10 Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Saat ini internet bisa dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder manusia. Sinyal Wi-Fi yang lemah atau tidak stabil seringkali menghambat aktivitas atau produktivitas kerja Anda. Jaringan internet yang tidak stabil bisa disebabkan oleh struktur bangunan, provider internet, dan faktor cuaca.

Anda bisa menambahkan penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater agar aktivitas tidak terhambat. Penguat sinyal juga mampu memperkuat jaringan Wi-Fi lebih luas yang sebelumnya tidak terjangkau oleh router. Ada beragam penguat sinyal yang bisa jadi pilihan . Sebelum membeli, ada baiknya mempelajari terlebih dulu jenis penguat sinyal Wi-Fi yang Anda butuhkan. Selamat membaca !

Daftar isi

Cara memilih penguat sinyal Wi-Fi

Anda pasti sering merasa kesal ketika pekerjaan terganggu lantaran sinyal Wi-Fi yang tidak stabil. Apalagi jika kondisi bangunan bersekat-sekat atau posisi Anda yang tidak terjangkau Wi-Fi.  Selain itu faktor cuaca yang tidak bisa ditebak seringkali membuat kekuatan sinyal internet naik turun. Salah satu solusinya adalah memasang penguat sinyal agar lebih stabil dan menjangkau area yang lebih luas.

Bagi pemula dan Anda yang tidak terbiasa dengan perangkat elektronik, kami akan membantu menentukan jenis penguat sinyal Wi-Fi yang sesuai. Berikut ini adalah cara memilih penguat sinyal yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan standar Wi-Fi dengan kecepatan komunikasi

Sesuaikan standar Wi-Fi denga kecepatan komunikasi

Penguat sinyal Wi-Fi harus disesuaikan dengan kecepatan komunikasi yang dimiliki router induk. Pada umumnya kecepatan Wi-Fi standar adalah 433 sampai 867 Mbps. Bahkan ada juga yang kecepatannya lebih tinggi. Misalnya pada model high-speed kecepatan internet bisa melebihi 1000 Mbps pada 5 GHz. Jika Anda menginginkan internet yang cepat dalam bekerja, Anda bisa memilih model high-speed dengan kecepatan 1000 Mbps.

Sesuaikan frekuensi penguat sinyal Wi-Fi dengan router induk

Sesuaikan penguat sinyal Wi-Fi dengan tempat tinggal atau kantor Anda

Ada dua jenis penguat sinyal Wi-Fi, yaitu penguat sinyal Wi-Fi dengan frekuensi 2,4 GHz dan frekeuensi 5 GHz.  Anda pun harus memperhatikan frekuensi yang terdapat pada router induk. Ada penguat sinyal yang kompatibel dengan kedua frekuensi tersebut, namun ada pula yang hanya bisa digunakan untuk salah satu frekuensi saja.

Penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz

Penguat sinyal dengan kekuatan 2,4 GHz bisa memperluas jangkauan router Wi-Fi dan cocok digunakan ruangan yang memiliki banyak sekat atau tembok.  Penguat sinyal juga efisien dipakai ketika cuaca buruk, misal hujan deras atau badai.  Kelemahannya penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz seringkali terganggu dengan sinyal lain yang memiliki frekuensi serupa.

Penguat sinyal dengan frekuensi 5 GHz

Jangkauan penguat sinyal Wi-Fi dengan kekuatan 5 GHz cenderung lebih sempit jika dibandingkan penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz.  Namun demikian, penguat sinyal dengan frekuensi 5 GHz tidak banyak terganggu dengan frekuensi atau gelombang lain. Penguat sinyal jenis ini cocok digunakan untuk rumah tinggal dan pengguna yang suka video streaming atau game online.

Perhatikan lokasi instalasi router Wi-Fi

Perhatikan lokasi instalasi router Wi-Fi

Ada dua jenis penguat sinyal Wi-Fi yang sering digunakan, terpasang tanpa kabel (wireless) atau menggunakan kabel penghubung yang bisa dipasang di antara router dan pengguna. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan lebih dulu posisi router dengan pengguna. Selain itu juga pastikan letak stopkontak untuk mencolokkan penguat sinyal tersebut. Penguat sinyal yang tidak berada di dekat router bisa dipasang di mana saja asal terdapat stopkontak.

Periksa port LAN pada router

Periksa port LAN pada router

Jika Anda menggunakan perangkat yang tidak punya fasilitas Wi-Fi, maka Anda harus memperhatikan ada tidaknya port LAN untuk menghubungkan perangkat ke router atau penguat sinyal Wi-Fi. Sebelum menghubungkan perangkat yang tidak memiliki fasilitas Wi-Fi baik komputer ataupun televisi, pastikan dulu ada tidaknya port LAN dan jumlah port LAN yang ada. Port LAN juga berfungsi sebagai cadangan jika fitur Wi-Fi di perangkat kerja Anda mengalami kerusakan atau tidak dapat digunakan.

Periksa pengaturan router

Periksa pengaturan router

Periksa lebih dulu router Wi-Fi sebagai rumah induk. Apakah perlu pengaturan atau setelan tertentu jika dipasang penguat sinyal. Ada router yang harus diatur secara manual dan ada pula yang tidak perlu disetel sehingga otomatis terpasang.

Jika Anda tidak ingin kerepotan mengatur setelan penguat Wi-Fi, apalagi jika Anda sama sekali jarang bersentuhan dengan perangkat elektronik, sebaiknya memilih penguat sinyal yang otomatis. Penguat sinyal yang otomatis hanya perlu menekan satu tombol saja, maka akan langsung terhubung dengan router.

Sesuaikan penguat sinyal dengan router induk

Sesuaikan penguat sinyal dengan router induk

Ada berbagai macam merek penguat sinyal Wi-Fi yang ada di pasaran. Ketika Anda hendak memilih penguat sinyal, sesuaikan dengan router Wi-Fi yang digunakan. Tidak perlu dengan merek yang sama, asalkan penguat sinyal tersebut kompatibel atau cocok jika dipasang dengan router induk, maka bisa digunakan. Memang lebih baik jika Anda menggunakan merek yang sama dengan router induk. Namun jika sulit menemukan atau harga tidak sesuai budget Anda bisa memilih merek lain asal kompatibel.

10 Rekomendasi penguat sinyal Wi-Fi terbaik

Berikut ini kami berikan 10 rekomendasi penguat sinyal terbaik yang bisa Anda sesuaikan dengan router di rumah Anda. Simak ulasan berikut ini !

10. KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater 300 Mbps WL0189

10. KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater 300 Mbps WL0189

Lihat produk ini di Lazada

Harga :  Rp168.900

Menstabilkan sinyal ketika hujan deras

Penguat sinyal Wi-Fi merek KexTech ini cenderung ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Bisa menjangkau sudut rumah atau kantor yang tidak terjangkau sinyal Wi-Fi dari access point. Perangkat ini mendukung Wi-Fi 802.11b/g/n dan memiliki kecepatan maksimal sampai dengan 30 Mbps dan frekuensi WLAN 2.4 GHz.

Selain itu pemasangan dari Wi-Fi repeater ini juga lebih mudah dan tidak memerlukan penyetelan khusus. Penting bagi Anda untuk tetap lancar menggunakan internet kendati hujan deras. Seringkali dalam cuaca yang buruk, sinyal internet atau Wi-Fi juga terganggu. Dengan produk ini kerjaan Anda tetap beres dalam kondisi apapun!

9. Wavlink AC1200 Router Nirkabel Wi-Fi

9. Wavlink AC1200 Router Nirkabel Wi-Fi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 413.000

Memaksimalkan sinyal meski out of range

Penguat sinyal merek ini mampu memaksimalkan jaringan Wi-Fi ke tempat-tempat yang tak terjangkau maupun tempat yang terjangkau namun sinyalnya sangat lemah. Penguat Wi-Fi ini cocok digunakan untuk tempat-tempat yang luas, seperti ruang terbuka hijau atau fasilitas umum yang menyediakan Wi-Fi. Anda yang membuka usaha kafe dengan nuansa outdoor bisa juga memilih penguat sinyal merek ini.

Penggunannya pun cukup mudah karena secara otomatis akan tersambung dengan router induk. Anda hanya perlu menekan tombol on/off saja untuk mengoperasikannya. Terdapat lampu indikator yang dapat memberitahukan jika sinyal lemah atau Wi-Fi mati karena masalah operasional. Tidak perlu khawatir jika perangkat Anda tidak terdapat fasilitas Wi-Fi. Ada LAN port yang bisa digunakan ke komputer atau ke televisi.

8. Universal 300 Mbps Penguat Sinyal Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi

8. Universal 300 Mbps Penguat Sinyal Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp  279.000

Cocok untuk lingkungan perkantoran

Penguat sinyal merek universal ini bisa digunakan di lingkungan perkantoran yang lumayan besar. Selain memperkuat sinyal internet yang seringkali tidak stabil, ia juga bisa digunakan untuk memperluas jangkauan Wi-Fi bahkan ketika posisi Anda berada di luar access point Wi-Fi.

Kecepatan maksimal yang dimiliki penguat sinyal ini mencapai 300 Mbps dan WLAN Network 2,4 GHz. Ukurannya yang kecil sangat mudah dibawa ke mana saja dan Anda dapat menggunakannya secara pribadi. Ada dual LAN port yang disediakan, sehingga Anda dapat mengubah jaringan sewaktu-waktu diperlukan.

7. WR01 Mini Portable

7. WR01 Mini Portable

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 180.000

Praktis, tidak memerlukan kabel tambahan

Produk penguat sinyal yang satu ini tanpa kabel dan memiliki kecepatan data mencapai 300 Mbps. Jika berada di luar range akses Wi-Fi, Anda masih dapat menangkap sinyalnya. Selain itu penguat sinyal ini sesuai untuk memutar video streaming ataupun siaran televisi melalui jaringan internet.

Anda cukup mencolokkan penguat sinyal ini ke stopkontak lalu menekan tombol dan secara otomatis sinyal Wi-Fi ini bisa bekerja. Alat ini bisa dipasang di tengah ruangan untuk memperluas jangkauan. Merek ini sangat sesuai jika digunakan di rumah atau kantor kecil. Penguat sinyal ini biasa digunakan pada jaringan WLAN 802.11n (draft 2.0) untuk akses nirkabel.

 6.  TP-Link TL-WA850RE 300Mbps Universal Wireless N Range Extender

 6. TP-Link TL-WA850RE 300Mbps Universal Wireless N Range Extender

Lihat produk ini di Lazada

Harga :  Rp 249.000

Cocok untuk video streaming dan game online

Penguat sinyal tipe ini dibikin untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kekuatan sinyal. Terdapat port ethernet sehingga bisa mengubah perangkat kabel menjadi nirkabel. Perangkat ini memiliki kecepatan hingga 300Mbps 802.11n. sehingga cocok digunakan untuk video streaming, music streaming, dan game online.

Pemasangannya pun cukup mudah, hanya dengan menekan tombol WPS pada router lalu range extender, dan tombol pair maka perangkat akan terhubung secara otomatis. Selain itu perangkat ini juga akan otomatis menyesuaikan jika terdapat perubahan setelan pada router sehingga tidak perlu menyetel ulang.

5. Xiaomi Wi-Fi Range Extender Repeater Amplifier

5. Xiaomi Wi-Fi Range Extender Repeater Amplifier

Lihat produk  ini  di Lazada

Harga : Rp 413.250

Cocok untuk rumah atau kantor dengan banyak ruangan

Penguat sinyal ini dapat diletakkan di area yang tidak terjangkau sinyal atau di area yang sinyalnya lemah. Anda tidak perlu memasang router atau mesin induk baru agar dapat menjangkau sinyal Wi-Fi lebih luas lagi. Namun penguat sinyal ini perlu penyetalan ketika dipasang. Anda perlu mengunduh App Mi Home dan melakukan setelan agar sinkron dengan router induk.

Penguat sinyal Wi-Fi wireless ini bisa digunakan untuk usaha kecil, kantor yang membutuhkan jaringan luas, dan rumah tinggal. Ruangan yang besar atau bersekat-sekat biasanya membutuhkan jaringan Wi-Fi dengan beberapa akses point.  Jika menggunakan kabel akan kerepotan memasang dan membutuhkan biaya ekstra untuk membeli kabel. Dengan alat ini tidak memerlukan router baru, sehingga lebih praktis.

4.  Huawei Wi-Fi Extender WS331C

4. Huawei Wi-Fi extender

Lihat produk ini di lazada

Harga :  Rp 310.000

Anda pasti sering menemui masalah koneksi internet yang lemah dan kurang stabil. Kondisi seperti itu tentu akan menganggu aktivitas Anda. Salah satu cara agar terhindar dari masalah sinyal yang tidak stabil adalah memasang penguat sinyal.

Penguat sinyal merek ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah Anda. Sangat praktis, karena hanya perlu menancapkan perangkat ke colokan listrik  yang dekat dengan lokasi router atau di lokasi yang tidak terjangkau sinyal lalu menekan tombol wps di router induk dan perangkat penguat sinyal.

3. Comfast Extender Penguat Sinyal

3. Comfast extender penguat sinyal

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 204.000

Menjangkau seluruh ruangan rumah

Penguat sinyal ini bisa digunakan di rumah dua lantai atau punya banyak kamar. Perangkat ini memiliki antena dengan kekuatan transmit 10 dbi dan kecepatan internet mencapai 300Mbps. Pada perangkat ini terdapat dual realtek chipset yang berfungsi bukan hanya memperluas sinyal Wi-Fi akan tetapi juga menstabilkan jaringan dan mempercepat internet.

Selain itu alat ini juga mudah dipasang dan dioperasikan. Cukup menekan tombol WPS yang ada extender dan pada router secara otomatis jaringan Wi-Fi akan terkoneksi. Alat ini bisa dinyalakan 24 jam dan tidak memerlukan daya listrik yang besar. Cocok untuk Anda yang mempunyai rumah bertingkat atau kos-kosan.

2.  Huawei WS322 3in1

2. Huawei WS322 3in1

Lihat produk ini di Lazada

Harga :  Rp 338.000

Bisa berfungsi sebagai router

Huawei extender cocok digunakan untuk perangkat router merek apapun. Dapat memperluas jangkauan router baik Wi-Fi ataupun Mi-Fi. Bisa digunakan di rumah atau di kantor dan meratakan sinyal ke seluruh ruangan. Pengoperasiannya pun cukup mudah hanya dengan tombol on/off saja perangkat dapat mencari dan memperkuat sinyal secara otomatis.

Terdapat dua antena di dalam perangkat untuk menunjang kecepatan internet sampai dengan 300 Mbps dengan frekuensi 2,4 GHz. Bentuknya kecil dengan desain yang elegan. Perangkat ini bisa digunakan menggunakan kabel untuk terkoneksi dengan gawai dan nirkabel.  Selain berfungsi sebagai penguat sinyal, perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai router dan client.

1 . TP-LINK TL-WA860RE

1 . TP-LINK TL-WA860RE

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 495.000

Bisa digunakan untuk kantor, rumah, atau tempat usaha

Perangkat ini mampu memperluas dan meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi yang Anda butuhkan sampai dengan 300 Mbps. Pekerjaan dan aktivitas berselancar Anda akan maksimal. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk tersambung ke router yaitu dengan nirkabel dan menggunakan kabel. Ada port ethernet yang berfungsi sebagai adaptor wireless.

Penguat sinyal merek ini sangat ideal untuk rumahan, kantor, dan usaha seperti game online, dan kafe. Uniknya, perangkat ini juga dilengkapi dengan stopkontak yang dapat menghubungkan perangkat elektronik dengan listrik. Perangkat penguat sinyal ini dilengkapi dengan dua antena yang menjamin kualitas kecepatan internet dan jangkauan lebih kuat.

Kesimpulan

Nah, demikian 10 rekomendasi  penguat sinyal terbaik yang dapat dijadikan acuan. Masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangan. Perlu diketahui harga mahal bukanlah jaminan produk tersebut berkualitas. Jadi selain mempertimbangkan harga, sesuaikan perangkat penguat sinyal ini dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah mendapatkan penguat sinyal yang terbaik? Penguat sinyal akan mempermudah pekerjaan dan aktivitas Anda sehari-hari. Baik di rumah, kantor, ataupun tempat usaha yang sedang Anda rintis. Jika Anda memiliki usaha, seperti kafe salah satu daya tarik pengunjung adalah fasilitas Wi-Fi. Itu sebabnya Anda harus memilih perangkat penguat sinyal yang sesuai. Selamat memilih.