10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Anda pasti setuju kalau sepak bola adalah olahraga paling populer di Indonesia. Sepak bola sudah menjadi olahraga yang digemari seluruh lapisan masyarakat. Permainan sepak bola tidak mungkin dilakukan tanpa bola sepak. Molten, Mikasa dan Adidas adalah merek terkenal yang terus berinovasi agar menghasilkan bola sepak yang lebih baik.

Marilah bergabung bersama kami untuk mengulas cara memilih bola sepak serta membandingkan 10 rekomendasi bola yang kami berikan dalam artikel ini. Anda akan lebih mudah memilih dan menemukan bola sepak setelah membaca artikel berikut ini. Siap? Ayo kita mulai!

Daftar isi

Cara memilih bola sepak

Bola sepak yang beredar di Indonesia kini semakin bervariasi. Berbagai merek, desain dan teknologi bola terus bertambah untuk mengakomodasi keinginan pecinta sepak bola di negeri ini. Untuk memilih bola sepak perlu diperhatikan beberapa hal seperti usia pemain, tujuan penggunaan bola serta lapangan sepak bola. Ikuti terus artikel berikut ini untuk menambah referensi Anda tatkala memilih bola sepak.

Pilih ukuran berdasarkan usia

Pilih ukuran berdasarkan usia

Sepak bola telah berkembang dan telah menjadi olahraga populer yang tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Bola yang biasa dipakai oleh orang dewasa pada pertandingan resmi adalah bola berukuran 5. Penggunaan bola berukuran 5 pada anak-anak bisa menyebabkan cedera sehingga beberapa produsen membuat bola berdasarkan perkembangan otot dan tulang yang disesuaikan dengan usia anak-anak.

Bola yang umumnya ditemukan di pasaran adalah bola dengan ukuran 3 hingga ukuran 5. Selain bola ukuran 5 yang bisa dipakai oleh anak-anak usia 13 tahun hingga orang dewasa, terdapat pula bola ukuran 4 yang bisa dipakai oleh anak-anak usia 8 sampai 12 tahun. Sedangkan untuk anak-anak yang berusia 8 tahun ke bawah maka bola ukuran 3 adalah bola yang biasa dipakai.

Pilih berdasarkan penggunaan

Bola sepak bisa dipakai untuk pertandingan, latihan serta untuk hiasan atau koleksi. Setiap kategori bisa memiliki karakeristik bola yang berbeda sehingga penggunaanya harus dipisahkan.

Pilih bola yang lulus tes untuk pertandingan resmi

Pilih bola yang lulus tes untuk pertandingan resmi

Anda bisa memakai bola yang telah dinyatakan lulus tes oleh institusi resmi seperti FIFA, PSSI, atau institusi resmi lainnya untuk pertandingan resmi. Bola jenis ini adalah bola yang dipakai oleh pemain profesional di seluruh dunia.

Selain bola yang dipakai di pertandingan resmi, ada juga bola yang dipakai untuk latihan. Bola berstandar resmi FIFA bisa dipakai untuk latihan, namun beberapa bola latihan bisa mengalami modifikasi untuk meningkatkan keterampilan sehingga memiliki desain yang berbeda dengan bola yang dipakai untuk pertandingan resmi.

Bola untuk koleksi

Bola untuk koleksi

Bola sepak tidak hanya dipakai untuk pertandingan atau latihan namun juga telah dipakai untuk menghiasi ruangan atau kamar tidur. Beberapa bola dengan tanda tangan dan bola replika yang digunakan untuk momen bersejarah bisa Anda temukan dijual untuk hiasan atau koleksi.

Tampilan bola replika mungkin mirip dengan bola pada pertandingan resmi, namun bola ini bisa terbuat dengan standar yang berbeda sehingga tidak cocok jika dipakai untuk bermain sepak bola. Berhati-hatilah ketika menggunakan bola replika untuk bermain bola.

Pilih bola sepak berdasarkan lapangan

Pilih bola sepak berdasarkan lapangan

Bola yang dipakai pada pertandingan bisa berbeda tergantung dari jenis lapangan. Bola yang dipakai untuk lapangan rumput alami dan rumput sintetis memiliki karakteristik kuat dan tahan lama. Bola untuk permainan futsal bisa dikategorikan bola berukuran 4 serta memiliki daya pantul yang rendah agar mudah dikontrol di lapangan futsal yang memiliki permukaan keras.

Umumnya bola sepak terbuat dari bahan PU (Polyurethane) atau PVC (Poly Vinyl Carbonate). Bahan PVC lebih murah dan tahan lama sedangkan bahan PU cenderung lebih lembut dan lebih responsif dari bahan PVC. Bahan PVC lebih tahan terhadap lecet yang ditimbulkan dari sepakan atau gesekan dengan permukaan lapangan. Bola dengan bahan PVC umumnya digunakan untuk latihan, indoor soccer dan futsal. Bola dengan bahan PU merupakan bola berkualitas tinggi yang biasanya dipakai pada pertandingan resmi sepak bola.

10 Rekomendasi bola sepak terbaik

Di bawah ini adalah 10 rekomendasi bola sepak terbaik yang dipilih berdasarkan ukuran serta kegunaannya. Silakan pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

10. Senda Power Match Wheelchair

10. Senda Power Match Wheelchair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.471.000

Bermain sepak bola dan bergembira bersama kaum difabel

Senda Power Match Wheelchair adalah produk yang cocok dimainkan oleh kaum difabel. Produk ini adalah bola sepak pertama yang dirancang khusus untuk orang yang menggunakan kursi roda sehingga bisa menciptakan olahraga yang menyenangkan namun tetap kompetitif. Bagian luar produk ini terbuat dari bahan PU berkualitas untuk menjamin bola dengan tingkat responsif tinggi.

Seperti bagian luar yang premium, bagian dalam produk ini terbuat dari bahan premium berupa lateks dengan sentuhan yang lembut. Produk ini memiliki standar fair trade untuk menjamin bola ini diproduksi dengan tetap memperhatikan efek sosial, ekonomi dan lingkungan. Jadikan akses sepak bola untuk semua kaum dengan produk ini.

9. KixSports KixFriction TireX Size 4

9. KixSports KixFriction TireX Size 4

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.168.000

Bola latihan dengan desain yang unik

Bola ini didesain memiliki sifat aerodinamis sehingga hanya akan bergerak setengah kali dari jarak bola biasa ketika ditendang serta akan sulit menggelinding di lapangan. Sifat bola ini ideal untuk melatih keterampilan pemain dengan memaksanya menendang bola lebih kuat dan menggunakan teknik yang tepat. Sehingga baik untuk mengasah power tendangan.

Produk ini bisa dipakai latihan untuk mengasah kemampuan kontrol bola, juggling, menendang serta mengoper bola. Bola ini cocok dipakai oleh Anda yang sedang berlatih intensif untuk meningkatkan skill mengolah bola. Desain yang unik membuat bola ini bisa dipakai hampir di semua lapangan. Bawa permainan Anda ke level tertinggi dengan bola ini.

8. Proteam Green Force Size 3

8. Proteam Green Force Size 3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 160.930

Nikmati keseruan anak-anak saat berlatih dan bertanding

Produk ini merupakan bola dengan ukuran 3 yang cocok dipakai untuk anak-anak saat berlatih atau bertanding. Bahan PVC menjadi bahan yang dipilih oleh produsen untuk membuat bola ini relatif murah dan tidak cepat rusak. Cocok untuk Anda yang mencari bola yang awet. Bagian dalam bola yang terbuat dari bahan butyl membuat produk ini tidak mudah kempis.

Desain bola berlogo Persebaya menandakan kalau produk ini cocok bagi Anda penggemar sejati Persebaya yang memiliki gairah tinggi. Penggunaan bola ini pada anak-anak akan memupuk kecintaan mereka terhadap sepak bola sejak dini. Jadikan bola ini sebagai teman latihan dan bertanding bagi bibit-bibit unggul persepakbolaan tanah air !

7. Soccer Innovations Jimmy Soccer Training Ball

7. Soccer Innovations Jimmy Soccer Training Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.998.000

Berlatih sepakbola di ruang terbatas? Tentu bisa!

Produk ini adalah bola yang cocok dipakai latihan di ruangan yang terbatas. Didesain dengan unik dengan tambahan tali di bagian atas bola, lalu dikalungkan ke leher Anda. Tujuannya adalah memastikan bola tetap berada dalam jangkauan kaki. Berlatih sepak bola menjadi lebih efektif karena tidak perlu mengambil bola yang jatuh terlalu jauh dari jangkauan Anda.

Bagian tali bisa diatur sedemikian rupa sehingga posisi bola bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Bola ini baik digunakan untuk melatih footwork, keseimbangan, kelenturan tubuh dan teknik mengontrol bola di lapangan. Simpel dan inovatif, bukan?

6. Cheetah Childrens Soccer Ball

6. Cheetah Childrens Soccer Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.221.000

Mudah dipakai saat menemani si kecil berlatih sepak bola

Menendang bola di bagian yang salah atau menendang bola tidak tepat sasaran adalah pemandangan yang sering terlihat ketika seorang anak berlatih sepak bola. Produk ini memiliki desain unik berupa bola yang dipenuhi gambar instruksi. Anak yang berlatih dengan bola sepak ini bisa belajar untuk menendang di bagian bola tertentu dengan bagian kaki yang tepat.

Cheetah Childrens Soccer Ball adalah bola sepak ukuran 4 yang cocok untuk melatih anak untuk menendang dengan bagian punggung kaki, kaki bagian dalam dan mengoper bola dengan benar. Desain bola dengan aksen tegas yang dikombinasikan dengan warna-warni diharapkan membuat latihan sepak bola lebih menyenangkan. Menjadi atlet hebat bisa dimulai dengan produk ini.

5. Uber Soccer Indoor Felt Orange

5. Uber Soccer Indoor Felt Orange

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 927.000

Bola yang sempurna di lapangan tertutup

Uber Soccer Indoor Felt Orange adalah produk yang cocok untuk Anda yang senang bermain sepak bola di lapangan tertutup. Bola ini akan memberikan respon yang baik ketika dimainkan di lapangan rumput sintetis maupun lapangan futsal. Bagian permukaan luar produk ini terbuat dari bahan lembut yang berfungsi mengurangi pantulan di lapangan indoor sehingga bola lebih mudah untuk dikontrol.

Material pilihan membuat produk ini tidak akan meninggalkan bekas di lapangan. Bahan yang lembut membuat produk ini tidak sakit di kaki sehingga cocok untuk Anda yang tidak suka dengan bola yang keras. Selain itu warna oranye mencolok membuat pandangan mata pemain atau penonton terpana di lapangan. Jadikan pertandingan bola Anda sempurna dengan produk ini!

4. Oraga Esparta No. 4

4. Oraga Esparta No. 4

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 179.000

Bermain futsal dengan penuh gaya di dalam atau di luar lapangan

Produk ini adalah bola ukuran no. 4 yang dipakai di lapangan futsal. Material khusus membuat bola ini mampu mengurangi pantulan hingga 30% dari bola sepak biasa. Dengan warna kuning mencolok, bola ini mudah dilihat di lapangan dan membuat permainan menjadi lebih bergairah.

Oraga Esparta No.4 juga dibuat dari anti air sehingga tak masalah jika Anda harus bermain di lapangan futsal outdoor. Bahan nilon dengan retensi udara tinggi, membuat produk ini berdaya tahan tinggi serta menjamin bentuk bola yang lebih tahan lama. Cocok untuk pertandingan futsal skala SMP atau SMA.

3. Mikasa FT-5

3. Mikasa FT-5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 361.300

Bola standar internasional dengan harga ekonomis

Bola ini dibuat untuk bisa tahan dalam waktu yang lama terhadap kondisi lapangan dengan medan berat. Produk ini bahkan telah dikenal dengan reputasi long lasting ball  selama 1 dekade. Mikasa FT-5 adalah bola berukuran 5 yang memiliki lapisan nilon dengan perlindungan anti air. Status bola yang telah lulus tes FIFA membuat produk ini bisa dipakai untuk semua pertandingan internasional.

Produk ini tersedia hingga 7 varian warna dengan harga yang relatif murah. Warna produk ini tidak mudah pudar. Mikasa FT-5 cocok untuk Anda yang mencari bola standar internasional dengan harga terjangkau atau Anda yang ingin merasakan sensasi memainkan bola kelas dunia.

2. Adidas Euro 2016 Glider

2. Adidas Euro 2016 Glider

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.000

Bola bersejarah Euro 2016

Bola sepak ini merupakan bola replika dalam salah satu momen bersejarah dalam dunia sepak bola yaitu Euro 2016. Produk ini cocok untuk Anda, para kolektor asesoris sepak bola, yang senang mengumpulkan memorabilia momen-momen bersejarah.

Anda penggemar Cristiano Ronaldo juga cocok memiliki produk ini karena di momen kompetisi inilah Ronaldo membuktikan diri mampu sukses di level timnas Portugal. Pencapaian di level tim nasional yang sampai saat ini belum bisa dikejar oleh Lionel Messi sebagai seteru abadi Ronaldo. Jadilah bagian dari momen bersejarah pada tahun 2016 dengan memiliki produk ini!

1. Molten F5V5000

1. Molten F5V5000

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 700.000

Bola kualitas premium dengan teknologi canggih

Jika Anda mencari bola sepak untuk dimainkan di lapangan berumput dengan standar internasional, maka produk ini cocok untuk Anda. Produk ini adalah bola premium dengan bahan PU. Bahan lateks pada ruangan bagian dalam membuat bola lebih lembut dan lebih nyaman untuk dipakai. Teknologi acentec pada produk ini akan membuat bola memiliki pantulan dengan akurasi sempurna.

Bagian permukaan bola ini memiliki kemampuan dalam menyerap air sampai seperlima bola konvensional sehingga membantu dalam mengurangi resapan air pada bola saat bertanding sepak bola dalam kondisi hujan. Hal ini menjamin bola tidak akan terpengaruh kualitasnya jika terjadi perubahan cuaca. Bola berkualitas khusus untuk pertandingan yang bermutu tinggi!

Kesimpulan

Bagaimana pendapatmu tentang ulasan kami mengenai bola sepak? Bola sepak kini tak hanya untuk pertandingan saja. Semakin berkembangnya zaman, produsen juga semakin berkembang dengan memproduksi bola sepak sesuai kegunaannya. Ada yang untuk koleksi, latihan, ataupun pertandingan. Selain itu, usia dan lapangan yang digunakan juga menentukan jenis bola sepak yang dipakai.

Setelah membaca cara memilih dan rekomendasi bola sepak di artikel ini, semoga Anda dapat memilih bola sepak dengan baik sehingga dapat menikmati permainan sepak bola saat berlatih ataupun bertanding. Selamat menikmati euforia dunia sepak bola yang tidak ada habisnya !