• 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.

Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!


Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 Agustus 2022
Daftar isi

Apa itu in-ear headphone?

Apa itu in-ear headphone?

Banyak orang yang belum memahami perbedaan headphone dan earphone. Keduanya merupakan jenis pelantang telinga yang berbeda. 


  • Headphone adalah pelantang telinga yang Anda gunakan di luar telinga. Modelnya cenderung besar dan menutupi daun telinga Anda.

  • Earphone atau in-ear headphone adalah pelantang telinga yang mencolok ke lubang telinga. Earphone juga sering kali disebut sebagai earbuds. Driver untuk earphone memang tergolong lebih minim dibandingkan headphone. Meski begitu, kini sudah ada banyak produk earphone dengan kualitas suara yang tidak main-main.


Beberapa orang lebih memilih earphone dibandingkan headphone. Earphone memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, harga earphone relatif lebih murah dibandingkan headphone. Terakhir, earphone lebih stabil saat digunakan untuk berolahraga. 

Cara memilih in-ear headphone

Berbagai jenis earphone yang dipasarkan saat ini tentu menawarkan fitur berbeda. Kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih earphone.

Kenali tipe in-ear headphone

Ada dua tipe in-ear headphone, yaitu tipe kanal dan earbuds fitting. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan tipe in-ear headphone tersebut dalam poin berikut ini.

Tipe kanal, menginsulasi suara lebih baik

Tipe kanal, menginsulasi suara lebih baik
Jika Anda mencari produk earphone dengan kualitas suara yang baik, tipe kanal adalah jawabannya. Earphone tipe ini memiliki eartips kecil sehingga bisa dimasukkan ke dalam lubang telinga. Dengan begitu, suara yang dihasilkan berjarak lebih dekat dengan gendang telinga dibandingkan tipe lainnya. Selain itu, eartips-nya dilengkapi dengan karet silikon untuk meningkatkan kinerja dan menahan suara supaya tidak bocor keluar.

Saat membeli, biasanya terdapat beberapa pilihan ukuran karet silikon yang bisa disesuaikan dengan ukuran lubang telinga Anda. Insulasi suara tentu akan menjadi lebih baik apabila Anda memilih ukuran yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa menikmati musik favorit tanpa gangguan suara meski sedang berada di tempat ramai.

Beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman dengan earphone tipe kanal ini. Bagian eartips yang langsung masuk ke dalam lubang telinga akan memberikan tekanan pada telinga Anda. Hal inilah yang menghasilkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang.

Tipe earbuds fitting, tidak memberikan tekanan pada lubang telinga

Tipe earbuds fitting, tidak memberikan tekanan pada lubang telinga

Berbeda dengan tipe kanal, tipe earbuds fitting tidak masuk ke dalam lubang telinga. Bagian ujungnya pun tidak dilengkapi dengan silikon. Dengan begitu, penggunanya akan merasa lebih nyaman tanpa telinga tertekan.


Model in-ear headphone ini memang tidak dapat memberikan insulasi suara yang baik. Anda masih bisa mendengar suara di sekitar saat menggunakannya. Dengan begitu, Anda masih tetap dapat aware dengan lingkungan sekitar Anda. 

Pertimbangkan tiper driver-nya

Driver adalah komponen yang menghasilkan suara pada earphone. Secara umum terdapat dua tipe driver, yaitu tipe dynamic dan tipe balanced armature (tipe BA). Tiap-tiap driver memiliki karakteristik tersendiri, berikut kami jelaskan secara rinci.

Tipe dynamic, minim distorsi dan suara bass jernih

Tipe dynamic, minim distorsi dan suara bass jernih
Tipe dynamic mengirim sinyal ke koil suara menggunakan magnet. Suara yang berubah menjadi sinyal musik dikirim ke diafragma. Sinyal kemudian disusun untuk menghasilkan suara dengan menggetarkannya. Hasilnya adalah kualitas suara bas yang sangat baik dan minim distorsi.

Tipe balance armature, hasilkan nada mid-high yang indah

Tipe balance armature, hasilkan nada mid-high yang indah
Pada driver tipe balanced armature, listrik dialirkan melalui koil suara dan ditransmisikan ke plat besi yang disebut armature. Sinyal kemudian ditransmisikan ke driver rod dan diafragma yang terstruktur untuk memancarkan suara yang menggetarkannya. Karakteristik suara driver ini adalah sangat bagus dalam reproduksi nada mid-high, tetapi distorsi kemungkinan besar akan terjadi.

Periksa kemampuan driver dalam menghasilkan suara bass

Periksa kemampuan driver dalam menghasilkan suara bass
Banyak peralatan rumah tangga yang menawarkan kualitas suara bass lebih berat dengan dentuman lebih besar, misalnya home speaker. Para produsen earphone juga saling bersaing untuk mengadopsi fitur seperti home speaker ini. 

Terdapat beberapa produk yang memiliki mekanismenya tersendiri. Meski begitu, besarnya efek bass yang terdengar ditentukan oleh driver earphone. Driver ini sendiri terdiri dari magnet, koil suara, dan sebuah diafragma.


Kemudian, meski ditulis sebagai notasi kinerja earphone, pita frekuensi reproduksi Hz–kHz sebenarnya terkait dengan rentang frekuensi earphone. Produk dengan frekuensi yang tidak terlalu rendah biasanya kurang menonjol suara basnya.

Ketahui juga beragam fitur tambahan pada in-ear headphone

Terakhir, cek juga fitur-fitur tambahan yang pada in-ear headphone. Jika Anda masih bingung soal berbagai fitur tambahan pada in-ear headphone, simak saja pembahasan kami berikut ini.

Bluetooth, memungkinkan Anda menggunakan earphone tanpa kabel

Teknologi Bluetooth memungkinkan Anda menggunakan earphone tanpa kabel atau wireless. Ada dua jenis wireless earphone, yaitu yang masih menggunakan kabel untuk menyambungkan eartips dan tanpa kabel sama sekali. Earphone Bluetooth tanpa kabel sama sekali disebut juga dengan true wireless earphone atau TWS.


Apabila Anda sedang mencari earphone Bluetooth yang bagus, cek juga artikel kami yang lainnya. Klik tautan berikut ini untuk menemukan earphone Bluetooth dengan spesifikasi terbaik!

Active noise cancellation, membuat suara terdengar tanpa bising

Active noise cancellation, membuat suara terdengar tanpa bising

Active noise cancellation atau ANC adalah teknologi pada earphone untuk menetralkan suara di sekitar. Dengan begitu, Anda dapat mendengarkan suara dari earphone dengan lebih jernih tanpa gangguan suara dari luar. Anda membutuhkan fitur ini saat Anda sedang berada di tempat yang ramai atau saat ingin fokus bekerja.


Jika Anda memilih earphone Bluetooth dengan fitur ANC, kemungkinan daya baterai perangkat Anda akan lebih cepat habis. Hal tersebut disebabkan oleh fitur ANC yang membutuhkan daya untuk bekerja.


Noise cancellation juga dapat Anda temukan pada mic earphone. Fitur ini akan memblokir suara di sekitar Anda saat Anda menggunakan mic. Alhasil, suara Anda akan terdengar lebih jernih oleh lawan bicara Anda.

Jika Anda ingin melihat lebih banyak rekomendasi headphone dan earphone berteknologi noise cancelling, klik tautan di bawah ini!

Tahan air, cocok digunakan saat beraktivitas outdoor

Tahan air, cocok digunakan saat beraktivitas outdoor

Fitur berikutnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah fitur ketahanan terhadap air. Fitur tahan air pada earphone akan melindungi produknya dari keringat dan cipratan airEarphone dengan fitur tahan air sangat cocok digunakan saat beraktivitas outdoor ataupun berolahraga. Fitur tahan air ditandai dengan nilai IPX.


  • IPX4: Tahan terhadap cipratan air
  • IPX5: Tahan dari semprotan air
  • IPX6: Tahan terhadap semprotan air dengan tekanan tinggi
  • IPX7: Tahan di kedalaman air 1 m selama 30 menit
  • IPX8: Tahan di kedalaman air secara terus menerus

10 Rekomendasi in-ear headphone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk in-ear headphone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Miniso Earphone We Bare Bear 1

Miniso

2
Vyatta Airboom Nano TWS Bluetooth Headset 1

Vyatta

3
Pioneer Earphone In Ear 1

Pioneer

4
Apple  AirPods Pro 1

Apple

5
JETE  Headset Earphone Type C Classic 2  1

JETE

6
dbE Acoustics Professional Gaming Earphone 1

dbE Acoustics

7
JBL Endurance JUMP 1

JBL

8
Sennheiser In-Ear Earphone 1

Sennheiser

9
Knowledge Zenith Pure Balanced Armature Earphone 1

Knowledge Zenith

10
Audio Technica  Balanced Armature Driver Earphones 1

Audio Technica

Nama produk

Earphone We Bare Bear

Airboom Nano TWS Bluetooth Headset

Earphone In Ear

AirPods Pro

Headset Earphone Type C Classic 2

Professional Gaming Earphone

Endurance JUMP

In-Ear Earphone

Pure Balanced Armature Earphone

Balanced Armature Driver Earphones

Keunggulan

Earphone Miniso di bawah 50 ribu dengan desain menggemaskan

TWS terkecil di kelasnya dengan koneksi Bluetooth 5.1

Earphone 200 ribu-an dengan pilihan warna yang menarik

In-ear headphone khusus iPhone dengan spesifikasi terbaik

Wired earphone dengan USB type C, pas untuk smartphone terkini

Earphone gaming dengan kualitas suara mega bass superjernih

Berolahraga dengan aman dan nyaman dengan earphone khusus

Earphone high end dengan teknologi mutakhir untuk para musisi

Tiga driver-nya beri Anda suara bass yang lebih detail

Desainnya nyaman dan mengikuti berbagai bentuk telinga

Harga mulai dariRp 49.900,00Rp 589.000,00Rp 119.500,00Rp 4.199.000,00Rp 124.900,00Rp 290.000,00Rp 1.299.000,00Rp 5.399.000,00Rp 599.000,00Rp 755.450,00
Tipe earphoneTipe kanalTipe earbuds fittingTipe kanalTipe kanalTipe earbuds fittingTipe kanalTipe kanalTipe kanalTipe kanalTipe kanal
Tipe driverTidak disebutkanDynamicDynamicTidak disebutkanTidak disebutkanDynamicTidak disebutkanDynamicBalanced armatureBalanced armature
Frekuensi20 Hz–20 kHz20 Hz–20 kHz8 Hz–22 kHzTidak disebutkanTidak disebutkan5 Hz–20 kHz20Hz–20kHz6 Hz–20 kHz20 Hz-40 kHz20 Hz–15 kHz
BluetoothX (wired earphone)✔︎ (TWS)X✔︎ (TWS)XX (wired earphone)✔︎ (wired Bluetooth)X (wired earphone)✔︎ (wired & wireless earphone)X (wired earphone)
Active noise cancellationXXX✔︎✔︎XXXXX
Tahan airXXX✔︎ (IPX4)XX✔︎ (IPX7)XXX
Tautan produk
10

Audio Technica Balanced Armature Driver Earphones

ATH-CKB50

Mulai dari Rp 755.450,00

Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverBalanced armature
Frekuensi20 Hz–15 kHz
BluetoothX (wired earphone)
Active noise cancellationX
Tahan airX
9

Knowledge ZenithPure Balanced Armature Earphone

KZ-AS06

Mulai dari Rp 599.000,00

Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverBalanced armature
Frekuensi20 Hz-40 kHz
Bluetooth✔︎ (wired & wireless earphone)
Active noise cancellationX
Tahan airX
8
Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverDynamic
Frekuensi6 Hz–20 kHz
BluetoothX (wired earphone)
Active noise cancellationX
Tahan airX
7
Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverTidak disebutkan
Frekuensi20Hz–20kHz
Bluetooth✔︎ (wired Bluetooth)
Active noise cancellationX
Tahan air✔︎ (IPX7)
6

dbE AcousticsProfessional Gaming Earphone

GE200

Mulai dari Rp 290.000,00

Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverDynamic
Frekuensi5 Hz–20 kHz
BluetoothX (wired earphone)
Active noise cancellationX
Tahan airX
5

JETE Headset Earphone Type C Classic 2

Mulai dari Rp 124.900,00

Tipe earphoneTipe earbuds fitting
Tipe driverTidak disebutkan
FrekuensiTidak disebutkan
BluetoothX
Active noise cancellation✔︎
Tahan airX
4
Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverTidak disebutkan
FrekuensiTidak disebutkan
Bluetooth✔︎ (TWS)
Active noise cancellation✔︎
Tahan air✔︎ (IPX4)
3
Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverDynamic
Frekuensi8 Hz–22 kHz
BluetoothX
Active noise cancellationX
Tahan airX
2

VyattaAirboom Nano TWS Bluetooth Headset

Mulai dari Rp 589.000,00

Tipe earphoneTipe earbuds fitting
Tipe driverDynamic
Frekuensi20 Hz–20 kHz
Bluetooth✔︎ (TWS)
Active noise cancellationX
Tahan airX
1
Tipe earphoneTipe kanal
Tipe driverTidak disebutkan
Frekuensi20 Hz–20 kHz
BluetoothX (wired earphone)
Active noise cancellationX
Tahan airX

Baca juga rekomendasi earphone lainnya di sini

Earphone terus-menerus dikembangkan saat ini. Bahkan, sudah ada earphone khusus untuk gaming dan earphone hi-res (high resolution) untuk Anda yang mengutamakan kualitas suara. Selain itu, ada juga earphone berharga terjangkau. Yuk, kenali lebih detail seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan in-ear headphone yang Anda inginkan? Jangan lupa untuk mengikuti tips dari kami agar Anda dapat menemukan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga perlu menyesuaikan harga produk dengan budget Anda.

Agar Anda dapat lebih memahami produk audio pilihan Anda, jangan lupa membaca review dari beragam situs, ya. Semoga Anda merasa terbantu dengan informasi yang kami berikan. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu solusi untuk mendengarkan musik dengan nyaman dan praktis adalah menggunakan headphone wireless. Alat ini berukuran kecil dan portabel sehingga bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Kini, banyak merek populer, seperti JBL, Nokia, Baseus, dan Sony, yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi merek headphone Bluetooth yang bagus untuk Anda. Terdapat beragam produk mulai dari headphone Bluetooth gaming hingga yang desainnya lucu. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi dalam menentukan headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel charger adalah salah satu elemen penting dalam pengisian daya smartphone. Makin tinggi kualitas kabel charger, makin tinggi pula performa pengisian dayanya. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang kabel charger, mulai dari kabel charger Type-C hingga kabel charger iPhone.Di artikel ini, Anda juga akan menemukan tips cara memilih dan rekomendasi sepuluh kabel charger terbaik. Di antaranya ada kabel charger populer yang bagus merek Baseus, CAFELE, dan sebagainya. Kabel charger fast charging pun ada dalam artikel ini. Jadi, jangan lewatkan, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik adalah teman terbaik dalam berbagai suasana. Untuk itu, hadirlah Bluetooth headset agar Anda bisa mendengar musik kapan saja dan di mana saja. Apakah Anda sedang mencari Bluetooth headset yang bagus? Kami hadir untuk membantu Anda. Di sini, kami mempunyai tips memilih Bluetooth headset terbaik. Tidak hanya untuk mendengarkan musik, rekomendasi Bluetooth headset terbaik dari kami juga punya fitur menarik lainnya. Berbagai merek headset, seperti JBL, SONY, dan Apple tersedia di sini. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami, ya. Selamat membaca hingga akhir!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori