• 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)

Drone memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari udara dengan mudah. Meski dahulu tergolong barang mewah, kini sudah banyak drone lebih murah dengan performa yang mumpuni. DJI, FIMI, dan SYMA adalah sederet merek yang menawarkan drone terbaik.


Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih drone untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi drone yang bagus. Anda bisa menemukan DJI Mini 2, FIMI X8 Mini, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh drone specialist kami, Yosua Surojo. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami di bawah ini apabila Anda butuh rekomendasi drone terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Drone specialist, Yosua Surojo

Profil pakar: Drone specialist, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih drone

Sebelum membahas mengenai rekomendasi drone, berikut akan kami jelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilihnya. Selamat membaca!

Pilih yang harga dan fiturnya sesuai kemampuan Anda mengendalikan drone

Untuk menemukan drone terbaik, pilihlah yang harga dan fiturnya sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengendalikan drone. Di bawah ini kami akan membaginya dalam kategori untuk pengguna pemula, intermediate, dan advanced.

Untuk pemula, drone seharga ≤ 1 juta dengan pelindung baling-baling

Untuk pemula, drone seharga ≤ 1 juta dengan pelindung baling-baling
Anda belum pernah menerbangkan drone atau belum benar-benar paham cara mengendalikannya? Kalau begitu, Anda bisa memilih quadcopter drone. Drone empat baling-baling ini juga pas untuk Anda yang ingin memainkan drone layaknya radio kontrol. Produk seperti ini biasanya memiliki harga kurang dari 1 juta.

Bila Anda pernah memainkan radio kontrol, pilihlah produk dengan controller yang mirip dengan RC favorit Anda. Dengan begitu, Anda akan terbiasa menerbangkan drone lebih cepat. Bila khawatir drone menabrak dinding, atap, atau benda lain, Anda bisa memilih drone dengan bumper pelindung.


Jika Anda tertarik dengan produk yang seperti ini, Anda bisa mempertimbangkan drone mini atau quadcopter drone. Silakan simak ulasannya dari kami di artikel-artikel berikut!

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Pilot drone pemula dapat memilih drone dari faktor harganya. Harga yang terjangkau akan membuat Anda lebih santai saat belajar menerbangkan drone. Meski drone rusak saat dipakai berlatih, Anda tidak akan mengalami kerugian yang terlalu banyak. 


Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan drone dengan spare part yang mudah ditemukan di marketplace. Dengan demikian, Anda akan tetap tenang jika terjadi kerusakan saat proses belajar menerbangkan drone


Pelindung baling-baling drone alias propeller guard juga merupakan bagian yang penting selain spare partPropeller guard dapat melindungi baling-baling drone dan juga benda yang berisiko tertabrak drone selama proses belajar.

Untuk pengguna intermediate, produk dengan harga 1–10 juta

Untuk pengguna intermediate, produk dengan harga 1–10 juta
Anda yang termasuk level intermediate dalam menerbangkan drone biasanya sudah mampu mengendalikannya dengan bebas hingga batasan tertentu. Jadi, Anda bisa memilih drone dengan harga antara 110 juta. Bila Anda hendak memotret dari udara, Anda tentu perlu memilih drone yang sudah dilengkapi kamera.

Selain itu, Anda perlu mengecek bobot drone. Sebagaimana yang tertulis dalam regulasi Federal Aviation Administration (FAA), drone dengan berat di atas 250 gram harus didaftarkan agar mendapat izin terbang. Karena itu, pilihlah drone berbobot kurang dari 250 gram bila Anda ingin lebih leluasa menerbangkan drone.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Drone untuk pengguna intermediate biasanya memiliki durasi terbang lebih lama, serta jangkauan jarak dan ketinggian yang lebih baik. Namun, pengguna drone juga dituntut untuk mematuhi peraturan penerbangan drone di daerah tersebut.


Peraturan penerbangan drone penting untuk dipatuhi agar pengguna dan juga masyarakat sekitar terjaga keamanannya. Selain berisiko terkena sanksi hukum, ada kemungkinan drone Anda akan jatuh akibat drone jammer jika tidak dipatuhi. Drone jammer merupakan alat pengganggu sinyal drone yang umumnya dipasang di lokasi vital nasional.

Untuk pengguna advanced, produk spesial dengan harga ≥ 10 juta

Untuk pengguna advanced, produk spesial dengan harga ≥ 10 juta
Anda yang memiliki kemampuan advanced dan sangat ahli mengendalikan drone tentu sudah mengetahui tujuan menggunakannya. Jadi, Anda bisa menyiapkan dana di atas 10 juta untuk memilih spesifikasi dan kelengkapan yang sesuai kebutuhan. 

Drone untuk fotografi atau penanggulangan bencana tentunya cocok untuk dipilih. Anda juga bisa memilih produk dengan kemampuan survei, mengantar barang, menyebarkan zat kimia untuk keperluan pertanian, dan sebagainya.


Produk khusus untuk industri biasanya telah dilengkapi fitur auto-flight dan sistem navigasi yang lebih canggih. Harga drone ini tentu lebih mahal lagi. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan harganya juga.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Pengguna drone tingkat advanced yang membutuhkan produk berspesifikasi tinggi dengan harga tinggi sebaiknya memiliki tujuan penggunaan yang jelas. Tujuannya adalah agar drone tersebut dapat digunakan dengan efektif dan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan


Sebelum membeli, perhatikanlah fitur yang ditawarkan agar Anda dapat memakai produk secara optimal sesuai dengan tujuannya. Contohnya, drone untuk menyebarkan zat kimia di lahan pertanian membutuhkan fitur GPS dengan tingkat presisi tinggi. Hal ini penting agar drone dapat mengikuti jalur tanam di lahan pertanian.

Sesuaikan fitur drone dengan kebutuhan Anda

Drone dilengkapi berbagai fitur yang fungsional. Sebaiknya Anda memilih drone yang memiliki fitur atau fungsi yang dibutuhkan agar makin mudah menggunakannya.

Untuk pemula, fitur terkait pengendalian drone dan auto-return

Untuk pemula, fitur terkait pengendalian drone dan auto-return
Untuk pemula, pilihlah drone dengan fitur yang memudahkan pengendalian. Misalnya, produk dengan sensor gyroscope yang dapat secara otomatis menstabilkan drone. Meski kemampuan Anda belum mencukupi, Anda tetap dapat mengontrol produknya dengan mudah. Fitur ini akan mencegah terjadinya kecelakaan, terutama bila Anda baru pertama kali membeli drone.

Fitur automatic feedback atau auto-return juga sangat direkomendasikan untuk pemula. Fitur ini memungkinkan drone untuk kembali ke lokasi awalnya secara otomatis. Meski sinyalnya mungkin terganggu, drone akan segera kembali ke tempat semula tanpa perlu Anda kendalikan secara manual.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Sebagai pemula, belajar menerbangkan drone perlu dilakukan secara bertahap. Jangan melakukan gerakan yang sulit jika gerakan standar, seperti pitch, roll, dan yaw masih belum terbiasa


Salah satu fitur yang dapat mendukung proses belajar Anda adalah fitur auto-hold. Fitur ini berfungsi untuk menahan ketinggian terbang dan menjaga stabilitas drone. Dengan fitur ini, pemula bisa belajar fokus ke gerakan terbang basic tanpa perlu kesulitan untuk menjaga ketinggian terbang. 


Selain itu, ada fitur auto-return yang dapat membantu pemula agar tidak kehilangan orientasi untuk menentukan gerakan selanjutnya. Fitur ini juga sangat penting agar drone dapat kembali ke titik take-off ketika kehilangan sinyal dengan remote control. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir drone akan hilang karena tidak dapat dikendalikan untuk kembali. 

Untuk aerial photography, lebih ideal produk dengan fitur FPV

Untuk aerial photography, lebih ideal produk dengan fitur FPV
Apakah Anda berencana menggunakan drone untuk aerial photography atau pemotretan dari udara? Jika iya, Anda perlu memilih produk yang dilengkapi fitur FPV (first person view). Dengan fitur ini, Anda akan makin mudah mengecek film atau video yang diambil dari udara.

Tidak hanya terlihat makin realistis, fitur ini memudahkan Anda menerbangkan drone dengan lebih presisi. Memang betul, Anda bisa saja menggunakan peralatan tambahan lain untuk memperoleh tampilan FPV. Namun, saat ini umumnya Anda sudah bisa menginstal aplikasi tambahan pada smartphone atau tablet untuk mendapatkan tampilan FPV.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur FPV atau first person view akan membantu pengguna drone yang ingin mengambil foto atau video udara yang bagus. Komposisi foto atau videonya langsung dapat ditentukan secara real time. Selain itu, Anda dapat segera mengambil foto ataupun video berikutnya dari perspektif berbeda.


Anda juga dapat memilih drone yang memiliki fitur pengambilan video secara otomatis. Fitur tersebut disiapkan oleh produsen agar Anda hanya perlu melakukan beberapa pengaturan yang mudah. Melalui fitur ini, video dapat diambil dengan baik tanpa membuat Anda pusing dengan gerakan pengambilan gambar yang sulit.


Fitur FPV juga dipengaruhi oleh tampilan layar atau display untuk melihat view yang dilihat drone. Sebaiknya, pilihlah display FPV yang menggunakan aplikasi via smartphone daripada tipe yang langsung terpasang dari remote control. Dengan menggunakan display via aplikasi, Anda dapat lebih fleksibel memilih layar untuk tampilan yang lebih nyaman.


Selain itu, tingkat kecerahan display perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting, apalagi jika Anda menerbangkan drone saat kondisi cahaya matahari yang terik. Kondisi ini menuntut keterangan layar display pada level tinggi agar Anda dapat melihat informasi penting terkait penerbangan drone.

Cek juga durasi maksimal drone saat diterbangkan

Cek juga durasi maksimal drone saat diterbangkan

Drone yang mampu terbang nonstop selama 10 menit bisa dibilang sudah sangat memadai. Pasalnya, dikatakan bahwa daya konsentrasi manusia bertahan selama 10 menit. Berhubung drone akan diterbangkan oleh manusia, kemampuan pengendalian, navigasi, dan daya konsentrasi Anda akan sangat berpengaruh.


Meski demikian, ada juga produk dengan harga tinggi yang dapat terbang terus-menerus selama 30 menit. Akan tetapi, lingkup penggunaan drone ini terbatas bagi yang terbiasa menerbangkan drone dalam waktu lama. Karena itu, Anda tidak perlu memaksakan untuk membelinya bila tidak terlalu butuh durasi terbang yang panjang.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Selain memengaruhi waktu Anda untuk menikmati penerbangan drone, durasi terbang menentukan seberapa jauh daya jelajahnya. Jika Anda ingin mengambil gambar landscape dari jarak jauh, pilihlah drone dengan durasi terbang cukup lama. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat mengambil video pemandangan yang indah dan luas. 


Terkadang Anda akan merasa lelah karena harus terus berkonsentrasi selama durasi penerbangan drone yang lama. Jika drone Anda dilengkapi dengan fitur terbang otomatis, drone akan mengikuti jalur terbang yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, Anda bisa sedikit bersantai selama durasi penerbangan drone. 

10 Rekomendasi drone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasi sepuluh produk drone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
DJI  Mini 2 1

DJI

2
SYMA X8Pro  1

SYMA

3
FIMI  X8 Mini 1

FIMI

4
MJX  Bugs 16 Pro 1

MJX

5
JJRC  PRIDE Brushless Upgrade Version 1

JJRC

6
KF102 Max 1

7
Eachine  Mini Quadcopter 1

Eachine

8
Autel Robotics  EVO Nano+ 1

Autel Robotics

9
iFlight Nazgul5 Analog V2 4S 6S FPV Drone  1

iFlight

10
Hubsan  Zino Mini SE 1

Hubsan

Nama produk

Mini 2

X8Pro

X8 Mini

Bugs 16 Pro

PRIDE Brushless Upgrade Version

KF102 Max

Mini Quadcopter

EVO Nano+

Nazgul5 Analog V2 4S 6S FPV Drone

Zino Mini SE

Keunggulan

Compact dan ringan untuk traveler

Pakai remote control bisa, pakai HP juga bisa!

Drone dengan fitur-fitur yang canggih dan modern!

Kelas mid-end dengan harga yang masih affordable

Menangkap gambar dengan resolusi 6K

Makin aman di udara berkat sensor antitabrakan

Ukuran kecil dan harga ekonomis untuk latihan pemula

Jangkauan terbang mumpuni untuk pilot profesional

Paket komplet untuk para pencinta drone race!

Menerbangkan drone lebih lama bukan masalah lagi

Harga mulai dariRp 7.199.000,00Rp 1.390.000,00Rp 7.150.000,00Rp 4.050.000,00Rp 1.525.000,00Rp 1.840.000,00Rp 400.000,00Rp 11.950.000,00Rp 4.150.000,00Rp 5.789.000,00
Resolusi kamera4K 720p4K4K6K1.080px4KTidak disebutkan4K
Berat86,2 gTidak disebutkan250 g612 g (termasuk baterai)133,6 gTidak disebutkanTidak disebutkan249 g393,4 g249 g
Tinggi terbang 4.000 m70 meter4.000 meter120 meter500 meterTidak disebutkanTidak disebutkan4.000 meterTidak disebutkan4.000 meter
Jarak kontrol 10.000 m200 meter8.000 meter800 meter400–500 meter1.200 meter50–60 meter16.800 meterTidak disebutkan9.000 meter
Gyroscope
Auto-return××
FPV×x
Durasi terbang maksimal31 menit9 menit30 menit28 menit25 menit25 menit5–6 menit28 menitTidak disebutkan45 menit
Tautan produk
10
Resolusi kamera4K
Berat249 g
Tinggi terbang 4.000 meter
Jarak kontrol 9.000 meter
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal45 menit
9

iFlightNazgul5 Analog V2 4S 6S FPV Drone

Mulai dari Rp 4.150.000,00

Resolusi kameraTidak disebutkan
Berat393,4 g
Tinggi terbang Tidak disebutkan
Jarak kontrol Tidak disebutkan
Gyroscope
Auto-return×
FPVx
Durasi terbang maksimalTidak disebutkan
8
Resolusi kamera4K
Berat249 g
Tinggi terbang 4.000 meter
Jarak kontrol 16.800 meter
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal28 menit
7
Resolusi kamerax
BeratTidak disebutkan
Tinggi terbang Tidak disebutkan
Jarak kontrol 50–60 meter
Gyroscope
Auto-return×
FPV×
Durasi terbang maksimal5–6 menit
6
Resolusi kamera1.080p
BeratTidak disebutkan
Tinggi terbang Tidak disebutkan
Jarak kontrol 1.200 meter
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal25 menit
5

JJRC PRIDE Brushless Upgrade Version

X16

Mulai dari Rp 1.525.000,00

Resolusi kamera6K
Berat133,6 g
Tinggi terbang 500 meter
Jarak kontrol 400–500 meter
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal25 menit
4
Resolusi kamera4K
Berat612 g (termasuk baterai)
Tinggi terbang 120 meter
Jarak kontrol 800 meter
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal28 menit
3
Resolusi kamera4K
Berat250 g
Tinggi terbang 4.000 meter
Jarak kontrol 8.000 meter
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal30 menit
2
Resolusi kamera720p
BeratTidak disebutkan
Tinggi terbang 70 meter
Jarak kontrol 200 meter
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal9 menit
1
Resolusi kamera4K
Berat86,2 g
Tinggi terbang 4.000 m
Jarak kontrol 10.000 m
Gyroscope
Auto-return
FPV
Durasi terbang maksimal31 menit

Hindari menerbangkan drone saat hari hujan atau berangin

Hindari menerbangkan drone saat hari hujan atau berangin
Kami menyarankan Anda untuk tidak menerbangkan drone saat kondisi cuaca sedang hujan atau berangin. Untuk semaksimal mungkin mengurangi daya hambat terhadap angin dan bobot, biasanya drone hanya dilengkapi casing dan komponen seperlunya. 

Hal tersebut membuat berbagai komponen dan bagian mesin yang krusial menjadi terekspos. Bahkan, sedikit air atau uap air yang mengenai komponen kelistrikan saja bisa membuat drone Anda rusak dan jatuh. Karena itu, pastikan cuacanya mendukung ketika Anda hendak menggunakannya di luar ruangan, ya!

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan fotografi lainnya di sini

Drone tidak bisa diandalkan untuk segala keperluan. Gunakanlah jenis kamera lainnya untuk situasi yang berbeda, seperti kamera 360, action cam, dan DSLR. Kami juga sudah mengulas beragam produknya untuk Anda. Yuk, simak di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda sesudah membaca artikel rekomendasi drone kami ini? Apakah Anda sudah menemukan drone yang tepat? Ada banyak drone yang dijual di pasaran. Pilihlah produk yang sesuai kemampuan Anda serta bujet yang disiapkan.

 

Untuk pemula, mulailah dengan drone yang harganya terjangkau. Sementara itu, Anda yang sudah ahli ataupun profesional dapat memilih drone dengan fungsi-fungsi khusus. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan drone terbaik, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam dunia fotografi dan videografi, drone difungsikan untuk mengambil gambar dari udara. Salah satu jenis drone yang tersedia di pasaran ialah drone mini. Penggunaan drone mini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda yang baru pertama kali menggunakan drone mungkin akan kesulitan untuk memilih produk terbaik. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas rekomendasi drone mini terbaik beserta cara memilihnya. Kami juga akan menjelaskan keunggulan dari drone mini. Merek drone mini yang bagus, seperti DJI, Xiaomi, dan Apex akan Anda jumpai dalam ulasan kami. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Quadcopter drone adalah drone dengan empat baling-baling yang berfungsi agar drone dapat terbang lebih stabil. Saat ini quadcopter drone yang bagus memiliki ukuran cukup kecil dan mudah dikendalikan bahkan oleh pemula. Ditambah harga yang murah yakni di bawah 1 jutaan rupiah, permintaan akan quadcopter drone pun meningkat.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi quadcopter drone untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat membaca komentar dari drone specialist, Yosua Surojo. Temukan produk dari berbagai merk yang bagus, seperti JJRC, Syma, Cheersson, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    DJI merupakan merk yang sudah diakui kualitasnya. Drone produksinya sudah banyak digunakan orang. Jenis drone DJI pun bervariasi dan spesifikasinya bermacam-macam. Ada drone profesional seperti DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro. Selain itu, ada drone standar seperti DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3. Kira-kira, produk mana yang bagus untuk dipilih?Untuk mengetahuinya, tetaplah membaca artikel ini dan temukan drone DJI terbaru dan terbaik. Ditambah lagi, Anda juga bisa membaca tips dari drone specialist, Yosua Surojo. Ikuti artikel ini sampai habis untuk menemukan rekomendasi drone profesional terbaik.
    Drone & aksesori
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori