• 10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bola basket adalah alat utama yang digunakan ketika bermain basket. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa semua bola basket itu sama saja, padahal faktanya tidaklah demikian. Terdapat perbedaan dari sisi bahan, ukuran, dan sensasi grip antara satu bola basket dengan bola basket lainnya.


Jadi, bagaimana cara memilih bola basket yang bagus dan tepat? Untuk menjawab hal tersebut, kami akan memaparkan cara memilih dan mengulas beberapa rekomendasi bola basket terbaik. Anda akan menemukan beragam bola basket berkualitas keluaran Mikasa, Molten, atau PROTEAM dalam daftar rekomendasi ini. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih bola basket

Anda perlu menggunakan bola basket yang bagus agar performa permainan lebih maksimal. Karena itu, kami akan jelaskan terlebih dahulu cara memilihnya. Silakan disimak!

Pilih berdasarkan ukurannya

Pilih berdasarkan ukurannya

Para anggota klub basket mungkin sudah paham tentang ukuran bola basket. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui bahwa sebenarnya bola basket dibuat khusus berdasarkan kategori umur dan gender pemain. Mari lihat ukuran yang paling pas untuk Anda!


  • Bola nomor 7: digunakan oleh pria dewasa, mahasiswa, siswa sekolah menengah atas, dan siswa sekolah menengah pertama (diameter 24,5 cm, keliling 74,9–78 cm, berat 567–650 gram)

  • Bola nomor 6: digunakan oleh wanita dewasa, mahasiswi, siswi sekolah menengah atas, dan siswi sekolah menengah pertama (diameter 23,2 cm, keliling 72,4–73,7 cm, berat 510–567 gram)

  • Bola nomor 5: digunakan oleh siswa dan siswi sekolah dasar, serta saat bermain mini basketball (diameter 22 cm, keliling 69–71 cm, berat 470–500 gram)


Pilihlah bola dengan nomor yang paling sesuai untuk Anda. Sebagai informasi, bola yang digunakan dalam National Basketball Association (NBA) berukuran lebih kecil dari nomor 7, yaitu 6,5. Kombinasi antara bola yang sedikit lebih kecil plus kemampuan fisik akan menghasilkan permainan luar biasa dalam pertandingan NBA!

Kenali perbedaan bola basket indoor dan outdoor

Dalam permainan basket, ada dua jenis bola yang dapat Anda gunakan, yaitu bola basket indoor dan outdoor. Apa saja perbedaan kedua jenis bola tersebut? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Bola basket indoor: Lebih lembut dan mudah dikontrol

Karakteristik bola basket indoor disesuaikan dengan kondisi lapangan vinyl atau plywood yang memiliki permukaan rata dan halus. Itu sebabnya, tekstur bola dibuat lebih lembut dan mungkin terasa agak licin di awal pemakaian. Namun, tidak perlu khawatir, tekstur bola akan makin nyaman di tangan seiring dengan bertambahnya frekuensi penggunaan.


Selain itu, sensasi sentuhan dan daya rekat yang dimiliki oleh bola basket indoor juga sangat mengagumkan. Kedua faktor ini membuat bola lebih mudah dikontrol sehingga Anda pun bisa leluasa mengeluarkan kemampuan. Karena itu, tidak heran bila bola basket indoor banyak disukai oleh para pebasket dunia.

Bola basket outdoor: Teksturnya lebih keras dan berbintik-bintik

Lapangan outdoor memiliki struktur yang kasar sehingga tekstur bola basket outdoor pun dibuat lebih keras. Selain itu, permukaan sebelah luar bola memiliki bintik-bintik kecil yang bertujuan untuk melindungi permukaan sebelah dalamnya. Dengan demikian, performa bola basket outdoor akan tetap prima meski terus digunakan dalam waktu lama.


Bila bola basket indoor hanya diperuntukkan di lapangan indoor, tidak demikian halnya dengan bola basket outdoor. Anda bisa menggunakan bola outdoor di dalam ruangan tanpa perlu khawatir bola menjadi rusak. Namun, Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri karena bola outdoor memiliki sensasi sentuhan dan kontrol yang berbeda.

Cek bahan dasar yang digunakan

Secara umum bola basket dibuat dari tiga jenis bahan dasar, yaitu kulit asli, kulit sintetis, dan karet. Bola basket berbahan kulit asli atau sintetis biasanya digunakan di dalam ruangan, misalnya di gelanggang olahraga. Di sisi lain, bola berbahan karet cocok digunakan di luar ruangan, seperti di permukaan aspal, kerikil, atau beton.

Bahan kulit asli untuk anggota klub basket

Bahan kulit asli untuk anggota klub basket

Bola yang digunakan dalam liga basket top dunia dan pertandingan internasional, seperti pertandingan NBA, memakai kulit asli. Hal ini karena daya lekatnya maksimal saat berada di genggaman. Selain itu, makin sering Anda menggunakannya, bola ini pun akan terasa makin nyaman digunakan.


Bila Anda rutin bermain basket di dalam ruangan atau mengikuti klub basket sekolah, kami merekomendasikan bola berbahan kulit asli. Latihan Anda akan tambah maksimal bila menggunakan bola seperti yang digunakan dalam pertandingan basket kelas dunia. Sayangnya, harga bola basket dari kulit asli cukup tinggi sehingga perlu disesuaikan dengan bujet pribadi.

Bahan kulit sintetis untuk latihan

Bahan kulit sintetis untuk latihan

Bila dilihat sekilas, bola basket yang terbuat dari kulit sintetis tidak berbeda dengan bola berbahan kulit asli. Namun, perbedaan yang jelas akan langsung Anda rasakan ketika menyentuhnya. Meski begitu, seiring dengan perkembangan zaman, banyak bermunculan bola basket berbahan kulit sintetis berkualitas tinggi.


Tingginya harga bola berbahan kulit asli membuat banyak orang lebih memilih bola basket berbahan kulit sintetis. Klub-klub basket dan klub sekolah pun banyak yang menggunakan bola berbahan kulit sintetis untuk latihan.


Bola basket kulit dirancang untuk indoor, tetapi kini banyak bola berbahan kulit sintetis yang dapat digunakan indoor ataupun outdoor. Bila Anda berencana bermain street basketball, bola berbahan kulit sintetis yang juga cocok untuk lapangan outdoor bisa menjadi pilihan.

Bahan karet untuk street basketball

Bahan karet untuk street basketball

Bola berbahan kulit asli atau sintetis akan cepat rusak ketika digunakan di lapangan beton atau aspal. Karena itu, untuk bermain basket di luar ruangan, gunakanlah bola basket berbahan karet. Dengan bahan tersebut, Anda tidak perlu khawatir bola cepat rusak meski sering dimainkan.


Terlebih lagi, belakangan ini street basketball juga makin populer di kalangan anak muda. Hal tersebut membuat produsen terus berinovasi untuk menghadirkan bola berbahan karet berkualitas. Kami yakin Anda tidak akan kesulitan menemukan bola basket karet dengan harga yang sesuai dengan bujet.


Selain itu, bola basket berbahan karet memiliki beragam desain dengan kombinasi warna yang fashionable. Tentu menyenangkan bermain basket menggunakan bola yang desainnya Anda sukai.

Amati sensasi saat menyentuh bola

Amati sensasi saat menyentuh bola

Hal yang tak kalah penting saat memilih bola basket adalah sensasi yang diberikan bola ketika Anda sentuh. Bola yang enak disentuh akan membuat Anda lebih mudah menggenggam dan mengontrol pergerakan bola. Sensasi yang nyaman ditambah dengan latihan rutin pasti akan meningkatkan penguasaan bola Anda.


Sensasi sentuhan ini dapat berbeda satu dengan yang lain tergantung dari bahan dasar dan ukuran bola. Bila hendak membeli secara online, pastikan Anda membaca review pembeli lain mengenai produk pilihan Anda. Dengan begitu, Anda akan memperoleh gambaran mengenai sensasi sentuhan dari bola basket yang sedang Anda incar.

10 Rekomendasi bola basket terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bola basket terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Ukuran yang tersedia5, 6, dan 7
Jenis aktivitasIndoor dan outdoor
Bahan dasarComposite leather
9

DecathlonTARMAK Bt500 3-on-3

8495721

Mulai dari Rp 240.000,00

Ukuran yang tersedia5 dan 6
Jenis aktivitasIndoor dan outdoor
Bahan dasar70% Polyester, 30% nylon
8

SPEEDSWildsun Basketball

LX 043-04

Mulai dari Rp 120.000,00

Ukuran yang tersedia7
Jenis aktivitasIndoor dan outdoor
Bahan dasarRubber
7
Ukuran yang tersedia5, 6, dan 7
Jenis aktivitasOutdoor
Bahan dasar86% Rubber, 14% synthetic leather
6
Ukuran yang tersedia7
Jenis aktivitasIndoor dan outdoor
Bahan dasarReflective leather
5
Ukuran yang tersedia6 dan 7
Jenis aktivitasIndoor
Bahan dasarComposite leather
4
Ukuran yang tersedia7
Jenis aktivitasIndoor dan outdoor
Bahan dasarPremium composite leather
3
Ukuran yang tersedia7
Jenis aktivitasIndoor dan outdoor
Bahan dasarRubber
2
Ukuran yang tersedia7
Jenis aktivitasOutdoor
Bahan dasarRubber
1

DecathlonTARMAK R500 Hardground

8547140

Mulai dari Rp 180.000,00

Ukuran yang tersedia7
Jenis aktivitasOutdoor
Bahan dasarRubber

Tabel perbandingan produk bola basket terbaik

Gambar produk
1
Decathlon TARMAK R500 Hardground 1

Decathlon

2
Mikasa GR7 1

Mikasa

3
INKOR BOLA PACIFIC PROTEAM SA-7 1

INKOR BOLA PACIFIC

4
BALLERBRO MZ7 1

5
Molten BG4500 1

Molten

6
GUARD Glowing Basketball 1

7
Nike Versa Tack Basketball 1

Nike

8
SPEEDS Wildsun Basketball 1

SPEEDS

9
Decathlon TARMAK Bt500 3-on-3 1

Decathlon

10
Spalding SLAM DUNK 1

Spalding

Nama produk

TARMAK R500 Hardground

GR7

PROTEAM SA-7

BALLERBRO MZ7

BG4500

GUARD Glowing Basketball

Versa Tack Basketball

Wildsun Basketball

TARMAK Bt500 3-on-3

SLAM DUNK

Keunggulan

Tahan bocor berkat teknologi Magic Jam Gel

Bola basket berkualitas dengan desain minimalis

Bangga dengan bola basket buatan lokal

Bahan premium leather-nya nyaman untuk indoor dan outdoor

Antiselip, bola senantiasa dalam genggaman meski tangan berkeringat

Bukan bola biasa, bisa glowing saat mendapatkan sorotan lampu flash

Tampil beda dengan bola beraneka ragam warna

Harga ekonomis dengan 4 lapisan penyusun

Mau main 3 on 3 games? Produk ini pilihannya!

Empuk dan daya genggamnya mantap, makin nyaman dikontrol!

Harga mulai dariRp 180.000,00Rp 140.000,00Rp 320.000,00Rp 299.000,00Rp 780.000,00Rp 299.000,00Rp 459.000,00Rp 120.000,00Rp 240.000,00Rp 199.000,00
Ukuran yang tersedia77776 dan 775, 6, dan 775 dan 65, 6, dan 7
Jenis aktivitasOutdoorOutdoorIndoor dan outdoorIndoor dan outdoorIndoorIndoor dan outdoorOutdoorIndoor dan outdoorIndoor dan outdoorIndoor dan outdoor
Bahan dasarRubberRubberRubberPremium composite leatherComposite leatherReflective leather86% Rubber, 14% synthetic leatherRubber70% Polyester, 30% nylonComposite leather
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bola basket

Anda sudah mengetahui tips memilih bola basket dan menyimak produk-produk terbaik dari berbagai merek. Sekarang, kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer seputar bola basket.

Siapakah yang menciptakan permainan bola basket?

Permainan bola basket diciptakan pada 1891 oleh seorang direktur sekaligus guru yang bernama James Naismith. Awalnya, basket merupakan permainan yang dirancang sebagai alternatif olahraga outdoor yang tidak bisa dilakukan saat musim dingin. Saat itu, Naismith menggabungkan konsep sepak bola, permainan hoki, dan olahraga lainnya sehingga terciptalah olahraga basket.

Bola apa yang dipakai NBA?

Mulai dari 1983 hingga 2020, NBA menjalin kerjasama dengan merek Spalding. Namun, kontrak keduanya berakhir setelah musim 2020/2021 dan sepakat untuk tidak diperpanjang. Sebagai gantinya, NBA akan akan menggunakan merek Wilson yang sebenarnya pernah dipakai selama 37 musim sejak 1946.

Mengapa bola basket berwarna oranye?

Oranye mendominasi warna bola basket karena alasan visibilitas. Warna oranye tergolong mencolok sehingga mudah dilihat oleh pemain ataupun penonton pertandingan. Bola basket juga jarang dikombinasikan dengan warna lain karena mengganggu pandangan pemain, terutama saat bola berputar di udara. Sebenarnya, ada juga bola basket dengan warna selain oranye. Namun, NBA tidak menggunakan warna selain oranye di pertandingan mereka.


Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) sebagai badan pengatur internasional basket telah menetapkan oranye sebagai warna wajib bola basket. Hal ini tertuang dalam FIBA Rules 2017 pasal 7 tentang Basketball Equipment. Jika ada kombinasi warna, salah satunya tetap harus oranye, itu pun harus melalui persetujuan FIBA.

Baca juga rekomendasi aksesori basket di sini

Kami berharap Anda sudah menemukan bola basket sesuai kebutuhan Anda. Selain bola basket, kami juga mempunyai beberapa rekomendasi produk aksesori basket yang mungkin sedang Anda butuhkan. Terdapat beberapa produk, seperti knee supporter, sepatu basket, dan yang lainnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Saat memilih bola basket, pastikan untuk mencari produk yang ukurannya tepat. Lalu, sesuaikan juga pilihan bahan dasarnya dengan tempat pemakaiannya, apakah di dalam atau di luar ruangan. Dengan menggunakan bola basket yang tepat, Anda juga akan makin cepat mahir dalam bermain. Rasakan sensasi sentuhan bola pilihan Anda dan nikmati setiap momen permainan basket Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Basket adalah salah satu permainan bola yang banyak digemari. Seiring meningkatnya popularitas permainan basket, penjualan sepatu basket, khususnya sepatu basket pria juga terus meroket. Sebut saja merek-merek sepatu basket ternama yang bagus, seperti Nike, adidas, dan Under Armour. Sepatu basket yang tepat dapat membuat Anda bergerak dengan lebih lincah, performa permainan pun bisa makin meningkat. Nah, untuk mendapatkan sepatu basket pria yang tepat, silakan baca artikel ini sampai habis. Ada pembahasan mengenai cara memilih sepatu basket pria hingga sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. 
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Permainan bola basket tidak hanya populer di kalangan pria, tetapi wanita juga bisa melakukannya. Karena itu, kini sudah banyak sepatu basket wanita yang bagus dan murah di pasaran. Namun, Anda perlu cermat dalam memilih sepatu basket untuk wanita di antara banyaknya pilihan.Di artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan sepatu basket terbaik untuk wanita. Tak lupa, ada sepuluh rekomendasi sepatu basket wanita original dari sejumlah merek ternama. Anda dapat menemukan sepatu basket wanita Nike Air Jordan, adidas, Ardiles x DBL, dan lainnya. Selamat membaca!
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Ring Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ring Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bola basket merupakan olahraga yang digemari banyak orang. Salah satu peralatan penting dari olahraga tersebut adalah ring basket. Kali ini, kami akan mengulas berbagai hal mengenai ring basket untuk Anda. Anda akan menemukan beragam ring basket yang bagus keluaran Nerf, Berwyn, dan berbagai merek lainnya.Kami juga akan menjelaskan cara memilih ring basket dan merekomendasikan produk terbaiknya. Ring basket yang kami pilihkan dalam artikel ini bisa digunakan untuk pertandingan resmi atau permainan santai. Temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati saat-saat main basket dengan lebih seru!
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Jersey Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jersey Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Basket merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Membicarakan basket tidak melulu soal klub atau pemain profesionalnya. Jersey juga menjadi produk yang populer di kalangan fans. Produknya bisa dipakai untuk bermain atau menonton pertandingan basket.Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih jersey basket terbaik untuk pria. Jenisnya beragam, dari jersey NBA, jersey tim nasional basket Indonesia, hingga yang polos. Kami juga akan merekomendasikan produk original dari berbagai merek yang bagus, seperti Nike, adidas, dan lainnya. Tiap produknya sudah kami ulas untuk Anda, lho. Yuk, dilanjutkan membacanya!
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Baju Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang terkenal di dunia. Seragam atau jersey yang dipakai para atlet di pertandingan menjadi salah satu ciri khas dari olahraga ini. Anda bisa menemukan baju basket dari merk pakaian olahraga terkenal seperti Nike, adidas, dan sebagainya.Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih baju basket yang bagus khusus untuk wanita. Selain untuk latihan, Anda juga bisa mengoleksi atau memakainya untuk menonton pertandingan. Bahkan, Anda bisa tampil sporty dan keren dengan memakai baju basket, lho. Penasaran? Yuk, baca sampai selesai!
    Bola basket
  • 10 Merk Jersey Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jersey Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya disukai para pria, basket juga menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati wanita. Supaya merasa nyaman dan bisa menunjukkan permaian basket yang memukau, Anda membutuhkan jersey khusus yang memang dirancang untuk wanita. Di pasaran, terdapat tiga tipe jersey basket wanita, yaitu jersey authentic, swingman, dan replika.Agar tidak salah pilih, bacalah tips memilih jersey basket untuk wanita yang kami siapkan di bawah ini. Kami juga menyediakan review dan rekomendasi merek jersey basket wanita yang bagus, seperti Nike, adidas, Decathlon, dan Proteam. Mari simak ulasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai akhir!
    Bola basket
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori