• 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kamera instan adalah alat pengambil gambar yang dapat langsung mencetak foto. Dewasa ini mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan instant camera. Hasil gambarnya terasa lebih retro, klasik, dan fashionable. Karena populer lagi, berbagai merek merilis kembali instant camera. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.

Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kamera instan terbaik yang bisa Anda pilih. Ada Fujifilm instax mini 11, Polaroid Now+ i-Type, dan lainnya. Kami pun menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda. Yuk, langsung dimulai saja pembahasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 September 2022
Daftar isi

Cara memilih instant camera

Seiring popularitas instant camera yang meningkat, muncul berbagai produk yang dilengkapi fungsi terbaru di pasaran. Pemula sekalipun bisa menggunakannya karena kamera-kamera tersebut dirancang user-friendly. Karena itu, perhatikanlah setiap poin yang akan kami ulas berikut dan jadikan sebagai referensi saat Anda memilih kamera.

Tentukan berdasarkan jenis kamera instan

Ketika Anda mencari kamera instan di pasaran, banyak sekali jenis kamera yang bermunculan. Umumnya instant camera terbagi menjadi dua jenis, yaitu kamera digital dan kamera analog. Berikut akan kami jelaskan fungsi tiap jenisnya untuk Anda.

Digital: Pengoperasiannya mudah dan otomatis

Digital: Pengoperasiannya mudah dan otomatis

Jenis kamera ini memiliki pengaturan yang otomatis dan mudah digunakan. Kamera instan digital biasanya sudah dilengkapi fitur yang menyerupai kamera digital, seperti LCD dan penyimpanan gambar. Beberapa produk juga diberi slot memori yang bisa disambungkan ke perangkat digital.


Umumnya kamera instan digital sudah tidak lagi menggunakan tinta dalam mencetak gambar. Contohnya, kamera instan digital dari Polaroid menggunakan teknologi zero ink (ZINK). Di sisi lain, kamera instan Fujifilm menggunakan instant film yang dapat langsung mencetak tanpa tinta.

Analog: Menghasilkan foto yang khas dan antik

Analog: Menghasilkan foto yang khas dan antik

Jenis berikutnya adalah instant camera tipe analog. Biasanya kamera jenis ini sedikit sulit untuk digunakan karena pengaturannya manual. Kamera analog umumnya menggunakan film untuk mencetak hasil foto sehingga membutuhkan tinta. Walaupun demikian, analog instant camera masih digemari oleh banyak orang karena hasil fotonya khas dan antik.

Ketahui jenis daya yang digunakan

Bila Anda ingin menggunakan instant camera untuk keperluan tertentu, pastikan jenis dayanya mendukung. Di pasaran terdapat dua jenis daya yang digunakan, yaitu baterai dan isi ulang. Ketahuilah jenis daya dari kamera instan untuk foto yang lebih praktis.

Baterai, praktis dan mudah diganti

Baterai, praktis dan mudah diganti

Bagi Anda yang suka bertualang atau jalan-jalan bersama teman, instant camera dengan baterai lepas pasang lebih pas untuk Anda. Hal ini karena Anda tidak perlu repot mencari soket listrik untuk mengisi daya.


Selain itu, Anda dapat membuang baterai yang kosong ketika sudah tidak dipakai. Umumnya kamera instan membutuhkan baterai AA berbahan lithium.

Isi ulang, pemakaian daya lebih awet

Isi ulang, pemakaian daya lebih awet

Umumnya kamera instan yang dijual di pasaran menggunakan baterai isi ulang. Anda tidak perlu repot mengganti baterai baru ketika dayanya sudah habis. Selain itu, daya kamera instan lebih awet dan tahan lama. Mengisi dayanya juga sangat mudah, tinggal dipasang saja di soket listrik terdekat. Bila Anda ingin baterai yang lebih awet, pertimbangkan kamera instan dengan baterai isi ulang.

Perhatikan fungsi tambahan untuk mengurangi kegagalan foto

Perhatikan fungsi tambahan untuk mengurangi kegagalan foto

Biasanya instant camera harus digunakan dengan hati-hati karena dapat menghasilkan foto yang kabur. Namun, ada beberapa instant camera yang memiliki fungsi tambahan agar dapat digunakan oleh pemula.


Fungsi tambahan yang umum adalah flash, pengaturan kecerahan foto, dan shutter speed untuk mengurangi risiko foto menjadi blur. Beberapa fungsi ini dapat menghemat film Anda ketika berfoto, lho!

Sesuaikan ukuran foto yang diinginkan

Sesuaikan ukuran foto yang diinginkan
Untuk data digital, Anda dapat dengan bebas mengatur besar atau kecilnya gambar sebelum mencetak. Akan tetapi, ukuran data pemotretan bergantung pada ukuran film untuk instant camera. Apabila sebuah kamera memiliki ukuran film yang kecil, ukuran sudut pandangnya pun sempit dan tidak bisa diperluas.

Pilihlah kamera dengan ukuran film besar atau wide untuk memotret banyak objek atau pemandangan dalam sudut pandang yang luas. Jika Anda puas dengan ukuran hasil foto yang mungil, pilih kamera dengan ukuran film standar, seperti pada kamera Polaroid.

Pertimbangkan fitur penyimpanan dan koneksi digital

Pertimbangkan fitur penyimpanan dan koneksi digital
Meskipun banyak yang menganggap instant camera itu menyenangkan untuk digunakan, jumlah foto yang dapat dihasilkannya terbatas. Tidak seperti digital camera, instant camera membutuhkan biaya di setiap potongan fotonya. Hal ini karena sebagian besar instant camera memang hanya dapat mencetak foto langsung tanpa menghasilkan data digital.

Namun, ada beberapa model terbaru yang bisa menyimpan hasil foto di memori penyimpanan, seperti SD card. Bagi Anda yang suka mengunggah foto di media sosial, kamera instan dengan koneksi ini tentu akan lebih menyenangkan. Selain mencetak langsung, Anda dapat membagikannya kepada teman Anda di media sosial.

10 Rekomendasi instant camera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk instant camera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 26 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Leica Sofort menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Instax Fujifilm Mini 11 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Fujifilm instax mini 11  1

Fujifilm

2
Fujifilm instax mini LiPlay 1

Fujifilm

3
Fujifilm instax mini 40 1

Fujifilm

4
Fujifilm instax SQUARE SQ1 1

Fujifilm

5
Fujifilm instax WIDE 300 1

Fujifilm

6
Fujifilm instax mini Evo 1

Fujifilm

7
Fujifilm  instax SQUARE SQ20 1

Fujifilm

8
Polaroid Now+ i‑Type Instant Camera 1

Polaroid

9
Polaroid OneStep 2 i‑Type Instant Camera 1

Polaroid

10
Polaroid Snap Instant Print Camera 1

Polaroid

Nama produk

instax mini 11

instax mini LiPlay

instax mini 40

instax SQUARE SQ1

instax WIDE 300

instax mini Evo

instax SQUARE SQ20

Now+ i‑Type Instant Camera

OneStep 2 i‑Type Instant Camera

Snap Instant Print Camera

Keunggulan

Bisa menghasilkan foto bagus di ruangan gelap

Mengabadikan momen lebih nyata berkat rekaman suara

Desainnya mirip seperti kamera Fujifilm antik

Bentuk perseginya minimalis dan praktis!

Desain minimalis dengan ukuran film lebar (wide) untuk foto bersama

Bisa mix and match foto dengan efek film dan lensa

Dapat mengabadikan objek bergerak dengan mudah

Filternya beragam, bisa berkreasi dengan foto warna-warni

Produk berdesain kontemporer dengan baterai tahan lama

Kamera instan multifungsi, bisa menyimpan gambar pula!

Harga mulai dariRp 1.149.000,00Rp 2.449.000,00Rp 1.499.000,00Rp 1.899.000,00Rp 1.599.000,00Rp 2.999.000,00Rp 2.999.000,00Rp 2.690.000,00Rp 3.640.000,00Rp 2.665.000,00
JenisAnalogDigitalAnalogAnalogAnalogDigital Digital AnalogAnalogDigital
Baterai2 baterai AA Isi ulang2 baterai AA 2 baterai CR2 4 baterai AA Isi ulang Isi ulang Isi ulangIsi ulangIsi ulang
Kelengkapan lainTombol shutter, strap, buku panduan, kartu garansi Kabel USB, strap, kartu garansi--Soket tripod--Filter lensa, kabel USB, strap, tripod mountLensa, kabel USBKabel USB, strap, petunjuk pemakaian
Fungsi tambahan Automatic exposure, shutter speed adjuster, selfie mode Voice recorder, frame and filter, select and print, remote shootingAutomatic exposure, selfie mode Auto exposure, selfie modeLighten-darken control, fill-in flash modeBluetooth, direct print, save printed images, remote shootingFrame grab, time shift collage, special filter Autofocus, colored lensLighten/darken, self-timerPhotobooth mode, timer setting, auto sleep mode, 6 picture modes
FilmFUJIFILM instax mini instant filmFUJIFILM Instant Film instax miniFUJIFILM instax mini instant filmFUJIFILM instax SQUARE instant filmFujifilm Instant Color Film “instax WIDE”FUJIFILM instant film "instax mini"FUJIFILM Instant Film “instax SQUARE”Polaroid 600 Film dan Polaroid i-type FilmPolaroid 600 Film dan Polaroid i-type FilmPolaroid ZINK Zero Ink Film
Koneksi digital TidakAda (via microSD)TidakTidakTidakAda (via microSD dan Bluetooth)Ada (via microSD)Ada (hanya dengan aplikasi)TidakAda (via microSD)
Tautan produk
10

PolaroidSnap Instant Print Camera

Mulai dari Rp 2.665.000,00

JenisDigital
BateraiIsi ulang
Kelengkapan lainKabel USB, strap, petunjuk pemakaian
Fungsi tambahan Photobooth mode, timer setting, auto sleep mode, 6 picture modes
FilmPolaroid ZINK Zero Ink Film
Koneksi digital Ada (via microSD)
9

PolaroidOneStep 2 i‑Type Instant Camera

Mulai dari Rp 3.640.000,00

JenisAnalog
BateraiIsi ulang
Kelengkapan lainLensa, kabel USB
Fungsi tambahan Lighten/darken, self-timer
FilmPolaroid 600 Film dan Polaroid i-type Film
Koneksi digital Tidak
8

PolaroidNow+ i‑Type Instant Camera

Mulai dari Rp 2.690.000,00

JenisAnalog
BateraiIsi ulang
Kelengkapan lainFilter lensa, kabel USB, strap, tripod mount
Fungsi tambahan Autofocus, colored lens
FilmPolaroid 600 Film dan Polaroid i-type Film
Koneksi digital Ada (hanya dengan aplikasi)
7
JenisDigital
BateraiIsi ulang
Kelengkapan lain-
Fungsi tambahan Frame grab, time shift collage, special filter
FilmFUJIFILM Instant Film “instax SQUARE”
Koneksi digital Ada (via microSD)
6
JenisDigital
BateraiIsi ulang
Kelengkapan lain-
Fungsi tambahan Bluetooth, direct print, save printed images, remote shooting
FilmFUJIFILM instant film "instax mini"
Koneksi digital Ada (via microSD dan Bluetooth)
5
JenisAnalog
Baterai4 baterai AA
Kelengkapan lainSoket tripod
Fungsi tambahan Lighten-darken control, fill-in flash mode
FilmFujifilm Instant Color Film “instax WIDE”
Koneksi digital Tidak
4
JenisAnalog
Baterai2 baterai CR2
Kelengkapan lain-
Fungsi tambahan Auto exposure, selfie mode
FilmFUJIFILM instax SQUARE instant film
Koneksi digital Tidak
3
JenisAnalog
Baterai2 baterai AA
Kelengkapan lain-
Fungsi tambahan Automatic exposure, selfie mode
FilmFUJIFILM instax mini instant film
Koneksi digital Tidak
2
JenisDigital
BateraiIsi ulang
Kelengkapan lainKabel USB, strap, kartu garansi
Fungsi tambahan Voice recorder, frame and filter, select and print, remote shooting
FilmFUJIFILM Instant Film instax mini
Koneksi digital Ada (via microSD)
1
JenisAnalog
Baterai2 baterai AA
Kelengkapan lainTombol shutter, strap, buku panduan, kartu garansi
Fungsi tambahan Automatic exposure, shutter speed adjuster, selfie mode
FilmFUJIFILM instax mini instant film
Koneksi digital Tidak

Baca juga rekomendasi kamera lainnya di sini

Tidak hanya kamera instan, ada banyak produk kamera lain yang bisa mengabadikan momen Anda. Kami sudah menyiapkan rekomendasinya untuk Anda, lho. Ada kamera action, DSLR, dan mirrorless. Baca ulasan lengkapnya di artikel-artikel berikut, yuk!

Kesimpulan

Demikian tips cara memilih kamera instan terbaik serta ulasan sepuluh rekomendasi produknya dari kami. Semuanya dapat mengabadikan momen dengan hasil yang unik. Meski begitu, pilihlah produk dengan fungsi tambahan untuk meminimalkan kegagalan hasil foto.

Pertimbangkan pula ukuran foto yang dihasilkan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda suka membagikan foto di jejaring sosial, pilih yang dapat dikoneksikan secara digital. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka mendokumentasikan kegiatan outdoor, action camera wajib Anda miliki. Kamera jenis ini sangat cocok digunakan untuk merekam berbagai kegiatan ekstrem termasuk di dalam air. Ada banyak merek produk action camera yang bagus di pasaran. Bahkan, saat ini Anda bisa menemukan action camera 360. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih action camera yang cocok untuk Anda. Produk dari Xiaomi atau GoPro mungkin akan Anda sukai. Namun, bila Anda cari action camera murah, produk dari Kogan bisa jadi pilihan. Simak ulasan dari kami secara lengkap, ya!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera 360 adalah jenis kamera dengan beberapa lensa sehingga memiliki jangkauan yang besar. Efek dan mode perekamannya bervariasi sehingga Anda akan mendapatkan footage yang variatif. Jadi, produknya bisa dipertimbangkan apabila Anda senang membuat vlog saat mengendarai motor atau mobil. Anda akan menemukan beragam merek kamera 360 yang bagus di pasaran, seperti GoPro dan Insta360. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan cara memilih kamera 360 dengan membandingkan harga dan spesifikasinya. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi kamera 360 terbaik untuk Anda. Yuk, baca ulasan selengkapnya dari kami di bawah ini!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Action cam merupakan jenis kamera yang mudah digunakan karena ukurannya kecil dan bobotnya ringan. Karena itu, kamera ini cocok untuk Anda yang hobi motovlogging atau traveling. Kini bahkan sudah banyak action cam murah yang bagus dengan resolusi 4K. Brica, Xiaomi, dan GoPro adalah sederet merek yang menawarkan action cam murah terbaik.Untuk itu, kali ini kami akan berbagi rekomendasi action cam murah dari berbagai merek. Anda bisa menemukan produk dengan fitur electronic image stabilization (EIS) sehingga hasil rekamannya stabil. Sebelum itu, simak tips memilihnya di bawah ini dari kami, yuk!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini IP camera menjadi kamera pengawas yang populer untuk area outdoor ataupun indoor. IP camera menawarkan instalasi yang praktis, dapat terhubung ke Wi-Fi, serta bisa dikendalikan dengan ponsel. Bahkan, ada produk yang menggunakan penyimpanan cloud.Di pasaran sudah banyak tersedia merek IP camera yang bagus, seperti Hikvision, Dahua, dan BARDI. Karena itu, kali ini kami akan mengulas tips memilih IP camera serta memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Jika Anda sedang mencari IP camera terbaik, bacalah artikel ini hingga tuntas!
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Instax Fujifilm menjadi salah satu merek kamera polaroid yang bagus dan populer di Indonesia. Saat ini, ada beberapa jenis kamera Instax Fujifilm yang bisa Anda temukan. Variasi produk kamera Instax ini dipengaruhi oleh harga, size, dan jenis film yang digunakan.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kamera Instax terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kamera Instax Fujifilm untuk pertimbangan Anda. Beberapa di antaranya, seperti Instax Mini 11, Instax Wide, dan lainnya. Bacalah hingga akhir dan temukan kamera Instax Fujifilm yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda menyukai keindahan bawah air, waterproof camera perlu dimiliki. Hal ini karena mengambil gambar pada kondisi yang tak biasa makin mudah dengan kamera waterproof. Kamera antiair ini bisa digunakan untuk snorkeling, diving, dan aktivitas outdoor lainnya. Saat ini ada beberapa merek dengan produk kamera underwater yang bagus, seperti Canon dan Fujifilm. Kami akan merekomendasikan dan mengulas produk-produknya untuk Anda. Namun, kami akan menjelaskan tentang tips cara memilih waterproof camera lebih dahulu. Yuk, temukan waterproof camera terbaik dan abadikan foto underwater yang memesona!
    Kamera lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori