• 10 Serum Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Manfaat vitamin C untuk kulit yang banyak dikenal adalah kemampuannya untuk mencegah bintik-bintik hitam. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, menahan sekresi sebum berlebih, mencerahkan wajah, bahkan menghilangkan bekas jerawat. Berbagai manfaat dari vitamin C ini dapat Anda rasakan dalam bentuk serum.

Kali ini, kami akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan vitamin C serta menjelaskan cara memilih serum vitamin C yang bagus. Berbagai merek terkenal, seperti The Body Shop, Wardah, dan Kiehl’s akan turut kami ulas untuk Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Mari mengenal vitamin C!

Sebelum membahas cara memilih serum vitamin C, mari cari tahu terlebih dahulu apa itu vitamin C. Simak pembahasannya di bawah ini!

Apa manfaat vitamin C untuk kulit?

Apa manfaat vitamin C untuk kulit?
Vitamin C adalah zat atau vitamin yang dapat larut dalam air yang banyak terkandung dalam sayur dan buah-buahan. Dengan mengoleskan vitamin C pada kulit Anda, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat untuk kecantikan kulit.

Di antara banyak manfaat tersebut, mungkin yang paling terkenal adalah mencegah jerawat dan mencerahkan kulit. Anda kini bisa menemukan vitamin C dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti toner, krim, essence, dan serum. Dengan penggunaan yang benar, tentu kulit yang sehat dan cantik terawat bisa Anda dapatkan dengan mudah.


Selain itu, vitamin C untuk wajah pun dapat melindungi Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Jadi, Anda tak perlu khawatir untuk beraktivitas di luar ruangan lagi, deh. Namun, pastikan Anda tetap memakai sunscreen, ya!


Menariknya, vitamin C juga dapat mencegah munculnya flek hitam pada kulit, lho. Jadi, sudah siapkah Anda untuk merasakan banyak manfaat serum vitamin C hanya dengan dua hingga empat tetes setiap hari?

Apa yang dimaksud dengan produk turunan vitamin C atau vitamin C derivatif?

Apa yang dimaksud dengan produk turunan vitamin C atau vitamin C derivatif?

Vitamin C merupakan unsur yang tidak stabil dan mudah rusak. Jika dicampurkan ke dalam produk kecantikan dengan pengolahan yang kurang tepat, vitamin C akan sulit diserap oleh kulit. Akibatnya, akan sulit bagi Anda mendapatkan hasil yang maksimal.


Untuk itu, dalam pengolahannya perlu ditambahkan zat turunan atau vitamin C derivatif agar vitamin C mudah terserap oleh kulit Anda. Ada beberapa jenis turunan vitamin C yang sering digunakan pada serum. Beberapa di antaranya adalah L-Ascorbic Acid (LAA), magnesium ascorbyl phosphate, ascorbyl palmitate, ascorbyl glucosamine, dan sodium ascorbyl phosphate. 


L-Ascorbic acid (LAA) merupakan jenis yang paling ampuh dan efektif pada kulit normal hingga berminyak. Sayangnya, jenis ini terbilang masih kurang stabil sehingga mudah rusak bila terpapar udara dan cahaya. LAA juga bisa menyebabkan iritasi jika dosisnya tinggi.


Di sisi lain, ascorbyl palmitate merupakan jenis yang lebih stabil dan bisa larut dalam minyak. Jenis ini juga mampu mengatasi permasalahan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, serta bisa melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

 

Kemudian, ascorbyl glucosamine kaya akan antioksidan dan skin brightening properties yang akan membantu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Sementara itu, untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif atau kering, magnesium ascorbyl phosphate bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum vitamin C

Setiap orang memiliki kebutuhan asupan nutrisi untuk kulit yang berbeda-beda. Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih vit C serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Pilihlah serum dengan konsentrasi vitamin C yang sesuai

Pilihlah serum dengan konsentrasi vitamin C yang sesuai
Konsentrasi vitamin C pada produk skincare bervariasi, mulai dari 5% hingga 30% tergantung jenis turunannya. Vitamin C jenis LAA sendiri memiliki konsentrasi sebesar 5–20%. Hal yang perlu Anda ketahui, perbedaan konsentrasi ini berpengaruh pada reaksi dan risiko iritasinya sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit kering dan sensitif, pilihlah produk serum yang mengandung vitamin C konsentrasi rendah, maksimal 5%.

Untuk kulit normal, konsentrasi 10% hingga 15% aman digunakan. Sementara itu, konsentrasi yang lebih tinggi dibutuhkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Penggunaan serum vitamin C sebaiknya dimulai dari konsentrasi rendah, terlebih jika Anda adalah pemula. Setelah kulit dapat beradaptasi dengan kandungannya, Anda dapat meningkatkan konsentrasinya secara bertahap.


Selain vitamin C dan turunannya, serum juga diperkaya dengan kandungan lain untuk menutrisi dan mengatasi berbagai permasalahan kulit. Ada serum vitamin C yang efektif untuk mencerahkan, ada pula yang bisa digunakan pada jerawat dan komedo.

Pilih serum dengan kandungan tambahan yang sesuai untuk masalah kulit Anda

Selain vitamin C dan turunannya, serum diperkaya dengan kandungan lain untuk menutrisi dan mengatasi berbagai permasalahan kulit. Ada serum vitamin C yang efektif untuk mencerahkan, ada pula yang ampuh mengatasi jerawat dan komedo. Lalu, kandungan tambahan apa yang cocok untuk membereskan masalah kulit Anda? Cari tahu di jawabannya di bawah ini!

Untuk atasi masalah jerawat, pilihlah serum dengan kandungan bahan aktif

Untuk atasi masalah jerawat, pilihlah serum dengan kandungan bahan aktif
Manfaat mencegah jerawat juga ditemukan pada vitamin C. Vitamin C dapat berperan sebagai anti-inflamasi sehingga mengurangi peradangan pada jerawat. Untuk Anda yang bermasalah dengan jerawat, pilihlah yang disertai tambahan bahan aktif lain, misalnya dipotassium glycyrrhizinate. Bahan ini merupakan turunan licorice root yang juga bersifat anti-inflamasi dan mampu meredakan jerawat meradang.

Serum dengan kandungan tambahan salicylic acid juga dapat membantu membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya komedo dan jerawat, lho. Jangan lupa memilih serum vitamin C dengan tekstur yang tidak lengket untuk kenyamanan Anda.

Untuk mencerahkan dan mengenyalkan, pilih yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide

Untuk mencerahkan dan mengenyalkan, pilih yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide

Vitamin C juga berperan dalam menjaga tekstur kulit serta membantu pembentukan kolagen alami kulit. Jika Anda ingin kulit tampak muda dan elastis, pilihlah serum vitamin C dengan tambahan hyaluronic acid atau ceramide. Keduanya adalah bahan yang mampu mempertahankan kelembapan dan menambah kekencangan kulit Anda.


Kemudian, untuk mengatasi munculnya flek hitam atau kulit yang kusam, pertimbangkanlah serum vitamin C dengan manfaat mencerahkan. Anda memerlukan vitamin C dengan bahan aktif yang secara efektif mampu menembus bagian epidermis (stratum corneum) dan bertahan lama di dalam kulit.

Jika kulit Anda kering dan sensitif, pilih serum yang hypoalergenic

Jika kulit Anda kering dan sensitif, pilih serum yang hypoalergenic

Kulit kering dan sensitif cenderung mudah teriritasi jika menggunakan serum vitamin C berkonsentrasi tinggi. Untuk itu, pilih serum dengan konsentrasi rendah dan minim zat aditif. Hindari produk dengan tambahan paraben, fragrance atau pewangi, alkohol, serta pewarna sintetis.


Paraben, pewangi, dan pewarna berpotensi mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal atau kemerahan. Sementara itu, alkohol akan membuat kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya. Untuk lebih amannya, pilihlah produk yang berbahan alami atau dibuat khusus untuk kulit sensitif.

Perhatikan tekstur serum dan pilihlah yang nyaman untuk kulit Anda

Banyak serum yang mengandung vitamin C dapat Anda temukan dengan berbagai tekstur yang berbeda-beda. Anda bisa memilih tekstur cair atau gel sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Serum bertekstur cair atau gel nyaman diaplikasikan di kulit berminyak karena tidak lengket.


Sementara itu, kulit kering lebih cocok menggunakan serum yang lebih milky, seperti light lotion. Meskipun demikian, saat ini banyak serum yang diklaim non-sticky. Apa pun bentuknya, pilihlah tekstur yang paling nyaman untuk Anda, ya!

10 Rekomendasi serum vitamin C terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh serum vitamin C terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
TeksturGel
Rekomendasi jenis kulitKulit kusam
Kandungan tambahanCamu-camu berry, Brazil nut oil, glycerin, ascorbic acid
Isi30 ml
9

Wishtrend Pure Vitamin C 21.5% Advanced Serum

2149

Mulai dari Rp 410.000,00

TeksturCair
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan tambahanVitamin tree water, ascorbic acid, sodium lactate
Isi30 ml
8
TeksturGel
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan tambahanBiosaccharide, Aloe vera extract
Isi17 ml
7
TeksturCair
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan tambahanL-Ascorbic Acid, propilen glikol, dipropilen glikol
Isi10 ml
6

Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Mulai dari Rp 1.280.000,00

TeksturEmulsi
Rekomendasi jenis kulitKulit sensitif, kulit kering
Kandungan tambahanHyaluronic acid, L-Ascorbic Acid, ascorbyl glucoside
Isi50 ml
5

Humphrey Skin Care Serum Vitamin C & Collagen “Plus”

Mulai dari Rp 74.900,00

TeksturCair
Rekomendasi jenis kulitKulit normal, kering
Kandungan tambahanNiacinamide, collagen, vitamin E, vitamin B3, glycerin
Isi20 ml
4

Maharis BeautyVotre Peau Skin Care Vitamin C Serum 30 mL

Mulai dari Rp 265.000,00

TeksturGel
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak
Kandungan tambahanSalicylic acid
Isi30 ml
3

Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

Mulai dari Rp 350.000,00

TeksturCair
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan tambahanPropylen glycol, lavender extract, sodium hyaluronate
Isi35 ml
2

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

Mulai dari Rp 180.000,00

TeksturCair
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak, berjerawat, sensitif
Kandungan tambahanKakadu plum, shea butter, rosehip oil
Isi60 ml
1
TeksturCair
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan tambahanPlum superfruit extract
Isi10 ml

Tabel perbandingan produk serum vitamin c terbaik

Gambar produk
1
Nutrisains  I-Face Vitamin C Serum 1

Nutrisains

2
Sensatia Botanicals  Tea Tree & Lemon Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

3
Klairs  Freshly Juiced Vitamin Drop 1

Klairs

4
Maharis Beauty Votre Peau Skin Care Vitamin C Serum 30 mL 1

Maharis Beauty

5
Humphrey Skin Care  Serum Vitamin C & Collagen “Plus” 1

Humphrey Skin Care

6
Kiehl’s  Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate 1

Kiehl’s

7
Rohto  Dermacept RX Vitamin C Serum 15% 1

Rohto

8
Wardah  C-Defence Serum 1

Wardah

9
Wishtrend  Pure Vitamin C 21.5% Advanced Serum 1

Wishtrend

10
The Body Shop  Vitamin C Skin Boost 1

The Body Shop

Nama produk

I-Face Vitamin C Serum

Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

Freshly Juiced Vitamin Drop

Votre Peau Skin Care Vitamin C Serum 30 mL

Serum Vitamin C & Collagen “Plus”

Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Dermacept RX Vitamin C Serum 15%

C-Defence Serum

Pure Vitamin C 21.5% Advanced Serum

Vitamin C Skin Boost

Keunggulan

Kaya akan antioksidan yang menguatkan sel kulit dari dalam

Formulanya alami, aman untuk ibu hamil dan menyusui

Serum vitamin C yang aman untuk kulit sensitif

Ampuh kurangi minyak, wajah glowing tanpa kilap!

Membuat kulit lebih sehat terawat dengan harga terjangkau

Wajah Anda mulai timbul kerutan? Ini dia solusinya!

Menghilangkan bekas jerawat menghitam dengan lebih efektif

Mengandung hi-grade vitamin C yang cepat meresap dan mencerahkan

Atasi minyak dan hiperpigmentasi dengan vitamin C konsentrasi tinggi

Rahasia untuk kulit lebih lembut dan glowing

Harga mulai dariRp 98.000,00Rp 180.000,00Rp 350.000,00Rp 265.000,00Rp 74.900,00Rp 1.280.000,00Rp 178.000,00Rp 84.000,00Rp 410.000,00Rp 429.000,00
TeksturCairCairCairGelCairEmulsiCairGelCairGel
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulitKulit berminyak, berjerawat, sensitifSemua jenis kulitKulit berminyakKulit normal, keringKulit sensitif, kulit keringSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit kusam
Kandungan tambahanPlum superfruit extractKakadu plum, shea butter, rosehip oilPropylen glycol, lavender extract, sodium hyaluronate Salicylic acidNiacinamide, collagen, vitamin E, vitamin B3, glycerinHyaluronic acid, L-Ascorbic Acid, ascorbyl glucosideL-Ascorbic Acid, propilen glikol, dipropilen glikolBiosaccharide, Aloe vera extract Vitamin tree water, ascorbic acid, sodium lactateCamu-camu berry, Brazil nut oil, glycerin, ascorbic acid
Isi10 ml60 ml35 ml30 ml20 ml50 ml10 ml17 ml30 ml30 ml
Tautan produk

Hentikan pemakaian jika timbul iritasi

Hentikan pemakaian jika timbul iritasi
Meski telah banyak serum vitamin C tersedia di pasaran, tidak semua produk akan cocok pada kulit masing-masing orang. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, vitamin C, terutama LAA dan beberapa derivatif lainnya, memiliki potensi iritasi. Hal ini karena persentase konsentrasi yang makin meningkat.


Bagi pemilik kulit sensitif, serum yang tidak cocok bisa membuat kulit Anda menjadi kering, kasar, merah, dan mengelupas. Jika Anda merasakan gatal saat pemakaian atau timbul masalah lainnya, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian serum tersebut.


Efek samping ini memang jarang terjadi. Namun, apabila hal tersebut terjadi, Anda dapat segera mendatangi dokter kulit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Jenis vitamin C yang paling ampuh adalah L-Ascorbic acid (LAA). Anda bisa memakainya secara bertahap, mulai dengan konsentrasi 5%, lalu naikkan hingga 10–20%. Sayangnya, LAA tidak stabil bila terkena udara dan cahaya. Maka dari itu, pilihlah produk dengan kemasan berwarna gelap atau tidak tembus cahaya. Selain itu, jauhkan produk dari panas dan tutup rapat setelah digunakan.


Namun, Anda yang berkulit sensitif harus waspada dengan risiko iritasi ketika memakai LAA. Untuk kulit sensitif, pilihlah turunan LAA yang lebih gentle, misalnya magnesium ascorbyl phosphate dan ascorbyl tetraisopalmitate.

Baca juga rekomendasi serum wajah lainnya di sini!

Selain serum vitamin C, mungkin Anda juga sedang mencari serum lainnya untuk memaksimalkan kondisi kulit Anda. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel-artikel lain mengenai serum untuk wajah. Penasaran bagaimana cara memilih serta apa saja produk rekomendasi dari kami? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan di atas? Kami sudah menjelaskan kepada Anda cara memilih serum vitamin C serta merekomendasikan produk-produk serum vitamin C terbaik untuk Anda. 


Kini, saatnya Anda menentukan, produk serum vitamin C manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dan milikilah kulit sehat, cerah, dan bebas dari jerawat! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekstur kasar pada kulit.Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus. Sebut saja merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop. Nah, kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kering dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai masker wajah. Kandungan air di dalamnya berguna untuk melembapkan dan mengurangi iritasi pada kulit. Masker mentimun yang dijual di e-commerce sangatlah praktis untuk Anda yang tak sempat meracik masker dari mentimun segar.Kami akan memberikan tips memilih masker metimun terbaik. Temukanlah rekomendasi merek masker mentimun yang bagus, seperti Freeman, Holika Holika, dan Nature Republic. Kami juga mengulas manfaat masker mentimun serta waktu yang tepat untuk memakainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori