10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2018)

Pada usia 50-an, biasanya kulit wajah mulai mengalami berbagai masalah seperti keriput, bintik hitam, kulit kering, dan lainnya. Tentu rasanya akan merepotkan jika Anda harus meluangkan waktu demi menggunakan serangkaian skin care untuk mengatasi masalah kulit tersebut, misalnya di pagi hari saat akan keluar rumah.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, BB cream bisa menjadi solusi yang paling tepat! BB cream merupakan satu produk yang mampu memberikan efek perawatan kecantikan, berfungsi sebagai concealer, dan memberikan perlindungan dari sinar UV. Namun, bagaimana caranya memilih BB cream yang tepat untuk usia 50-an? Mari simak pembahasan dan produk rekomendasi dari kami kali ini dan temukan produk yang sempurna untuk kulit Anda!

Daftar isi

Bagaimana kondisi kulit pada usia 50-an?

Banyak orang memasuki masa menopause di usia 50-an yang mengakibatkan menurunnya hormon kewanitaan sehingga terjadi berbagai perubahan pada kulit. Pertama, mari kita lihat masalah kulit seperti apa yang terjadi pada usia 50-an ini.

Kulit kering dan berkurangnya perlindungan kulit akibat turunnya kadar ceramide

Kulit kering akibat turunnya kadar ceramide, dan berkurangnya perlindungan kulit

Kelembapan kulit semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar ceramide yang merupakan komponen pelembap pada kulit sehingga menyebabkan berbagai masalah, termasuk kulit kering.

Ceramide tidak hanya melembapkan, tetapi juga berfungsi menghubungkan satu sel dan sel lainnya. Oleh karena itu, jika kadar ceramide pada kulit menurun, fungsi perlindungan kulit pun berkurang dan menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap rangsangan dari luar.

Selain itu, karena kelembapan kulit menurun, sebum pun disekresikan secara berlebihan dan menyebabkan kulit menjadi berminyak dan dapat mengakibatkan bagian T-zone terlihat mengkilat. Untuk Anda yang mengalami hal ini di usia 50-an, sebenarnya ini bukan disebabkan oleh kulit berminyak, melainkan karena kulit kering yang berkelanjutan.

Kulit keriput dan kendur karena kandungan kolagen yang menurun

Kulit keriput dan kendur karena kandungan kolagen yang menurun

Keriput pada wajah bisa terjadi akibat kulit kering. Namun, sebenarnya penyabab utamanya adalah berkurangnya kadar kolagen pada kulit. Kolagen berfungsi menjaga agar kulit tetap kencang dan elastisitas serta memberikan kelembapan pada kulit. Akan tetapi, kandungan kolagen berkurang seiring bertambahnya usia sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur.

Pada sebagian orang, kolagen yang menipis juga dapat menyebabkan garis-garis halus di wajah dan pori-pori yang membesar. Selain itu, ketika sinar ultraviolet mengenai kulit sampai ke lapisan epidermis, hal itu bisa menyebabkan penurunan kolagen, mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya sehingga menimbulkan kulit kendur dan munculnya keriput.

Kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet

Kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet

Pigmen melanin muncul dari hasil pertahanan kulit terhadap sinar ultraviolet. Biasanya pigmen melanin ini akan disekresikan melalu proses turnover kulit. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, proses turnover kulit ini biasanya semakin melambat sehingga pigmen melanin terakumulasi lebih banyak. Bila kadarnya melebihi jumlah tertentu, akan muncul berbagai masalah kulit seperti bintik-bintik hitam pada wajah.

Cara memilih BB cream untuk usia 50-an

Selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana memilih BB cream yang direkomendasikan untuk usia 50-an. Mari pilih BB cream yang mengandung bahan dibutuhkan untuk kulit di usia 50-an dan untuk menutupi masalah kulit Anda.

Pilih produk yang mampu melembapkan kulit

Bagi Anda yang berusia 50-an dan mengalami masalah kulit kering, keriput, dan kendur, hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih BB cream adalah kandungan pelembapnya agar dapat meningkatkan perlindungan pada kulit. Tentunya kemampuan untuk menutupi masalah kulit adalah poin penting yang perlu diperhatikan. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda memilih produk yang juga memiliki kandungan zat yang bisa memberikan kelembapan pada kulit.

Pilih yang memiliki kandungan ceramide!

Pilih yang memiliki kandungan ceramide!
Sekitar 40% bahan pelembap kulit dikatakan berasal dari ceramide, dan kandungan ceramide pada kulit biasanya menurun seiring bertambahnya usia. Dengan memilih BB cream yang mengandung ceramide, Anda dapat memberikan kelembapan pada kulit dan diharpkan akan diperoleh efek yang mampu mengembalikan fungsi perlindungan kulit.

Pilih yang memiliki kandungan asam hyaluronic

Pilih yang memiliki kandungan asam hyaluronic

Asam hyaluronic dikenal sebagai salah satu zat dengan kemampuan melembapkan yang sangat tinggi karena 1 gram asam hyaluronic ini mampu mempertahankan kandungan 6 liter air. Sebenarnya kandungan asam hyaluronic ini ada di dalam lapisan kulit kita. Akan tetapi, jumlahnya mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, penting untuk memilih BB cream yang memiliki kandungan asam hyaluronic agar dapat mencegah terjadinya kulit kering.

Kandungan kolagen yang mengencangkan kulit

Kandungan kolagen yang mengencangkan kulit

Kolagen merupakan bagian penting pada kulit yang berfungsi memberikan elastisitas dan mengencangkan kulit. Kadar kolagen ini juga menurun seiring bertambahnya usia dan semakin berkurang akibat paparan sinar ultraviolet. Untuk itu, pilihlah BB cream yang memiliki kandungan kolagen untuk mendapatkan kulit kencang yang ideal.

Pilih yang memiliki fungsi perlindungan dari sinar UV

Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan mengakibatkan munculnya bintik-bintik hitam pada kulit. Oleh karena itu, pilihlah BB cream yang dilengkapi fungsi perlindungan dari sinar UV agar Anda tidak perlu menggunakan sunblock secara terpisah.

Pilih produk dengan kandungan non-kimia

Pilih produk dengan kandungan non-kimia

Secara umum terdapat dua jenis perlindungan terhadap sinar UV, atau yang juga disebut UV cut. Yang pertama adalah yang menyerap sinar ultraviolet dan yang kedua menyebarkannya. Tipe yang pertama melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menyerapnya kemudian mengubahnya menjadi panas dan melepaskannya dari kulit. Akan tetapi saat sinar UV ini diserap, terjadi perubahan kimia yang akan memberikan rangsangan pada kulit.

Oleh karena itu, pilihlah tipe yang tidak menggunakan zat untuk menyerap sinar UV atau yang tidak mengandung zat kimia untuk meminimalisasi rangsangan pada kulit.

Kandungan SPF30 · PA++ untuk penggunaan sehari-hari

Kandungan SPF 30 · PA ++ untuk penggunaan sehari-hari

SPF dan PA merupakan kandungan yang efektif untuk melindungi kulit dari sinar UV. Semakin tinggi nilai SPF dan makin banyak jumlah + pada PA suatu produk, semakin tinggi perlindungan yang diberikan dari sinar UV.  Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi efeknya, semakin besar pula beban yang diberikan pada kulit.

Bedakanlah pemakaiannya disesuaikan dengan aktivitas Anda, misalnya ketika berada di luar ruangan dalam waktu lama, atau saat melakukan kegiatan outdoor naik gunung. Sedangkan untuk pemakaian sehari-hari, SPF30/PA ++ dikatakan sudah cukup untuk memberikan perlindungan dari paparan sinar UV.

Pilih yang tidak mengandung zat aditif

Pilih yang tidak mengandung zat aditif

Ketika fungsi perlindungan kulit menurun akibat kulit kering, kulit cenderung menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih BB cream yang tidak mengandung zat aditif yang tidak diperlukan agar beban pada kulit bisa ditekan seminimal mungkin.

Misalnya kandungan parfum dan pewarna di dalam BB cream merupakan bahan yang tidak memiliki efek yang dibutuhkan bagi perawatan kulit Anda. Selain itu, hindari juga produk yang mengandung alkohol dalam jumlah banyak karena hal ini dapat menyebabkan kulit kering.

Saat ini sudah banyak beredar produk yang tidak menggunakan zat aditif dan ramah bagi kulit. Jadi, pastikan untuk memperhatikan poin ini dalam memilih BB cream yang Anda inginkan.

Menutupi keriput dan kulit kusam

Menutupi keriput dan kulit kusam

Melakukan perawatan kulit memang adalah hal yang penting. Akan tetapi, sebagian besar wanita pasti ingin menutupi keriput dan kulit kusam secara instan. Dengan memilih BB cream yang mampu memberikan level coverage tertentu dan dapat mengontrol warna kulit dengan efek pantulan cahaya yang dimiliki, Anda dapat menutupi kekurangan kulit wajah dan membuatnya terlihat lebih muda.

Karena kemampuan coverage dan kontrol warna ini berbeda-beda tergantung produsen masing-masing produk, Anda bisa mengecek efek coverage dari suatu produk dengan memperhatikan dekskripsinya. Saat ini cukup banyak BB cream yang memiliki coverage dan kontrol warna yang dapat membuat kulit Anda tampak cerah dan glowy atau matte. Pilihlah produk yang menurut Anda efektif dengan mempertimbangkan juga ulasan dari orang-orang yang sudah pernah menggunakannya.

Pilih harga yang sesuai dengan budget Anda

Pilih harga yang sesuai dengan budget Anda

Meskipun suatu produk BB cream memiliki review yang baik dan populer di kalangan usia 50-an, Anda tidak akan tahu apakah BB cream itu cocok dengan kulit Anda sebelum benar-benar menggunakannya sendiri. Tentunya Anda akan merasa kecewa jika BB cream yang Anda pilih ternyata tidak cocok dengan kulit Anda dan akhirnya tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, pertimbangkanlah juga untuk memilih produk dengan garansi uang kembali agar Anda bisa leluasa mencoba menggunakan suatu produk tanpa khawatir.

Selain itu, perhitungkan juga berapa banyak dana yang akan Anda habiskan dalam sebulan untuk membeli produk BB cream dan sesuaikan budget Anda dengan produk yang akan dipilih.

10 Rekomendasi BB cream terbaik untuk usia 50-an

Kami akan memperkenalkan BB cream yang direkomendasikan untuk kulit di usia 50-an dalam format ranking. Mari temukan BB cream yang sesuai dengan kulit Anda dan dapatkan kulit yang terlihat lebih muda.

10. Rimmel 9-in-1 Skin Perfecting Super Makeup BB cream

10. Rimmel 9-in-1 Skin Perfecting Super Makeup BB Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Melembapkan sampai 24 jam!

Salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terlihat lebih muda adalah menjaga kelembapan kulit. Rimmel 9-in-1 Skin Perfecting Super Makeup BB cream ini hadir dengan formula yang mampu melembapkan kulit sampai 24 jam! Tampilan kulit wajah menjadi lebih mulus dan terlihat lebih muda serta terjaga kelembapannya.

BB cream ini juga dapat menutupi kantung mata, bekas jerawat, garis halus pada kulit atau warna kulit yang tidak rata. Anda dapat memadukannya dengan bedak untuk makeup sehari-hari. Selain itu, BB cream ini dapat menutup pori-pori yang besar. Namun, perlu diperhatikan agar Anda memoleskannya dalam jumlah yang tepat agar tidak terlihat cakey di wajah.

9. Etude House Total Age Repair Wrinkle Reduce Royal BB cream

9. Etude House Total Age Repair Wrinkle Reduce Royal BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 300.000

Medium coverage dengan hasil dewy

Etude House Total Age Repair Wrinkle Reduce Royal BB cream hadir dengan formula anti keriput yang dapat meregenerasi kulit. Kandungan moisturizer di dalamnya dapat melembapkan kulit dengan baik dan tidak mudah cakey saat diaplikasikan. BB cream ini tidak mengandung paraben sehingga aman bagi kulit Anda.

Produk ini tesedia dalam dua shade, yaitu light beige dan natural beige. Varian light beige memberikan warna yang jauh lebih terang dibandingkan natural beige, tetapi keduanya sama-sama memberikan hasil akhir yang flawless dan dewy pada wajah. Selain itu, BB cream ini dapat menutupi kekurangan pada wajah Anda dengan kemampuan medium coverage sehingga riasan wajah akan terlihat natural.

8. Sarange Triple Crown SPF33 PA++ BB cream

8. Sarange Triple Crown SPF33 PA++ BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 251.500

High coverage dengan hasil akhir dewy

Dengan kandungan lima ekstrak bahan alami seperti allantoin, licorice, purslane, lactobacillus dan sanghwang mushroom, Sarange Triple Crown SPF33 PA++ BB Cream mampu meregenerasi kulit, mengurangi flek pada wajah, serta mengatasi iritasi dan peradangan pada wajah. Produk ini juga dapat menangkal racun dan radikal bebas serta berfungsi sebagai anti-aging yang cocok untuk Anda yang berusia 50-an.

BB cream ini memiliki high coverage yang mampu menutupi kekurangan kulit seperti kantung mata, keriput, warna kulit yang tidak merata, noda hitam atau kulit yang kusam. Hasil akhirnya terlihat dewy dan lembap, menjadikan kulit Anda lebih sehat, halus, dan cerah.

7. DEAR KLAIRS Illuminating Supple Blemish cream 40 PA++

7. DEAR KLAIRS Illuminating Supple Blemish Cream 40 PA++

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 399.000

Menghidrasi kulit dengan baik

Kulit di usia 50-an membutuhkan kelembapan yang maksimal agar tidak kering dan terhindar berbagai masalah kulit. DEAR KLAIRS Illuminating Supple Blemish cream 40 PA++ ini merupakan pilihan yang tepat karena memiliki fungsi menghindrasi kulit dengan baik khususnya untuk kulit kering dan kulit sensitif. Kulit akan terlihat lebih muda dan sehat setelah menggunakannya!

Formula hypoallergenic di dalam produk ini juga terbukti aman digunakan untuk kulit sensitif. BB cream ini dapat menutupi pori-pori besar dan juga kemerahan pada wajah Anda. Hasil akhirnya terlihat natural, tidak menempel pada bagian kulit yang kering atau mengelupas dan tidak cakey.

6. RENE CELL Placen BB cream

6. RENE CELL Placen BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 855.000

Menutrisi dan memperbaiki kulit yang rusak

Kemerahan pada kulit atau kulit iritasi sering dialami pada usia 50-an akibat kulit yang kering. Iritasi pada kulit tentunya membuat Anda sulit menggunakan makeup. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena RENE CELL Placen BB cream hadir untuk merias wajah Anda dengan sensasi sejuk dari kandungan bahan alami di dalamnya. Kulit akan menjadi lebih sehat dan bebas iritasi!

Formula bahan-bahan alami pada BB cream ini juga dapat menutrisi kulit dengan baik sekaligus menyamarkan noda dan garis halus pada kulit. Namun, produk ini tidak mengandung bahan untuk perlindungan dari sinar UV sehingga Anda harus menggunakan sunblock terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada wajah.

5. Smashbox Camera Ready BB cream SPF 35

5. Smashbox Camera Ready BB cream SPF 35

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 345.000

Hasil yang matte dan mengurangi keriput

Keriput pada wajah merupakan masalah utama pada kulit di usia 50-an. Untuk itu, Anda membutuhkan Smashbox Camera Ready BB cream SPF 35 ini yang dapat memberikan perawatan kulit dan makeup sekaligus dalam satu produk. Produk ini mengandung emollients, optical pearl pigments, dan anti-aging peptides yang dapat mengurangi garis-garis halus dan keriput pada wajah.

BB cream ini bisa memberikan hasil akhir riasan yang matte dan teksturnya juga tidak terasa lengket serta tidak cakey pada kulit. Warna yang dihasilkan pun terlihat natural. Selain itu, kandungan SPF 35 di dalamnya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV untuk kegiatan sehari-hari.

4. CLINIQUE Age Defense BB cream Broad Spectrum SPF 30

4. CLINIQUE Age Defense BB Cream Broad Spectrum SPF 30

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Perlindungan dari radikal bebas

Berbagai masalah kulit bisa timbul akibat radikal bebas atau polusi. Untuk mengatasi hal itu, CLINIQUE Age Defense BB cream Broad Spectrum SPF 30 bisa menjadi jawaban dengan kandungan antioksidannya yang sangat baik untuk kulit, serta perlindungan SPF 30 dari sinar matahari untuk pemakaian sehari-hari.

Dengan keunggulan well coverage yang dimilikinya, BB cream ini dapat menutupi kemerahan pada wajah, keriput dan garis halus pada kulit, serta bintik hitam. Namun, BB cream ini tidak dapat mengontrol minyak pada T-zone sehingga tidak terlalu disarankan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

3. Ruby-Cell 4U Total Solution BB cream

3. Ruby-Cell 4U Total Solution BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 600.000

BB cream yang mampu meregenerasi kulit

Regenerasi kulit sangat dibutuhkan di usia 50-an untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah dan lembap. Ruby-Cell 4U Total Solution BB cream ini bisa menjadi pilihan untuk dimasukkan dalam rangkaian makeup Anda karena kandungan stem-cell di dalamnya yang mampu memperbaiki sel kulit yang rusak, meningkatkan kolagen pada kulit, serta membuat kulit tampak sehat dan cerah.

Selain itu, BB cream ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Kandungan SPF25/PA++ di dalamnya akan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari dalam kegiatan sehari-hari. BB cream ini juga dapat menutupi noda hitam, garis halus, keriput atau bintik hitam pada wajah. Hasil akhirnya natural sehingga kulit wajah terlihat sehat dan lebih muda.

2. Dior Diorsnow BB creme White Reveal UV Protection SPF50

2. Dior Diorsnow BB Creme White Reveal UV Protection SPF50

Lihat produk ini di lazada

Harga : Rp 722.000

Perlindungan UV yang tahan lama

Sinar matahari yang menerpa dapat menyebabkan kulit kering dan menimbulkan masalah kulit lainnya seperti kemerahan atau bahkan bintik-bintik pada wajah. Untuk itu, Dior Diorsnow BB Creme White Reveal UV Protection SPF50 hadir sebagai makeup yang tepat untuk digunakan secara harian Anda guna melembapkan, melindungi kulit dari sinar UV, serta dapat bertahan hingga 12 jam!

BB cream ini memiliki tekstur creamy yang tidak lengket dan tidak berminyak sehingga sangat mudah untuk diaplikasikan pada kulit wajah. Selain itu, BB cream ini dapat mengontrol sebum untuk mencegah munculnya jerawat. Kulit akan terlihat mulus dan lebih segar!

1. Kiehl’s Actively Correcting & Beautifying BB Cream SPF50 PA+++

1. Kiehl's Actively Correcting & Beautifying BB Cream SPF 50 PA+++

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 950.000

Mengoreksi dan meratakan warna kulit

Jika Anda mendambakan makeup dengan fungsi mengoreksi dan meratakan warna kulit sekaligus, Kiehl’s Actively Correcting & Beautifying BB cream SPF50 PA+++ dapat menjadi solusi terbaik! Dengan kandungan SPF50 PA+++BB cream ini mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV bahkan untuk kegiatan yang banyak dilakukan di luar ruangan sekalipun.

BB cream ini aman bagi semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Produk ini bebas paraben sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan risiko dampak buruk pada kulit. Teksturnya thick creamy, tapi mudah diaplikasikan secara merata pada kulit. Pori-pori kulit akan tertutup dengan baik dan memberikan hasil kulit yang terlihat mulus dan lebih muda.

Kesimpulan

BB cream yang memiliki kandungan foundation, UV cut dan moisturizer sekaligus adalah produk yang sangat direkomendasikan, termasuk untuk kulit pada usia 50-an di mana berbagai tanda penuaan mulai muncul. Mari temukan BB cream yang tepat untuk usia 50-an dan dapatkan kulit yang sehat dan terlihat awet muda, bebas kusam dan tanpa keriput!