10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik untuk Memancing (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik untuk Memancing (Terbaru Tahun 2018)

Cooler box  adalah salah satu item penting bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Di pasaran terdapat berbagai brand yang mengeluarkan cooler box, seperti Igloo, Lion Star, Kirapac, dan sebagainya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memilih cooler box yang tepat agar kegiatan memancing Anda semakin menyenangkan.

Berikut ini kami akan memberikan panduan untuk Anda bagaimana memilih cooler box yang tepat berdasarkan harga, ukuran, kualitas, dan juga fungsinya. Jadi, jangan salah pilih lagi ya!

Daftar isi

Cara memilih cooler box untuk memancing

Banyak orang yang tidak tahu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih cooler box untuk memancing. Maka, sebelum kami memberitahukan cooler box yang direkomendasikan, perhatikan hal-hal berikut ini.

Pilihlah ukuran cooler box sesuai dengan rencana dan tempat Anda memancing

Pilihlah ukuran cooler box sesuai dengan rencana dan tempat Anda memancing

Jika lokasi tujuan memancing Anda perlu ditempuh dengan berjalan kaki, ukuran cooler box yang terlalu besar bisa menyusahkan Anda. Oleh karena itu, pilihlah cooler box yang berukuran 5-10 liter agar memudahkan Anda saat membawanya. Cooler box berukuran 40-50 liter sangat cocok untuk kegiatan memancing di atas kapal dan mampu menampung tangkapan besar.

Bagi pemula, Anda bisa memilih cooler box berukuran 20 sampai 30 liter karena sangat fleksibel. Selain mampu menampung hasil tangkapan sedang sampai tangkapan besar, cooler box dengan ukuran tersebut juga bisa Anda gunakan ke berbagai tempat pemancingan seperti di tambak maupun di atas kapal.

Perhatikan isolasi pada cooler box 

Semakin baik isolasi yang digunakan pada cooler box, semakin baik daya pendinginannya, harganya pun semakin bervariasi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tiga jenis isolasi utama yang biasa digunakan pada cooler box dan sesuaikan dengan budget Anda.

Panel isolasi vacuum adalah yang terbaik!

Panel isolasi vacuum adalah yang terbaik!

Cooler box yang menggunakan panel isolasi vacuum, kualitas pendinginannya sangat terjamin karena udara panas dari luar sulit masuk. Akan tetapi, cooler box ini harganya sangat mahal, cukup berat, dan apabila pecah, tidak bisa digunakan lagi sehingga harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Pendinginan stabil dengan isolasi polyurethane foam

Pendinginan stabil dengan isolasi polyurethane foam

Polyurethane foam adalah isolasi yang paling banyak digunakan pada cooler box yang tersedia di pasaran. Tingkat pendinginan yang dihasilkan isolasi ini cukup stabil dan harganya relatif murah. Daya pendinginannya memang lebih rendah jika dibandingkan dengan panel isolasi vacuum. Namun, daya pendinginannya pun akan bertambah saat ketebalan polyurethane foam bertambah. Bahkan, efek pendinginan panel isolasi vacuum bisa Anda dapatkan apabila ketebalan polyurethane foam sekitar 6 cm. Akan tetapi, semakin tebal polyurethane foam yang digunakan, harganya pun semakin mahal.

Yang paling murah, styrofoam

Yang paling murah, styrofoam

Di antara tiga jenis isolasi, styrofoam adalah jenis isolasi yang paling murah dan mudah didapatkan. Semakin tebal styrofoam, daya pendinginannya pun semakin tinggi. Anda juga bisa menambahkan es ke dalam box agar suhu dinginnya bertahan lebih lama.

Kekurangan dari cooler box dengan isolasi styrofoam adalah daya pendinginannya tidak tahan lama karena udara dari luar mudah masuk ke dalam. Jika Anda menggunakan cooler box jenis ini, pastikan penutupnya merekat dengan kuat untuk menghindari masuknya udara luar.

10 Rekomendasi cooler box terbaik untuk memancing

Jika Anda sudah memahami poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih cooler box untuk memancing, kini saatnya kami memberikan 10 rekomendasi cooler box terbaik. Tentukan saja cooler box mana yang sesuai kebutuhan Anda!

10. Tas Styrofoam Cooler Box 34 x 25 x 31 cm

10. Tas Styrofoam Cooler Box 34 x 25 x 31 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Cooler box handmade murah berkualitas prima

Cooler box pertama yang kami rekomendasikan bukanlah dari produksi brand ternama. Cooler box ini berupa tas kotak buatan tangan yang didalamnya terdapat box styrofoam. Tas ini cukup aman karena penutupnya dilengkapi dengan ritsleting.

Cooler box ini cocok untuk Anda yang ingin memancing ke lokasi yang tidak begitu jauh, seperti memancing di tambak atau sungai kecil, karena daya pendinginan cooler box ini tidak dapat bertahan lama. Untuk mempertahankan suhu dingin lebih lama, disarankan menambahkan ice gel ke dalam cooler box. Yang menarik dari cooler box ini tentu saja karena harganya yang murah!

9. Kirapac Fresh Cooler Box 70 Liter

9. Kirapac Fresh Cooler Box 70 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 958.000

Jaga kesegaran ikan lebih lama dengan bahan plastik ramah lingkungan

Cooler box dari Kirapac ini terbuat dari bahan plastik yang aman dan ramah lingkungan sehingga Anda tidak perlu khawatir kotak pendingin Anda akan menyebarkan racun ke ikan hasil tangkapan Anda. Ukurannya yang cukup besar mampu menampung tangkapan besar.

Namun, cooler box ini hanya cocok untuk Anda yang akan pergi memancing di atas kapal karena kurang praktis untuk dibawa-bawa. Polyurethane foam yang terdapat dalam cooler box ini mampu menahan suhu dingin cukup lama. Ikan hasil tangkapan Anda pun akan tetap terjaga kesegarannya.

8. Lion Star Antarctica Cooler Box 55 Liter

8. Lion Star Antarctica Cooler Box 55 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 610.000

Lebih tahan banting berkat cooler box anti pecah

Lion Star adalah brand paling populer sebagai penyedia cooler box. Antartica Cooler Box adalah salah satu produk yang direkomendasikan bagi Anda yang hobi memancing di lautan luas dengan menggunakan kapal. Hasil tangkapan ikan Anda akan tetap segar karena produk ini mampu menyimpan suhu dingin hingga 24 jam.

Cooler box ini terbuat dari fiber glass anti pecah sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi goncangan di atas kapal saat memancing. Anda memang perlu mengeluarkan budget lebih karena harganya yang cukup mahal, tetapi Anda tidak akan rugi membeli produk berkualitas dengan kapasitas besar ini.

7. Kirapac Discovery Cooler Box 38 Liter

7. Kirapac Discovery Cooler Box 38 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 588.800

Cooler box anti tumpah yang dilengkapi kunci pengaman

Cooler Box dari Kirapac ini memiliki isolasi 100% polyurethane foam sehingga daya pendinginannya sangat baik. Terdapat kunci pengaman pada cooler box ini sehingga Anda tidak perlu khawatir isi cooler box akan tumpah karena sudah terkunci dengan sangat baik. Dengan volume 38 liter, cooler box ini bisa menampung hasil tangkapan besar.

Bagian dalam cooler box mudah dicuci dan tidak berbau. Tentu saja Anda harus segera mencuci cooler box ini setelah selesai digunakan supaya bau tidak mengendap lama di bagian dalam cooler box. Nah, untuk kualitas sebaik ini, harganya pun masih bisa ditolerir, bukan?

6. Giant Cooler Box 5 Liter

6. Giant Cooler Box 5 Liter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 220.000

Cooler box serbaguna yang ringan dan praktis

Cooler box berukuran 5 liter ini cocok bagi Anda yang lokasi pemancingannya perlu ditempuh dengan berjalan kaki. Ukurannya yang tidak terlalu besar memudahkan Anda membawa cooler box ini sambil berjalan-jalan. Selain itu, cooler box ini juga dapat digunakan untuk menyimpan makanan, minuman, obat-obatan, vaksin, darah, dan sebagainya. Serbaguna, bukan?

Bagian dalam cooler box ini berukuran 23,15 x 14 x 15 cm dan sudah dilengkapi dengan sistem penahan panas sehingga suhu dingin tetap terjaga. Setiap pembelian cooler box ini Anda akan mendapatkan 2 pak ice gel secara gratis.

5. Igloo Sportsman Cooler Box 49 Liter

5. Igloo Sportsman Cooler Box 49 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 1.149.000

Fitur ultratherm untuk menahan suhu lebih lama

Igloo adalah brand ternama asal Amerika yang fokus memproduksi cooler box dan perlengkapan kegiatan outdoor lainnya. Cooler box tipe Sportsman ini memiliki kelebihan pada sistem penahan suhu ultratherm. Sistem ultratherm ini tidak hanya dipasang pada box-nya, melainkan juga pada penutupnya sehingga mampu menjaga suhu di dalam box lebih lama.

Bagi Anda yang memiliki target tangkapan ikan-ikan besar, cooler box ini mampu menampungnya karena ukuran volumenya sebesar 49 liter. Pada bagian bawah cooler box terdapat katup kecil yang memudahkan Anda membuang es yang telah mencair.

4. Rubbermaid Victory Cooler Box 22,7 Liter

4. Rubbermaid Victory Cooler Box 22,7 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 999.800

Praktis dan mudah dibawa dengan gagang ayun

Kini, fitur handle pada produk-produk cooler box semakin bervariasi. Tidak hanya menyediakan handle tali, tetapi ada juga yang menyediakan handle dengan gagang ayun seperti cooler box keluaran Rubbermaid ini. Anda dapat membawa cooler box ini ke lokasi pemancingan yang tidak terlalu jauh karena dengan gagang ayun seperti ember, membuat cooler box ini nyaman untuk dibawa.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk berpiknik bersama keluarga sebagai box penyimpan makanan. Sistem insulasi pada cooler box ini mampu menjaga kestabilan suhu panas maupun dingin dalam waktu yang cukup lama. Cooler box ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu merah dan biru.

3. Igloo Wheelie Cool Cooler Box 35 Liter

3. Igloo Wheelie Cool Cooler Box 35 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 938.000

Mudah dibawa kemana saja berkat roda dan handle ergonomis

Brand asal Amerika ini memang menyediakan berbagai jenis cooler box yang memudahkan Anda saat bepergian. Wheelie Cool cooler box sangat praktis untuk dibawa karena dirancang dengan roda dan handle yang dapat ditarik. Sudut tanpa sisinya juga memudahkan Anda menarik dan memutar cooler box ini ke segala arah.

Kemampuan cooler box ini dalam mempertahankan suhu di dalam box juga tidak perlu diragukan lagi karena dilengkapi dengan sistem penahan suhu. Jika dibandingkan dengan cooler box berukuran sama dari brand lain, cooler box dari Igloo ini memang termasuk mahal. Namun karena kualitasnya sangat baik, Anda tidak akan rugi membeli produk ini, lho!

2. Coleman Cooler Sky Blue 6 Liter

2. Coleman Cooler Sky Blue 6 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 305.000

Ringan dan dilengkapi dengan penampung ice gel untuk dingin lebih lama

Coleman adalah sebuah brand asal Amerika Serikat yang menjual produk-produk perlengkapan kegiatan outdoor, salah satunya adalah cooler box. Cooler box ini dilengkapi dengan penampung ice gel di dalamnya. Apabila suhu di dalam box sudah tidak dingin lagi, Anda bisa menempatkan ice gel di dalam box untuk mendapatkan suhu dingin kembali.

Selain itu, desain handle pada penutup dan warna biru langit pada cooler box ini membuatnya semakin menarik daripada cooler box lain yang terlihat lebih konvensional. Kami menyarankan cooler box ini untuk Anda yang akan pergi memancing sambil berjalan-jalan. Sebab, cooler box berukuran 6 liter ini, ringan untuk dijinjing dengan tangan.

1. Lion Star Marina Cooler Box 22 Liter

1. Lion Star Marina Cooler Box 22 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 409.900

Cooler box berukuran sedang yang cocok dibawa ke berbagai lokasi

Lion Star menyediakan cooler box dengan berbagai ukuran. Di urutan pertama produk yang paling kami rekomendasikan adalah cooler box dari Lion Star yang berukuran 22 liter. Dengan ukuran tersebut, cooler box menjadi fleksibel untuk dibawa ke mana pun. Bagi Anda yang sering memancing ke berbagai lokasi seperti di tambak, sungai, atau laut, sangat pas apabila membawa cooler box ini.

Soal harga, Anda tak perlu khawatir karena cooler box yang ditawarkan Lion Star cukup terjangkau dan daya pendinginannya pun mampu bertahan tahan lama. Pilihan warna cooler box dari Lion Star juga beragam. Jadi, Anda bisa memilih sesuai dengan warna kesukaan Anda.

Cara penggunaan cooler box yang perlu Anda ketahui

Selanjutnya kami akan memberitahukan cara penggunaan cooler box yang baik dan benar. Gunakanlah cooler box dengan hati-hati agar tetap awet dan daya simpan suhunya tetap stabil.

Jangan duduk di atas cooler box 

Jangan duduk di atas cooler box

Sebaiknya Anda tidak duduk di atas cooler box. Berat tubuh Anda dapat merubah bentuk cooler box karena tidak mampu menahan beban. Isolasi pun akan rusak dan suhu menjadi tidak stabil.

Cucilah cooler box setelah selesai digunakan

Cucilah cooler box setelah selesai digunakan

Untuk menjaga cooler box dari bau amis ikan, sebaiknya cucilah cooler box sesegera mungkin setelah digunakan. Cooler box dapat dicuci dengan sponge lembut, lalu keringkan. Hal ini membuat bau amis ikan tidak menempel pada bagian dalam cooler box. 

Kesimpulan

Demikian 10 rekomendasi cooler box untuk memancing yang kami berikan untuk Anda. Jangan asal memilih cooler box hanya karena penampilan luarnya yang menarik atau harganya yang murah. Namun, perhatikanlah poin-poin cara memilih cooler box yang telah kami paparkan sebelum Anda membuat keputusan untuk membeli.

Di artikel ini, Anda akan melihat bahwa cooler box yang dijual di pasaran Indonesia kebanyakan menggunakan isolasi polyurethane foam. Sedangkan, cooler box dengan panel isolasi vacuum masih cukup sulit ditemukan di pasaran Indonesia. Kami harap panduan ini dapat membantu Anda menentukan cooler box yang paling cocok untuk Anda sehingga kegiatan memancing pun semakin menyenangkan.