• 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda berencana untuk berkegiatan di dataran tinggi atau daerah bersalju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau jaket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari produk keluaran The North Face, Fjallraven, Kathmandu, dan sebagainya.

Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan hingga yang bisa dilipat menjadi sangat ringkas. Anda pun tidak perlu bingung, kami akan memberitahu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih down jacket. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2021
  • 26.101 Views
Daftar isi

Cara memilih down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih down jacket, seperti poin retensi panas, antiair, dan ukurannya. Dengan adanya beragam pilihan ini, Anda mungkin akan merasa bingung. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Di bawah ini kami akan menjelaskan cara memilihnya serta cara memadupadankan down jacket sesuai dengan kondisi pemakaiannya.

Gunakanlah kaos dan bahan rajutan untuk memilih jaket berukuran pas

Gunakanlah kaos dan bahan rajutan untuk memilih jaket berukuran pas

Dalam memilih outdoor down jacket berperforma tinggi, ukuran adalah hal terpenting. Jika memakai down jacket berukuran lebih besar, jarak akan timbul di antara jaket dan pakaian Anda. Jarak inilah yang membuat sela jaket terisi udara sehingga akan mengurangi rasa hangat jaket tersebut. Sebaliknya, bila Anda memilih down jacket berukuran terlalu kecil, jaket tersebut akan membuat Anda sulit bergerak.


Tips dari kami, pakailah sweater rajut di atas kaos Anda. Kemudian, cobalah down jacket hingga Anda menemukan yang ukurannya terasa pas di tubuh. Apabila sudah menemukan jaket yang pas, itulah ukuran yang cocok untuk Anda. Namun, cara ini hanya bisa dipakai ketika Anda memilih jaket di toko secara langsung, ya. 


Selain itu, tak hanya ukurannya, Anda juga perlu memerhatikan produk berdasarkan pemakainya, yakni pria atau wanita. Sebab, bentuk tubuh pria dan wanita berbeda sehingga bentuk jaket yang pas pun berbeda. Karena itu, pastikan produk yang dipilih sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Pilihlah jenis dan material yang menghasilkan rasa hangat

Rasa hangat yang dihasilkan oleh down jacket tergantung dari jenis dan material yang digunakannya. Karena itu, pastikan Anda memeriksa jaketnya sebelum memilih. Berikut jenis dan material yang perlu Anda ketahui.

Pilih yang berbahan down 70% dan feather 30% untuk kehangatan yang baik

Pilih yang berbahan down 70% dan feather 30% untuk kehangatan yang baik

Selain ukuran, rasa hangat adalah poin penting dalam memilih down jacket. Terdapat dua bahan yang digunakan untuk membuat down jacket pada umumnya. Pertama, bahan down yang memakai bulu bagian dada dari unggas yang hidup di air. Kedua, bahan feather yang memakai bulu bagian sayap dari jenis unggas yang sama. 


Nah, karena bahan down memiliki retensi panas lebih baik, sebaiknya Anda memilih produk dengan rasio down lebih besar. Sebagai contoh, Anda bisa membeli produk dengan rasio down 70% dan feather 30%. Dengan demikian, jaket tersebut akan menghasilkan kehangatan yang baik. 


Sementara, bagi Anda yang menggunakan down jacket berbahan down dari bulu angsa, Anda tidak perlu khawatir. Dengan jaket berbahan bulu angsa, rasa hangatnya akan jauh lebih baik dibandingkan bahan lainnya. Nah, karena jenis down jacket sangat beragam, kami sarankan Anda memastikan material dari down jacket sebelum membelinya, ya.

Fill power 600 atau lebih, untuk bobot ringan serta hangat

Fill power 600 atau lebih, untuk bobot ringan serta hangat

Untuk menentukan kehangatan dan kualitas down jacket, Anda bisa menilai dari fill power-nya. Fill power adalah ukuran untuk menunjukkan banyaknya udara hangat yang berada di dalam down jacket. Makin besar nilai dari fill power, makin ringan bobot dan rasa hangat yang dihasilkan. Jika suatu produk memiliki nilai lebih dari 600 fill power, bobot ringan dan rasa hangat yang baik bisa Anda dapatkan.


Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih karena tidak selamanya fill power bernilai tinggi memiliki daya panas yang baik. Kombinasi bahan yang dipakai dapat menghasilkan down jacket berbeda dan belum tentu pula cocok dipakai untuk kondisi tertentu. Karena itu, periksalah lebih teliti mengenai kelebihannya agar tidak salah dalam membeli.


Tak hanya memilih berdasarkan nilai fill power-nya, Anda dapat pula memilih berdasarkan keringkasan produk ini. Sebagai contoh, terdapat produk yang dilengkapi dengan stuff bag. Dengan adanya stuff bag ini, Anda hanya perlu melipat jaket dan memasukkannya ke dalam tas tersebut. Produk yang memiliki karakteristik compact ini tentunya lebih praktis untuk diajak bepergian. 


Namun, selain stuff bag, ada pula produk dengan spesifikasi packable yang dapat dilipat serta dibawa dengan mudah. Produk dengan spesifikasi packable inilah yang paling praktis untuk kegiatan outdoor. Dengan demikian, Anda dapat segera melipat down jacket dan menyimpannya di dalam tas ketika sudah merasa panas.

Chemical fiber, pilihan tepat untuk produk windproof

Chemical fiber, pilihan tepat untuk produk windproof

Bagi Anda yang mencari jaket dengan daya windproof yang baik, kami rekomendasikan fiber sintetis pada bagian luar bahannya. Di antara seluruh bahan fiber sintetis tersebut, kami sarankan Anda untuk memilih produk berbahan nilon dan polyester. Hal ini dikarenakan dua bahan tersebut memiliki tingkat windproof yang tinggi. 


Dengan adanya manfaat windproof, down jacket dapat menghalau angin sehingga Anda tetap merasa hangat. Selain itu, down jacket berbahan fiber sintetis mudah dicuci hanya dengan tangan. Dengan banyaknya kelebihan dari bahan ini, banyak orang yang memilih fiber sintetis dibandingkan katun atau linen.

Pilihlah berdasarkan ketahanannya terhadap air

Pilihlah berdasarkan ketahanannya terhadap air

Terdapat tiga jenis pertahanan terhadap air pada pakaian. Jenis pertama adalah water-resistant. Kain water-resistant merupakan jenis kain dengan kekuatan menolak air paling rendah. Kain ini dapat bertindak sebagai penghalang agar Anda tidak terkena percikan air atau hujan rintik. Nah, jika kain ini ditambah pelapis lagi, kain tersebut dapat menjadi bersifat water-repellent


Kain water-repellent yang tentu lebih baik dari water-resistant memiliki sifat hydrophobic. Hydrophobic inilah yang membuat air tidak mudah masuk ke sela kain. Down jacket dengan water-repellent akan melindungi Anda dari hujan.


Terakhir, ada waterproof. Waterproof adalah jenis yang pertahanan terhadap airnya paling kuat. Hal ini disebabkan kain waterproof akan tetap kedap air meski terpapar air yang cukup deras. Meski begitu, kemampuan tiap down jacket untuk tetap kering meski terpapar air cukup beragam. Karena itu, Anda perlu memastikannya terlebih dahulu ketika memilih.


Setelah mengetahui perbedaannya, bagaimana cara memilih down jacket yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Apabila memakai down jacket di luar ruangan, ada baiknya Anda memilih produk yang waterproof atau water-repellent.


Tingkat kehangatan memang poin penting dalam memilih down jacket. Akan tetapi, jika down dan feather di bagian dalam jaket basah, produk tersebut akan kehilangan daya hangatnya. Karena itu, untuk pemakaian outdoor, sebaiknya Anda memilih produk waterproof atau water-repellent agar aman ketika turun hujan atau salju.


Sementara untuk digunakan di dalam kota, produk dengan lapisan water-repellent atau water-resistant sudah cukup. Namun, karena hanya sebagai lapisan, efek menolak air ini dapat terkikis setelah dicuci. Karena itu, Anda sebaiknya memakai water-repellent spray juga pada jaket untuk mempertahankan efek ini.

Pilihlah jaket berdesain simpel untuk pemakaian di luar ruangan sekaligus dalam kota

Pilihlah jaket berdesain simpel untuk pemakaian di luar ruangan sekaligus dalam kota

Apabila Anda ingin memakai down jacket di luar ruangan sekaligus di dalam kota, sebaiknya pilihlah produk berdesain simpel. Hal ini dikarenakan model tersebut lebih mudah dipadupadankan dengan berbagai pakaian yang sudah Anda miliki di rumah. 


Di sisi lain, jika ingin memakainya untuk keperluan outdoor, Anda lebih baik memilih produk dengan warna cerah. Sebab, warna cerah akan lebih mencolok sehingga mudah terlihat oleh rekan Anda selama di perjalanan.

10 Rekomendasi down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor

Nah, kini Anda sudah mengetahui cara memilih down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor. Di bawah ini, kami akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai untuk Anda. 

10

Mobi GardenMobi Garden Down Jacket 5 C Men

NMB1506001

Mulai dari Rp 697.500,00

UkuranM-2XL
RasioDown bulu angsa 90%
Fill power600
BahanNilon polyester
Ketahanan terhadap airWater-resistant
Bobot± 250 gram
9

Outdoor ResearchWomen's Sonata Ultra Down Parka

Mulai dari Rp 1.999.000,00

UkuranXS-XL
RasioTidak diketahui
Fill power800
BahanPertex Quantum, nilon
Ketahanan terhadap airWater-resistant
Bobot443 gram (ukuran M)
8

The North FaceMen Down Sierra Jacket

NF0A46J2WXE

Mulai dari Rp 2.895.000,00

UkuranS-XXXL
RasioTidak diketahui
Fill powerTidak diketahui
Bahan72% recycled polyester, 28% katun
Ketahanan terhadap airTidak diketahui
BobotTidak diketahui
7

Isabelle Jaket Winter Goose Down

Mulai dari Rp 750.000,00

UkuranXS-XXL
RasioDown bulu angsa 90%
Fill powerTidak diketahui
BahanTidak diketahui
Ketahanan terhadap airWaterproof
Bobot300 gram
6

KathmanduEpiq Men's 600 Fill Hooded Down Jacket

A0957/902/

Mulai dari Rp 846.000,00

UkuranXS-XXL
RasioDown bulu angsa dan feather 80%
Fill power600
BahanPolyester daur ulang, nilon
Ketahanan terhadap airWater-repellent
Bobot640 gram
5
UkuranXL
RasioTidak diketahui
Fill power650
BahanPertex Microlight, nilon
Ketahanan terhadap airWater-repellent
Bobot550 gram
4

UNIQLOWomen Ultra Light Down Jacket

Mulai dari Rp 1.089.000,00

UkuranXXS-XXL
RasioDown 90%
Fill powerTidak diketahui
BahanNilon 65%, polyester 35%
Ketahanan terhadap airWater-repellent
Bobot650 gram
3
UkuranS-XXL
RasioDown 90%, feather 10%
Fill power500
BahanPolyester
Ketahanan terhadap airTidak diketahui
Bobot500 gram
2

Karrimor Ice Down Jacket Mens

443278

Mulai dari Rp 2.250.000,00

UkuranTidak diketahui
RasioDown 90%, feather 10%
Fill power750
BahanNilon
Ketahanan terhadap airTidak diketahui
Bobot500 gram
1
UkuranTidak diketahui
RasioDown bulu angsa 95%, feather 5%
Fill power700
BahanPertex® Quantum-Polyamide, polyester
Ketahanan terhadap airTidak diketahui
Bobot190 gram (ukuran M)

Tabel perbandingan produk down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor

Gambar produk
1
Fjallraven Pak Down Jacket 1

Fjallraven

2
Karrimor  Ice Down Jacket Mens 1

Karrimor

3
CONSINA Annapurna 1

CONSINA

4
UNIQLO Women Ultra Light Down Jacket 1

UNIQLO

5
Rab Men's Cirque Down Jacket 1

Rab

6
Kathmandu Epiq Men's 600 Fill Hooded Down Jacket 1

Kathmandu

7
Isabelle  Jaket Winter Goose Down 1

Isabelle

8
The North Face Men Down Sierra Jacket 1

The North Face

9
Outdoor Research Women's Sonata Ultra Down Parka 1

Outdoor Research

10
Mobi Garden Mobi Garden Down Jacket 5 C Men 1

Mobi Garden

Nama produk

Pak Down Jacket

Ice Down Jacket Mens

Annapurna

Women Ultra Light Down Jacket

Men's Cirque Down Jacket

Epiq Men's 600 Fill Hooded Down Jacket

Jaket Winter Goose Down

Men Down Sierra Jacket

Women's Sonata Ultra Down Parka

Mobi Garden Down Jacket 5 C Men

Keunggulan

Kehangatan yang tak berubah dengan 95% bulu halus angsa

Tetap hangat meski hanya memakai satu lapis pakaian di cuaca ekstrem

Produk dalam negeri yang siap menemani, dari kegiatan sehari-hari hingga camping

Nyaman dipakai dalam berbagai macam kegiatan

Cuaca ekstrem? Atasi dengan jaket ini!

Lingkungan pun terjaga dengan bahan daur ulang jaketnya

Tubuh hangat, Anak pun bermain lebih semangat!

Intensitas angin tinggi? Worry not!

Desain cantik, kegiatan outdoor pun berjalan baik

Menjaga kehangatan tubuh di segala kegiatan harian

Harga mulai dariRp 8.180.000,00Rp 2.250.000,00Rp 975.000,00Rp 1.089.000,00Rp 1.260.000,00Rp 846.000,00Rp 750.000,00Rp 2.895.000,00Rp 1.999.000,00Rp 697.500,00
UkuranTidak diketahuiTidak diketahuiS-XXLXXS-XXLXLXS-XXLXS-XXLS-XXXLXS-XLM-2XL
RasioDown bulu angsa 95%, feather 5%Down 90%, feather 10%Down 90%, feather 10% Down 90%Tidak diketahuiDown bulu angsa dan feather 80%Down bulu angsa 90%Tidak diketahuiTidak diketahuiDown bulu angsa 90%
Fill power700750500Tidak diketahui650600Tidak diketahuiTidak diketahui800600
BahanPertex® Quantum-Polyamide, polyesterNilonPolyesterNilon 65%, polyester 35%Pertex Microlight, nilonPolyester daur ulang, nilonTidak diketahui72% recycled polyester, 28% katunPertex Quantum, nilonNilon polyester
Ketahanan terhadap airTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiWater-repellentWater-repellentWater-repellentWaterproofTidak diketahuiWater-resistantWater-resistant
Bobot190 gram (ukuran M)500 gram500 gram650 gram550 gram640 gram300 gramTidak diketahui443 gram (ukuran M)± 250 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jaket lainnya di sini

Anda telah mengetahui lebih detail mengenai down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor. Namun, selain down jacket, ada pula bermacam jaket yang diperlukan untuk berbagai aktivitas. Kami telah menulis artikel mengenai jaket sesuai pemakaiannya, silakan Anda baca pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi down jacket terbaik untuk kegiatan outdoor. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai dengan keperluan? Melalui ulasan ini, Anda dapat memilih produk yang tepat berdasarkan retensi panas, bahan, ukuran, dan sebagainya.


Setelah menemukan produk yang tepat, Anda akan lebih menikmati kegiatan di luar ruangan. Anda dapat menjangkau daerah tinggi yang dingin dan bersalju, deh. Selamat menikmati liburan Anda! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat berada di alam bebas, pisau outdoor sangat Anda butuhkan, misalnya untuk mengolah bahan makanan dan membelah kayu. Ada beberapa nama lain untuk pisau outdoor, seperti pisau camping atau pisau tentara. Beberapa merek pisau outdoor yang terkenal dan memiliki reputasi baik adalah Victorinox, Opinel, Morakniv, dan Spyderco.Anda bingung memilih pisau outdoor yang tepat untuk Anda? Sebelum membeli, sebaiknya baca dulu artikel berikut karena kami akan membahas cara memilih pisau outdoor dan memberikan rekomendasi beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadikan artikel ini referensi Anda dalam memilih pisau outdoor yang bagus!
    Perlengkapan outdoor
    38.494 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para pendaki gunung, backpack berukuran besar atau biasa disebut carrier pastinya sudah tidak asing lagi digunakan untuk membawa logistik pendakian. Jenis dan kapasitas carrier pun begitu beragam. Tentunya Anda harus menyesuaikan carrier Anda dengan lamanya perjalanan Anda.Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih jenis dan kapasitas carrier yang cocok untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik berdasarkan kualitas dan jenis kebutuhan Anda. Berbagai merek seperti Eiger, Consina, Karrimor, Deuter, akan kami hadirkan di sini. Jadikan artikel ini sebagai referensi supaya Anda tidak salah pilih, ya!
    Perlengkapan outdoor
    63.073 Views
  • 10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri bagi para astronom maupun orang awam. Namun sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa mengamati gugusan bintang di langit dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop ruang angkasa agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Baileshi, Celestron, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih teleskop luar angkasa dan rekomendasi produk terbaik yang bisa jadi pertimbangan. Bacalah dengan saksama dan temukan teleskop yang tepat untuk Anda. 
    Perlengkapan outdoor
    37.609 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara melindungi mata dan area di sekitarnya saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti-UV. Namun, banyak orang yang bingung dalam mencari kacamata yang paling efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti-UV agar Anda dapat menemukan produk yang ideal sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai brand yang sudah tidak asing lagi, seperti Ray-Ban, dan Oakley. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi kulit Anda dari radiasi UV penyebab bintik hitam!
    Perlengkapan outdoor
    50.282 Views
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Walkie-talkie adalah alat komunikasi yang dapat menghubungkan dua penerima atau lebih dalam waktu bersamaan melalui gelombang radio. Alat ini sangat berguna sebagai pengganti ponsel. Pada sejumlah kegiatan ketika sinyal ponsel tidak bisa menjangkau medan, walkie-talkie menjadi penyelamat.Walkie-talkie biasanya dipakai untuk berkoordinasi bersama tim saat melakukan pengawasan kerja lapangan, touring, berkemah, dan lain sebagainya. Beberapa merk ternama seperti Motorola dan Xiaomi juga membuat produk walkie-talkie terbaik versi mereka. Jika Anda penasaran mengenai tips memilih produk walkie-talkie yang bagus, silakan simak artikel berikut!
    Perlengkapan outdoor
    10.153 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Baik mantel atau ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Jangan dilewatkan, ya!
    Perlengkapan outdoor
    117.400 Views
  • 10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak hanya di pantai, Anda bisa memakai handuk pantai atau beach towel selama camping atau untuk menghias rumah. Handuk pantai yang tak lagi dipakai juga bisa dijadikan cover sofa atau hiasan dinding! Semuanya kembali lagi pada kreativitas masing-masing orang. Terlebih lagi, handuk pantai makin banyak jenis dan desainnya!Daripada galau, lebih baik Anda membaca cara memilih handuk pantai terbaik dari artikel kami berikut ini. Ada banyak merek keren seperti Naturehike dan Innisfree yang bisa dipilih. Motifnya juga keren-keren, lho! Silakan menjadi artikel ini sebagai referensi saat memilih handuk pantai.
    Perlengkapan outdoor
    828 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori