• 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Saat ini internet bisa dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder manusia. Sinyal Wi-Fi yang lemah atau tidak stabil seringkali menghambat aktivitas atau produktivitas kerja Anda. Jaringan internet yang tidak stabil bisa disebabkan oleh struktur bangunan, provider internet, dan faktor cuaca.

Anda bisa menambahkan penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater agar aktivitas tidak terhambat. Penguat sinyal juga mampu memperkuat jaringan Wi-Fi lebih luas yang sebelumnya tidak terjangkau oleh router. Ada beragam penguat sinyal yang bisa jadi pilihan . Sebelum membeli, ada baiknya mempelajari terlebih dulu jenis penguat sinyal Wi-Fi yang Anda butuhkan. Selamat membaca !
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.580 Views
Daftar isi

Cara memilih penguat sinyal Wi-Fi

Anda pasti sering merasa kesal ketika pekerjaan terganggu lantaran sinyal Wi-Fi yang tidak stabil. Apalagi jika kondisi bangunan bersekat-sekat atau posisi Anda yang tidak terjangkau Wi-Fi. Selain itu faktor cuaca yang tidak bisa ditebak seringkali membuat kekuatan sinyal internet naik turun. Salah satu solusinya adalah memasang penguat sinyal agar lebih stabil dan menjangkau area yang lebih luas.
Bagi pemula dan Anda yang tidak terbiasa dengan perangkat elektronik, kami akan membantu menentukan jenis penguat sinyal Wi-Fi yang sesuai. Berikut ini adalah cara memilih penguat sinyal yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan standar Wi-Fi dengan kecepatan komunikasi

Sesuaikan standar Wi-Fi dengan kecepatan komunikasi
Penguat sinyal Wi-Fi harus disesuaikan dengan kecepatan komunikasi yang dimiliki router induk. Pada umumnya kecepatan Wi-Fi standar adalah 433 sampai 867 Mbps. Bahkan ada juga yang kecepatannya lebih tinggi. Misalnya pada model high-speed kecepatan internet bisa melebihi 1000 Mbps pada 5 GHz. Jika Anda menginginkan internet yang cepat dalam bekerja, Anda bisa memilih model high-speed dengan kecepatan 1000 Mbps.

Sesuaikan frekuensi penguat sinyal Wi-Fi dengan router induk

Sesuaikan frekuensi penguat sinyal Wi-Fi dengan router induk
Ada dua jenis penguat sinyal Wi-Fi, yaitu penguat sinyal Wi-Fi dengan frekuensi 2,4 GHz dan frekeuensi 5 GHz. Anda pun harus memperhatikan frekuensi yang terdapat pada router induk. Ada penguat sinyal yang kompatibel dengan kedua frekuensi tersebut, namun ada pula yang hanya bisa digunakan untuk salah satu frekuensi saja.

Penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz

Penguat sinyal dengan kekuatan 2,4 GHz bisa memperluas jangkauan router Wi-Fi dan cocok digunakan ruangan yang memiliki banyak sekat atau tembok. Penguat sinyal juga efisien dipakai ketika cuaca buruk, misal hujan deras atau badai. Kelemahannya penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz seringkali terganggu dengan sinyal lain yang memiliki frekuensi serupa.

Penguat sinyal dengan frekuensi 5 GHz

Jangkauan penguat sinyal Wi-Fi dengan kekuatan 5 GHz cenderung lebih sempit jika dibandingkan penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz. Namun demikian, penguat sinyal dengan frekuensi 5 GHz tidak banyak terganggu dengan frekuensi atau gelombang lain. Penguat sinyal jenis ini cocok digunakan untuk rumah tinggal dan pengguna yang suka video streaming atau game online.

Perhatikan lokasi instalasi router Wi-Fi

Perhatikan lokasi instalasi router Wi-Fi
Ada dua jenis penguat sinyal Wi-Fi yang sering digunakan, terpasang tanpa kabel (wireless) atau menggunakan kabel penghubung yang bisa dipasang di antara router dan pengguna. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan lebih dulu posisi router dengan pengguna. Selain itu juga pastikan letak stopkontak untuk mencolokkan penguat sinyal tersebut. Penguat sinyal yang tidak berada di dekat router bisa dipasang di mana saja asal terdapat stopkontak.

Periksa port LAN pada router

Periksa port LAN pada router
Jika Anda menggunakan perangkat yang tidak punya fasilitas Wi-Fi, maka Anda harus memperhatikan ada tidaknya port LAN untuk menghubungkan perangkat ke router atau penguat sinyal Wi-Fi. Sebelum menghubungkan perangkat yang tidak memiliki fasilitas Wi-Fi baik komputer ataupun televisi, pastikan dulu ada tidaknya port LAN dan jumlah port LAN yang ada. Port LAN juga berfungsi sebagai cadangan jika fitur Wi-Fi di perangkat kerja Anda mengalami kerusakan atau tidak dapat digunakan.

Periksa pengaturan router

Periksa pengaturan router
Periksa lebih dulu router Wi-Fi sebagai rumah induk. Apakah perlu pengaturan atau setelan tertentu jika dipasang penguat sinyal. Ada router yang harus diatur secara manual dan ada pula yang tidak perlu disetel sehingga otomatis terpasang.
Jika Anda tidak ingin kerepotan mengatur setelan penguat Wi-Fi, apalagi jika Anda sama sekali jarang bersentuhan dengan perangkat elektronik, sebaiknya memilih penguat sinyal yang otomatis. Penguat sinyal yang otomatis hanya perlu menekan satu tombol saja, maka akan langsung terhubung dengan router.

Sesuaikan penguat sinyal dengan router induk

Sesuaikan penguat sinyal dengan router induk
Ada berbagai macam merek penguat sinyal Wi-Fi yang ada di pasaran. Ketika Anda hendak memilih penguat sinyal, sesuaikan dengan router Wi-Fi yang digunakan. Tidak perlu dengan merek yang sama, asalkan penguat sinyal tersebut kompatibel atau cocok jika dipasang dengan router induk, maka bisa digunakan. Memang lebih baik jika Anda menggunakan merek yang sama dengan router induk. Namun jika sulit menemukan atau harga tidak sesuai budget Anda bisa memilih merek lain asal kompatibel.

10 Rekomendasi penguat sinyal Wi-Fi terbaik

Berikut ini kami berikan 10 rekomendasi penguat sinyal terbaik yang bisa Anda sesuaikan dengan router di rumah Anda. Simak ulasan berikut ini !

10. KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater 300 Mbps WL0189

Rp0,00

9. Wavlink AC1200 Router Nirkabel Wi-Fi

Rp413.000,00

8. Universal 300 Mbps Penguat Sinyal Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi

Rp279.000,00

7. WR01 Mini Portable

Rp180.000,00

6. TP-Link TL-WA850RE 300Mbps Universal Wireless N Range Extender

Rp249.000,00

5. Xiaomi Wi-Fi Range Extender Repeater Amplifier

Rp413.250,00

4. Huawei Wi-Fi Extender WS331C

Rp310.000,00

3. Comfast Extender Penguat Sinyal

Rp204.000,00

2. Huawei WS322 3in1

Rp338.000,00

1 . TP-LINK TL-WA860RE

Rp0,00

Kesimpulan

Nah, demikian 10 rekomendasi penguat sinyal terbaik yang dapat dijadikan acuan. Masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangan. Perlu diketahui harga mahal bukanlah jaminan produk tersebut berkualitas. Jadi selain mempertimbangkan harga, sesuaikan perangkat penguat sinyal ini dengan kebutuhan Anda.
Bagaimana menurut Anda? Sudahkah mendapatkan penguat sinyal yang terbaik? Penguat sinyal akan mempermudah pekerjaan dan aktivitas Anda sehari-hari. Baik di rumah, kantor, ataupun tempat usaha yang sedang Anda rintis. Jika Anda memiliki usaha, seperti kafe salah satu daya tarik pengunjung adalah fasilitas Wi-Fi. Itu sebabnya Anda harus memilih perangkat penguat sinyal yang sesuai. Selamat memilih.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    8.631 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    6.779 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    7.083 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    6.219 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    5.658 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    3.987 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Anda pasti memiliki beberapa dokumen penting yang tidak boleh sampai hilang ataupun rusak, seperti ijazah, akta kelahiran, atau piagam penghargaan. Untuk menjaga dokumen penting Anda tetap dalam kondisi terbaik, ada baiknya Anda laminasi dokumen-dokumen tersebut menggunakan mesin laminating. Mesin laminating dapat membuat dokumen Anda lebih awet, mengkilap, tahan gores serta terhindar dari kebasahan.Memang sekilas semua mesin laminating terlihat sama. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mesin laminating yang banyak dijual di pasaran memiliki spesifikasi dan kualitas yang berbeda-beda. Simak ulasan mengenai mesin laminating dalam artikel ini untuk mengetahui cara memilih yang baik serta produk terbaik yang kami rekomendasikan!
    Elektronik rumah tangga
    306 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori