10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru tahun 2019)

10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru tahun 2018)

Bola basket adalah alat utama yang digunakan ketika bermain bola basket. Mungkin banyak yang mengira bahwa semua bola basket itu sama saja, padahal faktanya tidaklah demikian. Terdapat perbedaan dari sisi material, ukuran, dan sensasi grip antara satu jenis bola basket dengan bola basket lainnya.

Jadi, bagaimana caranya memilih bola basket yang tepat? Untuk menjawab hal tersebut, kini kami akan memaparkan cara memilih bola basket serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda akan menemukan beragam bola basket berkualitas keluaran MIKASA, Molten, atau Spalding dalam daftar rekomendasi ini.

Daftar isi

Cara memilih bola basket

Anda perlu menggunakan bola basket yang tepat agar permainan semakin maksimal. Oleh karena itu, kami akan jelaskan terlebih dahulu cara memilihnya. Silakan disimak!

Pilih berdasarkan ukurannya

Pilih berdasarkan ukurannya

Para anggota klub basket mungkin sudah paham tentang ukuran bola basket. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui bahwa sebenarnya bola basket dibuat khusus berdasarkan kategori umur dan gender pemain. Mari lihat kategori yang paling pas untuk Anda!

Kategori penggunaan bola basket berdasarkan umur dan gender penggunanya dibagi sebagai berikut:

Bola nomor 7 : digunakan oleh pria dewasa, mahasiswa, siswa sekolah menengah atas, dan siswa sekolah menengah pertama (diameter 24,5 cm, keliling 74,9-78 cm, berat 567-650 gram)

Bola nomor 6 : digunakan oleh wanita dewasa, mahasiswi, siswi sekolah menengah atas, dan siswi sekolah menengah pertama (diameter 23,2 cm, keliling 72,4-73,7 cm, berat 510-567 gram)

Bola nomor 5 : digunakan oleh siswa dan siswi sekolah dasar, serta saat bermain mini basketball (diameter 22 cm, keliling 69-71 cm, berat 470-500 gram)

Terdapat perbedaan ukuran antar tiap jenis bola, bukan? Ketika hendak memilih bola basket, pilihlah bola dengan nomor yang paling sesuai untuk Anda. Meski begitu, bola basket yang digunakan dalam NBA (National Basketball Association) di Amerika sebenarnya berukuran lebih kecil dari nomor 7, yaitu nomor 6,5. Kombinasi antara ukuran bola yang sedikit lebih kecil plus kemampuan fisik mengagumkanlah yang menghasilkan permaian luar biasa pada pertandingan NBA!

Pilih berdasarkan bahan dasarnya

Secara umum bola basket dibuat dari tiga jenis bahan dasar, yaitu kulit asli, kulit sintetis, dan karet. Bola basket berbahan kulit asli atau sintetis biasanya digunakan di dalam ruangan, misalnya di gelanggang olahraga. Di sisi lain, bola berbahan karet cocok digunakan di luar ruangan, seperti di permukaan aspal, kerikil, atau beton. Pilihlah bola basket sesuai dengan tempat Anda bermain.

Bahan kulit asli untuk anggota klub basket

Bahan kulit asli untuk anggota klub basket

Bola yang digunakan dalam liga basket top dunia dan pertandingan internasional semisal pertandingan NBA memakai kulit asli. Daya lekatnya maksimal saat digenggam tangan. Selain itu, semakin sering Anda menggunakannya, bola ini pun akan terasa semakin nyaman digunakan.

Bila Anda rutin bermain basket dalam klub atau klub basket sekolah, kami merekomendasikan bola basket berbahan kulit asli. Latihan basket Anda akan semakin maksimal bila menggunakan bola seperti yang digunakan dalam pertandingan basket kelas dunia. Sayangnya, bola basket berbahan kulit asli memiliki harga yang cukup tinggi sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan budget Anda.

Bahan kulit sintetis untuk latihan

Bahan kulit sintetis untuk latihan

Bila dilihat sekilas, bola basket berbahan kulit sintetis tidak berbeda dengan bola berbahan kulit asli. Namun, saat disentuh, akan langsung terasa perbedaannya. Meski begitu, seiring dengan perkembangan zaman, bola basket berbahan kulit sintetis dengan kualitas tinggi juga semakin banyak bermunculan.

Mahalnya bola berbahan kulit asli menyebabkan semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membeli bola basket berbahan kulit sintetis. Bahkan faktanya, saat ini banyak klub basket dan klub sekolah yang menggunakan bola berbahan kulit sintetis untuk latihan.

Sebenarnya, bahan kulit asli dan sintetis dirancang untuk penggunaan indoor seperti di gelanggang olahraga. Namun, saat ini sudah banyak bola berbahan kulit sintetis yang dapat digunakan baik untuk penggunaan indoor maupun outdoor. Bila Anda berencana bermain street basketball, bola berbahan kulit sintetis yang juga cocok untuk lapangan outdoor bisa menjadi pilihan.

Bahan karet untuk street basketball

Bahan karet untuk street basketball

Bola basket berbahan karet umumnya digunakan untuk latihan bermain di luar ruangan. Bola berbahan kulit asli atau sintetis akan cepat rusak ketika digunakan di lapangan beton atau aspal. Bila tempat Anda berlatih adalah lapangan seperti itu, lebih baik Anda memilih bola berbahan karet. Anda pun tidak perlu khawatir bola akan cepat rusak.

Apalagi, belakangan ini street basketball juga semakin populer. Hal tersebut membuat bola berbahan karet berkualitas terus bermunculan. Anda tidak akan kesulitan menemukan bola basket yang dirancang khusus untuk street basketball dengan harga cukup terjangkau. Jadi, pilihlah bola yang paling cocok dengan style Anda.

Selain itu, bola basket berbahan karet memiliki beragam desain dengan kombinasi warna yang fashionable. Tentu akan semakin menyenangkan rasanya ketika bermain basket menggunakan bola yang style dan desainnya Anda sukai.

Pilih berdasarkan sensasi saat menyentuh bola

Pilih berdasarkan sensasi saat menyentuh bola

Hal yang tak kalah penting saat memilih bola basket adalah rasa sentuhannya. Bola yang enak disentuh akan membuatnya semakin nyaman digunakan. Dengan rasa sentuhan yang pas, Anda akan lebih mudah menggenggam dan mengontrol pergerakan bola tersebut. Ditambah frekuensi tinggi penggunaan bola tersebut, kemampuan penguasaan bola Anda pun akan kian meningkat.

Sentuhan bola berbeda satu dengan yang lain tergantung dari bahan dasar dan ukurannya. Oleh karena itu, pilihlah yang paling sesuai untuk Anda. Bila hendak membelinya secara online, Anda bisa membaca review pengguna mengenai produk pilihan Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh gambaran mengenai sentuhan dari bola basket pilihan Anda.

10 Rekomendasi bola basket terbaik

Sekarang, saatnya kami memberikan daftar rekomendasi bola basket terbaik untuk Anda. Dalam daftar ini terdapat bola untuk penggunaan dalam ruangan maupun luar ruangan. Selamat memilih!

10. MIKASA BQ1000

10. MIKASA BQ1000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 140.000

Bola basket berkualitas dengan desain minimalis

Sebagian pemain basket menyukai bola basket dengan desain sederhana. Jika Anda merupakan salah satunya, produk buatan Thailand ini sangat pas untuk Anda! Anda tidak akan menemukan hiasan atau gambar-gambar yang memberikan kesan ramai pada produk ini.

Bola dengan desain minimalis ini juga memenuhi syarat Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) sehingga banyak digunakan dalam pertandingan profesional. Grip-nya pun mumpuni, menjadikan bola basket ini akan terasa lekat di tangan dan mudah Anda kontrol. Memiliki daya tahan yang tinggi, produk ini siap menemani Anda bermain basket setiap hari!

Ukuran yang tersedia 5, 6, dan 7
Target pengguna Murid SD hingga pria dan wanita dewasa
Bahan dasar Kulit sintetis
Warna Merah bata

9. Spalding Miami Heat Basketball

9. Spalding Miami Heat Basketball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 303.000

Desain keren ala Miami Heat yang wajib dijadikan koleksi!

Apakah Anda menyukai kepiawaian Goran Dragic dalam mengatur permainan? Atau mungkin Anda seorang fan Miami Heat? Bila iya, tentu collectible product keluaran Spalding ini harus masuk daftar koleksi Anda! Didesain khusus dengan kombinasi warna merah maroon dan kuning, plus logo Miami Heat, produk ini terlihat sangat khas dan berkarakter.

Tidak hanya tampilannya yang menjadi keunggulan, produk ini juga tetap asyik dimainkan. Dengan deep channel pada permukaannya, produk ini memiliki tekstur spesial sehingga memberikan grip yang sangat baik. Dengan begitu, teknik dan kontrol bola Anda saat bermain street basketball pun akan semakin mengagumkan.

Ukuran yang tersedia 7
Target pengguna Pria dewasa, siswa SMA, dan siswa SMP
Bahan dasar Karet
Warna Kombinasi merah maroon dan kuning

8. Bounce GR-7

8. Bounce GR-7

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 133.600

Harganya ekonomis, desainnya pun beragam

Untuk Anda yang mencari bola basket dengan desain bervariasi tanpa ingin mengeluarkan banyak dana, produk buatan Filipina ini pilihannya. Tersedia dalam 3 pilihan desain dengan kombinasi warna beragam, Anda makin bebas memilih tampilan yang paling disukai. Selain itu, tekstur permukaan karetnya juga didesain sedikit menonjol untuk grip yang lebih baik.

Ukuran yang tersedia 7
Target pengguna Pria dewasa, siswa SMA, dan siswa SMP
Bahan dasar Karet
Warna Kombinasi biru dan abu-abu, biru dan merah, serta merah dan hitam

7. MOLTEN GG7X

7. MOLTEN GG7X

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 700.000

Desain khas GIUGIARO-nya hasilkan visibilitas tinggi

Peeble surface pada permukaan produk ini dirancang mampu menghasilkan sentuhan yang merata sehingga Anda bisa mengendalikan bola dengan lebih presisi. Tidak hanya itu, desain GIUGARO-nya pun membuat bola ini memiliki visibilitas tinggi agar lebih mudah melacak arah rotasinya. Sangat pas untuk Anda yang mengutamakan teknik rotasi saat bermain basket!

Ukuran yang tersedia 7
Target pengguna Pria dewasa, siswa SMA, dan siswa SMP
Bahan dasar Composite leather
Warna Merah bata

6. MOLTEN GH7X 365 All Year Round

6. MOLTEN GH7X 365 All Year Round

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Makin durable dengan outer cover antilecet

Anda membutuhkan bola basket dengan daya tahan tinggi untuk bermain basket sepanjang tahun di berbagai lapangan? Produk ini bisa menjadi partner yang ideal! Outer cover-nya diklaim antilecet sehingga tidak mudah rusak meski dimainkan di lapangan aspal atau beton yang keras. Pilihan tepat untuk menemani Anda bermain basket, baik indoor maupun outdoor.

Ukuran yang tersedia 7
Target pengguna Pria dewasa, siswa SMA, dan siswa SMP
Bahan dasar Kulit sintetis
Warna Merah bata

5. Spalding NBA Gold

5. Spalding NBA Gold

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 585.000

Empuk dan daya genggamnya mumpuni, makin nyaman dikontrol!

Untuk Anda yang membutuhkan produk dengan daya genggam kelas atas, produk ini rasanya wajib masuk pertimbangan. Dengan compound yang empuk, produk ini akan membuat dribble Anda menjadi semakin terkontrol dan terarah. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah berakselerasi saat bermain basket.

Dibuat menggunakan composite leather berkualitas, permukaan produk ini juga tidak terasa licin. Apalagi, bola basket ini juga diklaim memiliki grip yang sangat baik, menjadikannya makin mudah diarahkan saat menembak atau dribble. Dengan bola basket yang bisa digunakan di lapangan indoor dan outdoor ini, Anda bebas melakukan freestyle di lapangan mana pun!

Ukuran yang tersedia 7
Target pengguna Pria dewasa, siswa SMA, dan siswa SMP
Bahan dasar Composite leather
Warna Cokelat

4. Nike True Grip Outdoor 8P

4. Nike True Grip Outdoor 8P

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 447.200

Bahan premium yang awet dan tekstur yang nyaman di tangan

Produk ini didesain dengan pola cross-hatched pada permukaannya serta celah pemisah antarpanel yang lebar untuk memastikan grip dan kontrol bola yang lebih baik. Selain itu, material premiumnya juga menjadikan bola ini makin tahan lama. Jika Anda mencari bola basket dengan touch yang tetap terasa mantap meski rutin digunakan bahkan di luar ruangan, ini jawabannya!

Ukuran yang tersedia 7, 6, dan 5
Target pengguna Murid SD hingga pria dan wanita dewasa
Bahan dasar Karet 82% dan kulit sintetis 18%
Warna Amber/black

3. Wilson FIBA 3×3 Official Game Basketball

3. Wilson FIBA 3x3 Official Game Basketball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 549.600

Mau main 3 on 3 games? Produk ini pilihannya!

Bila Anda gemar memainkan basket 3 on 3, produk ini adalah must-have item. Diproduksi dengan ukuran 6 dan berat menyamai bola berukuran 7, bola basket yang unik ini begitu enak dikontrol. Anda bisa dengan mudah melakukan banyak trik freestyle atau turn around.

Menggunakan teknologi terbaru Wilson, yaitu wave triple threat technology, bola ini semakin nyaman digenggam karena alurnya akan membuat bola ini semakin lekat di tangan. Anda tidak akan kesulitan melakukan 3-point shot atau free throw. Dengan harga yang cukup terjangkau, produk ini juga siap untuk Anda gunakan di lapangan outdoor.

Ukuran yang tersedia 6
Target pengguna Pria/wanita dewasa, siswa/siswi SMA, dan siswa/siswi SMP
Bahan dasar Karet dan high performance composite cover
Warna Kombinasi kuning dan biru

2. Mikasa BD2000

2. Mikasa BD2000

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.176.500

Double dimple-nya bikin bola ini sangat lekat di tangan!

Saat dimainkan dan dipantulkan, performa produk buatan Thailand ini menjadi sangat stabil berkat super composite cover-nya. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi tambahan dimple berukuran mikro di seluruh bagian permukaannya yang memberikan sensasi lembut pada tangan.

Teknologi double dimple tersebut juga menjadikan produk ini sangat lekat di tangan. Anda akan semakin mudah mengontrolnya bahkan saat tangan Anda penuh keringat. Jika Anda mencari bola basket dengan grip yang optimal dalam segala kondisi, jangan lewatkan produk yang satu ini!

Ukuran yang tersedia 5, 6, dan 7
Target pengguna Murid SD hingga pria dan wanita dewasa
Bahan dasar Super composite cover
Warna Merah bata

1. Molten GL7X

1. Molten GL7X

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.600.000

Top grain leather-nya bantu Anda maksimalkan permainan

Jika Anda bercita-cita menjadi pebasket profesional atau ingin selalu menampilkan permainan tingkat internasional, bola ini adalah partner terbaik Anda. Dibuat sesuai kualifikasi FIBA, Anda dapat mulai membiasakan diri dengan permainan kelas dunia melalui bola ini.

Terbuat dari bahan top grain leather, produk ini terasa sangat empuk saat dipegang dan dipantulkan. Desain flat peeble-nya juga memudahkan Anda untuk melakukan teknik back spin. Dengan begitu, Anda pun tidak akan kesulitan untuk menghasilkan tembakan dan operan dengan akurasi tinggi.

Ukuran yang tersedia 7
Target pengguna Pria dewasa, siswa SMA, dan siswa SMP
Bahan dasar Top grain leather (kulit asli)
Warna Merah bata

Baca juga rekomendasi ring basket dan sepatu basket di sini

Dengan menggunakan ring basket sendiri, Anda akan bebas berlatih bahkan di rumah. Lalu, bila Anda bermain sambil menggunakan sepatu basket terbaik, tentu performa permainan juga akan semakin meningkat. Anda bisa membaca lebih detail mengenai ring basket dan sepatu basket terbaik di sini.

Kesimpulan

Saat memilih bola basket, pastikan untuk mencari produk yang ukurannya tepat. Lalu, sesuaikan juga pilihan bahan dasarnya dengan tempat pemakaiannya, apakah di dalam atau di luar ruangan.

Dengan menggunakan bola basket yang tepat, Anda juga akan semakin cepat mahir dalam bermain. Rasakan sensasi sentuhan bola pilihan Anda, dan nikmati setiap momen permainan basket Anda!