10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2018)

Pada usia 50-an, biasanya kulit wajah mulai mengalami berbagai masalah, seperti keriput, bintik hitam, kulit kering, dan lainnya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, BB cream solusinya! BB cream merupakan produk yang mampu memberikan efek perawatan kecantikan, berfungsi sebagai concealer, dan memberikan perlindungan dari sinar UV.

Namun, bagaimana caranya memilih BB cream yang tepat untuk usia 50-an? Jika Anda belum tahu, kami telah menyiapkan pembahasan serta rekomendasi BB cream terbaik untuk Anda. Produk-produk terbaik dari Klairs, Etude House, dan Clinique dapat Anda temukan di sana. Yuk, kita simak bersama!

Daftar isi

Bagaimana kondisi kulit pada usia 50-an?

Banyak orang memasuki masa menopause pada usia 50-an yang mengakibatkan menurunnya hormon kewanitaan sehingga kulit wajah mengalami berbagai perubahan. Pertama, mari kita lihat masalah kulit seperti apa yang biasa terjadi pada usia 50-an.

Kulit menjadi kering akibat turunnya kadar ceramide

Kulit menjadi kering akibat turunnya kadar ceramide

Kelembapan kulit semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar ceramide yang merupakan komponen pelembap pada kulit sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit.

Ceramide tidak hanya melembapkan, tetapi juga berfungsi menghubungkan satu sel dan sel lainnya. Oleh karena itu, saat kadar ceramide pada kulit menurun, fungsi perlindungan kulit pun berkurang dan menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap rangsangan dari luar.

Selain itu, karena kelembapan kulit menurun, produksi sebum meningkat dan menyebabkan kulit menjadi terlalu berminyak. Untuk Anda yang mengalami hal ini pada usia 50-an, sebenarnya ini bukan disebabkan oleh kulit berminyak, melainkan karena kulit kering yang berkelanjutan.

Kulit keriput dan kendur karena kandungan kolagen yang menurun

Kulit keriput dan kendur karena kandungan kolagen yang menurun

Keriput di wajah bisa terjadi akibat kulit kering. Namun, sebenarnya penyebab utamanya adalah berkurangnya kadar kolagen. Kolagen yang ada di dalam kulit berfungsi memberikan kelembapan serta menjaga agar kulit tetap kencang elastis. Akan tetapi, kandungan kolagen berkurang seiring bertambahnya usia yang menyebabkan kendurnya kulit.

Untuk sebagian orang, kolagen yang menipis juga dapat menyebabkan garis-garis halus di wajah dan pori-pori yang membesar. Selain itu, ketika sinar ultraviolet mengenai kulit sampai ke lapisan epidermis, hal tersebut dapat menyebabkan penurunan kolagen dan mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, kulit menjadi lebih kendur dan keriput.

Kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet

Kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet

Pigmen melanin muncul dari hasil pertahanan kulit terhadap sinar ultraviolet. Biasanya pigmen melanin ini akan disekresikan melalui proses regenerasi kulit. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, proses regenerasi kulit ini biasanya semakin melambat sehingga pigmen melanin terakumulasi lebih banyak. Apabila kadarnya melebihi jumlah tertentu, akan muncul berbagai masalah kulit seperti bintik-bintik hitam di wajah.

Cara memilih BB cream terbaik untuk usia 50-an

Selanjutnya, kami menjelaskan tips cara memilih BB cream yang direkomendasikan untuk usia 50-an. Mari pilih BB cream yang mengandung bahan yang dibutuhkan untuk kulit usia 50-an dan mampu menutupi masalah kulit Anda.

Pilih BB cream yang dilengkapi kandungan pelembap

Bagi Anda yang berusia 50-an dan mengalami masalah kulit kering, keriput, dan kendur, salah satu hal penting untuk diperhatikan saat memilih BB cream adalah kandungan pelembapnya. Selain formula untuk menutupi masalah kulit, Anda harus memastikan bahwa kelembapan kulit selalu terjaga.

BB cream dengan kandungan ceramide penting untuk kelembapan kulit

BB cream dengan kandungan ceramide penting untuk kelembapan kulit

Sekitar 40% bahan pelembap kulit berasal dari ceramide. Kandungan ceramide pada kulit biasanya menurun seiring bertambahnya usia. Dengan memilih BB cream yang mengandung ceramide, Anda dapat memberikan kelembapan pada kulit dan mengembalikan fungsi perlindungan kulit.

Pilih produk dengan kandungan asam hyaluronic sebagai bahan pelembap lainnya

Pilih produk dengan kandungan asam hyaluronic sebagai bahan pelembap lainnya

Asam hyaluronic dikenal sebagai salah satu zat dengan kemampuan melembapkan yang sangat tinggi karena 1 gram asam hyaluronic mampu mempertahankan kandungan 6 liter air. Sebenarnya kandungan asam hyaluronic ini ada di dalam lapisan kulit kita. Akan tetapi, jumlahnya mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, kandungan asam hyaluronic dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kulit kering.

Untuk mengencangkan kulit, pilih BB cream dengan kandungan kolagen

Untuk mengencangkan kulit, pilih BB cream dengan kandungan kolagen

Kolagen merupakan bagian penting pada kulit yang berfungsi memberikan elastisitas dan mengencangkan kulit. Kadar kolagen ini juga menurun seiring bertambahnya usia dan semakin berkurang akibat paparan sinar ultraviolet. Untuk itu, pilihlah BB cream yang memiliki kandungan kolagen agar elastisitas kulit terjaga.

Pilih BB cream yang memiliki UV protector

Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan mengakibatkan munculnya bintik-bintik hitam. Oleh karena itu, pilihlah BB cream yang dilengkapi fungsi perlindungan dari sinar UV agar Anda tidak perlu menggunakan sunblock secara terpisah.

Produk tanpa kandungan kimia dapat mengurangi risiko iritasi

Produk tanpa kandungan kimia dapat mengurangi risiko iritasi

Secara umum, terdapat dua jenis perlindungan terhadap sinar UV. Yang pertama adalah yang menyerap sinar ultraviolet dan yang kedua menyebarkannya. Tipe yang pertama melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menyerapnya, kemudian mengubahnya menjadi panas dan melepaskannya dari kulit.

Akan tetapi, saat sinar UV ini diserap, terjadi perubahan kimia yang akan memberikan rangsangan pada kulit. Oleh karena itu, pilihlah produk yang tidak mengandung zat kimia untuk meminimalkan rangsangan terhadap kulit yang dapat menyebabkan iritasi.

BB cream dengan kandungan SPF 30 dan PA++ dapat menjadi pilihan sehari-hari

BB cream dengan kandungan SPF 30 dan PA++ dapat menjadi pilihan sehari-hari

SPF dan PA merupakan kandungan yang efektif untuk melindungi kulit dari sinar UV. Semakin tinggi nilai SPF dan makin banyak jumlah “+” pada PA suatu produk, semakin tinggi pula perlindungan yang diberikan. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi efeknya, akan semakin besar pula beban yang diberikan pada kulit.

Produk dengan kandungan SPF dan PA yang tinggi cocok untuk digunakan ketika berada di luar ruangan dalam waktu lama atau saat travelling. Namun untuk pemakaian sehari-hari, formula SPF 30 dan PA ++ dikatakan sudah cukup untuk memberikan perlindungan dari paparan sinar UV.

Bagi pemilik kulit sensitif, pilih BB cream yang tidak mengandung zat aditif

Bagi pemilik kulit sensitif, pilih BB cream yang tidak mengandung zat aditif

Ketika fungsi perlindungan kulit menurun, kulit cenderung menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih BB cream tanpa zat aditif yang tidak diperlukan agar beban terhadap kulit bisa ditekan seminimal mungkin.

Contohnya adalah kandungan pewangi dan pewarna yang tidak memiliki efek penting bagi perawatan kulit Anda. Selain itu, hindari juga produk yang mengandung alkohol dalam jumlah besar karena hal ini dapat menyebabkan kulit kering. Saat ini, sudah banyak beredar produk yang tidak menggunakan zat aditif dan ramah bagi kulit. Anda mungkin dapat memperhitungkan produk tersebut.

Pilih BB cream yang mampu menutupi berbagai masalah kulit

Pilih BB cream yang mampu menutupi berbagai masalah kulit

Melakukan perawatan kulit memang adalah hal yang penting. Akan tetapi, sebagian besar wanita pasti ingin menutupi keriput dan kulit kusam secara instan. Dengan memilih BB cream yang mampu memberikan coverage tinggi dan berkemampuan menyamarkan kulit kusam, Anda dapat menutupi kekurangan kulit wajah dan membuatnya terlihat lebih muda.

Karena kemampuan coverage-nya berbeda-beda tergantung produsen masing-masing produk, Anda bisa mengecek efek coverage dari suatu produk dengan membaca deskripsinya. Saat ini, cukup banyak BB cream yang memiliki daya coverage dan efek tertentu yang dapat membuat kulit Anda tampak cerah atau glowy. Pilihlah produk yang menurut Anda efektif dengan mempertimbangkan review dari orang-orang yang sudah pernah menggunakannya.

Tentukan pilihan sesuai budget yang Anda siapkan

Tentukan pilihan sesuai budget yang Anda siapkan

Meskipun suatu produk BB cream memiliki review yang baik, Anda tidak akan tahu apakah BB cream itu cocok dengan kulit Anda sebelum benar-benar menggunakannya. Tentunya Anda akan merasa kecewa jika BB cream yang Anda pilih ternyata tidak cocok dengan kulit dan akhirnya tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, Anda dapat memilih produk dengan mencoba ukuran kecil terlebih dahulu.

Anda dapat mengecek harga produk sebelum membeli karena terkadang ada penawaran harga yang lebih murah. Selain itu, perhitungkan juga berapa banyak dana yang akan Anda habiskan dalam sebulan jika menggunakan produk BB cream tersebut.

10 Rekomendasi BB cream terbaik untuk usia 50-an

Setelah mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih BB cream, Anda bisa mulai memilih produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini telah kami siapkan sepuluh BB cream terbaik untuk usia 50-an yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

10. Garnier BB Cream Miracle Skin Perfector

10. Garnier BB Cream Miracle Skin Perfector

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 28.900

Light coverage menjadikan Anda terlihat seperti tanpa base makeup 

Jika Anda bermasalah dengan kulit kusam, tidak ada salahnya mencoba produk ini. Garnier BB Cream Miracle Skin Perfector diperkaya dengan sari lemon yang membuat wajah Anda tampak lebih cerah. Dengan light coverage, BB cream ini membuat hasil akhir riasan wajah Anda terlihat seperti kulit asli dengan warna kulit yang merata.

Isi 18 ml
Kandungan pelembap Hyaluronic acid dan glycerin 
UV protector SPF 21, PA++
Pilihan warna Satu shade

9. Etude House T.A.R. Wrinkle Reduce Royal BB Cream

9. Etude House T.A.R. Wrinkle Reduce Royal BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 300.000

SPF 45 dan PA+++ siap melindungi kulit Anda saat outdoor travelling

T.A.R. Wrinkle Reduce Royal BB Cream hadir dengan formula antikeriput yang dapat meregenerasi kulit. Oleh sebab itu, produk ini cocok untuk Anda yang bermasalah dengan garis-garis halus. Selain itu, kandungan SPF dalam BB cream ini juga cocok digunakan saat bepergian ke luar rumah.

Isi 50 gram
Kandungan pelembap Tidak disebutkan
UV protector SPF 45, PA+++
Pilihan warna Dua shades

8. Gaeyo Sarange Triple Crown BB

8. Gaeyo Sarange Triple Crown BB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 349.900

Anda bermasalah dengan kulit kemerahan akibat iritasi? Pilih BB cream ini!

Kulit yang meradang dan kemerahan juga menjadi salah satu masalah kulit di usia 50-an. Untuk itu, kami rekomendasikan produk ini yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Finish BB cream yang terlihat natural menjadikan kulit Anda tampak lebih halus, serta kandungan whitening-nya akan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Isi 50 ml
Kandungan pelembap Tidak disebutkan
UV protector SPF 33, PA+++
Pilihan warna Satu shade

7. Wishcompany Klairs Illuminating Supple Blemish Cream

7. Wishcompany Klairs Illuminating Supple Blemish Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 350.000

Dengan formula yang unik, produk ini pas untuk semua warna kulit!

Bagi sebagian orang, menemukan base makeup yang pas dengan warna kulit adalah hal sulit. Jika Anda yang mengalami hal tersebut, kami merekomendasikan produk ini. BB cream dari Klairs memiliki formula unik yang menghasilkan translucent finish sehingga pas untuk semua warna kulit.

Anda yang masih aktif bekerja dan sering terkena paparan sinar matahari juga tidak perlu khawatir karena BB cream ini dilengkapi kandungan UV protector yang tinggi. Formula hypoallergenic di dalam produk ini juga aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Isi 40 ml
Kandungan pelembap Niacinamide
UV protector SPF 40, PA++
Pilihan warna Satu shade

6. Coty Rimmel BB Cream

6. Coty Rimmel BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 80.000

Melembapkan kulit hingga 24  jam!

Salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terlihat lebih muda adalah menjaga kelembapan kulit. Untuk itu, kami rekomendasikan Rimmel BB cream yang mampu melembapkan kulit hingga 24 jam bagi pemilik kulit kering. Selain itu, formulanya juga long-lasting dan transferproof sehingga tidak mudah luntur.

Isi 30 ml
Kandungan pelembap Tidak disebutkan
UV protector SPF 15 dan UVB filters
Pilihan warna Tiga shades

5. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

5. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 125.000

Merias diri jadi lebih cepat dan praktis

Untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merias diri, BB cream berbentuk cushion pilihannya! BB cushion ini memiliki dewy finish yang akan membuat kulit Anda terlihat lebih bercahaya. Jojoba oil dan olive oil berperan sebagai kandungan pelembap yang akan mencegah kulit usia 50-an Anda dari kekeringan.

Isi 15 gram
Kandungan pelembap Jojoba oil dan olive oil
UV protector SPF 23, PA++
Pilihan warna Tiga shades

4. Clinique Age Defense BB Cream Broad Spectrum SPF 30

4. Clinique Age Defense BB Cream Broad Spectrum SPF 30

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 516.000

Lebih aman dengan formula tanpa bahan kimia berbahaya

BB cream ini dibuat tanpa kandungan paraben, pewangi, dan phthalates sehingga tidak memicu alergi. Dengan semi-matte finish, produk ini juga menawarkan medium to full coverage. Jadi, berbagai masalah di wajah Anda pada usia 50-an dapat tertutupi.

Isi 40 ml
Kandungan pelembap Tidak disebutkan
UV protector SPF 30
Pilihan warna Empat shades

3. Coson 3. Ruby-Cell 4U Total Solution Plus BB Cream

3. Coson 3. Ruby-Cell 4U Total Solution Plus BB Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 600.000

Untuk Anda yang mencari BB cream dengan high coverage

Ruby-Cell 4U Total Solution Plus BB Cream mengandung stem-cell yang mampu memperbaiki sel kulit yang rusak, meningkatkan kolagen, serta membuat kulit tampak sehat dan cerah pada usia 50-an.

Bagi Anda yang mencari BB cream dengan high coverage, produk ini adalah jawabannya! Selain mendapatkan kulit sehalus porcelain, kelembapan tetap akan Anda dapatkan dari berbagai kandungan pelembap dalam formulanya.

Isi 50 gram
Kandungan pelembap Evening primrose oilshea butter, dan aloe vera extract
UV protector SPF 25, PA++
Pilihan warna Satu shade

2. Missha M Perfect Cover BB Cream SPF 42 PA+++

2. Missha M Perfect Cover BB Cream SPF 42 PA+++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 175.000

Untuk kulit yang terlihat cantik dan kenyal setiap hari

BB cream ini cocok digunakan untuk aktivitas harian di luar rumah karena menawarkan natural finish plus memiliki kandungan tabir surya yang tinggi. Teksturnya yang ringan akan membuat kulit Anda terlihat lebih sehat, terhidrasi, dan tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

Selain itu, Missha M Perfect Cover BB Cream memiliki kandungan yang mampu membuat kulit Anda terlihat lebih cerah. Tidak hanya itu, masalah kulit kemerahan, keriput, bintik hitam, dan masalah kulit lainnya pada usia 50-an dijamin tersamarkan dengan menggunakan produk ini.

Isi 50 ml
Kandungan pelembap Ceramide, hyaluronic acid, dan gatuline RC
UV protector SPF 42, PA+++
Pilihan warna Enam shades

1. Khiel’s BB Cream – Actively Correcting and Beautifying with SPF 50 PA+++

1. Khiel's BB Cream - Actively Correcting and Beautifying with SPF 50 PA+++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 469.900

Mengoreksi dan meratakan warna kulit secara instan

Jika Anda mendambakan makeup dengan fungsi mengoreksi dan meratakan warna kulit sekaligus, BB cream ini dapat menjadi solusi terbaik. Formulanya sudah lulus dermatologist dan allergy tested sehingga cocok untuk pemilik kulit sensitif.

Teksturnya yang lembut creamy membuat produk ini mudah diaplikasikan. Selain itu, kulit Anda juga akan mendapat asupan nutrisi melalui kandungan vitamin C. Kulit Anda pada usia 50-an juga dijamin terlihat lebih halus dengan pori-pori besar dan imperfections yang tersamarkan.

Isi 40 ml
Kandungan pelembap Glycerin
UV protector SPF 50, PA+++
Pilihan warna Empat shades

Baca juga rekomendasi foundation terbaik untuk usia 50-an di sini!

BB cream memang dikenal lebih ringan dan memiliki coverage lebih rendah dibandingkan foundation. Namun, jika Anda membutuhkan referensi mengenai foundation terbaik untuk usia 50-an, kami juga telah menyiapkan artikel terkait untuk Anda. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

BB cream yang memiliki kandungan pelembap sekaligus mampu menutupi berbagai masalah kulit adalah produk yang direkomendasikan untuk usia 50-an. Namun, ada poin penting lain yang harus Anda perhatikan seperti yang sudah kami bahas di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sehingga Anda dapat menemukan BB cream yang tepat agar tidak ada lagi kulit yang terlihat kusam dan dipenuhi garis-garis halus.