10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang. Namun tidak hanya itu, sebagian orang juga memilih mendengarkan musik melalui smartphone untuk menemani perjalanan ke sekolah, ke kampus, atau ke kantor. Oleh sebab itu, earphone menjadi produk penting dan wajib dibawa bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.

Berbagai produk earphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Lalu apa saja poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih earphone? Kami akan membahasnya secara mendetail untuk Anda. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi earphone terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan.

Daftar isi

Cara memilih in-ear headphone

In-ear headphone adalah salah satu jenis headphone yang menawarkan kualitas bass yang maksimal. Berbagai jenis earphone yang dipasarkan saat ini tentu menawarkan fitur yang berbeda-beda. Seperti desain yang modis, tidak mudah terlepas, atau jatuh saat berlari, dan tentunya kualitas suara tinggi. Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih earphone.

Jenis kanal dengan isolasi suara lebih baik dari pada jenis lainnya

Jenis kanal dengan isolasi suara lebih baik dari pada jenis lainnya

Jika Anda mencari produk earphone yang menghasilkan kualitas bass yang baik, jenis kanal adalah jawabannya. Earphone jenis ini memiliki ear plug yang kecil, sehingga suara yang dihasilkan berjarak lebih dekat dengan gendang telinga dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, ear plug yang dilengkapi dengan karet silikon akan meningkatkan kinerja dan menahan bass supaya tidak terdengar keluar.

Lubang telinga mempunyai diameter yang lebih besar dibanding diamater ear plug. Oleh sebab itu, earphone jenis ini menambahkan karet silikon untuk menyesuaikan dengan ukuran lubang telinga,  sehingga isolasi suara menjadi lebih maksimal. Dengan produk ini, suara akan terfokus, dan Anda tidak akan terganggu dengan suara di sekitar Anda.

Struktur untuk menghasilkan bass yang lebih kuat

Struktur untuk menghasilkan bass yang lebih kuat

Banyak peralatan untuk rumah yang menawarkan kualitas bass yang yang lebih berat dan dentuman yang lebih besar, misalnya saja home speaker. Namun, berbagai produsen bersaing untuk menghasilkan teknologi earphone yang mengadopsi fitur seperti home speaker ini. Walau demikian, besarnya efek bass yang terdengar ditentukan oleh “driver” yang memainkan suara di sisi earphone.

Meski ditulis sebagai notasi kinerja earphone, pita frekuensi reproduksi Hz ~ kHz, ini adalah cerita tentang luasnya frekuensi sampai yang terakhir. Semakin Anda mengecilkan volume, maka semakin kecil juga efek bass yang akan terdengar.

Tipe dinamis dari tipe armature yang seimbang

Ear plug adalah bagian terpenting dari earphone yang akan menentukan kualitas bass yang dihasilkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, “driver” adalah bagian yang memainkan suara. Earphone memiliki dua tipe driver, tipe dinamis tipe armature (tipe BA).

Tipe dinamis yang menghasilkan distorsi kecil

Tipe dinamis yang menghasilkan distorsi kecil

Tipe dinamis mengirim sinyal ke koil suara menggunakan magnet. Suara yang berubah menjadi sinyal musik dikirim ke diafragma, sinyal kemudian disusun untuk menghasilkan suara dengan menggetarkannya. Hasilnya adalah kualitas suara yang bagus dalam reproduksi bass dan distorsi yang kecil.

Tipe armature yang seimbang (tipe BA)

Tipe armature yang seimbang (tipe BA)

Tipe armature lebih seimbang. Listrik dialirkan melalui koil suara, dan ditransmisikan ke piring besi yang disebut angker. Sinyal kemudian ditransmisikan ke batang pengemudi dan diafragma yang terstruktur untuk memancarkan suara yang menggetarkannya. Karakteristik suara sangat bagus dalam reproduksi jarak menengah ke atas, namun distorsi kemungkinan besar akan terjadi.

10 Rekomendasi in-ear headphone terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk in-ear headphone terbaik untuk membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan keinginan Anda.

10. Xiaomi Piston 3

10. Xiaomi Piston 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Desain stylish dengan harga terjangkau

Produk earphone ini terbuat dari bahan metal yang kuat dan stylish. Menggunakan teknologi balance damping system generasi 3 yang mampu menghasilkan suara bass yang lebih besar, natural, dan detail. Dilengkapi dengan teknologi laser cutting yang sangat presisi, membuat produk ini memiliki kualitas body yang sangat baik dan kuat.

Terdapat microphone dan tombol multifungsi yang akan memudahkan Anda untuk menerima panggilan, dan untuk fungsi next/pause musik. Anda dapat menggunakan earphone ini saat menerima panggilan, sehingga mengurangi dampak radiasi dari smartphone anda.  Kabel earphone terbuat dari kabel pipih, sehingga tidak mudah kusut dan lebih tahan lama. Harganya sangat terjangkau, cocok untuk Anda yang sedang ingin berhemat.

9. Samsung IG935

9. Samsung IG935

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Earphone yang antikusut

Earphone yang dikeluarkan brand Samsung ini dilengkapi dengan kabel antikusut, sehingga Anda tidak perlu meluruskan kabel terlebih dahulu setiap kali ingin memakainya. Jika Anda bosan dengan earphone yang selalu menyusahkan saat ingin digunakan, produk ini dapat menjadi pilihan. Desainnya stylish dengan metal finish yang terlihat elegan dengan dominasi warna abu-abu gelap.

Dilengkapi dengan tiga tombol kontrol (play, pause dan volume) yang akan memudahkan Anda saat mendengarkan musik. Produk ini dapat digunakan untuk semua brand smartphone yang menggunakan connector headphone 3,5 mm. Panjang kabelnya 1,2 meter, sehingga Anda tetap dapat menggunakan produk ini saat smartphone diletakkan di tas atau di kantong celana.

8. Basic IE-85

8. Basic IE-85

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Produk yang tidak mudah lepas

Apakah Anda sedang mencari earphone yang nyaman digunakan serta tidak mudah lepas? Produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Earphone dari brand Basic ini mengedepankan desainnya yang ergonomis,  sehingga Anda akan merasa nyaman saat menggunakannya. Produk ini tidak mudah jatuh atau terlepas, bahkan saat digunakan untuk berolahraga seperti lari atau bersepeda.

Kualitas suara yang dihasilkan jernih dengan bass yang cukup besar, treble yang pas, dan tidak kasar. Tidak ketinggalan, produk ini juga dilengkapi dengan microphone untuk memudahkan Anda saat menerima panggilan. Produk ini memiliki sensitivitas 94 db 3 db/mw 1 KHz dengan frekuensi 20 ~ 20 KHz. Ayo segera miliki!

7. Armaggeddon Mark 5

7. Armaggeddon Mark 5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 285.000

Siap menemani selama Anda dalam pesawat terbang

Produk earphone yang satu ini dapat digunakan untuk semua aktivitas seperti mendengarkan musik, video, maupun bermain game. Didesain dengan warna yang menarik serta ear plug dengan ukuran yang pas, earphone ini nyaman digunakan dalam waktu panjang. Kabelnya pipih dan rata, sehingga Anda tidak akan menggunakan kabel kusut saat akan menggunakannya.

Produk ini juga dilengkapi fitur airline adaptor, sehingga Anda dapat menikmati musik selama perjalanan dalam pesawat terbang tanpa mengganggu radiasi. Cocok untuk Anda yang sering bepergian dengan pesawat terbang dengan jarak tempuh yang cukup lama. Memiliki frekuensi 20-20KHz dan sensitivitas 102dB +/- 2dB, produk ini menghasilkan maksimum input power sebesar 10mW.

6. Remax RM-580

6. Remax RM-580

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 230.000

Tetap nyaman digunakan saat berolahraga

Remax RM-580 memiliki desain ergonomis dan penggunan over ear sehingga tidak mudah terlepas jika digunakan sambil bergerak. Cocok digunakan sambil beraktivitas seperti olahraga, jogging, atau fitness. Dilengkapi dengan dual driver dynamic, yang akan menghasilkan suara bass yang dalam dan besar, namun tetap berkualitas dan tidak berlebihan.

Produk ini juga dilengkapi fitur in line control lengkap dengan tombol pengatur volume untuk mempermudah Anda saat ingin mendengar lagu, serta microphone yang akan memudahkan Anda saat menerima panggilan. Menggunakan gold plated jack berukuran 3,5 mm, untuk memastikan kualitas sinyal yang masuk dan keluar tidak terganggu. Produk ini memiliki sensitivitas sebesar 106dB dengan panjang driver 4mm x 6mm.

5. Knowledge Zenith ED9

5. Knowledge Zenith ED9

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Menawarkan bass dan tuning yang seimbang

Produk earphone selanjutnya dikeluarkan oleh brand Knowledge Zenith. Produk earphone ini dilengkapi dengan innovative T-shaped driver yang menghasilkan suara menjadi lebih lembut dan kualitas vocal sangat baik. Bass dan tuning seimbang, walau Anda mendengarkan musik dengan genre yang berbeda-beda. Earphone ini adalah tipe dinamis dengan diafragma PEK yang menghasilkan suara lebih alami.

Connector headphone 3,5 mm dipasang 90 derajat dengan kabel yang antikusut. Tidak ketinggalan fitur pole audio dengan teknologi terkemuka, mampu menghasilkan kualitas suara high-end. Jika Anda mencari earphone dengan kualitas suara jernih dan lembut, produk ini dapat menjadi pilihan Anda.

4. JBL T110

4. JBL T110

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Earphone yang tidak mudah kotor

JBL adalah salah satu brand populer yang memproduksi berbagai tipe headphone dengan kualitas yang sangat baik. Fitur pure bass dirancang dengan sistem suara yang canggih dan tepat, sehingga menghasilkan bass yang dalam dan kuat. Desainnya ergonomis dengan kabel pipih yang antikusut. Dengan warna abu-abu dove, tentunya earphone ini tidak mudah kotor.

Produk ini juga dilengkapi dengan tombol yang memudahkan dalam mengontrol pemutaran musik dan menjawab panggilan. Memiliki frekuensi 20 Hz ~ 20 KHz dengan 3,5 mm dan driver 9 mm. Produk ini cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti saat bekerja, belajar, atau pendamping Anda mendengarkan musik selama perjalanan.

3. Sennheiser CX 275

3. Sennheiser CX 275

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 265.000

Ear plug berkualitas menghasilkan redaman tanpa bocor

Produk ini memiliki desain yang simpel, namun dengan kualitas yang luar biasa. Kenyamanan dan kualitas bahan menjadi hal utama untuk brand ini. Dengan frekuensi respon headphone yang sangat besar, yaitu 17 – 23.000 Hz, Anda tidak perlu meragukan lagi kualitasnya. Dilengkapi pula dengan microphone in-line dan remote untuk kemudahan dalam memainkan musik dan menerima panggilan.

Sistem speaker-nya dinamis dan bertenaga tinggi, memberikan kinerja audio yang luar biasa, sementara ear plug membantu Anda menerima saluran jernih yang diteruskan ke gendang telinga serta redaman suara tanpa bocor. Dengan membeli produk ini, Anda akan mendapatkan kantong penyimpanan secara gratis. Bagi Anda yang terorganisir dalam merapikan barang pribadi, produk ini dapat menjadi pilihan.

2. Philips SHE8500

2. Philips SHE8500

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Karet ear plug yang dapat disesuaikan

Mencari earphone dengan kualitas peredam suara yang sangat baik? Produk ini dapat menjadi pilihan Anda. Earphone ini dilengkapi dengan tiga macam karet ear plug yang dapat Anda sesuaikan dengan ukuran lubang telinga Anda. Dengan ukuran yang pas, produk ini mampu mencegah suara yang tidak diinginkan terdengar, sehingga tidak mengganggu kenyamanan Anda saat menikmati musik.

Magnet neodymium meningkatkan performa bass dan kepekaan, sehingga menghasilkan bass yang lebih baik, dan kualitas suara yang lebih tinggi. Ini adalah jenis earphone dinamis dengan frekuensi 8 – 24500 Hz. Tidak ketinggalan, kabel asimetris dipilih untuk mencegah kabel menjadi kusut, serta desain ergonomis yang dirancang khusus untuk kenyamanan Anda.

1. Sony XB50AP

1. Sony XB50AP

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

Kualitas bass powerful, suara jernih dan tanpa distorsi

Untuk Anda yang senang mendengarkan musik atau menonton film di smartphone, Sony menawarkan produk yang satu ini. Dengan berat yang sangat ringan, produk ini memudahkan mobilitas Anda saat menggunakannya. Magnet neodymium dipilih sebagai driver untuk menciptakan bass yang powerful. Produk ini dilengkapi conductor berbentuk L berlapis emas, sebagai pendukung untuk menghasilkan kualitas suara yang jernih tanpa distorsi.

Anda akan mendapat kemudahan untuk mengatur volume dengan tombol multifungsi, serta microphone yang dapat digunakan untuk menerima panggilan, sehingga panas dari smartphone tidak akan menempel pada telinga. Memiliki frekuensi 4–24000 Hz dan sensitivitas 110 dB/mW, produk ini mampu menciptakan hasil suara selayaknya Anda menonton konser musik.

Kesimpulan

Sudahkan Anda menemukan earphone yang Anda inginkan? Produk yang kami rekomendasikan di atas adalah produk earphone dengan kualitas sangat baik dan harga yang terjangkau. Perjalanan Anda akan semakin menyenangkan sambil mendengarkan musik dengan kualitas bass yang baik dan suara yang jernih. Semoga ulasan kali ini berguna dan dapat membantu Anda.