10 Rekomendasi Peralatan P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Peralatan P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Peralatan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) atau yang biasa disebut first aid kit berguna pada saat Anda atau orang-orang disekitar Anda mengalami cedera atau luka. Saat ini telah banyak peralatan P3K dari berbagai merek dengan isi yang sudah cukup lengkap. Hal ini mungkin saja membuat Anda bingung dalam memilihnya.

Oleh karena itu, kami akan memberikan tips cara memilih peralatanP3K yang benar untuk Anda. Di akhir artikel ini, kami telah menyusun 10 rekomendasi peralatan P3K yang dapat Anda jadikan referensi. Pilihlah peralatan P3K dengan hati-hati karena keselamatan adalah hal yang utama!

Daftar isi

Cara memilih peralatan P3K

Pertama-tama, kami akan memberikan beberapa cara dalam memilih peralatan P3K. Silakan jadikan tips dari kami sebagai referensi Anda.

Tentukan pilihan berdasarkan tujuan penggunaan

Tentukan pilihan berdasarkan tujuan penggunaan

Peralatan P3K tidak dapat dipisahkan dari kegiatan outdoor. Sementara isi dari kotak atau tas peralatan P3K dapat ditentukan dari lamanya Anda menjalani aktivitas tersebut. Peralatan P3K yang sebaiknya Anda bawa saat bepergian menginap tentu saja berbeda dari saat bepergian tanpa menginap.

Ketika bepergian tanpa harus menginap, membawa obat analgesic penghilang nyeri saja sudah cukup. Akan tetapi, saat Anda pergi menginap selama semalam atau lebih, disarankan untuk membawa obat tambahan lainnya, seperti obat demam atau obat sakit perut.

Perhatikan fungsi pada tas peralatannya

Perhatikan fungsi pada tas peralatannya

Biasanya Anda akan menggunakan first aid kit dalam keadaan darurat. Oleh karena itu, disarankan Anda menggunakan tas P3K dengan zipper yang mudah dibuka dan ditutup sehingga Anda dapat cepat serta praktis mengambil peralatan P3K. Ketika Anda pergi mendaki gunung atau kegiatan outdoor di alam terbuka, disarankan untuk menggunakan tas P3K yang kedap air.

Ketersediaan isi dan jumlah peralatan P3K

Setiap kali Anda membeli first aid kit, maka Anda akan mendapatkan sejumlah paket peralatan P3K. Akan tetapi, belum tentu semua peralatan bawaan tersebut sudah cukup lengkap untuk kebutuhan Anda. Bila memang diperlukan, sebaiknya tambahkan peralatan yang sekiranya Anda butuhkan.

Taping tape

Taping tape

Akan lebih baik saat Anda membeli taping tape yang tebal. Bila Anda membutuhkan taping tape yang tipis, Anda pun hanya tinggal memotongnya. Taping tape tidak hanya berfungsi untuk menutupi luka kaki Anda agar cepat sembuh. Taping tape juga berfungsi untuk menutup robekan pada sepatu trekking Anda atau barang lain yang rusak atau robek ketika mendaki gunung.

Triangular bandage

Triangular Bandage

Triangular bandage adalah barang yang digunakan saat lengan patah atau untuk menghentikan perdarahan akibat luka dan sebagainya. Triangular bandage sangat ringan sehingga tidak akan menambah beban Anda ketika membawanya. Sangat baik bila Anda membawanya barang selembar untuk keadaan darurat.

Sterilized gauze

Sterilized gauze

Sterilized gauze digunakan untuk desinfeksi luka, yaitu mencegah kontaminan memasuki luka agar tidak terjadi infeksi. Lebih baik bila Anda menambah jumlah sterilized gauze yang Anda bawa saat Anda pergi cukup lama, misalkan dalam jangka waktu berbulan-bulan. Akan lebih baik lagi jika Anda membawa sub first aid kit lainnya dalam jumlah banyak untuk perjalanan yang memakan waktu lama.

Tweezers

Tweezers

Ketika Anda mendaki gunung, risiko tertusuk duri sehingga duri susah dikeluarkan bisa terjadi. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengeluarkan duri tersebut. Anda akan kesulitan mengeluarkannya dengan tangan telanjang karena biasanya duri berukuran kecil. Alat tweezer dapat membantu Anda menarik dan mengeluarkan duri dari kulit sehingga Anda terhindar dari infeksi.

Antibacterial ointment

Antibacterial ointment

Obat ini sangat dibutuhkan karena dapat menghentikan supurasi atau pembentukan nanah akibat luka gores. Bila luka terbuka tidak segera ditangani, dapat menyebabkan trauma sehingga ada kemungkinan menjadi cedera serius. Obat ini dapat juga digunakan untuk mengatasi gigitan serangga.

Waterproof adhesive bandage

Waterproof adhesive bandage

Adhesive bandage adalah produk yang wajib dibawa saat kegiatan outdoor. Produk ini berguna untuk mencegah infeksi karena bakteri dapat masuk bahkan melalui goresan yang sangat kecil sekalipun. Produk ini biasanya sudah pasti ada di setiap peralatan P3K. Lebih bagus lagi bila Anda menyediakan waterproof adhesive bandage sehingga luka tetap aman meski basah terkena air.

Peralatan atau obat tambahan yang sebaiknya juga disediakan

Selanjutnya kami akan memberikan tiga peralatan atau obat tambahan yang sebaiknya Anda sediakan pada peralatan P3K Anda.

Akan lebih baik bila Anda membeli first aid kit yang terbaik dan terlengkap agar Anda bisa berkegiatan dengan nyaman tanpa perlu takut cedera. Akan tetapi, semakin lengkap peralatan, maka barang bawaan Anda menjadi semakin berat. Untuk itu, sebaiknya prioritaskan peralatan atau obat tambahan yang sekiranya benar-benar akan diperlukan.

Analgesic dan intestinal medicine

Analgesic dan intestinal medicine

Rasa sakit yang tak tertahankan tentunya akan membuat kegiatan Anda jadi terhambat. Meskipun Anda hanya pergi seharian saja tanpa menginap, analgesic menjadi obat yang sebaiknya Anda bawa serta.

Bila terserang sakit perut saat berada di gunung atau alam bebas, pasti Anda merasa tidak nyaman. Apalagi Anda akan sulit menemukan toilet. Oleh sebab itu, bawalah obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Dengan kedua obat ini, kegiatan outdoor Anda akan semakin nyaman.

Freezer bag

Freezer bag

Produk ini lebih kuat dari kantung plastik pada umumnya. Freezer bag dapat digunakan sebagai penampung air untuk mencuci luka. Bila diisi dengan es, freezer bag juga berfungsi sebagai pengganti kantong es untuk mengompres bagian yang diperlukan. Anda bahkan bisa menggunakannya sebagai pengganti tempat sampah.

Vinyl gloves

Vinyl gloves

Ketika menangani seseorang yang mengalami cedera atau luka terbuka, darah orang tersebut dapat menularkan infeksi atau penyakit menular pada si penolong. Oleh karena itu, demi keamanan, selalu sediakan paling tidak sepasang sarung tangan medical vinyl transparan di tas atau kotak perlatan P3K Anda.

10 Rekomendasi peralatan P3K terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi peralatan P3K terbaik yang telah kami susun untuk Anda. Selalu cek isi dan jumlah peralatan dari produk tas atau kotak P3K yang Anda pilih, ya. Pilihlah peralatan P3K yang terbaik agar dapat membantu Anda secara optimal dalam keadaan darurat!

10. Thrive Soft Shell Case First Aid Kit – 66 Pieces

10. Thrive Soft Shell Case First Aid Kit - 66 Pieces

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 573.000

Mudah dibawa serta cocok digunakan saat camping

Produk berukuran mungil ini berisi 66 unit peralatan P3K yang terbungkus dalam tas soft shell case berbahan lembut tetapi kuat. Ukurannya yang sangat kecil membuatnya mudah untuk digenggam hanya dengan satu tangan. Dilengkapi dengan burn gel packets sebanyak 4 buah yang membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit akibat luka bakar.

Medical supplies didalamnya telah memenuhi hospital grade sehingga kualitasnya terjaga dengan bagus. Tersedia juga buku panduan tentang peralatan P3K dan beberapa prosedur untuk menolong orang saat darurat. Bila Anda hendak mengadakan api unggun atau barbekyu saat camping, produk ini layak untuk diajak serta.

9. Businesstravelcare™ First Aid Soft Mini Kit

9. Businesstravelcare™ First Aid Soft Mini Kit

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 185.000

Bagian depan transparan untuk mengetahui peralatan yang tersisa

Produk ini unik karena bagian depannya transparan sehingga Anda dapat langsung mengetahui isi yang masih tersedia di dalamnya. Meskipun kecil, akan tetapi peralatan P3K di dalamnya sudah cukup membantu. Peralatan wajib seperti perban, tweezers, dan gunting sudah tersedia di dalamnya. Harganya yang terjangkau tentu saja menjadi kelebihan produk ini.

Resleting yang nyaris melingkari tas akan memudahkan Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan peralatan. Ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda untuk menyimpannya tanpa perlu ruang yang besar. Bila Anda ingin peralatan P3K yang cukup digunakan untuk aktivitas sehari-hari, peralatan P3K ini cocok untuk Anda miliki.

8. TripWORTHY First Aid Kit 100 Tools for Any Emergency

8. TripWORTHY First Aid Kit 100 Tools for Any Emergency

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 839.000

Peralatan berkualitas dan berstandar tinggi

Peralatan P3K ini telah memenuhi standar OSHA/ASHI (Occupational Safety and Health Administration/American Society of Home Inspectors) untuk keamanan Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Terdapat 100 unit peralatan yang cukup lengkap di dalamnya.

Semua peralatan ini telah memiliki standar yang tinggi hospital grade. Ditambah lagi, produk ini dilengkapi dengan garansi selama 4 tahun. Antibacterial ointment yang jarang ada di P3K lain akan sangat membantu Anda untuk mencegah infeksi mikroorganisme pada luka. Bila Anda menitikberatkan pada kualitas, produk ini adalah solusinya.

7. The Body Source First Aid Kit – 90 Pieces

7. The Body Source First Aid Kit - 90 Pieces

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 721.008

Dilengkapi instant cold pack untuk mengkompres luka

Peralatan P3K ini dapat Anda tenteng dengan mantap berkat 2 tali pegangan yang terletak sejajar. Meskipun berisi 89 unit peralatan, tetapi produk ini tetap ringan dibawa sehingga tidak menambah beban Anda. Tersedia instant cold pack sebanyak dua buah untuk mengkompres berbagai luka contohnya luka gores maupun akibat gigitan serangga.

Produk ini juga membantu sementara mengurangi rasa sakit dan mencegah pembengkakan akibat luka. Adanya kompartemen tambahan pada bagian dalam tas untuk tempat ekstra bagi obat dan peralatan P3K lainnya. Dengan keberagaman isi peralatannya, produk ini akan sangat memberikan rasa aman lebih bila dijadikan teman camping atau naik gunung Anda.

6. LiveGood Co. Lightweight Compact First Aid Kit – 100 Pieces

6. LiveGood Co. Lightweight Compact First Aid Kit - 100 Pieces

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 878.000

Bobotnya ringan sehingga tidak menambah beban barang bawaan

Tas peralatan P3K ini sangat ringan sehingga tidak banyak menambah beban Anda saat bepergian. Karena ringan serta model tasnya ringkas dan sederhana,  Anda pun dapat praktis menentengnya hanya dengan satu tangan saja. Ukurannya terlihat kecil, tetapi isinya cukup lengkap, yaitu terdiri dari 100 unit peralatan.

Permukaan tas yang rata membuatnya dapat masuk dengan mulus ke dalam ransel Anda. Karena sudah waterproof, Anda tidak perlu khawatir peralatan di dalamnya akan jadi lembap. Seluruh peralatannya juga telah memenuhi hospital grade. Jadi, bagi Anda yang ingin membawa peralatan P3K berkualitas tanpa beban, peralatan P3K ini patut masuk daftar belanja Anda.

5. Thrive Soft Shell Case First Aid Kit – 126 Pieces

5. Thrive Soft Shell Case First Aid Kit - 126 Pieces

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 634.000

Tersedia anti-mosquito towelette untuk mengusir nyamuk

Produk yang berisi 126 peralatan P3K ini mudah Anda bawa-bawa dengan bentuk menyerupai dompet yang slim sehingga muat dimasukkan ke dalam tas. Salah satu peralatan P3K yang tersedia adalah anti-mosquito towelette yang jarang ditemukan pada peralatan P3K lainnya. Produk ini mencegah Anda dari gigitan nyamuk.

Hal ini sangat penting bagi kesehatan Anda saat bepergian karena banyak sekali nyamuk pembawa penyakit yang berkeliaran di alam bebas. Resleting tasnya juga tebal serta anti macet sehingga dapat tahan lama. Bagi Anda yang ingin membawa peralatan P3K tanpa perlu menyisakan ruang lebih di dalam backpack Anda, produk ini cocok untuk menjadi pilihan.

4. LucasMD Rise & Thrive Deluxe First Aid Kit – 185 Pieces

4. LucasMD Rise & Thrive Deluxe First Aid Kit - 185 Pieces

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 839.000

Peralatan P3K terlindung dari basahnya air hujan

Peralatan P3K ini memang praktis Anda gunakan karena tasnya mudah ditenteng dengan satu tangan dan sudah kedap dari air. Karena kedap air, peralatan di dalamnya jadi lebih awet karena terlindungi dari kelembapan. Pada bagian dalam tas terdapat banyak ruang penyimpanan dengan kantung-kantung transparan.

Kantung transparan ini memudahkan Anda mengetahui isinya sehingga Anda dapat langsung mengambil alat saat darurat. Adanya dua resleting yang membuat Anda dapat membuka dan menutupnya dari kedua sisi. Bagi Anda yang perlu cepat mengambil peralatan P3K yang dibutuhkan, peralatan P3K ini sangat patut untuk Anda miliki.

3. Well-Strong First Aid Kit – 128 Pieces

3. Well-Strong First Aid Kit - 128 Pieces

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 794.000

Mudah disimpan dan dikaitkan pada tas

Tas peralatan P3K ini dibuat dari bahan yang kuat tetapi ringan. Desainnya yang kompak dan slim menjadikannya sangat mudah disimpan karena tidak memakan banyak ruang. Peralatan P3K yang disediakan berjumlah 128 unit, di antaranya adalah 3 buah gauze dengan ukuran yang berbeda-beda sehingga dapat sesuai dengan beragam ukuran luka.

Uniknya, tersedia juga knuckle bandageknee/elbow bandageconforming bandage, dan combine dressing. Adanya sebuah carabiner (pengait) disediakan bagi Anda untuk mengaitkan serta melepaskan produk ini pada tas Anda dengan cepat dan mudah. Bila Anda hobi berolahraga ekstrem atau berkegiatan di alam bebas, produk ini patut diajak serta.

2. Zenwells First Aid Kit – 192 Pieces

2. Zenwells First Aid Kit - 192 Pieces

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.207.000

Garansi 5 tahun ditambah isi yang sangat lengkap

Peralatan P3K ini bukan hanya membantu Anda dalam keadaan darurat, tetapi juga memberikan after sales bagi konsumen. Produsen produk ini memberikan garansi selama 5 tahun sehingga dengan ketentuan tertentu, konsumen bisa mendapatkan set produk dan peralatan yang baru. Peralatannya pun sangat lengkap, bahkan tersedia juga buku basic knowledge of first aid.

Dengan buku pengetahuan dasar tentang peralatan P3K, Anda dapat mengerti cara menggunakan peralatan P3K untuk menolong orang lain dengan tepat. Produk ini dilengkapi mini kit yang berisi 32 unit peralatan untuk keperluan ekstra darurat. Kalau Anda perlu peralatan P3K yang sangat lengkap untuk berbagai kondisi darurat, produk ini adalah jagoannya.

1. Funanasun Waterproof Soft Case Molle First Aid Kit

1. Funanasun Waterproof Soft Case Molle First Aid Kit

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 2.970.000

Membantu Anda mengetahui letak setiap peralatan

Produk ini berisi total peralatan sebanyak 99 pieces. Menariknya, pada bagian dalam tas terdapat nama-nama untuk setiap peralatan yang tersedia. Karena hal tersebut, Anda dapat dengan sangat mudah dan cepat mengambilnya. Bila Anda menatanya kembali dengan benar, peralatan pun tidak mudah hilang. Hal ini merupakan keunggulan dan inovasi yang jarang dimiliki produk lain.

Bila Anda cepat mengambil peralatan, Anda tidak akan panik dan dapat sigap menolong ketika seseorang cedera. Produsen produk yang satu ini tahu betul caranya meringankan kerja konsumen. Jadi, bila Anda masih pemula dan belum hafal betul semua nama peralatan P3K, produk ini adalah yang paling tepat untuk Anda.

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan first aid kit

Sebelum Anda pergi ke luar rumah, sebaiknya Anda mengecek dan mempelajari cara menggunakan isi peralatan P3K Anda.

Anda tidak akan mengetahui cedera atau luka apa yang akan dialami oleh Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Untuk itu, Anda bukan hanya harus mengetahui cara menangani luka gores, Anda juga harus mengetahui cara menghentikan perdarahan yang cukup parah. Ini adalah hal yang sangat penting, terutama ketika Anda sedang berada di gunung atau alam terbuka yang jauh dari fasilitas kesehatan. Mari cari tahu caranya agar Anda selalu siap untuk keadaan darurat!

Metode hemostasis 

Metode hemostasis 

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah metode direct compression hemostasis. Metode ini adalah metode menutup bagian yang luka dengan sterilized gauze, kemudian tekan dengan seluruh bagian tangan Anda untuk menghentikan perdarahan. Bila dengan cara ini perdarahan tidak kunjung berhenti, dekatkan bagian yang terluka sedekat mungkin ke jantung korban, lalu tahan posisinya dengan mengikat bagian yang luka secara sling dengan menggunakan gauze atau triangular bandage.

Sprain treatment

Sprain treatment

Metode penyembuhan keseleo atau sprain dikenal dengan singkatan “RICE”Berikut penjelasannya.

“R” atau REST” artinya mengistirahatkan. Tubuh dalam keadaan rileks bertujuan untuk menekan aliran darah. Tujuannya adalah mencegah pendarahan di bagian dalam tubuh.

“I” atau “ICE” artinya mendinginkan. Dengan mendinginkan bagian yang cedera selama beberapa saat, akan menyusutkan pembuluh darah. Tujuannya sama dengan sebelumnya, yaitu mencegah pendarahan di bagian dalam tubuh.

“C” atau “COMPRESSION” artinya memberikan tekanan. Memberikan tekanan atau kompresi bertujuan untuk menghentikan pendarahan. Sama halnya dengan metode hemostasis, tindakan ini akan mencegah terjadinya pembengkakan.

“E” atau “ELEVATION” artinya pengangkatanSangat penting untuk mengangkat bagian tubuh Anda yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung agar pendarahan dapat dikurangi.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana pendapat Anda mengenai rekomendasi peralatan P3K terbaik dari kami ? Mempersiapkan lebih dini untuk sesuatu yang tidak terduga adalah hal yang baik. Apalagi ini berhubungan dengan keselamatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Sekarang, Anda telah dapat memilih peralatan P3K dengan isi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Membawa peralatan P3K yang lengkap memang menguntungkan, tetapi Anda juga harus mengingat beban maksimal yang dapat Anda bawa. Nah, pertimbangkanlah matang-matang sebelum Anda membeli peralatan P3K, ya!