10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik Seharga di Bawah 300 Ribu (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bluetooth Speaker Terbaik Seharga di Bawah 300 Ribu (Terbaru Tahun 2018)

Bluetooth speaker seringkali digunakan untuk mendengar musik dari smartphone dan tablet. Dengan menggunakan speaker berfitur Bluetooth, kita tetap bisa menikmati suara berkualitas tanpa harus repot menyambung kabel. Produsen seperti Sonicgear atau JBL banyak mengeluarkan produk terjangkau yang berkualitas dengan fitur tahan air dan desain yang modis.

Di sini kami akan menjabarkan cara memilih Bluetooth speaker sekaligus memperkenalkan Bluetooth speaker dengan harga di bawah 300 ribu yang bisa Anda dapatkan di toko online seperti Tokopedia atau Lazada.

Daftar isi

Cara memilih Bluetooth speaker

Pertama-tama, kami akan memperkenalkan cara memilih Bluetooth speaker. Ada 5 poin yang perlu diperhatikan saat Anda memilih Bluetooth speaker. Pilihlah Bluetooth speaker dengan fitur yang Anda inginkan sesuai dengan tujuan pemakaian Anda.

Perhatikan Codec untuk kualitas terbaik

Perhatikan Codec untuk kualitas terbaik

Codec adalah sebuah mekanisme yang memampatkan file sesuai aturan tertentu saat file musik bertransmisi ke speaker dari perangkat sumber musik, seperti smartphone dan sebagainya, melalui Bluetooth. File MP3 dan MP4 yang sering Anda dengar dan lihat juga merupakan salah satu jenis file yang telah melalui standar Codec. Ada berbagai standar untuk Codec, tetapi standar untuk speaker dari urutan dengan kualitas suara terbaik adalah LDAC, aptX, AAC, dan SBC.

Hal yang terpenting adalah keselarasan standar antara perangkat sumber suara dan speaker. Meskipun Anda membeli speaker yang mendukung LDAC, Anda tidak akan dapat mendengarkan suara berkualitas sebagus LDAC tanpa smartphone yang mendukung LDAC. Sebelum membeli speaker, sebaiknya cek terlebih dahulu mekanisme Codec yang ditanamkan di perangkat sumber suara Anda.

Pilihlah yang berdaya besar untuk suara lebih bertenaga

Pilihlah yang berdaya besar untuk suara lebih bertenaga

Semakin besar daya atau output watt speaker, semakin besar suara yang dihasilkan. Jika Anda mendengarkan musik di dalam ruangan, cukup pilih speaker berdaya 5 watt. Jika Anda ingin menggunakannya di luar ruangan atau menikmati suara yang bertenaga, pilihlah speaker dengan daya lebih dari 6 watt.

Speaker yang menghasilkan suara keras tidak selalu berarti speaker tersebut memiliki kualitas suara yang bagus. Hal ini karena kualitas suara juga ditentukan oleh standar lain seperti Codec. Ingatlah bahwa daya adalah penentu volume suara. Pertimbangkan pemilihan daya speaker berdasarkan tempat Anda berencana menggunakan speaker tersebut.

Pilihlah fungsi yang sesuai dengan pengunaan

Terdapat tiga fitur yang perlu diperhatikan saat memilih Bluetooth speaker. Silahkan pilih fungsi yang Anda inginkan sesuai lokasi dan tujuan penggunaan Bluetooth speaker.

Fungsi stereo untuk menonton film

Fungsi stereo untuk menonton film

Stereo adalah fitur yang menghasilkan suara berbeda tetapi selaras pada speaker kiri dan kanan. Ini adalah fungsi yang bisa memberi nuansa lebih nyata dalam suara, begitu pula musik dan saat menonton film. Speaker tanpa fungsi stereo disebut tipe monaural, di mana suara yang keluar dari speaker kiri dan kanan sama saja. Pilihlah speaker tipe stereo jika Anda lebih mengutamakan kualitas suara!

Pilihlah yang tahan air dan debu untuk digunakan di luar ruangan

Pilihlah yang tahan air dan debu untuk digunakan di luar ruangan

Oleh karena dapat digunakan secara nirkabel, Bluetooth speaker bisa Anda bawa dan gunakan di mana saja. Bagi Anda yang hendak sering menggunakannya di luar rumah, seperti saat berkendara, berkemah, acara barbekyu, dan sebagainya, dianjurkan memilih speaker yang memiliki fungsi tahan air dan tahan debu. Standar tahan air ditampilkan dengan IPX, sementara standar tahan debu adalah IP.

Standar tahan air atau IPX terbagi menjadi 8 kelas, yaitu IPX1-IPX8. Kelas IPX1-IPX3 tidak dapat dikatakan memiliki kemampuan waterproofing yang sangat baik. Ada baiknya memilih yang lebih dari IPX4 atau dikenal sebagai perlindungan terhadap percikan dari segala arah.

Standar debu atau IP terbagi menjadi 6 kelas, yaitu IP1-IP6. Kelas IP1-IP3 dikatakan bisa melindungi speaker dari gangguan benda dengan diameter 2,5 mm atau kurang. Akan tetapi, kami merekomendasikan agar Anda memilih IP4 atau lebih tinggi yang mampu melindungi speaker dari benda berdiameter hingga di bawah 1,0 mm.

Fungsi handsfree untuk kenyamanan melakukan panggilan

Fungsi handsfree untuk kenyamanan melakukan panggilan

Dengan adanya fungsi handsfree pada speaker, Anda tidak perlu bergantung pada handset saat melakukan panggilan. Dalam beberapa tahun terakhir, Bluetooth speaker yang dipasarkan juga telah dilengkapi dengan fungsi handsfree. Fitur ini adalah salah satu fitur yang sangat praktis. Hanya dengan menyambungkan smartphone Anda dengan speaker, Anda bisa melakukan panggilan dengan nyaman.

Bluetooth speaker berfitur handsfree ini dilengkapi dengan mikrofon di dalamya, sehingga Anda bisa melakukan percakapan dengan Bluetooth speaker saat panggilan masuk ke smartphone Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjawab telepon tanpa perlu menyentuh smartphone Anda.

Periksa sistem power supply dan lama waktu pemakaiannya

Periksa sistem power supply dan lama waktu pemakaiannya

Bluetooth Speaker memiliki dua jenis metode power supply, yaitu rechargeable dan baterai. Jenis baterai sangat praktis bila digunakan di luar rumah. Saat menggunakannya sebagai speaker dalam ruangan, disarankan untuk memilih tipe yang bisa segera di-rechargeable. Akan lebih baik memilih speaker dengan power supply yang sesuai untuk situasi Anda.

Selain itu, cek juga lama waktu pemakaian yang dapat dijangkau speaker pada saat daya terisi penuh. Semakin lama waktu pemakaiannya, Anda tidak perlu khawatir baterai akan habis ketika speaker digunakan. Anda bisa menikmati musik sebanyak yang Anda inginkan di outdoor atau untuk aktivitas lainnya.

10 Rekomendasi Bluetooth speaker seharga di bawah 300 ribu

Setelah memaparkan tips cara memilih Bluetooth speaker, berikut akan kami perkenalkan rekomendasi Bluetooth speaker seharga di bawah 300 ribuan kepada Anda. Silakan simak dengan seksama dan semoga Anda dapat menemukan Bluetooth speaker idaman Anda.

10. Alfalink Bluetooth Speaker 35

10. Alfalink Bluetooth Speaker 35

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.000

Suara jernih untuk penggunaan berjam-jam

Walaupun Alfalink lebih dikenal dengan produk kamus elektriknya, brand ini telah mengeluarkan produk speaker Bluetooth yang mampu menghasilkan suara berkualitas tinggi. Speaker ini memiliki bentuk unik seperti tombol dengan 3 varian warna, yaitu merah, abu-abu, dan biru. Suara yang dihasilkan speaker ini jernih dan bertenaga, cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Dalam sekali charge, speaker ini membutuhkan 2-3 jam agar daya terisi penuh dan dapat digunakan hingga 6 jam. Dengan material yang terbuat dari bahan metal dan sintetis, speaker ini dapat awet dan tidak mudah rusak. Dengan begini, cocok untuk Anda yang menginginkan kualitas tetapi tetap ingin berhemat.

9. Audiobox P5000 BTMI

9. Audiobox P5000 BTMI

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 122.000

Suara kuat dan bertenaga

Selain fitur Bluetooth, speaker berbentuk balok ini dilengkapi SD card dan USB slot untuk menyimpan file musik Anda. Anda juga dapat mendengar radio dengan speaker ini. Suara yang dihasilkan juga bertenaga dan kuat. Jangkauan Bluetooth-nya bahkan mampu mencapai 10 meter dari perangkat sumber suara.

Speaker ini hadir dalam 4 pilihan warna, yaitu hitam, merah, biru, dan merah muda. Karena suaranya yang bertenaga, Anda dapat menggunakan speaker ini di luar ruangan. Dengan pilihan warnanya yang beragam, speaker ini cocok untuk Anda yang bosan dengan warna speaker biasa yang biasanya monoton.

8. Simbadda Music Player CST 806 N

8. Simbadda Music Player CST 806 N

Lihat produk ini Lazada

Harga : Rp 295.000

Untuk mendengarkan musik dan memutar radio

Produk ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai speaker saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai radio. Speaker ini juga dilengkapi dengan USB dan SD card slot. Selama pemakaian dalam keadaan daya terisi penuh, speaker ini dapat bertahan 2-4 jam. Suara yang dihasilkan juga terbilang kuat dan sangat cocok digunakan dalam ruangan.

Speaker ini hadir dalam 1 varian warna, yaitu hitam. Walau tampilan dan warnanya sederhana, kualitasnya tidak bisa diragukan. Dengan tampilannya, speaker ini cocok  bagi Anda yang menyukai warna-warna netral dan tampilan simple.

7. Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker

7. Xiaomi Mi Portable Bluetooth Speaker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 169.000

Desain elegan yang mewah

Speaker ini memiliki bentuk sederhana tetapi elegan dengan pilihan warna klasik yang dimilikinya. Casing speaker ini terbuat dari metal dan tahan terhadap benturan. Jarak efektif Bluetooth speaker ini untuk beroperasi adalah 5 meter dari perangkat sumber suara. Baterainya dapat bertahan selama 4 jam saat beroperasi.

Speaker ini hadir dalam 3 warna, yaitu abu-abu, hitam, dan emas. Dengan ketiga warnanya, speaker ini mampu memberikan kesan mewah pada ruangan Anda. Speaker ini cocok digunakan indoor maupun outdoor. Dengan kelebihan yang dimilikinya, speaker ini pas untuk menemani olahraga dan traveling Anda.

6. Sonicgear Pandora Lumo 2

6. Sonicgear Pandora Lumo 2

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 179.200

Efek cahaya yang menarik dan asyik

Speaker ini memiliki desain bundar yang menarik dengan mode cahayanya. Anda dapat menikmati musik kesukaan sembari menari bersama 7 warna mode cahaya yang berotasi dan berdenyut. Bentuknya yang mini mempermudah Anda untuk membawanya ke mana pun Anda suka.

Speaker ini dilengkapi dengan lubang dan tali untuk penggunaan dengan cara digantung. Dengan speaker ini, kegiatan mendengarkan musik lebih berwarna. Sangat cocok digunakan dalam ruangan gelap dengan musik beritme cepat untuk memberikan suasana yang asyik.

5. JBL Go

5. JBL Go

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 275.000

Varian warna yang eye-catching

Speaker ini didesain dengan bentuk kotak yang sederhana dan sangat praktis untuk dibawa. Walau memiliki ukuran yang kecil, suara yang dihasilkan bertenaga. Selain menggunakan Bluetooth, speaker ini juga dapat disambungkan dengan perangkat sumber suara menggunakan kabel audio. Speaker ini bahkan juga telah dilengkapi dengan fitur noise-cancelling speakerphone!

Anda dapat menggunakan speaker ini selama sekitar 5 jam tergantung tingkat suara dan jenis lagu yang dimainkan. Waktu untuk mengisi penuh baterainya terbilang cepat, yaitu hanya 1,5 jam. Speaker ini hadir dalam 8 varian warna yang eye-catching yang membuatnya terlihat modis. Cocok untuk Anda yang mencari speaker dengan tampilan penuh gaya.

4. X-mini Explore

4. X-mini Explore

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 299.500

Fitur tahan air yang luar biasa

Speaker ini hadir dalam bentuk seperti cangkir dengan 3 varian warna, yaitu hitam, biru, dan merah. Batas jangkauan Bluetooth speaker ini dapat mencapai 10 meter. Suara yang dihasilkan speaker ini membuatnya lebih cocok digunakan di dalam ruangan. Selama pemakaian, speaker ini dapat bertahan hingga 6 jam lamanya dan 2,5 jam saja untuk pengisian daya hingga penuh.

Speaker ini sudah tersertifikasi splash proof yang membuatnya tahan terhadap cipratan air. Dengan kelebihannya tersebut, Anda tidak perlu takut menggunakan speaker ini di dekat tempat berair atau di luar ruangan ketika hujan gerimis. Cocok untuk Anda yang menginginkan kebebasan lebih dalam menggunakan speaker.

3. Sonicgear Pandora Mini

3. Sonicgear Pandora Mini

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 98.000

Tampilan sederhana dengan aksen imut

Speaker ini dilengkapi dengan USB dan SD card slot serta fitur untuk menerima sinyal radio. Speaker ini memiliki bentuk kotak dan dilengkapi pegangan agar tidak mudah selip ketika digenggam. Suara yang dihasilkan speaker ini cukup bertenaga untuk digunakan di luar ruangan. Anda dapat menggunakan speaker ini selama 4 jam.

Dengan jangkauan Bluetooth yang dapat mencapai 10 meter, speaker ini memiliki empat kaki dengan silikon yang menopangnya sehingga tidak mudah tergelincir. Berkat desain unik dan kualitasnya, Anda tidak akan bosan mendengarkan lagu menggunakan speaker ini. Cocok untuk Anda yang menginginkan speaker dengan desain imut.

2. Eggel Active+

2. Eggel Active+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 290.000

Sporty dan tahan banting

Speaker ini memiliki desain balok dengan tempat untuk mengikat tali di sisinya. Speaker ini hadir dengan tampilan sporty namun elegan. Kualitas suara dan bass-nya sangat baik dan kuat. Mesin speaker ini telah teruji tahan akan air, debu, dan benturan. Jangkauan Bluetooth-nya bahkan mencapai 15 meter.

Speaker ini dapat beroperasi selama 6 jam dalam keadaan daya terisi penuh. Dengan speaker ini, Anda tidak perlu takut bila mesin di dalamnya rusak ketika Anda tidak sengaja menjatuhkannya. Speaker ini sangat nyaman untuk digunakan di dalam atau di luar ruangan. Pas untuk Anda yang tidak ingin khawatir karena speaker terjatuh.

1. Eggel Halo

1. Eggel Halo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Berfitur waterproof dan dustproof dengan suara bass yang kuat

Speaker berdesain pipa ini dapat menghasilkan suara jernih dan bertenaga dengan bass yang mantap. Fitur yang dimilikinya meliputi radio FM, built-in mic, dan USB slot, sehingga Anda dapat menikmati musik walau tanpa perangkat sumber suara sekalipun. Jangkauan Bluetooth-nya dapat mencapai 15 meter.

Dengan daya yang dapat bertahan 6-7 jam ketika digunakan untuk memutar musik, speaker ini juga telah ditanami fitur waterproof dan dustproof. Kualitas dan keawetan speaker ini pun dapat semakin terjaga. Dengan kelebihannya, Anda dapat menggunakan speaker ini di dalam maupun luar ruangan. Bagi Anda yang menginginkan speaker serbaguna, produk ini bisa menjadi pilihan.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan Bluetooth speaker idaman Anda? Sangat penting memilih Bluetooth speaker yang sesuai dengan tempat dan tujuan penggunaannya, sehingga Anda dapat merasakan manfaat dari Bluetooth speaker tersebut.

Perlu diingat, sangat banyak produk Bluetooth speaker seharga di bawah 300 ribu-an yang beredar di pasaran. Jadi, Anda tidak perlu hanya berfokus dengan rekomendasi produk kami saja untuk mendapatkan produk yang Anda inginkan. Tunggu apalagi, temukan Bluetooth speaker idaman Anda!