mybest
Nampan & serbet

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)

Jika Anda pusing dengan dapur yang kotor, Anda membutuhkan serbet atau kain lap yang bagus untuk membersihkannya. Meski sederhana dan tampak sepele, ternyata ada berbagai macam serbet yang tersedia di pasaran. Sebagai contoh, Anda bisa menemukan kain lap gantung, kain lap kotak, atau kain lap microfiber.


Karena itu, kami akan memberikan tips memilih serbet terbaik untuk Anda. IKEA dan Informa adalah beberapa merek serbet yang banyak dicari sebagai lap piring atau lap kompor. Yuk, simak penjelasannya dan buat rumah Anda terbebas dari noda dengan serbet yang bagus dan serbaguna! 

Diperbaharui 04/04/2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa saja fungsi serbet?

Apa saja fungsi serbet?

Fungsi serbet antara lain untuk mengelap meja, mengelap piring basah, serta digunakan saat proses memasak. Kebanyakan orang menggunakan satu kain lap untuk semua pekerjaan tersebut. Namun, hal tersebut tidaklah tepat jika Anda ingin menjaga kebersihan dan kehigienisan. Sebaiknya, pisahkan penggunaan serbet sesuai dengan fungsinya masing-masing. 


Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan lap piring untuk mengelap piring. Hindari mengelap piring dengan menggunakan lap meja karena lap meja sebaiknya tetap dalam kondisi kering. Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga, terutama di area dapur.

Cara memilih serbet

Serbet adalah salah satu benda yang Anda gunakan sehari-hari. Anda tentu ingin menggunakan kain lap yang awet dan tahan lama, bukan? Jika iya, pilihlah serbet dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

1

Periksa bahan dan daya serapnya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih serbet adalah bahan yang digunakan. Kami akan menjelaskan tiga bahan yang biasa digunakan untuk kain lap. Yuk, disimak.

Katun: Berdaya serap air tinggi dan ramah di kulit

Katun: Berdaya serap air tinggi dan ramah di kulit

Bahan katun adalah bahan yang sudah digunakan sejak lama untuk membuat serbet. Salah satu alasannya adalah karena katun memiliki daya serap yang sangat baik. Selain itu, bahan katun juga bertekstur lembut dan ramah di kulit. Karena itu, tak heran apabila serbet berbahan katun cukup banyak dijumpai di pasaran.


Namun, bahan katun lambat mengering sehingga Anda perlu menyiapkan beberapa lap lain sebagai cadangan. Alternatif lainnya, Anda bisa memilih serbet katun yang dilengkapi gantungan agar kain bisa lebih cepat kering.

Microfiber: Berdaya serap tinggi dan mudah kering

Microfiber: Berdaya serap tinggi dan mudah kering

Microfiber merupakan bahan lap yang memiliki daya serap tinggi dan cepat mengering. Tidak heran jika bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan serbet, handuk dan produk lainnya. Perawatannya pun relatif mudah. Namun, sebaiknya lap microfiber dicuci manual menggunakan tangan. Hindari penggunaan mesin cuci dan jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung.


Cukup banyak yang menyamakan kain microfiber dengan kanebo. Padahal, keduanya tidaklah sama. Kain microfiber bisa digunakan dalam keadaan kering dan lebih efektif untuk membersihkan noda. Sementara itu, kanebo tidak bisa digunakan dalam keadaan kering dan cukup sulit dibersihkan jika terkena noda. Jadi, jangan sampai salah membedakan, ya.

Poliester: Kuat dan mudah dibersihkan

Poliester: Kuat dan mudah dibersihkan

Selain katun dan microfiber, poliester merupakan bahan yang banyak dipakai dalam pembuatan serbet. Sama halnya dengan microfiber, bahan ini juga terbuat dari serat sintetis. Bahan sintetis memang cenderung kurang ramah ketika bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi, bahan-bahan sintetis, seperti poliester, memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahan alami.


Selain tidak mudah berubah bentuk, poliester relatif mudah dibersihkan dibandingkan bahan katun. Hal ini tentu menjadi kabar baik untuk Anda yang menyukai kepraktisan dalam merawat barang-barang. Itu sebabnya bahan poliester tetap banyak diminati untuk dijadikan sebagai serbet.

2

Pilih berdasarkan jenis dan tujuan penggunaannya

Pilih berdasarkan jenis dan  tujuan penggunaannya

Umumnya, serbet di pasaran dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu serbet makan, serbet dapur, dan serbet piring.. Anda bisa memilih jenis serbet yang sesuai dengan tujuan Anda masing-masing. Agar lebih jelas, mari simak penjelasannya di bawah ini.


  • Serbet makan

Sesuai dengan namanya, serbet ini berfungsi untuk sebagai lap untuk membersihkan mulut sekaligus melindungi pakaian dari cipratan makanan. Selain itu, serbet makan juga memiliki fungsi dekoratif karena bisa digunakan untuk menghias meja makan.


  • Serbet dapur

Dapur yang rutin digunakan pasti perlu dibersihkan dengan rutin pula. Untuk itu, Anda memerlukan serbet dapur yang bagus untuk membersihkan area dapur, seperti meja, kompor, wastafel, dan lainnya.


  • Serbet piring
Meski piring sama-sama berada di area dapur, Anda tentu tidak disarankan menggunakan serbet dapur untuk mengelapnya. Anda perlu menyiapkan serbet khusus untuk membersihkan piring dan peralatan makan lainnya agar tetap higienis. Serbet piring adalah pilihan pas untuk hal ini.
3

Perhatikan ukurannya

Perhatikan ukurannya

Kami menyarankan Anda memilih ukuran serbet yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti apa gambarannya? Mari disimak.


  • Ukuran kecil

Kain lap dengan ukuran sekitar 25 cm x 15 cm dikategorikan sebagai lap berukuran kecil. Ukuran ini ideal untuk telapak tangan Anda sehingga Anda tidak perlu melipat serbet ketika akan menggunakannya.


  • Ukuran sedang

Ukuran 30 cm x 30 cm adalah ukuran kain lap yang cukup banyak dijumpai di pasaran. Serbet ini tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar sehingga pas untuk kebutuhan sebagian besar orang. 


  • Ukuran besar

Lap berukuran besar banyak ditemukan pada serbet makan yang memerlukan keleluasaan untuk dibuat menjadi berbagai bentuk. Serbet yang dikategorikan sebagai serbet berukuran besar biasanya memiliki ukuran di atas 40 cm x 40 cm.

4

Sesuaikan warna dan motifnya dengan selera Anda

Sesuaikan warna dan motifnya dengan selera Anda

Kain lap warna putih polos akan terlihat lebih bersih. Meski warna ini cepat terlihat kotor dan kumal, Anda bisa mencucinya kembali dengan larutan pemutih. Selain itu, walau berbahan sama, lap putih memiliki daya serap lebih tinggi dibandingkan lap bermotif dan berwarna, lho. Jadi, untuk Anda yang mengutamakan manfaat, kain lap berwarna putih sangat direkomendasikan.


Meski lap berwarna atau bermotif kurang dalam hal daya serap, Anda tetap bisa menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Akhir-akhir ini juga banyak dijual lap bermotif unik yang bisa Anda jadikan sebagai kado. Nah, silakan pilih warna dan desain kain lap yang sesuai dengan selera Anda, ya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serbet yang bagus

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serbet yang bagus berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Bagus

Micromate Kain Lap Serbaguna307

Bagus Micromate Kain Lap Serbaguna 1

Mulai dari Rp43.600,00

Agak Mahal

Tuntas bersihkan kotoran membandel di meja atau wastafel

2

Satu Keluarga

Kain Lap PiringC225

Satu Keluarga Kain Lap Piring 1

Mulai dari Rp1.145,00

Lebih Murah

Debu bersih dalam sekali usap berkat daya rekatnya yang kuat

3

Chalmer

Serbet Gantung

Chalmer Serbet Gantung 1

Mulai dari Rp23.000,00

Menengah

Serbet gantung berbahan alami dengan daya serap maksimal

4

Pompom Studio

Lio Napkin

Pompom Studio Lio Napkin 1

Mulai dari Rp25.000,00

Menengah

Serbet makan aesthetic, cocok untuk keperluan foto

5

Soulmate Bedsheet

Serbet Makan

Soulmate Bedsheet Serbet Makan 1

Mulai dari Rp20.000,00

Menengah

Bahannya mudah dibentuk, pas untuk lomba service

6

Little Casa

Table Napkin

Little Casa Table Napkin 1

Mulai dari Rp20.000,00

Menengah

Serbet makan dengan tampilan klasik dan elegan

7

Klinko

Serbet Lap Dapur Breeze

Klinko Serbet Lap Dapur Breeze 1

Mulai dari Rp10.000,00

Agak Murah

Motif garisnya berikan sentuhan dekoratif di dapur Anda

8

Informa

Kain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern

Informa Kain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern 1

Mulai dari Rp69.000,00

Lebih Mahal

Jadikan lap cantik ini sebagai kado kecil untuk sahabat

9

Otten

Cleaning Barista Cloth

Otten Cleaning Barista Cloth 1

Mulai dari Rp34.000,00

Agak Mahal

Dilengkapi carabiner, bisa digantung di mana saja!

10

IKEA

Stekning

IKEA Stekning 1

Mulai dari Rp24.900,00

Menengah

Mampu membersihkan noda membandel meski tanpa detergen

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

BagusMicromate Kain Lap Serbaguna307

Micromate Kain Lap Serbaguna 1
Sumber: shopee.co.id
Micromate Kain Lap Serbaguna 2
Sumber: shopee.co.id
Micromate Kain Lap Serbaguna 3
Sumber: shopee.co.id
Micromate Kain Lap Serbaguna 4
Sumber: shopee.co.id
Micromate Kain Lap Serbaguna 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp43.600,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp43.600,00
Agak Mahal

Tuntas bersihkan kotoran membandel di meja atau wastafel

Apakah noda membandel di meja dapur membuat Anda harus mengelap berkali-kali? Jangan buat diri Anda kelelahan karena produk keluaran Bagus hadir untuk menjawab permasalahan Anda. Bagus merupakan salah satu merek lap microfiber terbaik yang efektif menghilangkan noda kerak di kompor yang sukar dibersihkan. Anda bisa mempergunakannya dalam keadaan kering atau basah. Sama-sama efektif!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Satu KeluargaKain Lap PiringC225

Kain Lap Piring 1
Sumber: shopee.co.id
Kain Lap Piring 2
Sumber: shopee.co.id
Kain Lap Piring 3
Sumber: shopee.co.id
Kain Lap Piring 4
Sumber: shopee.co.id
Kain Lap Piring 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.145,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp1.145,00
Lebih Murah

Debu bersih dalam sekali usap berkat daya rekatnya yang kuat

Peralatan makan Anda tidaklah terbebas begitu saja dari debu meski telah dicuci bersih. Untuk itu, Anda perlu mengelap piring, sendok, dan peralatan lainnya sebelum digunakan, terutama bila lama tidak dipakai. Tenang saja, pekerjaan ekstra ini tidak akan menyulitkan jika Anda menggunakan kain lap dari Satu Keluarga.


Lap piring yang bagus ini diklaim dapat membersihkan debu dalam sekali usap sehingga Anda tidak perlu mengelapnya berulang-ulang. Bukan hanya itu, Anda tidak perlu khawatir debu dari peralatan makan bertebaran ke mana-mana. Pasalnya, debu yang telah dibersihkan tadi akan menempel dengan kuat pada kain. Tak akan bersin-bersin, deh!

No.3

ChalmerSerbet Gantung

Serbet Gantung 1
Sumber: shopee.co.id
Serbet Gantung 2
Sumber: shopee.co.id
Serbet Gantung 3
Sumber: shopee.co.id
Serbet Gantung 4
Sumber: shopee.co.id
Serbet Gantung 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp23.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp23.000,00
Menengah

Serbet gantung berbahan alami dengan daya serap maksimal

Serbet berukuran besar ini adalah pilihan sempurna untuk Anda yang mencari lap dapur berdaya serap tinggi. Chalmer menggunakan 100% katun dalam pembuatan produk ini. Alhasil, serbet dapur berdaya serap maksimal dan lembut di tangan akan Anda dapatkan.


Tidak lupa, bagian atas lap ini dilengkapi dengan gantungan sehingga Anda dapat menggantungnya di tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, ukurannya juga relatif besar sehingga Anda dapat membersihkan area yang lebih luas dalam sekali sapuan.

No.4

Pompom StudioLio Napkin

Harga referensi
Mulai dari Rp25.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp25.000,00
Menengah

Serbet makan aesthetic, cocok untuk keperluan foto

Visual yang menarik akan menjadi magnet tersendiri saat ingin mempromosikan makanan, minuman, dan semacamnya. Selain skill yang memadai, perlengkapan fotografi pun perlu dipersiapkan dengan baik agar bisa menghasilkan gambar yang atraktif.


Bila Anda membutuhkan properti foto bernuansa aesthetic untuk keperluan food photography, pilih saja produk dari Pompom Studio. Warna dan motif yang ditawarkannya akan memberikan sentuhan istimewa pada hasil jepretan Anda. Tentu saja Anda bisa memakai serbet ini layaknya serbet makan biasa jika Anda mau.

No.5

Soulmate BedsheetSerbet Makan

Serbet Makan 1
Sumber: shopee.co.id
Serbet Makan 2
Sumber: shopee.co.id
Serbet Makan 3
Sumber: shopee.co.id
Serbet Makan 4
Sumber: shopee.co.id
Serbet Makan 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp20.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp20.000,00
Menengah

Bahannya mudah dibentuk, pas untuk lomba service

Apakah Anda memerlukan serbet makan untuk keperluan lomba? Jika iya, produk dari Soulmate Bedsheet ini patut Anda pertimbangkan. Bahannya kaku sehingga gampang untuk dibentuk menjadi berbagai formasi yang menarik. Selain itu, ukurannya pun besar. Dengan begitu, Anda bisa leluasa berkreasi dengan beragam bentuk yang Anda inginkan. Mulai dari kipas, bunga mawar, hingga bentuk hati, semua dapat Anda buat!

No.6

Little CasaTable Napkin

Harga referensi
Mulai dari Rp20.000,00
Menengah

Serbet makan dengan tampilan klasik dan elegan

Ruang makan Anda yang bernuansa mewah akan lebih sempurna dengan kehadiran produk ini di atas meja makan. Nyaris tidak ada detail yang terkesan berlebihan pada Table Napkin keluaran Little Casa ini.


Sebaliknya, hanya ada sedikit aksen di bagian tepi yang justru membuat tampilannya kian eksklusif dan elegan. Bahan serbet makan ini pun mudah dibersihkan sehingga Anda tidak akan kerepotan saat mencucinya. Pilihan menarik!

No.7

KlinkoSerbet Lap Dapur Breeze

Serbet Lap Dapur Breeze 1
Sumber: shopee.co.id
Serbet Lap Dapur Breeze 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp10.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp10.000,00
Agak Murah

Motif garisnya berikan sentuhan dekoratif di dapur Anda

Dapur beserta peralatan yang bersih tentu membuat Anda semangat memasak dan berlama-lama di dapur. Jika Anda ingin membuat dapur Anda makin menarik, produk dari Klinko ini tidak boleh Anda lewatkan. Motif garisnya akan memberikan aksen dekoratif di dapur Anda. Selain untuk membersihkan peralatan makan dari noda, produk ini juga bisa digunakan sebagai lap meja makan, lho!

No.8

InformaKain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern

Kain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern 1
Sumber: ruparupa.com
Kain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern 2
Sumber: ruparupa.com
Kain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern 3
Sumber: ruparupa.com
Kain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern 4
Sumber: ruparupa.com
Kain Lap Dapur Set 6 Pcs Check Pattern 5
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Mulai dari Rp69.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp69.000,00
Lebih Mahal

Jadikan lap cantik ini sebagai kado kecil untuk sahabat

Produk keluaran Informa ini cocok diberikan sebagai hadiah bagi sahabat Anda yang baru menikah atau pindah rumah. Dalam sekali beli, Anda akan langsung mendapatkan enam lembar kain lap dengan corak checker board yang terlihat estetik.


Pilihan warna yang ditawarkannya pun menarik. Anda bisa memilih warna yang mungkin disukai oleh sahabat Anda. Meskipun nominalnya tidak seberapa, perhatian Anda akan tersampaikan dengan memberikan kain lap dapur yang bagus ini.

No.9

OttenCleaning Barista Cloth

Cleaning Barista Cloth 1
Sumber: shopee.co.id
Cleaning Barista Cloth 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp34.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp34.000,00
Agak Mahal

Dilengkapi carabiner, bisa digantung di mana saja!

Adakalanya Anda membutuhkan lap dapur untuk mengelap beberapa spot di area dapur. Hal ini memang tidak terlalu menyulitkan jika area dapur tidak terlalu luas. Namun, bagi Anda yang memiliki dapur berukuran besar, bolak-balik mengambil lap dapur tentu melelahkan.


Nah, kami merekomendasikan produk ini jika Anda memiliki permasalahan serupa. Produk keluaran Otten ini dilengkapi dengan carabiner sehingga Anda dapat menggantungnya di mana saja, bahkan di celana. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan serbet kapan pun Anda memerlukannya. Praktis!

No.10

IKEAStekning

Stekning 1
Sumber: ikea.co.id
Stekning 2
Sumber: ikea.co.id
Stekning 3
Sumber: ikea.co.id
Stekning 4
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp24.900,00
Menengah

Mampu membersihkan noda membandel meski tanpa detergen

Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan serbet berdesain cantik tanpa mengabaikan fungsionalitasnya. Ya, dilihat sekilas saja produk ini terlihat eye-catching berkat warna pastel dan motif yang dimilikinya. Dapur Anda pasti akan tampak lebih cerah dan menarik!


Sementara itu, dari segi fungsi, lap piring ini memiliki daya serap mumpuni dan permukaan yang lembut. Anda bisa menyeka peralatan makan tanpa bersusah payah dan tanpa khawatir meninggalkan goresan. Menariknya lagi, IKEA merancang produk ini sedemikian rupa sehingga efektif menghilangkan kotoran membandel meski tanpa detergen.

5 Rekomendasi Serbet terbaik

No. 1: BagusMicromate Kain Lap Serbaguna307

No. 2: Satu KeluargaKain Lap PiringC225

No. 3: ChalmerSerbet Gantung

No. 4: Pompom StudioLio Napkin

No. 5: Soulmate BedsheetSerbet Makan

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Merk Serbet yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.