• 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Anda pasti setuju kalau sepak bola adalah olahraga paling populer di Indonesia dan digemari seluruh lapisan masyarakat. Permainan sepak bola tidak mungkin dilakukan tanpa bola sepak. Nike, Mikasa, Adidas, dan Molten adalah segelintir merek terkenal yang terus berinovasi agar dapat menghasilkan bola sepak terbaik.

Meski begitu, banyaknya bola sepak berkualitas di pasaran bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi bola sepak terbaik untuk Anda. Ayo, baca artikel ini sampai tuntas dan temukan bola sepak favorit Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 687 Views
Daftar isi

Cara memilih bola sepak

Pertama, kami akan jelaskan terlebih dahulu cara memilih bola sepak. Mari simak selengkapnya agar Anda mengetahui cara memilih bola sepak yang tepat.

Pilih ukuran bola sepak berdasarkan usia

Pilih ukuran bola sepak berdasarkan usia
Tahukah Anda bahwa bola sepak diproduksi dengan ukuran berbeda sesuai usia penggunanya? Bahkan, sebenarnya bola sepak untuk anak-anak di bawah kelas 1 SD, anak kelas 2-6 SD, dan anak SMP hingga dewasa diproduksi dalam ukuran berbeda.
Anak-anak berusia maksimal 6-7 tahun yang biasanya berada pada kelas 1 SD sebaiknya memakai bola berukuran nomor 3. Anak-anak berusia 7-12 tahun bisa menggunakan bola dengan ukuran nomor 4. Lalu, untuk orang yang berusia di atas 12 tahun, yaitu anak SMP hingga orang dewasa sebaiknya memakai bola dengan ukuran nomor 5. Bola ukuran 5 adalah bola terbesar dan paling umum digunakan.
Meski begitu, ada juga yang berpikir bahwa anak yang belum dewasa sebaiknya tidak bermain menggunakan bola nomor 5. Awalnya pun bisa saja Anda berpikir bahwa tidak masalah anak kecil berlatih sepak bola menggunakan bola nomor 5 agar kakinya lebih terbiasa. Akan tetapi, ukuran bola sepak sebenarnya sudah diperhitungkan sedemikian rupa agar sesuai dengan perkembangan tulang dan otot manusia pada usia-usia tertentu. Bila Anda memilih bola dengan ukuran yang tidak sesuai usia, risiko terjadinya cedera pun meningkat. Karena itu, pilihlah bola sepak dengan ukuran sesuai usia.

Pilih berdasarkan tujuan penggunaannya

Meski sama-sama tergolong bola sepak, Anda akan menemukan berbagai bola sepak yang berbeda fungsi. Secara umum, bola sepak terbagi menjadi bola sepak untuk pertandingan, latihan, serta untuk hiasan atau koleksi. Setiap kategori bisa memiliki karakteristik bola yang berbeda sehingga Anda perlu memilih sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Untuk pertandingan dan latihan, pilih bola yang lulus tes

Untuk pertandingan dan latihan, pilih bola yang lulus tes
Anda bisa memakai bola yang telah dinyatakan lulus tes oleh institusi resmi seperti FIFA, PSSI, atau institusi resmi lainnya untuk pertandingan resmi. Bola jenis ini adalah bola yang dipakai oleh pemain profesional di seluruh dunia.
Selain bola yang dipakai di pertandingan resmi, ada juga bola yang lulus tes untuk digunakan dalam latihan. Akan tetapi, bola seperti ini biasanya memiliki daya pantul, ketahanan, kecepatan putaran, dan berbagai aspek lain yang lebih inferior dibanding bola untuk pertandingan resmi. Bila Anda sudah terbiasa dengan karakteristik bola latihan, Anda bisa merasa kewalahan ketika bermain menggunakan bola yang memang dirancang untuk dipakai dalam pertandingan resmi. Karena itu, kami sarankan Anda memakai bola untuk pertandingan resmi bahkan dalam sesi latihan Anda.

Untuk dijadikan pajangan, pilih bola untuk koleksi

Untuk dijadikan pajangan, pilih bola untuk koleksi
Bola sepak tidak hanya dipakai untuk pertandingan atau latihan, tetapi juga telah dipakai untuk menghiasi ruangan atau kamar tidur. Bola sepak dengan tanda tangan dan replika bola yang digunakan untuk momen bersejarah seperti Piala Dunia akan menimbulkan atmosfer berbeda saat Anda pajang dalam ruangan.
Tampilan bola seperti ini memang tidak jauh berbeda dengan bola pada umumnya. Akan tetapi, bola ini tidak cocok digunakan untuk bermain sepak bola sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakannya untuk bermain, ya!

Pilih bola sepak berdasarkan jenis lapangan

Pilih bola sepak berdasarkan jenis lapangan
Anda perlu memilih bola sesuai dengan jenis lapangannya. Berbeda jenis lapangan, berbeda pula material bola sepak yang cocok. Bila Anda bermain bola di lapangan rumput sintetis, Anda bisa menggunakan bola berbahan latex. Bahan tersebut memiliki sifat layaknya karet sehingga memiliki elastisitas sangat baik saat ditendang, tetapi justru akan terlalu memantul bila Anda gunakan pada lapangan tanah.
Lalu, bila Anda hendak bermain bola di lapangan tanah, yaitu lapangan dengan permukaan tanah yang keras atau lapangan rumput, Anda bisa memilih bola berbahan PU (poliuretan). Bahan PU merupakan kulit sintetis sehingga tidak akan memantul terlalu kuat sekalipun Anda tendang dengan kencang. Anda bisa memilih bola seperti ini ketika bermain di lapangan rumput atau lapangan dengan permukaan tanah yang keras, misalnya lapangan tanah atau aspal. Bila Anda menggunakan bola seperti ini di lapangan rumput sintetis, Anda akan kesulitan mengendalikan bola karena daya pantulnya. Karena itu, berhati-hatilah saat memilih bola, ya!

10 Rekomendasi bola sepak terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan 10 rekomendasi bola sepak terbaik. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

10. Proteam Bola Sepak Green Force – Size 3

Rp160.930,00

Ukuran3
Tujuan penggunaanLatihan dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan rumput
Ukuran5
Tujuan penggunaanLatihan dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan rumput

8. Adidas UEFA EURO 2016 Top Glide Soccer Ball

Rp387.500,00

Ukuran5
Tujuan penggunaanKoleksi, latihan, dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan tanah
Ukuran5
Tujuan penggunaanLatihan dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan tanah

6. PUMA ELITE 1.2 FUSION Pro Soccer Ball

Rp595.000,00

Ukuran5
Tujuan penggunaanLatihan dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan tanah
Ukuran4 dan 5
Tujuan penggunaanLatihan dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan tanah dan lapangan rumput sintetis

4. Adidas UCL Finale 16 Official Game Ball

Rp954.000,00

Ukuran5
Tujuan penggunaanKoleksi, latihan, dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan tanah
Ukuran5
Tujuan penggunaanLatihan dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan tanah dan rumput sintetis
Ukuran5
Tujuan penggunaanKoleksi
Jenis lapanganX
Ukuran5
Tujuan penggunaanLatihan dan pertandingan
Jenis lapanganLapangan tanah dan rumput sintetis

Baca juga rekomendasi training football shoes dan sepatu spike untuk sepak bola di sini

Untuk menampilkan permainan terbaik, Anda perlu menggunakan sepatu spike yang tepat saat Anda bermain sepak bola. Tidak hanya saat bertanding, Anda juga perlu menggunakan football shoes yang tepat saat berlatih agar permainan Anda tetap maksimal. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan bola sepak yang tepat, tentu permainan sepak bola akan semakin mengasyikkan. Anda bisa memilih bola sepak dengan ukuran sesuai usia dan lapangan tempat Anda bermain.
Anda juga perlu memilih bola sepak sesuai tujuan penggunaannya. Bila Anda hendak memajang bola yang ditandatangani atau replika khusus, jangan menggunakannya untuk bermain bola karena akan cepat rusak. Pilihlah bola sesuai kebutuhan Anda dan nikmati permainan sepak bola yang menyenangkan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    15.878 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    7.295 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2019)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam lingkungan, mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti merasa bingung karena ada begitu banyak jenis sepeda gunung yang bisa dipilih.Apalagi, produsen sepeda terkenal seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga sudah banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan 10 sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!
    Outdoor & sports
    8.499 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Sepatu merupakan perlengkapan paling penting dalam olahraga lari maupun jogging. Akhir-akhir ini, kita sering menjumpai orang-orang yang memakai sepatu lari yang trendi. Banyak produsen seperti Adidas, Asics, dan Nike mengeluarkan sepatu lari dengan kualitas terbaik, dilengkapi keunikan dan keunggulan dari masing-masing merek.Semakin banyak variasi produk, mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung saat memilih. Kali ini kami akan membahas tips memilih sepatu lari dan memperkenalkan sepuluh produk sepatu lari terbaik untuk Anda. Silakan menyimak ulasannya dan temukan sepatu lari yang cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    4.435 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ada pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan atau raincoat, tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan dengan payung. Jas hujan dianggap lebih mampu menghalang air hujan dan meminimalisir basah pada baju dan celana yang Anda gunakan.Berbagai macam merek jas hujan seperti Axio, Eiger, Aspiro, Tiger Head, dengan harga dan fungsi yang bervariasi, dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai toko online. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi 10 jas hujan terbaik yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Jadi, jangan dilewatkan, ya!
    Outdoor & sports
    3.517 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2019)
    Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu moda transportasi yang simple dan digunakan tidak hanya oleh para pesepeda. Road bike yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenis, antara lain road bike keluaran merek-merek ternama seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Selain itu, komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga sering kali membuat para pemula menjadi bingung.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih road bike. Kemudian kami akan memperkenalkan rekomendasi produk road bike dalam format ranking. Produk road bike yang akan kami perkenalkan di sini memiliki banyak variasi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bersepeda Anda.
    Outdoor & sports
    3.486 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2019)
    Sleeping bag adalah perlengkapan penting dalam mendaki gunung untuk membuat tidur Anda terasa lebih nyaman. Beberapa merek sleeping bag yang terkenal antara lain Naturehike, Eiger, Consina, dan Coleman. Jenisnya bermacam-macam, ada yang harganya terjangkau, mudah dicuci, atau berukuran compact. Apakah Anda kesulitan mencari sleeping bag yang cocok untuk mendaki gunung?Kali ini, kami akan membahas dengan detail cara memilih sleeping bag untuk mendaki gunung dan kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli sleeping bag, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Selamat membaca!
    Outdoor & sports
    346 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori