10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.

Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih in-ear headphone

Berbagai jenis earphone yang dipasarkan saat ini tentu menawarkan fitur yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih earphone.

Pilih tipe kanal yang mengisolasi suara lebih baik dari tipe lainnya

Pilih tipe kanal yang mengisolasi suara lebih baik dari tipe lainnya

Jika Anda mencari produk earphone dengan kualitas suara bas yang baik, tipe kanal adalah jawabannya. Earphone tipe ini memiliki ear plug kecil sehingga suara yang dihasilkan berjarak lebih dekat dengan gendang telinga dibanding tipe lainnya. Selain itu, ear plug-nya dilengkapi dengan karet silikon sehingga mampu meningkatkan kinerja dan menahan suara supaya tidak bocor keluar.

Lubang telinga mempunyai diameter yang lebih besar dibanding diameter ear plug. Oleh sebab itu, earphone tipe ini biasanya memiliki beberapa ukuran karet silikon yang bisa disesuaikan dengan ukuran lubang telinga sehingga isolasi suara pun menjadi lebih maksimal. Dengan begitu, Anda bisa semakin menikmati musik favorit tanpa terganggu dengan suara di sekitar Anda.

Perhatikan driver untuk menghasilkan bass yang lebih kuat

Perhatikan struktur untuk menghasilkan bass yang lebih kuat

Banyak peralatan rumah tangga yang menawarkan kualitas suara bas lebih berat dengan dentuman lebih besar, misalnya home speaker. Para produsen earphone juga saling bersaing untuk mengadopsi fitur seperti home speaker ini, serta ada juga beberapa produk yang memiliki mekanismenya tersendiri. Meski begitu, besarnya efek bas yang terdengar ditentukan oleh “driver” yang menghasilkan suara pada earphone. Driver ini sendiri terdiri dari magnet, koil suara, dan sebuah diafragma.

Kemudian, meski ditulis sebagai notasi kinerja earphone, pita frekuensi reproduksi Hz-kHz sebenarnya terkait dengan rentang frekuensi yang dimiliki oleh earphone tersebut. Produk dengan frekuensi yang tidak terlalu rendah biasanya kurang menonjol suara basnya.

Periksa driver-nya, tipe dynamic atau balanced armature?

Seperti sudah disebutkan di atas, driver adalah komponen yang menghasilkan suara pada earphone. Secara umum terdapat dua tipe driver, yaitu tipe dynamic dan tipe balanced armature (tipe BA). Masing-masing driver memiliki karakteristik tersendiri, berikut kami jelaskan secara rinci.

Tipe dynamic, minim distorsi plus suara bas jernih

Tipe dynamic, minim distorsi plus suara bas jernih

Tipe dynamic mengirim sinyal ke koil suara menggunakan magnet. Suara yang berubah menjadi sinyal musik dikirim ke diafragma, sinyal kemudian disusun untuk menghasilkan suara dengan menggetarkannya. Hasilnya adalah kualitas suara yang bagus dalam reproduksi bas dan minim distorsi.

Tipe balanced armature, hasilkan nada mid-high yang indah

Tipe balanced armature, hasilkan nada mid-high yang indah

Pada driver tipe balanced armature, listrik dialirkan melalui koil suara dan ditransmisikan ke plat besi yang disebut armature. Sinyal kemudian ditransmisikan ke driver rod dan diafragma yang terstruktur untuk memancarkan suara yang menggetarkannya. Karakteristik suara driver ini adalah sangat bagus dalam reproduksi nada mid-high, tetapi distorsi kemungkinan besar akan terjadi.

10 Rekomendasi in-ear headphone terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk in-ear headphone terbaik untuk membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan keinginan Anda.

10. Xiaomi Piston 3

10. Xiaomi Piston 3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Nikmati hentakan bas dengan harga terjangkau

Dibuat menggunakan bahan metal pilihan, produk ini menjadi semakin kuat dan tahan lama. Bahan metal tersebut juga membuat in-ear headphone ini terlihat lebih stylish dan elegan. Anda tidak perlu khawatir dengan kabel yang cepat putus karena kabelnya dibuat dari kabel pipih yang tangguh dan tak mudah rusak.

Mengaplikasikan teknologi balance damping system, in-ear headphone ini menawarkan Anda dentuman bas yang terdengar cukup clean dan menghentak. Mengingat harganya yang sangat bersahabat, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda ingin menikmati sensasi suara bas yang asyik tanpa perlu mengeluarkan banyak dana.

9. Samsung Wired In Ear EO-IG935BBEGWW

9. Samsung Wired In Ear EO-IG935BBEGWW

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 249.000

Earphone yang antikusut meski Anda masukkan di dalam tas

Earphone yang dikeluarkan brand Samsung ini dilengkapi dengan kabel antikusut sehingga Anda tidak perlu meluruskan kabel terlebih dahulu setiap kali ingin memakainya. Jika Anda bosan dengan earphone yang kabelnya terasa selalu menyusahkan saat ingin digunakan, produk ini tentu layak dijadikan pilihan.

Dilengkapi dengan tombol play, pause, dan volume, produk ini pun makin mudah Anda gunakan. Produk ini juga cocok dengan semua smartphone yang menggunakan connector headphone 3,5 mm. Panjang kabelnya 1,2 meter, Anda tetap dapat menggunakan produk ini saat smartphone diletakkan di tas atau di kantong celana.

8. Basic IE-85

8. Basic IE-85

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 105.000

Special silicon eartip bikin produk ini makin nyaman digunakan

Bila Anda mencari in-ear headphone yang terasa tetap nyaman digunakan bahkan saat Anda pasang berjam-jam, produk ini wajib untuk Anda pertimbangkan. Earplug-nya dilengkapi dengan special silicon eartip yang empuk dan tak membuat lubang telinga Anda terasa sakit sekali pun Anda telah menggunakannya seharian.

Kualitas suara yang dihasilkan jernih dengan kombinasi bas yang cukup besar plus treble yang pas. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan microphone untuk memudahkan Anda berbicara saat menerima panggilan. Tersedia dalam varian warna hitam dan putih, Anda bisa memilih warna yang paling Anda sukai.

7. Armaggeddon Mark 5

7. Armaggeddon Mark 5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 285.000

Mau yang suaranya mantap bahkan saat main game? Ini pilihannya!

Ukuran ear plug-nya terasa pas, membuat earphone ini makin nyaman digunakan dalam waktu panjang. Selain itu, produk ini juga dirancang agar mampu menghasilkan berbagai efek suara unik yang variatif dan heboh saat Anda bermain game. Sangat pas dimiliki bila Anda mencari in-ear headphone yang cocok untuk mendengarkan lagu sekaligus main game.

Kabelnya pipih dan rata, Anda akan semakin mudah mengurai kabelnya. Produk ini juga dilengkapi fitur airline adaptor sehingga Anda dapat menikmati musik selama perjalanan dalam pesawat terbang tanpa mengganggu radiasi. Cocok untuk Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang dengan jarak tempuh yang cukup lama.

6. Remax RM-580

6. Remax RM-580

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 204.250

Tak mudah lepas bahkan saat berolahraga

Remax RM-580 memiliki desain ergonomis sekaligus dilengkapi dengan over ear sehingga tidak mudah terlepas bahkan saat Anda melakukan berbagai gerakan secara intens. Sangat cocok dimiliki oleh Anda yang senang mendengarkan lagu sambil melakukan berbagai aktivitas seperti joging, fitness, atau bersepeda.

Dilengkapi dengan dual driver dynamic, produk ini mampu menghasilkan suara bas yang dalam dan besar, tetapi tetap berkualitas dan tidak berlebihan. Produk ini juga dilengkapi fitur in line control lengkap dengan tombol pengatur volume serta microphone yang akan memudahkan Anda saat menerima panggilan masuk.

5. Knowledge Zenith ED9

5. Knowledge Zenith ED9

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 145.000

Menonjolkan balance dalam berbagai genre musik

Bila Anda menginginkan in-ear headphone dengan suara yang terdengar begitu balance apa pun genre musik yang dimainkan, produk ini adalah pilihan tepat. Earphone ini dilengkapi dengan innovative T-shaped driver yang membuat suara menjadi lebih lembut dan kualitas vocal-nya semakin baik.

Tidak hanya itu, tanpa perlu Anda lakukan pengaturan suara apa pun, secara default saja suaranya sudah terdengar sangat balance terlepas dari genre musik yang dimainkan. Ditambah dengan adanya fitur pole audio berteknologi modern, in-ear headphone ini mampu memberi Anda kualitas suara high-end.

4. JBL In-Ear Headphones T110

4. JBL In-Ear Headphones T110

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Nikmati dentuman bas bertenaga dalam setiap lagu

JBL adalah salah satu brand populer yang memproduksi berbagai tipe headphone dengan kualitas yang sangat baik. Fitur pure bass dirancang dengan sistem suara yang canggih dan tepat sehingga mampu menghasilkan bas yang dalam dan kuat. Sangat tepat dimiliki oleh Anda yang mencari in-ear headphone dengan bas yang sangat punchy.

Sudah dilengkapi mikrofon, Anda juga tidak akan kesulitan untuk menjawab telepon yang masuk saat Anda sedang menggunakan produk ini. Kabelnya pun pipih dan mudah Anda urai ketika kusut. Lalu, bila Anda kurang menyukai warna hitam, Anda bisa memilih varian warna biru atau putihnya yang tidak kalah keren.

3. Sennheiser Earbuds Headset CX 275s

3. Sennheiser Earbuds Headset CX 275s

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 590.000

Produk universal untuk smartphone dan tablet

Produk ini sudah dilengkapi dengan microphone in-line dan remote untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikannya dan menerima panggilan. Sistem speaker-nya dinamis dan bertenaga tinggi, memberikan kinerja audio yang luar biasa dengan bas cukup mantap, Anda pun akan semakin keasyikan menggunakan produk ini.

Tidak hanya itu, produk ini juga sudah dirancang sedemikian rupa oleh Sennheiser sehingga kompatibel tidak hanya dengan smartphone, tetapi juga tablet keluaran berbagai merek. Bila Anda memiliki banyak gadget atau senang bergonta-ganti gadget secara berkala, tentu in-ear headphone ini tidak boleh Anda lewatkan.

2. Philips Headphone In Ear SHE8500/10

2. Philips Headphone In Ear SHE8500/10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 235.000

Suara bebas bocor plus ear plug yang dapat disesuaikan

Bila Anda mencari in-ear headphone dengan kualitas peredaman suara mumpuni, produk ini dapat menjadi pilihan Anda. Earphone ini dilengkapi dengan tiga ukuran ear plug yang dapat Anda pilih sesuai dengan ukuran lubang telinga Anda. Dengan begitu, Anda akan semakin nyaman menggunakannya.

Tidak hanya itu, suara yang dihasilkan pun terisolir dalam telinga sehingga tak ada suara yang bocor keluar sekaligus melindungi Anda dari berbagai suara di luar. Lalu, adanya magnet neodimium juga memungkinkan produk ini untuk menghasilkan suara yang jernih dan clean dengan kualitas bas lebih baik.

1. Sony In-Ear Headphone MDR-XB50AP EXTRA BASS

1. Sony In-Ear Headphone MDR-XB50AP EXTRA BASS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 449.000

Sensasi ekstra basnya bikin Anda serasa sedang clubbing!

Teknologi X-Bass memungkinkan produk ini untuk menghasilkan suara bas yang sangat menghentak dan dalam. Dipadukan dengan magnet neodimium, basnya menjadi semakin bertenaga dan sangat dominan. Untuk Anda para basshead atau yang ingin menikmati sensasi bas layaknya sedang party, produk ini adalah pilihan terbaik.

Kompatibel dengan bermacam-macam smartphone, Anda tidak perlu membeli smartphone merek Sony hanya untuk menikmati dentuman bas produk ini. Tidak hanya itu, dengan rentang frekuensi 4-24.000 Hz, nada mid-high yang dihasilkan oleh in-ear headphone ini pun tetaplah sensasional sehingga Anda bisa bebas bergoyang di semua lagu!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan in-ear earphone yang Anda inginkan? Produk yang kami rekomendasikan di atas adalah in-ear hearphone berkualitas dengan harga cukup terjangkau. Perjalanan Anda akan semakin menyenangkan sambil mendengarkan musik berkualitas tinggi, bukan?

Anda bisa memilih produk tipe kanal agar basnya makin terdengar. Pilihlah produk dengan driver tipe dynamic untuk menonjolkan bas, atau tipe balanced armature untuk menonjolkan nada mid-high. Pilihlah produk yang paling Anda suka, ya!