10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda sering berkumpul bersama teman maupun keluarga besar? Terkadang Anda pasti bingung untuk menyusun acara kebersamaan bersama teman-teman maupun keluarga Anda. Sisipkan saja permainan kartu (card games) untuk mengisi kebersamaan Anda. Dijamin acara kebersamaan Anda akan lebih seru!

Permainan kartu juga bermacam-macam tipenya loh, ada yang tipe strategi, cerita, dan hafalan. Kali ini kami akan memberikan informasi seputar permainan kartu serta memberikan Anda rekomendasi permainan kartu yang dapat Anda mainkan bersama teman maupun keluarga. Anda pastinya sudah tak sabar lagi, ya!

Daftar isi

Cara memilih permainan kartu

Card games memiliki banyak jenis dari yang mudah sampai yang tersulit. Jangkauan umur untuk pemain pun beragam. Ada permainan yang memang dirancang untuk semua usia, dari anak-anak sampai orang dewasa. Ada pula yang memang membutuhkan kerumitan berpikir sehingga lebih cocok dimainkan oleh orang dewasa. Pilihlah permainan kartu sesuai dengan usia para peserta, ya!

Fitur utama permainan kartu

Permainan kartu sangat beragam berdasarkan cara bermain dan peraturannya. Ada permainan kartu yang dapat dimainkan dengan tenang, ada pula yang membuat Anda lebih intens dalam bermain. Berikut kami berikan 4 jenis permainan kartu yang dapat Anda pilih.

Permainan kartu strategi

Permainan kartu strategi

Jika Anda menginginkan permainan kartu yang santai pilihlah tipe strategi. Menang atau kalah dalam permainan ini ditentukan dari banyaknya kartu yang dimiliki pemain. Dapat dimainkan dalam jangka waktu singkat dan permainannya sangat sederhana sehingga dapat dimainkan oleh segala usia.

Tipe berpikir

Tipe berpikir

Contoh tipe ini adalah penyusunan huruf-huruf menjadi sebuah kata maupun penyusunan kalimat membuat sebuah cerita. Permainan ini sangat menyenangkan karena Anda dapat melihat kata-kata yang aneh maupun cerita yang semakin absurd. Karena tidak ada jawaban yang pasti dari permainan ini, Anda dapat menikmatinya dengan berbagai cara dalam setiap kegiatan.

Tipe mengingat

Tipe mengingat

Permainan ini membutuhkan kemampuan daya ingat Anda. Jika Anda berpikir bahwa permainan ini sangat mudah, jangan salah! Karena ada beberapa permainan kartu yang membutuhkan daya ingat lebih seperti Hanabi. Jenis permainan ini dapat dimainkan oleh seluruh usia. Tentunya permainan ini juga menantang!

Melibatkan psikologis

Melibatkan psikologis

Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan percakapan sekaligus melibatkan efek psikologis dari perasaan, ekspresi wajah, maupun konklusi para pemain. Permainan ini membutuhkan pemimpin permainan yang dapat mengatur alur perperangan psikologis antar pemain agar tetap dinamis. Jumlah pemain pun harus diperhatikan, setidaknya memenuhi jumlah minimum.

Kartu klasik untuk jangka waktu lama

Kartu klasik untuk jangka waktu lama

Jika Anda membutuhkan kartu yang dapat dimainkan oleh segala usia serta tak pernah ketinggalan zaman, pilihlah jenis kartu klasik seperti kartu poker. Kartu klasik dapat dimainkan dengan berbagai cara sehingga efektif digunakan untuk menghabiskan waktu. Selain itu, kartu klasik yang dapat dimainkan oleh segala usia seperti kartu UNO juga dapat Anda pilih karena memiliki peraturan permainan yang sederhana.

10 Rekomendasi permainan kartu terbaik

Apakah Anda sudah memiliki banyangan tentang card game yang ingin Anda beli? Berikut ini kami akan memberikan 10 rekomendasi permainan kartu yang tak hanya menarik tetapi juga dapat mengedukasi.

10. IMON GAMEZ Alkisah

10. IMON GAMEZ Alkisah

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Merangkai cerita bersama-sama

Alkisah adalah permainan kartu tipe story telling yang dapat dimainkan 3-6 orang. Dalam permainan ini setiap pemain harus menyambungkan kalimat per kalimat hingga kartu habis. Tentunya kalimat yang akan disambungkan berikutnya harus memiliki keselarasan dengan kalimat sebelumnya ya.

Untuk menambah keseruan permainan, Anda dapat menggunakan timer. Misalnya setiap pemain hanya diberi waktu 10 detik untuk memilih kartu kalimat mana yang tepat untuk menyambungkan cerita tersebut. Setiap kartu kalimat yang sesuai akan mendapatkan nilai. Pemenangnya adalah pemain yang mengambil kartu kalimat sesuai terbanyak. Permainan ini cocok Anda mainkan bersama keluarga Anda.

9. Manikmaya Pipoya Get Egg

9. Get Egg

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Yuk, bantu Hapi, Kupi, Jipo, dan Ipo!

Jika Anda mencari card game sederhana untuk dimainkan bersama anak-anak Anda, Pipoya Get Egg adalah pilihan yang tepat. Anda bertugas membantu Hapi, Kupi, Jipo, dan Ipo mengumpulkan 10 butir telur yang bagus untuk membuat kue. Sederhana, bukan?

Permainan ini dapat dimainkan dengan 2 mode. Mode pertama, Anda hanya diharuskan untuk mengumpulkan kartu sampai telur Anda berjumlah 10 butir, tidak kurang dan tidak lebih. Pada mode kedua, jika Anda mendapatkan telur yang pecah, Anda akan dijuluki “si bau” dan agar lepas dari julukan “si bau” Anda harus melempar telur pecah tersebut ke pemain lain. Pemain lain pun dapat lari dari lemparan telur pecah tersebut. Seru ya!

8. Manikmaya Lelang Mania

8. Manikmaya Lelang Mania

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Lelang ala Ghosty’s Comic

Bagi Anda pecinta komik dalam negeri, pasti Ghosty’s Comic sudah tak asing lagi. Apalagi dengan tokoh Sultan yang kaya raya, ya! Di dalam permainan Lelang Mania ini, Anda dapat memiliki koleksi mainan yang Anda inginkan asal tidak khilaf dan memperhatikan tanggal gajian. Tentunya semua hanya dalam bentuk kartu ya!

Permainan yang dapat dimainkan 2-4 orang ini merupakan sebuah simulasi lelang kecil-kecilan. Melalui permainan ini, Anda dapat belajar tentang pelelangan tanpa harus datang ke acara pelelangan sesungguhnya. Susun strategi Anda dalam permainan ini. Di pelelangan ini Anda harus memperhatikan barang-barang yang dilelang dan pastinya isi dompet Anda ya!

7. Manikmaya Aquatico

7. Manikmaya Aquatico

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 199.000

Mengenal ekosistem perairan melalui permainan

Aquatico merupakan permainan edukasi yang dirancang oleh kolaborasi Manikmaya Games dan Coral Triangle Center (CTC). Aquatico merupakan salah satu permainan hasil karya anak bangsa yang dibawa ke Essen Spiel 2017, lho! Membanggakan sekali, ya!

Permainan ini dapat dimainkan oleh 3-5 orang dari usia 8 tahun. Dalam permainan ini pemain berperan sebagai suatu komunitas yang bertugas menjaga ekosistem air laut dan tawar agar tetap sehat. Pemenang dalam permainan ini adalah pemain yang mengumpulkan poin hewan terbanyak. Melalui permainan ini, Anda dapat lebih mengenal tentang ekosistem air laut dan tawar yang ada.

6. Hanabi

6. Hanabi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Membuat kembang api tanpa api

Hanabi, salah satu permainan kartu dari Jepang yang sudah memenangkan beberapa penghargaan sampai tahun 2014. Hanabi berarti kembang api dalam bahasa Jepang. Tujuan permainan ini adalah untuk membuat kembang api sesuai urutan angka dan warna yang ada di kartu.

Mudah ya? Tunggu dulu, karena permainan ini tidak semudah itu. Jika biasanya Anda memperhatikan kartu sendiri, dalam permainan ini Anda tidak dapat melihat kartu sendiri, tetapi dapat melihat kartu orang lain. Isi kartu Anda dapat Anda ketahui berdasarkan informasi dari pemain lain sehingga membutuhkan daya ingat. Wah, semakin menantang ya permainan ini!

5. Rainbow Go Stop

5. Rainbow Go Stop

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 141.500

Permainan kartu klasik dari Korea

Go Stop merupakan permainan kartu dari Korea. Dalam permainan ini, kartu-kartu dibagi menjadi kategori per bulan dan 4 subkategori yaitu, bright, animal, ribbon, dan junk. Setiap kategori dan subkategori memiliki ciri khas gambar masing-masing serta nilainya. Pemenang adalah pemain yang mengumpulkan poin terbanyak dari kartu-kartu yang dimiliki.

Ada 2 cara untuk memainkan Go Stop. Pertama, pemain dengan poin minimal dapat meneriakan,”GO” agar permainan terus berlanjut atau “STOP” untuk menghentikan permainan. Setiap “GO” akan diberi poin yang akumulatif. Tipe kedua adalah bermain sampai kartu habis tanpa “GO! STOP!”. Permainan ini dapat menjadi pilihan yang menarik untuk acara keluarga Anda!

4. Monopoly Deal

4. Monopoly Deal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 57.500

Bukan monopoli biasa

Anda pastinya sudah tahu ya tentang monopoli. Biasanya monopoli dimainkan menggunakan papan, setumpuk uang mainan, dadu, dan kartu-kartu. Berbeda dengan monopoli biasa, Monopoli Deal hanya menggunakan kartu saja. Jadi, Anda tak perlu repot lagi jika ingin bermain monopoli!

Pada intinya, Monopoly Deal memiliki tujuan yang sama dengan permaian monopoli klasik. Kartu pada permainan ini berfungsi sebagai kartu aksi seperti membeli properti, debt collector, bebas dari beban membayar, dan lain-lain. Atur strategi Anda untuk memenangkan permainan ini! Tentunya, Monopoli Deal tak kalah seru dengan permainan monopoli biasa, lho! Yuk dicoba!

3. Saboteur

3. Saboteur

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 285.000

Kumpulkan emas sebanyak-banyaknya!

Saboteur, permainan kartu yang membutuhkan strategi dan permainan psikologis. Ada 2 peran di dalam permainan ini, yaitu sang penambang emas yang harus mengumpulkan emas dan penyabotase yang bertugas menghalangi langkah penambang emas. Gunakan strategi Anda untuk memenangkan permainan ini!

Selama permainan Anda harus menerka siapa diantara para pemain yang adalah penyabotase sambil terus menyusun jalan untuk mencari emas. Atau Anda berpura-pura jika Anda adalah seorang penyabotase. Setelah 3 ronde permainan, pemain dengan emas terbanyak adalah pemenangnya. Pasti menegangkan ya!

2. Werewolf Card

2. Werewolf Card

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Temukan sang werewolf!

Jika Anda menginginkan permainan kartu yang lebih dinamis, Werewolf Card pas untuk Anda! Permainan ini merupakan permainan yang melibatkan argumentasi serta psikologis para pemain. Di dalam permainan ini ada 9 tokoh yang memiliki peran masing-masing. Tugas Anda adalah menemukan sang werewolf atau berpura-pura bahwa Anda bukan werewolf.

Permainan ini dapat dimainkan oleh 5 sampai 18 orang. Setiap pemain bebas untuk merahasiakan maupun mengungkapkan identitas dirinya dan yang lain bebas untuk percaya maupun tidak. Perdebatan sengit akan berlangsung selama permainan untuk menemukan werewolf yang membunuh warga desa. Wah, pasti akan seru sekali ya!

1. UNO

1. UNO

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500

Permainan kartu klasik

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan permainan kartu UNO. Peraturan main yang sederhana membuat permainan kartu ini sangat digemari. Dalam permainan ini Anda hanya perlu melanjutkan kartu yang sudah ada dengan warna maupun angka yang sesuai. Pemenangnya adalah pemain yang menghabiskan kartunya pertama kali dan berteriak,”UNO!”

Permainan ini ternyata diciptakan pada tahun 1971 oleh Merle Robbins. Setelah diperbaharui pada tahun 2016, ada 7 macam simbol kartu. Meski nampaknya sederhana, permainan ini dapat menjadi menarik karena adanya kartu-kartu yang tak terduga!

Kesimpulan

Wah, semua permainan kartu ini tampak menarik ya! Tentunya pilihlah permainan kartu yang sesuai dengan usia para pemain. Waktu permainan pun harus tetap disesuaikan agar tidak bosan. Selain itu, pilihlah permainan yang seru dan juga mendidik. Semoga informasi dari kami dapat membantu Anda dalam memilih card game yang sesuai ya!

Membaca artikel ini saja membuat ingin cepat-cepat memainkan salah satu permainan kartunya bukan? Tunggu apalagi ! Selamat bermain bersama teman dan keluarga!