10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2018)

Bagi pemilik kulit sensitif, susu pembersih atau cleansing milk adalah jenis produk yang paling direkomendasikan. Namun, beberapa cleansing milk dilengkapi dengan kandungan tabir surya yang mungkin kurang cocok untuk kulit sensitif. Oleh sebab itu, komposisi bahan adalah hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli produk untuk kulit sensitif.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda dalam memilih produk cleansing milk terbaik yang bagus untuk kulit sensitif. Sederet merek beauty care terkenal, seperti L’Oreal, Clarins, Clinique, Sephora, hingga Dior bisa jadi pilihan Anda. Temukan cleansing milk terbaik untuk wajah yang sehat dan cantik!

Daftar isi

Cara memilih cleansing milk untuk kulit sensitif

Cleansing milk adalah produk pembersih wajah yang paling direkomendasikan untuk membersihkan riasan bagi kulit sensitif. Tidak perlu menggosok wajah dengan kuat karena cleansing milk sudah mampu menghapus riasan sekaligus menjaga kelembapan kulit Anda. Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih susu pembersih untuk kulit sensitif?

Pilih formula cleansing milk yang lembut di kulit

Jika Anda mencari cleansing milk yang cocok untuk kulit sensitif, perhatikan komposisinya terlebih dahulu.

Pilih cleansing milk dengan kandungan bahan yang tidak memicu iritasi dan alergi

Pilih cleansing milk dengan kandungan bahan yang tidak memicu iritasi dan alergi

Perhatikan komposisi produk susu pembersih Anda. Sebaiknya Anda menghindari komponen yang dapat memicu iritasi dan alergi, seperti pewangi buatan, dan alkohol. Periksalah komposisi produk tersebut dan pilihlah produk yang ditandai cocok untuk kulit sensitif atau rendah iritasi.

Di samping itu, bahan seperti paraben dan mineral oil sesungguhnya tidak berbahaya. Paraben tidak memiliki efek buruk terhadap tubuh apabila digunakan sebagai antiseptik, terutama jika paraben dikombinasikan dengan methyl paraben yang rendah iritasi. Bahan ini dinilai aman dan bermanfaat dalam mencegah pengembangbiakan bakteri.

Mineral oil juga tergolong aman jika terjamin kemurniannya. Menurut ahli dermatologi, petrolatum merupakan salah satu jenis mineral oil. Bahan ini sangatlah aman karena telah mengalami pemrosesan dan tidak akan meresap di kulit Anda. Memang, tidak ada komposisi bahan yang 100% aman di luar sana. Namun, pilihlah yang paling cocok untuk kulit Anda sebab kulit sensitif rentan terhadap rangsangan.

Pilih cleansing milk yang sudah melalui tes alergi dan teruji oleh para ahli dermatologi

Pilih cleansing milk yang sudah melalui tes alergi dan teruji oleh para ahli dermatologi

Yang paling ideal bagi pemilik kulit sensitif adalah produk yang sudah menjalani tes uji alergi khusus untuk kulit sensitif. Anda mungkin pernah mendengar tentang patch test atau stinging test. Patch test dilakukan untuk memeriksa apakah produk dapat menyebabkan kemerahan atau ruam di kulit. Sementara itu, stinging test untuk menguji apakah dapat terjadi iritasi atau kesemutan saat produk diaplikasikan. Kosmetik yang telah melalui tes alergi merupakan produk yang direkomendasikan untuk kulit sensitif. Biasanya sudah tertulis dermatologist-tested dan allergy-tested, serta diberi keterangan telah teruji oleh ahli dermatologi dan oftalmologi pada kemasannya.

Setelah melalui uji patch test, produk tersebut sudah dijamin oleh produsennya untuk dapat digunakan oleh kulit sensitif. Poduk yang melalui uji stinging test saja maka dinilai lebih ringan. Bukan hanya mendeteksi reaksi alergi, melainkan juga sensasi gatal atau nyeri telah diperiksa. Produk semacam ini biasanya dilabeli rendah iritasi.

Namun, perlu diingat bahwa kulit setiap orang berbeda. Tidak semua kosmetik cocok untuk semua orang. Apabila Anda masih mendapat alergi meski produk tersebut diklaim antialergi, hentikanlah pemakaian

Pilih cleansing milk dengan daya pelembap yang tinggi

Kulit sensitif cenderung rentan terhadap rangsangan eksternal dan masalah kulit kering. Pilihlah cleansing milk dengan kandungan tinggi pelembap supaya kulit Anda tetap lembap selepas membersihkan muka.

Pilih produk dengan kandungan ceramide yang paling mendekati ceramide alami

Pilih produk dengan kandungan ceramide yang paling mendekati ceramide alami

Di antara banyak bahan pelembap, yang paling direkomendasikan untuk kulit sensitif adalah ceramide. Bahan pelembap ini sempurna untuk kulit sensitif karena memiliki struktur komponen ceramide alami yang merupakan pelindung pada kulit manusia terutama bayi yang baru lahir. Dalam hal ini, yang paling direkomendasikan adalah skin identical ceramide (bahan yang paling mirip dengan ceramide yang ada di kulit manusia). Bahan ini rendah iritasi, namun memiliki afinitas (kecenderungan suatu senyawa untuk membentuk ikatan kimia dengan senyawa lain) yang tinggi.

Totalnya ada sembilan human ceramide. Ceramide 1 memiliki fungsi retensi air dan perlindungan. Ceramide 2 memiliki kapasitas retensi air yang tinggi. Ceramide 3 bekerja untuk pengurangan kerutan. Ceramide 6 memiliki peran penting dalam memperbaiki kerusakan kulit. Periksalah komposisi bahan dari susu pembersih Anda dan pilih yang mengandung ceramide 1, ceramide 2, ceramide 3, atau ceramide 6.

Ceramide 1 disebut sebagai ceramide EOP, ceramide 2 adalah NS (atau NG), ceramide 3 adalah NP, dan ceramide 6 adalah AP. Jika bahan-bahan ini ditemukan di dalam komposisi, dapat dikatakan bahwa produk tersebut memiliki daya pelembap tertinggi.

Periksa juga bahan pelembap lainnya

Periksa juga bahan pelembap lainnya

Cukup banyak bahan yang tinggi pelembap, tetapi di antara bahan tersebut, kami merekomendasikan bahan yang memiliki kemampuan retensi air yang tinggi. Jika kulit Anda sudah dilindungi dengan pelembap, meskipun terdapat rangsangan dari luar, kulit Anda akan tetap terjaga. Jadi mohon untuk memeriksa kandungan bahan pelembap lainnya.

Asam hialuronat (hyaluronic acid) memiliki kemampuan retensi air yang sangat baik, sedangkan cetyl ethylhexanoate mampu melembutkan kulit dan efektif menjaga kelembapan. Bahan ini akan mencegah terjadinya pengeringan yang merupakan musuh kulit sensitif. Susu pembersih dengan bahan engelhardtia chrysolepis leaf extract juga dapat meningkatkan fungsi perlindungan dan paling cocok untuk kulit sensitif.

Produk berbahan organik atau tanpa bahan kimia juga baik bagi kulit sensitif

Produk berbahan organik atau tanpa bahan kimia juga baik bagi kulit sensitif

Jika Anda ingin menghindari bahan kimia, kami merekomendasikan susu pembersih berbahan organik. Produk organik menggunakan bahan baku yang dibudidayakan secara alami dan bebas pestisida. Susu pembersih tipe ini akan membersihkan kulit Anda dengan kebaikan alami dari tumbuhan. Pilihlah produk yang sudah mendapatkan label atau sertifikasi organik, atau produk yang bebas dari bahan kimia sintetis. Namun, tergantung produknya, sisa makeup Anda mungkin akan sulit dibersihkan. Jadi, berhati-hatilah pada saat menggunakannya.

Pilih cleansing milk yang mudah dibersihkan dengan air. Tidak perlu double cleansing lagi

Pilih cleansing milk yang mudah dibersihkan dengan air. Tidak perlu double cleansing lagi

Susu pembersih terdiri dari dua tipe yaitu yang dapat langsung dibilas dengan air atau dihapus dengan kapas. Menggosok dengan kapas cenderung menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang dapat dibilas untuk membersihkan kulit sensitif.

Pembersihan ganda atau double cleansing juga sebaiknya dihindari supaya kelembapan kulit lebih terjaga. Namun, karena susu pembersih memiliki kemampuan yang agak lemah dalam melunturkan makeup, sebaiknya Anda rutin mencuci muka dengan facial wash satu hingga dua kali seminggu. Hal ini dapat mencegah penumpukan kotoran.

10 Rekomendasi cleansing milk terbaik untuk kulit sensitif

Setelah mengetahui cara memilih susu pembersih untuk kulit sensitif, di bawah ini terdapat sepuluh rekomendasi susu pembersih terbaik untuk Anda miliki. Selamat memilih!

10. Clarins Cleansing Milk with Alpine Herbs, Moringa

10. Clarins Cleansing Milk with Alpine Herbs, Moringa

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Wajah lembut bercahaya dengan kandungan ekstrak tumbuhan alami

Produk dari Clarins ini menjadi favorit banyak orang karena formula yang lembut di kulit. Kandungannya terdiri dari ekstrak alpine herbs, moringa seed, dan lainnya yang memberikan kelembapan dan kekenyalan. Produk ini juga mampu melunturkan segala jenis makeup.

Meski aman dari bahan penyebab iritasiproduk ini masih mengandung wewangian. Namun, review dari konsumen menyebutkan bahwa cleansing milk ini aman untuk kulit sensitif. Produk ini juga cocok dipakai oleh Anda yang memiliki kulit normal hingga kering.

Bahan Anti-Pollution Complex, Alpine Herbs, Moringa Seed, St. John’s Wort, Sweet Almond, Marshmallow, Linden
Formula Sulfates Free, Phthalates Free 

9. Sephora Collection Soothing Cleansing Milk

9. Sephora Collection Soothing Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 203.000

Lembut dan antiiritasi untuk kulit sensitif yang cenderung berminyak

Cleansing milk ini akan menghapus sisa riasan Anda tanpa membuat kulit berminyak. Kulit Anda terasa lebih segar pada penghujung hari. Di sisi lain, teknologi HydroSenn+ akan menghidrasi kulit wajah Anda secara optimal sekaligus menghindarkannya dari iritasi.

Selain itu, tekstur lembutnya dijamin aman meski terkena mata. Ukuran botolnya juga cukup besar sehingga bisa Anda pakai dalam waktu lama. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi sensitif dan berminyak.

Bahan Aqua, Macadamia Oil, Glycerin
Formula HydroSenn+™, Dermatologically and Ophthalmologically tested, Parabens Free, Sulfates Free, Phthalates Free

8. Cellex-C Betaplex Gentle Cleansing Milk

8. Cellex-C Betaplex Gentle Cleansing Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 535.000

Milk cleanser terlembut dengan formula makeup remover terkuat!

Cellex-C menawarkan bahan yang lembut sekaligus formula pembersih terkuat. Bahan aktif di dalamnya ampuh melembapkan, meningkatkan elastisitas kulit, merontokkan sel kulit mati, dan mencegah inflamasi. Selain itu, perpaduan ekstrak willow bark dan lactic acid sangat cocok untuk kulit sensitif yang berminyak dan berjerawat.

Anda bisa membersihkan wajah dengan Betaplex Gentle Cleansing Milk saat mandi atau cukup menyekanya dengan waslap basah. Konsumen menyebutkan bahwa kulit mereka terasa lebih baik, dengan pori-pori bersih dan mulus, setelah 5-8 minggu pemakaian. Produk ini juga cocok untuk perawatan kulit aging.

Bahan Alpha and Beta Hydroxy Acids, Sassafras, Ginseng, Lemongrass, Lactic Acid, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Vitamin E
Formula Dermatologist Approved

7. Fresh Soy Face Cleansing Milk

7. Fresh Soy Face Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Membersihkan dan melembapkan kulit hingga enam jam setelah pemakaian

Fresh Soy Face Cleansing Milk merupakan produk terlaris dan menjadi favorit para penggemar cleansing milk. Produk ini sangat efektif mengangkat makeup sekaligus mengunci kelembapan wajah. Kulit Anda akan tetap lembut, bahkan setelah enam jam pemakaian.

Produk ini mampu menenangkan dan mengenyalkan kulit. Teksturnya ringan serta kaya akan asam amino untuk meningkatkan elastisitas kulit wajah. Apabila Anda mencari makeup remover yang aman bagi kulit sensitif dan semua jenis kulit, produk ini pilihan terbaik.

Bahan Amino Acid Soy Proteins, White Hibiscus Flower, Cornflower Extract, Cooling Cucumber Extract
Formula Parabens Free, Sulfates Free, Phthalates Free

6. Clinique Take The Day Off Cleansing Milk

6. Clinique Take The Day Off Cleansing Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Dari merek kosmetik antialergi terbaik

Clinique adalah merek kosmetik pertama yang teruji oleh ahli dermatologi dan oftalmologi. Take The Day Off Cleansing Milk menempati daftar susu pembersih terbaik yang difavoritkan oleh mereka yang berkulit sensitif.

Dengan tekstur lembut dan milky, produk ini efektif mengangkat riasan seperti foundation dan sunscreen yang berdiam di wajah Anda. Formula yang residue-free ditambah komponen asam hyaluronic menjaga kulit Anda tetap lembap setelah pemakaian.

Bahan Hyaluronic Acid, Glycerin, Shea Butter, Panthenol , Jojoba Wax Peg-120 Esters, Linoleic Acid 
Formula Allergy Tested. Fragrance Free, Residue Free, Paraben Free, Phthalate Free

5. Nuxe Comforting Cleansing Milk with Rose Petals

5. Nuxe Comforting Cleansing Milk with Rose Petals

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 210.000

Lembut di bibir dan mata, serta mampu mencegah kulit kering

Nuxe Comforting Cleansing Milk berbentuk lotion ringan yang efektif melembutkan kulit sekaligus membersihkan riasan mata dan bibir. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi melakukan double cleansing. Produk ini memiliki kadar pH yang baik untuk kulit sensitif, terutama untuk Anda yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap kulit kering.

Bahan Rosa Damascena Flower Water, Macadamia Seed Oil, Coconut Oil, Allantoin
Formula Paraben Free, Alcohol Free, Soap Free, Hypoallergenic fragrance yang secara khusus diformulasikan untuk kulit sensitif

4. Caudalie Gentle Cleansing Milk

4. Caudalie Gentle Cleansing Milk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

Tanpa bahan kimia! Hapus makeup Anda dengan formulasi bahan alami

Bebas dari bahan kimia sintetis, kami merekomendasikannya untuk Anda yang menyukai formulasi bahan alami. Bahan aktifnya membersihkan makeup harian sekaligus menenangkan kulit teriritasi. Campuran bahan alami di dalam cleansing milk bertekstur creamy ini memberikan kulit Anda kelembapan ekstra sepanjang hari.

Bahan Sweet Almond Oil, Grape Seed Oil, Cornflower & Oat Extract
Formula Non-comedogenic, Vegan, Non-toxic, Dermatologist & Pphthalmologist Tested, Hypoallergenic, Safe for Sensitive Skin, Synthetic Chemicals Free, Gluten Free, GMOs Free, Fillers Free

3. Avène Gentle Milk Cleanser

3. Avène Gentle Milk Cleanser

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Bahan antioksidan tingkat tinggi melindungi kulit sensitif yang sangat kering

Selanjutnya, ada produk pembersih dari Avène yang terkenal dengan komponen anti-iritasi. Avène Gentle Milk Cleanser mengandung asam hyaluronic, vitamin E, dan bahan aktif antioksidan yang kaya akan pelembap dan membuat kulit terasa lembut kenyal.

Untuk Anda yang menyukai susu pembersih dengan sedikit wewangian, produk ini mengandung bahan pewangi yang aman dan sangat lembut untuk kulit sensitif. Malas membasuh muka dengan air saat membersihkan makeup? Susu pembersih ini dapat digunakan bersama kapas tanpa mengiritasi kulit Anda.

Bahan Vitamin E, Hyaluronic acid, Avène Thermal Spring Water
Formula Dermatology Tested, Allergen Free,Hypoallergenic, Non-Comedogenic, Soap Free, Paraben Free, Soy Free, Gluten Free

2. La Roche Posay Toleriane Dermo Milky Cleanser

2. La Roche Posay Toleriane Dermo Milky Cleanser

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 340.000

Diformulasikan khusus untuk kulit sensitif yang sangat rentan alergi

Dermo Milky Cleanser membersihkan pori kulit Anda secara lembut dari waterproof makeup paling kuat tanpa mengganggu keseimbangan pH. Selain dapat dibasuh dengan air hangat, Anda bisa menggunakan kapas untuk membersihkan wajah dengan produk ini.

Bebas dari bahan surfaktan, produk ini juga telah mendapat seal of approval dari British Allergy Foundation! Pilih produk ini apabila Anda mudah terkena alergi kosmetik dan ingin membersihkan wajah secara nyaman tanpa menggunakan waterproof makeup remover.

Bahan Glycerine, ethylhexyl palmitate, antioxidant thermal spring water
Formula Paraben Free, Fragrance Free, Preservative Free, Suitable for Sensitive Skin, Dermatologist Tested, Allergy Tested

1. CeraVe Hydrating Facial Cleanser

1. CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Atasi masalah kulit kering sensitif dengan kombinasi pelembap tertinggi

Cleansing milk yang telah diakui oleh National Eczema Association ini membersihkan riasan, minyak, dan debu, serta memberikan proteksi maksimal untuk kulit kering sensitif. Dalam komposisinya terdapat tiga tipe ceramide, asam hyaluronic, dan teknologi MVE. Hasilnya, kulit Anda akan terkunci kelembapannya selama 24 jam.

Saat dioleskan, Anda akan merasakan tekstur susu yang meleleh lembut di kulit. Menurut para konsumennya, CeraVe Hydrating Facial Cleanser dinilai sebagai cleanser terbaik untuk kulit kering dan sensitif. Produk ini dikembangkan oleh ahli dermatologi sebagai solusi untuk mengatasi masalah kulit kering sensitif.

Bahan Ceramide 3, Ceramide 6 11, Ceramide 1, Hyaluronic Acid, Glycerin
Formula MVE Technology, Non-Comedogenic, Non-Irritating, Fragrance Free, Developed with Dermatologists

Yang perlu diperhatikan saat membersihkan makeup dengan susu pembersih

Meskipun Anda telah memilih susu pembersih berbahan lembut, kulit wajah tetap bisa teriritasi apabila tidak dibersihkan secara benar. Pada poin ini kami akan membagi tips cara membersihkan riasan.

Jangan menggosok terlalu kuat. Seka wajah dengan lembut

Jangan menggosok terlalu kuat. Seka wajah dengan lembut

Pertama-tama, cucilah tangan Anda dan mengeringkannya, terkecuali apabila produk tersebut boleh digunakan dengan tangan yang basah. Setelah memastikan tangan Anda bersih, tuangkan susu pembersih ke telapak tangan. Biarkan sebentar agar menyatu dengan suhu tubuh. Hal ini dapat membantu riasan Anda cepat terangkat. Jangan digosok atau ditekan kuat, cukup lakukan pijatan secara lembut untuk melancarkan sirkulasi darah. Setelah cukup banyak kotoran yang terangkat, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.

Gunakan makeup remover untuk menghilangkan riasan yang sulit dibersihkan

Gunakan makeup remover untuk menghilangkan riasan yang sulit dibersihkan

Susu pembersih memiliki formula yang ringan sehingga hanya mampu membersihkan makeup berbahan alami saja. Produk seperti maskara tahan air, sunscreen, dan sejenisnya tidak bisa dibersihkan secara optimal hanya dengan susu pembersih.

Sisa kosmetik yang tidak dibersihkan akan membebani kulit Anda. Untuk itu, Anda perlu menggunakan makeup remover ringan yang berbahan minyak untuk membersihkan riasan berat. Aplikasikan makeup remover tersebut secara berhati-hati untuk menghindari stimulasi berlebihan. Kulit sensitif perlu diperlakukan secara lembut dengan penuh kehati-hatian.

Baca juga rekomendasi pembersih muka lainnya untuk kulit sensitif di sini!

Sebagian dari Anda mungkin tetap ingin membersihkan wajah lebih dari sekali atau melakukan double cleansing. Untuk kulit sensitif, gunakanlah produk pembersih wajah yang lembut. Di bawah ini, kami merekomendasikan produk pembersih wajah dalam bentuk facial foam dan sabun sabun muka batangan untuk kulit sensitif.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh susu pembersih terbaik untuk kulit sensitif! Produk manakah yang Anda pilih? Karena kulit sensitif lemah terhadap rangsangan luar, sangat penting untuk memilih produk berbahan lembut yang tidak akan memicu alergi.

Selain itu, pilihlah cleansing milk dengan kandungan tinggi pelembap serta bahan aktif yang menyehatkan. Anda bisa memiliki kulit sehat dan indah dengan susu pembersih yang sesuai! Semoga artikel dari kami dapat membantu.