1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bola Sepak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda pasti setuju kalau sepak bola adalah olahraga paling populer di Indonesia dan digemari seluruh lapisan masyarakat. Permainan sepak bola tidak mungkin dilakukan tanpa bola sepak. Nike, Mikasa, Adidas, dan Molten adalah beberapa merek terkenal yang terus berinovasi agar dapat menghasilkan bola sepak terbaik.

Meski begitu, banyaknya bola sepak berkualitas di pasaran bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi bola sepak terbaik untuk Anda. Ayo, baca artikel ini sampai tuntas dan temukan bola sepak yang bagus untuk Anda!
Diperbaharui 05-31-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Jadikan permainan lebih seru dengan bola sepak yang tepat

Jadikan permainan lebih seru dengan bola sepak yang tepat

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Piala Dunia yang diadakan empat tahun sekali dinilai lebih banyak menarik perhatian ketimbang Olimpiade. Bola sepak yang tepat dan sesuai sangat dibutuhkan dalam permainan sepak bola.


Anda barangkali berpikir bahwa semua bola sepak itu sama. Namun, ternyata bola sepak diproduksi berdasarkan usia, tujuan penggunaan, hingga jenis lapangan yang berbeda. Sebagai contoh, untuk anak-anak, karena tubuhnya kecil, harus menggunakan bola yang sesuai dengan usianya untuk mengurangi risiko cedera.


Bola sepak untuk tujuan koleksi, latihan, dan pertandingan pun dibuat dengan bahan-bahan yang berbeda. Selain itu, jika bola sepak sesuai dengan jenis lapangan yang akan Anda gunakan, permainan sepak bola akan lebih optimal. Maka dari itu, memilih bola sepak yang tepat adalah hal sangat penting agar permainan bola kaki lebih seru.

Cara memilih bola sepak

Sebelum membeli bola sepak, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti ukuran, tujuan penggunaan, dan jenis lapangan bola sepak. Hal-hal penting tersebut perlu disimak agar Anda mendapat bola sepak yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

① Pilih ukuran bola sepak yang sesuai dengan usia pengguna

Bola sepak yang beredar di pasaran diproduksi dengan ukuran berbeda sesuai usia penggunanya. Bila Anda memilih bola dengan ukuran yang tidak sesuai usia, risiko terjadinya cedera pun meningkat. Agar Anda menemukan bola sepak yang sesuai dengan usia Anda, simak penjelasan berikut ini.

Bola nomor 1 dan 2, cocok untuk anak kecil dan bayi

Bola nomor 1 dan 2, cocok untuk anak kecil dan bayi

Bola ukuran nomor 1 dan nomor 2 disebut juga sebagai bola mini. Bola mini ini tidak digunakan untuk pertandingan sepak bola. Bola mini ini bisa digunakan bayi dan anak kecil bermain di dalam ruangan. Sebagian bola untuk koleksi memiliki ukuran ini karena tidak memakan tempat jika ditaruh di lemari kaca sebagai pajangan.


  • Bola nomor 1, memiliki ukuran lingkar bola 18–20 inci atau 46–51 cm. Bola mini ini sangat cocok digunakan bayi atau anak kecil untuk bermain bola di dalam rumah. Selain itu, orang dewasa pun bisa juga menggunakan bola ini untuk melatih keterampilan gerakan kaki dan mengontrol bola.

  • Bola nomor 2, memiliki ukuran lingkar bola 21–22 inci atau 53–56 cm. Bola nomor 2 ini juga sering disebut midi ball dengan berat sekitar 9 ons sehingga aman untuk anak kecil. Ukuran bola ini sangat cocok digunakan untuk anak kecil prasekolah untuk mengembangkan sepak bola sejak dini.

Bola nomor 3 dan 4, cocok untuk anak SD

Bola nomor 3 dan 4, cocok untuk anak SD

Anda mungkin pernah berpikir, tidak masalah anak SD berlatih sepak bola menggunakan bola nomor 5 agar kakinya terbiasa. Namun, ukuran bola sepak sebenarnya sudah diperhitungkan agar sesuai dengan perkembangan tulang dan otot manusia pada usia-usia tertentu. Berikut ini ukuran bola yang cocok untuk anak SD.

 

  • Bola nomor 3, memiliki ukuran lingkar bola 23–24 inci atau 58,5–61 cm dengan bobot 310–330 gram. Bola ukuran ini sangat cocok untuk usia junior. Anak-anak yang berusia kurang dari 8 tahun yang biasanya berada di kelas 1 SD sebaiknya memakai bola nomor 3.

  • Bola nomor 4, memiliki ukuran lingkar bola 25–26 inci atau 63,4–66 cm dengan berat 330–360 gram. Bola ukuran ini sangat cocok untuk usia muda. Anak-anak SD berusia 8–12 tahun bisa menggunakan bola dengan ukuran nomor 4.

Bola nomor 5, cocok untuk siswa SMP hingga orang dewasa

Bola nomor 5, cocok untuk siswa SMP hingga orang dewasa
Bola size 5 cocok dipakai untuk umur di atas 12 tahun, atau anak SMP hingga orang dewasa. Bola ukuran 5 adalah bola terbesar dan paling umum digunakan. Bola nomor 5 memiliki ukuran lingkar bola 27–28 inci atau 68–70 cm dengan bobot 400–450 gram.

Bola size 5 merupakan bola standar yang dipakai untuk pertandingan resmi. Untuk Anda yang sedang mencari bola sepak untuk permainan sepak bola yang berstandar internasional, pilihlah bola sepak nomor 5.

② Pastikan tujuan penggunaan bola sepak

Meski sama-sama tergolong bola sepak, Anda akan menemukan berbagai bola sepak yang berbeda fungsi. Secara umum, bola sepak terbagi menjadi bola sepak untuk pertandingan, latihan, serta untuk hiasan atau koleksi. Setiap kategori bisa memiliki karakteristik bola yang berbeda sehingga Anda perlu memilih sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Pertandingan dan latihan, lebih aman menggunakan bola yang sudah lulus uji

Pertandingan dan latihan, lebih aman menggunakan bola yang sudah lulus uji
Anda bisa memakai bola yang telah dinyatakan lulus uji oleh FIFA, PSSI, atau institusi resmi lainnya untuk pertandingan resmi. FIFA mematok standar bola resminya dengan ukuran lingkar bola 68–71 cm, diameter 21–22,5 cm, dan bobot 410–450 gram. Bola standar FIFA adalah bola nomor 5. Bola ukuran ini telah dipakai oleh pemain profesional di seluruh dunia.

Selain bola untuk pertandingan resmi, ada juga bola yang lulus tes untuk digunakan dalam latihan. Namun, bola untuk latihan biasanya memiliki daya pantul, ketahanan, dan kecepatan putaran yang lebih inferior dibanding bola untuk pertandingan.


Bila Anda sudah terbiasa dengan karakteristik bola latihan, Anda bisa kewalahan ketika bermain menggunakan bola untuk pertandingan resmi. Karena itu, lebih baik Anda memakai bola untuk pertandingan resmi bahkan dalam sesi latihan Anda.

Koleksi, lebih bebas memilih bola sepak untuk dipajang di dalam ruangan

Koleksi, lebih bebas memilih bola sepak untuk dipajang di dalam ruangan
Bola sepak tidak hanya dipakai untuk tujuan pertandingan resmi atau latihan, tetapi juga dipakai untuk menghiasi ruangan. Bola bertanda tangan pemain terkenal atau replika bola resmi Piala Dunia akan menimbulkan atmosfer berbeda saat dipajang dalam ruangan. Beberapa bola untuk koleksi disertai dudukan bola agar tidak menggelinding saat ditaruh di lemari atau meja.

Tampilan bola untuk koleksi memang tidak jauh berbeda dengan bola pada umumnya. Namun, beberapa bola untuk koleksi dibuat dengan ukuran lebih kecil dari bola untuk latihan dan pertandingan. Bola untuk koleksi ini juga tidak cocok digunakan untuk bermain sepak bola sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakannya untuk bermain.

③ Sesuaikan bola sepak dengan jenis lapangan yang akan Anda gunakan

Sesuaikan bola sepak dengan jenis lapangan yang akan Anda gunakan
Setelah mengetahui ukuran dan tujuan penggunaan, langkah selanjutnya adalah memilih bola sesuai dengan jenis lapangannya. Setiap jenis lapangan memiliki karakteristik berbeda sehingga diperlukan bola sepak yang cocok agar permainan lebih optimal. Ada dua jenis lapangan yang biasanya dijadikan arena bermain bola kaki di Indonesia, yaitu:

  • Lapangan rumput sintetis, Anda bisa menggunakan bola sepak berbahan latex. Bahan tersebut memiliki sifat layaknya karet sehingga memiliki elastisitas sangat baik saat ditendang. Anda bisa memilih bola seperti ini ketika bermain di lapangan rumput sintetis.

  • Lapangan tanah, Anda bisa memilih bola berbahan PU (poliuretan). Bahan PU merupakan kulit sintetis sehingga tidak akan memantul terlalu kuat sekalipun Anda tendang dengan kencang. Anda bisa memilih bola seperti ini ketika bermain di lapangan rumput atau lapangan dengan permukaan tanah yang keras.

10 Rekomendasi bola sepak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bola sepak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Proteam

Bola Sepak Striker

Proteam Bola Sepak Striker 1枚目

Solusi bola sepak standar FIFA yang cocok digunakan untuk level internasional

2

Specs

Illuzion II Mada FB Training Ball

Specs Illuzion II Mada FB Training Ball 1枚目

Bola sepak produk lokal dengan tekstur pegangan yang halus

3

Mikasa

FT-5

Mikasa FT-5 1枚目

Bola sepak berstandar internasional dengan harga yang ekonomis

4

Mitre

Ultimatch Max Football

Mitre Ultimatch Max Football 1枚目

Permukaan bertekstur bikin bola ini sangat lekat di kaki

5

Frasser

Bola Kaki PU Super Bintik 8888

Frasser Bola Kaki PU Super Bintik 8888 1枚目

Miliki bola sepak impor yang kuat dan tahan lama

6

Champs

Bola Sepak Mini PVC

Champs Bola Sepak Mini PVC 1枚目

Tersedia pilihan nama dan warna bendera dari berbagai negara untuk dikoleksi

7

Nike

Pitch Team Football

Nike Pitch Team Football 1枚目

Bola mudah terlihat karena memiliki warna yang kontras

8

adidas

Bola Starlancer Club

adidas Bola Starlancer Club 1枚目

Bola sepak yang tahan lama digunakan untuk latihan

9

Molten

F5U1000 G9 UEFA Europa League

Molten  F5U1000 G9 UEFA Europa League 1枚目

Replika official match ball UEFA Europa League yang tahan segala cuaca

10

Calci

Soccer Blade SC Ball

Calci Soccer Blade SC Ball 1枚目

Dijahit dengan sistem machine stitched, memberikan hasil jahitan yang kuat

Perincian produk
Close
No.1

ProteamBola Sepak Striker

Mulai dari Rp369.000,00

Solusi bola sepak standar FIFA yang cocok digunakan untuk level internasional

Produk ini merupakan bola sepak yang sudah memenuhi standar FIFA. Jadi, untuk Anda yang mencari bola sepak standar internasional, produk ini adalah jawabannya. Ukuran lingkar bola sepak ini adalah 68–70 cm dengan berat 405–440 gram.


Permukaan bolanya terbuat dari PU berkualitas sementara bladder-nya terbuat dari 100% karet butil sehingga bola terasa empuk saat digunakan. Bola ini cocok digunakan untuk latihan atau pertandingan internasional.

No.2

SpecsIlluzion II Mada FB Training Ball

Mulai dari Rp209.800,00

Bola sepak produk lokal dengan tekstur pegangan yang halus

Bola sepak buatan lokal ini terbuat dari bahan PU berkualitas dan dijahit dengan mesin dengan tekstur pegangan yang halus. Warna white/cyan/pink yang festive dengan cetakan grafis pada bola ini terinspirasi semboyan Bhinneka Tunggal Ika.


Nama 'Mada' pada produk ini pun terinspirasi dari Gajah Mada yang dikenal dengan Sumpah Palapa yang berhasil menyatukan Nusantara. Nah, untuk Anda yang menyukai produk dari merek lokal, bola sepak Specs ini layak Anda pertimbangkan.

No.3

Bola sepak berstandar internasional dengan harga yang ekonomis

Bola sepak berikut ini dikenal dengan reputasi long lasting ball selama satu dekade. Bola Mikasa dibuat untuk bisa awet dalam kondisi lapangan dengan medan berat. Apalagi, bola sepak berukuran 5 ini juga memiliki lapisan nilon dengan perlindungan antiair sehingga menjadi makin durable.


Bola ini tersedia dalam berbagai macam warna yang tidak mudah pudar, Anda pun bebas memilih warna favorit. Bola yang sudah lulus uji dan bertanda FIFA ini harganya tergolong murah. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin bermain sepak bola menggunakan bola kelas dunia, tetapi memiliki budget yang rendah.

No.4

MitreUltimatch Max Football

Mulai dari Rp439.900,00

Permukaan bertekstur bikin bola ini sangat lekat di kaki

Apakah Anda senang dan memiliki kebanggan tersendiri ketika berhasil meliuk-liuk melewati pemain lawan dengan berbagai trik dan gocekan? Bila iya, tentu produk ini adalah pilihan tepat. Bola ini memiliki permukaan dengan tekstur khusus sehingga mampu memberi Anda daya cengkeram dan grip yang sangat baik.

Hasilnya, bola sangat lengket di kaki dan Anda pun bisa dengan mudah menggocek lawan atau mengeluarkan berbagai trik andalan. Bagian luarnya juga dibuat menggunakan bahan PU sehingga memiliki daya tahan yang cukup baik. Tak hanya itu, bola ini juga cocok digunakan di lapangan tanah atau rumput sintetis.
No.5

FrasserBola Kaki PU Super Bintik 8888

Mulai dari Rp430.000,00

Miliki bola sepak impor yang kuat dan tahan lama

Bagi Anda yang menginginkan bola sepak impor yang kuat dan antiair, produk yang satu ini patut Anda masukkan keranjang. Bola ini terbuat dari bahan PU yang tebal yang akan membuat bola awet dan tahan lama. Bola sepak ini sudah terisi sedikit angin dari pabrikan dan tidak diperkenankan mengosongkan anginnya untuk keawetan produk.

No.6

ChampsBola Sepak Mini PVC

Mulai dari Rp69.900,00

Tersedia pilihan nama dan warna bendera dari berbagai negara untuk dikoleksi

Ingin memiliki koleksi bola sepak dengan nama dan warna bendera dari berbagai negara? Produk yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Bola sepak ini memiliki ukuran mini yang cocok untuk dimasukkan ke lemari kaca Anda sebagai pajangan.


Pilihan negaranya bermacam-macam, seperti Jerman, Spanyol, Inggris, Belanda, Italia, Portugal, Prancis, dan Indonesia. Bila Anda merupakan penggemar sepak bola dari negara-negara tertentu, bola ini layak masuk lemari koleksi Anda.

No.7

NikePitch Team Football

Mulai dari Rp240.000,00

Bola mudah terlihat karena memiliki warna yang kontras

Bola sepak ini menampilkan warna grafis yang kontras agar mudah terlihat ketika digunakan di lapangan. Warna putih yang dominan akan membuat bola mudah dilacak ketika bermanuver secara cepat di lapangan tanah atau rumput.


Bola ini memiliki desain tradisional dengan 32 panelnya yang terbuat dari TPU berkualitas dan dijahit dengan mesin. Untuk Anda yang sedang mencari bola dengan warna yang kontras dengan lapangan, tak ada salahnya mencoba produk ini. 

No.8

adidasBola Starlancer ClubGK3499

Mulai dari Rp250.000,00

Bola sepak yang tahan lama digunakan untuk latihan

Bola sepak ini adalah solusi bagi Anda yang sedang mencari bola yang tahan lama. Bagian cover bola sepak ini terbuat dari 100% material TPU yang dijahit dengan mesin.


Bladder bola ini terbuat dari karet butil yang membutuhkan lebih sedikit pemompaan agar bisa lebih lama digunakan untuk bermain. Bola ini pas digunakan untuk training atau latihan dalam waktu yang lama karena bola tergolong awet.

No.9

Molten F5U1000 G9 UEFA Europa League

Mulai dari Rp299.000,00

Replika official match ball UEFA Europa League yang tahan segala cuaca

Ingin memiliki bola yang dipakai liga-liga sepak bola Eropa? Produk ini adalah pilihan yang sangat tepat. Bola sepak ini merupakan replika official match ball UEFA Europa League.


Anda akan menemukan tanda atau logo UEFA Europa League pada kulitnya. Cover bolanya terbuat dari bahan TPU yang tahan segala cuaca. Tak hanya untuk koleksi, bola sepak ini bisa juga Anda gunakan saat latihan atau pertandingan.

No.10

CalciSoccer Blade SC Ball

Mulai dari Rp239.800,00

Dijahit dengan sistem machine stitched, memberikan hasil jahitan yang kuat

Bola ini dibuat dengan sistem machine stitched atau dijahit dengan mesin sehingga memberikan hasil jahitan yang kuat. Bola sepak ini terbuat dari bahan TPU (Thermoplastic Polyurethane Elastomer) setebal 0,15 mm dan 3,5 mm eva foam.


Bahan-bahan tersebut menjadikan bola ini dapat memantul dengan kuat di berbagai medan. Untuk Anda yang ingin bola sepak untuk latihan, produk ini sangat direkomendasikan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan sepak bola lainnya di sini

Untuk menampilkan permainan terbaik dalam permainan bola kaki, diperlukan peralatan sepak bola terbaik. Berikut ini adalah rekomendasi peralatan sepak bola yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih perlengkapan bola kaki yang tepat. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menemukan rekomenasi produk terbaik!

Kesimpulan

Dengan menggunakan bola sepak yang tepat, tentu permainan sepak bola akan semakin mengasyikkan. Anda bisa memilih bola sepak dengan ukuran sesuai usia dan lapangan tempat Anda bermain.

Anda juga perlu memilih bola sepak sesuai tujuan penggunaannya. Bila Anda hendak memajang bola yang ditandatangani atau replika khusus, jangan menggunakannya untuk bermain bola karena akan cepat rusak. Pilihlah bola sesuai kebutuhan Anda dan nikmati permainan sepak bola yang menyenangkan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer