mybest
Brankas

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Brankas merupakan solusi untuk menyimpan barang berharga, seperti logam mulia, perhiasan, atau uang. Selain itu, brankas juga bisa melindungi barang berharga dari bencana, seperti kebakaran atau banjir. Tipe kunci brankas cukup beragam, misalnya menggunakan keypad numerik, silinder, atau keduanya. 

Kami akan menjelaskan cara memilih brankas yang bagus untuk Anda. Terdapat merek brankas terbaik, seperti Krisbow, Honeywell, atau Taffware. Sebelum memilih brankas, penting untuk menentukan barang yang akan disimpan dan lokasi penempatannya. Pastikan Anda baca sampai tuntas sebelum memutuskan membeli brankas untuk di rumah, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Desy Rachma
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Desy Rachma

Desy Rachma adalah lulusan UNY jurusan Sastra Indonesia yang akrab dipanggil Desy. Setelah lulus, ia bekerja selama 3,5 tahun di bidang penerbitan. Desy menjadi redaktur naskah yang bertugas mengawasi penulis, editor, serta memantau proses terbitnya naskah. Ia kemudian bekerja sebagai SEO & content specialist selama 2 tahun di salah satu perusahaan furnitur. Berbekal pengetahuan dan pengalaman selama studi maupun bekerja, Desy bergabung dengan mybest dan menjadi penulis pada tahun 2022. Di waktu senggangnya, Desy suka membaca novel dan membuat konten kreatif. Untuk meningkatkan mood, Desy biasanya menonton drama dan MV. Desy juga sudah memiliki beberapa karya buku yang telah diterbitkan.

Profil Desy Rachma
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa fungsi brankas?

Apa fungsi brankas?

Brankas adalah lemari besi tahan api yang biasanya digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga. Anda dapat menyimpan barang-barang, seperti surat berharga, perhiasan, uang, akta tanah, atau dokumen penting lainnya. Selain itu, brankas juga dapat memberikan perlindungan terhadap pencurian, kebakaran, atau banjir.


Umumnya, brankas berbentuk kotak dan terbuat dari baja atau besi yang dilengkapi dengan kunci pengaman. Selain dari segi keamanan, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya memiliki brankas di rumah. Yuk, disimak!


  • Kode kunci brankas dapat Anda atur secara acak sehingga hanya bisa diakses oleh si pemilik brankas.

  • Brankas tidak mudah dibobol maling karena biasanya memiliki material yang kokoh, tahan api, antiair, dan tahan bongkar.

  • Dilengkapi dengan beragam fitur canggih, seperti auto locking yang membuat brankas otomatis terkunci rapat.

  • Desain brankas beragam dan bisa berkamuflase, salah satunya memiliki bentuk menyerupai buku.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya memiliki brankas di rumah. Selain itu, kami juga akan menjelaskan informasi lebih detil mengenai tips memilih brankas. Yuk, simak penjelasan cara memilih brankas dari kami berikut ini!

Cara memilih brankas

Menemukan brankas yang tepat untuk keperluan rumah tangga memang tidak mudah karena spesifikasinya beragam. Pertama-tama, kami akan memperkenalkan cara memilih brankas terbaik untuk membantu Anda.

1

Untuk mengamankan aset berharga, pastikan brankas dilengkapi kunci pengaman yang rumit, seperti kartu magnetik, dial, keypad numerik, magnet, dan silinder

Untuk mengamankan aset berharga, pastikan brankas dilengkapi kunci pengaman yang rumit, seperti kartu magnetik, dial, keypad numerik, magnet, dan silinder

Ketika memilih brankas, putuskan apakah Anda ingin memprioritaskan kemudahan penggunaan atau tingkat pengamanannya. Nah, kami akan memperkenalkan tipe kunci brankas yang memiliki tingkat pencegahan tindak kriminalitas paling tinggi. Perhatikan baik-baik, ya!


  • Tipe kartu magnetik, mudah digunakan dan memiliki tingkat pengamanan tinggi.

Tipe ini biasanya digunakan oleh perusahaan di bidang keamanan sehingga keamanannya terjamin tinggi. Kunci elektrik mudah digunakan karena brankas cukup dibuka dengan menggesekkan kartu. Beberapa produk juga mengombinasikan kunci dengan keypad numerik agar lebih aman.


  • Tipe dial, memiliki tingkat keamanan yang memadai.

Kunci dial paling sering digunakan pada brankas. Tipe dial memiliki pengoperasian yang lebih sulit, tetapi cukup mudah bila Anda telah terbiasa. Tingkat keamanan tipe dial cukup baik karena membutuhkan ketelitian tinggi.


  • Tipe keypad numerik, kunci elektrik dengan kode PIN yang cukup populer.

Brankas ini bisa Anda buka dengan memasukkan kode PIN lewat keypad numeriknya. Biasanya brankas tipe ini dilengkapi kunci silinder untuk keamanan ganda. Anda juga harus mengganti baterainya setiap tahun karena brankas tidak berfungsi bila daya baterai habis.


  • Tipe magnet, struktur sederhana yang terbuka dengan kekuatan magnet.

Tipe magnet memiliki kinerja yang tinggi sekaligus praktis. Menggunakan kunci magnet khusus, brankas akan terbuka dengan kekuatan magnet. Anda bisa membuka dan mengunci brankas hanya dengan memasukkan kunci atau menempelkannya.


  • Tipe silinder, mudah dibuka dan digunakan.

Tipe ini mudah dioperasikan, Anda cukup memasukkan dan memutar anak kunci untuk membuka brankas seperti kunci pintu biasa. Namun, kunci ini mudah dicungkil jika konstruksinya kurang kuat. Pilih kunci dengan lekukan, seperti kerucut, dimple key, yang sulit diduplikasi dan dicungkil.


Nah, itu tadi beberapa tipe kunci yang biasanya digunakan brankas. Saran kami, pilihlah brankas yang memiliki tipe kunci rumit sehingga keamanannya lebih tinggi. Jadi, aset berharga yang disimpan, seperti dokumen rahasia, koin dinar, jam tangan mewah, barang antik, atau emas tetap aman.

2

Agar tidak mudah rusak, cari brankas yang terbuat dari bahan tahan api, tahan air, dan tahan banting

Agar tidak mudah rusak, cari brankas yang terbuat dari bahan tahan api, tahan air, dan tahan banting

Banyak orang memiliki brankas agar barang mereka aman dari pencurian ataupun kerusakan akibat bencana. Untuk itu, brankas dengan bahan tahan api, tahan air, dan tahan banting banyak dipilih. Namun, tidak semua brankas memiliki bahan tahan api dengan durasi lama. Umumnya, brankas terbuat dari bahan besi dan baja.


Brankas baja memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan bahan besi. Brankas baja dapat bertahan pada suhu api sekitar 927℃ atau sekitar 1 jam. Brankas baja juga bisa melindungi barang Anda dari air. Selain itu, brankas baja juga terkenal tahan banting. Serangkaian uji coba dilakukan untuk menguji ketahanan brankas.


Brankas yang lolos uji tahan api dan benturan akan dilabeli UL (standar internasional) dan JIS (standar uji Jepang). Sementara di Indonesia, brankas lolos uji tahan api dan benturan diberi label SNI 1741-2008. Misalnya saja, brankas dengan daya tahan UL 1 jam. Beberapa merek brankas yang tahan api dan air, seperti Krisbow, Honeywell, dan lainnya.

3

Untuk menyimpan perhiasan, pilih brankas yang ada sekat untuk berbagai jenis perhiasan

Untuk menyimpan perhiasan, pilih brankas yang ada sekat untuk berbagai jenis perhiasan

Untuk Anda yang ingin menyimpan perhiasan, sebaiknya pilih brankas yang memiliki sekat di bagian dalamnya. Brankas dengan sekat memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengelompokkan perhiasan berdasarkan jenis dan ukurannya. Selain itu, brankas bersekat akan memudahkan Anda untuk menemukan dan mengambil perhiasan yang diinginkan.


Meski begitu, jangan lupa untuk memperhatikan fitur keamanannya. Biasanya, brankas untuk menaruh perhiasan memiliki kunci kombinasi agar lebih aman. Bahkan, brankas perhiasan biasanya juga dilengkapi dengan sertifikasi ketahanan. Tidak lupa saat membeli brankas, perhatikan tata letak sekat-sekat di dalamnya. Pastikan sekat-sekat di dalamnya cukup untuk menyimpan perhiasan Anda.

4

Jika dana Anda terbatas, dapatkan brankas kecil atau mini yang harganya murah

Jika dana Anda terbatas, dapatkan brankas kecil atau mini yang harganya murah

Membeli brankas berukuran besar tentu akan membutuhkan banyak dana. Karena itu, bila dana Anda terbatas, pilihlah brankas berukuran kecil atau mini. Biasanya, brankas mini memiliki harga lebih murah dibandingkan brankas berukuran besar. Brankas mini biasanya memiliki ukuran panjang atau lebar maksimal sekitar 30 cm.


Ukurannya yang kecil membuat brankas ini dapat diletakkan di dalam lemari. Brankas mini juga cocok Anda gunakan untuk menyimpan uang atau perhiasan, seperti anting, gelang, dan cincin. Meskipun aman, perlu Anda ingat bahwa brankas kecil tidak sekuat brankas lemari. Jadi, pertimbangkan tipe kunci dan bahan brankasnya agar dapat memberikan keamanan untuk barang Anda.

5

Pertimbangkan brankas portabel jika Anda ingin membawanya saat bepergian

Pertimbangkan brankas portabel jika Anda ingin membawanya saat bepergian

Brankas portabel merupakan tipe brankas yang mudah dibawa dan disimpan. Alasannya karena brankas portabel memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan brankas tipe lemari. Brankas portabel biasanya memiliki desain sederhana dan hanya digunakan untuk menyimpan uang atau perhiasan.


Meski memiliki desain sederhana, beberapa brankas portabel sudah dibuat dengan bahan tahan api dan tahan banting. Karena itu, gunakan tipe ini jika Anda ingin membawa serta brankas dalam keadaan utuh ketika harus evakuasi. Tipe brankas portabel juga cocok Anda gunakan untuk keperluan pribadi di rumah karena rata-rata berukuran kecil.

6

Sesuaikan brankas dengan ukuran barang yang akan Anda simpan, storage luas untuk dokumen atau barang yang besar

Sesuaikan brankas dengan ukuran barang yang akan Anda simpan, storage luas untuk dokumen atau barang yang besar

Saat membeli brankas, Anda perlu mempertimbangkan ukuran dan kapasitasnya agar sesuai kebutuhan. Ukuran brankas untuk Anda yang tinggal sendirian tentu akan berbeda dengan brankas yang digunakan sekeluarga. Untuk lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.


  • Brankas berkapasitas 10 liter, pas untuk menyimpan barang-barang kecil.

Umumnya, barang-barang berharga pribadi berukuran kecil dan tidak sebanyak jika Anda sudah berkeluarga. Brankas berukuran kecil cocok Anda gunakan untuk menyimpan perhiasan atau uang.


  • Brankas berkapasitas lebih dari 10 liter atau 40 liter, untuk menyimpan barang besar.

Anda perlu mempertimbangkan brankas berukuran besar jika jumlah anggota keluarga lebih dari tiga orang. Alasannya karena barang berharga atau dokumen penting jumlahnya lebih banyak. Dengan storage luas, Anda dan keluarga menjadi leluasa saat menyimpan barang berharga.


Selain itu, Anda perlu mengetahui bobot brankas terlebih dahulu karena biasanya bobotnya tidak sebanding dengan kapasitas atau ukurannya. Paling penting, Anda harus mengetahui dimensi brankas bagian dalam agar bisa menyimpan barang sesuai kebutuhan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi brankas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk brankas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe brankas
Tipe kunci
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar
Ukuran dalam
Berat
Penggunan
1

SAFEBET

Security Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book StorageER567

SAFEBET Security Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book Storage 1

Rp99.000

Lebih Murah

Brankas murah dan unik yang berkamuflase dalam bentuk kamus

Tipe portabel

Silinder

18 cm x 11,5 cm x 5,5 cm (S), 24 cm x 15,5 cm x 5,5 cm (M), 26,5 cm x 20 cm x 6,5 cm (L)

Tidak disebutkan

Tidak disebutkan

Pribadi

2

Krisbow

Cash Box 8 InchWHT-TS0030

Krisbow Cash Box 8 Inch 1

Rp149.000

Agak Murah

Brankas uang berukuran mini yang pas dijadikan brankas pribadi

Tipe portabel

Silinder

20 cm x 16 cm x 9 cm

Tidak disebutkan

0,95 kg

Pribadi

3

Krisbow

Brankas Besi17nef

Krisbow Brankas Besi 1

Rp449.900

Agak Murah

Brankas tipe lemari dengan material solid steel yang tahan air dan antikarat, awet!

Tipe lemari

Keypad numerik, silinder

23 cm x 17 cm x 17 cm

22,8 cm x 12 cm x 16,8 cm

2,7 kg

Pribadi

4

Honeywell

Waterproof, Fire and Theft Safe2901

Honeywell Waterproof, Fire and Theft Safe 1

Rp2.200.000

Agak Mahal

Brankas tahan air selama 8 jam, pas untuk daerah yang sering banjir!

Tipe lemari

Keypad numerik

39,6 cm x 29,9 cm x 42,3 cm

31,3 cm x 21,5 cm x 29,5 cm

19,6 kg

Rumah tangga

5

Taffware

Mini Electric Password Safe Deposit Box 17E

Taffware Mini Electric Password Safe Deposit Box  1

Rp421.700

Agak Murah

Brankas tipe lemari yang bobotnya ringan dan portabel!

Tipe lemari

Keypad numerik, silinder

17 cm x 17 cm x 23 cm

Tidak disebutkan

3 kg

Pribadi

6

Honeywell

Low Profile Digital Security Safe5115

Honeywell Low Profile Digital Security Safe 1

Rp1.750.000

Menengah

Bagian interior dilengkapi karpet, barang berharga Anda aman dari lecet

Tipe lemari

Keypad numerik, silinder

25 cm x 35 cm x 25,8 cm

22,5 cm x 34,5 cm x 18,5 cm

8,7 kg

Pribadi

7

Indosan Berkat Bersama

Brankas SAN AlpenB41D

Indosan Berkat Bersama Brankas SAN Alpen 1

Rp5.868.500

Agak Mahal

Brankas tahan api hingga 90 menit, dokumen yang disimpan tetap aman saat kebakaran

Tipe lemari

Keypad numerik, silinder

43,5 cm x 44 cm x 53 cm

32 cm x 31 x 41,2 cm

64 kg

Rumah tangga

8

ALLSAFE

Brankas Touch & FingerprintAS-ES 23

ALLSAFE Brankas Touch & Fingerprint 1

Rp1.999.000

Menengah

Brankas yang menghadirkan beragam pilihan warna, bisa dipilih sesuai selera

Tipe lemari

Keypad numerik

23 cm x 43 cm x 35 cm

Tidak disebutkan

Tidak disebutkan

Pribadi

9

ELM

Cash Box / Brankas Emas / Brankas Uang8835

ELM Cash Box / Brankas Emas / Brankas Uang 1

Rp1.300.000

Menengah

Brankas mini untuk menyimpan perhiasan atau uang yang mudah dibawa-bawa

Tipe portabel

Dial, silinder

27,9 cm x 17,9 cm x 11,8 cm

Tidak disebutkan

Tidak disebutkan

Pribadi

10

Yale

Brankas Tahan ApiYFM 520

Yale Brankas Tahan Api 1

Rp7.200.000

Lebih Mahal

Brankas antikarat dengan tombol digital otomatis, cocok untuk pengamanan maksimal barang berharga Anda

Tipe lemari

Keypad numerik

52,2 cm x 40,4 cm x 44 cm

41 cm x 30 cm x 30 cm

55 kg

Rumah tangga

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SAFEBETSecurity Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book StorageER567

Security Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book Storage 1
Sumber: shopee.co.id
Security Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book Storage 2
Sumber: shopee.co.id
Security Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book Storage 3
Sumber: shopee.co.id
Security Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book Storage 4
Sumber: shopee.co.id
Security Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book Storage 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp99.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp99.000
Lebih Murah

Brankas murah dan unik yang berkamuflase dalam bentuk kamus

Kelebihan:

  • Desain brankas mini dan portabel sehingga bisa Anda simpan di mana saja

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan barang mudah penyok

Siapa yang mengira kalau barang berharga Anda bisa disimpan di dalam kamus? Ya, kamus! Bukan kamus sesungguhnya, tetapi brankas yang berkamuflase sebagai kamus. Bahkan, mungkin Anda sendiri tidak akan mengira sebelumnya. Produk SAFEBET ini tepat untuk mengelabui orang yang berniat jahat di rumah Anda.


Namun, karena produknya sudah umum beredar di pasaran, ada baiknya Anda sedikit berkreasi dengan sampulnya. SAFEBET ER567 bahkan memiliki tiga ukuran yang tersedia dengan variasi sampul. Jadi, Anda bisa memiliki brankas unik ini lebih dari satu unit.

Tipe brankasTipe portabel
Tipe kunciSilinder
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar18 cm x 11,5 cm x 5,5 cm (S), 24 cm x 15,5 cm x 5,5 cm (M), 26,5 cm x 20 cm x 6,5 cm (L)
Ukuran dalamTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
PenggunanPribadi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

KrisbowCash Box 8 InchWHT-TS0030

Harga referensi
Rp149.000
Agak Murah

Brankas uang berukuran mini yang pas dijadikan brankas pribadi

Kelebihan:
  • Dilengkapi banyak ruang penyimpanan, mudah untuk menyimpan uang kertas, koin, kunci, atau kartu
  • Konsumen puas karena bahannya tebal 

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan cat tidak rata

Sesuai namanya, produk Krisbow ini paling tepat digunakan sebagai brankas uang tunai. Menariknya, terdapat lapisan baki di dalam brankas sehingga Anda bisa menyimpan dokumen tanpa terlipat di bawahnya.


Brankas Krisbow ini memiliki kunci silinder saja sehingga praktis jika Anda tidak ingin direpotkan kode PIN untuk membukanya. Karena beratnya hanya 1 kg, Anda bisa memindahkannya dengan leluasa. Produk ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan uang seperti mesin kasir apabila memiliki usaha di rumah.

Tipe brankasTipe portabel
Tipe kunciSilinder
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar20 cm x 16 cm x 9 cm
Ukuran dalamTidak disebutkan
Berat0,95 kg
PenggunanPribadi
View all
No.3

KrisbowBrankas Besi17nef

Harga referensi
Rp449.900
Agak Murah

Brankas tipe lemari dengan material solid steel yang tahan air dan antikarat, awet!

Kelebihan:

  • Dilengkapi lampu indikator sehingga memudahkan Anda untuk melihat keypad numeriknya
  • Dilengkapi knob yang nyaman untuk digenggam
  • Bagian interior dilengkapi karpet, berikan kesan mewah dan aman di dalam brankas

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk brankas rumah tangga karena kapasitas penyimpanan yang terbatas

Anda pasti sudah familier dengan merek Krisbow, bukan? Nah, merek Krisbow juga menghadirkan brankas tipe lemari yang compact untuk menyimpan barang berharga Anda. Meski termasuk brankas tipe lemari, harga produk dari Krisbow ini cukup ekonomis, lho. Ditambah lagi, produk ini terbuat dari bahan solid steel dan finishing powder coating


Materialnya berkualitas sehingga membuat produk ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan karat. Asyiknya lagi, bagian interior produk dilengkapi dengan karpet sehingga memberikan kesan mewah di dalamnya. Bila membutuhkan tipe lemari yang praktis disimpan di mana pun, brankas Krisbow ini bisa Anda pertimbangkan.

Tipe brankasTipe lemari
Tipe kunciKeypad numerik, silinder
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar23 cm x 17 cm x 17 cm
Ukuran dalam22,8 cm x 12 cm x 16,8 cm
Berat2,7 kg
PenggunanPribadi
View all
No.4

HoneywellWaterproof, Fire and Theft Safe2901

Harga referensi
Rp2.200.000
Agak Mahal

Brankas tahan air selama 8 jam, pas untuk daerah yang sering banjir!

Kelebihan: 

  • Bagian dalamnya luas, bisa menyimpan banyak barang
  • Dilengkapi lubang kunci darurat yang tersembunyi sehingga aman dari maling

Kekurangan:

  • Ada ulasan menyebutkan tombol digital mudah bermasalah

Meskipun hanya tahan api selama 30 menit, brankas ini memiliki daya tahan terhadap air yang luar biasa. Honeywell 2901 bisa melindungi isi di dalamnya dari air saat tenggelam hingga 8 jam. Maka dari itu, brankas ini tepat untuk Anda yang tempat tinggalnya sering terjadi banjir.


Brankas ini sudah dilengkapi baut untuk menahan badannya pada permukaan kayu atau semen. Anda tidak perlu khawatir brankas akan hilang dari tempatnya. Produk ini juga mampu menyimpan barang hampir sebesar dimensi dalamnya. Jadi, Anda bisa menyimpan cukup banyak barang di dalam brankas ini.

Tipe brankasTipe lemari
Tipe kunciKeypad numerik
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar39,6 cm x 29,9 cm x 42,3 cm
Ukuran dalam31,3 cm x 21,5 cm x 29,5 cm
Berat19,6 kg
PenggunanRumah tangga
View all
No.5

TaffwareMini Electric Password Safe Deposit Box 17E

Harga referensi
Rp421.700
Agak Murah

Brankas tipe lemari yang bobotnya ringan dan portabel!

Kelebihan:

  • Compact, bisa dimasukkan ke dalam tas

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan baterai harus sering diganti

Bila Anda membutuhkan brankas tipe lemari yang mudah dibawa-bawa, produk ini adalah solusinya. Beratnya hanya sekitar 3 kg, lebih ringan dari brankas tipe lemari pada umumnya dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Jadi, tentukan lebih dahulu barang yang akan Anda simpan sebelum membelinya, ya.


Bila Anda khawatir brankas akan dibawa lari pencuri, tempelkan saja di dinding. Taffware 17E juga sudah dilengkapi kunci ganda sebagai pengaman. Bahkan, produk ini sudah dilengkapi LED sebagai notifikasi daya baterai. Sebuah paket lengkap untuk tipe lemari yang harganya terjangkau, bukan?

Tipe brankasTipe lemari
Tipe kunciKeypad numerik, silinder
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar17 cm x 17 cm x 23 cm
Ukuran dalamTidak disebutkan
Berat3 kg
PenggunanPribadi
View all
No.6

HoneywellLow Profile Digital Security Safe5115

Harga referensi
Rp1.750.000
Menengah

Bagian interior dilengkapi karpet, barang berharga Anda aman dari lecet

Kelebihan:

  • Cukup lebar untuk menyimpan laptop 17 inci
  • Dilengkapi kunci akses darurat sebanyak dua kunci
  • Dilengkapi dengan fitur anchoring atau penanaman pada dasar lemari sehingga tahan bongkar maling

Kekurangan:

  • Bagian dalam tidak bersekat sehingga tidak bisa menyimpan barang yang berbeda kategori

Dimensinya yang lebar membuat brankas ini bisa menyimpan dokumen dan laptop berukuran hingga 17 inci dengan baik. Alas di dalam brankas juga dilapisi karpet supaya barang yang tersimpan tidak lecet. Bila Anda berencana untuk menyimpan perhiasan atau logam mulia, Honeywell 5115 akan menjaga kualitasnya.


Sebagai tindak pencegahan pencurian, brankas ini memiliki engsel tersembunyi yang tidak tepat berada di sisi pintu. Ketika seseorang mencoba memasukkan kode PIN secara sembarangan, brankas akan otomatis menolak metode ini setelah percobaan ketiga. Setelah itu, brankas hanya bisa dibuka dengan kunci manual.

Tipe brankasTipe lemari
Tipe kunciKeypad numerik, silinder
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar25 cm x 35 cm x 25,8 cm
Ukuran dalam22,5 cm x 34,5 cm x 18,5 cm
Berat8,7 kg
PenggunanPribadi
View all
No.7

Indosan Berkat BersamaBrankas SAN AlpenB41D

Harga referensi
Rp5.868.500
Agak Mahal

Brankas tahan api hingga 90 menit, dokumen yang disimpan tetap aman saat kebakaran

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan fitur anchoring atau penanaman pada dasar lemari sehingga tahan bongkar maling
  • Cocok dijadikan sebagai brankas uang sekaligus dokumen penting karena bagian dalamnya dilengkapi rak dan laci

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat, yakni 64 kg

Bencana tidak bisa diduga waktu datangnya, begitu pula dengan bencana kebakaran. Untuk itu, Anda harus menyiapkan tempat penyimpanan yang aman dan antiapi untuk dokumen-dokumen penting. Nah, kami memiliki rekomendasi brankas dokumen tahan api hingga 90 menit dari SAN Alpen ini.


Produk yang sudah tersertifikasi tahan api ini dilengkapi kunci digital dengan tombol LED sehingga Anda dapat mengatur PIN sendiri. Menariknya, brankas pribadi ini juga dilengkapi fitur anchoring sehingga bisa Anda tanam pada lemari atau tembok. Dengan fitur tersebut, brankas ini tahan bongkar dan aman dari maling. Jadi, jangan sampai melewatkan produk ini!

Tipe brankasTipe lemari
Tipe kunciKeypad numerik, silinder
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar43,5 cm x 44 cm x 53 cm
Ukuran dalam32 cm x 31 x 41,2 cm
Berat64 kg
PenggunanRumah tangga
View all
No.8

ALLSAFEBrankas Touch & FingerprintAS-ES 23

Harga referensi
Rp1.999.000
Menengah

Brankas yang menghadirkan beragam pilihan warna, bisa dipilih sesuai selera

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan alarm system sehingga brankas lebih aman dari maling
  • Dilengkapi voice guide yang memudahkan Anda membuka dan menutup brankas

Kekurangan:

  • Ada pembeli mendapatkan produk dengan warna cat yang terkelupas

Anda bosan dengan warna brankas dokumen yang begitu-begitu saja? Tenang, kami punya rekomendasi brankas pribadi untuk Anda dengan pilihan warna beragam. Brankas ALLSAFE ini menghadirkan warna yellow, orange, black, green, dan pink. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan lubang kunci darurat, lho.


Dengan adanya kunci ganda, keamanan barang berharga pun akan terjaga baik. Makin aman lagi, produk ini sudah dilengkapi alarm system yang akan berbunyi saat seseorang salah memasukkan passcode. Oh ya, produk ini juga sudah dilengkapi dengan sistem cadangan baterai. Meski begitu, Anda harus mengecek daya baterainya secara rutin agar produk berfungsi baik.

Tipe brankasTipe lemari
Tipe kunciKeypad numerik
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar23 cm x 43 cm x 35 cm
Ukuran dalamTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
PenggunanPribadi
View all
No.9

ELMCash Box / Brankas Emas / Brankas Uang8835

Harga referensi
Rp1.300.000
Menengah

Brankas mini untuk menyimpan perhiasan atau uang yang mudah dibawa-bawa

Kelebihan:

  • Dilengkapi handle tangan untuk memudahkan Anda membawanya
  • Dilengkapi sekat sehingga Anda bisa menyimpan barang dengan jenis berbeda

Kekurangan:

  • Ada ulasan mengatakan kunci produk sedikit susah untuk dibuka

Apakah Anda sering membawa barang-barang berharga saat bepergian? Jika ya, Anda bisa menggunakan produk brankas dari ELM ini untuk membawa barang-barang berharga. Produk ini dilengkapi dengan sekat-sekat di bagian dalamnya sehingga Anda bisa menyimpan perhiasan berbeda dengan rapi. 


Menariknya lagi, produk ini juga cocok menjadi brankas uang koin karena salah satu sekatnya dapat dijadikan sebagai coin tray. Selain itu, produk ELM ini mudah Anda bawa-bawa karena sudah dilengkapi handle tangan di bagian atasnya. Cukup praktis di bawa ke mana saja, bukan? So, jangan sampai kehabisan produknya!

Tipe brankasTipe portabel
Tipe kunciDial, silinder
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar27,9 cm x 17,9 cm x 11,8 cm
Ukuran dalamTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
PenggunanPribadi
View all
No.10

YaleBrankas Tahan ApiYFM 520

Harga referensi
Rp7.200.000
Lebih Mahal

Brankas antikarat dengan tombol digital otomatis, cocok untuk pengamanan maksimal barang berharga Anda

Kelebihan:

  • Dilengkapi kunci otomatis sehingga bisa mengunci sendiri bila seseorang salah memasukkan PIN password
  • Tombol kunci bisa menyala saat disentuh sehingga memudahkan Anda untuk membukanya

Kekurangan:

  • Bobotnya mencapai 55 kg sehingga cukup sulit untuk dipindahkan

Apakah Anda sedang mencari brankas berbahan baja yang antikarat dan tahan api? Karena itu, kami merekomendasikan brankas dari Yale. Brankas ini dilengkapi dengan penguncian ganda, yakni keypad numerik dan fingerprint. Bahkan, Anda bisa mengatur kode PIN sendiri. 


Tenang, kode PIN yang bisa dibuat mencapai 1 miliar kombinasi. Dengan begitu, Anda bisa mengacak kombinasi yang tepat untuk kuncinya. Menariknya, produk ini juga bisa mengunci otomatis bila Anda mengatur waktu kuncinya, baik itu 1 jam maupun 48 jam. Ditambah lagi, produk ini bisa melindungi barang berharga Anda dari panas api selama 1 jam. Wah, produk yang sangat mumpuni, ya!

Tipe brankasTipe lemari
Tipe kunciKeypad numerik
Tahan api
Pencegahan pencurian
Ukuran luar52,2 cm x 40,4 cm x 44 cm
Ukuran dalam41 cm x 30 cm x 30 cm
Berat55 kg
PenggunanRumah tangga
View all

Tingkatkan keamanan brankas dengan baut jangkar!

Tingkatkan keamanan brankas dengan baut jangkar!

Brankas memang mampu melindungi barang berharga, tetapi kadang Anda khawatir kalau brankas dibawa lari pencuri. Bila itu masalahnya, lebih baik pilih produk yang dapat dikunci dengan baut jangkar. Baut jangkar adalah sekrup yang bisa menahan badan brankas pada dinding atau lantai.


Brankas yang kompatibel dengan baut jangkar sudah memiliki lubang untuk dipasangi baut. Metode ini berguna bila Anda menyimpan logam mulia Antam atau sertifikat penting. Sebelum membeli brankas, periksa produk yang bisa dikunci dengan baut jangkar, ya!

Baca juga rekomendasi tempat lainnya untuk menyimpan barang berharga di sini

Brankas memang menjadi pilihan tepat untuk menyimpan barang-barang berharga Anda. Namun, beberapa barang berharga, seperti uang, perhiasan, dan arloji memiliki tempat penyimpanan khusus. Bila Anda sedang mencari tempat penyimpanan barang berharga tersebut, kami telah menyiapkan rekomendasinya. Yuk, simak artikelnya berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, sudahkah Anda menemukan brankas terbaik untuk keperluan rumah tangga? Barang berharga, seperti perhiasan, dokumen, atau uang lebih aman disimpan dalam brankas. Keutuhannya juga terjamin dengan fungsi-fungsi, seperti tahan api dan pencegahan pencurian.


Tentukan lebih dahulu barang-barang apa yang akan Anda simpan di dalam brankas. Kemudian, pilih ukuran yang bisa menampung barang dan sesuai dengan lokasi penempatannya. Dijamin, Anda terhindar dari membeli brankas yang salah!

5 Rekomendasi Brankas terbaik

No. 1: SAFEBETSecurity Dictionary Cash Jewelry Key Lock Book StorageER567

No. 2: KrisbowCash Box 8 InchWHT-TS0030

No. 3: KrisbowBrankas Besi17nef

No. 4: HoneywellWaterproof, Fire and Theft Safe2901

No. 5: TaffwareMini Electric Password Safe Deposit Box 17E

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.