10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Laser pointer adalah alat bantu yang digunakan ketika melakukan presentasi, sehingga Anda dapat menunjuk bagian pada slide dengan lebih mudah. Untuk Anda yang sering melakukan presentasi, laser pointer adalah benda yang wajib dimiliki.

Saat ini sudah tersedia banyak jenis laser pointer, sehingga seringkali membuat Anda bingung saat memilih. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih dan rekomendasi laser pointer terbaik untuk kegiatan presentasi Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Daftar isi

Cara memilih laser pointer

Laser pointer yang tersedia di pasaran memiliki jenis yang beragam dan harga yang beragam pula. Anda mungkin merasa bingung dengan perbedaan masing-masing laser pointer, karena terlihat sama saja. Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih laser pointer yang sesuai untuk Anda. Selamat membaca!

Periksa warna laser yang dihasilkan

Warna laser pada laser pointer terdapat 2 jenis, yaitu hijau dan merah bergantung panjang gelombang sinarnya. Beberapa produk memiliki laser berwarna biru, meskipun produk jenis ini jarang ditemui. Jadi, mari perhatikan warna laser-nya sebelum membeli!

Laser merah untuk pemakaian di ruangan sempit

Laser merah untuk pemakaian di ruangan sempit

Laser pointer dengan laser berwarna merah adalah yang paling sering dijual di pasaran dan harganya relatif murah. Panjang gelombang laser berwarna berkisar antara 635-690 nm. Semakin dekat panjang gelombang sinar laser dengan 635 nm, maka semakin mudah warna laser terlihat oleh mata.

Laser hijau untuk ruangan yang lebih luas

Laser hijau untuk ruangan yang lebih luas

Mata manusia dapat melihat paling jelas sinar dengan panjang gelombang sekitar 555 nm. Laser berwarna hijau menghasilkan sinar dengan panjang gelombang 532 nm yang sangat dekat dengan 555 nm. Hal ini membuat laser hijau menjadi lebih mudah terlihat oleh mata kita.

Ketika menggunakan laser pointer di tempat lebar atau terang, laser berwarna hijau lebih baik digunakan karena lebih mudah dilihat. Struktur mesin untuk  laser hijau lebih rumit dibandingkan laser merah sehingga membuat harganya menjadi lebih mahal. Ada beberapa produk yang memiliki harga murah, tetapi sinar laser yang dikeluarkan tidak stabil. Untuk itulah, Anda harus lebih teliti dalam memilih produk.

Hanya saja, laser hijau lebih mudah terpengaruh oleh suhu ruangan dibandingkan laser merah. Kami menyarankan penggunaan AC (Air Condtioner) untuk membantu Anda memperoleh temperatur ruangan yang ideal dan stabil.

Fitur tambahan yang tersedia

Untuk membantu presenter saat menyajikan materinya, laser pointer dilengkapi dengan fungsi tambahan. Fungsi tambahannya yang biasanya tersedia pada laser pointer adalah sebagai berikut.

Presenter function untuk mengganti halaman PowerPoint

Presenter function untuk mengganti halaman PowerPoint

Saat ini kebanyakan presentasi dilakukan menggunakan PowerPoint, sehingga untuk memudahkan presenter mengganti halaman, dibuatlah tombol presenter function. Fitur ini sangat membantu, terutama ketika posisi Anda berada jauh dari komputer.

Presentation mouse sebagai pengganti mouse komputer

Presentation mouse sebagai pengganti mouse komputer

Saat menggunakan PowerPoint, seringkali Anda ingin membuka file lain seperti video dan Excel. Laser pointer dengan fungsi mouse dapat membantu Anda untuk memasuki link yang terdapat pada slide.

Jarak pemakaian antara laser pointer dengan receiver

Jarak pemakaian antara laser pointer dengan receiver

Terdapat 2 tipe penerima sinyal laser pointer, yaitu USB dan Bluetooth. Masing-masing memiliki jarak maksimal sinyal yang bisa diterima. Jarak pemakaian antara laser pointer dan receiver biasanya berkisar antara 10-30 meter.

Hal ini penting untuk diketahui, terutama untuk Anda yang membawakan presentasi di tempat luas.

Sertifikat laser pointer

Sertifikat laser pointer

Setiap negara memiliki sertifikasi yang berbeda-beda. Contohnya di Jepang, Sertifikasi ini dilakukan oleh JIS (Japan Industrial Standard). Meskipun ada beberapa jenis sertifikasi, tujuan dari sertifikasi ini adalah sama yaitu memberikan keamanan bagi konsumen.

10 Rekomendasi laser pointer

Berikut adalah rekomendasi laser pointer terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Elepawl Wireless USB Laser Pointer

10. Elepawl Wireless USB Laser Pointer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 74.100

Harga terjangkau dan memenuhi semua kebutuhan dasar

Laser pointer ini memiliki bobot yang ringan dan desain yang compact. Laser pointer ini cukup menggunakan 1 buah baterai AAA saja, selain itu Anda cukup menggunakan USB receiver yang tersedia untuk menyambungkannya ke komputer.

Pada bagian fisik laser pointer ini memiliki 5 tombol, yaitu previous page, next page, dark screen, escape/resume, dan laser button di tengah. Laser pointer dengan harga terjangkau ini sudah memenuhi semua kebutuhan dasar untuk membantu Anda saat melakukan presentasi.

9. Doosl Mini Rechargeable Laser Pointer

9. Doosl Mini Rechargeable Laser Pointer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Laser pointer berukuran mungil

Laser pointer ini memiliki ukuran yang mungil sehingga mudah dibawa-bawa. Laser pointer ini juga dilengkapi dengan rechargeable battery dan bisa bertahan cukup lama setelah diisi penuh. Produk ini sesuai untuk Anda yang menyukai produk berukuran kecil yang hemat tempat penyimpanan.

Laser pointer ini dilengkapi dengan berbagai tombol, seperti enter/play, page up, page down, tab, dan lain-lain. Untuk memudahkan Anda, pada produk ini tersedia tempat untuk menyimpan USB receiver sehingga Anda tak perlu takut kehilangan barang berukuran kecil tersebut.

8. Gxes Gyroscope Laser Pointer

8. Gxes Gyroscope Laser Pointer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 144.000

Laser pointer dengan tombol yang lengkap

Laser pointer ini menggunakan teknologi berfrekuensi 2.4 GHz yang memungkinkan koneksi antara receiver dan laser pointer dengan jarak hingga 13 meter. Selain itu, Anda cukup menyambungkan USB receiver dengan komputer tanpa perlu menginstal software tambahan. Mudah dan tidak merepotkan, bukan?

Pada laser pointer ini terdapat banyak tombol, sehingga bisa mengakomodir berbagai macam perintah yang dapat membantu presentasi Anda. Oleh karena itu, Anda hanya perlu membiasakan diri dengan laser pointer ini terlebih dahulu karena banyaknya tombol yang tersedia.

7. Logitech R400 Laser Pointer

7. Logitech R400 Laser Pointer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 197.000

Desain ergonomis dan nyaman digunakan

Laser pointer dengan desain ergonomis dan tata letak tombol yang sederhana, sehingga memudahkan Anda menekan tombol-tombol saat melakukan presentasi. Selain itu, jarak maksimal antara receiver dengan laser pointer dapat mencapai 15 meter.

Ketika membeli produk ini, Anda juga akan memperoleh softcase untuk menghindari kerusakan pada laser pointer saat disimpan di tas. Pemakaiannya yang mudah dan nyaman menjadikan produk ini cocok untuk menemani kegiatan presentasi Anda.

6. Targus AMP16AP Laser Pointer

6. Targus AMP16AP Laser Pointer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 380.000

Dapat tetap berfungsi hingga jarak 15 meter

Laser pointer ini memiliki desain dan warna hitam yang elegan, selain itu tombol kontrol untuk PowerPoint seperti next, back, dan start/pause sudah tersedia. Anda cukup menggunakan 1 buah baterai AAA saja untuk menyalakannya.

Laser pointer ini menggunakan teknologi wireless 2.4 GHz yang memungkinkan Anda untuk mengatur slide Anda di jarak hingga 15 meter. Produk ini akan mendukung performa presentasi Anda dan sesuai untuk Anda yang akan melakukan presentasi di tempat yang luas.

5. Ovila R400 Laser Pointer

5. Ovila R400 Laser Pointer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 225.000

Ketahui daya yang tersisa dengan indikator baterai

Laser pointer ini memiliki desain yang compact dan nyaman digunakan. Laser pointer ini memiliki fungsi dasar yang lengkap untuk membantu Anda saat presentasi, seperti tombol slidehow dan laser button.

Pada produk ini terdapat indikator baterai. Indikator ini membantu Anda mengetahui berapa banyak daya yang tersisa sehingga tidak akan terjadi kejadian laser pointer yang mati mendadak. Sesuai untuk Anda yang memiliki intensitas tinggi dalam melakukan presentasi dengan durasi presentasi yang lama.

4. Lenovo N700 Mouse Laser Pointer

4. Lenovo N700 Mouse Laser Pointer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 494.000

Laser pointer dengan fitur mouse

Laser pointer ini terintegrasi dengan mouse sehingga Anda dapat mengoperasikan komputer Anda dari jarak jauh. Laser pointer ini sesuai untuk Anda yang sering melakukan presentasi menggunakan browsing website dan aplikasi komputer.

Laser pointer ini memiliki desain yang compact sehingga mudah dibawa-bawa meskipun bentuknya agak melebar. Anda juga dapat mengganti dari mode laser ke mouse untuk kelancaran presentasi Anda. Dua fungsi dalam satu produk, Anda pasti jadi lebih mudah dalam membawakan presentasi.

3. Sunshop Laser Pointer Pen Mouse

3. Sunshop Laser Pointer Pen Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 116.000

Laser pointer berbentuk pen

Laser pointer ini memiliki desain seperti pen dan hanya membutuhkan 1 baterai AAA saja untuk difungsikan. Ketika membeli produk ini, Anda juga akan memperoleh dudukan untuk meletakkan laser pointer ini dalam posisi berdiri.

Pada laser pointer ini terdapat fitur automatic turn off ketika tidak terdapat sinyal 2.4 GHz. Pada laser pointer ini tidak terdapat banyak tombol seperti presenter button, sehingga Anda tidak bisa terlalu jauh dari komputer. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan presentasi sederhana saja.

2. Doosl Wireless Laser Pointer

2. Doosl Wireless Laser Pointer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Baterai yang dapat diisi ulang untuk kepraktisan Anda

Laser pointer ini didesain dengan panjang 125 mm dan tempat menaruh USB receiver. Baterai yang digunakan adalah Li-polymer 300 mAh yang dapat diisi ulang dan dilengkapi dengan fitur auto standby sehingga baterai dapat bertahan lebih lama.

Pada bagian fisik hanya terdapat 3 tombol dibagian depan dan 3 tombol di samping kiri kanan. Desain tombolnya dibuat ergonomis dan sederhana yang membuat Anda merasa nyaman saat menekannya.

1. Targus AMP21AP Laser Pointer

1. Targus AMP21AP Laser Pointer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 900.000

Laser hijau yang mudah terlihat bahkan di tempat terang sekalipun

Laser pointer keluaran Targus ini terbuat dari bahan metal yang nyaman digenggam. Produk ini juga didukung dengan desainnya yang ergonomis dan sederhana. Hal ini akan membuat kegiatan presentasi Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Laser pointer ini menggunakan laser berwarna hijau. Laser hijau ini lebih tampak jelas oleh mata, bahkan di ruangan yang terang sekalipun. Laser pointer ini kami rekomendasikan untuk Anda yang melakukan presentasi di tempat terbuka atau ruangan yang terang.

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah menyajikan cara memilih dan rekomendasi laser pointer terbaik. Apakah Anda terbantu dengan artikel ini? Kami akan sangat senang jika Anda merasa terbantu.

Sekian artikel kali ini, semoga kegiatan presentasi Anda menjadi lebih nyaman dan berkualitas dengan laser pointer yang sesuai dengan Anda. Terima kasih sudah membaca!