• 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.


Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu down jacket?

    Down jacket adalah tipe jaket yang mempunyai bahan insulator dari bulu angsa dewasa. Nah, down merupakan bagian dalam jaket yang terdiri dari bulu angsa atau bebek. Tentu saja, makin banyak down, makin hangat pula jaketnya. Secara sekilas, down jacket dan jaket dacron terlihat sama saja. Namun, keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. 

  • Down jacket

Jaket ini mempunyai daya insulasi suhu yang sangat baik. Jadi, tak heran jika harga yang ditawarkan pun cenderung lebih tinggi. Selain bobotnya ringan, down jacket juga mudah dilipat sehingga tak memakan tempat ketika dibawa bepergian.


  • Jaket dacron

Dibandingkan down jacket, jaket dacron mempunyai harga yang lebih ramah di kantong. Akan tetapi, jaket berbahan dacron cenderung lebih mengembang atau bulky sehingga cukup memakan tempat ketika dimasukkan ke dalam tas.


    Down jacket sering dipakai untuk kegiatan outdoor, bahkan sangat nyaman digunakan untuk mendaki gunung dengan ketinggian 3000 mdpl. Meski begitu, jaket ini juga nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari saat cuaca dingin. Karena desain dan warnanya cukup beragam, Anda bisa leluasa memilih sesuai dengan selera.

Cara memilih down jacket untuk pria

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih down jacket, seperti poin retensi panas, antiair, dan ukurannya. Simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

Kenakan baju double saat menentukan ukuran

Kenakan baju double saat menentukan ukuran

Dalam memilih down jacket berperforma tinggi, ukuran adalah hal yang penting. Ukuran down jacket yang terlalu besar akan menyisakan celah di antara jaket dan pakaian Anda. Celah ini akan membuat udara dingin masuk sehingga akan mengurangi rasa hangat jaket tersebut. Sebaliknya, jika ukuran jaket terlalu kecil, Anda jadi sulit bergerak.


Tips dari kami, pakailah sweater rajut di atas kaus sebelum mencoba down jacket. Jika jaket terasa pas dan Anda bisa bergerak dengan leluasa, ukuran tersebut cocok untuk Anda. Namun, cara ini tentunya hanya bisa dipakai ketika Anda memilih jaket di toko secara langsung.

Ketahui komposisi bahan dan fill power-nya

Rasa hangat yang dihasilkan oleh down jacket tergantung dari komposisi bahan dan fill power-nya. Karena itu, pastikan Anda memeriksa poin ini sebelum memilih.

Bahan down 70% dan feather 30%, untuk kehangatan yang baik

Bahan down 70% dan feather 30%, untuk kehangatan yang baik

Selain ukuran, rasa hangat adalah poin penting dalam memilih down jacket. Ada dua jenis bahan yang umumnya digunakan untuk membuat down jacket. Pertama, bahan down yang merupakan bulu bagian dada dari unggas yang hidup di air. Kedua, bahan feather yang merupakan bulu bagian sayap dari jenis unggas yang sama.


Nah, karena bahan down memiliki retensi panas lebih baik, sebaiknya Anda memilih produk dengan rasio down lebih besar. Sebagai contoh, Anda bisa memilih produk dengan rasio down 70% dan feather 30%. Dengan demikian, jaket tersebut akan menghasilkan kehangatan yang baik.

Fill power 600 atau lebih, untuk bobot ringan serta hangat

Untuk menentukan kehangatan dan kualitas down jacket, Anda bisa menilai dari fill power-nya. Fill power adalah ukuran untuk menunjukkan banyaknya udara hangat yang berada di dalam down jacket. Makin besar nilai fill power, makin tinggi pula tingkat kehangatan jaketnya. 


Menariknya, nilai fill power berbanding terbalik dengan bobot jaket. Jaket akan menjadi makin ringan seiring dengan meningkatnya nilai fill power. Sebagai gambaran, produk dengan fill power 600 atau lebih akan memiliki bobot ringan dan terasa hangat ketika dipakai.

Cek karakteristik outer-nya

Untuk kenyamanan dan penggunaan yang maksimal, Anda juga perlu memeriksa karakteristik bagian luar jaket. Karakteristik outer dari down jacket biasanya mencakup ketahanannya terhadap dingin, udara, dan air. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

Windproof: Mampu menghalau angin atau udara dingin

Jika Anda mencari jaket dengan daya windproof yang baik, pilihlah jaket yang bagian luarnya terbuat dari fiber sintetis. Di antara bahan-bahan fiber sintetis yang ada, kami sarankan Anda untuk memilih produk berbahan nilon dan poliester. Alasannya, kedua bahan tersebut memiliki tingkat windproof yang tinggi. 


Dengan adanya fungsi windproof, angin dan udara dingin tidak dapat masuk sehingga Anda akan merasa hangat. Selain itu, down jacket berbahan fiber sintetis mudah dicuci hanya dengan menggunakan tangan. Itulah sebabnya banyak orang yang memilih fiber sintetis dibandingkan katun atau linen.

Water-resistant, water-repellent, atau waterproof: Melindungi down dari air

Water-resistant, water-repellent, atau waterproof: Melindungi down dari air

Terdapat tiga jenis ketahanan terhadap air pada kain, yakni water-resistantwater-repellent, dan waterproofSimak karakteristik dari ketiganya di bawah ini.


  • Water-resistant

Kain water-resistant merupakan jenis kain dengan kekuatan menolak air paling rendah. Kain ini dapat bertindak sebagai penghalang agar Anda tidak terkena percikan air atau rintik hujan. Nah, jika kain ini ditambah satu pelapis lagi, kain tersebut jadi bersifat water-repellent


  • Water-repellent 

Jenis ini tentu lebih baik dari water-resistant karena memiliki sifat hydrophobic. Hydrophobic inilah yang membuat air tidak mudah masuk ke sela kain. Down jacket dengan water-repellent akan melindungi Anda dari hujan.


  • Waterproof

Ini merupakan jenis yang memiliki ketahanan paling kuat terhadap air. Itulah sebabnya kain waterproof akan tetap kedap air meski terpapar air yang cukup deras. Kemampuan down jacket untuk tetap kering saat terpapar air cukup beragam antara satu produk dengan produk lainnya. Karena itu, Anda perlu memastikannya terlebih dahulu ketika memilih.


Tingkat kehangatan yang tinggi adalah keunggulan utama dari down jacket. Namun, jika down basah, jaket tersebut akan kehilangan daya hangatnya. Karena itu, untuk kegiatan outdoor, sebaiknya pilih produk yang waterproof. Di sisi lain, untuk penggunaan dalam kota, produk dengan lapisan water-repellent atau water-resistant sudah cukup memadai. 

Pertimbangkan kemudahannya saat disimpan

Produk yang mudah disimpan tentu akan sangat menguntungkan Anda nantinya. Oleh karena itu, pertimbangkanlah faktor ini saat akan memilih down jacket. Sebagai contoh, terdapat produk yang dilengkapi dengan stuff bag. Dengan adanya stuff bag, Anda hanya perlu melipat jaket dan memasukkannya ke dalam tas tersebut. Praktis, bukan?


Selain stuff bag, ada pula produk dengan spesifikasi packable yang dapat dilipat serta dibawa dengan mudah. Produk dengan spesifikasi packable inilah yang paling nyaman untuk dibawa ketika berjalan-jalan atau kegiatan outdoor. Alhasil, Anda dapat segera melipat down jacket dan menyimpannya di dalam tas ketika sudah merasa panas.

Agar mudah dikombinasikan, pilihlah desain yang simpel

Agar mudah dikombinasikan, pilihlah desain yang simpel

Last but not least, apabila Anda ingin memakai down jacket di luar ruangan sekaligus di dalam kota, sebaiknya pilih produk berdesain simpel. Dengan begitu, Anda pun jadi lebih mudah memadukannya dengan berbagai pakaian yang Anda miliki di rumah.


Di sisi lain, jika ingin memakainya untuk keperluan outdoor, pilihlah produk dengan warna-warna terang atau cerah. Warna jaket seperti ini akan kelihatan mencolok sehingga posisi Anda mudah diketahui oleh rekan Anda selama di perjalanan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

UNIQLO Mantel Seamless Down

419990

Mulai dari Rp 1.490.000,00

10 Rekomendasi down jacket terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk down jacket terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Mobi GardenDuck Down 5'C Bulu Jacket Outdoor Pria

NMB1506001

Mulai dari Rp 930.000,00

UkuranM–XXL
RasioDown 90%
Fill power600
BahanNilon polyester
Ketahanan terhadap airWater-resistant
Bobot±250 gram
Stuff bag
9

Kathmandu Epiq Men's 600 Fill Hooded Down Jacket

A0957-NWO

Mulai dari Rp 1.000.000,00

UkuranM–XXL
RasioDown 80%
Fill power600
Bahan100% nilon taffeta
Ketahanan terhadap air Water-repellent
Bobot640 gram (ukuran M)
Stuff bag
8

DecathlonForclaz Men's Down Jacket - Navy

8397296

Mulai dari Rp 840.000,00

UkuranS–3XL
RasioDown 85%, 15% feathers
Fill power800
BahanTidak disebutkan
Ketahanan terhadap airWater-repellent
Bobot290 gram (ukuran L)
Stuff bag
7

Universal TravellerFitted Trendy Down Parka Jacket with Reflective Print

DJ9052

Mulai dari Rp 3.290.000,00

UkuranS–XXL
RasioDown 90%, feathers 10%
Fill powerTidak disebutkan
BahanNylon, polyester
Ketahanan terhadap airWater-resistant
Bobot1.180 gram
Stuff bag×
6

The North FaceMen’s Stretch Down Hoodie

NF0A3Y55

Mulai dari Rp 1.300.000,00

UkuranXS–XXL
RasioTidak disebutkan
Fill power700
Bahan91% nilon, 9% elastane stretch woven with non-PFC
Ketahanan terhadap airWater-repellent
Bobot610 gram
Stuff bag
5
UkuranM–L
RasioTidak disebutkan
Fill power700
BahanTidak disebutkan
Ketahanan terhadap airWater-repellent
Bobot300–350 gram
Stuff bag
4
UkuranS–XXL
RasioDown 90%, feather 10%
Fill power500
BahanPolyester
Ketahanan terhadap airTidak disebutkan
Bobot500 gram
Stuff bag
3

UNIQLOMen Jaket Parka Ultra Light Down

429282

Mulai dari Rp 999.000,00

UkuranS–XL
RasioDown 90%, feather 10%
Fill powerTidak disebutkan
BahanPoliamida
Ketahanan terhadap airWater-repellent
BobotTidak disebutkan
Stuff bag
2

Begonia Jaket Bulu Angsa Puffy V2 - Ultimate Goose Down

Mulai dari Rp 600.000,00

UkuranS–XL
RasioDown 90%, feather 10%
Fill power800
Bahan15D ripstop nylon downproof (DWR)
Ketahanan terhadap airTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
Stuff bag
1
UkuranM–XL
RasioDown 100%
Fill power600
BahanNylon Cire
Ketahanan terhadap airWaterproof
BobotTidak disebutkan
Stuff bag

Tabel perbandingan produk down jacket terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Angsana Jaket Goose Down Angsana 1

Angsana

2
Begonia  Jaket Bulu Angsa Puffy V2 - Ultimate Goose Down 1

Begonia

3
UNIQLO Men Jaket Parka Ultra Light Down 1

UNIQLO

4
CONSINA Annapurna 1

CONSINA

5
Kilimanjaro Denali Down Jacket 1

Kilimanjaro

6
The North Face Men’s Stretch Down Hoodie 1

The North Face

7
Universal Traveller Fitted Trendy Down Parka Jacket with Reflective Print 1

Universal Traveller

8
Decathlon Forclaz Men's Down Jacket - Navy 1

Decathlon

9
Kathmandu  Epiq Men's 600 Fill Hooded Down Jacket 1

Kathmandu

10
Mobi Garden Duck Down 5'C Bulu Jacket Outdoor Pria 1

Mobi Garden

Nama produk

Jaket Goose Down Angsana

Jaket Bulu Angsa Puffy V2 - Ultimate Goose Down

Men Jaket Parka Ultra Light Down

Annapurna

Denali Down Jacket

Men’s Stretch Down Hoodie

Fitted Trendy Down Parka Jacket with Reflective Print

Forclaz Men's Down Jacket - Navy

Epiq Men's 600 Fill Hooded Down Jacket

Duck Down 5'C Bulu Jacket Outdoor Pria

Keunggulan

Produk lokal, kualitas internasional!

Hangat maksimal dengan stopper yang bisa dikencangkan!

Tawarkan enam pilihan warna yang menarik

Down jacket yang siap temani saat hiking dan camping!

Jadi pusat perhatian dengan warna biru mencolok yang eye-catching

Potongannya slim fit, berikan kesan yang lebih singset

Bepergian pada malam hari lebih aman berkat reflective print-nya

Down jacket menggunakan bulu angsa terbaik bersertifikat RDS

Ada kantong khusus smartphone dan lubang khusus earphone-nya, lho!

Menjaga kehangatan tubuh di segala kegiatan harian

Harga mulai dariRp 794.000,00Rp 600.000,00Rp 999.000,00Rp 975.000,00Rp 395.000,00Rp 1.300.000,00Rp 3.290.000,00Rp 840.000,00Rp 1.000.000,00Rp 930.000,00
UkuranM–XLS–XLS–XLS–XXLM–LXS–XXLS–XXLS–3XLM–XXLM–XXL
RasioDown 100%Down 90%, feather 10%Down 90%, feather 10%Down 90%, feather 10% Tidak disebutkanTidak disebutkanDown 90%, feathers 10%Down 85%, 15% feathersDown 80%Down 90%
Fill power600800Tidak disebutkan500700 700Tidak disebutkan800600600
BahanNylon Cire15D ripstop nylon downproof (DWR)PoliamidaPolyesterTidak disebutkan91% nilon, 9% elastane stretch woven with non-PFCNylon, polyesterTidak disebutkan100% nilon taffetaNilon polyester
Ketahanan terhadap airWaterproof Tidak disebutkanWater-repellentTidak disebutkanWater-repellentWater-repellentWater-resistantWater-repellent Water-repellent Water-resistant
BobotTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan500 gram300–350 gram610 gram1.180 gram290 gram (ukuran L)640 gram (ukuran M)±250 gram
Stuff bag×
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jaket lainnya untuk pria di sini

Anda telah mengetahui lebih detail mengenai down jacket terbaik. Namun, selain down jacket, masih banyak model jaket yang dapat dikenakan dalam berbagai aktivitas Anda. Kami telah menulis artikel mengenai jaket sesuai pemakaiannya, silakan Anda baca pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi down jacket terbaik untuk pria. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai dengan keperluan? Melalui ulasan ini, Anda dapat memilih produk yang tepat berdasarkan retensi panas, bahan, ukuran, dan sebagainya.


Setelah menemukan produk yang tepat, Anda bisa memakainya untuk berbagai kegiatan, mulai dari daily activity hingga kegiatan outdoor. Mau memakainya untuk jalan-jalan di daerah tinggi yang dingin dan bersalju? Tentunya bisa, dong!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Di pasaran Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Tak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti UV. Namun, banyak orang kebingungan saat mencari kacamata yang efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti UV agar Anda dapat menemukan produk yang bagus sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti RockBros, GREY JACK, dan Bitzen. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi mata Anda dari radiasi UV!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa angin adalah item yang digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, kolam renang mini, pelampung, dan lain-lain. Pompa angin sendiri ada berbagai jenis, mulai dari yang portabel, manual, hingga memiliki beberapa katup berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pompa angin yang bagus?Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi pompa angin terbaik seperti merek United dan Wheel Up. Tidak lupa kami juga akan memberitahukan cara memilih pompa angin yang tepat untuk Anda. Jadi, pastikan Anda membaca artikel kami sampai selesai, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Nesting Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nesting Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk Anda yang suka kegiatan oudoor seperti berkemah atau mendaki gunung pasti sudah tidak asing dengan nesting. Nesting adalah salah satu peralatan memasak yang biasa dipakai saat camping. Ada berbagai bentuk dan merek nesting yang bagus di pasaran, mulai dari Consina, Naturehike, dan lainnya. Produk nesting memiliki keunggulan masing-masing. Nesting tabung untuk merebus, ceper untuk menumis atau menggoreng, dan sebagainya. Kami akan memberikan tips memilih sekaligus merekomendasikan produk nesting camping terbaik untuk Anda. Anda para pendaki wajib membacanya hingga tuntas sebab ada banyak produk nesting untuk mendaki gunung!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang banyak merek outdoor gear memproduksi carrier yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan Arei. Mereka juga memproduksi tas carrier wanita. Tidak hanya itu, harga tas carrier sangat bervariasi, ada yang murah, ada juga yang mahal.Sesuaikanlah kapasitas carrier dengan lama perjalanan Anda. Untuk perjalanan 1–2 hari, gunakanlah tas carrier 35 liter hingga 50 liter. Tas carrier 60 liter dan 70 liter untuk perjalanan 3–5 hari. Sementara itu, carrier 80 liter ke atas untuk perjalanan yang lebih lama. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori