1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 In-Ear Headphone Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 In-Ear Headphone Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 In-Ear Headphone Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 In-Ear Headphone Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 In-Ear Headphone Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 In-Ear Headphone Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 In-Ear Headphone Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis dibawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.

Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBLAudio-Technica, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.

Diperbaharui 12-28-2022
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu in-ear headphone?

Apa itu in-ear headphone?

Banyak orang yang belum memahami perbedaan headphone dan earphone. Keduanya merupakan jenis pelantang telinga yang berbeda. 


  • Headphone adalah pelantang telinga yang Anda gunakan di luar telinga. Modelnya cenderung besar dan menutupi daun telinga Anda.

  • Earphone atau in-ear headphone adalah pelantang telinga yang mencolok ke lubang telinga. Earphone juga sering kali disebut sebagai earbuds. Driver untuk earphone memang tergolong lebih minim dibandingkan headphone. Meski begitu, kini sudah ada banyak produk earphone dengan kualitas suara yang tidak main-main.


Beberapa orang lebih memilih earphone dibandingkan headphone. Earphone memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, harga earphone relatif lebih murah dibandingkan headphone. Terakhir, earphone lebih stabil saat digunakan untuk berolahraga. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih in-ear headphone

Berbagai jenis earphone yang dipasarkan saat ini tentu menawarkan fitur berbeda. Kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih earphone.

① Kenali tipe in-ear headphone

Ada dua tipe in-ear headphone, yaitu tipe kanal dan earbuds fitting. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan tipe in-ear headphone tersebut dalam poin berikut ini.

Tipe kanal, menginsulasi suara lebih baik

Tipe kanal, menginsulasi suara lebih baik
Jika Anda mencari produk earphone dengan kualitas suara dan isolasi suara yang baik, tipe kanal adalah jawabannya. Earphone tipe ini memiliki eartips kecil sehingga bisa dimasukkan ke dalam lubang telinga. Dengan begitu, suara yang dihasilkan berjarak lebih dekat dengan gendang telinga dibandingkan tipe lainnya.

Selain itu, eartips earphone ini juga dilengkapi karet silikon untuk meningkatkan kinerja dan menahan suara supaya tidak bocor keluar. Saat membeli, biasanya terdapat beberapa pilihan ukuran karet silikon yang bisa disesuaikan dengan ukuran lubang telinga Anda. Insulasi suara tentu akan menjadi lebih baik apabila Anda memilih ukuran yang tepat. Karet silikon yang terlalu besar bisa mengakibatkan sakit pada telinga.


Jika di dalam paket tidak ada ukuran yang pas, Anda bisa membelinya secara terpisah. Ada banyak silicon eartips yang dijual di pasaran. Dengan begitu, Anda bisa menikmati musik favorit tanpa gangguan suara meski sedang berada di tempat ramai.


Beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman dengan earphone tipe kanal ini. Bagian eartips yang langsung masuk ke dalam lubang telinga akan memberikan tekanan pada telinga Anda. Hal inilah yang menghasilkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang.

Tipe earbuds fitting, tidak memberikan tekanan pada lubang telinga

Tipe earbuds fitting, tidak memberikan tekanan pada lubang telinga

Berbeda dengan tipe kanal, tipe earbuds fitting tidak masuk ke dalam lubang telinga. Bagian ujungnya pun tidak dilengkapi dengan silikon. Dengan begitu, penggunanya akan merasa lebih nyaman tanpa telinga tertekan. Namun, earphone tipe ini akan sering jatuh jika tidak pas di lubang telinga dan eartips-nya tidak bisa diubah.


Model in-ear headphone ini memang tidak dapat memberikan insulasi suara yang baik. Hal itu mengakibatkan suara bass terdengar tidak terlalu jelas dan kurang solid. Anda pun masih bisa mendengar suara di sekitar saat menggunakannya. Namun, dengan begitu Anda masih tetap bisa aware dengan lingkungan sekitar Anda.

② Pertimbangkan tiper driver-nya

Driver adalah komponen yang menghasilkan suara pada earphone. Secara umum terdapat dua tipe driver, yaitu tipe dynamic dan tipe balanced armature (tipe BA). Tiap driver memiliki karakteristik tersendiri, berikut kami jelaskan secara rinci.

Tipe dynamic, minim distorsi dan suara bass jernih

Tipe dynamic, minim distorsi dan suara bass jernih
Tipe dynamic mengirim sinyal ke koil suara menggunakan magnet. Magnet tersebut berfungsi untuk menarik suara dari udara, lalu diubah menjadi sinyal musik dan dikirim ke diafragma. Sinyal kemudian disusun untuk menghasilkan suara dengan menggerakkannya.

Hasilnya adalah kualitas suara bass yang sangat baik dan minim distorsi. Namun, saat volume tinggi, suara yang dihasilkan cenderung terdistorsi jika bahan earphone yang digunakan kurang bagus.

Tipe balanced armature, hasilkan nada mid-high yang indah

Tipe balanced armature, hasilkan nada mid-high yang indah
Pada driver tipe balanced armature, listrik dialirkan melalui koil suara dan ditransmisikan ke plat besi yang disebut armature. Sinyal kemudian ditransmisikan ke driver rod dan diafragma yang terstruktur untuk memancarkan suara yang menggetarkannya.

Karakteristik suara driver ini sangat bagus dalam reproduksi nada mid-high, tetapi distorsi kemungkinan besar akan terjadi. Tipe ini biasanya digunakan pada earphone in-ear dan earbuds karena size driver-nya yang kecil. Karena ukuran yang kecil itu pula, driver tipe balanced armature tidak menghasilkan bass response yang baik.

③ Periksa kemampuan driver dalam menghasilkan suara bass

Periksa kemampuan driver dalam menghasilkan suara bass
Banyak peralatan rumah tangga yang menawarkan kualitas suara bass lebih berat dengan dentuman lebih besar, misalnya home speaker. Para produsen earphone juga saling bersaing untuk mengadopsi fitur seperti home speaker ini. 

Terdapat beberapa produk yang memiliki mekanismenya tersendiri. Meski begitu, besarnya efek bass yang terdengar ditentukan oleh driver earphone. Driver ini sendiri terdiri dari magnet, koil suara, dan sebuah diafragma.


Kemudian, meski ditulis sebagai notasi kinerja earphone, pita frekuensi reproduksi Hz–kHz sebenarnya terkait dengan rentang frekuensi earphone. Produk dengan frekuensi yang tidak terlalu rendah biasanya memiliki suara bass yang kurang menonjol.


Jika Anda ingin earphone dengan suara bass yang mantap, pilih produk yang menggunakan dynamic driver (moving coil driver). Biasanya, makin besar ukuran driver, makin jelas pula suara bass yang dihasilkan. Namun, tentu saja kualitas komponen juga menentukan kualitas suaranya.

④ Ketahui juga beragam fitur tambahan pada in-ear headphone

Terakhir, cek juga fitur-fitur tambahan yang pada in-ear headphone. Jika Anda masih bingung soal berbagai fitur tambahan pada in-ear headphone, simak saja pembahasan kami berikut ini.

Bluetooth, memungkinkan Anda menggunakan earphone tanpa kabel

Bluetooth, memungkinkan Anda menggunakan earphone tanpa kabel
Sumber: id.jbl.com

Teknologi Bluetooth memungkinkan Anda menggunakan earphone tanpa kabel atau wireless. Ada dua jenis wireless earphone, yaitu yang masih menggunakan kabel untuk menyambungkan eartips dan tanpa kabel sama sekali. Earphone Bluetooth tanpa kabel sama sekali disebut juga dengan true wireless earphone atau TWS.


Apabila Anda sedang mencari earphone Bluetooth yang bagus, cek juga artikel kami yang lainnya. Klik tautan berikut ini untuk menemukan earphone Bluetooth dengan spesifikasi terbaik!

Active noise cancellation, membuat suara terdengar tanpa bising

Active noise cancellation, membuat suara terdengar tanpa bising

Active noise cancellation atau ANC adalah teknologi pada earphone untuk menetralkan suara di sekitar. Dengan begitu, Anda dapat mendengarkan suara dari earphone dengan lebih jernih tanpa gangguan suara dari luar. Anda membutuhkan fitur ini saat Anda sedang berada di tempat yang ramai atau saat ingin fokus bekerja.


Jika Anda memilih earphone Bluetooth dengan fitur ANC, kemungkinan daya baterai perangkat Anda akan lebih cepat habis. Hal tersebut disebabkan oleh fitur ANC yang membutuhkan daya untuk bekerja.


Noise cancellation juga dapat Anda temukan pada mic earphone. Fitur ini akan memblokir suara di sekitar Anda saat Anda menggunakan mic. Alhasil, suara Anda akan terdengar lebih jernih oleh lawan bicara Anda. Fitur ini aman dan tidak terdapat radiasi. Anda bisa menemukannya di berbagai bluetooth earphone.


Jika Anda ingin melihat lebih banyak rekomendasi headphone dan earphone berteknologi noise cancelling, klik tautan di bawah ini!

Tahan air, cocok digunakan saat beraktivitas outdoor

Tahan air, cocok digunakan saat beraktivitas outdoor

Fitur berikutnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah fitur ketahanan terhadap air. Fitur tahan air pada earphone akan melindungi produk dari keringat dan cipratan airEarphone dengan fitur tahan air sangat cocok digunakan saat beraktivitas outdoor ataupun berolahraga. IP rating digunakan sebagai skala ketahanan earphone terhadap air dan debu. Kebanyakan earphone yang ada di pasaran memiliki rating IPX4 ke atas.


  • IPX4: Tahan terhadap cipratan air
  • IPX5: Tahan dari semprotan jet air atau air bertekanan rendah
  • IPX6: Tahan terhadap semprotan air dengan tekanan tinggi atau air yang deras
  • IPX7: Tahan di kedalaman air 1 meter selama 30 menit
  • IPX8: Tahan di kedalaman air lebih dari 1 meter, maksimal kedalaman berbeda-beda tergantung produsen
  • IPX9: Tahan tekanan tinggi dan suhu tinggi, tetapi rating ini sangat jarang digunakan

10 Rekomendasi in-ear headphone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk in-ear headphone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Miniso

Earphone We Bare Bear

Miniso Earphone We Bare Bear 1枚目

Earphone Miniso di bawah 50 ribu dengan desain menggemaskan

2

Vyatta

Airboom Nano TWS Bluetooth Headset

Vyatta Airboom Nano TWS Bluetooth Headset 1枚目

TWS terkecil di kelasnya dengan koneksi Bluetooth 5.1

3

Pioneer

Earphone In Ear

Pioneer Earphone In Ear 1枚目

Earphone 200 ribu-an dengan pilihan warna yang menarik

4

Apple

AirPods Pro (generasi ke-2)

Apple  AirPods Pro (generasi ke-2) 1枚目

In-ear headphone khusus iPhone dengan spesifikasi terbaik

5

JETE

Headset Earphone Type C Classic 2

JETE  Headset Earphone Type C Classic 2  1枚目

Wired earphone dengan USB type C, pas untuk smartphone terkini

6

dbE Acoustics

Professional Gaming Earphone

dbE Acoustics Professional Gaming Earphone 1枚目

Earphone gaming dengan kualitas suara mega bass superjernih

7

Harman

JBL Endurance Jump

Harman JBL Endurance Jump 1枚目

Berolahraga dengan aman dan nyaman dengan earphone khusus

8

Sennheiser

IE 300

Sennheiser IE 300 1枚目

Earphone high-end dengan teknologi mutakhir untuk para musisi

9

Knowledge Zenith

Three-Unit Pure Balanced Armature Earphone

Knowledge Zenith Three-Unit Pure Balanced Armature Earphone 1枚目

Tiga driver-nya beri Anda suara bass yang lebih detail

10

Audio-Technica

Balanced Armature Driver Earphones

Audio-Technica  Balanced Armature Driver Earphones 1枚目

Desainnya nyaman dan mengikuti berbagai bentuk telinga

Perincian produk
Close
No.1

MinisoEarphone We Bare Bear

Mulai dari Rp49.900,00

Earphone Miniso di bawah 50 ribu dengan desain menggemaskan

In-ear headphone dari Miniso ini dijual dengan harga yang sangat ramah di kantong, bahkan di bawah 50 ribu rupiah! Selain desainnya yang sangat menggemaskan, in-ear headphone ini juga dilengkapi dengan ornamen We Bare Bear di bagian ujungnya. Apabila Anda senang mengoleksi barang-barang imut, produk yang satu ini sudah pasti wajib dipertimbangkan, ya.

No.2

VyattaAirboom Nano TWS Bluetooth Headset

Mulai dari Rp589.000,00

TWS terkecil di kelasnya dengan koneksi Bluetooth 5.1

Vyatta Airboom Nano TWS Bluetooth Headset merupakan hi-res Bluetooth playback yang dapat Anda gunakan untuk iPhone maupun Android. TWS ini menggunakan koneksi Bluetooth 5.1 yang lebih cepat terkoneksi. Earphone ini juga menyediakan gaming mode dengan latensi yang lebih rendah.


Produk ini diklaim sebagai TWS terkecil di kelasnya. Anda dapat membawanya saat bepergian dengan lebih praktis. Modelnya juga cocok untuk Anda yang mencari TWS tipe earbuds fitting. Meski begitu, kualitas suara HD-nya membuat musik terdengar lebih jernih.

No.3

PioneerEarphone In EarSE-C3T

Mulai dari Rp239.000,00

Earphone 200 ribu-an dengan pilihan warna yang menarik

Jika Anda sedang mencari earphone seharga 200 ribu-an dengan kualitas yang mumpuni, Anda bisa memilih earphone ini. Earphone dari Pioneer ini memiliki kualitas suara yang tergolong standar untuk digunakan sehari-hari. Bagian menarik dari earphone ini adalah pilihan warnanya yang cukup menarik. Anda akan mendapatkan beberapa warna pastel yang cantik digunakan.

No.4

Apple AirPods Pro (generasi ke-2)

Mulai dari Rp3.999.000,00

In-ear headphone khusus iPhone dengan spesifikasi terbaik

Bagi para pengguna iPhone yang sedang ingin mencari TWS dengan teknologi terkini, pilihlah AirPods Pro. AirPods Pro merupakan TWS tipe kanal yang dilengkapi dengan tiga ukuran ujung silikon. Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran lubang telinga Anda.


Anda bisa mengatur berbagai fitur langsung dari TWS ini. Memutar lagu, melompat maju dan mundur saat mendengar lagu, menerima panggilan, sampai mode ANC dapat Anda atur dari TWS. AirPods Pro pun memiliki mode transparan agar Anda bisa mendengar suara di sekitar secara lebih jelas tanpa melepas TWS.

No.5

JETE Headset Earphone Type C Classic 2

Mulai dari Rp124.900,00

Wired earphone dengan USB type C, pas untuk smartphone terkini

Sekarang ada banyak smartphone yang sudah tidak dilengkapi dengan colokan kabel 3,5 mm. Karena itu, Anda harus menggunakan earphone Bluetooth. Namun, tidak semua orang cocok menggunakan tipe wireless earphone. NahAnda bisa memilih wired earphone dari JETE dengan kabel USB Type-C.


Earphone ini sudah dilengkapi dengan in-line control untuk mengatur volume suara dan tombol play/pause. Uniknya, bagian mic-nya dilengkapi dengan wind-resistant. Jadi, suara Anda akan tetap terdengar jernih saat di luar ruangan.

No.6

dbE AcousticsProfessional Gaming EarphoneGE200

Mulai dari Rp290.000,00

Earphone gaming dengan kualitas suara mega bass superjernih

Perangkat gaming biasanya merupakan headphone. Namun, headphone terasa berat untuk dibawa bepergian. Untuk itu, Anda bisa memilih produk dbE Acoustics yang merupakan earphone gaming ini. Kualitas suaranya sangat mumpuni untuk mendengarkan musik serta bermain game.


Earphone ini sanggup menghasilkan suara mega bass dan treble yang jernih. Menariknya lagi, GE200 dilengkapi dengan frequency divider untuk menghasilkan detail suara yang lebih jelas. Bagi Anda yang senang dengan game FPS, seperti PUBG, earphone ini cocok untuk Anda pertimbangkan.

No.7

HarmanJBL Endurance Jump

Mulai dari Rp1.299.000,00

Berolahraga dengan aman dan nyaman dengan earphone khusus

Mendengarkan lagu sambil berolahraga memang dapat membuat Anda lebih bersemangat. Anda perlu memilih in-ear headphone yang memang didesain untuk berolahraga, seperti produk JBL ini. Adanya PowerHook membuatnya pas dan aman di telinga Anda. 


JBL juga memiliki teknologi yang dapat secara otomatis mematikan daya saat Anda melepas earphone. Melompat ataupun melakukan gerakan olahraga lainnya juga tidak membuat earphone ini mudah lepas berkat teknologi TwistLock dan FlexSoft.

No.8

Earphone high-end dengan teknologi mutakhir untuk para musisi

Sennheiser adalah merek perlengkapan audio high-end. Bagi para musisi yang membutuhkan earphone high-end, pertimbangkan IE 300 ini. IE 300 dibuat dengan teknologi akustik yang inovatif. Transduser yang digunakan adalah 7mm TrueResponse.


Earphone ini juga memilih traffic air control yang baik. Lalu, membran foil-nya mengurangi resonansi alami. Terakhir, ear hooks-nya sangat fleksibel dan dilengkapi dengan memory foam. Hasilnya, Anda bisa mendengarkan musik berjam-jam tanpa terasa kurang nyaman pada telinga.

No.9

Knowledge ZenithThree-Unit Pure Balanced Armature EarphoneKZ-AS06

Mulai dari Rp599.000,00

Tiga driver-nya beri Anda suara bass yang lebih detail

Masing-masing earphone pada produk ini dilengkapi dengan tiga driver pure balanced armature (BA). Adanya total enam driver BA membuat produk ini mampu memberi Anda suara bass yang lebih detail dan clear. Jika Anda menyukai detail suara bass, pertimbangkan produk ini. Menariknya lagi, earphone yang satu ini bisa Anda gunakan juga dengan mode Bluetooth.

No.10

Audio-Technica Balanced Armature Driver EarphonesATH-CKB50

Mulai dari Rp755.450,00

Desainnya nyaman dan mengikuti berbagai bentuk telinga

Audio-Technica menggunakan driver balanced armature yang menawarkan kualitas suara terbaik. Di sisi lain, desainnya dibuat agar mengikuti bentuk natural telinga. Detailnya juga dibuat agar cocok untuk berbagai bentuk telinga. Lalu, kabelnya dibungkus dengan elastomer untuk mengurangi risiko kabel kusut. Bobotnya yang ringan pun membuat Anda makin nyaman untuk menggunakan earphone ini.

Baca juga rekomendasi earphone lainnya di sini

Earphone terus-menerus dikembangkan saat ini. Bahkan, sudah ada earphone khusus untuk gaming dan earphone hi-res (high resolution) untuk Anda yang mengutamakan kualitas suara. Selain itu, ada juga earphone berharga terjangkau. Yuk, kenali lebih detail seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan in-ear headphone yang Anda inginkan? Jangan lupa untuk mengikuti tips dari kami agar Anda dapat menemukan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga perlu menyesuaikan harga produk dengan budget Anda.

Agar Anda dapat lebih memahami produk audio pilihan Anda, jangan lupa membaca review dari beragam situs, ya. Semoga Anda merasa terbantu dengan informasi yang kami berikan. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer