• 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bayi yang baru lahir masih belum terlalu baik pengaturan suhu tubuhnya. Oleh karena itu, dibutuhkan baju bayi yang dapat melindungi bayi Anda terhadap suhu udara panas atau dingin sesuai dengan kondisi musimnya. Akan tetapi, baju bayi memiliki ukuran, jenis, bahan, serta desain yang lucu dan beragam. Anda tentu bingung memilihnya, bukan?

Pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih baju bayi sebagai persiapan persalinan Anda maupun sebagai hadiah. Selain itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi baju bayi terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda. Disimak, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2020
  • 27.493 Views
Daftar isi

Cara memilih baju bayi

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih baju bayi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Pilih ukuran sesuai usia bayi, tetapi untuk hadiah pilih ukuran yang lebih besar

Pilih ukuran sesuai usia bayi, tetapi untuk hadiah pilih ukuran yang lebih besar
Pakaian bayi umumnya berukuran 50-80 cm, tetapi ukuran ini juga disesuaikan dengan tinggi badan bayi. Ukuran 50 cm cocok untuk bayi baru lahir dengan tinggi badan sekitar 50 cm, ukuran 60 cm untuk bayi berumur 3 bulan, ukuran 70 cm untuk bayi berumur 6 bulan, dan 80 cm untuk bayi berumur 1 tahun.
Terlepas dari faktor usia, Anda harus berhati-hati saat memilih baju bayi untuk dipakai beberapa bulan kemudian. Sebagai contoh, saat Anda membeli baju bayi di pertengahan tahun untuk dipakai pada liburan akhir tahun, pilihlah yang berukuran lebih besar dari tubuhnya saat ini. Hal itu disebabkan usia dan tinggi badannya sudah bertambah pula. Bayi dapat tumbuh tinggi sekitar 10 cm setiap bulannya sehingga baju bayi bisa kekecilan dan tidak dapat digunakan jika Anda salah pilih.
Jika Anda cemas ukuran baju bayi yang Anda pilih tidak pas untuk bayi Anda, ada baiknya Anda memilih ukuran yang lebih besar. Terutama bila Anda memilih baju bayi sebagai hadiah, pilihlah ukuran baju bayi yang lebih besar dari usianya saat ini.

Pilih jenis baju yang sesuai dengan fungsinya

Ada empat jenis utama baju bayi, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Mari lihat apa saja perbedaannya!

Baju pendek : Pakaian sehari-hari bayi baru lahir

Baju pendek : Pakaian sehari-hari bayi baru lahir
Baju dan celana pendek adalah pakaian sehari-hari yang dikenakan oleh bayi. Biasanya dipakai mulai dari bayi baru lahir sampai dengan usia 3 bulan dan bagus untuk menyerap keringat. Mengganti popok pun lebih mudah karena panjangnya hanya sebatas pinggang. Selain itu, baju jenis ini bisa dipakai kapan saja dan tidak tergantung musim karena bisa digunakan saat musim kemarau maupun musim hujan.
Bayi baru lahir biasanya lebih sering ganti baju akibat gumoh saat minum ASI dan berbagai alasan lainnya. Jadi, ada baiknya Anda menyiapkan atasan pendek ini lebih banyak dibanding jenis baju lainnya.

Baju panjang : Cukup sediakan 1 atau 2 baju, nyaman dipakai saat tidur di kamar

Baju panjang : Cukup sediakan 1 atau 2 baju, nyaman dipakai saat tidur di kamar
Baju panjang ini mirip dengan baju pendek, hanya ukurannya yang lebih panjang. Tipe seperti ini cocok untuk bayi baru lahir hingga usia 2 bulan saat kakinya belum banyak bergerak. Meski baju ini dapat dipakai sebagai lapisan tambahan saat udara dingin dan dapat digunakan juga sebagai baju tidur, nyatanya masa penggunaannya relatif singkat dan ukuran panjangnya terkadang malah bisa menyulitkan saat Anda hendak memakaikan baju lain di atasnya. Karena itu, dibanding baju panjang, kini para orang tua lebih memilih untuk memakaikan baju terusan dan bodysuit pada bayinya karena lebih mudah digunakan dan bisa dipakai untuk jalan-jalan juga.

Baju terusan : Lebih mudah dipakai dan bisa digunakan lebih lama ketimbang baju panjang

Baju terusan : Lebih mudah dipakai dan bisa digunakan lebih lama ketimbang baju panjang
Baju jenis ini panjangnya hampir mirip dengan ukuran baju panjang, tetapi bagian selangkangannya dapat dikancingkan menggunakan kancing jepret. Baju ini cocok digunakan pada bayi usia 3 bulan ke atas yang kakinya sudah lebih aktif bergerak sehingga bajunya tidak mudah terangkat.
Baju ini tetap nyaman digunakan meskipun Anda melapisinya lagi dengan baju dalam pendek di dalamnya saat cuaca dingin. Walau fungsinya hampir sama dengan baju panjang, tetapi baju panjang hanya cocok digunakan saat bayi baru lahir, sedangkan baju terusan dapat digunakan lebih lama hingga sekitar 6 bulan setelah persalinan.

Bodysuit : Pakaian untuk bayi usia 6 bulan hingga 2 tahun dengan desain yang beragam

Bodysuit : Pakaian untuk bayi usia 6 bulan hingga 2 tahun dengan desain yang beragam
Bodysuit adalah baju bayi yang memiliki kancing jepret pada bagian selangkangan, sama seperti baju terusan. Baju jenis ini dapat digunakan oleh bayi berumur 3 bulan sampai 1 tahun serta bayi dapat menggerakkan kakinya dengan leluasa. Salah satu jenis bodysuit bagian lehernya tidak bisa dibuka dan jenis seperti ini dapat digunakan mulai dari usia 3 bulan ketika leher bayi sudah lebih kuat hingga usia 2 tahun.
Beberapa produsen menyebutnya body shirt, romper, dan lain sebagainya, tetapi pada dasarnya merujuk pada jenis baju yang sama. Cocok untuk digunakan sebagai baju bayi saat pergi jalan-jalan keluar dan sangat cocok diberikan sebagai hadiah karena desainnya yang beragam.

Periksa hal-hal berikut agar pikiran Anda lebih tenang

Ada beberapa hal yang perlu Anda periksa agar baju bayi nyaman dipakai. Ayo, periksa dengan saksama!

Pastikan kualitas jahitannya bagus dan tidak ada jahitan yang longgar

Pastikan kualitas jahitannya bagus dan tidak ada jahitan yang longgar
Dikatakan bahwa ketebalan kulit bayi adalah sepertiga dari kulit orang dewasa. Berhubung kulit bayi sangat halus, kebanyakan pakaian bayi dijahit dari bagian luar agar tidak mengiritasi kulit bayi. Awalnya mungkin Anda mengira bagian depan dan bagian belakangnya terbalik, tetapi ini merupakan posisi yang benar. Karena itu, kenakanlah baju dengan bagian jahitan berada di luar agar jahitan tidak menyentuh kulit bayi.
Baju pendek yang merupakan pakaian sehari-hari bayi, sebagian besar produknya juga dibuat dengan posisi jahitan berada di sisi luar baju, tetapi akan lebih aman lagi bila Anda periksa juga kerapian jahitannya. Pastikan benangnya tidak ada yang longgar atau berantakan. Periksa juga jahitan pada bagian bahu dan lengan, pastikan bayi Anda dapat menggerakkan lengannya dengan nyaman.

Pilih bahan sesuai musim dan perhatikan karakteristik bahan

Pilih bahan sesuai musim dan perhatikan karakteristik bahan
Baju bayi memiliki berbagai macam bahan seperti katun dan gauze, tetapi lebih baik Anda pahami terlebih dahulu karakteristik setiap bahan tersebut dan pilihlah yang cocok dengan kondisi cuaca dan musim. Untuk bayi yang belum dapat mengontrol suhu tubuh dengan baik, ada beberapa faktor yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan, seperti kemampuan bahan dalam menyerap keringat, breathability, dan kemampuan menahan panas.
Saat cuaca panas, bahan gauze dan katun direkomendasikan karena breathability dan kemampuan penyerapan keringatnya sangat baik. Saat cuaca dingin, beberapa lapis bahan yang halus, mampu menahan panas, serta bisa menyerap keringat dengan baik sangat cocok untuk digunakan. Akan tetapi, dikarenakan bahannya yang berlapis-lapis dan sirkulasi udaranya kurang baik, ada baiknya Anda memakaikan baju dalaman berbahan katun atau gauze agar bayi tidak kegerahan. Untuk baju berbahan katun murni yang sudah terkenal sangat baik dalam menyerap keringat dan breathablility-nya, dapat dipakai pada jenis cuaca apa pun.

Pilih model yang mudah dipakai

Pilih model yang mudah dipakai
Ada tiga cara pemasangan pada pakaian bayi, yaitu kancing jepret, tali, dan velcro. Jenis kancing jepret tidak menyentuh kulit bayi secara langsung dan tidak tebal sehingga ideal untuk dilapis dengan pakaian lainnya. Lalu, jenis tali mudah disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi, mudah dilepas dan dipasang sehingga sangat cocok untuk bayi yang baru lahir.
Sementara itu, jenis velcro dapat dengan cepat dipakaikan bahkan pada bayi yang aktif sehingga lebih nyaman saat mengganti popok pada bayi yang lehernya sudah tegak dan bergerak aktif. Mudahnya, jenis tali sebagian besar digunakan pada bayi yang baru lahir, sedangkan jenis kancing jepret dan velcro cocok digunakan pada bayi yang lehernya sudah lebih kuat.

10 Rekomendasi baju bayi terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi baju bayi terbaik dari kami untuk buah hati Anda. Lihat dan temukanlah baju yang paling cocok sesuai kebutuhan si kecil.
10
BahanKatun
Jenis bajuBaju pendek
Metode pemasanganKancing
9
BahanKatun
Jenis bajuBodysuit
Metode pemasanganKancing jepret
8
BahanKatun
Jenis bajuBaju pendek
Metode pemasanganPita
7
BahanKombinasi serat kapas dan serat sintetis
Jenis bajuBaju pendek
Metode pemasanganKancing
6
BahanKatun
Jenis bajuBodysuit
Metode pemasanganKancing jepret
5

BabysoyBasic Kimono Bundler

Rp 285.000,00

BahanKatun + serat kedelai organik
Jenis bajuBaju panjang
Metode pemasanganKancing jepret
4
Bahan100% modal cotton
Jenis bajuBaju terusan
Metode pemasanganTwo-way zipper
3
BahanKatun premium + serat bambu
Jenis bajuBaju pendek
Metode pemasanganKancing
2
Bahan100% fine cotton/organic cotton
Jenis bajuBodysuit
Metode pemasanganKancing jepret
1
BahanKatun
Jenis bajuBaju terusan
Metode pemasanganKancing jepret

Tabel perbandingan produk baju bayi terbaik

Gambar produk
1
Libby Sleepsuit Premium 3 in 1 1

Libby

2
Boogybaby Jumpsuit Girl – Raindrop 1

Boogybaby

3
Velvet Junior Bamboo Cotton Dailywear 1

Velvet

4
Palmerhaus Green Baby Sleepsuit 1

Palmerhaus

5
Babysoy Basic Kimono Bundler 1

Babysoy

6
Kazel Bodysuit Fox  1

Kazel

7
Fluffy Baju Kutung Bayi Set 3 Pcs Abu 1

Fluffy

8
Cuit Baby Wear Kimono Pendek Kaze Series 1

Cuit

9
Carter’s Jumper Pendek Set 5 Pcs 1

Carter’s

10
Nova  Baju Pendek Set 3 Pcs 1

Nova

Nama produk

Sleepsuit Premium 3 in 1

Jumpsuit Girl – Raindrop

Junior Bamboo Cotton Dailywear

Green Baby Sleepsuit

Basic Kimono Bundler

Bodysuit Fox

Baju Kutung Bayi Set 3 Pcs Abu

Baby Wear Kimono Pendek Kaze Series

Jumper Pendek Set 5 Pcs

Baju Pendek Set 3 Pcs

KeunggulanBebas dari logam berat, sud...Berbahan 100% fine cotton y...Terbuat dari bamboo cotton ...Mengganti popok jadi sangat...Model bundler berbahan orga...Dengan desain motif lucu da...Hadirkan seri warna abu-abu...Desain kimono berpita canti...Bodysuit dengan motif beran...Tidak mudah berbulu meski d...
HargaRp 125.000,00Rp 115.000,00Rp 119.500,00Rp 80.000,00Rp 285.000,00Rp 85.000,00Rp 56.000,00Rp 85.000,00Rp 77.000,00Rp 49.900,00
BahanKatun100% fine cotton/organic cottonKatun premium + serat bambu100% modal cottonKatun + serat kedelai organikKatunKombinasi serat kapas dan serat sintetisKatunKatunKatun
Jenis bajuBaju terusanBodysuitBaju pendekBaju terusanBaju panjangBodysuitBaju pendekBaju pendekBodysuitBaju pendek
Metode pemasanganKancing jepretKancing jepretKancingTwo-way zipperKancing jepretKancing jepretKancingPitaKancing jepretKancing
Tautan produk

Kombinasikan baju bayi sesuai musim untuk kenyamanan bayi

Kombinasikan baju bayi sesuai musim untuk kenyamanan bayi
Kombinasi paling umum untuk dikenakan di dalam kamar adalah baju pendek dan luaran, tetapi Anda juga dapat menyesuaikan kombinasinya sesuai musim atau cuaca, dan melapisi tubuh bayi Anda agar lebih nyaman. Pada dasarnya, Anda membutuhkan 5 sampai 6 baju pendek dan 4 sampai 5 kombinasi baju bayi, tetapi ada beberapa pakaian yang harus ditambahkan secara terpisah di musim kemarau dan musim hujan.
Untuk bayi yang lahir saat musim hujan, kami sarankan untuk mempersiapkan bodysuit setelah usianya agak besar. Hal itu disebabkan bodysuit tidak cocok dipakai saat musim hujan yang cenderung berudara dingin. Karena itu, tentu saja Anda baru bisa memakainya saat musim kemarau. Jika Anda mempersiapkannya lebih awal, anak Anda mungkin tidak bisa memakainya lagi setelah 6 bulan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih baju yang sesuai dengan pertumbuhannya.
Jika bayi Anda dilahirkan saat musim kemarau, Anda mungkin akan lebih sering memakaikan baju dengan model baju pendek atau baju kutung agar tidak gerah. Anda juga bisa menyiapkan beberapa baju pendek sebagai salinan. Pada saat musim hujan, tambahkan 1 atau 2 baju panjang untuk menahan cuaca dingin dan sesuaikanlah dengan suhu udara. Namun, baju panjang hanya cocok digunakan pada tahap bayi baru lahir sehingga ada baiknya Anda menggantinya dengan menyiapkan baju terusan.

Baca juga rekomendasi romper bayi di sini

Pada tautan di bawah ini, kami akan menjelaskan lebih detail khusus mengenai romper bayi kepada Anda. Dapatkan juga rekomendasi produk terbaiknya setelah membaca artikelnya di sini.

Baca juga rekomendasi deterjen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi di sini

Setelah Anda menemukan baju bayi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sekarang saatnya mencari detergen yang aman untuk melengkapinya. Baju bayi akan menempel langsung pada kulit bayi Anda yang sensitif sehingga Anda perlu mencuci baju bayi Anda dengan bahan yang aman dan bebas bahan aditif. Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan tentang cara memilih baju bayi beserta rekomendasi produknya. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai untuk buah hati Anda?
Saat memilih baju bayi, sebaiknya pertimbangkanlah jumlah baju, bahan kain, serta sesuaikan dengan suhu dan musimnya. Hal ini diperlukan karena bayi memiliki suhu tubuh yang lebih hangat dibandingkan orang dewasa sehingga membuatnya lebih mudah berkeringat. Pilihlah dengan saksama, dan temukan baju bayi yang sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    177.407 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    93.381 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    74.786 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    55.446 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    55.005 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    50.014 Views
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berenang di kolam renang atau laut adalah aktivitas yang menyenangkan ketika cuaca sedang panas. Sayangnya, Anda tidak dapat selalu pergi ke laut atau kolam renang umum bersama anak-anak. Meskipun begitu, Anda dan anak tetap dapat bermain air dengan gembira di rumah dengan menggunakan kolam renang berbahan vinil.Artikel ini akan membahas mengenai cara memilih kolam renang anak dari bahan vinil, serta rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Anak Anda pasti akan bergembira jika memiliki kolam renang vinil untuk dinikmati pada saat cuaca sedang panas. Anda dapat mengajak anak bermain bola di dalamnya, atau juga dapat digunakan untuk meletakkan sajian makanan ketika sedang ada pesta di rumah.
    Ibu & anak
    4.794 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori