1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Eyeshadow Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Eyeshadow Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Eyeshadow Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Eyeshadow Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Eyeshadow Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Eyeshadow Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Eyeshadow Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Cream eyeshadow sering dijadikan pilihan untuk membuat riasan mata bertema bold. Berbagai merek terkenal seperti 3CE dan NYX mengeluarkan eyeshadow cream yang bagus di pasaran. Banyak juga eyeshadow cream lokal yang tidak boleh Anda lewatkan, sebut saja Madame Gie, ESQA, Viva, dan BLP.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih cream eyeshadow yang bagus. Sebanyak sepuluh produk eyeshadow cream terbaik pun telah kami siapkan untuk Anda. Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini dan jadikan riasan mata Anda tampak makin memukau!
Diperbaharui 10-11-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa daya tarik eyeshadow cream atau eyeshadow basah?

Apa daya tarik eyeshadow cream atau eyeshadow basah?
Keunggulan cream eyeshadow atau disebut juga eyeshadow basah adalah formulanya yang memiliki pigmentasi tinggi. Selain itu, formulanya juga mampu meminimalkan fall out (bubuk bertumpahan) yang sering terjadi pada eyeshadow tipe powder. Dengan cream eyeshadow, Anda dapat dengan mudah mengatur ketebalan warnanya sehingga memungkinkan untuk membuat gradasi dengan satu warna.


Selain itu, cream eyeshadow cocok untuk gaya makeup yang glamor. Kualitasnya dinilai lebih baik dibandingkan cream eyeshadow. Creamy eyeshadow tidak membuat kelopak mata kering dan lebih tahan lama. Anda juga dapat menggunakan produk berwarna putih atau krem sebagai highlight untuk diaplikasikan pada tulang hidung, tulang pipi, dan tulang alis.

Cara memilih eyeshadow cream

Setelah mengenal karakteristik cream eyeshadow, selanjutnya kami akan menjabarkan cara memilih produk yang cocok untuk Anda. Silakan menyimak poin-poin di bawah ini.

① Tentukan finishing yang Anda sukai

Cream eyeshadow dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan finish-nya. Shimmer finish atau glitter finish akan membuat riasan mata Anda terlihat mewah. Sementara itu, matte finish cocok untuk tampilan simpel sehari-hari. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan riasan Anda.

Untuk kesan glamor, eyeshadow cream dengan efek shimmer atau glitter

Untuk kesan glamor, eyeshadow cream dengan efek shimmer atau glitter
Jika ingin menonjolkan kilau sebagai daya tarik riasan mata, kami menyarankan cream eyeshadow dengan shimmer finish. Karena partikel kilaunya lebih kecil, produk ini akan membuat kelopak mata Anda terlihat mengilap, tetapi sedikit basah.


Selain itu, ada pula cream eyeshadow dengan efek glitter yang membuat kelopak mata Anda terlihat seperti memantulkan cahaya. Jenis eyeshadow ini cocok untuk acara pesta atau kencan pada malam hari.

Untuk penggunaan harian, eyeshadow cream dengan matte finish

Untuk penggunaan harian, eyeshadow cream dengan matte finish
Cream eyeshadow dengan efek matte tidak mengandung glitter sehingga cocok untuk tampilan alami sehari-hari. Anda juga dapat menggunakan matte eyeshadow untuk membuat efek bayangan yang dapat Anda sesuaikan ketajamannya.


Jenis ini juga dapat Anda gunakan untuk shading pipi dan hidung. Ingin menyembunyikan pipi tembam/chubby dan menampilkan wajah yang tirus? Dengan efek contouring, cream eyeshadow dapat digunakan untuk menyempurnakan kontur wajah Anda.

② Cari tekstur eyeshadow cream yang nyaman

Cream eyeshadow memiliki beberapa tekstur, seperti cream, cair, dan solid seperti bedak compact. Tiap-tiap tekstur memiliki kelebihan dan hasil riasan yang berbeda.

Cream dan cream powder: Hasilkan riasan mata dewy

Cream dan cream powder: Hasilkan riasan mata dewy
Tekstur creamy cukup banyak dijumpai pada eyeshadow cream karena beberapa kelebihan berikut.
  • Eyeshadow bertekstur creamy mengandung minyak sehingga dapat mencegah kelopak mata menjadi kering
  • Memberikan kilau indah sejak diaplikasikan dan menghasilkan riasan dewy
  • Pas untuk Anda yang memiliki kelopak mata kering

Jika Anda memiliki kelopak mata yang cenderung berminyak, Anda tetap bisa menggunakan eyeshadow bertekstur creamy. Namun, Anda perlu mengaplikasikan base eyeshadow atau powder terlebih dahulu untuk menekan produksi sebum. Sayangnya, cara ini bisa berisiko membuat eyeshadow menggumpal di lipatan mata sehingga diperlukan retouch berulang kali.


Bagi sebagian orang, mengaplikasikan eyeshadow yang berlapis dan melakukan retouch bisa jadi hal yang merepotkan. Oleh sebab itu, ada juga eyeshadow bertekstur creamy yang sudah dikombinasikan dengan powder. Cream eyeshadow jenis ini teksturnya lebih padat. Saat dioles pertama kali akan terasa basah, tetapi setelah kering teksturnya akan menyerupai powder eyeshadow.

Padat: Cocok untuk pemula karena mudah dipakai

Padat: Cocok untuk pemula karena mudah dipakai
Jenis cream eyeshadow dalam bentuk stik juga populer. Anda dapat langsung mengaplikasikannya pada kelopak mata seperti menggambar, kemudian membaurkannya dengan jari. Jenis ini cocok untuk Anda yang ingin membuat riasan mata dengan cepat dan mudah. Anda juga dapat menggunakan warna yang lebih gelap sebagai eyeliner.


Sebaliknya, pilihan warna pucat dapat diaplikasikan pada area bawah mata untuk menyamarkan kantong mata. Cream eyeshadow jenis ini tersedia dalam berbagai bentuk, di antaranya berbentuk pensil, krayon, atau menyerupai lipstick.

Liquid: Mudah dibaur dan dikombinasikan

Liquid: Mudah dibaur dan dikombinasikan
Cream eyeshadow dengan tekstur cair dapat memberi efek kilau dan highlight yang indah. Namun, bukan berarti eyeshadow bertekstur basah ini hanya memberi finishing shimmer, ya! Beberapa eyeshadow cream jenis liquid ini juga memiliki pilihan warna matte.

Berikut beberapa karakteristik lain dari eyeshadow cream jenis liquid.

  • Mudah diaplikasikan ke seluruh bagian kelopak mata
  • Teksturnya lembut sehingga Anda dapat mengombinasikan warna dengan lebih mudah
  • Umumnya dikemas dalam tabung yang dilengkapi dengan kuas menyerupai produk pewarna bibir

Tidak hanya satu warna, beberapa produk eyeshadow basah yang bagus datang dengan dua warna dalam satu kemasan. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda menemukan kombinasi warna yang sempurna.

③ Pilih eyeshadow waterproof dan smudgeproof bila ingin lebih awet

Pilih eyeshadow waterproof dan smudgeproof bila ingin lebih awet

Bicara soal makeup, Anda pasti berharap riasan Anda dapat bertahan dalam waktu yang lama, bukan? Pada dasarnya, ada dua hal yang menyebabkan makeup cepat hilang, yaitu air dan minyak. Agar makeup tidak mudah hilang atau terhapus karena air, pilihlah eyeshadow waterproof. Tidak terkecuali, eyeshadow cream liquid sekalipun ada yang waterproof agar tetap tahan lama.


Penyebab kedua dari terhapusnya makeup, khususnya eyeshadow cream, adalah minyak atau sebum. Lipatan mata merupakan salah satu bagian wajah yang mudah mengalami penumpukan sebum. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak, Anda perlu memilih cream eyeshadow yang smudgeproof. Sayangnya, belum banyak eyeshadow cream yang memiliki fitur smudgeproof di pasaran.

④ Pertimbangkan eyeshadow cream lokal yang tidak kalah dengan produk luar

Belakangan, makin banyak produsen makeup dalam negeri yang menciptakan produk-produk berkualitas tinggi dan mampu bersaing. Harganya pun tentu lebih terjangkau. Sebut saja Madame Gie, ESQA, dan juga BLP yang populer dengan produk eyeshadow cream keluarannya.


Tanpa disadari, memilih eyeshadow cream produksi dalam negeri juga dapat mempermudah Anda menemukan warna yang cocok. Hal ini karena pilihan warna yang dimiliki pasti sudah disesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia. Dengan warna eyeshadow yang cocok dengan kulit, riasan Anda pasti akan terlihat lebih cantik!

10 Rekomendasi eyeshadow cream terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eyeshadow cream terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Madame Gie

Beauty Blink Fame

Madame Gie Beauty Blink Fame 1枚目

Mau tampil cantik dengan low budget? Pakai ini saja!

2

FOCALLURE

Cream Shimmer Single Eyeshadow Pencil

FOCALLURE Cream Shimmer Single Eyeshadow Pencil 1枚目

Tampil cantik kapan saja dan di mana saja dengan eyeshadow ini

3

FOCALLURE

Starlight Liquid Eyeshadow Shimmer Eye Makeup

FOCALLURE Starlight Liquid Eyeshadow Shimmer Eye Makeup 1枚目

Dilengkapi aplikator brush, mudah menyesuaikan kepekatan eyeshadow

4

ESQA

Starlight Liquid Eyeshadow

ESQA Starlight Liquid Eyeshadow 1枚目

Pilihan warna cantiknya tonjolkan keindahan mata Anda

5

NYX

Jumbo Eye Pencil

NYX Jumbo Eye Pencil  1枚目

Untuk eyeshadow, eyeliner, atau highlighter, semua bisa!

6

PINKFLASH

DoubleGlow 2 in 1 All Glow Liquid Eyeshadow

PINKFLASH DoubleGlow 2 in 1 All Glow Liquid Eyeshadow 1枚目

Ciptakan night look yang memukau dengan produk 2-in-1 ini

7

Lizzie Parra Kreasi

BLP Eyeshadow Pen

Lizzie Parra Kreasi BLP Eyeshadow Pen 1枚目

Berani coba one-minute no-mirror makeup? Cek produk ini!

8

Brun Brun Paris

Liquid Eye Shadow

Brun Brun Paris Liquid Eye Shadow 1枚目

Tekstur ringan dengan finish yang berkilau cantik

9

Viva

Eye Shadow Cream

Viva Eye Shadow Cream 1枚目

Varian warnanya colorful, pas untuk menciptakan riasan cosplay

10

Stylenanda

3CE Liquid Primer Eye Shadow

Stylenanda 3CE Liquid Primer Eye Shadow 1枚目

Eyeshadow cream yang pas untuk digunakan sehari-hari

Perincian produk
Close
No.1

Madame GieBeauty Blink Fame

Mulai dari Rp19.000,00

Mau tampil cantik dengan low budget? Pakai ini saja!

Kelebihan:

  • Tekstur creamy dengan partikel gliter halus
  • Pigmentasi warna tinggi, bisa dijadikan highlighter

Kekurangan:

  • Sejumlah ulasan bilang produk ini agak patchy

Jika Anda memerlukan eyeshadow cair glittery dengan harga bersahabat, inilah produk yang patut dipertimbangkan. Meskipun terjangkau, produk ini memiliki warna yang pekat dengan gliter yang tidak mudah rontok.


Beauty Blink Fame bertekstur tidak terlalu cair atau kental serta cepat mengering. Selain itu, eyeshadow Madame Gie satu ini memiliki aroma lembut menyerupai bedak bayi.

No.2

FOCALLURECream Shimmer Single Eyeshadow Pencil

Mulai dari Rp68.000,00

Tampil cantik kapan saja dan di mana saja dengan eyeshadow ini

Kelebihan:

  • Menurut review, warnanya sangat pigmented dan mudah dibaurkan

Kekurangan:

  • Ketahanan produk masih kurang menurut pengguna, mudah hilang jika berkeringat

FOCALLURE juga menghadirkan eyeshadow cream berbentuk stik yang warnanya supercantik dan sangat creamy. Hal tersebut membuat produk ini mudah dibaurkan, bahkan dengan jari. Selain itu, warnanya juga pigmented dan bisa di-build sesuai selera Anda. Berbentuk stik, Anda pun akan mudah mengaplikasikannya plus nyaman pula dibawa bepergian. Bisa tampil cantik setiap saat, deh!

No.3

FOCALLUREStarlight Liquid Eyeshadow Shimmer Eye Makeup

Mulai dari Rp98.000,00

Dilengkapi aplikator brush, mudah menyesuaikan kepekatan eyeshadow

Kelebihan:

  • Cepat kering dan tidak mudah geser ketika sudah kering

Kekurangan:

  • Kurang tahan lama menurut pengguna

Produk ini berbeda dari yang lain karena menggunakan brush sebagai aplikatornya. Hal itu membuat Anda mudah mengatur kepekatan warna eyeshadow pada riasan mata. Tidak hanya itu, produk ini juga diklaim waterproof dan cepat kering. Anda pun bisa segera menyelesaikan makeup dalam waktu cepat, terlebih ketika sedang terburu-buru.

No.4

ESQAStarlight Liquid Eyeshadow

Mulai dari Rp165.000,00

Pilihan warna cantiknya tonjolkan keindahan mata Anda

Kelebihan:

  • Warnanya cantik dan pigmented menurut review

Kekurangan:

  • Ukuran glitter cukup besar dan mudah fall out menurut pengguna


Eyeshadow buatan lokal satu ini adalah produk yang wajib ada dalam jajaran koleksi semua wanita. Semua pilihan warnanya cantik dan finishing shimmer-nya akan membuat mata Anda terlihat makin bersinar. Tidak hanya itu, eyeshadow vegan yang teksturnya ringan ini juga nyaman dipakai dan tidak mudah luntur. Ingin tampil cantik sepanjang hari? Pakai eyeshadow ini, ya!

No.5

Untuk eyeshadow, eyeliner, atau highlighter, semua bisa!

Kelebihan:

  • Varian warnanya banyak dan atraktif
  • Penggunaannya versatile untuk berbagai keperluan makeup
  • Teksturnya creamy sehingga mudah diaplikasikan dan pigmented

Kekurangan:

  • Ukurannya yang besar menyulitkan untuk pengaplikasian presisi pada sudut mata

Bagi Anda yang menyukai produk-produk all-in-one, NYX Jumbo Eye Pencil ini pas untuk Anda. Dengan satu produk saja, Anda sudah bisa merias mata dan memakainya sebagai highlighter sekaligus. Anda hanya perlu mencari warna yang sesuai kebutuhan saja. Kemasan berbentuk pensil pun membuat produk ini mudah dibawa bepergian. Praktis sekali, bukan?

No.6

PINKFLASHDoubleGlow 2 in 1 All Glow Liquid Eyeshadow

Mulai dari Rp200.000,00

Ciptakan night look yang memukau dengan produk 2-in-1 ini

Kelebihan:

  • Produk 2-in-1, lebih praktis dan hemat karena mendapatkan dua warna berbeda hasil akhir dalam satu produk
  • Cepat kering dan tidak mudah geser
  • Blendable, sangat pigmented, serta waterproof

Kekurangan:

  • Karena cepat kering, produk harus diaplikasikan dengan cepat sehingga terasa cukup menyulitkan bagi pemula

Bagaimana jadinya jika eyeshadow glitter dan shimmer disatukan? Hasilnya adalah kilau luar biasa yang akan membuat tampilan mata makin bersinar. Hal tersebut bisa Anda dapatkan jika memilih produk keluaran PINKFLASH ini. Diciptakan memiliki dua hasil akhir, Anda bisa mendapatkan night look yang memukau dengan menggunakan cream eyeshadow ini.

No.7

Lizzie Parra KreasiBLP Eyeshadow Pen

Mulai dari Rp139.000,00

Berani coba one-minute no-mirror makeup? Cek produk ini!

Kelebihan:

  • Warnanya pigmented
  • Pengaplikasian praktis dan mudah dibaurkan dengan jari

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dua pilihan warna
  • Rentan patah jika dikeluarkan terlalu panjang

Jika Anda tidak suka berlama-lama berdandan dan lebih senang menggunakan simple makeup, eyeshadow cream ini dapat menjadi pilihan. BLP menciptakan eyeshadow cream yang mudah dibaurkan, bahkan saat Anda tidak menggunakan cermin.


Produk ini juga berpigmentasi tinggi sehingga dapat menutupi garis halus di mata untuk memberikan hasil akhir yang sempurna. Tidak ketinggalan, terdapat kandungan jojoba oil dalam formulanya yang akan menghidrasi kulit mata Anda.

No.8

Brun Brun ParisLiquid Eye Shadow

Mulai dari Rp39.900,00

Tekstur ringan dengan finish yang berkilau cantik

Kelebihan:

  • Warnanya pigmented dan mudah dibaurkan dengan jari sekalipun

Kekurangan:

  • Teksturnya yang cair agak menyulitkan pemula saat mengaplikasikannya

Eyeshadow bertekstur basah dari Brun Brun Paris ini menawarkan pilihan warna yang cantik. Ditambah lagi, terdapat partikel glitter yang memberi finishing shimmery. Pemakaiannya pun mudah. Hanya dengan sekali pulas, mata Anda akan terlihat indah seketika. Penasaran dengan produk lokal satu ini? Segera masukkan produk ini dalam daftar belanja Anda, ya!

No.9

Varian warnanya colorful, pas untuk menciptakan riasan cosplay

Kelebihan:

  • Glitter-nya tampak soft menurut pengguna
  • Mudah di-blend dan warnanya pigmented
  • Harganya sangat terjangkau, pas untuk pemula

Kekurangan:

  • Menurut review, ketahanannya kurang lama

Brand lokal yang sudah ada sejak lama ini juga memiliki produk eyeshadow cream yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Terdapat empat belas varian warna yang atraktif dan bisa Anda gunakan ketika ingin makeup cosplay.


Warna-warna yang dihadirkan sangat colorful dan pigmented. Tentu saja untuk digunakan sebagai makeup harian pun akan cocok karena warnanya mudah dibaurkan dan di-build up sesuai keinginan.

No.10

Stylenanda3CE Liquid Primer Eye Shadow

Mulai dari Rp219.000,00

Eyeshadow cream yang pas untuk digunakan sehari-hari

Kelebihan:

  • Mudah dibaurkan dan cepat meresap menurut review pengguna
  • Begitu eyeshadow sudah kering, tidak akan geser dan transfer menurut pengguna

Kekurangan:

  • Harga tergolong tinggi untuk ukuran isi 3,7 ml

Produk keluaran 3CE ini menjadi salah satu cream eyeshadow rekomendasi kami yang tidak boleh sampai Anda lewatkan. Pilihan warna-warna nude dengan matte finish pada cream eyeshadow ini membuatnya cocok dijadikan eyeshadow base. Karena warna-warna yang ditawarkan tergolong netral, Anda dapat memilih cream eyeshadow ini untuk penggunaan sehari-hari.

Tips dan saran penggunaan eyeshadow cream

Penggunaan eyeshadow cream mungkin dirasa agak tricky bagi sebagian orang, terutama pemula dalam hal makeup. Oleh karena itu, mari simak tips dan saran penggunaan cream eyeshadow yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Cara menggunakan cream eyeshadow sebagai base eyeshadow

Cara menggunakan cream eyeshadow sebagai base eyeshadow
Tahukah Anda bahwa cream eyeshadow juga dapat digunakan sebagai base eyeshadow? Caranya mudah, cukup oleskan cream eyeshadow ke seluruh kelopak mata tipis-tipis. Tahap ini juga berfungsi dalam membuat bayangan pada kelopak mata. Kemudian, aplikasikan powder eyeshadow di atasnya. Tekstur creamy dari cream eyeshadow mampu membuat powder eyeshadow lebih tahan lama serta bebas luntur.

Anda dapat memilih warna cream eyeshadow yang mendekati warna kulit Anda sehingga tidak mengganggu warna eyeshadow di atasnya. Selain itu, Anda juga dapat membuat gradasi warna dengan tahap ini.

Saran penggunaan eyeshadow untuk kulit sensitif

Saran penggunaan eyeshadow untuk kulit sensitif

Jika Anda memiliki kelopak mata yang cenderung sensitif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


  • Kandungan eyeshadow

Pastikan kandungan eyeshadow Anda aman. Secara khusus, pilih produk yang bebas bahan berbahaya, seperti paraben, phthalate, sulfite, dan sulfat. Untuk mengetahui secara lengkap, Anda dapat mencari informasi melalui berbagai review yang banyak beredar di dunia maya.


  • Tekstur dan cara aplikasi produk

Normalnya, kulit kelopak mata memang lebih tipis dari kulit lainnya. Namun, ada orang-orang yang memiliki kulit kelopak lebih tipis dari orang kebanyakan. Jika Anda memiliki kondisi demikian, pilih produk yang teksturnya lembut. Lalu, pastikan aplikator yang Anda gunakan tidak kasar agar tidak menyebabkan iritasi.

Baca juga rekomendasi produk eye makeup lainnya di sini

Selain eyeshadow, ada banyak produk eye makeup yang dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan Anda kian memukau. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel yang membahas tentang produk terkait. Cek link berikut, ya!

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membagi tips cara memilih cream eyeshadow terbaik untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan cream eyeshadow yang tepat untuk kebutuhan riasan Anda?

Berbagai jenis cream eyeshadow dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan riasan mata. Anda dapat memilih berdasarkan tekstur ataupun dari finish yang ditawarkan. Semoga artikel ini berhasil membantu Anda menemukan produk cream eyeshadow yang tepat.


Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer