• 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bila jam tangan berbahan logam, plastik, atau kulit terasa biasa, saatnya Anda mengenal jam tangan dari kayu. Produsen jam tangan kayu lebih jarang terdengar dibanding produsen jam lainnya. Namun, belakangan ini berbagai merek jam tangan kayu lokal yang bagus, seperti Matoa, Garvinoes, dan Eboni, makin populer.


Ada beberapa pilihan jam kayu berdasarkan jenis kayu dan fitur lainnya. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang pemilihan sekaligus memberikan rekomendasi jam tangan kayu terbaik untuk Anda. Terdapat produk jam tangan kayu wanita, pria, dan unisex dari brand jam tangan kayu pilihan!

  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2022
Daftar isi

Cara memilih jam tangan kayu

Jam tangan berbahan kayu memiliki kesan yang lebih kasual dibandingkan dengan jenis material lainnya. Namun, belakangan ini ada juga jam tangan kayu dengan model yang lebih formal. Simak poin-poin cara memilih di bawah ini agar dapat menemukan jam tangan kayu yang sesuai kebutuhan Anda!

Kenali berbagai merek jam tangan kayu ternama

Saat memilih jam tangan, sebaiknya pilihlah brand yang sudah tepercaya. Hal ini karena jam tangan dari merek ternama umumnya memiliki kualitas superior dan lebih awet. Demikian pula dengan jam tangan kayu. Berikut adalah beberapa brand yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Pala Nusantara: Terinspirasi dari peranan buah pala dalam histori nusantara

Siapa yang tidak kenal dengan buah pala atau nutmeg (Myristica fragrans)? Buah asal Maluku ini telah membuat Indonesia di masa lampau menjadi salah satu destinasi utama pelayaran dan ekspedisi dunia. Nilainya yang kian melambung membuat buah pala dijuluki sebagai buah emas.


Pala Nusantara pun memiliki semangat dan manifestasi yang serupa dengan histori buah pala. Brand ini menghadirkan jam tangan berkualitas dengan harga bersahabat. Model-modelnya yang trendi membuatnya cocok untuk pengguna usia remaja dan dewasa muda.

Eboni Watch: Kepraktisan dan kemudahan dibalik nuansa eksotis

Salah satu merek jam tangan kayu asal Klaten, Jawa Tengah ini, barangkali adalah inovator dalam dunia jam tangan kayu. Selain modis, produk-produknya juga berusaha memahami keseharian kebanyakan orang Indonesia. Eboni Watch menyuguhkan kemudahan dan kepraktisan sesuai dengan hal tersebut.


Produk-produk brand ini diklaim tahan air hingga 5 atm sehingga dapat digunakan saat berwudu dan mencuci tangan. Adanya garansi setahun setelah pembelian tentu membuat penggunanya lebih tenang. Tak perlu memikirkan soal ganti baterai karena brand ini memberikan jaminan ganti baterai gratis seumur hidup!

Garvinoes: Perpaduan etnik dan modernitas kehidupan masa kini

Nama Garvinoes memiliki asal kata dari bahasa Sansekerta "Garvi" yang berarti "kebanggaan". Kata tersebut dipadukan dengan "Noes" yang merupakan singkatan dari "nusantara". Hal tersebut sesuai dengan harapan agar penggunanya merasa bangga memakai produk lokal buatan anak bangsa.


Desain modern dengan perpaduan material kayu dari hutan Indonesia dan stainless steel merupakan ciri khas brand ini. Tidak heran, jam tangan kayunya memiliki nuansa etnik yang dibumbui modernitas. Nuansa tersebut cocok bagi masyarakat masa kini yang hidup di dunia yang seakan bergerak cepat.

Matoa: Mahakarya yang terinspirasi dari budaya Indonesia

Merek yang berbasis di Pulau Jawa ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Tim yang berawal dari dua belas orang anak muda ini terinspirasi untuk membawa sentuhan alami ke dalam industri fashion. Matoa membuat berbagai jam tangan dengan desain urbanisme modern


Jam tangan mereka menggunakan berbagai jenis kayu, seperti sonokeling, maple, dan jati. Matoa memiliki beberapa seri yang terinspirasi dari berbagai aspek kebudayaan Indonesia. Merek ini cocok dipilih bila Anda mencari produk yang kental dengan ciri khas Indonesia.

Woodka: Menghadirkan berbagai desain playful yang seru

Bagi Anda yang bosan memilih desain yang biasa-biasa saja, tengoklah merek yang satu ini. Woodka menghadirkan berbagai jam tangan kayu dengan visual unik yang playful. Walaupun memiliki beberapa koleksi berdesain klasik, desain terbaru mereka memiliki warna-warna cerah yang seru


Merek ini juga tidak jarang berkolaborasi dengan berbagai tokoh dan merek terkenal di kalangan anak muda. Baru-baru ini, mereka meluncurkan koleksi hasil kolaborasi dengan tokoh animasi, seperti SpongebobSnoopy, dan lainnya. Pasti Anda tidak akan cepat bosan dengan berbagai desain jam tangan unik dari Woodka!

Lima: Dominasi desain bold untuk menampilkan pribadi yang menonjol

Lima membawakan desain jam tangan yang natural dan simpel untuk Anda. Keunikan style mereka adalah jam tangan kayu yang menampilkan kesan bold dan berani. Anda bisa melihatnya pada gaya casing dan dial mereka yang cenderung lebih tebal dan bertekstur unik


Produk mereka tergolong premium dan memiliki harga yang sepadan dengan kualitas yang ditawarkan. Merek ini memiliki koleksi jam tangan kayu dengan gaya yang lebih formal sehingga cocok dipakai pada meeting maupun acara resmi lainnya. 

Bobo Bird: Menawarkan bermacam koleksi untuk semua gaya

Merek yang satu ini merupakan salah satu pendahulu jam tangan kayu di Indonesia. Mereka memiliki banyak koleksi yang tersebar di berbagai E-commerce sites Indonesia. Keunggulan utamanya adalah koleksi dengan style yang sangat beragam


Selain itu, terdapat beberapa model dengan desain yang terinspirasi dari merek jam ternama seperti Rolex dan Omega. Mudah sekali menemukan jam yang sesuai dengan Anda. Baik gaya kasual maupun formal, feminin maupun maskulin, semuanya dapat ditemukan di dalam koleksi mereka! 

Tentukan berdasarkan material kayu yang digunakan

Tentukan berdasarkan material kayu yang digunakan
Keindahan jam tangan kayu adalah corak kayu yang berbeda-beda di setiap produknya. Meski jenis kayu bahan dasarnya sama, corak kayunya pasti berbeda. Hal itu menjadikan jam tangan kayu pilihan Anda akan selalu unik dan eksklusif. 

Namun, tidak semua kayu dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jam tangan kayu. Hanya kayu berkualitas dan cukup kuat yang dapat dijadikan sebagai material jam tangan. Kayu tersebut juga harus memiliki corak yang menarik agar dapat menunjukan keindahan natural dari jam tangan kayu.


Material kayu yang biasa digunakan untuk membuat jam tangan adalah cendana, eboni, sonokeling, maple, jati, dan lainnya. Ada pula produk yang terbuat dari bambu dan tetap digolongkan sebagai jam tangan kayu. Jam tangan kayu berbahan dasar jenis kayu favorit Anda adalah pilihan terbaik.

Cek kualitas dan performa jam tangan

Cek kualitas dan performa jam tangan

Sebelum membeli jam tangan, ada baiknya Anda memperhatikan performa produk pilihan Anda. Desain sebagus apa pun tidak akan berarti bila performanya buruk. Pergerakan mekanis jam merupakan inti utama dari sebuah jam tangan. Biasanya, bagian ini tidak diproduksi oleh maker jam kayu itu sendiri, melainkan dibuat dengan kerja sama perusahaan manufaktur jam lain. 


Alangkah baiknya jika Anda mencari tahu tentang perusahaan manufaktur produsen sistem mekanisme jam tersebut. Dengan begitu, Anda bisa yakin akan kualitasnya. Sebagai informasi tambahan, negara yang terkenal ahli dalam membuat sistem mekanisme jam adalah Jepang dan Swiss.

10 Rekomendasi jam tangan kayu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam tangan kayu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

LimaAyang Cempaka Maple Cognac

Mulai dari Rp 2.000.000,00

Panjang strapTidak disebutkan
MaterialMaple wood
Diameter case40 mm
MekanismeSwiss Parts Ronda Quartz
Ketebalan caseTidak disebutkan
9

WoodkaMini Loca Maple Snoopy & Tosca Mix Leather

Mulai dari Rp 895.000,00

Diameter case38 mm
MaterialMaple wood
Ketebalan caseTidak disebutkan
MekanismeMiyota Quartz 2035
Panjang strapTidak disebutkan
8

Bobo BirdClassic Handmade Natural Bamboo Wood Watches With Deer Head Engrave Dial With Bamboo Strap

D28

Mulai dari Rp 572.800,00

Diameter case45 mm
MaterialBamboo
Ketebalan case11,6 mm
MekanismeMiyota Quartz 2035
Panjang strap225 mm
7

Eboni WatchMaple 2.0 - Dark Brown

Mulai dari Rp 575.000,00

Diameter case40 mm
MaterialCanadian maple wood, rosewood
Ketebalan case9,5 mm
MekanismeMiyota Quartz
Panjang strapTidak disebutkan
6
Diameter case38 mm
MaterialEbonywood, wood combination
Ketebalan case11 mm
MekanismeQuatrz
Panjang strapTidak disebutkan
5

INA WatchGolek Sulung Dayung Sonokeling - Lurik Grey

Mulai dari Rp 518.000,00

Diameter case30 mm
MaterialRosewood
Ketebalan caseTidak disebutkan
MekanismeTidak disebutkan
Panjang strapTidak disebutkan
4
Panjang strapTidak disebutkan
MaterialMakassar ebony wood
Diameter case41,3 mm
MekanismeSeiko Quartz VD78
Ketebalan case13,7 mm
3

GarvinoesViena Pear Flower White

Mulai dari Rp 1.140.000,00

Diameter case34 mm
MaterialMaple wood
Ketebalan case7 mm
MekanismeMiyota Quartz
Panjang strapTidak disebutkan
2
Diameter case35 mm
MaterialMaple wood
Ketebalan caseTidak disebutkan
MekanismeMiyota Quartz
Panjang strap240 mm
1
Diameter case45,5 mm x 41 mm
MaterialMakassar ebony wood
Ketebalan case13 mm
MekanismeRonda Swiss Quartz 708 Moonphase
Panjang strapTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk jam tangan kayu terbaik

Gambar produk
1
Matoa  Rakai Ebony 1

Matoa

2
Pala Nusantara Mini Merak 1

Pala Nusantara

3
Garvinoes Viena Pear Flower White 1

Garvinoes

4
Matoa Way Kambas Ebony 1

Matoa

5
INA Watch Golek Sulung Dayung Sonokeling - Lurik Grey 1

INA Watch

6
Garvinoes Merian Day-Date 1

Garvinoes

7
Eboni Watch Maple 2.0 - Dark Brown 1

Eboni Watch

8
Bobo Bird Classic Handmade Natural Bamboo Wood Watches With Deer Head Engrave Dial With Bamboo Strap 1

Bobo Bird

9
Woodka Mini Loca Maple Snoopy & Tosca Mix Leather 1

Woodka

10
Lima Ayang Cempaka Maple Cognac 1

Lima

Nama produk

Rakai Ebony

Mini Merak

Viena Pear Flower White

Way Kambas Ebony

Golek Sulung Dayung Sonokeling - Lurik Grey

Merian Day-Date

Maple 2.0 - Dark Brown

Classic Handmade Natural Bamboo Wood Watches With Deer Head Engrave Dial With Bamboo Strap

Mini Loca Maple Snoopy & Tosca Mix Leather

Ayang Cempaka Maple Cognac

Keunggulan

Misterius dan elegan, seperti sang purnama

Tampilan dial yang simpel dalam visual yang unik

Simpel dan classy, tampilkan sisi anggun dalam diri Anda

Keindahan natural kayu yang didedikasikan pada badak sumatra

Terinspirasi dari tarian tradisional Indonesia

Terinspirasi dari brand dunia dalam versi jam tangan kayu

Awet dan kuat untuk menemani kegiatan Anda sehari-hari

Desain vintage dan klasik yang tak lebay dipakai sehari-hari

Tampil seru dengan desain lucu Snoopy

Seri limited edition, hasil kolaborasi desainer terkenal

Harga mulai dariRp 1.330.000,00Rp 649.000,00Rp 1.140.000,00Rp 1.330.000,00Rp 518.000,00Rp 1.380.000,00Rp 575.000,00Rp 572.800,00Rp 895.000,00Rp 2.000.000,00
Diameter case45,5 mm x 41 mm35 mm34 mmTidak disebutkan30 mm38 mm40 mm45 mm38 mmTidak disebutkan
MaterialMakassar ebony woodMaple woodMaple woodMakassar ebony woodRosewoodEbonywood, wood combinationCanadian maple wood, rosewoodBambooMaple woodMaple wood
Ketebalan case13 mmTidak disebutkan7 mm41,3 mmTidak disebutkan11 mm9,5 mm11,6 mmTidak disebutkan40 mm
MekanismeRonda Swiss Quartz 708 MoonphaseMiyota QuartzMiyota QuartzSeiko Quartz VD78Tidak disebutkanQuatrzMiyota QuartzMiyota Quartz 2035Miyota Quartz 2035Swiss Parts Ronda Quartz
Panjang strapTidak disebutkan240 mmTidak disebutkan13,7 mmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan225 mmTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Tips merawat jam tangan kayu

Tips merawat jam tangan kayu

Beda material, maka beda pula cara perawatannya. Begitu juga perawatan jam tangan kayu yang berbeda dengan jam tangan bermaterial lainnya. Warna kayu asli pada jam tangan kayu disukai karena terlihat eksotis sehingga Anda tentu ingin menjaga pesonanya. Namun, jam tangan kayu akan mudah patah dan berjamur bila tidak dirawat dengan benar. Nah, berikut tips merawat jam tangan kayu!


  • Bersihkan jam tangan kayu dari debu dan kotoran menggunakan kuas kering. Anda dapat menggunakan kuas makeup yang berbulu lembut.

  • Gunakan produk poles interior kayu untuk perawatan material jam tangan. Anda bisa mengoles produk poles pada bodi jam tangan, diamkan sebentar, dan gosok searah menggunakan kain lap lembut. Namun, gunakanlah jenis yang terbuat dari bahan alami seperti beeswax karena jam akan bersentuhan langsung dengan kulit Anda. 

  • Hindarkan jam tangan kayu dari kelembapan atau kebasahan. Kondisi tersebut akan membuat jamur rentan tumbuh pada bodi jam tangan sehingga mudah lapuk dan rusak. Selalu letakkan jam tangan di tempat kering, tetapi bukan di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga rekomendasi jam tangan lainnya di sini

Apakah Anda masih ragu untuk memilih jam tangan dari bahan kayu? Tidak masalah! Di luar sana masih banyak jam tangan dengan model dan material lainnya yang mungkin lebih cocok untuk Anda. Agar Anda lebih mudah dalam memilih, silahkan cek artikel rekomendasi jam tangan lainnya di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah mengulas jam tangan kayu dari berbagai merek, berikut koleksi terbaik mereka. Apakah Anda tertarik menambah koleksi jam tangan Anda dengan produk-produk menarik tersebut?


Sesuaikan model jam tangan dengan tujuan pemakaian atau acara yang akan Anda hadiri. Jangan lupa untuk mempertimbangkan material kayu yang cocok untuk Anda. Pilihlah produk terbaik yang sesuai dengan kepribadian dan style Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki wajah bulat memang memiliki tantangan tersendiri untuk menemukan bentuk kacamata yang tepat. Pasalnya, salah memilih bentuk kacamata akan membuat wajah makin terlihat bulat. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kacamata terbaik untuk Anda yang memiliki wajah bulat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk dari merek seperti Giordano, William Palmer, dan Bridges Eyewear. Selamat membaca dan temukan kacamata favorit Anda!
    Aksesori wanita
  • 10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga merupakan aksesori yang wajib dimiliki oleh para wanita. Namun, pemilihan jam tangan ternyata harus disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan pemakai supaya menarik saat dikenakan. Jadi, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami akan membagikan tips memilih jam tangan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan mengulas beberapa merek jam tangan wanita terbaik, seperti Daniel Wellington, Alba, atau Alexandre Christie. Jika Anda sedang mencari jam tangan wanita kekinian, simak informasi selengkapnya di sini!
    Aksesori wanita
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti pernah mengalami kegagalan saat membeli kacamata secara online. Bisa saja ukurannya kekecilan atau modelnya tidak sesuai dengan harapan saat digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena ada beberapa hal yang luput dari perhatian saat memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih frame kacamata yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk bingkai kacamata terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya ada merek lokal yang berkualitas, seperti HSF Eyewear, Sunset Eyewear, dan Bridges Eyewear. Simak informasinya sampai habis, ya!
    Aksesori wanita
  • 10 Gelang Emas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gelang Emas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi wanita, memakai gelang emas diyakini bisa mempercantik penampilan. Selain manis dipakai di pergelangan tangan, memiliki perhiasan emas juga bisa menjadi investasi. Itulah sebabnya, gelang emas tidak hanya dipakai oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak dan bayi.Supaya lebih menarik, pakailah gelang emas model terbaru, seperti gelang emas rantai, bangle, bulat, atau gelang emas mutiara. Kami akan membantu Anda mencari gelang emas terkini dari berbagai merk, seperti Semar Nusantara, Aurora Italia, dan sebagainya. Sebelumnya, perhatikan dahulu beberapa poin cara memilih berikut ini supaya Anda bisa mendapatkan gelang emas terbaik.
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda ingin memiliki tato, tetapi tidak bisa mendapatkannya karena ada larangan dari sekolah atau tempat kerja? Tidak usah khawatir, pakai saja tato temporer. Tato yang bisa hilang ini tidak melekat permanen dan cocok dipakai pada saat tertentu saja.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih tato temporer yang bagus dan aman. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek tattoo temporary, seperti dari Lolitattoo, Potatoo, atau Scoop. Saatnya menemukan tato temporer favorit Anda untuk membuat penampilan menjadi lebih fashionable!
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mendengar kata gelang mewah pastinya yang muncul di benak Anda adalah gelang dari merk Cartier. Didirikan pada 1874, Cartier merupakan produsen perhiasan dan jam tangan mewah yang berasal dari Perancis. Tidak hanya emas, Cartier juga membuat produknya dari berbagai logam lain seperti perak dan titanium.Cartier bracelet merupakan salah satu perhiasaan yang dicintai oleh berbagai kalangan, mulai dari bangsawan, selebriti, dan fashionista. Pada artikel kali ini kami akan memperkenalkan tips memilih gelang Cartier yang bagus beserta sepuluh rekomendasi gelang Cartier terbaik. Selamat menikmati artikel ini!
    Aksesori wanita
  • 10 Kaos Kaki Motif Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kaos Kaki Motif Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Daya tarik dari kaus kaki motif memang selalu berhasil membuat para wanita ingin selalu mengoleksinya. Saat ini motif yang ditawarkan pun bagus dan sudah banyak macamnya. Anda bisa memilih kaus kaki panjang sebetis bermotif batik hingga kaus kaki pendek semata kaki bermotif garis. Saking banyaknya pilihan, pasti Anda bingung memilihnya, kan? Agar tak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih serta rekomendasi produk terbaik. Pelbagai merk kenamaan, seperti Trubasic, Soka, hingga Robert Brown pun akan kami ulas di artikel ini. Karena itu, pastikan untuk membaca hingga tuntas, ya!
    Aksesori wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori