1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Saat memasak, mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu adalah hal yang cukup merepotkan. Namun, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam fungsi, desain, dan cara pakai, Anda mungkin akan bingung dalam memilih food chopper yang bagus.

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih food chopper terbaik. Kami akan me-review merek food chopper yang populer, seperti Baby Safe, Kuru, Freemir, dan Tupperware. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemilik restoran dan chef kami, Laire Siwi Mentari. Selamat membaca!
Diperbaharui 07-25-2022
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih food chopper

Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih food chopper. Catatlah lima poin dari kami di bawah ini supaya Anda mendapatkan produk terbaik.

① Carilah produk dengan cara pengoperasian yang nyaman bagi Anda

Food chopper dibagi menjadi tiga tipe verdasarkan cara pengoperasiannya, yakni string pull, handle, dan push. Berikut adalah ulasan mengenai karakteristik dari tiap-tiap tipe. 

String pull, tidak memerlukan banyak tenaga

Tipe string pull sangat memudahkan Anda untuk menghaluskan bahan masakan. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghaluskan bahan tanpa banyak tenaga. Food chopper ini juga membuat Anda lebih mudah menentukan tingkat kehalusan karena tarikan talinya dapat dikendalikan.


Cukup dengan menarik tali yang terpasang pada tutup string pull, pisau akan berputar. Jika menginginkan hasil bahan yang halus, Anda bisa menarik talinya dengan keras dan cepat. Sebaliknya, tariklah tali dengan agak lambat jika Anda ingin hasil yang kasar.


Bentuknya yang tanpa handle ataupun gundukan terbilang compact sehingga tipe ini mudah disimpan. Namun, Anda harus lebih berhati-hati karena tali penariknya lebih mudah putus jika kurang cermat merawatnya. Sebagai informasi, tipe ini sangat mudah ditemukan sehingga Anda bisa memilih kapasitas dan model yang disukai.

Handle, menghaluskan bahan dalam jumlah banyak sekaligus

Tipe ini adalah food chopper dengan handle yang harus diputar untuk menggerakkan pisaunya. Kecepatan rotasi pisau akan selaras dengan kecepatan Anda memutar handle. Untuk itu, tipe ini sangat ideal bagi Anda yang ingin mengatur halus dan kasarnya hasil potongan.


Namun, handle tipe ini akan sedikit berat untuk diputar jika jumlah bumbunya agak banyak atau bertekstur keras. Selain itu, Anda perlu lebih berhati-hati apabila menggunakan pemutar berbahan plastik. Produknya akan mudah patah saat digunakan untuk menghaluskan bahan dengan tekstur keras dalam jumlah banyak.


Seperti yang dapat dilihat pada gambar, tipe ini tentu akan memakan ruang saat disimpan karena adanya handle. Food chopper dengan handle yang dapat dilepas dan dipasang akan memudahkan Anda saat menyimpannya.

Push, efisien dan mudah digunakan

Push, efisien dan mudah digunakan

Food chopper tipe ini memutar pisau dengan gaya sentrifugal yang dihasilkan ketika Anda menekan tutupnya. Karena sistemnya tersebut, tipe ini hadir dalam bentuk yang compact. Tipe push bisa digunakan untuk mencincang sayuran, daging, atau melumatkan bumbu.


Saat ini sudah banyak food chopper tipe push dengan mangkuk penampung yang besar. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan di dapur. Ada beberapa produk yang memungkinkan Anda untuk mencopot handle penekan dari mangkuknya. Dengan demikian, food chopper lebih mudah disimpan. Tipe ini merupakan food chopper yang paling efisien dan paling mudah untuk digunakan.


Mirip food chopperfood processor merupakan alat penghalus bahan masakan dengan sumber daya listrik. Silakan baca ulasan kami dibawah ini untuk membaca review lebih detail mengenai food processor

② Pilih sesuai bahan yang ingin Anda haluskan

Pilih sesuai bahan yang ingin Anda haluskan

Penting untuk memperhatikan spesifikasi food chopper yang Anda beli. Jangan sampai Anda sudah membelinya, tetapi bahan yang ingin digunakan tidak bisa dihaluskan oleh food chopper tersebut. Untuk itu, periksalah bahan apa saja yang dapat dihaluskan oleh suatu produk sehingga Anda bisa menggunakannya secara maksimal.


Jangan gunakan produk yang pemutarnya dari plastik untuk menghaluskan bahan dengan serat atau kulit yang keras. Beberapa bahan dengan karakter tersebut adalah jahe, lengkuas, daging, kemiri, dan ketumbar. Serat-serat dan kulit yang keras akan menghancurkan food chopper karena bahan plastik sangat ringkih. Jika dipaksakan, kemungkinan besar bagian pemutarnya akan patah atau pecah.


Pada dasarnya, semua food chopper dapat menghaluskan bawang. Beberapa di antaranya bahkan dapat digunakan untuk menghaluskan kacang dan daging. Jika Anda menemukan food chopper yang bisa menghaluskan banyak bahan, Anda dapat menghemat waktu dan mencoba berbagai resep.

③ Sesuaikan kapasitas produk dengan penggunaan dan ruang penyimpanan Anda

Sesuaikan kapasitas produk dengan penggunaan dan ruang penyimpanan Anda

Food chopper tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 450 ml hingga volume besar sekitar 1 liter. Produk berkapasitas 450 ml biasanya bisa dipakai untuk memotong setengah bawang bombai berukuran sedang. 


Untuk itu, pilihlah ukuran yang mudah digunakan dengan mempertimbangkan jumlah bahan yang dapat dipotong pada satu waktu. Anda juga perlu menyesuaikan kapasitas food chopper dengan luas tempat memasak dan ruang penyimpanannya.


Selain itu, menyesuaikan food chopper dengan tujuan penggunaannya tak kalah penting. Jika Anda akan menggunakannya untuk kapasitas rumah tangga, tipe string pull akan cukup memenuhi kebutuhan.


Namun, diperlukan karakter yang berbeda untuk kebutuhan berdagang atau produksi makanan dalam jumlah banyak. Pilihlah tipe push dengan pemutar berbahan stainless dan berkapasitas besar. Produknya akan sangat memudahkan Anda dalam menghaluskan berbagai bahan sehingga mempersingkat waktu.

④ Perhatikan juga fungsi lain yang dimiliki suatu produk

Fungsi dasar food chopper adalah untuk menghaluskan bahan. Namun, kini tak sedikit produk yang hadir dengan fungsi lainnya. Untuk itu, silakan perhatikan ulasan berikut. 

Penyesuaian tingkat kehalusan, menghasilkan potongan dengan tekstur kasar ataupun halus

Penyesuaian tingkat kehalusan, menghasilkan potongan dengan tekstur kasar ataupun halus

Jika ingin menggunakan food chopper untuk berbagai masakan, pilihlah produk dengan fungsi pengaturan tingkat kehalusan. Tingkat kehalusan pada tipe string pull dan handle dapat disesuaikan dengan jumlah tarikan atau putaran yang Anda lakukan


Namun, belum tentu demikian untuk tipe push. Tekanan tombol dan putaran pegas pemotong setiap produknya belum tentu dapat dikontrol. Akan lebih mudah jika tingkat kehalusan dapat disesuaikan dengan jumlah tarikan atau kekuatan tekanan. Jadi, Anda tidak perlu memeriksa seberapa kasar teksturnya setiap saat.


Fungsi ini amat penting karena dapat memudahkan Anda mendapatkan tekstur bahan yang diinginkan. Anda bisa mempertahankan rasa dari bahan makanan yang dipotong dengan tekstur kasar. Anda juga bisa memotong makanan hingga halus agar rasanya tidak terlalu mempengaruhi masakan Anda.

Mixing, draining, atau whipping, lebih praktis karena multifungsi

Mixing, draining, atau whipping, lebih praktis karena multifungsi

Ada banyak food chopper yang dapat digunakan untuk tujuan lain selain menghaluskan. Misalnya, mixing (mencampur), draining (menyaring), dan whipping (mengocok). Produk yang multifungsi biasanya memiliki beberapa elemen pengolah (pisau, saringan, pengocok) yang dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan.


Tipe yang multifungsi ini bisa jadi sangat mahal karena banyak fitur menarik yang dimilikinya. Namun, produknya akan sangat praktis bagi Anda yang aktif mengolah berbagai macam masakan. Selain itu, Anda jadi tidak perlu membeli alat-alat lain secara terpisah. Semuanya telah ada dalam food chopper multifungsi.


Supaya tidak mubazir, tentukan fungsi tambahan yang Anda butuhkan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa memilih produk yang dapat Anda gunakan secara efisien.

⑤ Pilihlah produk dengan perawatan yang mudah

Pilihlah produk dengan perawatan yang mudah
Dengan adanya food chopper di dapur Anda, mencincang bahan makanan dan menghaluskan bumbu dapur akan menjadi lebih mudah. ​​Akan tetapi, Anda bisa jadi malas memakainya jika malah kerepotan membersihkan alat tersebut. Jadi, pilihlah produk yang mudah dibersihkan.

Untuk peralatan dapur, kebersihan adalah hal yang sangat penting. Pilihlah food chopper dengan struktur sederhana, serta bilah pisau yang bisa dibongkar dan dilepaskan. Dengan begitu, Anda bisa mencucinya secara menyeluruh. Untuk Anda yang menggunakan mesin pencuci piring, periksalah apakah produk tersebut kompatibel dengan mesin pencuci piring.


Ada beberapa produk yang tidak bisa dilepas antara penutup dan bilah pisaunya. Produknya akan sangat merepotkan untuk dirawat. Bilah pisau perlu Anda cuci dan lap sampai benar-benar bersih setelah food chopper dipakai. Dengan begitu, tidak ada bekas bahan makanan yang dapat mengurangi kualitas bilah pisaunya. Jika bagian bilah pisau dan penutup tidak dapat dilepas, Anda akan kerepotan merawat produknya.

10 Rekomendasi food chopper terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk food chopper terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Han River

Blender Food Chopper

Han River Blender Food Chopper 1枚目

Tinggal tekan tombol, bahan-bahan lumat seketika

2

Freemir

Manual Chopper

Freemir Manual Chopper 1枚目

Lebih aman dan antiselip berkat alas berbantalan karet

3

Freemir

Penggiling Bumbu Manual

Freemir Penggiling Bumbu Manual  1枚目

Terdapat dua pilihan kecepatan penggilingan, serbaguna!

4

Kuru

Baby Food Chopper Blender

Kuru Baby Food Chopper Blender 1枚目

Jaminan kualitas produk dengan karet pengaman pada leher press button

5

UPUPIN

Hand Blender Mini Nirkabel Portabel 2 in 1

UPUPIN Hand Blender Mini Nirkabel Portabel 2 in 1 1枚目

Multifungsi, dilengkapi mixer untuk mengocok adonan

6

Starco

Manual Chopper

Starco Manual Chopper 1枚目

Lebih aman dengan fitur safety lock

7

Tupperware

Supersonic Chopper

Tupperware Supersonic Chopper 1枚目

Dalam hitungan detik, sudah dapat menghaluskan bahan dengan baik

8

Swift Chopper

Multifunction Food Processor

Swift Chopper Multifunction Food Processor 1枚目

Food chopper multifungsi untuk dapur Anda

9

Baby Safe

Food Chooper

Baby Safe Food Chooper 1枚目

Aman untuk bayi dengan pisau stainless steel 304

10

Kunataruma

Chopper Mini Portable Aesthetic

 Kunataruma Chopper Mini Portable Aesthetic 1枚目

Perpaduan warna putih dan nuansa kayu yang estetik

Perincian produk
Close
No.1

Han RiverBlender Food ChopperSR01

Mulai dari Rp169.000,00

Tinggal tekan tombol, bahan-bahan lumat seketika

Kelebihan:
  • Terdapat dua macam bilah pisau dan dua cup dengan ukuran berbeda
  • Desain simpel dan mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Perlu order bubble wrap ekstra untuk menghindari produk rusak selama pengiriman

Penghalus bumbu ini dapat dijalankan dengan mudah, yakni tinggal menekan tombol power di atasnya. Menariknya lagi, dalam satu set produk, Anda akan mendapatkan dua buah cup berukuran 100 ml dan 250 ml. Jenis pisau chopper-nya pun ada dua, yakni bilah dua daun dan tiga daun. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan kapasitas bahan dan level cincangan yang akan diinginkan dengan lebih fleksibel.

No.2

FreemirManual Chopper

Mulai dari Rp199.000,00

Lebih aman dan antiselip berkat alas berbantalan karet

Kelebihan:

  • Bagian alasnya antiselip
  • Ukuran dan desainnya handy 
  • Tiga mata pisau berbahan stainless steel (antikarat)

Kekurangan:

  • Perlu request bubble wrap ekstra untuk menghindari barang pecah saat dikirim


Dilengkapi tiga bilah pisau, food chopper ini bisa memotong, menghaluskan, dan mencampur makanan yang keras sekalipun. Gagang penariknya didesain dengan bentuk yang besar dan mudah untuk ditarik. 


Bantalan karet pada bagian bawah wadah akan mencegahnya tergelincir saat dioperasikan. Bagi Anda yang mencari food chopper minimalis yang kuat untuk mencincang daging, produk keluaran freemir ini layak diperhitungkan.

No.3

FreemirPenggiling Bumbu Manual

Mulai dari Rp220.000,00

Terdapat dua pilihan kecepatan penggilingan, serbaguna!

Kelebihan: 

  • Dua macam pengaturan kecepatan
  • Tiga mata pisau tajam berbahan stainless steel

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengeluhkan produk retak/pecah. Silakan request bubble wrap tambahan untuk menghindari barang rusak saat pengiriman

Nah, ini produk yang patut dipertimbangkan apabila Anda mencari food chopper yang serbaguna. Food chopper dengan handle ini memiliki dua pengaturan kecepatan penggilingan. Anda cukup memasang handle-nya pada lubang dengan kecepatan yang Anda butuhkan. Dibekali pisau berbilah tiga dari stainless steel, food chopper ini cukup powerful untuk mencacah daging. 

No.4

KuruBaby Food Chopper BlenderFC2001

Mulai dari Rp131.500,00

Jaminan kualitas produk dengan karet pengaman pada leher press button

Kelebihan:
  • Terdapat karet pengaman pada bagian press button
  • Material food grade


Kekurangan:

  • Tidak ada tambahan alas antiselip pada bagian bawah produk

Pusher alat ini sangat ringan dan mudah untuk ditekan. Anda dapat mencincang segala jenis makanan, seperti sayur, buah, kacang, dan lainnya dengan lebih mudah dan cepat. 


Saat pertama membelinya, Anda akan menjumpai seutas karet yang melingkari bagian leher press button. Karet tersebut berfungsi agar press button-nya aman dari gencetan benda lain selama pengiriman. Saat hendak menggunakannya, silakan lepas dahulu karet pengaman tersebut, ya.

No.5

UPUPINHand Blender Mini Nirkabel Portabel 2 in 1

Mulai dari Rp388.000,00

Multifungsi, dilengkapi mixer untuk mengocok adonan

Kelebihan:
  • Multifungsi, dilengkapi dua buah whisk untuk mengocok telur/mencampur adonan
  • Tingkat kebisingan rendah

Kekurangan:

  • Mixer kurang cocok untuk mengocok adonan dalam waktu lama

Jika Anda anak indekos yang hobi memasak, mini chopper ini merupakan alat yang dapat dipertimbangkan. Dalam satu pembelian, Anda sudah mendapatkan alat penghalus bumbu serta mixer portable yang terdiri dari dua macam whisk


Cara pakainya pun mudah. Jika hendak digunakan sebagai mixer, lekatkan ujung whisk ke head mesin. Setelah itu, Anda tinggal memencet tombol pada gagang head mesin untuk menjalankan alatnya.

No.6

Lebih aman dengan fitur safety lock

Kelebihan:

  • Dilengkapi sistem safety lock
  • Tiga mata pisau berbahan stainless steel SUS 304 (food grade)
  • Terdapat silikon antiselip pada bagian bawah wadah


Kekurangan:
  • Beberapa pengguna berpendapat barang agak ringkih

Mencari food chopper yang aman digunakan? Mungkin produk ini yang Anda butuhkan. Food chopper ini dilengkapi safety lock yang menjaga supaya wadah dan tutupnya tidak terbuka saat alat beroperasi.


Ditambah lagi, cara penggunaannya sangat simpel, efisien, dan hemat tenaga. Cukup tekan ke bawah saja pusher-nya. Bahan masakan Anda pun akan tercincang halus dalam sekejap.
No.7

TupperwareSupersonic Chopper

Mulai dari Rp475.000,00

Dalam hitungan detik, sudah dapat menghaluskan bahan dengan baik

Kelebihan:

  • Desainnya handy
  • Merek terkenal

Kekurangan:

        • Hati-hati terhadapat produk tiruan yang beredar di pasaran

        Kapasitas food chopper ini cukup untuk kebutuhan ringan sehari-hari. Bentuknya juga handy sehingga mudah untuk digenggam. Alat ini dilengkapi dengan tiga pisau yang mampu mencacah bahan makanan hingga halus dalam waktu singkat. Setiap bagiannya juga dapat dilepas sehingga mudah untuk dibersihkan. Alat ini cocok bagi Anda yang memiliki ruang dapur yang sempit.

        No.8

        Swift ChopperMultifunction Food Processor

        Mulai dari Rp45.000,00

        Food chopper multifungsi untuk dapur Anda

        Kelebihan:

        • Tuasnya besar sehingga terkesan kukuh
        • Kapasitas besar, bisa memuat banyak bahan 

        Kekurangan:
          • Bagian alas tidak ada karet antiselipnya, Anda harus memegangi produk agar tidak bergeser

          Dengan alat ini, Anda dapat menggiling buah, sayur, daging, mengocok telur, serta mengeringkan sayuran. Karena ukurannya yang cukup besar, alat ini dapat mencacah bahan makanan dalam jumlah yang banyak.


          Bila Anda memiliki banyak anggota keluarga dan sering memasak dalam jumlah besar, alat ini cocok bagi Anda. Selain itu, fitur lain yang dimiliki produk dapat membantu kegiatan memasak Anda.

          No.9

          Baby SafeFood ChooperCP001

          Mulai dari Rp78.400,00

          Aman untuk bayi dengan pisau stainless steel 304

          Kelebihan:

          • Pisau stainless steel SUS 304 (food grade)

          Kekurangan:
              • Tidak ada karet antiselip pada alas produk, Anda harus memegangi produk agar tidak bergeser

              Menyiapkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) akan lebih praktis dengan produk ini. Food chopper ini dilengkapi pisau stainless steel SUS 304 yang aman untuk menyiapkan makanan buah hati Anda.


              Food chopper ini juga bisa dijadikan pilihan jika Anda mencari produk tipe string pull berkapasitas besar. Daging, buah, dan sayur, semuanya bisa disiapkan dengan cepat!

              No.10

              KunatarumaChopper Mini Portable Aesthetic

              Mulai dari Rp201.000,00

              Perpaduan warna putih dan nuansa kayu yang estetik

              Kelebihan:
              • Cocok untuk dapur minimalis

              Kekurangan:

              • Bagian alas tidak dialasi karet antiselip, Anda harus memegangi produk agar tidak bergeser

              Kunataruma merupakan online shop yang etalasenya dipenuhi produk-produk rumah tangga estetik dan cantik. Salah satunya adalah food chopper bernuansa putih dengan pull kayu natural ini. Jika Anda penggemar produk bernuansa Japandi, seperti yang saat ini ngetren di medsos, alat ini layak diperhitungkan. Dapur dan konten home cooking Anda pun akan terlihat makin instagrammable!

              Tips membersihkan food chopper dari chef kami, Laire Siwi Mentari

              Tips membersihkan food chopper dari chef kami, Laire Siwi Mentari

              Sebaiknya bersihkanlah food chopper dengan segera setelah selesai digunakan. Bongkar bagian pisau dan tutup, lalu cuci bersih bagian bilah pisau dan mangkuk penampung. Jika tidak segera dibersihkan, bilah pisau akan mudah tumpul dan mangkuk penampung akan cepat berubah warna.

              Baca juga rekomendasi peralatan penghalus bahan makanan lainnya di sini

              Selain food chopper, masih ada peralatan dapur lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menghaluskan bahan makanan. Kami juga memiliki rekomendasi blender dan penggiling daging. Baca ulasan lebih lengkapnya dari kami di bawah ini!

              Kesimpulan

              Memilih food chopper sebaiknya tidak sembarangan. Sesuaikanlah dengan kuantitas masakan yang akan dibuat, jenis makanan, dan ruang penyimpanan dapur Anda. Untuk itu, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

              Jika Anda memilih dan menggunakan food chopper dengan bijak, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga. Kegiatan memasak untuk keluarga pun pasti akan lebih menyenangkan. Jadi, pastikan Anda memilih food processor terbaik, ya!

              Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
              Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

              Artikel terkait

              Artikel populer

              Favlist populer