• 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Laser pointer adalah salah satu item penting yang digunakan ketika melakukan presentasi. Dengan menggunakan laser pointer, Anda dapat menunjuk bagian pada slide dengan lebih mudah. Untuk Anda yang sering melakukan presentasi, laser pointer adalah benda yang wajib dimiliki.

Saat ini sudah tersedia berbagai merek laser pointer di pasaran, seperti Logitech, Lenovo, Doosl, dan lainnya. Hal ini sering kali membuat Anda bingung memilih laser pointer mana yang sesuai dengan gaya presentasi Anda. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih laser pointer terbaik beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 28 Januari 2021
Daftar isi

keuntungan menggunakan laser pointer pada saat melakukan presentasi

keuntungan menggunakan laser pointer pada saat melakukan presentasi

Laser pointer adalah penunjuk laser yang sering digunakan ketika presentasi. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa presentasi cukup dengan jari atau tongkat penunjuk saja. Namun sebelum itu, kami jelaskan terlebih dahulu keuntungan menggunakan laser pointer ketika melakukan presentasi.


Pertama, dengan laser pointer, Anda dapat menunjuk area yang sulit dijangkau dengan tangan Anda. Selain itu, bayangan tangan atau tongkat penunjuk berpotensi menghalangi layar presentasi Anda. Namun, jika Anda menggunakan laser pointer, hal ini tidak akan menjadi masalah karena cahaya laser tidak akan menutupi layar.


Sebagai tambahannya, laser pointer dapat digunakan di ruangan yang gelap. Seringnya, Anda akan berada di ruangan gelap apabila menggunakan proyektor ketika presentasi. Jari atau tongkat untuk menunjuk tentu akan sulit terlihat oleh pendengar Anda.


Hal ini berbeda dengan laser pointer. Cahaya laser-nya akan terlihat dengan jelas di ruangan yang gelap. Memiliki satu buah laser pointer saja akan menambah nilai performa presentasi Anda.

Cara memilih laser pointer

Lantas, bagaimana cara memilih laser pointer yang baik? Berikutnya, kami akan menjelaskan mengenai poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam menentukan laser pointer. Silakan dijadikan referensi sebelum memutuskan untuk membeli, ya!

Pertama, pilih berdasarkan warna laser yang dihasilkan

Warna laser pada laser pointer ada dua, yaitu hijau dan merah bergantung panjang gelombang sinarnya. Ada juga produk yang memiliki laser berwarna biru, tetapi produk jenis ini jarang ditemui. Jadi, mari perhatikan warna laser-nya terlebih dahulu sebelum membeli!

Laser merah yang terjangkau, populer, dan mudah didapat

Laser merah yang terjangkau, populer, dan mudah didapat
Keunggulan laser pointer dengan laser berwarna merah adalah harganya yang relatif murah. Tidak hanya itu, produk ini paling sering dijual di pasaran sehingga mudah untuk Anda dapatkan. Produk ini juga memiliki ketahanan baterai yang kuat. Jadi, laser pointer tipe ini cocok untuk sering digunakan.

Namun, tipe ini memiliki jarak pancar sinar yang lebih pendek dibanding dengan laser yang berwarna hijau. Jika Anda hanya membutuhkan laser pointer untuk di ruangan kecil saja, Anda dapat memakai tipe ini.

Laser hijau, cocok untuk ruangan yang luas dan terang

Laser hijau, cocok untuk ruangan yang luas dan terang

Ketika menggunakan laser pointer di tempat lebar atau terang, lebih disarankan untuk menggunakan laser berwarna hijau. Warna hijau memiliki visibilitas yang baik dan jarak pancar yang panjang sehingga menjadi lebih mudah dilihat. Pada jenis ini, terdapat juga beberapa produk dengan spesifikasi tinggi yang jarak pancarnya dapat mencapai 200 meter. Alhasil, Anda dapat menggunakannya di aula atau ruang konferensi yang luas.


Namun, struktur mesin untuk laser hijau lebih rumit dibandingkan laser merah sehingga harganya cenderung lebih mahal. Ada beberapa produk yang memiliki harga murah, tetapi sinar laser yang dikeluarkan tidak stabil. Untuk itulah, Anda harus lebih teliti dalam memilih produk.

Periksa juga apakah bentuknya mudah untuk digenggam

Periksa juga apakah bentuknya mudah untuk digenggam

Laser pointer memiliki berbagai macam jenis dilihat dari bentuknya. Ada yang berbentuk seperti pena atau remote yang meruncing ke bawah menyesuaikan bentuk genggaman tangan. Sangat penting untuk memilih laser pointer dengan bentuk yang mudah digenggam tangan Anda.


Misalnya, jika Anda menginginkan bentuk yang mudah dibawa ke mana-mana, pilihlah bentuk pena atau gantungan kunci. Namun, jika Anda membutuhkan pointer laser yang mudah untuk digenggam, pilih saja bentuk yang meruncing seperti remote.


Namun, setiap bentuk laser pointer juga memiliki kekurangannya masing-masing. Pada laser pointer yang berbentuk pena, daya pancarnya cenderung lebih lemah. Sedangkan, pointer laser berbentuk remote memiliki ukuran yang lebih besar dibanding model lain. Pilihlah dengan menyeimbangkan antara kemudahan dalam penggunaan dan fitur yang ditawarkan.

Perhatikan fitur tambahan yang tersedia

Untuk membantu presenter saat menyajikan materinya, laser pointer dilengkapi dengan fungsi tambahan. Fungsi tambahan yang biasanya tersedia pada laser pointer adalah sebagai berikut.

Presenter function untuk mengganti halaman PowerPoint

Presenter function untuk mengganti halaman PowerPoint

Laser pointer seringkali digunakan untuk membantu dalam proses presentasi yang menggunakan PowerPoint. Jika Anda membutuhkan laser pointer untuk mengganti slide pada PowerPoint, piilihlah produk dengan fitur presenter function.


Fitur ini berfungsi untuk meneruskan dan mengembalikan slide pada PowerPoint dengan menggunakan laser pointer. Fitur presenter function ini sangat membantu dalam presentasi, terutama ketika posisi Anda berada jauh dari komputer.

Presentation mouse sebagai pengganti mouse komputer

Presentation mouse sebagai pengganti mouse komputer
Selama presentasi berlangsung, sering kali Anda ingin membuka file lain seperti video atau Excel. Dalam hal ini, pilihlah laser pointer yang dilengkapi dengan fungsi presentation mouse. Fungsi ini akan membantu Anda dalam pengoperasian komputer sehingga presentasi menjadi lebih mudah.

Fungsi presentation mouse merupakan kombinasi antara fungsi mouse dan laser pointer. Berbagai fitur seperti klik atau scroll dapat dilakukan dengan fungsi ini. Produk dengan fitur ini memiliki banyak tombol sehingga kemungkinan Anda akan bingung dengan cara pengoperasiannya di awal pemakaian. Namun, Anda akan lebih nyaman dan menikmati kepraktisannya setelah terbiasa dengan fitur ini.


Cek terlebih dahulu jarak pemakaian antara laser pointer dengan receiver

Cek terlebih dahulu jarak pemakaian antara laser pointer dengan receiver
Terdapat dua tipe penerima sinyal pada laser pointer yang multifungsi, yaitu USB receiver dan Bluetooth. Masing-masing memiliki jarak maksimal sinyal yang bisa diterima. Jarak pemakaian antara laser pointer dan receiver berbeda-beda bergantung pada produknya.

Biasanya, jarak pemakaian berkisar antara 10-30 meter. Jadi, periksa kembali jarak pemakaian produk yang akan Anda beli dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.


Tipe laser pointer dengan penerima sinyal Bluetooth memiliki jarak pakai yang lebih jauh, yaitu 50 meter. Jika Anda akan memakainya di ruangan yang luas, lebih baik Anda memilih tipe ini.

Demi keamanan, periksa terlebih dahulu sertifikasi produknya

Demi keamanan, periksa terlebih dahulu sertifikasi produknya
Untuk menjamin keamanan pemakaian, pastikan produk yang akan Anda beli sudah dilengkapi dengan sertifikasinya. Produk yang memiliki sertifikat tentu telah melewati uji keamanan sebelumnya. Meskipun ada beberapa jenis sertifikasi, tujuan dari sertifikasi ini adalah sama, yaitu memberikan keamanan bagi konsumen. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin dan nyaman dalam menggunakan produk tersebut.

10 Rekomendasi laser pointer

Berikut adalah rekomendasi laser pointer terbaik yang telah kami pilih untuk Anda. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
Warna laserMerah
Panjang laserTidak disebutkan
BentukPulpen
Fitur tambahanBlack ink pen, LED light
Tipe penerima sinyalTidak ada
Jarak pemakaianTidak disebutkan
SertifikasiTidak disebutkan
9

LogitechLaser Presentation Remote

R400

Mulai dari Rp 729.000,00

Warna laserMerah
Panjang laserTidak disebutkan
BentukRemote (bagian bawah melebar)
Fitur tambahanPresenter function
Tipe penerima sinyalUSB
Jarak pemakaianhingga 15 meter
SertifikasiTidak disebutkan
8

Doosl Multifunctional Presentation Remote

Mulai dari Rp 230.000,00

Warna laserMerah
Panjang laser>200 meter
BentukRemote (kotak)
Fitur tambahanPresenter function, mouse presentation, electronic mark function
Tipe penerima sinyalUSB receiver
Jarak pemakaian100 meter
SertifikasiTidak disebutkan
7

LenovoLenovo Dual Mode Wireless Touch Mouse

N700

Mulai dari Rp 545.000,00

Warna laserTidak disebutkan
Panjang laserTidak disebutkan
BentukMouse
Fitur tambahanPresenter function dan mouse presentation
Tipe penerima sinyalUSB dan Bluetooth
Jarak pemakaianTidak disebutkan
SertifikasiAda
6

TargusP21 Wireless Green Laser Presenter

AMP21AP

Mulai dari Rp 830.000,00

Warna laserHijau
Panjang laserTidak disebutkan
BentukRemote
Fitur tambahanPresenter function dan battery indicator
Tipe penerima sinyalUSB
Jarak pemakaian15 meter
SertifikasiTidak disebutkan
5

TargusWireless USB Laser Presentation Remote

AMP13AP

Mulai dari Rp 697.000,00

Warna laserMerah
Panjang laserTidak disebutkan
BentukRemote (oval)
Fitur tambahanKeyLock™ dan presenter function
Tipe penerima sinyalUSB
Jarak pemakaian15 meter
SertifikasiTidak disebutkan
4

ProlinkWireless Presenter with Air Mouse

PWP102G

Mulai dari Rp 350.000,00

Warna laserMerah
Panjang laserTidak disebutkan
BentukRemote
Fitur tambahanPresentation mouse, presenter function, OFN (Optical Finger Navigation)
Tipe penerima sinyalUSB
Jarak pemakaian20 meter
SertifikasiAda
3

LogitechSpotlight Presentation Remote

Mulai dari Rp 1.699.000,00

Warna laser- (highlighter, magnify, digital laser)
Panjang laserTidak disebutkan
BentukRemote (persegi panjang)
Fitur tambahanPresentation mouse, presenter function
Tipe penerima sinyalUSB dan Bluetooth
Jarak pemakaian30 meter
SertifikasiTidak disebutkan
2

Doosl Metal Presentation Remote for Business with Green Laser

Mulai dari Rp 600.000,00

Warna laserHijau
Panjang laser>200 meter
BentukRemote (persegi panjang)
Fitur tambahanPresenter function
Tipe penerima sinyalUSB
Jarak pemakaian100 meter
SertifikasiTidak disebutkan
1
Warna laserHijau
Panjang laserTidak disebutkan
BentukRemote (bagian bawah melebar)
Fitur tambahanPresenter function, timer
Tipe penerima sinyalUSB receiver
Jarak pemakaian30 meter
SertifikasiTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk laser pointer terbaik

Gambar produk
1
Logitech Laser Presentation Remote 1

Logitech

2
Doosl  Metal Presentation Remote for Business with Green Laser 1

Doosl

3
Logitech Spotlight Presentation Remote 1

Logitech

4
Prolink Wireless Presenter with Air Mouse 1

Prolink

5
Targus Wireless USB Laser Presentation Remote 1

Targus

6
Targus P21 Wireless Green Laser Presenter 1

Targus

7
Lenovo Lenovo Dual Mode Wireless Touch Mouse 1

Lenovo

8
Doosl  Multifunctional Presentation Remote 1

Doosl

9
Logitech Laser Presentation Remote 1

Logitech

10
Joyko Pointer 1

Joyko

Nama produk

Laser Presentation Remote

Metal Presentation Remote for Business with Green Laser

Spotlight Presentation Remote

Wireless Presenter with Air Mouse

Wireless USB Laser Presentation Remote

P21 Wireless Green Laser Presenter

Lenovo Dual Mode Wireless Touch Mouse

Multifunctional Presentation Remote

Laser Presentation Remote

Pointer

Keunggulan

Hindari kelebihan waktu dengan penunjuk dan pengingat waktu

Desain sederhana dengan fungsi luar biasa!

Lancarkan presentasi dengan mode pointing tercanggih

Kendalikan kursor dengan bebas saat presentasi

Ucapkan selamat tinggal pada kesalahan tekan tombol saat presentasi

Dirancang untuk menunjang presentasi di tempat terbuka

Laser pointer berbentuk mouse yang mudah dioperasikan

Lebih efisien dengan desain yang supertipis!

Desain sederhana yang membuat presentasi makin nyaman

2 in 1 pulpen dan laser pointer yang simple

Harga mulai dariRp 1.329.000,00Rp 600.000,00Rp 1.699.000,00Rp 350.000,00Rp 697.000,00Rp 830.000,00Rp 545.000,00Rp 230.000,00Rp 729.000,00Rp 30.000,00
Warna laserHijauHijau- (highlighter, magnify, digital laser)MerahMerahHijauTidak disebutkanMerahMerahMerah
Panjang laserTidak disebutkan>200 meterTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan>200 meterTidak disebutkanTidak disebutkan
BentukRemote (bagian bawah melebar)Remote (persegi panjang)Remote (persegi panjang)RemoteRemote (oval)RemoteMouseRemote (kotak)Remote (bagian bawah melebar)Pulpen
Fitur tambahanPresenter function, timerPresenter functionPresentation mouse, presenter functionPresentation mouse, presenter function, OFN (Optical Finger Navigation)KeyLock™ dan presenter functionPresenter function dan battery indicatorPresenter function dan mouse presentationPresenter function, mouse presentation, electronic mark functionPresenter functionBlack ink pen, LED light
Tipe penerima sinyalUSB receiverUSBUSB dan BluetoothUSBUSBUSBUSB dan BluetoothUSB receiverUSBTidak ada
Jarak pemakaian30 meter100 meter30 meter20 meter15 meter15 meterTidak disebutkan100 meterhingga 15 meterTidak disebutkan
SertifikasiTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAdaTidak disebutkanTidak disebutkanAdaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan presentasi lainnya di sini!

Selain laser pointer, ada kalanya Anda juga akan membutuhkan kelengkapan presentasi lain, seperti proyektor atau layarnya. Kami telah mengulas artikel mengenai kelengkapan presentasi lain yang mungkin Anda butuhkan. Selain cara memilih, kami juga memberikan rekomendasi produk-produk terbaiknya demi menunjang kegiatan presentasi Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menyimak lebih lanjut.

Kesimpulan

Kami telah selesai memberikan ulasan mengenai cara memilih dan rekomendasi produk laser pointer terbaik. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai dengan style presentasi Anda?

Pilihlah produk terbaik dengan mempertimbangkan dari segi fitur, kenyamanan ketika digenggam, dan juga budget Anda. Setelah membaca artikel ini, semoga kegiatan presentasi Anda menjadi lebih nyaman. Terima kasih sudah membaca!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer terbaik yang ada di pasaran adalah Epson. Seiko Epson, atau dikenal dengan Epson, merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto.Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, EcoTank, dan printer A3. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Printer label saat ini sudah tidak asing bagi sebagian banyak orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, harga barang, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Bila Anda berencana membeli printer label, simak artikel ini dengan baik. Kami akan berikan tips dan rekomendasi printer label dari berbagai merk yang bagus! Printer label dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Jadi, simak artikelnya sampai habis, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin tidak asing lagi dengan scanner dokumen. Alat ini dibutuhkan untuk menduplikasi dokumen-dokumen Anda untuk disimpan dalam bentuk PDF atau digital file format lainnya. Ada berbagai merek scanner dokumen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari Plustek, Canon, hingga Epson.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk scanner dokumen terbaik. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi ada juga yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Simak artikel ini untuk menemukan produk scanner dokumen terbaik yang cocok bagi Anda.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini kebutuhan mesin cutting sticker makin meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, kini banyak juga yang mencari mesin cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merk, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin absensi merupakan alat yang penting untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran. Ada berbagai tipe mesin, misalnya yang bisa dicetak langsung pada kartu atau yang dapat mengidentifikasi sidik jari. Selain itu, Anda juga akan menemukan produk dengan variasi dan merek yang beragam, seperti Amano dan Solution. Hal ini bisa membuat Anda kebingungan untuk memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan agar Anda memahami poin-poin penting dalam memilih mesin absensi. Kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk melindungi dokumen penting dari kotoran dan kerusakan adalan melaminasinya menggunakan mesin laminating. Meski sepintas terlihat sama, ternyata terdapat bermacam-macam mesin laminating. Di antaranya adalah mesin laminating A3, mesin laminating roll, mesin laminating untuk ukuran kertas A4, dan banyak lainnya. Spesifikasi dan kualitas yang berbeda mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Oleh karena itu, kami akan mengulas cara memilih mesin laminating terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Anda dapat menemukan berbagai merek terkenal, seperti Dynamic, Joyko, GBC, dan lainnya. Simaklah sampai akhir!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fax Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Fax Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun penggunaan e-mail makin meningkat beberapa tahun terakhir, mesin faks masih memiliki banyak kesempatan untuk aktif kembali. Banyak orang yang berpikir bertukar dokumen penting melalui kertas faks lebih mudah dibanding e-mail. Banyaknya variasi mesin faks yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung.Kali ini, kami akan memberitahukan cara memilih mesin faks dan mengulas sepuluh mesin faks terbaik rekomendasi kami. Anda akan menemukan produk dari Panasonic, Brother, Canon, Epson, dan HP. Jangan lupa periksa fitur tambahan dan harganya terlebih dahulu. Selamat memilih produk yang paling bersahabat dan sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori