10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.

Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih instant camera

Seiring popularitas instant camera yang meningkat, muncul berbagai produk yang dilengkapi dengan fungsi terbaru di pasaran. Pemula sekalipun bisa menggunakannya karena kamera-kamera tersebut dirancang user friendly. Karena itu, perhatikanlah setiap poin yang akan kami ulas dan jadikan sebagai referensi saat Anda memilih kamera.

Pilih yang dilengkapi dengan berbagai fungsi tambahan untuk meminimalisir kegagalan hasil foto

Pilih yang dilengkapi dengan berbagai fungsi tambahan untuk meminimalisir kegagalan hasil foto

Pada dasarnya, kemampuan instant camera tidak sebaik digital camera maupun smartphone camera. Jika Anda menggunakan instant camera sambil banyak bergerak layaknya menggunakan digital camera atau smartphone camera, fokus foto bisa menjadi tidak tepat sehingga menghasilkan foto yang kabur. Sebab itu, terkadang Anda akan mendapatkan hasil foto yang kurang sempurna.

Namun, beberapa instant camera kini dilengkapi dengan fungsi tambahan supaya dapat digunakan dengan mudah oleh pemula sekalipun. Misalnya, dengan adanya fungsi penyesuaian tingkat cahaya, tingkat kecerahan foto pun bisa diatur oleh kamera secara otomatis. Lalu, jika ada fungsi peningkatan shutter speed, risiko hasil foto menjadi kabur pun semakin kecil.

Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi keunikan berfoto menggunakan instant camera, tidak masalah untuk menggunakan kamera dengan model sederhana dan standar. Namun, untuk Anda yang tidak ingin boros film saat mencetak foto, sebaiknya Anda menggunakan instant camera yang dilengkapi fungsi tambahan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pilih berdasarkan ukuran foto yang dapat dihasilkan

Pilih berdasarkan ukuran foto yang dapat dihasilkan

Untuk data digital, Anda dapat dengan bebas mengatur besar atau kecilnya gambar sebelum mencetak. Akan tetapi, untuk instant camera, ukuran data pemotretan bergantung pada ukuran film pada kamera. Apabila sebuah kamera memiliki ukuran film yang kecil, ukuran sudut pandangnya pun sempit dan tidak bisa diperluas.

Jika Anda ingin memotret objek berjumlah banyak atau pemandangan dalam sudut pandang yang luas, sebaiknya Anda memilih kamera dengan ukuran film besar atau versi wide. Jika Anda sekiranya merasa puas dengan ukuran hasil foto yang mungil, pilihlah kamera dengan ukuran film standar seperti pada kamera polaroid.

Pilih yang hasil fotonya dapat disimpan dan dikoneksikan secara digital

Pilih yang hasil fotonya dapat disimpan dan dikoneksikan secara digital

Meskipun banyak yang menganggap instant camera itu menyenangkan untuk digunakan, jumlah foto yang dapat dihasilkannya terbatas. Tidak seperti digital camera, instant camera membutuhkan biaya di setiap potongan fotonya. Karena itu, banyak orang berpikir untuk tidak menyia-nyiakan film dengan hasil foto yang gagal.

Sebagian besar instant camera memang hanya dapat mencetak foto langsung tanpa menghasilkan data digital. Namun, ada beberapa model terbaru yang bisa menyimpan hasil foto di memori penyimpanan, seperti SD card. Meski begitu, model seperti ini masih cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Bagi Anda yang suka mengunggah foto di jejaring sosial, kamera yang dapat dikoneksikan secara digital tentu lebih menyenangkan. Selain mencetak langsung, Anda dapat berbagi foto dengan orang-orang di seluruh dunia melalui jejaring sosial.

10 Rekomendasi instant camera terbaik

Berikut akan kami ulas sepuluh produk instant camera terbaik yang dipilih berdasarkan kelebihannya. Setiap kelebihan pada kamera dapat berpengaruh pada hasil foto Anda. Jadi, pilihlah dengan bijak sesuai hasil foto yang Anda inginkan!

10. Fujifilm Instax Mini 8S

10. Fujifilm Instax Mini 8S

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 799.000

Mampu mengoptimalkan pencahayaan secara otomatis

Kamera Fujifilm Instax Mini 8S dilengkapi dengan kontrol exposure sehingga kamera ini dapat mengoptimalkan pengaturan cahayanya secara otomatis. Kamera ini dirancang khusus untuk menghasilkan foto mini seukuran kartu kredit. Apabila Anda lebih suka foto ukuran kecil yang mudah disimpan, Anda mungkin akan menyukai produk ini.

Fitur lensa Fujion 60 mm pada kamera ini memiliki focusing range 0,6 m sehingga dapat menghasilkan gambar dengan tingkat fokus yang cukup akurat. Tak lupa juga, kamera ini dilengkapi dengan build-in flash untuk mengoptimalkan pencahayan. Warna dan desain yang cute semakin menambah pesona kamera keluaran Fujifilm ini.

Shooting mode Indoors, cloudy, sunny slightly cloudy, sunny and bright
Film Fujifilm Instant Color Film “instax mini”
Koneksi digital Tidak

9. Fujifilm Instax Mini 70

9. Fujifilm Instax Mini 70

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.849.000

Mencerahkan background secara otomatis walau di tempat gelap

Fujifilm Instax Mini 70 memiliki ukuran yang sangat kecil dan praktis, tetapi tidak mengurangi kualitas dan kemudahan saat menggunakannya. Berdesain minimalis tanpa menggembung, Anda dapat membawanya dengan lebih mudah dan nyaman. Dengan automatic exposure control, Anda pun tak perlu khawatir lagi saat berfoto di tempat gelap!

Penggunaannya juga sangat mudah dan praktis. Kamera ini didukung dengan selfie mode sehingga cukup nyaman saat digunakan untuk ber-selfie. Selain itu, kamera ini memiliki kecepatan shutter 1/2 sec – 1/400 sec dan juga jarak fokus Macro Mode hingga minimal 0,3 m untuk semakin mendukung kualitas hasil foto Anda. Kecil-kecil cabe rawit!

Shooting mode Selfie mode, macro mode, landscape mode, fill-in flash , hi-key mode, auto mode
Film Fujifilm Instant Color Film “instax mini”
Koneksi digital Tidak

8. Polaroid OneStep 2 Viewfinder i-Type Camera

8. Polaroid OneStep 2 Viewfinder i-Type Camera

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.889.000

Produk berdesain kontemporer dengan baterai tahan lama

Apabila Anda menginginkan kamera analog yang berdesain kontemporer dan dilengkapi dengan teknologi modern, Polaroid OneStep 2 bisa dijadikan pilihan. Kamera ini dilengkapi dengan lensa ber-focal lenght 106 mm yang ideal untuk mild telephoto/telephoto atau foto berobjek manusia, hewan, dan pemandangan.

Selain itu, kamera ini memakai lensa acrylic dan optical grade polycarbonate untuk semakin mendukung kualitas gambar yang dihasilkan. Mudah dioperasikan layaknya instant camera pada umumnya, Polaroid OneStep 2 juga disemati baterai isi ulang yang tahan lama dan bisa dipakai hingga 60 hari!

Shooting mode Lighten/ darken, self-timer
Film Polaroid 600 Film dan Polaroid i-type Film
Koneksi digital Tidak

7. Lomography Lomo’ Instant Wide

7. Lomography Lomo' Instant Wide

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.450.000

Kendalikan shutter jarak jauh dengan tutup lensa!

Ingin berfoto bersama teman-teman tetapi tidak ada yang bisa dimintai tolong untuk mengambilkan foto? Tenang saja, dengan instant camera ini Anda bisa mengendalikan tombol shutter hanya dari tutup lensa! Jadi, Anda tidak perlu lagi mengorbankan salah satu teman Anda hanya untuk mengambil foto bersama.

Instant camera berlensa 35 mm ini sudah memiliki flash otomatis yang bisa dimatikan dengan aperture F8 dan F22. Ingin menggabungkan dua jepretan dalam satu frame? Dengan bantuan fitur splitzer, kamera ini bisa melakukannya untuk Anda. Apabila dipadukan dengan close-up lens, Anda bahkan bisa memotret close-up hingga jarak fokus 0,1 m!

Shooting mode Auto shooting mode, bulb mode, 1/30 fixed shutter speed mode
Film Fujifilm Instax Wide Film
Koneksi digital Tidak

6. Fujifilm Instax Square SQ10

6. Fujifilm Instax Square SQ10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.659.000

Pilih dan simpan foto berharga Anda sebelum dicetak

Instax Square SQ 10 adalah kamera keluaran Fujifilm yang dilengkapi dengan fitur yang cukup canggih. Anda dapat mencetak hasil foto secara langsung atau menyimpan data hasil foto secara digital. Dengan kamera ini, Anda bisa dengan mudah memilih dan memeriksa setiap hasil foto sebelum dicetak.

Ukuran gambar yang dihasilkan kamera ini adalah ukuran standar persegi sehingga Anda dapat langsung mengunggah hasil foto ke jejaring sosial tanpa harus cropping. Karena kamera ini memiliki fitur dan fungsi yang sama dengan digital camera, kamera ini pas digunakan oleh Anda yang ingin selalu dapat mencetak foto-foto terbaik Anda.

Shooting mode Standard, double exposure, bulb mode
Film Fujifilm Instant Film “instax SQUARE”
Koneksi digital Ya

5. Fujifilm Instax WIDE 300

5. Fujifilm Instax WIDE 300

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : 1.590.000

Desain minimalis dengan ukuran film lebar (wide) untuk foto bersama

Bagi Anda yang menginginkan kamera dengan ukuran film yang lebar dan memiliki beberapa fungsi pendukung, Fujifilm Instax Wide 300 adalah pilihan yang pas. Kamera ini dapat digunakan untuk mengambil gambar pemandangan dengan baik karena ukuran filmnya cukup lebar untuk menjangkau sudut pandang yang luas.

Memiliki fungsi viewfinder, kamera ini mudah digunakan untuk mengambil foto close-up dengan hasil optimal. Dilengkapi pula dengan shutter 1/64 sec – 1/1200 sec dan jarak fokus 0,9 m untuk kualitas foto prima. Fungsi fokus dan flash pada kamera ini sudah sepenuhnya otomatis, Anda pun tak perlu ribet mengaturnya setiap kali hendak berfoto.

Shooting mode Lighten-darken control, fill-in flash mode
Film Fujifilm Instant Color Film “instax WIDE”
Koneksi digital Tidak

4. Fujifilm Instax Mini 9

4. Fujifilm Instax Mini 9

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 885.000

Dilengkapi selfie mirror untuk hasil selfie yang lebih sempurna

Kamera Fujifilm Instax Mini 9 adalah instant camera yang desainnya dirancang untuk para remaja, khususnya untuk para wanita yang suka ber-selfie. Apalagi dengan lima pilihan warna yang ceria seperti cobalt blue, ice blue, flamingo pink, lime green, dan smoky white. Ukurannya juga cukup kecil, sangat praktis untuk Anda bawa ke mana saja.

Sebagai pendukung kualitas dan kemudahan saat berfoto, kamera ini dilengkapi dengan fungsi shutter 1/60 sec sehingga dapat mencegah hasil gambar yang kabur. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan optical viewfinder dengan fungsi target spot, selfie mirror pada lensa, dan memiliki range focus 0,6 m. Selfie pun semakin sempurna!

Shooting mode Indoors, cloudy, sunny slightly cloudy, sunny and bright, hi-key mode
Film Fujifilm Instant Film “instax mini”
Koneksi digital Tidak

3. Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic

3. Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.850.000

Kamera bergaya retro dengan berbagai shooting mode yang bisa Anda coba

Untuk Anda yang menyukai kamera dengan nuansa retro, Fujifilm Instax Mini 90 Classic bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa dicoba. Kamera berdesain klasik-retro yang menarik ini dilengkapi dengan dua tombol shutter, yang memungkinkan Anda untuk dapat memotret dengan baik pada saat mengambil gambar landscape.

Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan fungsi superimpose dan double exposure mode. Dengan begitu, Anda dapat mencetak gambar pada satu film dengan menekan tombol shutter dua kali untuk mendapatkan hasil photogenic yang maksimal. Charming bagaikan kamera analog, tetapi hadir dalam teknologi lebih terkini!

Shooting mode Macro mode, brightness adjustment, kids mode, party mode, landscape mode, bulb mode, double exposure mode
Film Fujifilm Instant Color Film “instax mini”
Koneksi digital Tidak

2. Lomography Lomo’ Instant Automat

2. Lomography Lomo' Instant Automat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.835.000

Tuangkan segala kreativitas Anda dengan berbagai fungsi tambahan

Kamera ini menawarkan kreativitas tanpa batas untuk Anda yang ingin bereksperimen. Berbagai pilihan tambahan lensa, seperti close-up, wide angle, dan fish-eye lens bisa Anda gunakan pada kamera ini untuk hasil foto yang lebih kreatif. Berbeda dengan kamera lain, tombol shutter pada kamera besutan Lomography ini didorong, bukan ditekan!

Anda bisa melakukan pemotretan long exposure serta multiple exposure dengan kamera ini. Selain itu, Lomo’ Instant Automat Camera juga memiliki bukaan diafragma lensa F8 dan F22 dengan jarak fokus 0,6 m. Bosan dengan hasil foto yang begitu-begitu saja? Gunakan saja color gel yang tersedia untuk mendapatkan efek cahaya flash berwarna-warni.

Shooting mode Auto mode, bulb mode
Film Fujifilm Instax Mini
Koneksi digital Tidak

1. Leica Sofort

1. Leica Sofort

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.500.000

Objek bergerak pun dapat ditangkap gambarnya dengan mudah!

Leica Sofort memiliki beberapa mode switch yang memungkinkan Anda untuk menangkap gambar objek bergerak dengan baik, seperti saat memotret kegiatan olahraga, kendaraan yang bergerak, dan lain sebagainya. Kamera ini memiliki tiga zona sistem fokus manual yang dapat membantu Anda menghasilkan gambar terbaik.

Aperatur pada kamera ini dapat ditranslasikan menjadi 34 mm, atau mendekati kualitas kamera premium yang biasanya memiliki aperatur 35 mm. Anda pun dapat melihat objek dengan jauh lebih jernih, bagaikan melihat objek tanpa melalui kamera. Bila tak ingin main-main dengan kualitas foto hasil jepretan Anda, produk inilah jawabannya.

Shooting mode Macro mode, bulb mode, automatic, self-timer, party and people, sport and action, double exposure, selfie
Film Fujifilm Instax Mini, Leica Sofort Film Pack
Koneksi digital Tidak

Kesimpulan

Demikian tips cara memilih instant camera serta ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaik dengan kelebihannya masing-masing. Semuanya dapat mengabadikan setiap momen dengan hasil yang unik dan berbeda. Meski begitu, pilihlah instant camera dengan berbagai fungsi tambahan untuk meminimalisir kegagalan hasil foto.

Kemudian, pertimbangkan pula ukuran foto yang dihasilkan sesuai selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda suka membagikan foto di jejaring sosial, pilihlah yang dapat dikoneksikan secara digital. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki!