• 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Jenis makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.

Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, HappyCall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 23 Januari 2020
  • 35.192 Views
Daftar isi

Apa saja manfaat grill pan?

Apa saja manfaat grill pan?

Saat Anda memanggang daging atau ikan, tentu saja Anda menginginkan warna kematangan yang cantik, bukan? Kalau begitu, memasaklah dengan menggunakan wajan panggang atau grill pan. Grill pan merupakan sejenis wajan dengan permukaan bertekstur gelombang. Selain memberikan warna yang menggoda, minyak yang jatuh dari bahan makanan pun tertampung dengan baik. Karena itu, masakan pun bisa terasa lebih lezat.


Kelebihan lainnya adalah masakan bisa matang lebih cepat, bahkan pada bahan masakan yang sulit matang sekalipun. Dengan menggunakan grill pan, steak dan ikan bakar bisa tersaji dengan permukaan yang renyah dan bagian dalam yang matang.


Selain urusan panggang-memanggang, grill pan pun dapat digunakan sebagai pengganti microwave dan oven. Bahkan ada pula produk grill pan yang juga bisa dipakai untuk mengukus dan merebus. Dengan memaksimalkan kegunaan grill pan, tentu memasak menjadi lebih memuaskan.

Cara memilih wajan panggang (grill pan)

Cara memasak seperti apa yang paling sering Anda lakukan di dapur? Bisa jadi itu menjadi kunci dalam memilih wajan panggang yang tepat untuk Anda. Selain itu, masih ada beberapa poin penting lainnya. Simak di bawah ini!

Pilih bentuk yang sesuai dengan kebutuhan

Grill pan hadir dalam beragam bentuk, mulai dari lingkaran hingga persegi. Untuk memilih yang tepat, Anda perlu mengetahui tujuan Anda dalam menggunakan wajan panggang.

Bentuk persegi dengan ukuran kecil, ideal untuk memasak daging atau ikan

Bentuk persegi dengan ukuran kecil, ideal untuk memasak daging atau ikan

Bila Anda hanya ingin memasak hidangan berbahan utama daging atau ikan, grill pan berukuran compact tanpa gagang sudah cukup. Pilihlah ukuran yang sekiranya cukup untuk mengolah porsi daging atau ikan yang biasa dimasak. Pastikan pula produk pilihan Anda dapat memanggang dengan sempurna. Dengan begitu, daging atau ikan bisa matang tanpa butuh waktu terlalu lama. 


Grill pan ada yang hanya dapat digunakan pada kompor api dan ada yang dapat digunakan pula pada kompor induksi listrik. Bahkan ada produk yang bisa digunakan di dalam oven atau microwave. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Bentuk persegi dengan gagang, untuk cara memasak lebih beragam

Bentuk persegi dengan gagang, untuk cara memasak lebih beragam

Pilihlan grill pan berbentuk persegi yang dilengkapi pegangan bila Anda hobi memasak dengan beragam cara. Baik yang model plate atau skillet tak masalah, pilih saja sesuai kesukaan. Dengan wajan panggang ini, masakan akan matang secara perlahan sehingga menghasilkan rasa umami yang lebih kuat. Rasa yang tak bisa didapat bila Anda memasak menggunakan frypan saja. 


Akan lebih menguntungkan bila pegangan dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan. Dengan begitu Anda bisa memasukkannya ke dalam oven atau microwave dengan mudah. Masakan yang bisa Anda buat pun lebih beragam.

Bentuk lingkaran dengan ukuran besar, tepat untuk pesta dan prasmanan

Bentuk lingkaran dengan ukuran besar, tepat untuk pesta dan prasmanan

Grill pan berbentuk lingkaran dengan permukaan cenderung rata, tepat digunakan saat pesta atau prasmanan. Anda bisa menggunakannya sebagai wajan yakiniku atau sebagai hot plate. Tentu lebih nikmat karena Anda bisa menyajikan hidangan yang baru matang dalam keadaan panas. Tak perlu takut masakan cepat dingin, ya.


Selain itu, Anda bisa membuat masakan dengan porsi besar atau untuk beberapa orang sekaligus. Bila Anda tinggal bersama keluarga besar atau sering mengadakan pesta di rumah, bentuk dan ukuran ini adalah pilihan ideal. 

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Setelah menentukan semua poin di atas, pastikan kembali apakah grill pan dapat digunakan pada kompor atau sumber pemanas lain yang Anda punya. Grill pan berbentuk persegi kebanyakan berukuran 20 x 25 cm. Sementara grill pan tipe skillet yang dilengkapi pegangan umumnya berukuran sedikit lebih besar. Bila Anda berniat menggunakannya pada oven Anda, pastikan grill pan dapat muat di dalamnya.


Untuk kemudahan penggunaan, pastikan pula kedalaman grill pan pilihan Anda. Terutama bila Anda ingin menggunakannya untuk memanggang ikan, grill pan dengan kedalaman kurang lebih 5 cm lebih direkomendasikan. 

Perhatikan material pembuatnya agar hasil masakan sesuai harapan

Besi, besi cor, dan keramik adalah tiga material yang umum digunakan sebagai pembuat wajan panggang. Berbeda bahan makanan yang sering Anda olah, maka berbeda pula material yang sebaiknya dipilih. Dengan mengetahui masing-masing karakteristiknya, Anda bisa memilih grill pan yang cocok. 


Material besi mampu menghantarkan panas tinggi dengan baik pada masakan. Selain itu, masakan pun jadi tidak mudah dingin. Ideal untuk memasak daging karena mampu mempertahankan rasa umami pada masakan. 


Sedangkan material besi cor mengandung lebih banyak karbon daripada besi sehingga bisa memberikan efek inframerah. Akibatnya, masakan bisa matang hingga ke bagian dalam secara sempurna. Pas digunakan saat memasak bahan makanan tebal, seperti daging steak.


Bila hasil masakan yang empuk merupakan selera Anda, grill pan berbahan keramik bisa dipilih. Material ini mampu mempertahankan kadar air dengan baik sehingga masakan ikan atau sayuran bisa tersaji dengan lezat. 

Pilhlah yang dilengkapi penutup agar grill pan lebih multifungsi

Produk grill pan yang dilengkapi tutup tak jarang ditemukan di pasaran. Tujuan wajan panggang ditutup saat digunakan adalah agar kadar air tidak menguap ke udara. Cocok untuk cara masak dengan mengukus, merebus, dan menanak. Pastikan produk pilihan Anda dilengkapi tutup bila Anda tak hanya ingin menggunakan grill pan untuk memanggang saja.


Perlu diperhatikan, berbeda pemanas yang dipakai, maka berbeda pula material penutup yang sebaiknya digunakan. Penutup kaca lebih cocok untuk kompor induksi, sedangkan penutup keramik ideal untuk penggunaan alam oven atau microwave. Penutup berbahan logam dapat digunakan di dalam oven, tetapi pastikanlah pegangan penutup juga tahan panas.

Pilihlah material yang mudah dirawat dan dibersihkan

Pilihlah material yang mudah dirawat dan dibersihkan

Wajan panggang yang tidak mudah menghitam karena gosong tentu membuat perawatannya lebih mudah. Karena itu, grill pan yang dilapisi fosfor atau teflon lebih direkomendasikan. Kotoran lebih mudah rontok dari permukaannya sehingga proses pembersihan lebih effortless.


Bila Anda suka memasak dengan sedikit minyak saja, produk yang dilipisi fosfor lebih dianjurkan. Anda bahkan tidak perlu menggunakan oil spray hanya untuk mencegah kegosongan. Meski begitu, wajan bisa menghitam bila lapisannya terkelupas. Solusinya, hindarilah menggunakan spatula berbahan logam, apalagi meletakkan benda keras di atas wajan.

10 Rekomendasi wajan panggang (grill pan) terbaik

Setelah memaparkan cara memilih grill pan, berikutnya kami akan mengulas sepuluh rekomendasi produknya. Temukan produk yang Anda butuhkan dan sesuai dengan perlengkapan dapur lainnya yang Anda miliki saat ini!

10
BentukPersegi
Ukuran20 x 20 x 3 cm
BahanTidak disebutkan
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelTidak disebutkan
9
BentukPersegi
Ukuran28 cm
BahanAluminium
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas, kompor listrik
8
BentukPersegi panjang
Ukuran50 x 26 cm, tebal 4 mm
BahanBaja
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas, oven
7
BentukLingkaran
UkuranDiameter 25 cm
BahanInterior : Teflon® Classi・Exterior : Silicone Polyester
PeganganTidak ada
Sumber pemanas kompatibelKompor gas
6
BentukLingkaran
UkuranDiameter 32 cm
BahanTidak disebutkan
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas
5
BentukPersegi
Ukuran43 x 27,5 x 5,8 cm
BahanBodi : die cast aluminum & silikon・Pegangan : bakelite
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas
4
BentukPersegi
Ukuran14,25 x 10,25 x 2 inci (36,2 x 26,04 x 5,08 cm)
BahanBodi : aluminium・ Gagang : kayu dan stainless steel
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas, kompor listrik, kompor keramik
3
BentukPersegi
Ukuran19 cm
BahanAluminium
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelOven, Philips Air Fryer
2
BentukLingkaran
UkuranDiameter 28 cm, tinggi 5 cm
BahanBodi : Aluminium lapis teflon profesional・ Piringan / gagang : baja tahan karat
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas, kompor kaca keramik (induksi), oven
1
BentukPersegi panjang
UkuranBagian luar : 64,5 x 27,5 x 4 cm. Bagian dalam : 44 x 24,5 cm
BahanTidak disebutkan
PeganganAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas, oven

Tabel perbandingan produk wajan panggang (grill pan) terbaik

Gambar produk
1
Signora New Grill Pan 1

Signora

2
IKEA Wajan Panggang 1

IKEA

3
Philips Airfryer Grill Pan Accessory  1

Philips

4
IKEA Grilla Grill Pan - Black 1

IKEA

5
HappyCall Double Pan – Standard 1

HappyCall

6
Bulgogi Pan Grill & Steam 32 cm 1

7
Maxim Maxim Ultra Grill 1

Maxim

8
Kochi Multi Grill Pan 1

Kochi

9
Maxim Maxim Grill 1

Maxim

10
Akebonno Grill Pan 20 cm 1

Akebonno

Nama produk

New Grill Pan

Wajan Panggang

Airfryer Grill Pan Accessory

Grilla Grill Pan - Black

Double Pan – Standard

Bulgogi Pan Grill & Steam 32 cm

Maxim Ultra Grill

Multi Grill Pan

Maxim Grill

Grill Pan 20 cm

KeunggulanManfaat lengkap, lebih styl...Masakan tidak mudah gosong ...Mudah memanggang dan menyaj...Lebih effortless dengan gri...Grill pan dua sisi untuk ma...Dengan oil drain, minyak be...Sensasi bagai memanggang di...Memasak ramai-ramai jadi le...Bebas BPA (Bisfenol A) untu...Sahabat baik untuk gaya hid...
HargaRp 758.000,00Rp 499.000,00Rp 508.000,00Rp 324.000,00Rp 153.000,00Rp 200.000,00Rp 117.900,00Rp 185.000,00Rp 345.000,00Rp 150.000,00
BentukPersegi panjangLingkaranPersegiPersegiPersegiLingkaranLingkaranPersegi panjangPersegiPersegi
UkuranBagian luar : 64,5 x 27,5 x 4 cm. Bagian dalam : 44 x 24,5 cmDiameter 28 cm, tinggi 5 cm19 cm14,25 x 10,25 x 2 inci (36,2 x 26,04 x 5,08 cm)43 x 27,5 x 5,8 cmDiameter 32 cmDiameter 25 cm50 x 26 cm, tebal 4 mm28 cm20 x 20 x 3 cm
BahanTidak disebutkanBodi : Aluminium lapis teflon profesional・ Piringan / gagang : baja tahan karatAluminiumBodi : aluminium・ Gagang : kayu dan stainless steelBodi : die cast aluminum & silikon・Pegangan : bakeliteTidak disebutkanInterior : Teflon® Classi・Exterior : Silicone PolyesterBajaAluminiumTidak disebutkan
PeganganAdaAdaAdaAdaAdaAdaTidak adaAdaAdaAda
Sumber pemanas kompatibelKompor gas, ovenKompor gas, kompor kaca keramik (induksi), ovenOven, Philips Air FryerKompor gas, kompor listrik, kompor keramikKompor gasKompor gasKompor gasKompor gas, ovenKompor gas, kompor listrikTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi loyang di sini!

Bagi Anda yang doyan mengutak-atik resep di dapur, memiliki loyang sendiri tentu akan lebih praktis. Selain menggunakan grill pan, Anda pun bisa mempraktikan resep pilihan dengan loyang-loyang terbaik rekomendasi kami. Lihat selengkapnya dalam artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, semoga Anda telah dapat menentukan produk pilihan Anda. Sebelum membeli grill pan, pertimbangkanlah ukuran, bentuk, material, dan kelengkapannya. Pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Wajan panggang bukanlah produk yang hanya bisa digunakan untuk memanggang. Memilikinya satu di dapur Anda tak akan membuat menyesal. Malahan Anda bisa lebih berkreasi dalam memasak. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    83.519 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    42.199 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    48.088 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    54.966 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    41.911 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pisau Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kesalahan yang sering dilakukan sebagian orang ketika memotong roti adalah menggunakan pisau dapur biasa. Padahal, pisau dapur biasa akan menghasilkan potongan roti yang kurang bagus. Oleh karena itu, diciptakanlah pisau khusus roti agar hasil potongan roti menjadi bagus.Bentuk gerigi pada pisau roti berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Bagi Anda yang masih awam, jangan khawatir karena kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih pisau roti. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi pisau roti dari merek-merek populer, seperti IKEA, Maxim, Kenwood, dan sebagainya, dari model manual hingga model elektrik.
    Peralatan dapur
    2.686 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori