10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru tahun 2018)

10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru tahun 2018)

Bola basket adalah alat utama yang digunakan ketika bermain bola basket. Mungkin bagi Anda semua bola basket itu sama saja. Namun, faktanya tidaklah demikian. Terdapat perbedaan daya pantul, rasa genggaman serta material pembuat antara satu jenis bola basket dengan bola basket lainnya.

Lalu, bagaimana caranya memilih bola basket terbaik? Untuk menjawab hal tersebut, kali ini kami akan memaparkan cara-cara memilih bola basket, serta memberikan 10 rekomendasi bola basket terbaik. Pilihlah yang paling sesuai dengan gaya permainan Anda, ya!

Cara memilih bola basket

Pernahkah Anda merasa bola basket tertentu terasa lebih berat, lalu ada yang terasa terlalu besar, atau hal lainnya yang mengganggu Anda? Bila bolanya tidak pas, permainan basket Anda akan terasa kurang maksimal. Milikilah bola basket yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Sekarang, kami akan menjelaskan mengenai cara memilih bola basket yang paling tepat untuk Anda. Perhatikanlah poin-poin berikut sebagai referensi Anda dalam memilih bola, ya.

Pilihlah berdasarkan ukuran bola basket

Pilihlah berdasarkan ukuran bola basket

Para anggota klub basket mungkin sudah paham, tetapi umumnya tidak semua orang mengetahui fakta bahwa sebenarnya bola basket dibuat secara khusus berdasarkan kategori umur dan gender pemain. Mari lihat kategori yang paling pas untuk Anda!

Kategori penggunaan bola basket berdasarkan umur dan gender penggunanya dibagi sebagai berikut:

Bola nomor 7 : digunakan oleh pria dewasa, mahasiswa, siswa sekolah menengah atas, dan siswa sekolah menengah pertama (diameter 24.5 cm, keliling 74.9-78 cm, berat 567-650 gram)

Bola nomor 6 : digunakan oleh wanita dewasa, mahasiswi, siswi sekolah menengah atas, dan siswi sekolah menengah pertama (diameter 23.2 cm, keliling 72.4-73.7 cm, berat 510-567 gram)

Bola nomor 5 : digunakan oleh siswa dan siswi sekolah dasar, serta saat bermain mini basketball (diameter 22 cm, keliling 69-71 cm, berat 470-500 gram)

Terdapat perbedaan ukuran antar tiap jenis bola, bukan? Ketika hendak memilih bola, pilihlah bola dengan nomor yang paling sesuai untuk Anda. Meski begitu, bola basket yang digunakan dalam NBA Amerika sebenarnya berukuran lebih kecil dari nomor 7, yaitu nomor 6.5. Kombinasi antara ukuran bola sedikit lebih kecil plus kemampuan fisik mengagumkan inilah yang membuat acara NBA Amerika selalu sangat seru untuk ditonton!

Pilihlah berdasarkan bahan pembuatnya

Secara umum bola basket dibuat dari tiga jenis bahan, yaitu kulit asli, kulit sintetis, dan karet. Bola basket yang dibuat dari kulit asli maupun kulit sintetis biasanya untuk penggunaan indoor, seperti di gelanggang olahraga, sedangkan yang dibuat dari bahan karet digunakan untuk outdoor, seperti di aspal, kerikil, atau beton. Pilihlah bola basket sesuai dengan kondisi tempat Anda bermain.

Bahan kulit asli untuk pemain dalam klub basket

Bahan kulit asli untuk pemain dalam klub basket

Bola yang digunakan dalam liga basket top dunia dan pertandingan internasional, termasuk pertantingan NBA (National Basketball Association) Amerika ataupun Liga Basket Jepang menggunakan kulit asli. Daya lekat maksimal saat digenggam tangan membuat bola basket dengan bahan ini mudah digunakan.

Bila Anda rutin bermain basket dalam klub ataupun klub basket sekolah, kami merekomendasikan bola basket berbahan kulit asli. Latihan basket Anda akan semakin maksimal bila menggunakan bola seperti yang digunakan dalam pertandingan basket kelas dunia. Sayangnya, bola basket dengan bahan kulit asli memiliki harga yang cukup tinggi.

Bahan kulit sintetis untuk latihan bermain bola basket

Bahan kulit sintetis untuk latihan bermain bola basket

Bila dilihat sekilas, bola basket berbahan kulit sintetis tidak berbeda dengan bola berbahan kulit asli. Namun, saat disentuh tentu langsung terasa perbedaannya. Meski begitu, seiring dengan perkembangan zaman, bola basket berbahan kulit sintetis berkualitas tinggi semakin banyak bermunculan.

Karenakan harga kulit asli yang mahal, banyak yang lebih memilih untuk membeli bola basket berbahan kulit sintetis. Bahkan faktanya, saat ini banyak klub basket dan klub sekolah yang menggunakan bola berbahan kulit sintetis untuk latihan.

Sebenarnya, bahan kulit asli dan sintetis dirancang untuk penggunaan indoor seperti di gelanggang olahraga, tetapi saat ini sudah banyak bola dari bahan kulit sintetis yang dapat digunakan baik untuk penggunaan indoor maupun outdoor. Bila Anda berencana untuk bermain street basketball, gunakanlah bola berbahan kulit sintetis yang juga dapat digunakan untuk permainan outdoor, ya!

Bahan karet untuk street basketball

Bahan karet untuk street basketball

Bola basket berbahan karet umumnya untuk penggunaan diluar ruangan. Bola dengan permukaan karet asli maupun sintetis akan cepat rusak ketika digunakan di lapangan beton atau aspal. Bila tempat Anda berlatih adalah lapangan seperti itu, lebih baik Anda memilih bola berbahan karet. Meskipun berbahan dasar karet, bola ini tidak akan berubah bentuk.

Belakangan ini street basketball juga semakin populer dan bola berbahan karet berkualitas terus bermunculan. Kini juga bermunculan bola basket yang dirancang khusus untuk street basketball dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, pilihlah bola yang paling cocok dengan style Anda.

Selain itu, bola basket berbahan karet memiliki begitu banyak desain dengan kombinasi warna yang fashionable. Tentu akan semakin menyenangkan rasanya ketika bermain basket menggunakan style dan desain bola favorit Anda.

Pilihlah berdasarkan sensasi saat menyentuh bola

Pilihlah berdasarkan sensasi saat menyentuh bola

Hal terpenting saat memilih bola basket adalah sentuhannya. Bola yang enak disentuh akan membuat nyaman digunakan. Dengan rasa sentuhan yang tepat, Anda akan semakin mudah menggenggam dan mengontrol pergerakan bola tersebut. Ditambah semakin seringnya Anda menggunakan bola tersebut, kemampuan penguasaan bola Anda pun akan semakin meningkat.

Sentuhan bola berbeda satu dengan yang lain tergantung dari bahan pembuat dan ukurannya. Karena itu, pilihlah yang paling sesuai untuk Anda. Anda akan lebih mudah menemukan produk sesuai kebutuhan bila Anda datang langsung ke toko olahraga dan merasakan langsung sentuhan bola tersebut dibanding memesannya secara online. Bila Anda membeli secara online harganya memang bisa lebih murah, tetapi Anda tidak bisa merasakan sentuhan bola pesanan Anda.

10 Rekomendasi bola basket terbaik

Sekarang, saatnya kami memberikan daftar rekomendasi bola basket terbaik untuk Anda. Dalam daftar ini terdapat bola untuk penggunaan dalam ruangan maupun luar ruangan. Meskipun dalam daftar ini mungkin jenis yang dicantumkan adalah bola berukuran nomor 7, silakan dicek juga ketersediaan bola dengan ukuran lain baik itu nomor 6 maupun nomor 5 dari setiap jenis bola yang kami jelaskan.

10. Mikasa FIBA Basketball

10. Mikasa FIBA Basketball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Desain simpel dengan harga terjangkau

Sebagian pemain basket menyukai bola basket dengan desain sederhana. Jika Anda merupakan salah satunya, produk ini sangat pas untuk Anda! Anda tidak akan menemukan hiasan ataupun gambar-gambar yang memberikan kesan ramai pada produk ini. Hanya mencantumkan merek dan logo FIBA, produk berbahan karet ini benar-benar straighforward.

Dengan desain sederhana dan harga yang sangat terjangkau, Anda tidak perlu merasa sungkan saat menggunakan produk ini. Meski begitu, tetaplah berhati-hati saat menggunakannya, karena bila bola ini membentur batu atau permukaan keras yang cukup tajam maka akan muncul benjolan yang tidak bisa diperbaiki dan tentunya mengganggu permainan Anda.

9. Spalding Miami Heat Basketball

9. Spalding Miami Heat Basketball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 240.000

Untuk penggemar Miami Heat dan dilengkapi fitur deep channel

Apakah Anda menyukai kepiawaian Goran Dragic dalam mengatur permainan, atau memang Anda fans sejati Miami Heat? Bila iya, maka collectible product keluaran Spalding ini wajib ditambahkan dalam daftar koleksi Anda. Didesain khusus dengan kombinasi warna merah maroon dan kuning plus logo Miami Heat, Anda akan merasakan hawa Miami Heat yang sangat kentara.

Dilengkapi dengan fitur deep channel, bahan karet pembuat produk ini diproduksi dengan tekstur spesial, sehingga daya genggam Anda pada bola semakin meningkat. Teknik dan kontrol bola Anda saat bermain street basketball pun akan semakin mengagumkan. Meski begitu, harganya yang cukup mahal untuk jenis bola berbahan karet sehingga Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

8. Bounce Basketball GR-7

8. Bounce Basketball GR-7

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 105.000

Cat hitam keren dengan grip yang baik

Produk keluaran Bounce ini adalah pilihan pas untuk Anda yang menyukai warna hitam. Cat hitamnya terlihat elegan dengan kombinasi garis berwarna merah terang. Harganya pun terjangkau. Bila Anda membutuhkan produk dengan kriteria seperti ini, tidak perlu ragu untuk segera membeli Bounce GR-7.

Cat hitam pada produk ini juga mampu menyamarkan noda kotor sehingga Anda tidak perlu ragu menggunakannya di lapangan outdoor. Selain itu, tekstur permukaan karetnya juga didesain sedikit menonjol agar Anda memiliki grip yang lebih baik. Bahan karetnya pun sudah cukup kuat untuk Anda gunakan di lapangan aspal maupun beton.

7. Molten Basketball GG7X

7. Molten Basketball GG7X

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 620.000

Cocok untuk penggunaan indoor maupun outdoor

Bila Anda mencari produk dengan grip lebih baik daripada bola berbahan karet namun masih cukup kuat untuk digunakan di lapangan outdoor, produk ini bisa menjadi salah satu opsi. Bola berbahan kulit sintetis ini memiliki tekstur kulit jeruk yang cukup nyaman untuk Anda genggam. Hasilnya, Anda dapat mengontrol bola dengan lebih baik.

Keunggulan tersebut tidak hanya berlaku saat Anda bermain di lapangan indoor, tetapi juga saat berada di lapangan outdoor. Kulit sintetisnya cukup kuat untuk Anda pantulkan di beton atau aspal yang kasar. Dengan ketahanan produk dan daya genggam memadai, produk ini siap menemani Anda berlatih di mana pun lapangannya.

6. Molten Basketball GH7X

6. Molten Basketball GH7X

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 285.000

Cocok untuk digunakan latihan rutin

Produk keluaran Molten ini diproduksi untuk Anda yang mementingkan durabilitas dan ketahanan dari bola basket Anda. Durabilitas dan daya tahan tentu menjadi hal yang penting bila Anda hendak menggunakan bola setiap hari. Dibuat menggunakan kulit sintetis dengan compound keras yang terbukti tangguh, produk ini siap mendampingi latihan rutin Anda.

Namun, durabilitas produk ini menimbulkan efek samping. Bola ini menjadi terasa sangat keras dan permukaannya licin, sehingga bagi Anda yang ingin mendalami teknik kontrol bola tentu produk ini terasa kurang tepat. Meski begitu, dikarenakan ketangguhan dan ketersediaannya dalam segala ukuran, produk ini masih layak untuk Anda pertimbangkan.

5. Spalding NBA Gold Series Indoor/Outdoor

5. Spalding NBA Gold Series Indoor/Outddoor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 450.000

Kulit sintetis dengan daya genggam berkualitas

Untuk Anda yang membutuhkan produk dengan daya genggam kelas atas, produk ini rasanya wajib masuk pertimbangan Anda. Dengan compound yang empuk, produk ini membuat dribble Anda menjadi semakin terkontrol dan terarah. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah berakselerasi saat menggunakan bola ini.

Dibuat menggunakan kulit sintetis berkualitas, permukaan produk ini sama sekali tidak terasa licin. Anda dapat merasakan tekstur peeble pada permukaannya yang didesain khusus agar nyaman digenggam. Dengan daya genggam kelas atas dan daya tahan untuk digunakan di lapangan outdoor, Anda bebas melakukan freestyle di lapangan manapun!

4. Wilson Killer Crossover

4. Wilson Killer Crossover

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.095.000

Optima rubber untuk permainan basket optimal

Ketika Anda melakukan dribble menggunakan produk ini, Anda dapat merasakan pantulannya mudah dikendalikan seperti kulit sintetis. Padahal, produk keluaran Wilson ini sebenarnya dibuat dari karet, lho! Dengan teknologi optima rubber, tekanan udara dalam bola tetap terjaga sehingga Anda mengontrol pantulan bola ini dengan mudah.

Teknologi optima rubber ini juga diaplikasikan pada permukaan bola sehingga Anda tetap nyaman menggunakannya di lapangan apapun, bahkan saat hujan sekalipun. Daya genggamnya juga sangat baik sehingga sangat cocok untuk gunakan berlatih free throw atau bahkan dunk. Untuk Anda yang menginginkan performa optimal di berbagai kondisi, produk ini adalah pilihan tepat.

3. Molten GL7X FIBA Official Game Ball

3. Molten GL7X FIBA Official Game Ball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 2.359.000

Genuine leather dengan kualitas nomor satu

Dengan harga yang cukup mahal, tidak semua orang mau membeli produk ini. Namun, bila Anda bercita-cita menjadi seorang pemain basket profesional, bola ini adalah partner terbaik Anda. Dibuat sesuai kualifikasi FIBA, Anda dapat mulai membiasakan diri dengan permainan kelas dunia melalui bola ini.

Terbuat dari bahan kulit asli, produk ini terasa sangat empuk. Sensasi empuk ini tidak hanya terasa saat digenggam, tetapi juga saat Anda merasakan daya pantulnya. Daya lekatnya pun kelas dunia, sehingga bola ini begitu mudah Anda genggam dan kendalikan.

2. Mikasa Basketball BD2000

2. Mikasa Basketball BD2000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 1.176.500

Performa ultra grip dalam genggaman

Untuk Anda yang lebih sering bermain di lapangan basket indoor, produk ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Terbuat dari kulit sintetis, produk ini memiliki daya pantul yang cukup baik dan empuk. Bukan hanya itu, kulit sintetisnya juga dirancang khusus dengan durabilitas tinggi sehingga Anda dapat menggunakannya untuk waktu yang cukup lama.

Tidak cukup sampai disitu, produk keluaran Mikasa ini memiliki fitur ultra grip yang membuat Anda dapat mengontrol bola secara maksimum. Hal tersebut dimungkinkan melalui adanya lubang-lubang kecil di seluruh permukaan yang dikombinasikan dengan wide channel sehingga bola ini bagaikan dapat benar-benar melekat di tangan Anda.

1. Wilson Official FIBA Basketball

1. Wilson Official FIBA Basketball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 458.000

Khusus untuk 3 on 3 games

Bila Anda gemar memainkan basket 3 on 3, produk ini adalah must have item.  Diproduksi menggunakan ukuran 6 dengan berat menyamai bola berukuran 7, bola unik ini begitu enak dikontrol. Anda bisa dengan mudah melakukan banyak trik freestyle ataupun turn around.

Menggunakan teknologi terbaru Wilson yaitu wave triple threat technology, bola ini terasa begitu empuk dan nyaman digenggam. Anda tidak akan kesulitan melakukan 3 point shoot ataupun free throw. Dengan harga yang cukup terjangkau, produk ini juga siap untuk Anda gunakan di lapangan outdoor.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Bola yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda. Bila Anda memilih bola yang paling sesuai dengan gaya permainan Anda, tentu penguasaan bola dan teknik basket Anda akan menjadi semakin tajam. Berlatihlah menggunakan bola favorit Anda, maka  kemampuan bermain basket Anda akan berkembang menjadi semakin luar biasa.

Kami juga sudah memberikan beberapa rekomendasi bola basket untuk penggunaan indoor maupun outdoor, apakah ada yang cocok dengan kebutuhan Anda? Bila iya, segeralah pilih dan bermainlah menggunakan bola favorit Anda!