10 Rekomendasi Hair Iron Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Hair Iron Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hair iron portabel merupakan salah satu alat styling rambut yang dapat digunakan saat Anda bepergian untuk membantu menata rambut dengan cepat dalam berbagai situasi. Saat ini sudah ada banyak produk populer yang tersedia di pasaran dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Hal ini mungkin membuat Anda kebingungan dalam memilih hair iron yang paling cocok sesuai kebutuhan.

Kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih hair iron portabel dan memperkenalkan sepuluh produk terbaik berdasarkan format ranking beserta pembahasan keunggulannya masing-masing. Mari temukan hair iron portabel yang paling tepat untuk menemani aktivitas dan mempercantik penampilan Anda!

Daftar isi

Cara memilih hair iron portabel

Hal penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih hair iron portabel adalah disesuaikan dengan penggunaannya. Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

Pilih power supply sesuai dengan yang Anda butuhkan

Secara garis besar, hair iron portabel dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan sumber daya yang digunakan, yaitu tipe charging, dry battery, dan gas cartridge. Berikut ini kami akan menjelaskan fitur dari setiap jenisnya. Pilihlah tipe power supply yang paling tepat untuk pemakaian Anda!

Tipe charging, cost & performance terbaik serta mudah penanganannya

Tipe charging, cost & performance terbaik serta mudah penanganannya

Hair iron portabel tipe ini biasanya bisa digunakan selama sekitar 30 menit setelah dayanya diisi ulang dalam rentang waktu tertentu. Tipe ini semakin populer karena menawarkan beragam fungsi dan performa yang relatif lebih baik dibandingkan tipe lainnya. Biaya yang diperlukan untuk mengisi ulang dayanya pun cukup rendah sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering menggunakan hair iron portabel.

Saat ini terdapat beragam produk yang pengisian dayanya menggunakan adaptor AC atau USB. Pilihlah yang mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe dry battery, compact dan praktis dibawa-bawa

Tipe dry battery, compact dan praktis dibawa-bawa

Meskipun membutuhkan biaya lebih banyak untuk membeli baterai baru setiap kali dayanya habis, tipe hair iron portabel yang menggunakan dry battery ini sangat praktis untuk dibawa-bawa karena ukurannya yang compact. Namun, dayanya cukup lemah sehingga ada kemungkinan produk tipe ini tidak mampu memberikan hasil maksimal seperti yang Anda inginkan.

Selain itu, waktu pemakaiannya juga lebih singkat dibandingkan hair iron tipe charging. Jadi, tipe ini kurang praktis untuk Anda yang mementingkan performa hair iron, terutama dengan semakin banyaknya produk tipe charging yang beredar di pasaran dengan ukuran lebih compact.

Tipe gas cartridge, waktu penggunaan lebih lama dan powerful

Tipe gas cartridge, waktu penggunaan lebih lama dan powerful

Hair iron portabel tipe gas catridge ini bisa digunakannya dalam waktu cukup panjang dengan daya yang maksimal. Dengan satu gas cartridge saja, produk tipe ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan hair iron tipe lainnya sehingga sangat praktis digunakan untuk Anda yang memiliki rambut panjang.

Akan tetapi, hair iron dengan tipe gas cartridge ini lebih boros biaya perawatannya karena Anda harus membeli cartridge yang baru tiap kali gasnya habis. Selain itu, seiring dengan semakin populernya hair iron tipe charging, semakin sulit menemukan toko yang menyediakan gas cartridge untuk produk tipe ini. Jika Anda tetap ingin menggunakan hair iron tipe gas cartridge, pastikan untuk menyimpan cartridge cadangan dalam jumlah memadai agar tidak kerepotan mencari saat kehabisan gasnya.

Pilih sesuai tatanan rambut yang diinginkan

Pilih sesuai tatanan rambut yang diinginkan
Hair iron terdiri dari jenis curling tongs untuk mengeritingkan rambut, dan jenis hair straightener untuk meluruskan rambut. Keduanya sama-sama termasuk dalam kategori hair iron. Akan tetapi, tipe yang sebaiknya Anda pilih akan berbeda bergantung pada tatanan rambut yang diinginkan, apakah untuk mengeriting rambut atau meluruskannya.

Ketebalan pelat hair iron untuk tipe curling tongs, atau pengeriting rambut, tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 26 mm, 32 mm, 38 mm, dan sebagainya. Ukuran yang lebih kecil cocok digunakan untuk rambut pendek, dan yang lebih besar cocok untuk rambut panjang. Jadi, pilihlah ukuran produk yang sesuai dengan panjang rambut Anda.

Selain itu, saat ini juga sudah tersedia produk yang menggabungkan dua fungsi untuk mengeriting dan meluruskan rambut, atau yang disebut tipe 2WAY. Dengan produk ini, Anda bisa mendapatkan dua fungsi dengan satu alat. Namun, kekurangannya adalah dengan produk ini Anda tidak bisa memilih ketebalan pelat untuk mengeriting rambut sesuai dengan bentuk dan ukuran ikal rambut yang diinginkan. Jadi, untuk Anda yang mementingkan ikal rambut yang diinginkan, lebih disarankan untuk memilih tipe curling tongs yang dikhususkan untuk mengeriting rambut.

Standar panjang 20 cm dan berat 200 g agar mudah dibawa-bawa

Standar panjang 20 cm dan berat 200 g agar mudah dibawa-bawa

Banyak orang yang lebih suka membawa cordless hair iron di dalam tas atau kantong makeup yang dibawa sehari-hari atau ketika dalam perjalanan. Jika panjangnya kurang dari 20 cm dan beratnya di bawah 200 g, hair iron memang akan lebih mudah dibawa dalam tas.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ukuran yang terlalu kecil bisa jadi membuat Anda tidak nyaman saat menggenggam dan menggunakannya. Jika Anda ingin membeli produk yang ukurannya sangat kecil, pastikan untuk mengecek review dari orang yang sudah menggunakannya, apakah produk tersebut tetap nyaman dipegang atau tidak ketika digunakan.

Perhatikan pilihan suhu yang tersedia sesuai gaya rambut yang diinginkan

Perhatikan pilihan suhu yang tersedia sesuai gaya rambut yang diinginkan

Suhu yang mampu dihasilkan oleh hair iron portabel biasanya lebih rendah dibandingkan hair iron biasa. Jika suhunya rendah, akan sulit bagi Anda untuk mengatur rambut seperti yang diidamkan. Mari periksa seberapa tinggi suhu yang bisa dihasilkan dari keterangan produk hair iron yang akan Anda beli untuk mendapatkan gaya rambut yang diinginkan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa suhu yang terlalu tinggi juga dapat merusak rambut Anda. Suhu yang disarankan untuk meluruskan rambut adalah 170 derajat, dan suhu untuk mendapatkan rambut keriting atau ikal adalah sekitar 140 derajat. Jika Anda memilih hair iron portabel yang suhunya dapat diatur, ini akan lebih memudahkan Anda untuk mengubah-ubah suhu saat Anda ingin mengatur bagian tertentu dari rambut, seperti poni, ujung rambut, atau lainnya.

Waktu pemakaian lebih dari 30 menit, cukup untuk menata seluruh rambut

Waktu pemakaian lebih dari 30 menit, cukup untuk menata seluruh rambut

Pada umumnya, hair iron portabel hanya bisa digunakan sekitar 20 menit. Waktu 20 menit ini mungkin cukup untuk mengatur ulang poni Anda misalnya ketika sedang berada di luar. Sedangkan untuk melakukan semua rangkaian gaya rambut, ada baiknya jika Anda memilih produk yang dapat digunakan dalam waktu lebih dari 20 menit. Jadi, pilihlah hair iron portabel yang bisa digunakan sekitar 30 menit agar cukup untuk menata seluruh bagian rambut.

Perhatikan bahan pelatnya

Perhatikan bahan pelatnya

Jika Anda menggunakan hair iron portabel tanpa mengetahui bahan apa yang digunakan sebagai pelatnya, rambut Anda dapat lebih mudah mengalami kerusakan. Untuk mencegah kerusakan rambut, Anda dapat memilih pelat yang berbahan keramik atau titanium yang tidak mudah tergores dan bisa membuat rambut Anda berkilau.

Selain itu, ada juga hair iron yang hanya dilapisi ion ceramic atau titanium pada permukaan pelatnya. Coating semacam ini berisiko terkelupas jika cukup sering digunakan. Oleh karena itu, untuk Anda yang hanya sesekali menggunakan hair iron, tipe yang dilapisi coating seperti ini juga bisa menjadi pilihan.

Periksa apakah bisa dipakai di luar negeri

Periksa apakah bisa dipakai di luar negeri

Banyak orang yang membeli hair iron portabel agar bisa membawanya bepergian bahkan sampai ke luar negeri. Bentuknya yang praktis memang banyak dipilih sebagai teman perjalanan atau bisnis. Namun, ada juga cordless hair iron yang tidak bisa dibawa ke luar negeri, misalnya karena perbedaan voltase pada power supply-nya. Sebelum Anda membawa cordless hair iron ke luar negeri, periksalah terlebih dahulu keterangan produk yang Anda punya, apakah sesuai dengan tempat yang dituju.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah apakah hair iron tersebut bisa dibawa ke kabin pesawat. Untuk hair iron tipe gas cartridge, biasanya yang boleh dibawa masuk ke kabin pesawat hanya bodi hair iron itu tersendiri dengan satu cartridge di dalamnya. Cartridge cadangan harus dimasukkan ke dalam bagasi. Sedangkan untuk tipe dry battery atau yang menggunakan baterai litium, pastikan apakah model hair iron yang Anda miliki memenuhi peraturan dari maskapai penerbangan untuk dibawa ke dalam pesawat.

10 Rekomendasi hair iron portabel terbaik

Bagaimana? Apa Anda sudah menguasai cara memilih hair iron portabel? Sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dalam urutan ranking beserta pembahasan fitur-fitur yang dimilikinya. Temukanlah hair iron portabel yang paling tepat untuk Anda!

10. Kiki New Gain C33-HS001

10. Kiki New Gain C33-HS001

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 508.000

Dapatkan tatanan rambut yang maksimal dalam waktu singkat!

Cordless mini hair straightener yang satu ini memungkinkan Anda menyesuaikan suhu sesuai yang diinginkan berdasarkan tiga level berbeda sesuai riasan rambut yang diinginkan. Pemanasan ganda pada dua pelat hair iron ini hanya memerlukan waktu selama 3 detik saja sehingga dapat menghemat waktu untuk mendapatkan gaya rambut yang diinginkan dalam waktu singkat.

Selain untuk meluruskan, hair iron ini juga dapat digunakan juga untuk mengeriting rambut.  Sangat disarankan untuk Anda yang membutuhkan dua macam styling rambut sekaligus dengan hasil yang maksimal. Hair iron ini juga dapat digunakan hingga 40 menit, sangat mencukupi untuk menata seluruh bagian rambut bagi Anda yang memiliki rambut tebal atau panjang.

9. Pritech USB Rechargeable Curling Iron

9. Pritech USB Rechargeable Curling Iron 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.191.000

Dapat digunakan selama 45 menit untuk menata seluruh bagian rambut!

Tatanan rambut keriting pada tipe rambut yang tebal terkadang membutuhkan lebih banyak waktu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Pritech Curling Cordless Hair Iron dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda! Produk ini dapat digunakan selama 45 menit sehingga memungkinkan Anda mendapatkan tatanan yang diinginkan tanpa ada bagian rambut yang terlewatkan.

Hair iron ini panas dengan cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mulai menata rambut. Produk ini juga mampu mempertahankan temperatur yang konstan untuk memberikan hasil akhir yang maksimal dan tidak merusak rambut Anda. Sisi ujung curling tongs-nya juga dirancang antipanas sehingga memungkinkan untuk dipegang dengan tangan agar lebih memudahkan Anda saat menata rambut.

8. Hairmosa Touch Ups GL618

8. Hairmosa Touch Ups GL618

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.311.000

Compact dan kompatibel untuk dibawa ke berbagai belahan dunia!

Hairmosa Touch Ups ini merupakan hair iron portabel yang dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang senang bepergian karena produk ini dilengkapi dengan tegangan ganda dan adaptor AC. Komponen ini dapat Anda gunakan pada berbagai belahan dunia sehingga sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri.

Pelat turmalin pada produk ini memudahkan Anda dalam menata rambut dengan hasil lurus yang sempurna. Rambut akan terlihat berkilau dan lembut! Sebagai perlindungan keamanan, hair iron ini akan mati secara otomatis setelah 20 menit pemakaian. Namun, Anda bisa menyalakannya kembali untuk terus digunakan hingga tambahan selama 10 menit.

7. Conair TS311

7. Conair TS311

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.195.722

Tipe gas cartridge yang tidak perlu di-charge!

Produk dari Conair yang satu ini merupakan tipe hair iron portabel yang menggunakan Thermacel butane gas cartridge yang tahan cukup lama sehingga Anda tidak perlu repot mencolokkan kabel saat ingin menggunakannya. Cocok untuk Anda yang sibuk dan sulit meluangkan waktu jika harus menunggu pengisian ulang daya sebelum hair iron bisa digunakan.

Produk ini juga bisa Anda bawa ke mana saja, termasuk saat melakukan perjalanan ke luar negeri, karena telah terbukti aman untuk perjalanan dengan pesawat. Hair iron ini dilengkapi dengan pelat berlapis keramik dan mampu menghasilkan panas mencapai 360 derajat farenheit, sangat tepat untuk mengeriting rambut dengan hasil yang lembut dan berkilau.

6. Huachi Hair Straightener Rechargeable

6. Huachi Hair Straightener Rechargeable

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.112.000

Massaging effect untuk rambut berkilau dan sehat terawat!

Huachi Hair Straightener merupakan hair iron yang dapat meluruskan rambut dengan efek lembut dan berkilau, sangat disarankan bagi Anda yang memiliki rambut yang sulit diatur. Hair iron ini juga memiliki massaging effect yang bermanfaat bagi kulit kepala dan menstimulasi folikel rambut sehingga rambut tetap sehat dan terawat.

Kelebihan lainnya adalah adanya fitur smart & safe yang mengunci hair iron secara otomatis untuk mencegah terbuangnya daya. Sama seperti hair iron cordless pada umumnya, produk ini dapat digunakan selama 30 menit untuk setiap satu kali pengisian daya. Pelat hair iron terbuat dari bahan keramik yang tidak mudah tergores sehingga pemakaiannya lebih tahan lama.

5. Quince BB-03

5. Quince BB-03

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 982.800

Tampillah percaya diri dengan rambut indah yang bergelombang!

Quince BB-03 Cordless Flat Iron merupakan hair iron yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda karena pelat khususnya yang terbuat dari silikon yang terintegrasi dengan lembut untuk mengatur rambut Anda dengan sempurna. Desainnya yang melingkar juga memudahkan Anda dalam menata rambut menjadi wavy maupun curly.

Anda juga dapat mengatur suhu yang Anda inginkan sehingga meminimalisir kerusakan pada rambut. Hair iron ini dapat meluruskan rambut yang keriting, rambut kusut yang terkena air hujan, serta memberikan volume natural pada rambut yang tipis. Dapatkan tatanan rambut yang indah kapan pun dan di mana pun Anda berada dan tampillah lebih percaya diri!

4. UNIX UCI-B2220

4. UNIX UCI-B2220

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 940.000

Dapat dibawa traveling ke mana pun tanpa hambatan!

Salah satu poin penting dalam memilih hair iron portabel adalah kemudahannya saat dibawa bepergian. UNIX Rechargeable Cordlress Curling Iron ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang sering berpergian, termasuk ke luar negeri, karena produk ini telah memenuhi standar dari maskapai penerbangan dan bisa digunakan pada tegangan 100 V ~ 240 V.

Hair iron ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi sehingga dapat bertahan selama 2 sampai 3 tahun tanpa perlu diganti. Anda hanya memerlukan waktu 90 menit untuk mengisi ulang dayanya dan produk ini dapat digunakan selama 30 menit untuk menata seluruh bagian rambut. Pelat pemanas juga dapat bergerak ke kanan dan kiri untuk memberikan sensasi tatanan rambut yang lembut dan lebih ber-volume.

3. ABTTY Cordless Flat Iron

3. ABTTY Cordless Flat Iron

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.122.000

Untuk riasan rambut yang terjaga sepanjang hari!

Produk ini menggunakan keramik sebagai bahan pelatnya dan juga melepaskan ion negatif yang dapat menutup kutikula rambut, mengunci minyak esensial, dan menjaga kelembapan rambut sehingga rambut tetap sehat dan berkilau. Dengan desain 3D floating plate, produk ini memudahkan Anda menata seluruh bagian rambut dengan aman dan nyaman.

Hair iron portabel yang satu ini sangat praktis dibawa-bawa dengan ukurannya yang compact dan berat sekitar 381 gr. Dengan memungkinkan touch-ups di mana saja dan kapan saja, produk ini akan membantu memastikan riasan rambut Anda terus terjaga sepanjang hari. Sangat cocok untuk Anda yang sibuk dan tetap butuh tampil memesona dalam berbagai suasana!

2. Vinida Mini Cordless Hair Straightener

2. Vinida Mini Cordless Hair Straightener

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.127.000

Dua fungsi sekaligus dalam satu produk!

Vinida 2 in 1 Cordless Hair Iron yang bisa digunakan untuk mengeriting atau meluruskan rambut ini hadir dengan dua pilihan fitur pengisian daya menggunakan USB charging atau dengan mengisi baterai lithium khusus dengan charger terpisah. Hair iron ini dapat digunakan selama 30 menit setiap pengisian daya penuh, cukup memadai untuk melakukan riasan rambut yang Anda inginkan.

Pelat hair iron ini terbuat dari keramik yang dapat melepaskan ion negatif yang baik untuk rambut Anda. Produk ini juga dilengkapi indikasi lampu LED yang dapat memberitahu Anda saat baterai terisi penuh maupun saat baterai habis. Selain itu, hair iron ini dilengkapi tombol pengunci sebagai pengaman ketika misalnya tidak sengaja tersentuh saat dibawa di dalam tas.

1. SS Shiny Magnum S Wireless Hair Styler

1. SS Shiny Magnum S Wireless Hair Styler

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 995.400

Bentuk pelat bundar untuk tampilan rambut yang lebih ber-volume!

SS Shiny Magnum S-Cordless Hair Iron dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki rambut tipis karena pelatnya yang berbentuk bulat dapat memberikan volume natural pada rambut. Hair iron ini tersedia dalam tiga pengaturan tingkatan suhu untuk memberikan hasil rambut yang natural, tergantung gaya rambut yang Anda inginkan.

Produk ini juga dirancang dengan desain yang aman bagi penggunanya. Kedua sisi pelat pada hair iron ini dilengkapi pengaman untuk mengurangi risiko terbakar saat pemakaian. Selain itu, hair iron ini juga dilengkapi kapsul penutup yang memungkinkan Anda memasukkan produk ini ke dalam tas, bahkan langsung setelah pemakaian, tanpa perlu mengkhawatirkan panas yang masih tersisa pada pelat.

Gunakan suhu yang mencukupi dan tata rambut sedikit demi sedikit

Gunakan suhu yang mencukupi dan tata rambut sedikit demi sedikit

Untuk bisa mendapatkan tatanan rambut yang maksimal, sebelum menggunakan hair iron portabel pastikan pelatnya sudah mencapai suhu yang mencukupi dan tatalah rambut Anda sedikit demi sedikit. Tergantung produsennya, kemungkinan ada produk yang panasnya tidak cukup untuk menata rambut seperti produk kebanyakan. Namun, Anda bisa mengatasi kekurangan ini dengan mengambil jumlah helaian rambut yang lebih sedikit dalam tiap kali jepitannya agar rambut mendapatkan panas yang mencukupi.

Mungkin ada di antara Anda yang segera menjauhkan hair iron dari rambut karena khawatir panasnya akan mengakibatkan kerusakan atau rambut terbakar. Sebenarnya hal ini justru berisiko mengakibatkan panas dari pelat tidak tersampaikan dengan cukup untuk memberikan tatanan rambut yang diinginkan. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga untuk tidak berlebihan menjepit rambut dengan pelat hair iron berkali-kali demi mendapatkan panas yang mencukupi karena ini justru akan mengakibatkan rambut menjadi rusak.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda tentang pembahasan hair iron portabel kali ini? Semoga tip cara memilih dan rekomendasi produk dari kami bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menemukan produk yang Anda inginkan.

Beragam jenis hair iron portabel yang beredar di pasaran memang terkadang membuat kita bingung dalam memilih. Namun, dengan menggunakan produk yang tepat, Anda bisa mendapatkan gaya rambut yang indah kapan saja dan di mana saja seperti ditata di salon!