasa kopi ini pun masih bisa ditoleransi. Anda pun dapat ngopi bareng dengan pasangan setiap saat.

Tipe Syphon
Fitur tambahan Mini burner, filter
Kapasitas tangki 0.18 L
Ukuran 13 cm x 11 cm x 34 cm

8. Oxone OX-212 Coffee & Tea Maker

8. Oxone OX-212 Coffee & Tea Maker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 450.000

Dijamin tidak salah takar karena dilengkapi indikator kapasitas

OX-212 Coffee & Tea Maker dilengkapi indikator kapasitas untuk mengetahui volume air. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan volume air sesuai dengan takaran yang Anda inginkan. Tidak ada lagi insiden salah takaran atau hasil seduhan terasa kurang enak.

Selain untuk menyeduh kopi dan teh, mesin ini dilengkapi fitur penghangat untuk minuman yang sudah jadi. Untuk beberapa orang yang hanya bisa minum kopi dan teh dengan suhu hangat, pasti akan sangat terbantu dengan fitur ini. Anda tidak akan lagi membuang sisa kopi karena sudah terlanjur mendingin.

Tipe Manual drip
Fitur tambahan Indikator air, fitur penghangat
Kapasitas tangki 1.25 L
Ukuran 34 cm x 24 cm x 24 cm

7. Hario Coffee Syphon Technica 2 Cup TCA-2

7. Hario Coffee Syphon Technica 2 Cup TCA-2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.600.000

Proses brewing superunik, bisa dijadikan tontonan gratis!

Tidak ada yang lebih menarik selain melihat proses brewing dari coffee maker Hario. Mesin pembuat kopi ini terdiri dari dua tabung kaca transparan di bagian atas dan bawah. Anda pun bisa menyaksikan semua proses brewing yang terlihat apik! Alih-alih barista, Anda akan terlihat seperti ilmuwan yang sedang melakukan eksperimen.

Tipe Syphon
Fitur tambahan Filter reusablemini burner
Kapasitas tangki 0.3 L
Ukuran 20 cm x 15 cm x 30 cm

6. Sigmatic Coffee Maker 100 SS

6. Sigmatic Coffee Maker 100 SS

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.199.000

Mau buka kedai kopi? Pilih produk yang aman dipakai secara rutin!

Sigmatic Coffee Maker 100 SS kami rekomendasikan untuk Anda penikmat kopi garis keras atau yang ingin membuka kafe. Saat mesin harus dipakai setiap hari, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi korsleting. Mesin ini sudah dilengkapi dengan thermostat yang dapat memutus aliran listrik jika terjadi tegangan listrik atau panas yang berlebih.

Tipe Espresso
Fitur tambahan Pre-heat standby, safety system
Kapasitas tangki 1.5 L
Ukuran 35 cm x 23 cm x 32 cm

5. Krups Nescafe Dolce Gusto Circolo

5. Krups Nescafe Dolce Gusto Circolo 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.100.000

Tak perlu lagi jajan di luar. Yuk, hemat pengeluaran dengan membuat minumanmu sendiri!

Keunggulan dari coffee maker ini adalah bisa dipakai untuk membuat semua jenis minuman, seperti kopi, teh, cokelat, ataupun frothy lattes. Untuk Anda yang hobi membeli minuman kopi di kafe kekinian dengan harga selangit, sudah saatnya untuk membuat minumanmu sendiri.

Kalau bisa membuatnya sendiri di rumah, kenapa harus membeli di luar? Anda pun akan lebih hemat uang. Terlebih lagi, coffee maker ini dapat menyajikan kopi sekitar satu menit saja dengan tekanan 19 bar. Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati secangkir kopi hangat atau dingin setiap harinya.

Tipe Coffee pod
Fitur tambahan Thermoblock, eco mode systemunit motorized brewing, automated brewing technology, pre-set functions (espresso, long, dan ristretto)
Kapasitas tangki 1.3 L
Ukuran 31.6 cm x 31.2 cm x 19.6 cm

4. DeLonghi Nespresso U EN 110

4. DeLonghi Nespresso U EN 110

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.499.000

Rasanya autentik tanpa campuran apa pun!

Jika Anda ingin menikmati kopi asli tanpa campuran, pilihlah Delonghi Nespresso U EN 110 yang memiliki tiga fitur cups. Oh iya, cara penggunaan mesin ini pun cukup mudah sehingga direkomendasikan untuk para pencinta kopi pemula. Selain canggih dan mudah digunakan, hasil seduhan Anda pun memuaskan.

Tipe Coffee pod
Fitur tambahan Fungsi cups espresso, long, dan ristretto, bisa mengatur dan mengingat jenis minuman, modus hemat daya, automated brewing technology, dll
Kapasitas tangki 0.8 L
Ukuran 11.5 cm x 36.9 cm x 25.1 cm

3. DeLonghi Combi BCO 264.1

3. DeLonghi Combi BCO 264.1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 2.250.000

Tingkatkan mood dengan meminum segelas cappuccino di pagi hari

Rutinitas yang sibuk sering kali membuat Anda bad mood. Oleh sebab itu, mulailah pagi Anda dengan secangkir kopi lezat yang dapat meningkatkan mood sebelum bekerja. Kerennya, mesin ini bisa diatur secara otomatis agar bisa menyala setiap pagi hari. Dengan begitu, Anda bisa menikmati cappuccino yang lezat sebelum memulai aktivitas.

Tidak hanya bisa digunakan di rumah, tetapi juga bisa dipakai di pantry kantor. Jika tak sempat minum kopi di rumah, Anda bisa ngopi pagi dengan teman-teman kantor. Dimulai dari ngopi bareng setiap pagi, siapa tahu bisa jadi teman ngopi seumur hidup, bukan?

Tipe Espresso
Fitur tambahan Cappuccino emulsion system, cup warming plate, flavour system, cappuccino system, crema filter holder, water level indicator (espresso)
Kapasitas tangki 1.3 L
Ukuran 38 cm x 24 cm x 35cm

2. DeLonghi Icona ECO 311.BK

2. DeLonghi Icona ECO 311.BK

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.500.800

Bisa dipakai dengan dua cara brewing

Coffee maker ini dapat digunakan dengan dua cara brewing yaitu cara kapsul dan memasukkan bubuk kopi seperti mesin kopi pada umumnya. Selain itu, coffee maker ini dilengkapi dengan fitur cappuccino system dan self-priming. Dengan demikian, coffee maker akan selalu berada dalam kondisi stand by dan bisa Anda pakai setiap saat.

Tipe Espresso
Fitur tambahan Crema penahan filter, cappuccino system, anti-drip systemself-priming
Kapasitas tangki 1.4 L
Ukuran 25.5 cm x 29 cm x 31.5 cm

1. Krups XP5620

1. Krups XP5620

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.500.000

Hasil seduhan dan aroma akan selalu sama setiap harinya!

Bagi Anda yang mencari mesin pembuat kopi dengan banyak fitur, Krups adalah pilihan tepat. Produk ini dilengkapi dengan auto-tamping yang dapat membuat hasil seduhan dan aroma kopi Anda selalu konsisten. Anda juga bebas memilih untuk menggunakan bubuk atau biji kopi saat akan menyeduh kopi.

Tipe Espresso
Fitur tambahan Eco mode, sistem pemanas thermoblock, filter universal, auto shut-off, mampu menekan bubuk kopi secara otomatis, dip tray berbahan stainless steel yang bisa dilepas, tempting system, dll 
Kapasitas tangki 1.1 L
Ukuran 23 cm x 25 cm x 30 cm

Tips membuat kopi yang nikmat

Setelah merekomendasikan berbagai macam mesin pembuat kopi untuk Anda, kami juga akan berbagi tips membuat kopi yang nikmat. Ada pepatah dari Thailand yang menyebutkan “talent is born, not made”. Namun, Anda yang tak ada bakat dalam dunia kopi sekalipun, bisa membuat kopi seenak buatan barista profesional dengan berpedoman pada tips dari kami! Anda pun tak perlu khawatir lagi jika kopi yang yang dibuat jauh dari ekspektasi Anda. Selamat mencoba!

Lakukan trial pada mesin pembuat kopi yang baru

Lakukan trial pada mesin pembuat kopi yang baru

Setelah Anda membeli mesin pembuat kopi, segeralah mencoba mesin baru tersebut untuk membuat kopi. Pada dasarnya, kopi memiliki sifat mudah menyerap bau. Oleh karenanya, kopi mudah terkontaminasi dengan aroma khas dari barang-barang baru ataupun bau mesin. Jika Anda ingin menikmati aroma asli dari kopi, jangan meminum kopi hasil seduhan pertama dari mesin pembuat kopi tersebut. Silakan menikmati kopi dari hasil seduhan kedua dan seduhan seterusnya.

Sebagai tambahan, rahasia untuk mendapatkan kopi dengan cita rasa nikmat adalah dengan mendidihkan air seduhan setiap kali Anda menyalakan mesin pembuat kopi. Dengan begitu, bau mesin akan hilang dan mesin juga mulai menghangat. Jika kondisi ini tetap dipertahankan, kopi dapat diekstraksi secara sempurna dengan tetap mempertahankan suhunya.

Manfaatkan fitur steaming untuk meningkatkan kualitas rasa

Manfaatkan fitur steaming untuk meningkatkan kualitas rasa

Jika mesin Anda memiliki fitur steaming, gunakanlah fitur tersebut dengan sebaik-baiknya. Namun, Anda harus benar-benar mengoperasikannya dengan tepat. Saat ekstrak kopi mulai menetes di server, segera matikan fitur steaming. Setelah 20-30 detik berlalu, hidupkan kembali fitur steaming.

Dengan adanya metode ini, proses menyeduh kopi pun semakin mudah dan praktis. Satu lagi, kopi yang melewati proses steaming akan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan yang tidak. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu melakukan proses steaming saat menyeduh kopi sendiri.

Jangan memanaskan kopi terlalu lama atau cita rasa aslinya akan rusak!

Jangan memanaskan kopi terlalu lama atau cita rasa aslinya akan rusak!

Selain mesin pembuat kopi, ada pula alat penghangat kopi yang berfungsi untuk menghangatkan kopi Anda dalam waktu lama. Namun, kopi yang dihangatkan dalam jangka waktu yang lama akan terus-menerus dididihkan sehingga kehilangan rasa aslinya.

Terlebih lagi, produk dengan lempengan besi di bagian bawahnya pasti akan sangat mudah untuk dididihkan. Alih-alih memakai alat penghangat kopi, segeralah minum kopi yang baru saja Anda seduh.

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini!

Setelah membeli coffee maker, Anda pun harus memiliki stok kopi jika sewaktu-waktu ingin membuat kopi sendiri. Produk kopi tersedia dalam bentuk biji dan bubuk, silakan memilih jenis kopi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Satu lagi, pilih juga jenis kopi yang sesuai dengan tipe mesin pembuat kopi Anda, ya.

Kesimpulan

Ini dia sepuluh produk mesin pembuat kopi yang kami rekomendasikan untuk Anda. Jika Anda memiliki mesin kopi di rumah, Anda tidak perlu pergi ke kafe setiap kali rindu dengan aroma secangkir kopi yang lezat. Dengan memilikinya di rumah, Anda juga dapat menyeduh kopi untuk keluarga ataupun sang kekasih. Yang terpenting, pilihlah mesin pembuat kopi yang sesuai dengan keinginan dan lifestyle Anda. Good luck!