• 10 Rekomendasi Cream Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cream Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cream Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cream Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cream Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cream Eyeshadow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cream eyeshadow sering dijadikan pilihan untuk membuat riasan mata bertema bold. Berbagai brand make up terkenal, seperti Maybelline, tarte, dan MAC mengeluarkan eyeshadow cream terbaik di pasaran. Banyak juga merk lokal yang bagus turut mengeluarkan produk-produk andalannya, sebut saja Madame Gie, ESQA, dan Brun Brun Paris.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih cream eyeshadow yang bagus. Sebanyak sepuluh produk eye shadow cream terbaru dan terbaik pun telah kami siapkan untuk Anda. Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini dan jadikan riasan mata Anda tampak makin memukau!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Kimdarlings
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 April 2022
Daftar isi

Apa daya tarik eyeshadow cream atau eyeshadow basah?

Apa daya tarik eyeshadow cream atau eyeshadow basah?
Keunggulan cream eyeshadow atau disebut juga eyeshadow basah adalah formulanya yang memiliki pigmentasi tinggi. Selain itu, formulanya juga mampu meminimalkan fallout (bubuk bertumpahan) yang sering terjadi pada eyeshadow tipe powder. Dengan cream eyeshadow, Anda dapat dengan mudah mengatur ketebalan warnanya sehingga memungkinkan untuk membuat gradasi dengan satu warna.
Selain itu, cream eyeshadow cocok untuk gaya make up yang glamor. Kualitasnya dinilai lebih baik dibanding powder eyeshadow. Cream eyeshadow tidak membuat kelopak mata kering dan lebih tahan lama. Anda juga dapat menggunakan produk berwarna putih atau krem sebagai highlight untuk diaplikasikan pada tulang hidung, tulang pipi, dan tulang alis.

Cara memilih cream eyeshadow

Setelah mengenal karakteristik cream eyeshadow, selanjutnya kami akan menjabarkan cara memilih produk yang cocok untuk Anda. Silakan menyimak poin-poin di bawah ini.

Shimmer atau matte? Pilih finishing yang Anda sukai

Cream eyeshadow dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan finish-nya. Shimmer finish atau glitter finish akan membuat riasan mata Anda terlihat mewah. Sementara itu, matte finish cocok untuk tampilan simpel sehari-hari. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan riasan Anda.

Untuk kesan glamor, pilih cream eyeshadow dengan efek shimmer atau glitter

Untuk kesan glamor, pilih cream eyeshadow dengan efek shimmer atau glitter
Jika ingin menonjolkan kilau sebagai daya tarik riasan mata, kami menyarankan cream eyeshadow dengan shimmer finish. Karena partikel kilaunya lebih kecil, produk ini akan membuat kelopak mata Anda terlihat mengilap, tetapi sedikit basah.
Selain itu, ada pula cream eyeshadow dengan efek glitter yang membuat kelopak mata Anda terlihat seperti memantulkan cahaya. Jenis eyeshadow ini cocok untuk acara pesta atau kencan pada malam hari.

Untuk penggunaan harian, cream eyeshadow dengan matte finish dapat jadi pilihan

Untuk penggunaan harian, cream eyeshadow dengan matte finish dapat jadi pilihan
Cream eyeshadow dengan efek matte tidak mengandung glitter sehingga cocok untuk tampilan alami sehari-hari. Anda juga dapat menggunakan matte eyeshadow untuk membuat efek bayangan yang dapat Anda sesuaikan ketajamannya.
Jenis ini juga dapat Anda gunakan untuk shading pipi dan hidung. Ingin menyembunyikan pipi tembam/ chubby dan menampilkan wajah yang tirus? Dengan efek contouring, cream eyeshadow dapat digunakan untuk menyempurnakan kontur wajah Anda.

Pertimbangkan tekstur eyeshadow cream yang nyaman

Cream eyeshadow memiliki beberapa tekstur, seperti cream, cair, dan solid seperti bedak compact. Masing-masing memiliki kelebihan dan hasil riasan yang berbeda.

Cream dan cream powder: Hasilkan riasan mata dewy

Cream dan cream powder: Hasilkan riasan mata dewy
Eyeshadow bertekstur creamy mengandung minyak sehingga dapat mencegah kelopak mata menjadi kering. Eyeshadow cream ini juga memberikan kilau indah sejak diaplikasikan dan menghasilkan riasan dewy. Karena mengandung minyak, produk ini lebih disarankan untuk Anda yang memiliki kelopak mata kering.

Jika Anda memiliki kelopak mata yang cenderung berminyak, Anda juga bisa menggunakan eyeshadow bertekstur creamy. Akan tetapi, Anda perlu mengaplikasikan base eyeshadow atau powder terlebih dahulu untuk menekan produksi sebum. Sayangnya, cara ini bisa berisiko membuat eyeshadow menggumpal di lipatan mata sehingga diperlukan retouch berulang kali. 


Bagi sebagian orang, mengaplikasikan eyeshadow yang berlapis dan melakukan retouch bisa jadi hal yang merepotkan. Oleh sebab itu, ada juga eyeshadow bertekstur creamy yang sudah dikombinasikan dengan powder. Cream eyeshadow jenis ini teksturnya lebih padat. Saat diulas pertama kali akan terasa basah, tetapi setelah kering teksturnya akan menyerupai powder eyeshadow

Padat: Cocok untuk pemula karena mudah dipakai

Padat: Cocok untuk pemula karena mudah dipakai
Jenis cream eyeshadow dalam bentuk stik juga populer. Anda dapat langsung mengaplikasikannya pada kelopak mata seperti menggambar, kemudian membaurkannya dengan jari. Jenis ini cocok untuk Anda yang ingin membuat riasan mata dengan cepat dan mudah. Anda juga dapat menggunakan warna yang lebih gelap sebagai eyeliner.


Sebaliknya, pilihan warna pucat dapat diaplikasikan pada area bawah mata untuk menyamarkan kantong mata. Cream eyeshadow jenis ini tersedia dalam berbagai bentuk, di antaranya berbentuk pensil, krayon, atau yang menyerupai lipstick.

Liquid: Mudah dibaur dan dikombinasikan

Liquid: Mudah dibaur dan dikombinasikan
Cream eyeshadow dengan tekstur cair dapat memberi efek kilau dan highlight yang indah. Namun, bukan berarti eyeshadow bertekstur basah ini hanya memberi finishing shimmer, ya! Beberapa eyeshadow cream jenis liquid ini juga memiliki pilihan warna matte. Selain itu, jenis ini memiliki tekstur yang mudah diaplikasikan ke seluruh bagian kelopak mata. Terlebih lagi, karena teksturnya yang lembut, Anda dapat mengombinasikan warna dengan lebih mudah. 


Eyeshadow  jenis ini umumnya dikemas dalam tabung yang dilengkapi dengan kuas menyerupai produk pewarna bibir. Namun, tidak hanya satu warna, beberapa produk eyeshadow basah yang bagus datang dengan dua warna dalam satu kemasan. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda menemukan kombinasi warna yang sempurna. Sebagai contoh, satu kemasan eyeshadow Revlon PhotoReady Eye Art Lid + Line + Lash terdiri atas sepasang warna matte dan shimmer. Sayangnya, produk ini masih sulit ditemukan di Indonesia. 

Untuk pilihan warna yang beragam, pilih kemasan palet

Untuk pilihan warna yang beragam, pilih kemasan palet
Warna cream eyeshadow dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan riasan Anda. Namun, kalau ingin lebih praktis, Anda bisa memilih kemasan palet. Dengan membeli kemasan palet, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan warna dalam satu kemasan. Selain itu, penyimpanannya pun lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak ruang.

Dalam satu kemasan palet, Anda akan mendapatkan beragam warna. Umumnya, palet akan berisi warna-warna dalam tema yang sama. Sebagai contoh, dalam palet cream eyeshadow bertema nude, Anda akan mendapatkan warna cokelat muda hingga cokelat tua. Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan, contohnya warna cokelat muda sebagai base dan cokelat tua untuk memberi aksen. 


Untuk kebutuhan pesta, Anda juga bisa memilih palet berisi warna-warna cerah, seperti merah, kuning, biru, dan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memilih palet eyeshadow dengan warna shimmer untuk kesan lebih elegan. 

Pilih eyeshadow waterproof dan smudgeproof bila ingin lebih awet

Pilih eyeshadow waterproof dan smudgeproof bila ingin lebih awet

Bicara soal makeup, Anda pasti berharap riasan Anda dapat bertahan dalam waktu yang lama, bukan? Pada dasarnya, ada dua hal yang menyebabkan makeup cepat hilang, yaitu air dan minyak. Agar makeup tidak mudah hilang atau terhapus karena air, pilihlah eye shadow waterproof. Tidak terkecuali, eyeshadow cream liquid sekalipun ada yang waterproof agar tetap tahan lama. 


Penyebab kedua dari terhapusnya makeup, khususnya eyeshadow cream adalah minyak atau sebum. Lipatan mata merupakan salah satu bagian wajah yang mudah mengalami penumpukan sebum. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak, Anda perlu memilih cream eyeshadow yang smudgeproof.  Sayangnya, belum banyak eyeshadow cream yang memiliki fitur smudgeproof di pasaran.

Pertimbangkan eyeshadow cream lokal yang tidak kalah dengan produk luar

Tidak semua produk lokal kalah dengan produk luar negeri, lho! Belakangan ini, banyak produsen makeup dalam negeri yang memiliki produk-produk berkualitas tinggi dan mampu bersaing. Harganya pun tentu lebih terjangkau. Sebut saja Madame Gie, ESQA, dan juga Brun Brun Paris yang populer dengan produk eyeshadow cream keluarannya.


Tanpa disadari, memilih eyeshadow cream produksi dalam negeri juga dapat mempermudah Anda menemukan warna yang cocok. Hal ini dikarenakan pilihan warna yang dimiliki pasti sudah disesuaikan dengan warna kulit orang lokal. Dengan warna eyeshadow yang cocok dengan kulit, riasan Anda pasti akan terlihat lebih cantik!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

CLUBCLIOPERIPERA Sugar Twinkle Liquid Shadow

Mulai dari Rp 142.000,00

10 Rekomendasi cream eyeshadow terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi produk-produk eyeshadow cream terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan warna-warna yang Anda sukai.
10
Finishing Shimmer
TeksturLiquid
Pilihan warna6 varian
9

Charlotte TilburyEyes To Mesmerise

Mulai dari Rp 550.000,00

Finishing Shimmer
TeksturCream
Pilihan warna8 varian
8
FinishingTidak disebutkan
TeksturPadat
Pilihan warna14 varian
7
FinishingShimmer
TeksturLiquid
Pilihan warna 4 varian
6

MaybellineThe Tone on Tone Nudes

Mulai dari Rp 109.000,00

Finishing Shimmer
TeksturPadat
Pilihan warna4 varian
5
Finishing Matte dan shimmer (tergantung warna)
TeksturCream
Pilihan warna22 varian
4
FinishingShimmer
TeksturLiquid
Pilihan warna4 varian
3
FinishingShimmer metallic
TeksturCream powder
Pilihan warna12 varian
2

Charlotte TilburyInstant Eye Palette Bejewelled Eyes To Hypnotise

Mulai dari Rp 1.195.000,00

FinishingMatte dan shimmer
TeksturCream powder
Pilihan warna12 varian (9 shimmer + 3 matte)
1

Bobbi BrownLong-Wear Cream Shadow Stick

Mulai dari Rp 455.000,00

Finishing Matte dan shimmer
TeksturPadat
Pilihan warna14 varian (7 matte + 7 shimmer)

Tabel perbandingan produk eyeshadow cream terbaik

Gambar produk
1
Bobbi Brown Long-Wear Cream Shadow Stick  1

Bobbi Brown

2
Charlotte Tilbury Instant Eye Palette Bejewelled Eyes To Hypnotise 1

Charlotte Tilbury

3
tarte Chrome Paint Shadow Point 1

tarte

4
ESQA Starlight Liquid Eyeshadow 1

ESQA

5
MAC Pro Longwear Paint Pot 1

MAC

6
Maybelline The Tone on Tone Nudes 1

Maybelline

7
Brun Brun Paris Liquid Eye Shadow 1

Brun Brun Paris

8
NYX Jumbo Eye Pencil  1

NYX

9
Charlotte Tilbury Eyes To Mesmerise 1

Charlotte Tilbury

10
Madame Gie Beauty Blink Fame 1

Madame Gie

Nama produk

Long-Wear Cream Shadow Stick

Instant Eye Palette Bejewelled Eyes To Hypnotise

Chrome Paint Shadow Point

Starlight Liquid Eyeshadow

Pro Longwear Paint Pot

The Tone on Tone Nudes

Liquid Eye Shadow

Jumbo Eye Pencil

Eyes To Mesmerise

Beauty Blink Fame

Keunggulan

Pigmented, tahan lama, dan aman untuk kulit sensitif!

Satu pallete untuk berbagai tema makeup yang effortlessly glamour!

Cream powder eyeshadow dengan warna metalik yang vibrant!

Pilihan warna cantiknya tonjolkan keindahan mata Anda

Anda mencari produk yang pas digunakan sehari-hari? Coba produk ini!

Sekali poles langsung 2 warna, praktis!

Tekstur ringan dengan finish yang berkilau cantik

Untuk eyeshadow, eyeliner, maupun highlighter, semua bisa!

Berani coba one-minute no-mirror makeup? Cek produk ini!

Mau tampil cantik dengan low budget? Pakai ini saja!

Harga mulai dariRp 455.000,00Rp 1.195.000,00Rp 360.000,00Rp 165.000,00Rp 385.000,00Rp 109.000,00Rp 39.900,00Rp 60.000,00Rp 550.000,00Rp 19.000,00
Finishing Matte dan shimmerMatte dan shimmerShimmer metallicShimmerMatte dan shimmer (tergantung warna)ShimmerShimmerTidak disebutkanShimmerShimmer
TeksturPadatCream powderCream powderLiquidCreamPadatLiquidPadatCreamLiquid
Pilihan warna14 varian (7 matte + 7 shimmer)12 varian (9 shimmer + 3 matte)12 varian 4 varian22 varian4 varian4 varian14 varian 8 varian 6 varian
Tautan produk

Cara menggunakan cream eyeshadow sebagai base eyeshadow

Cara menggunakan cream eyeshadow sebagai base eyeshadow
Tahukah Anda bahwa cream eyeshadow juga dapat digunakan sebagai base eyeshadow? Caranya mudah, cukup oleskan cream eyeshadow ke seluruh kelopak mata tipis-tipis. Tahap ini juga berfungsi dalam membuat bayangan pada kelopak mata Anda. Jika sudah, aplikasikan powder eyeshadow di atasnya. Tekstur creamy dari cream eyeshadow mampu membuat jumlah adhesi powder eyeshadow berkurang dan membuatnya tahan lama serta bebas luntur.
Anda dapat memilih warna cream eyeshadow yang mendekati warna kulit Anda sehingga tidak mengganggu warna eyeshadow di atasnya. Selain itu, Anda juga dapat membuat gradasi warna dengan tahap ini.

Saran penggunaan eyeshadow untuk kulit sensitif

Saran penggunaan eyeshadow untuk kulit sensitif

Jika Anda memiliki kelopak mata yang cenderung sensitif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan kandungan eyeshadow Anda aman. Secara khusus, pilih produk yang bebas bahan berbahaya, seperti paraben, phthalate, sulfite, dan sulfat. Untuk mengetahui secara lengkap, Anda dapat mencari informasi melalui berbagai review yang banyak beredar di dunia maya.


Selain itu, tekstur dan cara aplikasi produk juga patut diperhatikan. Normalnya, kulit kelopak mata memang lebih tipis dari kulit lainnya. Namun, ada orang-orang yang memiliki kulit kelopak lebih tipis dari orang kebanyakan. Jika Anda memiliki kondisi demikian, pilih produk yang teksturnya lembut. Lalu, pastikan aplikator yang Anda gunakan tidak kasar agar tidak menyebabkan iritasi.

Baca juga rekomendasi produk eye makeup lainnya di sini

Selain eyeshadow, ada banyak produk eye makeup yang dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan Anda kian memukau. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel yang membahas tentang produk terkait. Cek link berikut, ya!

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membagi tips cara memilih cream eyeshadow terbaik untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan cream eyeshadow yang tepat untuk kebutuhan riasan Anda?

Berbagai jenis cream eyeshadow dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan riasan mata. Anda dapat memilih berdasarkan teksturnya ataupun dari finish yang ditawarkan. Semoga artikel ini berhasil membantu Anda menemukan produk cream eyeshadow yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Waterproof Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Waterproof Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeliner merupakan salah satu makeup yang dapat memperkuat riasan wajah. Eyeliner waterproof yang tahan lama tentunya baik untuk dipilih. Namun, apakah Anda tahu cara memilih waterproof eyeliner yang pas untuk Anda? Kali ini kami akan membagikan cara memilih waterproof eyeliner yang bagus.Kami juga merangkum rekomendasi waterproof eyeliner terbaik yang dapat dibeli secara online. Waterproof eyeliner, baik merek lokal maupun Korean brand, seperti Wardah, Maybelline, HOLIKA HOLIKA, hingga Urban Decay juga ada. Baca juga informasi tambahan dari makeup artist, Fithrah Al Insani Javanica dan temukan eyeliner recommended untuk Anda!
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Maskara waterproof adalah maskara antiair yang tidak akan luntur meskipun Anda berkeringat atau menangis. Maskara ini dapat menjaga riasan bulu mata Anda tetap cantik dan ideal untuk pemakaian harian. Merek-merek makeup ternama, seperti Maybelline, Wardah, dan Too Faced mengeluarkan maskara waterproof yang bagus dan tahan lama.Kali ini kami akan memberikan tips cara memilih dan rekomendasi produk-produk terbaiknya. Ada maskara waterproof murah yang harganya di bawah 20 ribu juga, lho! Bookmark artikel ini dan temukan maskara waterproof terbaik untuk riasan bulu mata yang sempurna.
    Makeup mata
  • 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeliner adalah unsur penting dalam makeup untuk mengoreksi bentuk mata agar terlihat lebih tajam, tegas, bahkan besar. Berbagai tipe eyeliner tersedia di pasaran, seperti tipe cair, gel, atau pensil. Berbagai merk terbaik, seperti Wardah, Maybelline, Make Over, dan lainnya juga menghadirkan produk dengan kelebihannya masing-masing. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi produk eyeliner yang bagus untuk Anda. Baca juga tips tambahan serta cara menggunakan eyeliner untuk pemula dari makeup artist kami, Renata Aprianti. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih eyeliner terbaik!
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Eyeshadow Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Eyeshadow Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeshadow merupakan riasan mata yang tidak kalah penting dengan riasan mata lainnya. Anda dapat menemui berbagai jenis eyeshadow dengan hasil akhir yang berbeda-beda. Namun, bagaimana cara memilih eyeshadow dengan harga yang terjangkau? Nah, artikel ini akan membahas tips memilih eyeshadow dengan harga yang ramah di kantong. Tentunya kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa merek ternama, seperti Wardah, Emina, Focallure, dan Implora ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini agar Anda tidak salah memilih produk yang aman dan cocok, ya.
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Maskara bening adalah pilihan tepat bagi anak sekolah dan para penyuka makeup natural. Produk ini populer karena bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menjaga kelentikan bulu mata serta sebagai base maskara biasa. Beberapa di antaranya juga mengandung bahan kecantikan yang bermanfaat bagi bulu mata.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih maskara bening serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Berbagai maskara bagus dari merek terkenal, seperti Innisfree, Maybelline, dan sebagainya turut kami ulas. Ada juga maskara bening murah dan maskara bening untuk sekolah yang bisa Anda pertimbangkan. Mari disimak! 
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Terbaik yang Tahan Lama (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Terbaik yang Tahan Lama (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan maskara dinilai dapat membuat riasan mata menjadi lebih hidup. Namun, saat menggunakan maskara mungkin akan timbul kekhawatiran apabila maskara tersebut akan luntur terkena air atau keringat. Untuk itu, kami akan membahas produk maskara bagus dan tahan lama beserta tips cara memilihnya.Rekomendasi merek maskara terbaik, seperti L’Oreal, Make Over, dan Maybelline dapat Anda temukan di sini. Sebelum memilih produk, tentukan dahulu efek seperti apa yang Anda harapkan dari penggunaan maskara. Apakah untuk memanjangkan, melentikkan, atau menebalkan bulu mata? Yuk, langsung saja kita bahas cara memilih maskara yang bagus.
    Makeup mata
  • 10 Eyebrow Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyebrow Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk alis sangat memengaruhi tampilan wajah. Karena itu, pemilihan eyebrow makeup yang tepat perlu dilakukan untuk mendapatkan alis sempurna. Ada berbagai jenis kosmetik eyebrow yang tersedia, seperti pensil alis, liquid eyebrow, tint eyebrow, dan eyebrow powder. Varian warna dan aplikatornya pun berbeda-beda.Kami akan memberikan rekomendasi eyebrow yang bagus dari merek populer, seperti Somethinc, BROW_LAB, Focallure, Implora, dan Wardah. Namun, bacalah dahulu tips memilih kosmetik alis yang tepat untuk Anda. Temukan juga produk eyebrow terbaik yang disukai para MUA! Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup mata
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori