10 Rekomendasi Lap Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lap Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Hobi memasak atau tidak, Anda pasti menggunakan dapur dalam kegiatan sehari-hari. Tidak heran jika di ruangan ini selalu saja ada kotoran, tumpahan minyak, ataupun air. Pusing dengan dapur yang kotor? Anda membutuhkan lap dapur yang bagus untuk membersihkan kembali dapur Anda.

Meskipun sederhana dan tampak sepele, ternyata ada berbagai macam lap dapur, lho. Jangan bingung, kami akan menampilkan 10 rekomendasi lap dapur terbaik, beserta cara memilih lap dapur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, simak!

Daftar isi

Cara memilih lap dapur terbaik

Lap dapur merupakan benda yang Anda gunakan sehari-hari. Tentu saja Anda ingin dapat menggunakannya dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak boros, bukan? Anda dapat memilih lap dapur dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Pilih bahan yang bagus

Pilih bahan yang bagus

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah bahan yang berkualitas bagus. Lap dapur digunakan sehari-hari, untuk menghapus ceceran atau noda masakan dan mengelap meja dapur yang basah. Lap dapur dengan bahan yang bagus akan bisa dengan cepat menyerap cairan, membersihkan noda, tetapi tetap awet dipakai dan tidak mudah rusak.

Anda dapat memilih bahan jenis microfiber yang bisa menyerap cairan dengan cepat dan cepat kering, atau bahan katun/campuran rayon yang tahan lama. Juga ada lap dapur berbahan kain handuk yang berserat, bahan non-woven yang cepat kering, dan banyak lagi. Pilih lap dapur dengan bahan berkualitas bagus sehingga memudahkan Anda dalam pekerjaan dapur Anda.

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai

Ukuran dan bentuk lap dapur merupakan preferensi masing-masing pengguna lap dapur. Mayoritas bentuk lap dapur adalah kotak dengan berbagai ukuran. Anda bisa memilih ukuran lap dengan menyesuaikannya terhadap area dapur Anda, atau dengan tangan Anda.

Kebanyakan lap dapur yang tersedia di pasaran berbentuk kotak dengan ukuran 35 x 45 cm atau 30 x 30 cm. Tidak ada patokan yang pasti tentang hal ini, tetapi bentuk dan ukuran yang sesuai dengan Anda akan memaksimalkan fungsi lap tersebut.

Pilih warna dan motif

Seperti bentuk dan ukuran, pilihan warna dan motif pada lap dapur sangat tergantung pada preferensi pengguna lap dapur. Sekarang ini, lap dapur banyak dijual dengan berbagai macam warna dan motif. Anda bisa menyesuaikan warna dan motif dengan dekorasi dapur Anda.

Warna putih yang sederhana

Warna putih yang sederhana

Lap dapur warna putih polos akan terlihat menonjol, tetapi tetap sederhana pada dapur Anda. Namun, lap dapur ini akan cepat terlihat kotor dan kumal. Apalagi jika Anda tidak bisa mencucinya hingga putih bersih kembali. Anda akan membutuhkan larutan pemutih untuk membuat lap dapur Anda putih seperti semula.

Warna-warni dan motif ceria

Warna-warni dan motif ceria

Lap dapur dengan warna selain putih atau bermotif, akan memberikan kesan ceria pada dapur Anda. Menggunakan lap dapur ini, kotoran yang terserap mungkin tidak akan terlalu kentara seperti pada lap dapur putih. Anda juga tidak perlu menggunakan zat pemutih untuk membersihkannya. Lap ini juga sesuai untuk dijadikan hadiah bagi teman atau keluarga Anda.

10 Rekomendasi lap dapur terbaik

Setelah cara memilih lap dapur terbaik di atas, kami akan memberikan 10 rekomendasi lap dapur terbaik untuk Anda. Pastikan untuk memilih lap dapur sesuai kebutuhan Anda.

10. Ezpata Lap Kain

10. Ezpata Lap Kain

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 17.000

Tiga lap dapur dengan harga yang ekonomis

Dalam satu set Ezpata Lap Kain, anda akan mendapatkan tiga lap dapur sekaligus. Sangat ekonomis dengan harga yang sangat terjangkau. Berbahan kain katun, lap ini tahan lama dan kuat. Anda tidak perlu khawatir harus sering mengganti lap dapur dengan lap ini.

Motif kotak-kotaknya klasik dan berwarna cerah, dapur Anda tidak akan terlihat monoton. Ukuran Ezpata Lap Kain ini 52 x 52 cm, cocok untuk mengeringkan permukaan meja dapur yang basah, mengeringkan perangkat masak yang telah dicuci, hingga mengelap debu pada dapur Anda.

9. Terry Palmer Kitchen Cloth

9. Terry Palmer Kitchen Cloth

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 69.900

Lap dapur bermotif yang cocok untuk kado

Lap dapur dari Terry Palmer ini terbuat dari kain katun 100% dengan kemampuan serap yang tinggi. Fungsi lap dapur ini tak terbatas, Anda bisa menggunakannya untuk lap dapur maupun serbet meja makan. Daya serapnya tinggi dan lap ini juga cepat kering sehingga bisa digunakan untuk mengelap peralatan makan yang basah secara optimal.

Lap dapur ini hanya memiliki motif pada satu sisinya, dengan motif-motifnya menarik yang bersifat dekoratif. Terry Palmer Kitchen Cloth juga cocok digunakan sebagai hadiah bagi teman yang beru menikah atau pindah rumah atau untuk keluarga Anda. Ukurannya 45 x 65 cm, cukup besar untuk digunakan sebagai lap dapur serbaguna.

8. Atria Dish Drying & Towel

8. Atria Dish Drying & Towel

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 49.000

Lap polyester yang membantu Anda menjaga dapur tetap bersih

Dengan Atria Dish Drying & Towel Anda tidak hanya mendapatkan satu lap dapur, tetapi tiga. Terdiri dari lap pengering piring (38 x 50 cm), kain lap dapur besar (41 x 48 cm), dan kain lap dapur kecil (30 x 30 cm). Anda tidak perlu repot mencari lap dapur setiap saat Anda membutuhkannya. Semua lap dapur Atria berbahan 100% polyester yang mudah kering.

Lap dapur ini dapat digunakan dalam keadaan basah maupun kering karena tahan terhadap jamur dan bakteri. Lap ini tidak meninggalkan serat kain saat digunakan untuk mengelap dan juga tidak meninggalkan goresan. Sangat cocok untuk digunakan sendiri atau pun untuk hadiah.

7. Ikea Sommar

7. Ikea Sommar

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 135.590

Lap dapur yang ramah lingkungan

Lap dapur Ikea Sommar ini merupakan lap dapur yang ramah lingkungan. Terbuat 100% dari katun, memiliki gantungan di bagian tepi yang terbuat dari 100% polyester. Seluruh bahan yang digunakan untuk membuat bahan katun pada lap dapur ini berasal dari pertanian kapas yang ramah lingkungan. Lap dapur ini juga tidak mengandung zat pencerah warna pada kainnya.

Ikea Sommar ini memiliki ukuran cukup besar, yaitu 70 x 50 cm. Kain katunnya mudah menyerap cairan dan juga tahan lama. Tidak sulit untuk mencuci lap dapur ini ketika sudah terlalu kotor untuk digunakan. Anda bisa mencucinya dengan tangan maupun dengan mesin cuci, serta tidak perlu menggunakan pemutih.

6. 3M Scotch Brite Lap Dapur ID-86

6. 3M Scotch Brite Lap Dapur ID-86

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 41.400

Lap dapur yang cocok untuk membersihkan kompor Anda

Lap dapur dari 3M Scotch Brite terbuat dari bahan berserat seperti handuk. Lap dapur ini membersihkan 3 x lebih efektif dalam menyerap kotoran, tetapi tidak meninggalkan serat kain pada benda yang kita bersihkan. Daya serap lap dapur Scotch Brite tahan lama, dan bisa menyerap banyak kotoran.

Sangat cocok digunakan untuk membersihkan meja dapur, mengeringkan peralatan makan, dan juga perangkat dapur lainnya. Lap ini juga bisa membantu Anda membersihkan kompor dengan cepat dan memberikan hasil yang bersih. Dengan warna hijau terang, lap dapur ini akan membuat dapur Anda tampak ceria.

5. Polymorph Heavy Duty

5. Polymorph Heavy Duty

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 19.600

Lap dapur non-woven yang bisa dipakai berulang kali

Lap ini sebetulnya tidak dikhususkan sebagai lap dapur. Namun, Anda bisa menggunakannya sebagai lap dapur dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dibuat dari bahan non-woven, tekstur lap ini seperti kertas tebal namun tidak mudah sobek bila terkena air. Sebaliknya, bahan ini memiliki daya serap yang cukup tinggi.

Lap Polymorph Heavy Duty bisa digunakan untuk kotoran yang tebal dan berat, yang biasanya ditemukan pada kompor. Satu set lap ini berisi 10 lembar lap Polymorph, meskipun begitu pemakaian lap ini cukup irit. Lap ini bisa digunakan berulang kali dan dicuci dengan dibilas tanpa dikucek.

4. Toko49 Lap Tebal Serap Minyak

4. Toko49 Lap Tebal Serap Minyak

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 8.700

Lap tebal berbentuk telur mata sapi yang menyerap minyak

Lap tebal penyerap minyak dari Toko49 ini memiliki bentuk yang unik seperti telur mata sapi. Dengan berbagai macam motif, lap ini akan membantu Anda membersihkan dapur dan isinya sekaligus menjadi hiasan yang lucu untuk dapur Anda. Terbuat dari bahan seperti handuk tipis yang berkualitas, lap tebal ini bisa menyerap minyak dengan efektif.

Dengan lap ini Anda bisa membersihkan kompor dari noda-noda sisa memasak dan juga mengelap wajan dari sisa-sisa minyak. Lebih baik Anda memiliki beberapa lap ini sehingga Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan kebersihan dapur Anda.

3. EasyBuy HPX Nano

3. EasyBuy HPX Nano

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 30.000

Lap dapur microfiber yang super lembut

Lap dapur ini terbuat dari bahan superfine microfiber. Bahan ini cepat menyerap cairan dan juga cepat kering. Anda bisa menggunakan lap ini dalam waktu yang cukup lama sebelum mencucinya. Tidak perlu menggunakan mesin cuci, Anda hanya perlu mencucinya dengan tangan saja.

Ukurannya 25 x 50 cm, berukuran sedang dan pas di tangan. Lap dapur ini bisa dengan mudah menghapus noda pada meja dapur Anda, mengeringkannya, dan juga membersihkan debu-debu pada rak dapur Anda. Lap dapur ini juga terasa sangat lembut sehingga Anda bisa mengerjakan tugas bersih-bersih dengan nyaman.

2. Mr. Magic Microfiber Kitchen Cloth

2. Mr. Magic Microfiber Kitchen Cloth

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 25.000

Lap dapur bertekstur waffle untuk serapan residu dan kotoran yang lebih banyak

Mr. Magic Microfiber Kitchen Cloth dibuat khusus untuk keperluan bersih-bersih dapur Anda. Bahan lap dapur ini adalah microfiber dengan daya serap yang tinggi. Bahan ini tahan lama, kuat, tidak mudah melar, tahan bakteri dan jamur, serta tahan bahan kimia.

Tekstur kain microfiber ini kotak-kotak seperti waffle sehingga bisa menyerap lebih banyak residu dan kotoran. Ukuran lap dapur Mr. Magic tidak terlalu besar, yaitu 32 x 28 cm. Cukup nyaman untuk dipakai di tangan Anda. Dapur Anda akan lebih cepat bersih dengan lap dapur ini.

1. Mipacko Lap Dapur Microfiber

1. Mipacko Lap Dapur Microfiber

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 26.650

Lap dapur microfiber yang membuat peralatan dapur Anda mengkilap

Mipacko Lap Dapur Microfiber merupakan lap dapur yang lembut, terbuat dari bahan yang mengandung jutaan serat microfiber. Kainnya terdiri dari 80% polyester dan 20% nylon. Dengan jutaan serat microfiber itu, lap dapur ini mampu menyerap minyak hingga bersih dalam 30 detik. Lap ini sangat efektif dalam membersihkan noda dan kotoran di dapur.

Berbentuk kotak berukuran 40 x 30 cm, lap ini dapat digunakan berulang kali tanpa pencucian. Perlu diingat bahwa bahan microfiber tidak boleh disetrika karena akan merusak daya serapnya. Anda bisa menggunakan lap ini dalam keadaan basah maupun kering, peralatan dapur Anda  pun akan mengkilap dalam sekejap.

Kesimpulan

Lap dapur tampak seperti barang yang sepele, namun sangat berguna bagi kita. Anda tentu membutuhkan lap dapur dalam kegiatan sehari-hari. Setelah membaca artikel ini, tentu Anda sudah tahu cara memilih lap dapur terbaik, ataupun memberi hadiah berupa lap dapur berkualitas yang pastinya berguna dan dapat dipakai. Silakan pilih lap dapur Anda, dan buat dapur Anda selalu bersih mengkilap!