• 10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Sikat Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Menjaga kebersihan toilet adalah pekerjaan yang wajib Anda lakukan agar kenyamanan di dalam rumah tetap terjaga. Toilet yang bersih juga akan menghindarkan keluarga Anda dari kuman penyakit. Oleh karena itu, Anda wajib adanya memiliki sikat untuk membersihkan toilet. Kini telah tersedia sikat toilet dengan variasi bentuk dan kegunaan yang berbeda. Bahkan sudah ada juga sikat toilet sekali pakai.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis sikat toilet dan bagaimana cara memilih sikat toilet yang cocok untuk rumah Anda. Setelah Anda mengerti bagaimana cara memilihnya, simak juga ulasan rekomendasi produk yang kami berikan. Selamat membaca !
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 50 Views
Daftar isi

Cara memilih sikat toilet

Pertama-tama, kami akan membahas bagaimana cara memilih sikat toilet yang baik dan sesuai kebutuhan Anda.

Pilih yang dapat menjangkau bagian dalam toilet

Pilih yang dapat menjangkau bagian dalam toilet
Bagian toilet yang paling sulit dibersihkan adalah bagian lubang dalam toilet. Seringkali kotoran menempel dan sulit dibersihkan. Jika tidak dibersihkan secara rutin, biasanya akan timbul kerak kotoran sehingga butuh energi ekstra untuk membersihkannya. Selain bagian dalam toilet, kebersihan bagian lain dari toilet juga perlu diperhatikan. Misalnya pada sisi atas dekat tempat duduk kloset, kerak kotoran juga sering timbul pada bagian ini.
Kotoran yang tidak dibersihkan dan area toilet yang lembap dapat menyebabkan timbulnya bau tak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan penghuni rumah maupun tamu yang datang. Untuk memastikan toilet Anda selalu bersih, pilihlah sikat toilet yang dapat menjangkau dan membersihkan bagian dalam toilet. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih sikat toilet multifungsi yang dapat membersihkan bagian toilet secara keseluruhan.

Memilih tipe sikat

Bagian sikat pada sikat toilet terbagi atas 2 tipe yaitu sikat yang menggunakan bulu-bulu plastik/sintetis dan sikat yang menggunakan spons. Berikut ini kami akan memperkenalkan masing-masing tipe sikat beserta kelebihan dan kekurangannya.

Sikat bulu plastik yang mudah digunakan

Sikat bulu plastik yang mudah digunakan
Sikat jenis ini cenderung lebih mudah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada toilet. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk menggosok bagian toilet jika menggunakan sikat ini. Sikat dengan ukuran bulu yang besar dan lebar, mampu menjangkau area yang lebih luas sehingga bisa menghemat waktu dalam membersihkan toilet. Sikat jenis ini pun dapat disimpan dan digunakan kembali.
Terkadang produsen memadukan bulu sikat keras dan lembut dalam satu produk. Meskipun dapat membersihkan kotoran dengan ekstra, perpaduan bulu sikat keras dan lembut ini membuat sikat lebih sulit untuk dikeringkan setelah pemakaian.

Sikat spons menggosok dan membersihkan lebih cepat

Sikat spons menggosok dan membersihkan lebih cepat
Kelebihan dari sikat jenis spons ini adalah mudah untuk mengusap dan membersihkan kotoran yang belum berkerak. Jika kotorannya masih termasuk ringan, Anda cukup menggosoknya tanpa perlu menggunakan sabun pembersih toilet. Dibandingkan dengan sikat tipe bulu, sikat spons ini tidak akan menimbulkan percikan air pada saat digunakan.
Hanya saja, sikat spons ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya yakni noda kotoran sulit hilang jika menempel di spons. Anda juga harus menjaga spons ini tetap kering agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Pastikan Anda mengeringkan spons setelah pemakaian.

Memilih gagang sikat sesuai kebutuhan

Memilih gagang sikat sesuai kebutuhan
Gagang sikat toilet memiliki panjang dan bentuk yang bervariasi. Menggunakan gagang sikat pendek akan memudahkan Anda dalam mengatur gerak sikat tersebut, namun Anda berisiko terkena kotoran lebih banyak. Untuk itu Anda memerlukan sarung tangan setiap kali membersihkan toilet dengan sikat jenis ini. Sedangkan gagang sikat yang panjang dapat dengan mudah menjangkau seluruh bagian toilet. Namun Anda memerlukan energi dan waktu lebih lama untuk membersihkan kotoran dengan sikat jenis ini.
Sebelum memutuskan gagang sikat jenis apa yang akan Anda pilih, sebaiknya cek dahulu bentuk toilet di rumah Anda. Pilihlah yang paling pas dan paling nyaman untuk Anda gunakan.

Pilih yang tahan lama dan ekonomis

Tentunya fungsi dan kegunaan sikat juga perlu menjadi pertimbangan. Simak penjelasannya dibawah ini.

Pilih produk berkualitas untuk penggunaan jangka panjang

Pilih produk berkualitas untuk penggunaan jangka panjang
Kalau Anda ingin memiliki sikat toilet untuk jangka waktu lama, pilihlah sikat toilet yang multifungsi. Pastikan juga Anda memilih sikat dengan kualitas yang bagus. Tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan sikat biasa, namun sebanding dengan kualitas dan ketahanan produknya.

Pilih sikat toilet yang ekonomis

Pilih sikat toilet yang ekonomis
Jika Anda tipe orang yang secara rutin mengganti sikat toilet secara berkala, maka sebaiknya Anda memilih produk yang harganya lebih ekonomis. Perhitungkan intensitas Anda mencuci toilet dalam setahun dan sesuaikanlah biaya yang akan dikeluarkan.
Anda mungkin juga dapat mempertimbangkan untuk membeli sikat toilet dengan jenis gagang dan kepala sikat terpisah. Sehingga Anda hanya perlu mengganti bagian kepala sikat secara rutin.

Sikat sekali pakai

Sikat sekali pakai
Sikat sekali pakai memang terlihat praktis digunakan. Jika memilih menggunakan sikat pembersih sekali pakai, maka Anda perlu mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan.
Sikat sekali pakai tentu tidak cocok untuk Anda yang ingin berhemat. Biaya yang dikeluarkan tentu lebih besar karena frekuensi pembelian dan penggunaan yang lebih sering.

Pilih yang memiliki tempat penyimpanan

Saat membeli sikat toilet, pertimbangkanlah untuk membeli sikat yang memiliki tempat penyimpanan. Desain yang menarik dan higienis dapat menjadi pilihan Anda.

Pilih tempat penyimpan dengan posisi sikat menggantung

Pilih tempat penyimpan dengan posisi sikat menggantung
Simpan sikat dalam posisi menggantung, hindari posisi sikat menyentuh bagian bawah tempat penyimpanan. Seringkali pada bagian bawah penyimpanan, ada air yang mengenang dan menjadi tempat berkumpul kuman. Untuk menjaga kebersihannya, cuci sikat secara teratur. Jangan lupa untuk mengeringkan bagian wadah penyimpanan.

Pilih tempat penyimpanan yang praktis

Pilih tempat penyimpanan yang praktis
Penyimpanan yang praktis akan memudahkan Anda untuk mengambil dan menyimpannya kembali. Pastikan tempat penyimpanan bisa menjaga sikat tetap kering dan bersih. Saat ini sikat dengan berbagai model tempat penyimpanan tersedia di pasaran. Pilihlah yang paling praktis dan sesuai untuk Anda gunakan.

Pilih desain dan ukuran yang sesuai dengan interior toilet

Pilih desain dan ukuran yang sesuai dengan interior toilet
Rata-rata area toilet berukuran kecil. Pilih yang simpel dan mudah disimpan dalam ruang sempit toilet. Sebagai nilai tambah, pilih desain yang senada dengan interior toilet agar tetap indah dilihat.

10 Rekomendasi sikat toilet terbaik

Dibawah ini kami akan memperkenalkan dan merekomendasi 10 sikat toilet terbaik. Pilihlah model, fungsi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk kita simak !

10. Sikat Pembersih Toilet Gagang Melengkung

Rp0,00

9. Vakind Sikat Gagang Panjang

Rp0,00

8. Ikea Bolmen Sikat Pembersih Toilet

Rp0,00

7. Sikat Toilet Bulat Pegangan Anti Slip

Rp0,00

6. Ikea Enudden Sikat Toilet

Rp0,00

5. Pumie Sikat Pembersih Kerak

Rp0,00

4. Sikat Multifungsi Gagang Panjang

Rp0,00

3. Sikat Toilet Lengkung Plus Cermin

Rp0,00

2. Ikea Mjosa Sikat Toilet Set

Rp0,00

1. 3M Scotch Brite Sikat Toilet Set

Rp0,00

Kapankah waktu yang pas untuk membersihkan toilet?

Untuk menjaga toilet tetap bersih, Anda perlu membersihkan toilet secara rutin. Kami anjurkan Anda membersihkannya setiap hari. Berikut ini, kami akan menjelaskan waktu yang paling pas untuk membersihkan toilet Anda.

Sekalipun toilet Anda terlihat bersih, tetap bersihkan setiap hari

Sekalipun toilet Anda terlihat bersih, tetap bersihkan setiap hari
Toilet merupakan area yang paling sering digunakan setiap hari dirumah Anda. Karenanya, area toilet jadi mudah kotor. Jika tidak sering dibersihkan, maka kotoran dapat menumpuk dan menjadi kerak. Akibatnya, Anda akan semakin sulit membersihkan toilet dan butuh waktu lebih lama ketika membersihkannya.
Karena itu, kami sarankan Anda membersihkan dan menyikat toilet dirumah Anda setiap hari. Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk menyikat toilet. Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih jamur. Jadi sempatkanlah untuk menyikat toilet Anda sekali dalam sehari untuk meringankan pekerjaan Anda.

Bersihkan seluruh area toilet 1-2 kali dalam sebulan

Bersihkan seluruh area toilet 1-2 kali dalam sebulan
Sekalipun Anda sudah membersihkan toilet setiap hari, namun kotoran dan kerak masih dapat muncul di area toilet yang tidak terlihat mata Anda. Oleh karena itu, beberapa kali dalam sebulan, sempatkanlah untuk membersihkan area toilet secara menyeluruh. Bersihkan bagian tutup toilet, tangki penyimpan air, lantai toilet dan bagian belakang toilet secara menyeluruh.

Beberapa bagian toilet perlu Anda bersihkan 1-2 kali dalam setahun

Meski Anda sudah sering membersihkan toilet setiap hari dan 1-2 kali dalam sebulan, ada beberapa bagian toilet yang mungkin terlewatkan untuk dibersihkan atau belum dibersihkan dengan sempurna. Kami menyarankan Anda untuk membersihkan tutup dan dudukan toilet 1-2 kali dalam setahun. Bukalah bagian tutup dan dudukan toilet, dan bersihkan setiap sudutnya. Pastikan tidak ada kotoran dan kerak menempel pada bagian-bagian ini. Perhatikan juga bagian-bagian lipatan toilet.
Buka juga tutup tangki air toilet dan bersihkan dari jamur yang menempel. Karena bagian tangki ini menampung air, maka jamur dan lumut paling sering timbul, bersihkan dengan seksama. Nah, jika Anda rajin membersihkan toilet Anda, dapat dipastikan toilet Anda akan selalu bersih dan nyaman untuk digunakan.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan diatas? Sikat toilet mungkin hal yang sederhana. Namun fungsinya sangat penting untuk membantu Anda menjaga kebersihan toilet. Tanpa disadari, sikat toilet adalah perkakas yang paling sering digunakan di area toilet. Pilih sikat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
Semoga artikel ini membantu dan memudahkan Anda dalam memilih sikat toilet sesuai kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    3.828 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Akhir-akhir ini, semakin banyak muncul variasi deterjen, baik dari segi aroma maupun kandungan yang dinilai aman untuk kulit sensitif, bahkan kulit bayi. Banyaknya varian deterjen tentunya membuat bingung dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga menyertakan tips cara memilih dan cara penggunaan deterjen yang benar agar hasil cuci lebih memuaskan.
    Kebutuhan rumah tangga
    1.966 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    1.721 Views
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Humidifier adalah alat yang umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan ruangan. Humidifier juga efektif menangkal virus dan debu yang menyebabkan alergi. Humidifier memiliki banyak tipe, yaitu tipe uap, gelombang ultrasonik, hibrid, dan vaporisasi (paper humidifier). Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Meskipun humidifier merupakan alat yang sederhana, ada banyak variasi harga dan model yang tersedia. Jadi untuk membantu Anda menemukan humidifier yang cocok, kami akan menjelaskan cara memilih desk humidifier dan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mari ciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan sehat dengan humidifier terbaik pilihan Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    1.857 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Produsen pensil warna, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Maped mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna?Kali ini kami akan membahas hal tersebut untuk Anda. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca.
    Kebutuhan rumah tangga
    1.609 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi semua orang. Sebelum tidur, ada di antara kita yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik, harus menggunakan selimut atau eyepack, dan lainnya. Akan tetapi, satu benda yang hampir tidak bisa dilewatkan oleh siapa pun untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah bantal!Saat membeli bantal secara langsung di tokonya, tentu Anda dapat dengan mudah memilih bantal yang nyaman dan tepat sesuai selera. Namun, apa yang harus Anda lakukan saat membeli bantal melalui Internet? Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih bantal yang tepat dan nyaman sesuai kebutuhan Anda serta memperkenalkan produk rekomendasi berdasarkan urutan peringkat. So, let’s check this out!
    Kebutuhan rumah tangga
    1.903 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Koran Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Tempat Koran Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi Anda yang berlangganan koran pasti sudah tak asing dengan masalah penyimpanan. Anda akan membutuhkan tempat untuk menyimpan semua tumpukan koran agar tertata rapi. Beberapa brand, seperti IKEA, StarHome, IZEMU, dan sebagainya, menawarkan tempat penyimpanan koran dalam beragam model.Dengan adanya berbagai produk yang dijual di pasaran, mungkin sulit bagi Anda untuk memilih tempat penyimpanan yang pas. Untuk membantu Anda, kami akan berbagi tips cara memilih tempat koran beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    25 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori