• 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.

Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih whitening body lotion

Whitening body lotion memang dapat memutihkan dan mencerahkan kulit Anda. Meski begitu, terdapat beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli agar memperoleh hasil yang optimal. Simak penjelasannya berikut ini!

Ketahui jenis bahan aktif yang dapat mencerahkan kulit

Sesuai namanya, whitening body lotion adalah losion yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi putih atau cerah. Karenanya, body lotion untuk memutihkan kulit biasanya dibekali berbagai formula bahan aktif pemutih atau sering disebut whitening agent

Beberapa whitening agent yang sering digunakan adalah vitamin C, alpha arbutin, glutathione, niacinamide, dan beberapa zat asam. Berikut ini adalah manfaat-manfaatnya.

Vitamin C: Mengurangi produksi melanin dan memicu pembentukan kolagen

Vitamin C: Mengurangi produksi melanin dan memicu pembentukan kolagen

Tahukah Anda, kulit yang sering terpapar sinar matahari memiliki jumlah pigmen melanin yang lebih banyak? Oleh sebab itu, jika Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari, lotion pemutih yang mengandung vitamin C sangatlah disarankan. Vitamin C memiliki kemampuan untuk mengurangi jumlah pigmen melanin yang akan membuat kulit menjadi gelap.


Vitamin C juga dapat memicu pembentukan kolagen sehingga efektif untuk menjaga elastisitas kulit dan membuatnya lebih halus. Whitening body lotion yang mengandung vitamin C aman digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Vitamin C masuk dalam bahan rekomendasi utama yang berkhasiat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Vitamin C memiliki bermacam-macam manfaat, mulai dari mencerahkan kulit (memudarkan warna gelap), antioksidan, sampai membantu produksi kolagen baru (antiaging).


Perlu diingat, not all vitamin C is created equal. Salah satu jenis vitamin C terbaik adalah L-ascorbic acid. Sayangnya, bahan ini tidak stabil dan mudah teroksidasi. Kandungan vitamin C dengan bentuk terlemah, ascorbyl palmitate, juga bisa dijadikan pertimbangan.


Selain kedua pilihan tersebut, kandungan vitamin C lain yang baik digunakan adalah:

  • 3-0-ethyl ascorbic acid
  • tetrahexyldecyl ascorbate
  • ascorbyl tetraisopalmitate
  • ascorbyl glucoside
  • magnesium ascorbyl phosphate

Alpha arbutin: Efektif menyamarkan bintik hitam

Alpha arbutin: Efektif menyamarkan bintik hitam

Selanjutnya, body lotion yang mengandung alpha arbutin juga efektif untuk mencerahkan kulit. Alpha arbutin sendiri merupakan bahan alami yang terdapat pada buah-buahan, seperti blueberry, cranberry, dan buah pir. Serupa dengan vitamin C, zat ini juga aman digunakan untuk semua jenis kulit.


Alpha arbutin dipercaya mampu menyamarkan bintik hitam dan menghambat produksi melanin pada lapisan kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit kusam dan bintik hitam, whitening body lotion dengan alpha arbutin mampu mengatasinya.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Kandungan alpha arbutin efektif memudarkan bercak hitam dan mencerahkan warna kulit. Selain itu, komponen aktif alpha arbutin dilepaskan secara perlahan pada kulit sehingga menjadikannya lebih aman untuk kulit sensitif. 


Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah produk alpha arbutin yang dikombinasikan dengan vitamin C atau acid seperti AHA. Simpan jauh produk alpha arbutin dari panas supaya tidak cepat terdegradasi.

Glutathione: Berperan sebagai antioksidan

Glutathione: Berperan sebagai antioksidan

Glutathione adalah bahan aktif yang terbuat dari perpaduan cysteine, glycine, dan glutamine. Glutathione ini sebenarnya bisa diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan makin sedikit memproduksi glutathione, terutama usia 20 tahun ke atas.


Zat whitening agent ini juga dikenal sebagai master antioksidan. Ia dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas secara terus menerus. Glutathione juga mampu mengubah eumelanin menjadi pheomelanin sehingga warna kulit Anda menjadi lebih cerah. Baiknya lagi, kulit Anda akan menjadi lebih sehat dan tampak glowing apabila rutin menggunakan whitening body lotion yang mengandung glutathione.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Menurut beberapa studi, glutathione topikal yang stabil dan berkonsentrasi cukup seperti GSSG (oxidized glutathione) 2% efektif mencerahkan kulit. Gunakan kandungan ini sedikitnya selama tiga bulan sampai hasilnya terlihat. Untuk hasil yang optimal, Anda juga bisa mengombinasikan penggunaan glutathione dengan suplemen oral yang juga mengandung glutathione.

Niacinamide: Meratakan warna kulit dan mengurangi sebum

Niacinamide: Meratakan warna kulit dan mengurangi sebum

Niacinamide juga termasuk ke dalam salah satu bahan aktif yang sering digunakan oleh produk pemutih kulit. Bentuk turunan dari vitamin B3 ini mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit, merangsang kolagen, melembutkan, sekaligus mengurangi kerutan. Bahkan, niacinamide juga mampu menekan produksi sebum sehingga baik untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Niacinamide is my all around favorite! Kandungan ini memiliki manfaat brightening dan antiaging dengan merangsang produksi kolagen baru. Niacinamide juga bermanfaat melembapkan kulit dengan merangsang produksi ceramide. Terakhir, kandungan ini juga memiliki fungsi antiacne dengan mengurangi produksi sebum.


Penggunaan niacinamide cocok dikombinasikan dengan antioksidan di pagi hari. Saat dipakai malam hari, kandungan ini juga mampu mengurangi kekeringan di kulit akibat pemakaian retinol dan acid. Jadi, pastikan kandungan niacinamide ada dalam whitening body lotion yang Anda pakai, ya! 

Citric, lactic, dan kojic acid: Kandungan asam dengan beragam manfaat

Citric, lactic, dan kojic acid: Kandungan asam dengan beragam manfaat

Selanjutnya, kandungan asam juga dipercaya efektif mencerahkan kulit. Beberapa asam yang sering dipakai dalam pembuatan body lotion pemutih adalah citric acid, lactic acid, dan kojic acid. Citric acid adalah sejenis asam yang berasal dari bahan alami, yaitu lemon, jeruk nipis, tomat, dan nanas. Zat ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus merevitalisasi kulit sehingga tampak cerah dan halus.


Sementara itu, lactic acid atau asam laktat adalah turunan dari alpha-hydroxy acids atau AHA. Kandungan asam ini dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi, menyamarkan tanda-tanda penuaan, hingga mencegah timbulnya jerawat. Terakhir, kojic acid memiliki manfaat yang sama dengan lactic acid. Kabar baiknya, kojic acid juga bisa berperan sebagai antijamur dan antibakteri serta menyamarkan bekas luka.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk mendapatkan combo brightening effect, kombinasikan kojic acid dengan exfoliating AHA seperti lactic, citric, atau glycolic acid. Apabila Anda memiliki kulit sensitif, mulailah pemakaian dalam jumlah yang sedikit. Setelah kulit Anda beradaptasi, naikkan perlahan jumlah pemakaiannya. Cara ini akan menghindari kulit Anda dari efek kekeringan atau pengelupasan yang mungkin terjadi di awal pemakaian.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Selain bahan pemutih, whitening body lotion juga mengandung bahan-bahan lain yang bermanfaat untuk merawat dan melindungi kulit. Untuk memilihnya, sesuaikanlah body lotion tersebut dengan tipe kulit Anda. Pasalnya, setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda, seperti kulit kering, berminyak, sensitif, dan normal. Dengan memilih lotion yang tepat, Anda akan merasakan manfaat yang diberikannya secara maksimal.


Untuk kulit kering, pilihlah body lotion yang mengandung pelembap dan mampu mengunci kelembapan dengan baik. Lalu, untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, lotion bertekstur ringan dan bebas minyak sangat direkomendasikan. Selain itu, lotion dengan bahan organik, seperti Aloe vera juga bisa Anda jadikan pilihan.


Selanjutnya, hindari lotion yang mengandung alkohol dan perfume apabila Anda memiliki kulit sensitif. Produk yang bersifat hypoallergenic serta mengandung ceramides, essential fatty acid, dan bahan-bahan alami lebih disarankan. 


Di sisi lain, orang berkulit normal relatif cocok dengan lotion apa pun. Namun, sebisa mungkin pilihlah whitening body lotion yang mengandung antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Memilih body lotion yang sesuai dengan jenis kulit serta nyaman digunakan akan membuat Anda lebih rajin mengaplikasikannya tiap hari. Selain itu, sesuaikan juga pilihan body lotion dengan aktivitas harian Anda. Losion yang kental dan kaya pelembap cocok digunakan di malam hari. Sebaliknya untuk pagi hari, pilihlah body lotion yang ringan dan cepat diserap kulit.

Periksa kandungan tabir surya dan kadar SPF-nya

Periksa kandungan tabir surya dan kadar SPF-nya

Salah satu penyebab kulit gelap, kusam, dan warnanya tidak merata adalah paparan sinar matahari yang mengenai kulit Anda. Terutama jika Anda sering keluar rumah di siang hari, pilihlah whitening body lotion yang mengandung tabir surya. Kandungan tabir surya pada lotion tersebut akan membantu mencegah kulit Anda menjadi gelap akibat paparan sinar matahari. Selain itu, periksa juga kadar SPF yang dimilikinya.


SPF atau sun protector factor adalah sebuah standar yang mengacu pada perlindungan dari sinar matahari, khususnya UVB. Angka pada SPF menunjukkan seberapa banyak sinar ultraviolet yang bisa diblokir olehnya. Sebagai contoh, SPF 15 mampu memblokir hingga 93 persen sinar UVB. Di sisi lain, SPF 30 menyaring hingga 97 persen dan SPF 50 hingga 98 persen.


Adapun standar minimal SPF yang tepat apabila Anda akan beraktivitas di luar ruangan adalah SPF 30. Dengan whitening body lotion SPF 30, Anda tidak perlu memakai sunscreen tambahan saat akan beraktivitas di luar. Sementara itu, disarankan untuk menambahkan ekstra sunscreen apabila lotion yang Anda pakai kandungan SPF-nya kurang dari 30.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Whitening body lotion dengan SPF minimal 30 dan broad spectrum adalah solusi 2-in-1 yang praktis untuk Anda yang sibuk. Penting untuk diingat, gunakanlah body lotion dalam jumlah yang cukup untuk mendapatkan proteksi SPF optimal. Untuk pemakaian seluruh badan, gunakan takaran dua sendok makan penuh atau sekitar 30 gram, ya.

Pilih yang memiliki daya pelembap tinggi dan teksturnya nyaman

Pilih yang memiliki daya pelembap tinggi dan teksturnya nyaman

Saat memilih whitening body lotion, ketersediaan kandungan pelembap yang tinggi sama pentingnya dengan kandungan whitening agent. Pasalnya, kulit yang kekurangan kelembapan bisa menjadi salah satu faktor penyebab utama terjadinya pengendapan pigmen melanin. Makin tinggi kadar melaninnya, makin gelap pula warna kulit Anda.


Oleh sebab itu, pilihlah lotion dengan kandungan pelembap tinggi, seperti allantoin, mineral oil, dan collagen. Selanjutnya, lotion yang dibekali kandungan glycerin, propylene glycol, lanolin, dan petrolatum juga bisa dijadikan pilihan. Glycerin dan propylene glycol berfungsi untuk menarik air ke dalam lapisan kulit. Sementara itu, lanolin dan petrolatum akan mengunci kelembapan dan menjaga kulit tetap terhidrasi.


Lalu, setiap produk whitening body lotion memiliki tekstur yang berbeda-beda. Misalnya, ada produk yang teksturnya lembut dan mudah meresap di kulit sehingga nyaman digunakan untuk cuaca panas. Ada juga yang kandungan pelembapnya tinggi dengan tekstur yang sedikit oily, tetapi cocok untuk kulit kering. Oleh karena itu, pilihlah dengan benar sesuai musim dan kondisi kulit Anda.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Pilihan jenis pelembap dalam whitening body lotion akan menentukan kenyamanan pemakaian. Pilihlah losion jenis humectant yang mampu menjaga kelembapan dengan kandungan glycerin dan propylene glycol. Body lotion jenis ini memiliki tekstur yang ringan, cocok untuk pemakaian di pagi hari. 


Di sisi lain, pilihlah body lotion yang lebih rich untuk pemakaian di malam hari. Body lotion yang lebih tebal ini ditandai dengan adanya kandungan emollient atau occlusive seperti colloidal oatmeal, shea butter, dan lanolin.

10 Rekomendasi whitening body lotion terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk whitening body lotion terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

Good Virtues Co.Radiant & Renewing Lightening Hand & Body Lotion

Mulai dari Rp 110.300,00

Kandungan pemutihOrganic black seed oil, Boerhavia diffusa root extract, dan citric acid
Kandungan pelembapGlycerin dan allantoin
UV protection-
Isi150 ml dan 300 ml
9
Kandungan pemutihEkstrak buah langsat, kembang sepatu, vitamin C
Kandungan pelembapMinyak esensial melati, pro vitamin B5, vitamin E, glycerin, mineral oil, dan allantoin
UV protection
Pilihan isi150 ml
8

UnileverVaseline® Healthy Bright UV Extra Brightening

Mulai dari Rp 17.500,00

Kandungan pemutihVitamin B3 dan niacinamide
Kandungan pelembapGlycerin dan petrolatum
UV protection
Isi100 ml, 200 ml, dan 400 ml
7

SattoGoat Milk Whitening Hand and Body Lotion

Mulai dari Rp 38.500,00

Kandungan pemutihVitamin C dan arbutin
Kandungan pelembapGlycerin, vitamin E, kolagen, dan Scutellaria baicalensis root extract
UV protection-
Isi50 ml dan 200 ml
6

GarnierLight Complete White Body Serum Milk UV Lotion

Mulai dari Rp 64.900,00

Kandungan pemutihEkstrak lemon
Kandungan pelembapGlycerin, glyceryl stearate, dan palmitic acid
UV protection
Isi400 ml
5

Kojie SanBody Lightening Lotion with SPF 25

Mulai dari Rp 26.700,00

Kandungan pemutihKojic acid dan niacinamide
Kandungan pelembapVitamin E, glycerin, kolagen, mineral oil, dan shea butter
UV protectionSPF 25
Isi50 ml, 150 ml, dan 250 ml
4

Precious SkinAlpha Arbutin 3+ Collagen Body Cream

Mulai dari Rp 117.000,00

Kandungan pemutihNiacinamide, alpha arbutin dan glutathione
Kandungan pelembapVitamin E, kolagen, glycerin, dan mineral oil
UV protection×
Isi500 ml
3

UnileverCitra Natural Glowing White UV

Mulai dari Rp 6.000,00

Kandungan pemutihNiacinamide, vitamin C, dan lactic acid
Kandungan pelembapGlycerin dan mineral oil
UV protection
Isi60 ml, 120 ml, 230 ml, dan 380 ml
2

BeiersdorfNIVEA Extra White Repair & Protect Lotion

Mulai dari Rp 16.500,00

Kandungan pemutihVitamin C dan citric acid
Kandungan pelembapGlycerin
UV protectionSPF 15
Pilihan isi100 ml, 200 ml, dan 400 ml
1
Kandungan pemutihKojic acid, niacinamide, dan glutathione
Kandungan pelembapMineral oil
UV protection×
Isi300 ml

Tabel perbandingan produk whitening body lotion terbaik

Gambar produk
1
Scarlett Whitening Body Lotion 1

Scarlett

2
Beiersdorf NIVEA Extra White Repair & Protect Lotion 1

Beiersdorf

3
Unilever Citra Natural Glowing White UV 1

Unilever

4
Precious Skin Alpha Arbutin 3+ Collagen Body Cream 1

Precious Skin

5
Kojie San Body Lightening Lotion with SPF 25 1

Kojie San

6
Garnier Light Complete White Body Serum Milk UV Lotion 1

Garnier

7
Satto Goat Milk Whitening Hand and Body Lotion 1

Satto

8
Unilever Vaseline® Healthy Bright UV Extra Brightening 1

Unilever

9
Martha Tilaar Sariayu Putih Langsat Body Lotion 1

Martha Tilaar

10
Good Virtues Co. Radiant & Renewing Lightening Hand & Body Lotion 1

Good Virtues Co.

Nama produk

Whitening Body Lotion

NIVEA Extra White Repair & Protect Lotion

Citra Natural Glowing White UV

Alpha Arbutin 3+ Collagen Body Cream

Body Lightening Lotion with SPF 25

Light Complete White Body Serum Milk UV Lotion

Goat Milk Whitening Hand and Body Lotion

Vaseline® Healthy Bright UV Extra Brightening

Sariayu Putih Langsat Body Lotion

Radiant & Renewing Lightening Hand & Body Lotion

Keunggulan

Whitening body lotion kekinian yang banyak dipakai oleh para influencer

Mengandung vitamin C 40x lebih banyak untuk efek cerah maksimal

Kulit tiga kali lebih cerah sejak pemakaian pertama

Lotion asal Thailand yang mengandung tiga kali lipat alpha arbutin

Efektif mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata

Kulit lebih cerah hanya dalam satu minggu

Kebaikan ekstrak susu kambing bagi kulit Anda

Diperkaya vitamin B3 dan triple sunscreens untuk perlindungan ekstra saat kegiatan outdoor

Perpaduan bahan alami untuk kulit halus, lembap, dan lebih cerah

Bebas kandungan paraben, mineral oil, maupun pewarna tambahan

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 16.500,00Rp 6.000,00Rp 117.000,00Rp 26.700,00Rp 64.900,00Rp 38.500,00Rp 17.500,00Rp 21.400,00Rp 110.300,00
Kandungan pemutihKojic acid, niacinamide, dan glutathioneVitamin C dan citric acidNiacinamide, vitamin C, dan lactic acidNiacinamide, alpha arbutin dan glutathioneKojic acid dan niacinamideEkstrak lemonVitamin C dan arbutinVitamin B3 dan niacinamideEkstrak buah langsat, kembang sepatu, vitamin COrganic black seed oil, Boerhavia diffusa root extract, dan citric acid
Kandungan pelembapMineral oilGlycerinGlycerin dan mineral oilVitamin E, kolagen, glycerin, dan mineral oilVitamin E, glycerin, kolagen, mineral oil, dan shea butterGlycerin, glyceryl stearate, dan palmitic acidGlycerin, vitamin E, kolagen, dan Scutellaria baicalensis root extractGlycerin dan petrolatumMinyak esensial melati, pro vitamin B5, vitamin E, glycerin, mineral oil, dan allantoinGlycerin dan allantoin
UV protection×SPF 15×SPF 25--
Isi300 ml100 ml, 200 ml, dan 400 ml60 ml, 120 ml, 230 ml, dan 380 ml500 ml50 ml, 150 ml, dan 250 ml400 ml50 ml dan 200 ml100 ml, 200 ml, dan 400 ml150 ml150 ml dan 300 ml
Tautan produk

Jika terjadi masalah, hentikan penggunaan dan periksa ke dokter

Jika terjadi masalah, hentikan penggunaan dan periksa ke dokter

Meskipun bahan yang digunakan dalam suatu produk sangat lembut, tidak semua orang bisa cocok menggunakan whitening body lotion tertentu. Khasiat yang dihasilkan juga berbeda tergantung pada jenis kulit masing-masing penggunanya. Jika terjadi masalah kulit, seperti kemerahan, gatal, nyeri, dan lainnya, segera hentikan penggunaan produk tersebut dan periksakan ke dokter.


Terutama jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya lakukan tes alergi sebelum menggunakan lotion pemutih ke seluruh tubuh. Pilihlah produk yang lembut untuk kulit dan tidak menggunakan bahan aditif. Pastikan juga produk yang Anda beli telah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Seperti semua produk pada umumnya, reaksi alergi dan iritasi bisa saja terjadi, terutama pada Anda dengan kulit sensitif. Reaksi ini ditandai dengan kulit merah, gatal, dan perih. Jika hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri Anda ke dokter SpKK untuk mendapatkan treatment yang tepat.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Sekarang ini, whitening body lotion hadir dalam ratusan pilihan produk yang berbeda. Jadi, pastikan Anda memilih produk yang aman demi kesehatan kulit. Ceklah izin edar BPOM dan gunakan sesuai petunjuk di kemasan. 


Hindari pemakaian produk yang tidak berizin dan yang tidak jelas kandungannya. Body lotion adalah produk skincare yang akan Anda gunakan secara rutin pada permukaan kulit yang luas. Karena itu, penting sekali untuk memastikan keamanan produknya.   

Baca juga rekomendasi produk lotion lainnya di sini

Selain body lotion yang memiliki manfaat khusus untuk memutihkan kulit, ada banyak jenis lotion lain di pasaran. Kami telah membahas produk lotion lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Simak penjelasan lebih detailnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Whitening body lotion hadir dengan berbagai karakteristik dan kegunaan yang disesuaikan untuk beragam masalah dan jenis kulit. Hal ini tentu harus menjadi pertimbangan utama agar body lotion yang Anda gunakan tidak menimbulkan reaksi alergi.


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi lotion pemutih yang kami berikan? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan produk yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali melindungi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen secara rutin. Beragam sunscreen yang bagus untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Merek produk luar, seperti Cetaphil dan Skin Aqua, maupun merek produk lokal seperti Wardah dan Somethinc, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai SPF 50, akan kami bahas. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Simak sampai akhir, yuk!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar UV (ultraviolet), diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Misalnya, merek Nivea, Banana Boat, Neutrogena, dan masih banyak lagi.Simaklah dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Setelah itu, jangan lewatkan sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik yang bagus untuk anak-anak. Sunscreen untuk balita hingga sunscreen untuk anak SD (sekolah dasar), ada di sini! Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Sebamed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Sebamed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memakai produk skincare saja terkadang tidak cukup. Ada kalanya kulit Anda membutuhkan perawatan sekaligus pengobatan yang bagus. Misalnya, saat kulit mengalami alergi, eksem, atau masalah kulit lainnya. Sebelum menjalani perawatan dengan dokter, Anda dapat memilih produk dari merek Sebamed yang berfungsi merawat dan mengobati kulit.Rangkaian produk Sebamed cukup lengkap, dari perawatan jerawat untuk dewasa sampai perawatan bayi atau Sebamed for baby. Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih produk Sebamed terbaik. Rekomendasi produk Sebamed juga kami sertakan untuk memudahkan Anda mendapatkan produk yang sesuai. Yuk, baca sampai selesai!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori