10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda berencana untuk berkegiatan di dataran tinggi atau daerah bersalju? Jika iya, maka Anda membutuhkan baju hangat atau jaket yang sesuai. Namun, seperti apakah jaket yang Anda butuhkan? Dengan down jacket, jaket berisikan bulu angsa atau bebek, Anda akan tetap hangat dan nyaman.

Ada berbagai merek yang menawarkan down jacket. Ada yang ringan, bisa dilipat menjadi sangat ringkas, dan banyak lagi. Anda tidak perlu bingung, dalam artikel ini kami akan memberitahu Anda apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih down jacket. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor

Memilih down jacket tidak terlalu sulit. Namun, kadang kita menjadi bingung dengan berbagai hal yang ditawarkan dari sebuah down jacket. Di bawah ini, kami akan membantu Anda agar tak lagi kebingungan untuk memilih jaket berisi bulu ini.

Fill power

Fill power

Down jacket adalah jaket berisi bulu halus dari angsa atau bebek. Bulu-bulu halus yang biasanya berasal dari bagian dada dan sayap ini, disebut down, memiliki sifat unik. Kelembutannya, dalam jumlah besar, membentuk kantong-kantong udara yang bisa menyimpan panas udara dan menahannya di dalam kantong-kantong tersebut. Ini akan membuat pemakai down jacket tetap hangat.

Untuk menentukan kehangatan dan kualitas down jacket, Anda bisa melihat fill power-nya. Fill power adalah ukuran yang menunjukkan banyaknya udara hangat yang disimpan dan ditahan dalam down. Semakin tinggi fill power dalam sebuah down jacket, semakin hangat dan nyaman jaket tersebut dan semakin mahal harganya. Jaket dengan fill power tinggi akan baik digunakan untuk kegiatan outdoor.

Bahan anti air

Bahan anti air

Jika Anda mengenakan down jacket di luar ruangan, jaket Anda akan terkena udara dingin atau embun. Saat udara dingin dan embun menempel pada jaket Anda, bulu halus akan terasa sangat berat. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah bahan down jacket. Bahan ini haruslah tahan air agar bisa tetap nyaman digunakan di luar ruangan.

Ringkas dan ringan

Ringkas dan ringan

Saat Anda bepergian dan perlu membawa down jacket, Anda tentu tidak mau direpotkan dengan bentuk jaket yang tebal dan berat sehingga susah dimasukkan ke dalam koper atau ransel Anda. Para produsen down jacket kini menyediakan jaket berisi bulu yang sangat ringan (lightweight), mudah dilipat dan ringkas.

Beberapa jenis down jacket dapat dillipat atau digulung hingga menyerupai bantal kecil yang tidak memakan tempat pada tas Anda. Biasanya disertai pula dengan kantung kemasannya, sehingga bisa tetap tergulung rapi. Para petualang akan menyukai down jacket model ini karena praktis.

10 Rekomendasi down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor

Nah, kini Anda sudah mengetahui cara memilih down jacket terbaik untuk Anda. Tentu saja, ditambah dengan selera fashion Anda, tidak sulit kan memilihnya ? Kini kami akan memberikan 10 rekomendasi down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor Anda, sehingga Anda bisa tetap nyaman dan hangat.

10. The North Face Eldo Down Jacket

10. The North Face Eldo Down Jacket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.350.000

Down Jacket untuk kegiatan sehari-hari Anda di lingkungan yang dingin

Jika Anda mencari down jacket untuk kegiatan di luar ruangan sehari-hari atau untuk hiking, maka jaket ini akan sesuai untuk Anda. Eldo Down Jacket dari The North Face ini memiliki fill power 550 dengan isian bulu halus angsa. Jaket dengan lapisan anti air ini dapat Anda gunakan saat cuaca agak gerimis dan berangin.

Tudung jaket ini memiliki tiga lapisan, sehingga kepala Anda tetap nyaman dan hangat. Tudungnya juga dapat diatur sehingga Anda bisa mengenakan helm sebelum memasang tudung tersebut. Memiliki beberapa saku yang tersembunyi, sehingga barang yang Anda simpan di dalamnya tetap kering dan tidak lembap.

9. Kathmandu Epiq Down Jacket V2

9. Kathmandu Epiq Down Jacket V2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.500.000

Down jacket untuk Anda yang peduli dengan lingkungan

Kathmandu Epiq Down Jacket V2 merupakan down jacket yang ramah lingkungan. Isian bulu halusnya didapatkan dari peternakan bebek dan lapisan luarnya terbuat dari polyester yang didaur ulang. Memiliki fill power dengan besaran 550, dengan down yang didapatkan dari bulu halus yang bersertifikat. Jaket ini sesuai untuk kegiatan luar ruangan seperti berkemah, hiking, dan menonton olahraga musim dingin.

Jaket ini memiliki sifat anti air, dengan lapisan DWR (Durable Water Repellent). Namun, isian bulu halusnya tidak dapat mengatasi hujan deras dan akan menjadi lembap jika terkena hujan lebat. Down jacket ini memiliki pinggiran elastis pada pergelangan tangan dan tali untuk mengatur bagian pinggang sehingga mencegah udara dingin masuk. Juga disertai dengan kantung untuk penyimpanannya.

8. Quechua X Light Down Jacket

8. Quechua X Light Down Jacket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 650.000

Down Jacket yang cukup hangat untuk lingkungan yang berangin

Quechua X Light Down Jacket merupakan salah satu down jacket dengan harga yang terjangkau. Jaket ini tidak memiliki keterangan fill power, namun rasio bulu halusnya adalah 75/25, menggunakan bulu bebek. Ini artinya isian jaket ini adalah 75% bulu halus bebek dan 25% bulu bebek. Bagian luar jaket ini terbuat dari bahan polyamide.

Jaket ini tidak cukup kuat untuk digunakan pada daerah bersalju. Dengan berat sekitar 400 gram, jaket ini cukup ringan dan nyaman digunakan. Dilengkapi dengan kantung penyimpanan, down jacket ini bisa dengan mudah digulung dan disimpan. Jika Anda ingin menggunakannya untuk trekking di tempat yang anginnya cukup kuat, jaket ini sesuai untuk kegiatan Anda.

7. RAB Cirque Down Jacket

7. RAB Cirque Down Jacket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: 950.000

Jaket berisi bulu halus bebek Eropa, untuk mendaki gunung

Cirque Down Jacket dari RAB ini terbuat dari bahan Pertex Microlight. Jaket ini sesuai untuk cuaca yang dingin, lembap, dan berangin. Namun untuk cuaca bersalju, Anda memerlukan lapisan-lapisan pakaian lainnya di balik jaket ini. Modelnya pas badan dan ringan digunakan, cocok jika Anda memakainya untuk mendaki gunung.

Dengan fill power 650, menggunakan bulu halus bebek Eropa dengan teknologi hydrophobic, bulu halus pada jaket ini bisa menahan kehangatan pada saat hujan ringan, namun tidak pada hujan lebat. Jaket ini memiliki dua saku untuk menghangatkan tangan yang dilapisi dengan kain fleece. Kantung ini sangat berguna menghangatkan tangan Anda saat tidak mengenakan sarung tangan.

6. Outdoor Research Women’s Sonata Ultra Hooded Down Jacket

6. Outdoor Research Sonata Ultra Hooded Down Jacket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.999.000

Hangat, anti air dan angin: jaket yang sangat praktis untuk kegiatan outdoor Anda

Down jacket dari Outdoor Research ini memiliki fill power 800, dengan isian bulu angsa. Jaket ini memiliki sifat anti air dan anti angin. Tudung (hoodie) pada jaket ini dapat disesuaikan agar bisa menutupi helm, jaket ini cocok bagi Anda yang menyukai olahraga mendaki gunung dan memanjat tebing.

Dengan bahan lapisan luar Pertex Quantum 100% Nylon Ripstop yang kuat, jaket ini awet dan mampu menahan kehangatan di dalam bulu halus isiannya. Salah satu saku tangannya, sebelah kiri, berfungsi sebagai kantung packing untuk jaket ini. Sangat praktis digunakan, Anda tinggal melipat, menggulung dan memasukkan jaket Anda ke dalam kantung tersebut.

5. Patagonia Women’s Down Sweater Jacket

5. Patagonia Down Sweater Jacket

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 6.366.000

Down Jacket yang animal-friendly, bagi para hiker dan backpacker

Patagonia merupakan nama yang sudah terkenal dalam perlengkapan kegiatan outdoor. Patagonia Down Sweater Jacket merupakan jaket yang sesuai untuk kegiatan di musim salju, bahkan untuk main ski, tetapi juga masih sesuai digunakan di musim yang hangat di dataran tinggi. Memiliki fill power 800, jaket ini berbobot ringan (346 gram).

Jaket ini sesuai untuk Anda yang hobi hiking atau bertualang sebagai backpacker, karena mudah untuk dilipat dan dipadatkan untuk dimasukkan ke dalam tas ransel Anda. Berbahan 100% Polyester Ripstop yang dilapisi DWR (Durable Water Repellent), Anda tak perlu khawatir mengenakannya saat hujan besar. Para pencinta hewan akan menyukai jaket ini karena asal bulu halus angsanya dapat ditelusuri dan bukan merupakan hasil perburuan.

4. Arc’teryx Cerium LT Hoody

4. Arc’teryx Cerium LT Hoody

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 3.300.000

Berkegiatan outdoor di tempat dingin dan kering? Pakai jaket ini!

LT pada nama jaket ini mewakili kata Lightweight. Jaket ini memiliki rasio kehangatan – berat yang mengagumkan, dengan bobot yang ringan (305 gram), jaket ini memiliki tingkat kehangatan yang tinggi. Dengan 850 fill power dari bulu angsa putih Eropa yang dipadukan dengan bahan luar Arato 10 Nylon, udara hangat tersimpan dengan baik pada jaket ini.

Meskipun dilapisi dengan DWR (Durable Water Repellent), jaket ini hanya mampu menahan hujan gerimis. Saat terkena hujan lebat, bulu halusnya kehilangan kantung udara hangat dan menjadi lembap. Jaket ini paling optimal untuk dikenakan di udara dingin dan kering sebagai lapisan luar pakaian Anda.

3. Karrimor Ice Down Jacket

3. Karrimor Ice Down Jacket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.250.000

Tetap hangat meskipun hanya memakai satu lapis pakaian di daerah salju

Down jacket dari Karrimor ini sangat cocok untuk dikenakan di daerah bersalju. Memiliki kerah tinggi, dua kantung tangan yang dilengkapi ritsleting dan satu kantung dada dengan ritsleting. Lengan jaket ini panjang hingga pergelangan tangan dan memiliki karet di sekeliling pergelangan tangan. Bagian pinggangnya juga bisa dirapatkan. Dengan jaket ini tidak ada celah yang bisa dimasuki udara dingin.

Karrimor Ice Down Jacket sangat hangat untuk digunakan, bahkan untuk cuaca dingin yang ekstrim sekalipun. Dengan fill power 750+ dan rasio bulu halus angsa dan bulu sebesar 90/10, Anda akan tetap hangat meskipun hanya memakai satu lapis pakaian saja. Dengan lapisan luar berbahan 100% Nylon Ripstop jaket ini tahan air, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat hujan atau hujan salju.

2. Mountain Hardwear Dynotherm Down Jacket

2. Mountain Hardwear Dynotherm Down Jacket

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 6.568.000

Tetap kering dan tidak terganggu oleh kelembapan udara dingin

Keunggulan down jacket dari Mountain Hardwear ini adalah ketahanannya terhadap air. Dilapisi dengan teknologi anti air Q.Shield, jaket ini bahkan tetap kering jika Anda mengenakannya sambil berenang menyeberangi sungai. Selain anti air, Q. Shield juga membantu menahan kehangatan dalam bulu halus pada jaket ini.

Dengan fill power 650, jaket ini membuat Anda nyaman di setiap kegiatan di luar ruangan. Jahitan pada jaket ini dibuat ganda sehingga awet dan kuat. Down jacket biasanya terlihat gembung dan tak nyaman saat digunakan, namun jaket ini tetap nyaman digunakan walaupun dengan berlapis-lapis baju di dalamnya.

1. Ffjalraven Pak Down Jacket

1. Ffjalraven Pak Down Jacket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 6.800.000

Kehangatan yang tak berubah dengan 95% bulu halus angsa

Jaket Ffjalraven ini dibuat cocok untuk cuaca dingin, berangin, hujan, maupun bersalju. Dengan fill power 700 dan rasio bulu angsa 95/5, jaket buatan Kanada ini mampu menahan turunnya suhu hingga 20 derajat dan kenaikan suhu hingga 10 derajat. Anda akan merasa sangat hangat dengan jaket ini. Bulu angsa pada jaket ini berasal dari peternakan, sehingga kualitasnya seragam.

Jahitan pada jaket ini kuat dan awet, tidak ada jahitan pada bagian samping untuk mencegah masuknya udara dingin. Dengan jaket ini, Anda tidak perlu memakai berlapis-lapis pakaian untuk tetap hangat.  Jaket ini dilengkapi tas kecil yang bisa memuat jaket hingga ukuran sekitar 13 x 18 cm. Praktis dan hangat!

Kesimpulan

Kami telah memberikan 10 rekomendasi down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor. Dengan membaca artikel ini, tentu saja Anda akan dapat menemukan down jacket terbaik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Setelah menemukannya, Anda akan bisa menikmati kegiatan di luar ruangan baik di daerah dataran tinggi yang dingin atau daerah bersalju. Mari berlibur ke tempat dingin bersalju, dan tetap hangat, ya!