10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Menjaga kebersihan toilet adalah pekerjaan yang wajib Anda lakukan agar kenyamanan di dalam rumah tetap terjaga. Toilet yang bersih juga akan menghindarkan keluarga Anda dari kuman penyakit. Oleh karena itu, Anda wajib adanya memiliki sikat untuk membersihkan toilet. Kini telah tersedia sikat toilet dengan variasi bentuk dan kegunaan yang berbeda. Bahkan sudah ada juga sikat toilet sekali pakai.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis sikat toilet dan bagaimana cara memilih sikat toilet yang cocok untuk rumah Anda. Setelah Anda mengerti bagaimana cara memilihnya, simak juga ulasan rekomendasi produk yang kami berikan. Selamat membaca !

Daftar isi

Cara memilih sikat toilet

Pertama-tama, kami akan membahas bagaimana cara memilih sikat toilet yang baik dan sesuai kebutuhan Anda.

Pilih yang dapat menjangkau bagian dalam toilet

Pilih yang dapat menjangkau bagian dalam toilet

Bagian toilet yang paling sulit dibersihkan adalah bagian lubang dalam toilet. Seringkali kotoran menempel dan sulit dibersihkan. Jika tidak dibersihkan secara rutin, biasanya akan timbul kerak kotoran sehingga butuh energi ekstra untuk membersihkannya. Selain bagian dalam toilet, kebersihan bagian lain dari toilet juga perlu diperhatikan. Misalnya pada sisi atas dekat tempat duduk kloset, kerak kotoran juga sering timbul pada bagian ini.

Kotoran yang tidak dibersihkan dan area toilet yang lembap dapat menyebabkan timbulnya bau tak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan penghuni rumah maupun tamu yang datang. Untuk memastikan toilet Anda selalu bersih, pilihlah sikat toilet yang dapat menjangkau dan membersihkan bagian dalam toilet. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih sikat toilet multifungsi yang dapat membersihkan bagian toilet secara keseluruhan.

Memilih tipe sikat

Bagian sikat pada sikat toilet terbagi atas 2 tipe yaitu sikat yang menggunakan bulu-bulu plastik/sintetis dan sikat yang menggunakan spons. Berikut ini kami akan memperkenalkan masing-masing tipe sikat beserta kelebihan dan kekurangannya.

Sikat bulu plastik yang mudah digunakan

Sikat bulu plastik yang mudah digunakan

Sikat jenis ini cenderung lebih mudah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada toilet. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk menggosok bagian toilet jika menggunakan sikat ini. Sikat dengan ukuran bulu yang besar dan lebar, mampu menjangkau area yang lebih luas sehingga bisa menghemat waktu dalam membersihkan toilet. Sikat jenis ini pun dapat disimpan dan digunakan kembali.

Terkadang produsen memadukan bulu sikat keras dan lembut dalam satu produk. Meskipun dapat membersihkan kotoran dengan ekstra, perpaduan bulu sikat keras dan lembut ini membuat sikat lebih sulit untuk dikeringkan setelah pemakaian.

Sikat spons menggosok dan membersihkan lebih cepat

Sikat spons menggosok dan membersihkan lebih cepat

Kelebihan dari sikat jenis spons ini adalah mudah untuk mengusap dan membersihkan kotoran yang belum berkerak. Jika kotorannya masih termasuk ringan, Anda cukup menggosoknya tanpa perlu menggunakan sabun pembersih toilet. Dibandingkan dengan sikat tipe bulu, sikat spons ini tidak akan menimbulkan percikan air pada saat digunakan.

Hanya saja, sikat spons ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya yakni noda kotoran sulit hilang jika menempel di spons. Anda juga harus menjaga spons ini tetap kering agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Pastikan Anda mengeringkan spons setelah pemakaian.

Memilih gagang sikat sesuai kebutuhan

Memilih gagang sikat sesuai kebutuhan

Gagang sikat toilet memiliki panjang dan bentuk yang bervariasi. Menggunakan gagang sikat pendek akan memudahkan Anda dalam mengatur gerak sikat tersebut, namun Anda berisiko terkena kotoran lebih banyak. Untuk itu Anda memerlukan sarung tangan setiap kali membersihkan toilet dengan sikat jenis ini. Sedangkan gagang sikat yang panjang dapat dengan mudah menjangkau seluruh bagian toilet. Namun Anda memerlukan energi dan waktu lebih lama untuk membersihkan kotoran dengan sikat jenis ini.

Sebelum memutuskan gagang sikat jenis apa yang akan Anda pilih, sebaiknya cek dahulu bentuk toilet di rumah Anda. Pilihlah yang paling pas dan paling nyaman untuk Anda gunakan.

Pilih yang tahan lama dan ekonomis

Tentunya fungsi dan kegunaan sikat juga perlu menjadi pertimbangan. Simak penjelasannya dibawah ini. 

Pilih produk berkualitas untuk penggunaan jangka panjang

Pilih produk berkualitas untuk penggunaan jangka panjang

Kalau Anda ingin memiliki sikat toilet untuk jangka waktu lama, pilihlah sikat toilet yang multifungsi. Pastikan juga Anda memilih sikat dengan kualitas yang bagus.  Tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan sikat biasa, namun sebanding dengan kualitas dan ketahanan produknya.

Pilih sikat toilet yang ekonomis

Pilih sikat toilet yang ekonomis

Jika Anda tipe orang yang secara rutin mengganti sikat toilet secara berkala, maka sebaiknya Anda memilih produk yang harganya lebih ekonomis. Perhitungkan intensitas Anda mencuci toilet dalam setahun dan sesuaikanlah biaya yang akan dikeluarkan.

Anda mungkin juga dapat mempertimbangkan untuk membeli sikat toilet dengan jenis gagang dan kepala sikat terpisah. Sehingga Anda hanya perlu mengganti bagian kepala sikat secara rutin.

Sikat sekali pakai

Sikat sekali pakai

Sikat sekali pakai memang terlihat praktis digunakan. Jika memilih menggunakan sikat pembersih sekali pakai, maka Anda perlu mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan.

Sikat sekali pakai tentu tidak cocok untuk Anda yang ingin berhemat. Biaya yang dikeluarkan tentu lebih besar karena frekuensi pembelian dan penggunaan yang lebih sering.

Pilih yang memiliki tempat penyimpanan

Saat membeli sikat toilet, pertimbangkanlah untuk membeli sikat yang memiliki tempat penyimpanan. Desain yang menarik dan higienis dapat menjadi pilihan Anda.

Pilih tempat penyimpan dengan posisi sikat menggantung

Pilih tempat penyimpan dengan posisi sikat menggantung

Simpan sikat dalam posisi menggantung, hindari posisi sikat menyentuh bagian bawah tempat penyimpanan. Seringkali pada bagian bawah penyimpanan, ada air yang mengenang dan menjadi tempat berkumpul kuman. Untuk menjaga kebersihannya, cuci sikat secara teratur. Jangan lupa untuk mengeringkan bagian wadah penyimpanan.

Pilih tempat penyimpanan yang praktis

Pilih tempat penyimpanan yang praktis

Penyimpanan yang praktis akan memudahkan Anda untuk mengambil dan menyimpannya kembali. Pastikan tempat penyimpanan bisa menjaga sikat tetap kering dan bersih. Saat ini sikat dengan berbagai model tempat penyimpanan tersedia di pasaran. Pilihlah yang paling praktis dan sesuai untuk Anda gunakan.

Pilih desain dan ukuran yang sesuai dengan interior toilet

 Pilih desain dan ukuran yang sesuai dengan interior toilet

Rata-rata area toilet berukuran kecil. Pilih yang simpel dan mudah disimpan dalam ruang sempit toilet. Sebagai nilai tambah, pilih desain yang senada dengan interior toilet agar tetap indah dilihat.

10 Rekomendasi sikat toilet terbaik

Dibawah ini kami akan memperkenalkan dan merekomendasi 10 sikat toilet terbaik. Pilihlah model, fungsi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk kita simak !

10. Sikat Pembersih Toilet Gagang Melengkung

10. Sikat Pembersih Toilet Gagang Melengkung

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 16.000

Mudah membersihkan bagian bawah dudukan toilet

Produk ini pas untuk Anda yang membutuhkan sikat pembersih khusus untuk membersihkan bagian bawah dudukan toilet. Dapat dipakai berulang kali dengan harga yang cukup ekonomis. Bentuk gagang yang melengkung akan memudahkan Anda menjangkau bagian lipatan.

Untuk menggunakan produk ini, mungkin Anda memerlukan sarung tangan. Karena bentuk gagang yang tidak terlalu panjang, dapat membuat tangan Anda terciprat air. Bulu sikat yang tidak terlalu lebar akan membuat Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan toilet. Bagi Anda yang sering kesulitan saat membersihkan bagian bawah dudukan toilet, cobalah produk ini!

9. Vakind Sikat Gagang Panjang

9. Vakind Sikat Gagang Panjang

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 40.000

Menggosok paling bersih

Bentuknya yang unik bisa digunakan untuk membersihkan lubang toilet maupun bagian lipatan atas toilet. Perpaduan bahan spons dan kain ini bisa membersihkan toilet dengan mudah dan cepat bersih.

Untuk menjaganya tetap awet dan tidak berbau, pastikan selalu keringkan bagian spons setelah penggunaan. Direkomendasikan untuk Anda yang ingin membersihkan toilet dengan mudah dan cepat.

8. Ikea Bolmen Sikat Pembersih Toilet

8. Ikea Bolmen Sikat Pembersih Toilet

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp. 15.300

Simpel, ekonomis dan elegan

Keunggulan produk keluaran Ikea ini adalah tampilannya yang simpel minimalis namun terlihat elegan. Bulu kepala sikat berbentuk bulat tebal dengan gagang panjang dapat dengan mudah menjangkau bagian lubang toilet. Harganya juga cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk membeli produk ini.

Material bulu sikat dari plastik membuatnya mudah dibersihkan. Cukup cuci bulu sikat dan keringkan setelah pemakaian. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan sikat toilet dengan desain elegan, harga murah dan tahan lama.

7. Sikat Toilet Bulat Pegangan Anti Slip

7. Sikat Toilet Bulat Pegangan Anti Slip 

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp. 42.000

Gagang anti slip nyaman digunakan

Produk ini memiliki 2 keungulan utama. Pertama, bentuk bulu sikat bulat dan gagang yang panjang mudah menjangkau dan membersihkan bagian dalam lubang toilet. Kedua, pada bagian gagang pegangan terdapat karet anti slip yang membuat gagang tidak licin saat digunakan. Tentunya menambah kenyamanan Anda saat membersihkan.

Jangan lupa untuk selalu mencuci kepala sikat setelah digunakan. Sikat toilet ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan. Pastikan bagian bawah penyimpanan selalu kering untuk menjaga tetap higienis. Produk ini cocok untuk Anda yang mengedepankan kenyamanan saat membersihkan toilet! Jangan sampai sikat toilet Anda slip dan malah tercebur ke dalam kloset.

6. Ikea Enudden Sikat Toilet 

6. Ikea Enudden Sikat Toilet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 54.900

Bulu sikat dapat dilepas dan diganti

Produk ini dapat dibongkar pasang pada bagian kepala sikat. Jika kepala sikat rusak, Anda hanya perlu melepasnya dan menggantinya dengan yang baru tanpa harus membeli gagang dan tempat penyimpanannya lagi. Sungguh praktis bukan?

Bentuknya yang ramping, mudah disimpan di sudut toilet. Desain tempat penyimpanan yang tertutup membuatnya terlihat rapi ketika diletakan di toilet Anda. Tampilannya cocok untuk interior toilet yang minimalis. Untuk Anda anak kosan yang memiliki toilet minimalis, belilah produk ini!

5. Pumie Sikat Pembersih Kerak

5. Pumie Sikat Pembersih Kerak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 174.000

Penghilang kerak membandel pada toilet

Toilet Anda berkerak susah dibersihkan? Produk Pumie ini khusus untuk membersih kerak yang melekat keras pada toilet. Anda tidak perlu menggunakan sabun khusus penghilang kerak toilet, cukup gunakan sikat ini dan gosokan saja pada bagian yang berkerak.

Produk ini aman untuk toilet dan tidak akan meninggalkan goresan pada permukaan toilet Anda. Tidak perlu khawatir toilet Anda rusak karena digosok dengan sikat ini. Untuk menggunakan produk ini, Anda mungkin memerlukan sarung tangan karena bentuk gagang sikat yang pendek.

4. Sikat Multifungsi Gagang Panjang

4. Sikat Multifungsi Gagang Panjang

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp. 65.500

Multifungsi dan ekonomis

Keunggulan sikat multifungsi ini terletak pada bentuk kepala sikatnya. Produk ini memiliki 2 fungsi pada bagian kepala sikat. Pertama untuk membersihkan bagian dalam lubang toilet. Kedua, bulu sikat bagian atas dapat membersihkan lipatan toilet dekat daerah dudukan.

Harga yang ekonomis, material yang tahan lama dan kegunaannya membuat sikat model ini diminati konsumen. Cocok untuk anda yang mencari 1 jenis sikat untuk membersihkan seluruh bagian toilet. Tunggu apalagi? Segera beli produk ini agar toilet rumah Anda tetap bersih dan nyaman digunakan sehari-hari.

3. Sikat Toilet Lengkung Plus Cermin

3. Sikat Toilet Lengkung Plus Cermin

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: 18.800

Praktis membersihkan bagian lipatan toilet

Sekalipun Anda sudah membersihkan toilet setiap hari, lipatan toilet dan bagian toilet yang tidak terlihat adalah bagian yang paling sering terlupakan dan timbul kerak. Produk ini dapat dengan mudah menjangkau bagian toilet yang tidak terlihat mata Anda. Salah satunya bagian atas lubang toilet.  

Cermin menambah nilai plus pada produk ini. Anda dapat otomatis melihat apakah kerak sudah hilang pada saat dibersihkan. Direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah kerak toilet didaerah toilet yang tidak terlihat dan kesulitan untuk memastikan apakah bagian tersebut sudah bersih atau belum.

2. Ikea Mjosa Sikat Toilet Set 

2. Ikea Mjosa Sikat Toilet Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 147.000

Elegan dan tahan lama

Untuk Anda yang mencari sikat toilet dengan desain yang elegan dan senada dengan interior toilet Anda, kami merekomendasikan produk ini. Desainnya yang ramping dan warna yang cantik bisa mempercantik toilet Anda. Bagian kepala sikat toilet dapat dilepas dari gagangnya dan diganti baru jika mulai usang.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun sebanding dengan kualitasnya yang tahan lama dan desainnya yang cantik. Anda bisa memilih warnanya sesuai dengan interior toilet Anda. Tawaran yang menarik bukan, yuk segera dapatkan produk ini sebelum kehabisan!

1. 3M Scotch Brite Sikat Toilet Set 

1. 3M Scotch Brite Sikat Toilet Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 96.000

Praktis dengan fungsi terlengkap

Produk ini memiliki keunggulan fungsi terlengkap. Kepala sikatnya memiliki 2 fungsi yaitu kepala sikat bulat untuk membersihkan lubang dalam toilet dan kepala sikat bagian atas untuk membersihkan bagian lipatan dekat dudukan toilet.

Gagang toilet yang panjang mampu menjangkau setiap bagian dengan mudah termasuk lubang toilet dalam. ​​Gagang sikat dilengkapi dengan karet untuk mencegah anti slip dan tidak licin saat digengam ataupun basah karena air. Satu paket komplit dalam satu produk. Cocok untuk Anda Ibu rumah tangga yang memprioritaskan higienisitas tempat tinggal keluarga. Home sweet home!

Kapankah waktu yang pas untuk membersihkan toilet?

Untuk menjaga toilet tetap bersih, Anda perlu membersihkan toilet secara rutin. Kami anjurkan Anda membersihkannya setiap hari. Berikut ini, kami akan menjelaskan waktu yang paling pas untuk membersihkan toilet Anda.

Sekalipun toilet Anda terlihat bersih, tetap bersihkan setiap hari

Sekalipun toilet Anda terlihat bersih, tetap bersihkan setiap hari

Toilet merupakan area yang paling sering digunakan setiap hari dirumah Anda. Karenanya, area toilet jadi mudah kotor. Jika tidak sering dibersihkan, maka kotoran dapat menumpuk dan menjadi kerak. Akibatnya, Anda akan semakin sulit membersihkan toilet dan butuh waktu lebih lama ketika membersihkannya.

Karena itu, kami sarankan Anda membersihkan dan menyikat toilet dirumah Anda setiap hari. Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk menyikat toilet. Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih jamur. Jadi sempatkanlah untuk menyikat toilet Anda sekali dalam sehari untuk meringankan pekerjaan Anda.

Bersihkan seluruh area toilet 1-2 kali dalam sebulan

Bersihkan seluruh area toilet 1-2 kali dalam sebulan

Sekalipun Anda sudah membersihkan toilet setiap hari, namun kotoran dan kerak masih dapat muncul di area toilet yang tidak terlihat mata Anda. Oleh karena itu, beberapa kali dalam sebulan, sempatkanlah untuk membersihkan area toilet secara menyeluruh. Bersihkan bagian tutup toilet, tangki penyimpan air, lantai toilet dan bagian belakang toilet secara menyeluruh.

Beberapa bagian toilet perlu Anda bersihkan 1-2 kali dalam setahun

Beberapa bagian toilet perlu Anda bersihkan 1-2 kali dalam setahun

Meski Anda sudah sering membersihkan toilet setiap hari dan 1-2 kali dalam sebulan, ada beberapa bagian toilet yang mungkin terlewatkan untuk dibersihkan atau belum dibersihkan dengan sempurna. Kami menyarankan Anda untuk membersihkan tutup dan dudukan toilet 1-2 kali dalam setahun. Bukalah bagian tutup dan dudukan toilet, dan bersihkan setiap sudutnya. Pastikan tidak ada kotoran dan kerak menempel pada bagian-bagian ini. Perhatikan juga bagian-bagian lipatan toilet.

Buka juga tutup tangki air toilet dan bersihkan dari jamur yang menempel. Karena bagian tangki ini menampung air, maka jamur dan lumut paling sering timbul, bersihkan dengan seksama. Nah, jika Anda rajin membersihkan toilet Anda, dapat dipastikan toilet Anda akan selalu bersih dan nyaman untuk digunakan.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan diatas? Sikat toilet mungkin hal yang sederhana. Namun fungsinya sangat penting untuk membantu Anda menjaga kebersihan toilet. Tanpa disadari, sikat toilet adalah perkakas yang paling sering digunakan di area toilet. Pilih sikat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini membantu dan memudahkan Anda dalam memilih sikat toilet sesuai kebutuhan Anda.