• 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)

Bagi pemilik kulit sensitif, susu pembersih atau cleansing milk adalah jenis skincare yang direkomendasikan. Namun, beberapa produk diberi kandungan yang mungkin kurang cocok untuk kulit sensitif. Karena itu, komposisi bahan perlu Anda perhatikan saat ingin membeli cleansing milk yang bagus untuk kulit sensitif. Produknya juga dikenal dengan milk cleanser.

Kali ini kami akan memandu Anda memilih cleansing milk terbaik untuk kulit sensitif. Kami juga akan berbagi rekomendasi cleansing milk dari aneka merek beauty care, seperti Sariayu, Wardah, dan Viva. Mari temukan cleansing milk terbaik untuk wajah yang sehat dan cantik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih cleansing milk untuk kulit sensitif

Cleansing milk direkomendasikan untuk membersihkan riasan bagi pemilik kulit sensitif. Produknya juga dapat menjaga kelembapan kulit Anda. Berikut kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih susu pembersih untuk kulit sensitif.

Ketahui kandungan yang lembut di kulit

Ketahui kandungan yang lembut di kulit
Jika Anda mencari milk cleanser yang cocok untuk kulit sensitif, pilih yang terasa lembut di kulit. Pada umumnya susu pembersih terbuat dari face emulsion yang lembut di wajah. Cleansing milk biasanya memiliki kandungan air yang lebih banyak daripada kandungan minyak. Hal ini dapat membantu Anda membersihkan riasan tanpa harus digosok dengan kuat.

Walaupun demikian, komposisi ini memiliki daya pembersih yang lebih rendah dari pembersih berbahan dasar minyak. Maka dari itu, akan sedikit sulit untuk membersihkan riasan yang waterproof atau heavy makeup dengan cleansing milk.

Pahami formula yang tidak memicu iritasi dan alergi

Pahami formula yang tidak memicu iritasi dan alergi

Periksalah formula yang tertera di kemasan produk sebelum membelinya. Sebaiknya Anda menghindari komponen yang dapat memicu iritasi dan alergi, seperti pewangi buatan dan alkohol. Ada pula bahan seperti paraben dan mineral oil yang harus Anda perhatikan. Seperti apa efek bahan-bahan tersebut untuk kulit Anda yang sensitif?


  • Pewangi buatan atau alkohol 

Untuk Anda yang memiliki kulit ekstra sensitif, berhati-hatilah terhadap produk yang mengandung alkohol atau parfum. Memang tidak ada komposisi bahan yang 100% aman di luar sana. Biasanya produk-produk yang aman memiliki label "untuk kulit sensitif", "rendah iritasi", atau "tanpa zat aditif". Pilihlah yang paling cocok untuk Anda sebab kulit sensitif rentan terhadap rangsangan.


  • Paraben dan mineral oil 

Kedua bahan ini sesungguhnya tidak berbahaya. Paraben tidak memiliki efek buruk terhadap tubuh apabila digunakan sebagai bahan pengawet saja. Di antara jenis paraben, pilihlah methylparaben yang dinilai aman dan lembut di kulit.


Mineral oil juga tergolong aman jika terjamin kemurniannya. Menurut ahli dermatologi, petroleum jelly merupakan salah satu jenis mineral oil. Bahan ini sangatlah aman karena telah mengalami pemrosesan dan tidak akan meresap di kulit Anda.

Utamakan yang sudah teruji oleh ahli dan tes alergi

Utamakan yang sudah teruji oleh ahli dan tes alergi
Terdapat dua jenis tes uji alergi khusus kulit sensitif, yaitu patch test dan stinging test. Kedua tes tersebut mengecek reaksi alergi yang terjadi ketika kulit diberikan produk tertentu. Pahami dua jenis tes alergi ini agar Anda dapat menemukan produk yang cocok untuk kulit sensitif.

  • Patch test 

Tes ini dilakukan dengan mengaplikasikan produk ke kulit pengujinya. Hal ini berguna untuk menentukan apakah produk tersebut memiliki reaksi tertentu terhadap kulit. Jika lolos uji patch test, produk tersebut sudah dijamin oleh produsennya untuk dapat digunakan oleh kulit sensitif.


  • Stinging test 

Produk yang telah melalui uji stinging test dinilai lebih ringan. Bukan hanya mendeteksi reaksi alergi, tetapi sensasi gatal atau nyeri juga telah diperiksa. Produk semacam ini biasanya dilabeli "rendah iritasi".


Namun, perlu diingat bahwa kulit setiap orang berbeda. Tidak semua kosmetik cocok untuk semua orang. Apabila Anda masih mengalami reaksi alergi meski produk tersebut diklaim lolos tes uji alergi, hentikanlah pemakaiannya.

Tentukan yang daya pelembapnya tinggi

Kulit sensitif cenderung rentan terhadap rangsangan eksternal dan masalah kulit kering. Pilihlah cleansing milk dengan kandungan tinggi pelembap supaya kulit Anda tetap lembap selepas membersihkan wajah.

Ceramide: Mengencangkan dan memperbaiki tekstur kulit

Ceramide: Mengencangkan dan memperbaiki tekstur kulit
Di antara banyak bahan pelembap, ceramide adalah yang paling direkomendasikan untuk kulit sensitif. Pada dasarnya, terdapat komponen ceramide alami dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Bahan pelembap ini merupakan bahan yang sempurna untuk kulit sensitif.

Terdapat tujuh human ceramide. Empat di antaranya sangat cocok untuk digunakan kulit sensitif:

  • Ceramide 1 memiliki fungsi retensi air dan perlindungan. 
  • Ceramide 2 memiliki kapasitas retensi air yang tinggi. 
  • Ceramide 3 berfungsi mengencangkan kulit. 
  • Ceramide 6 memiliki peran penting dalam memperbaiki tekstur kulit. 

Ceramide 1 biasa disebut sebagai ceramide EOP. Sementara itu, ceramide 2 adalah NS atau NG, ceramide 3 adalah NP, dan ceramide 6 adalah AP. Dapat dikatakan bahwa sebuah produk memiliki daya pelembap yang tinggi jika ditemukan bahan-bahan ini di dalam komposisinya.

Hyaluronic acid: Lembut dan menenangkan kulit

Hyaluronic acid: Lembut dan menenangkan kulit

Walaupun pada dasarnya asam dapat mengiritasi kulit, hyaluronic acid berbeda dengan lainnya. Hyaluronic acid merupakan salah satu jenis asam dengan kemampuan retensi air yang tinggi. Sifatnya lembut di kulit dan dapat mempertahankan kelembapan kulit. Jika lembap, kulit menjadi tidak rentan terhadap pengaruh buruk dari luar. Kulit Anda juga akan terasa lebih kenyal, sehat dan glowy.

Glycerin: Dapat mempercepat penyembuhan kulit

Glycerin: Dapat mempercepat penyembuhan kulit

Pelembap yang satu ini sering sekali ditemukan di produk skincare untuk wajah. Tidak mengherankan, glycerin memiliki kandungan yang dapat mengunci kelembapan dalam kulit. Selain itu, glycerin dapat mencegah penuaan diri dan melindungi kulit dari radikal bebas. Hal ini tentunya akan cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.


Penggunaan glycerin yang teratur juga dapat membantu pemulihan masalah kulit. Hal ini pas untuk Anda yang berjerawat atau memiliki skin barrier yang rusak. Glycerin tidak akan menyumbat pori-pori Anda ketika digunakan. Maka dari itu, pilihlah produk dengan kandungan glycerin agar dapat menenangkan kulit sensitif Anda.

Pertimbangkan produk berbahan organik atau tanpa bahan kimia

Pertimbangkan produk berbahan organik atau tanpa bahan kimia
Jika Anda ingin menghindari bahan kimia, kami merekomendasikan susu pembersih berbahan organik. Produk organik menggunakan bahan baku yang dibudidayakan secara alami dan bebas pestisida. Cleansing milk tipe ini akan membersihkan kulit Anda dengan kebaikan alami dari tumbuhan.

Pilihlah produk yang sudah mendapatkan label atau sertifikasi organik, atau produk yang bebas dari bahan kimia sintetis. Namun, tergantung produknya, sisa makeup Anda mungkin akan sulit dibersihkan. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakannya.

Utamakan yang mudah dibersihkan dengan air

Utamakan yang mudah dibersihkan dengan air

Cleansing milk terdiri dari dua tipe, yaitu yang dapat dibilas dengan air dan yang dihapus dengan kapas. Menggosok dengan kapas cenderung menyebabkan iritasi. Karena itu, utamakanlah produk yang dapat dibilas untuk membersihkan kulit sensitif.


Kami juga merekomendasikan produk yang tidak membutuhkan double cleansing agar kelembapan kulit tetap terjaga. Namun, susu pembersih memiliki kemampuan yang agak lemah dalam melunturkan makeup. Jadi, sebaiknya Anda rutin mencuci muka dengan facial wash dalam satu hingga dua kali seminggu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran di kulit Anda.

10 Rekomendasi cleansing milk terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing milk terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Mineral BotanicaWhitening Plus Complex - Cleansing Milk

Mulai dari Rp 30.900,00

FormulaTidak disebutkan
KandunganCollagen, kakadu plum fruit extract, grape seed extract, fermented yeast filtrate
Isi100 ml
Cara pemakaian produkBersihkan dengan kapas
9
FormulaPerfume-free, alcohol-free, paraben-free, colour-free
KandunganDexpanthenol, grape seed oil, glycerin, panthenol, citric acid
Isi200 ml
Cara pemakaian produkBersihkan dengan kapas
8

Skin DewiRaspberry Cleansing Milk

Mulai dari Rp 220.000,00

FormulaOrganic skincare
KandunganRaspberry oil, vitamin B3, papaya extract, d-panthenol, glycerin, carica papaya fruit extract
Isi30 ml, 50 ml, 150 ml
Cara pemakaian produkBilas dengan air
7

Sariayu Martha TilaarJeruk Cleansing Milk

Mulai dari Rp 14.300,00

FormulaTidak disebutkan
KandunganLime extract, peppermint oil, glycerin, olive oil, Glyceryl Stearate
Isi100 ml, 150 ml
Cara pemakaian produkBersihkan dengan tisu/kapas
6
FormulaTidak disebutkan
KandunganAqua, glyceryl stearate, mineral oil, rosa alba flower extract, cystoseira tamariscifolia extract
Isi100 ml
Cara pemakaian produkBersihkan dengan tisu/kapas
5
FormulaTidak disebutkan
KandunganWater, bifida ferment lysate, glycerin, caprylyl glycol, citric acid, xanthan gum
Isi200 ml
Cara pemakaian produkBersihkan dengan tisu/kapas
4
FormulaTidak disebutkan
KandunganWater, mineral oil, stearic acid, triethanolamine, spirulina maxima extract, potassium benzoate
Isi100 ml
Cara pemakaian produkBersihkan dengan tisu/kapas
3
FormulaParaben-free, alcohol-free, sulfate-free, EU allergen-free, fungal acne safe
KandunganGrape seed extract, glutathione, niacinamide, arbutin, paeonia suffruticosa root extract, sugar maple extract
Isi50 ml
Cara pemakaian produkBersihkan dengan tisu/kapas
2
FormulaAlcohol-free, pregnant woman friendly
KandunganAqua, paraffinum liquidum, glycerin, glyceryl stearate, niacinamide, phenoxyethanol
Isi100 ml
Cara pemakaian produkBilas dengan air
1
FormulaHypoallergenic, safe for sensitive skin
KandunganAqua, cetyl alcohol, propylene glycol, butyl 4-hydroxybenzoate, methyl 4-hydroxybenzoate
Isi59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml
Cara pemakaian produkBilas dengan air atau bersihkan dengan kapas

Tabel perbandingan produk cleansing milk terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Cetaphil

2
Wardah Lightening Cleansing Milk 1

Wardah

3
Emina Creamy Milk Cleansing Lotion 1

Emina

4
Viva Milk Cleanser Spirulina  1

Viva

5
L'Oreal Paris Gentle Cleansing Milk 1

L'Oreal Paris

6
Herborist Cleansing Milk Rose 1

Herborist

7
Sariayu Martha Tilaar Jeruk Cleansing Milk 1

Sariayu Martha Tilaar

8
Skin Dewi Raspberry Cleansing Milk 1

Skin Dewi

9
NIVEA Make Up Clear Cleansing Milk 1

NIVEA

10
Mineral Botanica Whitening Plus Complex - Cleansing Milk 1

Mineral Botanica

Nama produk

Gentle Skin Cleanser

Lightening Cleansing Milk

Creamy Milk Cleansing Lotion

Milk Cleanser Spirulina

Gentle Cleansing Milk

Cleansing Milk Rose

Jeruk Cleansing Milk

Raspberry Cleansing Milk

Make Up Clear Cleansing Milk

Whitening Plus Complex - Cleansing Milk

Keunggulan

Dapat digunakan dengan atau tanpa bilasan air

Milk cleanser yang cocok untuk segala jenis kulit

Formulanya ringan, pas untuk anak muda!

Kaya akan manfaat spirulina meski ekonomis

Dapat melindungi kulit dari kerusakan skin barrier

Menenangkan dan mengurangi peradangan kulit

Penuh dengan kesegaran jeruk nipis Indonesia

Membersihkan pori-pori terdalam tanpa membuat kulit kering

Milk cleanser tanpa alkohol yang mengembalikan kelembutan dan kelembapan kulit

Membersihkan sekaligus mencerahkan kulit Anda

Harga mulai dariRp 66.700,00Rp 20.500,00Rp 23.500,00Rp 7.900,00Rp 126.200,00Rp 15.300,00Rp 14.300,00Rp 220.000,00Rp 43.400,00Rp 30.900,00
FormulaHypoallergenic, safe for sensitive skinAlcohol-free, pregnant woman friendlyParaben-free, alcohol-free, sulfate-free, EU allergen-free, fungal acne safeTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan Organic skincarePerfume-free, alcohol-free, paraben-free, colour-freeTidak disebutkan
KandunganAqua, cetyl alcohol, propylene glycol, butyl 4-hydroxybenzoate, methyl 4-hydroxybenzoateAqua, paraffinum liquidum, glycerin, glyceryl stearate, niacinamide, phenoxyethanolGrape seed extract, glutathione, niacinamide, arbutin, paeonia suffruticosa root extract, sugar maple extractWater, mineral oil, stearic acid, triethanolamine, spirulina maxima extract, potassium benzoateWater, bifida ferment lysate, glycerin, caprylyl glycol, citric acid, xanthan gumAqua, glyceryl stearate, mineral oil, rosa alba flower extract, cystoseira tamariscifolia extractLime extract, peppermint oil, glycerin, olive oil, Glyceryl StearateRaspberry oil, vitamin B3, papaya extract, d-panthenol, glycerin, carica papaya fruit extractDexpanthenol, grape seed oil, glycerin, panthenol, citric acidCollagen, kakadu plum fruit extract, grape seed extract, fermented yeast filtrate
Isi59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml100 ml50 ml100 ml200 ml100 ml100 ml, 150 ml30 ml, 50 ml, 150 ml200 ml100 ml
Cara pemakaian produkBilas dengan air atau bersihkan dengan kapasBilas dengan air Bersihkan dengan tisu/kapasBersihkan dengan tisu/kapasBersihkan dengan tisu/kapasBersihkan dengan tisu/kapasBersihkan dengan tisu/kapasBilas dengan air Bersihkan dengan kapasBersihkan dengan kapas
Tautan produk

Cara menggunakan cleansing milk

Cara menggunakan cleansing milk
Pertama-tama, cucilah tangan Anda dan keringkan, kecuali apabila cleansing milk boleh digunakan dengan tangan yang basah. Setelah memastikan tangan Anda bersih, tuangkan produk ke telapak tangan.

Selanjutnya, biarkan sebentar agar menyatu dengan suhu tubuh. Hal ini dapat membantu riasan Anda cepat terangkat. Jangan digosok atau ditekan kuat, cukup lakukan pijatan secara lembut untuk melancarkan sirkulasi darah.


Setelah cukup banyak kotoran yang terangkat, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat. Tetap lakukan dengan lembut untuk menghindari gosokan kuat pada wajah.

Gunakan makeup remover untuk riasan yang sulit dibersihkan

Gunakan makeup remover untuk riasan yang sulit dibersihkan
Cleansing milk memiliki formula yang ringan sehingga hanya bisa membersihkan makeup natural. Produk seperti maskara tahan air, sunscreen, dan sejenisnya tidak mampu dibersihkan secara optimal dengan susu pembersih saja.

Sisa kosmetik yang tidak dibersihkan akan membebani kulit Anda. Untuk itu, Anda perlu menggunakan makeup remover ringan yang berbahan minyak untuk membersihkan riasan berat. Aplikasikan makeup remover tersebut secara hati-hati untuk menghindari stimulasi berlebihan.

Baca juga rekomendasi produk pembersih muka lainnya untuk kulit sensitif di sini

Kami masih punya ulasan beragam skincare untuk kulit sensitif selain cleansing milk. Anda juga bisa memiliki facial foam, sabun muka batangan, dan micellar water. Berikut kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Disimak semuanya, ya!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan cleansing milk terbaik untuk kulit sensitif. Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Kulit sensitif lemah terhadap rangsangan luar. Karena itu, sangat penting untuk memilih produk berbahan lembut yang tidak akan memicu alergi.


Selain itu, pilihlah milk cleanser dengan kandungan tinggi pelembap serta bahan aktif yang menyehatkan. Anda bisa memiliki kulit sehat dan indah dengan susu pembersih yang sesuai. Semoga artikel dari kami ini dapat membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Dengan metode double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Double cleansing perlu dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kombinasi, maupun sensitif. Pria dan wanita sama-sama dapat melakukannya sejak remaja agar kulit tampak glowing. Artikel ini berisi poin-poin penting dalam memilih produk double cleansing. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk yang bagus, seperti merek Viva, Wardah, dan Nivea. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang bagus. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merk terkenal, seperti The Body Shop, Pond's, dan Clinique juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu pembersih wajah yang populer digunakan adalah micellar water. Produk pembersih berbahan dasar air ini mampu membersihkan makeup serta kotoran secara mudah dan cepat. Namun, tidak semua produk micellar water dapat digunakan untuk kulit sensitif. Terlebih lagi bila kulit sensitif disertai dengan masalah jerawat, berminyak, kering, dan beruntusan.Sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif. Ada berberbagai merek yang bagus dan berkualitas, seperti Wardah, Garnier, dan Simple. Namun sebelum itu, kami akan mengulas cara memilihnya terlebih dahulu. Simak sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Membersihkan wajah adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Saat ini dunia skincare diramaikan dengan pembersih wajah, salah satunya cleansing balm. Pembersih ini memiliki bentuk yang solid. Kendati demikian, cleansing balm akan meleleh pada suhu tubuh. Anda pun bisa menemukan cleansing balm merek lokal terbaik dengan mudah.Di artikel ini, kami menyiapkan tips dan memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Beberapa merek cleansing balm lokal seperti Somethinc, Lumier, dan Fanbo ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat menyimak!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari berbagai jenis sabun pembersih muka, cleansing milk atau susu pembersih adalah yang paling lembut di kulit. Susu pembersih dapat memberikan sensasi lembap yang sangat bagus, terutama pada kulit kering dan sensitif. Merek-merek terkenal, seperti Clarins, Face Shop, dan NUXE telah mengeluarkan produk susu pembersih terbaik mereka. Namun, manakah yang cocok untuk Anda? Simak artikel berikut ini dan dapatkan susu pembersih terbaik yang sesuai untuk kulit Anda!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makeup remover adalah produk pembersih wajah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa makeup dan kotoran yang menempel akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Saat ini, ada berbagai jenis makeup remover yang tersedia di pasaran.Agar Anda dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, kami akan membagikan tips memilih makeup remover. Sepuluh makeup remover terbaik juga telah kami siapkan sebagai rekomendasi produk. Anda dapat menemukan makeup remover yang bagus dari Garnier, Safi, Wardah, dan Nivea di dalam artikel ini. Yuk, simak informasinya!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori