10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Siapa yang tidak menyukai ikan bakar, satai, atau steak? Jenis makanan yang dipanggang memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Selain digunakan untuk memanggang daging, grill pan  juga dapat digunakan untuk membuat roti bakar, menggoreng sosis, atau menumis sayuran.

Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, HappyCall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!

Daftar isi

Cara memilih wajan panggang (grill pan)

Wajan panggang adalah salah satu jenis peralatan masak yang dikhususkan untuk membuat masakan yang dipanggang. Walau demikian, produk ini tetap dapat digunakan untuk membuat masakan lainnya. Dengan permukaan bergelombang, masakan akan matang secara sempurna dengan waktu yang lebih singkat.

Periksa sumber panas yang tersedia untuk penggunakan wajan panggang di meja

Periksa sumber panas yang tersedia untuk penggunakan wajan panggang di meja

Sumber panas yang dihasilkan produk wajan panggang berbeda satu dengan lainnya. Sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu Anda dapat menggunakannya dengan alat masak yang Anda miliki di rumah. Terlebih jika Anda menggunakan kompor induksi, Anda tidak bisa menggunakan wajan panggang yang terbuat dari tembikar.

Selain itu, jika Anda akan menggunakan wajan panggang di atas meja dengan kompor portabel, Anda harus memastikan sumber panas dari kompor terlebih dahulu. Pastikan panasnya dapat merata ke seluruh bagian wajan panggang.

Sesuaikan ukuran produk dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran produk dengan kebutuhan Anda

Jika Anda hendak memanggang ikan atau daging menggunakan wajan panggang, Anda dapat memanaskannya dengan kompor. Namun, hal tersebut memerlukan lebih banyak waktu hingga masakan ikan Anda matang sempurna. Anda dapat menggunakan oven sebagai pengganti kompor karena oven akan mengirim panas yang lebih merata. Meskipun demikian, terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa wajan panggang yang Anda miliki dapat masuk ke dalam oven.

Tidak hanya ikan atau daging, Anda juga dapat menggunakan oven atau microwave untuk membuat masakan yang lebih sederhana seperti untuk memanggang roti. Namun kembali lagi, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran dari wajan panggang tersebut. Jangan sampai produk yang Anda pilih memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan oven atau microwave yang ada di rumah.

Pilih wajan panggang dengan material yang mudah dibersihkan

Pilih wajan panggang dengan material yang mudah dibersihkan

Menggunakan wajan panggang memang memudahkan dalam proses membuat masakan yang dipanggang karena kematangannya akan lebih merata. Namun, setelah selesai memasak, terkadang ada sisa ikan atau bumbu yang menempel dan sulit dibersihkan.

Kasus seperti ini sering ditemukan pada wajan panggang berbahan besi. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda untuk menghindari wajan panggang berbahan besi karena sisa bumbu yang menempel akan sulit untuk dibersihkan. Pilihlah produk wajan panggang dengan material aluminium atau material lainnya yang bersifat antilengket.

Wajan panggang dengan pegangan tahan panas akan memudahkan proses memasak

Wajan panggang dengan pegangan tahan panas akan memudahkan proses memasak

Jika Anda akan menggunakan wajan panggang untuk memasak dengan oven, sering kali gagang dari wajan tersebut terlalu besar atau terlalu panjang sehingga sulit masuk ke dalam oven. Namun, saat Anda menggunakan wajan panggang untuk memasak dengan kompor, produk dengan pegangan yang tahan panas akan lebih bermanfaat untuk Anda. Terdapat beberapa jenis wajan panggang dengan pegangan yang dapat dilepas. Anda juga dapat mempertimbangkan produk tersebut.

Wajan panggang berbahan logam atau tahan panas disarankan jika Anda akan menggunakan tutup

Wajan panggang berbahan logam atau tahan panas disarankan jika Anda akan menggunakan tutup

Penggunaan tutup kaca akan memudahkan Anda saat memasak karena dapat terlihat dari luar. Anda tidak perlu membuka tutupnya terlebih dahulu untuk memastikan apakah masakan Anda sudah matang atau belum. Penggunaan tutup juga akan berfungsi sebagai penahan panas supaya masakan lebih cepat matang.

Jika Anda ingin menggunakan tutup saat memasak, pilihlah wajan panggang berbahan logam karena mampu menahan panas. Karena logam dapat bersifat sebagai penahan panas, tutup kaca tidak akan pecah. Namun, beberapa produk wajan panggang berbahan logam memiliki tutup kaca yang kenopnya tidak tahan panas. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memeriksa apakah kenop tutup kacanya sudah tahan panas.

10 Rekomendasi wajan panggang (grill pan) terbaik

Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk wajan panggang terbaik. Temukan produk yang Anda butuhkan dan sesuai dengan perlengkapan dapur lainnya yang Anda miliki saat ini.

10. Akebonno Grill Pan

10. Akebonno Grill Pan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 140.000

Praktis dan dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan

Produk wajan panggang ini memiliki keunikan yaitu pegangannya yang dapat dilipat. Hal ini memudahkan Anda saat menyimpannya karena tidak memakan banyak tempat. Akebonno menawarkan beberapa pilihan ukuran, yaitu 20 cm, 24 cm, dan 28 cm.

Produk ini terbuat dari aluminium yang dilapisi dengan bahan marble antilengket sehingga memudahkan Anda saat membersihkannya. Anda dapat menggunakan wajan ini untuk berbagai keperluan, seperti memanggang roti, daging, sayur, dan sebagainya. Bagi Anda yang suka memanggang roti untuk sarapan, wajan panggang dari Akebonno ini adalah pilihan yang tepat.

9. Maxim Square Grill With Lips

9. Maxim Square Grill With Lips

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 346.000

Bebas BPA untuk masakan lebih sehat

Selanjutnya, ada wajan panggang yang dikeluarkan oleh brand Maxim. Terbuat dari aluminium berkualitas, produk ini akan mendukung aktivitas BBQ Anda di rumah. Dilengkapi dengan teflon ekstra, desain wajan panggang ini dibuat bergelombang yang berfungsi sebagai penampung minyak yang keluar sehingga makanan yang dihasilkan lebih sehat.

Dengan bahan yang antilengket, wajan panggang ini akan menghasilkan masakan berkualitas. Maxim memproduksi alat masak bebas BPA untuk menghindari bahan kimia yang dapat ditemukan dalam proses memasak. Produk ini cocok digunakan untuk Anda yang sering memanggang ikan atau daging. Namun, produk ini hanya dapat Anda gunakan untuk kompor gas atau listrik dan tidak dapat Anda gunakan untuk oven.

8. Kochi Multi Grill Pan

8. Kochi Multi Grill Pan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 215.000

Memasak lebih mudah tanpa minyak!

Jika Anda mencari wajan panggang untuk oven, produk ini dapat menjadi pilihan Anda. Ini adalah produk wajan panggang yang modern, praktis, dan higienis. Berbahan dasar aluminium tebal berlapis marble antilengket, Anda tidak membutuhkan minyak saat memasak. Wajan panggang ini dapat membantu Anda dalam memasak berbagai jenis masakan, seperti satai, ikan bakar, roti bakar, dan lainnya.

Bagi penggemar satai yang ingin menghindari atom karbon yang terdapat pada arang, Anda perlu mencoba produk ini. Dengan menggunakan wajan panggang ini, Anda bisa mendapatkan hasil panggangan yang enak dan bebas lemak tanpa perlu takut terkena efek radikal bebas dari arang. Produk ini pas untuk Anda yang sangat menjaga kualitas suatu masakan dari segi kesehatan.

7. Signora New Grill Pan

7. Signora New Grill Pan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 718.000

Menawarkan desain unik yang berbeda dari produk lainnya

Menawarkan desain yang cantik dan unik, wajan panggang dari Signora ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Gold coating marble membuat permukaan wajan panggang ini antilengket. Produk ini menghasilkan panas yang lebih merata dan lebih cepat, membuat masakan matang dengan sempurna. Anda bisa menggunakan wajan ini untuk berbagai jenis masakan, seperti memanggang ikan, sayur, termasuk untuk membuat pancake!

Dengan pegangan yang terbuat dari bahan silikon yang antipanas, Anda tidak akan kesulitan saat mengeluarkan wajan panggang ini dari dalam oven. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan empat sisi lubang yang akan menampung minyak berlebih selama proses memanggang. Anda tidak perlu khawatir lagi masakan akan penuh minyak. Grill pan ini pas untuk Anda yang sangat peduli dengan kesehatan, tetapi juga mengharapkan produk yang unik!

6. Cake Molds Yakiniku & Bulgogi Marble Grill Pan

6. Cake Molds Yakiniku & Bulgogi Marble Grill Pan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 537.000

Wajan panggang yang direkomendasikan para ahli kesehatan!

Cake Molds Yakiniku & Bulgogi Marble Grill Pan adalah produk wajan panggang buatan Korea. Wajan panggang ini banyak disarankan oleh para ahli kesehatan karena materialnya bebas unsur besi yang menjadikan masakan menjadi lebih sehat. Hebatnya, produk ini mampu menurunkan kadar kolesterol pada masakan yang Anda buat.

Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda menggunakan wajan panggang ini untuk menyajikan masakan bagi penderita kanker, stroke, dan penyakit serius lainnya. Wajan panggang ini juga dilapisi marble antilengket dan antigores yang menjadikan produk ini lebih tahan lama. Tutupnya yang berbahan kaca akan memudahkan Anda melihat masakan tanpa perlu membuka tutupnya terlebih dahulu.

5. HappyCall Double Pan – Standard

5. HappyCall Double Pan - Standard

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 175.000

Grill pan dua sisi untuk masakan yang matang lebih merata

Wajan panggang dari brand  Happy Call adalah salah satu yang cukup populer. Dengan wajan panggang dua sisi dengan sistem pengunci magnetis, Anda akan leluasa membolak-balik produk ini untuk menghasilkan kematangan yang lebih merata. Pegangannya berbahan stainless steel yang antipanas sehingga lebih nyaman Anda gunakan.

Produk ini juga dilengkapi dengan karet segel silikon yang akan menghalang cipratan bumbu atau minyak yang mungkin keluar selama Anda memasak. Untuk hasil masakan yang lebih sempurna, wajan panggang ini dilengkapi dengan lubang uap yang akan mengeluarkan panas selama proses memasak. Selain itu, wajan panggang ini dapat mempercepat proses memasak hingga 30-40% lebih cepat, pas untuk Anda yang hobi memasak!

4. IKEA Grilla Wajan Panggang Hitam

4. IKEA Grilla Wajan Panggang Hitam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 324.000

Kombinasi aluminium dan teflon classic menjadikan permukaannya antilengket

Anda peduli lingkungan? Wajan panggang yang satu ini cocok dengan kepribadian Anda karena dibuat dengan material yang dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan. Terbuat dari bahan dasar aluminium berlapis teflon classic antilengket, Anda tidak akan mengalami kesulitan saat ingin membalik daging atau ikan. Selain itu, produk ini juga tidak menggunakan PFOA (perfluorooctanoic acid) agar lebih aman untuk digunakan.

Pegangannya terbuat dari kayu beech solid, baja tahan karat, dan lacquer bening yang dapat dilipat. Untuk membersihkannya, Anda cukup mencuci produk ini dengan air dan diusap menggunakan tangan. Namun, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan wajan panggang ini saat memasak menggunakan oven. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan kompor gas atau kompor listrik.

3. Philips Airfryer Grill Pan Accessory HD9910

3. Philips Airfryer Grill Pan Accessory HD9910

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 600.000

Pegangan yang dapat dilipat yang memudahkan Anda saat memasak menggunakan oven!

Philips mengeluarkan wajan panggang dengan teknologi airfryer yang memungkinkan Anda memasak dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas memasak, seperti memanggang, menggoreng, dan membakar. Lapisan non-stick yang nyaman akan memudahkan Anda saat menuang masakan ke wadah lain karena lapisannya yang antilengket.

Wajan panggang berbahan aluminium yang satu ini menampilkan desain modern dengan glossy finish. Permukaan yang unik akan menghasilkan panas yang merata serta mengeluarkan kelebihan minyak. Selain itu, pegangannya yang tahan panas dapat dilipat untuk memudahkan Anda selama proses memasak. Produk ini pilihan tepat bagi Anda yang sering memasak menggunakan oven!

2. IKEA 365+ Wajan Panggang

2. IKEA 365+ Wajan Panggang

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: 548.900

Masakan tidak mudah gosong karena panas disebarkan lebih merata

Produk dari IKEA ini dapat digunakan di atas kompor gas atau kompor induksi. Dengan desain bulat dan permukaan bergelombang, wajan panggang ini akan menghasilkan makanan yang lebih lezat karena bagian yang bergelombang tersebut akan mengalirkan lebih banyak panas. Bahan aluminiumnya membantu menyebarkan panas dengan lebih merata sehingga masakan tidak mudah gosong.

Dengan teflon profesional dan lapisan non-stick terbaik, IKEA menawarkan wajan panggang yang antilengket. Terbuat dari bahan logam, serta pegangan yang terbuat dari baja tahan karat yang kuat dan tahan panas, produk ini juga aman untuk dimasukkan ke dalam oven. Kami rekomendasikan wajan panggang ini bagi Anda yang setiap harinya memasak dengan berbagai varian menu untuk seluruh anggota keluarga.

1. Coninx Non Stick Grillpan With Removable Handle

1. Coninx Non Stick Grillpan With Removable Handle

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.133.000

Aman dan nyaman! Pegangannya tahan panas, wadah panggangannya antigores

Terbuat dari lapisan granistone ILAG, wajan panggang dari Coninx ini dirancang untuk menahan goresan dari garpu, spatula, sendok, atau peralatan masak lainnya. Produk ini menghasilkan panas yang merata dan stabil supaya dapat mematikan segala jenis bakteri yang mungkin masih menempel di bahan makanan. Jika Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan kualitas masakan dari segi kesehatan, wajan aluminium ini adalah pilihan yang terbaik.

Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kompor, mulai dari kompor halogen, gas, listrik, induksi, keramik, bahkan untuk oven. Wadah pemanggangnya lebih besar dan pegangannya tahan panas. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir jika oven yang Anda miliki berukuran kecil karena pegangan wajan ini dapat dilepas. Dengan satu produk saja, Anda sudah dapat menggunakannya untuk berbagai fungsi. Praktis dan aman bagi kesehatan!

Kesimpulan

Jadi, bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan di atas? Apakah Anda sudah dapat menentukan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Sebelum membeli, sebaiknya Anda mempertimbangkan dari segi ukuran serta fungsi yang Anda perlukan.

Produk wajan panggang adalah peralatan masak yang sangat berguna. Anda bisa mempertimbangkan produk yang kami rekomendasikan dan memilih satu di antaranya. Semoga ulasan ini dapat berguna untuk mendukung hobi memasak Anda. Selamat mencoba!