10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2018)

Produk pembersih makeup sangatlah esensial dipakai sehari-hari. Sabun pembersih dalam bentuk oil, milk, dan gel banyak dijual dengan harga yang beragam. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit kering sensitif, susu pembersih atau cleansing milk adalah jenis produk yang paling direkomendasikan!

Dalam artikel ini, kami memandu Anda memilih susu pembersih terbaik, yang bagus untuk kulit sensitif. Sederet merek beauty care terkenal, seperti L’Oreal, Clarins, Clinique, Sephora, hingga Dior bisa jadi pilihan. Temukan cleansing milk terbaik untuk wajah yang sehat dan cantik!

Daftar isi

Bagaimanakah keadaan kulit yang sensitif?

Bagaimanakah keadaan kulit yang sensitif?

Seperti apa keadaan kulit yang disebut sensitif? Kulit memiliki penghalang natural yang bekerja melindungi keratin dari kerusakan akibat rangsangan luar, umumnya karena pengaruh bahan kimia kosmetik, sinar ultraviolet, debu, dan lain sebagainya. Namun, fungsi penghalang ini melemah akibat berbagai faktor, seperti stres, perubahan kondisi fisik, rangsangan eksternal yang tumpang tindih, sehingga menyebabkan kulit menjadi kasar dan alergi.

Kulit sensitif adalah kulit yang mudah menerima rangsangan dari luar. Gejala yang terjadi adalah iritasi atau alergi yaitu berupa kulit kering pecah-pecah, gatal, nyeri, ruam, serta terasa panas.

Cara memilih cleansing milk untuk kulit sensitif

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih susu pembersih untuk kulit sensitif? Simaklah beberapa poin di bawah ini!

Pilihlah formula susu pembersih yang lembut di kulit

Untuk kulit sensitif, beberapa poin yang harus diperhatikan adalah memilih produk berbahan lembut yang meminimalkan timbulnya iritasi. Formulanya sudah teruji antialergi dan bebas dari bahan kimia yang merangsang alergi. Kami ulas lebih lengkap di bawah ini.

Bebas dari kandungan bahan yang memicu iritasi dan alergi

Bebas dari kandungan bahan yang memicu iritasi dan alergi

Kulit sensitif rentan terhadap rangsangan. Oleh karena itu, kami merekomendasikan susu pembersih dengan kandungan bebas bahan kimia yang dapat memicu iritasi dan alergi. Biasanya produk tersebut berlabel “bebas” atau “free” pada kemasannya. Misalnya tertulis free-fragrance, free-paraben, dan sejenisnya.

Pilihlah cleansing milk yang bebas paraben, bebas sulfat, bebas phthalates, bebas pewangi, bebas alkohol, dan bahan-bahan kimia lainnya yang tidak lembut di kulit. Semakin banyak kandungan “bebas” maka semakin baik. Bersihkanlah kulit Anda secara lembut tanpa memberinya rangsangan tak perlu yang menyebabkan alergi dan iritasi.

Sudah melalui tes alergi dan teruji oleh para ahli

Sudah melalui tes alergi dan teruji oleh para ahli

Bagi yang memiliki kulit alergi, Anda mungkin pernah mendengar tentang patch test atau stinging test. Patch test dilakukan untuk memeriksa apakah produk dapat menyebabkan kemerahan atau ruam di kulit. Sementara itu, stinging test untuk menguji apakah dapat terjadi iritasi atau kesemutan saat produk diaplikasikan. Kosmetik yang telah melalui tes alergi merupakan produk yang direkomendasikan untuk kulit sensitif. Biasanya sudah tertulis “dermatologist-tested” dan “allergy-tested” atau diberi keterangan telah teruji oleh ahli dermatologi dan oftalmologi pada kemasannya.

Namun, perlu diingat bahwa kulit setiap orang berbeda. Tidak semua kosmetik cocok untuk semua orang. Apabila Anda masih mendapat alergi meski produk tersebut diklaim antialergi, hentikanlah pemakaian.

Pilihlah formula yang baik untuk kulit sensitif

Pilihlah formula yang baik untuk kulit sensitif

Susu pembersih yang terbaik bukan hanya lembut bagi kulit, tetapi juga mengandung bahan aktif seperti vitamin, minyak tumbuhan yang aman, dan glycerin yang mampu melembapkan dan menutrisi kulit dengan khasiat antioksidan. Beberapa bahan yang baik untuk kulit sensitif di antaranya adalah asam hyaluronic, yang efektif mencegah kulit kering. Asam hyaluronic bekerja menyimpan cadangan air yang diperlukan untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Unsur ini penting bukan hanya untuk kulit, tetapi juga untuk tulang rawan dan mata.

10 Rekomendasi cleansing milk terbaik untuk kulit sensitif

Setelah mengetahui cara memilih susu pembersih untuk kulit sensitif, di bawah ini ada sepuluh rekomendasi susu pembersih terbaik untuk Anda miliki!

10. L’Oreal Dermo-Expertise Gentle Cleansing Milk

10. L'Oreal Dermo-Expertise Gentle Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 107.000

Dengan kandungan mineral dan lipo-protein yang menyehatkan

L’Oreal Dermo-Expertise Gentle Cleansing Milk bekerja menghilangkan makeup dan kotoran pada kulit wajah Anda dengan instan. Kandungannya diperkaya mineral penting seperti zat besi dan kalsium untuk menyehatkan kulit, serta lipo-protein yang melindungi dan melembapkan kulit. Aromanya segar dan lembut, serta sudah teruji oleh ahli dermatologi.

Selain itu, produk ini mengandung asam beta hydroxy yang meregenerasi sel kulit mati. Meski tidak bebas dari pewangi dan memiliki paraben, konsumen menyebutkan bahwa produk ini tidak menimbulkan alergi. L’Oreal juga menjamin produknya aman untuk Anda yang memiliki mata sensitif.

9. Clarins Cleansing Milk with Alpine Herbs

9. Clarins Cleansing Milk with Alpine Herbs

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Kulit wajah lembut dan bercahaya dengan ekstrak tanaman alami

Clarins Cleansing Milk with Alpine Herbs menjadi favorit banyak orang karena formula yang lembut dan nyaman di kulit. Kandungannya terdiri dari ekstrak tanaman alpine herbs, marshmallow, dan almon manis yang memberikan kelembapan dan kekenyalan, serta vitamin A dan E yang menyehatkan. Susu pembersih ini efektif membersihkan segala jenis makeup. Hasilnya adalah wajah berseri, kenyal, dan segar.

Produk ini dijamin aman dari bahan sulfat dan phthalates. Kekurangannya adalah masih mengandung wewangian. Meskipun begitu, review dari konsumen menyebutkan bahwa cleansing milk ini aman untuk kulit sensitif. Produk ini juga cocok dipakai oleh Anda yang memiliki kulit normal hingga kering.

8. Clinique Take The Day Off Cleansing Milk

8. Clinique Take The Day Off Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 420.000

Dari merek kosmetik antialergi terbaik

Clinique adalah merek kosmetik pertama yang teruji oleh ahli dermatologi dan oftalmologi. Setiap produknya adalah 100% fragrance-free dan allergy-tested yang cocok dipakai untuk semua jenis kulit, terutama kulit alergi dan sensitif. Clinique Take The Day Off Cleansing Milk menempati daftar susu pembersih terbaik yang difavoritkan oleh mereka yang berkulit sensitif.

Dengan tekstur lembut dan milky, produk ini efektif mengangkat riasan seperti foundation dan sunscreen yang berdiam di wajah Anda sepanjang hari. Anda bisa menggunakan kapas atau langsung membilas. Formulanya yang residue-free menjaga kulit Anda tetap lembap dan nyaman setelah pemakaian. Produk ini ideal untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering, kulit kombinasi, hingga kulit berminyak.

7. Nuxe Lait Démaquillant Confort Comforting Cleansing Milk

7. Nuxe Lait Démaquillant Confort Comforting Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 268.000

Lembut untuk bibir dan mata, serta mampu mencegah kulit kering

Nuxe adalah merek yang telah berkembang selama lebih dari 20 tahun, dan menguasai industri farmasi sebagai merek nomor satu untuk produk anti penuaan, oils, dan juga body skincare. Susu pembersihnya diperuntukkan bagi semua jenis kulit, terutama kulit sensitif. Produk ini juga cocok untuk Anda yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap kulit kering.

Nuxe Comforting Cleansing Milk berbentuk lotion ringan dengan kandungan mawar, allantoin, dan vegetal glycerin, yang efektif melembutkan kulit sekaligus membersihkan riasan mata dan bibir. Produk ini bebas paraben dan memiliki kadar pH yang cocok di kulit. Selain itu, formulanya non-comedogenic yang sudah teruji oleh ahli dermatologi dan oftalmologi.

6. Sephora Collection Soothing Cleansing Milk

6. Sephora Collection Soothing Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 348.000

Formula yang lembut dan antiiritasi

Sephora Collection Soothing Cleansing Milk menghapus makeup tanpa membuat berminyak, sehingga kulit Anda terasa segar pada penghujung hari. Formulanya mengandung kombinasi minyak macadamia dengan teknologi HydroSenn+, yang menghidrasi kulit wajah secara optimal dan menghindarkannya dari iritasi.

Selain itu, produk ini memiliki tekstur lembut yang aman meski terkena mata. Bahannya bebas dari paraben, sulfat, dan phthalat, serta telah teruji oleh ahli dermatologi dan oftalmologis. Ukuran botolnya juga cukup besar, sehingga bisa dipakai dalam waktu lama. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan juga berminyak.

5. Caudalie Gentle Cleansing Milk

5. Caudalie Gentle Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Kombinasi formula alami untuk kulit sensitif

Susu pembersih ini mengandung formula alami yang sangat lembut untuk segala jenis kulit, terutama direkomendasikan untuk kulit sensitif. Bahan aktifnya membersihkan makeup serta mampu menenangkan kulit. Anda bisa membersihkan wajah dengan kapas dan tanpa pembilasan. Dijamin non-comedogenic dan hypoalergenic, produk ini juga telah lulus uji oleh ahli dermatologi dan oftalmologi.

Caudalie Gentle Cleansing Milk mengandung campuran bahan-bahan alami, seperti minyak almon manis, minyak biji anggur, ekstrak cornflower, dan biji gandum untuk kelembapan ekstra. Selain itu, kandungannya bebas dari paraben, sulfat, dan phthalates. Susu pembersih ini direkomendasikan untuk Anda yang menyukai bahan alami yang dapat menenangkan kulit kering sensitif.

4. Dior Gentle Cleansing Milk with Velvet Peony Extract

4. Dior Gentle Cleansing Milk with Velvet Peony Extract

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 700.000

Gentle cleansing milk terbaik dari ekstrak bunga velvet peony

Bunga velvet peony menjadi bahan utama dari susu pembersih Dior ini, yang menjadikan kulit Anda lembut, bersih, dan glowing. Cleansing milk ini mampu mengangkat dengan instan segala jenis makeup di seluruh wajah, termasuk mata dan bibir. Selain itu, bahan aktifnya efektif mencegah inflamasi dan mengisi pori Anda dengan kelembapan maksimal.

Produk ini tidak terasa pedih bahkan saat dioleskan ke kulit wajah yang sedang mengalami iritasi. Saat dioleskan, Anda akan merasakan tekstur susu yang kaya dan meleleh lembut di kulit. Menurut para konsumennya, Dior Gentle Cleansing Milk memiliki kualitas yang setara dengan harganya yang tinggi, serta dinilai sebagai gentle milk cleanser terbaik untuk kulit kering dan sensitif.

3. V 10 Plus Soothing Cleansing Milk

3. V 10 Plus Soothing Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 480.000

Cleansing milk berbahan alami dengan formula antipedih

V 10 Plus adalah merek skincare asal Jepang yang semua produknya berbahan alami dan sangat cocok untuk kulit sensitif. V10 Plus Soothing Cleansing Milk mengandung bahan alami serai dengan tekstur kental yang segar saat diaplikasikan. Produk ini mampu membersihkan segala riasan mulai dari tabir surya hingga kosmetik yang waterproof sekalipun.

Kombinasi minyak zaitun dan jagung di dalamnya mampu membersihkan minyak dan kotoran berlebih di pori kulit. Formulanya antipedih, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat membersihkan wajah yang sedang terluka, bahkan tidak pedih saat terkena mata. Apabila Anda mencari susu pembersih yang kuat, tetapi dijamin tidak membuat kulit atau mata terasa pedih, cobalah V10 Plus Soothing Cleansing Milk!

2. Fresh Soy Face Cleansing Milk

2. Fresh Soy Face Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Membersihkan dan menghidrasi kulit hingga enam jam setelah pemakaian

Fresh Soy Face Cleansing Milk merupakan produk terlaris dan menjadi favorit para penggemar cleansing milk. Cocok untuk segala jenis kulit terutama kulit sensitif, produk ini sangat efektif mengangkat makeup sekaligus mengunci kelembapan wajah. Kulit Anda akan tetap lembut bahkan setelah enam jam pemakaian. Telah teruji oleh ahli dermatologi, susu pembersih ini dijamin bebas paraben, sulfat, dan phthalate.

Produk ini diformulasikan dengan ekstrak bunga white hibiscus yang mampu menenangkan dan mengenyalkan kulit. Teksturnya ringan serta kaya akan asam amino dari soy protein, cornflower, dan cooling cucumber yang meningkatkan elastisitas kulit wajah. Apabila Anda mencari makeup remover yang aman bagi kulit sensitif sekaligus cocok untuk segala jenis kulit, Soy Face Cleansing Milk adalah pilihan terbaik.

1. Avène Gentle Milk Cleanser

1. Avène Gentle Milk Cleanser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 357.000

Terbaik untuk kulit sensitif yang sangat kering

Susu pembersih dari Avène terkenal dengan bahannya yang lembut dan antiiritasi. Avène Gentle Milk Cleanser mengandung Vitamin E dan bahan aktif antioksidan yang kaya akan pelembap dan membuat kulit terasa lembut kenyal. Selain itu, terdapat pula kandungan asam hyaluronic yang sangat direkomendasikan untuk kulit sensitif. Anda bisa membersihkan makeup dengan kapas tanpa perlu dibilas lagi.

Telah teruji oleh ahli dermatologi, produk ini dijamin allergen-freehypoallergenic, non-comedogenic, soap-freeparaben-free, soy-free, dan gluten-free. Untuk Anda yang menyukai susu pembersih dengan sedikit wewangian, Avène Gentle Milk Cleanser mengandung bahan pewangi yang aman dan sangat lembut untuk kulit sensitif. Produk ini juga cocok untuk kulit sensitif yang sangat kering.

Poin yang perlu diperhatikan saat membersihkan makeup dengan susu pembersih

Poin yang perlu diperhatikan saat membersihkan makeup dengan susu pembersih

Meskipun Anda telah memilih susu pembersih berbahan lembut, kulit wajah tetap bisa teriritasi apabila tidak dibersihkan secara benar. Pada poin ini kami akan membagi tips cara membersihkan riasan.

Pertama-tama, cucilah tangan Anda dan mengeringkannya, terkecuali apabila produk tersebut boleh digunakan dengan tangan yang basah. Setelah memastikan tangan Anda bersih, tuangkan susu pembersih ke telapak tangan. Biarkan sebentar agar menyatu dengan suhu tubuh sehingga membuat riasan Anda cepat terangkat. Lakukan pijatan secara lembut untuk melancarkan sirkulasi darah. Ulangi secara lembut, kemudian usap dengan kapas atau bilas sampai bersih dengan air suam-suam kuku. Jangan menggunakan air panas atau air yang terlalu dingin.

Selain itu, berhati-hatilah pada saat melakukan scrub wajah sebab mudah menimbulkan iritasi. Kulit sensitif perlu diperlakukan secara lembut dengan penuh kehati-hatian.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh susu pembersih terbaik untuk kulit sensitif! Produk manakah yang Anda pilih? Karena kulit sensitif lemah terhadap rangsangan luar, sangat penting untuk memilih produk berbahan lembut yang tidak akan memicu alergi. Selain itu, pilihlah cleansing milk dengan kandungan tinggi pelembap serta bahan aktif yang menyehatkan. Anda bisa memiliki kulit sehat dan indah dengan susu pembersih yang sesuai! Semoga artikel dari kami dapat membantu.