10 Rekomendasi Brankas Terbaik Untuk Keperluan Rumah Tangga (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Brankas Terbaik Untuk Keperluan Rumah Tangga (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda termasuk tipe orang yang suka menyimpan uang dan perhiasan berharga di rumah? Tentunya Anda perlu mempertimbangkan tempat yang aman untuk menyimpannya. Memiliki brankas atau kotak penyimpan uang dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Faktor keamanan menjadi alasan utama perlunya Anda memiliki brankas atau kotak penyimpan uang di rumah Anda.

Berbagai tipe dan ukuran brankas kini tersedia untuk Anda. Berbagai fitur juga ditawarkan oleh produsen, seperti fitur pengaman menggunakan kata kunci, sidik jari, dan kartu pengaman. Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai model brankas yang sesuai dengan spesifikasi keunggulan dan harganya. Simak juga rekomendasi produknya ya!

Daftar isi

Cara memilih brankas untuk keperluan rumah tangga

Standar keamanan bagi masing-masing orang tentunya berbeda-beda. Ditambah lagi brankas memiliki berbagai macam jenis. Agar Anda tidak salah memilih tipe brankas, berikut kami informasikan hal-hal penting apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli brankas. Jangan sampai Anda salah membeli ya!

1. Pilih sesuai dengan aplikasi penggunaannya

Pertama-tama, kami akan memperkenalkan 2 tipe brankas kepada Anda. Pertama brankas tipe lemari, yakni brankas yang dipasang di dalam suatu ruangan atau kamar di rumah Anda.  Tipe kedua adalah brankas portabel yang mudah untuk dipindah-pindah.

Masing-masing tipe memiliki perbedaan dalam segi berat, jumlah barang yang dapat disimpan, keamanan, dan sebagainya. Silakan dibaca penjelasan masing-masing tipe dibawah ini.

Brankas tipe lemari, aman dan dapat diandalkan

Brankas tipe lemari, aman dan dapat diandalkan

Sebelum membeli brankas tipe ini, Anda perlu mengecek beberapa hal penting. Pertama, dimanakah brankas ini akan ditempatkan? Perlu diketahui, brankas tipe ini yang terkecil saja beratnya bisa sekitar 40-50 kilogram.

Anda perlu memastikan, berapa berat brankas yang akan Anda beli dan apakah ruangan tempat menyimpan brankas nantinya bisa menahan beban seberat brankas tersebut. Periksa lantai rumah Anda dan pastikan berat brankas tidak akan merusak ruangan di rumah Anda. Jika Anda ingin membeli brankas dengan kapasitas besar, ingatlah bahwa Anda mungkin memerlukan bantuan beberapa orang untuk mengangkat, memindahkan dan memasangnya.

Brankas tipe lemari dinilai lebih aman dibandingkan dengan lain. Karena ukurannya yang besar dan berat, maka tidak mudah untuk pencuri mengangkat dan memindahkannya. Selain itu, brankas tipe ini biasanya dilengkapi dengan fitur aman dari risiko perusakan paksa, kebakaran dan banjir. Jadi sekalipun pencuri berusaha untuk membongkar paksa brankas di lokasi, tetap tidak mudah dilakukan dalam waktu singkat. Demikian juga jika terjadi kebakaran, dokumen dan barang berharga Anda tentu aman dari risiko terbakar. Brankas tipe ini tidak mudah terbakar dan dilelehkan oleh pemanasan api.  Beberapa produk tipe ini, bahkan dilengkapi dengan fitur tahan air, sehingga dokumen dan barang berharga Anda aman dari risiko basah ketika terjadi banjir.

Ditambah lagi, brankas tipe lemari biasanya dilengkapi dengan kombinasi beberapa kunci pengaman. Karena fitur-fitur yang ditawarkan oleh brankas tipe ini lebih lengkap, maka brankas tipe lemari lebih dapat diandalkan untuk mengamankan barang dan dokumen berharga Anda.

Brankas tipe portabel, praktis dan bisa disimpan dimana saja

Brankas tipe portabel, praktis bisa disimpan dimana saja

Keunggulan dari tipe ini adalah mudah dibawa dan disimpan dimana saja. Namun sayangnya, karena mudah dibawa maka sangat berisiko terjadinya pencurian. Meskipun didukung dengan kualitas dan performa yang baik, risiko brankas tersebut dicuri tetap ada.

Sebelum membeli brankas tipe ini, Anda harus memikirkan tempat menyimpan brankas ini, yang aman dan jauh dari pandangan orang lain. Umumnya disimpan dalam lemari yang dilengkapi kunci pengaman atau pun disimpan di bawah lantai rumah Anda. Pastikan Anda memiliki tempat yang aman sebelum membeli brankas jenis ini.

2. Pilih berdasarkan jenis kunci pengaman

Sebelum membeli, mari kita pastikan dulu jenis kunci pengamannya. Model lama biasanya menggunakan jenis kunci tradisional seperti kunci pintu biasa, kunci pengaman bulat yang diputar kiri dan kanan, ataupun jenis pin angka yang ditekan. Model terbaru biasanya memiliki jenis kunci elektrik atau yang menggunakan kartu gesek.

Untuk memastikan keamanan brankas Anda, kami rekomendasikan Anda untuk membeli brankas yang dilengkapi dengan sistem dua kunci atau multi kunci. Berbagai produsen saat ini banyak yang menawarkan kombinasi sistem kunci pengaman, Anda bisa melihat spesifikasinya di masing-masing produk.

Brankas model kunci tradisional

Brankas model kunci tradisional

Brankas jenis ini mudah dibuka hanya dengan memutar anak kunci brankas. Seperti Anda membuka kunci pintu biasa. Terlihat praktis memang, namun juga berisiko tinggi. Jika Anda memilih brankas jenis ini, demi keamanan Anda, simpanlah kunci di tempat rahasia. Jika memungkinkan, maka Anda bisa memilih jenis kunci yang sulit atau tidak dapat di duplikasi. Ini penting untuk jaminan keamanan Anda.

Brankas model kunci kode diputar

Brankas model kunci kode diputar

Keamanan brankas ini terletak pada cara Anda membuat angka kode pengunciannya. Memang terlihat rumit karena Anda harus mengingat kode angka dan arah memutar kunci. Jika Anda sudah terbiasa dan hafal dengan rumusan kodenya, maka akan sangat mudah membuka brankas ini.

Hal yang paling penting untuk diingat ketika Anda membeli model ini adalah periksa kunci putarnya. Carilah model kunci putar yang agak berat ketika diputar dan memiliki jeda ketika Anda memutar angkanya. Ini akan memudahkan Anda untuk memastikan angka yang diputar sesuai dengan kode dan berhenti di angka yang tepat. Hindari pemutar yang longgar dan tidak ada jeda. Anda akan kesulitan untuk memastikan apakah putaran sudah pas di angkanya atau belum.

Brankas dengan model kunci pin angka

Brankas dengan model kunci pin angka

Brankas tipe ini sangat populer. Anda hanya perlu menekan kombinasi angka yang Anda gunakan sebagai pin untuk membukanya. Untuk manambah fitur keamanan, brankas tipe ini terkadang dilengkapi dengan kunci pengamanan ekstra. Salah satunya kunci pengaman menggunakan sidik jari.

Perlu Anda ketahui, brankas ini tidak dapat dibuka jika baterai pada kunci elektrik sudah lemah. Anda perlu memastikan baterai dalam kondisi baik dan menggantinya dengan yang baru secara rutin.

Brankas dengan model kunci kartu gesek magnetik

Brankas dengan model kunci kartu gesek magnetik

Brankas tipe ini mudah dan praktis untuk membukanya. Anda hanya perlu mengesek kartu magnetik pada pintu brankas. Ukuran kartu umumnya sama dengan ukuran kartu debit atau kredit. Namun ada juga yang menggunakan kartu berukuran panjang. Tipe ini ada juga yang menggunakan kombinasi 2 atau 3 jenis kunci. Misalnya tipe kunci kartu magnetik  dikombinasikan dengan angka pin ataupun sidik jari.

Kunci brankas mudah dibuka hanya dengan magnet

Kunci brankas mudah dibuka hanya dengan magnet

Tipe ini memiliki kinerja yang sangat baik. Kunci magnet sangat praktis dan mudah digunakan untuk membuka brankas. Anda bisa membukanya hanya dengan menempelkan kunci magnet pada brankas. Model yang modern, minimalis dan elegan sangat cocok dengan interior rumah Anda. Sebelum memutuskan untuk membeli produk ini, pastikan spesifikasinya juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Pilih yang memiliki daya tahan kuat

Umumnya brankas memiliki 2 tipe ketahanan. Pertama, brankas yang tahan terhadap api dan aman jika terjadi kebakaran. Kedua, brankas yang aman dari perusakan secara paksa misalnya saat terjadi pencurian atau perampokan.

Hanya produk yang telah teruji dengan kedua kondisi tersebut yang bisa dikatakan sebagai brankas anti api dan anti pencurian. Silakan disimak dibawah ini perbedaannya.

Uji daya tahan panas

Uji daya tahan panas

Ada beberapa standar yang digunakan untuk menguji daya tahan panas dari brankas. Diantaranya JIS yang merupakan standar uji di Jepang dan UL yang merupakan standar internasional. Di Indonesia, brankas yang sudah lulus uji tahan api akan diberikan label SNI 1741-2008. Rata-rata suatu brankas bisa menahan panas atau api sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam. Tentunya ini tergantung spesifikasi masing-masing brankas. Sebaiknya Anda mengecek spesifikasi mengenai daya tahan panas ini sebelum membeli.

Contoh, jika ditulis standar UL 1 jam aman terhadap pemanasan, maka artinya produk tersebut aman dari api dan pemanasan selama 1 jam. Perhatikan informasi mengenai daya tahan panas brankas ini sebelum anda membeli salah satu produknya.

Uji ketahanan terhadap risiko pencurian dan perampokan

Uji ketahanan terhadap resiko pencurian dan perampokan

Untuk menguji daya tahan brankas terhadap upaya perusakan, umumnya dilakukan serangkaian tes. Diantaranya tes daya tahan terhadap perusakan paksa dengan berbagai jenis alat, tes daya tahan terhadap perusakan dengan metode pelelehan dan sebagainya. Tentunya untuk merusak brankas dengan cara-cara tersebut membutuhkan waktu. Melalui tes ini, akan dihitung berapa lama waktu brankas bisa bertahan terhadap masing-masing metode perusakan paksa tersebut.

Ketika Anda membeli brankas, perhatikan informasi yang diberikan terkait dengan daya tahan ini. Jika tertulis tahan terhadap perusakan selama 1 jam, maka berdasarkan berbagai uji yang telah dilakukan brankas tersebut memiliki daya tahan terhadap perusakan selama 1 jam sebelum dapat dibuka paksa.

10 Rekomendasi brankas terbaik untuk keperluan rumah tangga

Bagaimana setelah Anda membaca ulasan diatas, tipe brankas seperti apakah yang Anda perlukan untuk kebutuhan rumah tangga Anda? Berikut ini kami rekomendasikan 10 brankas berdasarkan keunggulan, jenis kunci pengaman dan harganya. Silakan cek masing-masing spesifikasi barangnya dan dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Joyko CB-26A

10. Joyko CB-26A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 195.500

Kunci pembuka praktis

Produk ini termasuk tipe portabel, berukuran tidak terlalu besar dan berbobot ringan. Kunci brankas model ini menggunakan jenis kunci tradisional yang diputar biasa seperti Anda membuka pintu. Karena tipe ini termasuk sederhana, maka untuk menghindari pencurian pastikan Anda menyimpan produk ini dan kuncinya di tempat yang aman.

Supaya lebih aman, Anda dapat menyembunyikannya di lemari berkunci atau dimasukan ke dalam tas ketika Anda akan memindahkannya. Produk ini sangat praktis dan direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin dipusingkan dengan mengingat kode angka untuk membukanya.

9. Ichiban D-3000

9. Ichiban D-3000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 800.000

Brankas portabel dengan dua kunci pengaman

Direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan brankas portabel dan aman. Produk ini dilengkapi dengan dua kunci pengaman di kiri dan kanan yang dibuka dengan dengan cara memutarnya. Pastikan Anda ingat kombinasi angka dan arah putaran untuk membuka brankas ini.

Cocok untuk penggunaan pribadi di rumah, tentunya Anda akan merasa lebih aman menyimpan uang dan perhiasan Anda di dalam brankas berkunci ganda, dibandingkan dengan menyimpannya di kotak perhiasan biasa atau dompet. Hanya saja, karena bentuknya yang kecil dan ringan, akan memudahkan terjadinya pencurian. Karena itu pastikan Anda menyembunyikannya di tempat rahasia.

8.  OEM Book Safe

8. OEM Book Safe

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp. 203.000

Brankas kamuflase dalam bentuk kamus

Terkadang Anda mungkin bingung, dimana tempat yang aman untuk menyimpan brankas Anda, terlebih lagi jika brankas Anda model portabel yang mudah dipindahkan atau dimasukan kedalam tas. Produk keluaran OEM ini bisa menjadi pilihan Anda. Bentuknya yang sama seperti buku, akan memudahkan penyamaran brankas portabel ini.

Anda dapat menyimpannya di rak buku-buku Anda. Ukurannya yang tidak terlalu besar, pas untuk menyimpan perhiasan, koin emas atau uang Anda. Penyamaran yang sempurna menambah keunggulan produk ini dan sangat cocok untuk Anda yang memiliki rak buku-buku atau perpustakaan kecil di rumah.

7. OEM Brankas Portabel Kunci Sidik Jari

7. OEM Brankas Portabel Kunci Sidik Jari

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp. 1.428.740

Modern dan aman

Ukurannya yang kecil mudah dibawa, dimasukan dalam tas dan disimpan dimana saja termasuk kendaraan Anda. Fitur kunci pembuka menggunakan sidik jari pemilik menjadi jaminan keamanan. Brankas ini tentunya tidak bisa dibuka selain oleh pemiliknya.

Direkomendasikan untuk Anda pemilik toko yang ingin menyimpan uang hasil usaha dengan aman. Anda dapat memindahkannya dengan mudah dari toko ke rumah. Jika Anda ingin menyetorkan uang hasil usaha ke bank, Anda dapat menggunakan brankas kecil ini untuk pergi ke bank.

6. Krisbow 25EK

6. Krisbow 25EK

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 680.000

Harga ekonomis dengan kunci ganda

Produk keluaran Krisbow ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki brankas dengan harga terjangkau, namun memiliki ruang penyimpanan yang cukup memadai. Brankas ini memiliki pengaman kunci ganda, yakni dengan menggunakan kunci putar dan kombinasi angka pin. Keamanan berlapis ini menambah nilai plus produk dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Untuk kenyamanan Anda, pastikan mengganti baterai pada kunci elektrik secara rutin untuk memudahkan Anda ketika membuka brankas. Pastikan juga Anda menyimpan kunci dan kode pin angka ditempat yang aman. Tunggu apa lagi? Segera beli brankas ini dan amankan barang berharga Anda!

5. Yale YFM-352-FG2

5. Yale YFM-352-FG2

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp. 5.450.000

Jaminan 1 jam aman dari risiko terbakar

Produk dari Yale ini telah teruji tahan terhadap risiko api dan panas selama kurang lebih 60 menit. Sekalipun termasuk dalam kategori brankas lemari yang berukuran kecil, namun ruang penyimpanannya cukup untuk menyimpan dokumen pribadi Anda seperti paspor dan sertifikat.

Selain aman dari risiko kebakaran, brankas ini dilengkapi dengan kunci pengaman menggunakan kombinasi angka. Anda hanya perlu menekan kode pin angka untuk membuka pintu brankas. Direkomendasikan dan aman untuk Anda yang ingin menyimpan kertas dan dokumen rahasia di rumah tanpa khawatir terbakar.

4. Honeywell 5203

4. Honeywell 5203

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 2.570.000

Desain elegan dengan tampilan angka pin di layar

Produk brankas lemari Honeywell ini memiliki desain menawan dan elegan dengan warna gelap berkilau. Sistem pengunciannya menggunakan roda diputar dengan desain modern, ditambah layar yang akan menampilkan angka putaran pin semakin memudahkan Anda ketika membuka brankas.

Brankas lemari dengan ukuran kecil ini selain bisa menyimpan uang, emas batangan dan perhiasan, juga cukup untuk menyimpan surat-surat penting. Sangat direkomendasikan untuk pemakaian di rumah atau kantor Anda. Desainnya yang elegan dan model kunci pembuka serta layar menambah nilai plus brankas ini.

3. Honeywell 2607

3. Honeywell 2607

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 9.000.000

Brankas 2 rak yang aman dari risiko banjir dan kebakaran

Anda khawatir rumah Anda kebakaran dan dokumen berharga rusak terbakar? Atau Anda khawatir dokumen Anda basah karena kebanjiran di musim hujan? Sekarang Anda bisa bernafas lega, Honeywell mengeluarkan produk brankas yang aman dari risiko kebakaran dan kebanjiran.

Sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rumah dengan risiko sering kebanjiran dan rumah di daerah rawan kebakaran karena posisi rumah yang saling berdekatan. Sekalipun termasuk kategori brankas lemari berukuran kecil, namun ruang dalam brankas cukup luas dan terbagi atas 2 rak atas dan bawah. Yuk tunggu apalagi, beli produk ini segera!

2. Daikin DKS-20 CA

2. Daikin DKS-20 CA

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp. 4.200.000

Dilengkapi alarm pengaman

Ukurannya cukup besar untuk menyimpan dokumen dan benda berharga, serta tidak mudah dipindahkan karena cukup berat. Kunci pembuka pada brankas ini masih menggunakan jenis angka kombinasi yang diputar. Brankas ini sudah teruji tahan terhadap pemanasan api hingga aman terhadap risiko kebakaran.

Dilengkapi dengan alarm sebagai pengaman tambahan. Jika ada upaya perusakan atau pencurian, otomatis alarm akan berbunyi. Produk ini cocok bagi Anda yang memiliki satpam di rumah Anda, sehingga petugas keamanan dapat langsung bertindak ketika alarm berbunyi.

1. Honeywell 1108W

1. Honeywell 1108W

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 2.900.000

Brankas roda multifungsi

Brankas tipe lemari ini memiliki berat sekitar 45-50 kilogram. Dibandingkan brankas tipe lemari pada umumnya, produk ini memiliki desain yang unik dengan tambahan roda pada bagian bawahnya untuk memudahkan produk ini dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Selain itu, brankas ini juga memiliki jaminan aman terhadap risiko kebakaran dan banjir.

Kunci pengaman brankas ini hanya menggunakan kunci model tradisional biasa saja. Cukup praktis untuk Anda yang menginginkan kemudahan dalam membukanya, namun Anda perlu mempertimbangkan aspek keamanannya. Produk ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari brankas tipe lemari yang portabel, serta aman dari risiko banjir dan kebakaran dengan harga terjangkau.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan mengenai brankas dan masing-masing keunggulannya? Semoga bermanfaat dalam membantu Anda menemukan tipe brankas yang menjadi idaman Anda.

Pastikan untuk selalu mengecek fitur dan keunggulan masing-masing brankas sebelum Anda membelinya. Pertimbangkan juga harga masing-masing produk, apakah sesuai dengan anggaran Anda. Selamat berbelanja, semoga Anda menemukan produk yang sesuai keinginan Anda.