• 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Internet menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Tanpa koneksi yang stabil, banyak aktivitas dan pekerjaan terganggu. Untuk itu, Anda membutuhkan penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater. Wi-Fi repeater berfungsi menangkap sinyal dari router utama dan menyebarkannya ke area yang sulit dijangkau router induk. 


Saat ini, ada berbagai produk penguat sinyal Wi-Fi yang dapat Anda temukan di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih penguat sinyal Wi-Fi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa jadi pilihan, seperti ASUS, PROLiNK, Xiaomi, dan lainnya. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 18 Oktober 2021
  • 154.177 Views
Daftar isi

Mengenal penguat sinyal Wi-Fi

Mengenal penguat sinyal Wi-Fi

Penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater adalah perangkat yang menerima gelombang radio dari router LAN nirkabel. Kemudian, perangkat tersebut melanjutkan sinyal Wi-Fi ke unit slave atau perangkat penerima, seperti smartphone atau PC. 


Fungsi Wi-Fi repeater adalah memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi yang berasal dari router utama. Perangkat ini sangat berguna jika kamar Anda sulit dijangkau sinyal Wi-Fi atau koneksi Wi-Fi sering terputus.


Namun, perlu diingat, pemasangan Wi-Fi repeater tidak semata-mata menjamin efektivitas perangkat Anda menangkap sinyal. Anda perlu memperhatikan juga lokasi pemasangan penguat sinyal Wi-Fi. Jika jarak router dengan perangkat terlalu jauh, kecepatan internet yang diterima mungkin tidak sesuai yang diharapkan. 


Untuk memastikannya, Anda dapat menggunakan smartphone untuk mengukur kecepatan koneksi internet sebelum dan setelah menggunakan Wi-Fi repeater. Anda dapat memeriksa apakah koneksi yang terhubung sudah membaik atau belum. Maka dari itu, sebaiknya Anda memasang Wi-Fi repeater di tempat yang berpotensi meningkatkan koneksi internet Anda.

Tabel perbandingan produk penguat sinyal Wi-Fi terbaik

Gambar produk
1
ASUS RT-N12HP 1

ASUS

2
Wavlink  AERIAL D4 – AC1200 Dual-band Wireless AP/Range Extender/Router 1

Wavlink

3
ASUS Wireless-N300 Range Extender/Repeater / Access Point / Media Bridge 1

ASUS

4
PROLiNK 300Mbps Wireless Extender 1

PROLiNK

5
Xiaomi WiFi Repeater USB Amplify Range Extender 2 New Version 1

Xiaomi

6
TP-Link 300Mbps Wi-Fi Range Extender 1

TP-Link

7
Tenda  AP4 Jalur Akses Nirkabel 300Mbps 1

Tenda

8
Comfast WiFi Extender Amplifier  1

Comfast

9
Xiaomi Mi Wi-Fi Range Extender Pro 1

Xiaomi

10
Kextech Wireless N WiFi Router Repeater 2 LAN Port 300 Mbps 1

Kextech Wireless

Nama produk

RT-N12HP

AERIAL D4 – AC1200 Dual-band Wireless AP/Range Extender/Router

Wireless-N300 Range Extender/Repeater / Access Point / Media Bridge

300Mbps Wireless Extender

WiFi Repeater USB Amplify Range Extender 2 New Version

300Mbps Wi-Fi Range Extender

AP4 Jalur Akses Nirkabel 300Mbps

WiFi Extender Amplifier

Mi Wi-Fi Range Extender Pro

N WiFi Router Repeater 2 LAN Port 300 Mbps

Keunggulan

Multifungsi! Tiga mode dalam satu perangkat

Koneksi dual band, streaming video HD dan bermain game tanpa lag

Roaming Assist! Jaga koneksi tetap stabil di mana saja

Tak perlu takut jika stopkontak Anda terbatas

Perangkat portabel, jangkau sinyal Wi-Fi di mana saja

Deteksi kekuatan sinyal yang diterima dengan lampu indikator pintar

Jangkauan luas, ideal untuk rumah besar, restoran, toko besar, hingga vila

Konsumsi daya rendah dan ramah lingkungan

Desain unik, mampu menghubungkan banyak perangkat

Kualitas bagus dengan harga ramah di kantong

Harga mulai dariRp 665.000,00Rp 435.000,00Rp 525.000,00Rp 490.000,00Rp 262.000,00Rp 250.000,00Rp 225.000,00Rp 218.000,00Rp 149.900,00Rp 145.000,00
JenisStasionerPlug-inPlug-inPlug-inPlug-inPlug-inStasionerPlug-inPlug-inPlug-in
Ukuran179 mm x 128 mm x 28 mm72 mm x 50 mm x 25 mmTidak disebutkan58,93 mm x 49,05 mm x 94,52 mm120 mm x 30 mm x 9 mm110 mm x 65,8 mm x 75,2 mmTidak disebutkan217 mm x 24 mm x 58 mm80 mm × 54 mm × 70 mm80 mm x 30 mm
Kecepatan standar Up to 300 MbpsUp to 867 Mbpsup to 300 MbpsUp to 433 Mbps300 MbpsUp to 300 Mbps300 Mbps300 Mbps2,4 GHz, up to 300 Mbps300 Mbps
Tombol WPSAdaAdaAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkanAdaAdaTidak disebutkanAda
Sistem keamanan64-bit WEP, 128-bit WEP, WPA2-PSK, WPA-PSK, WPA-Enterprise, WPA2-Enterprise, WPS supportWPA-PSK, WPA2-PSK encryption64-bit WEP, 128-bit WEP, WPA2-PSK, WPA-PSK, WPS support64/128-bit WEP, WPA-PSK, WPA2-PSKTidak disebutkan64/128/152-bit WEP, WPA-PSK, WPA2-PSK64/128 WEP, WPA-PSK, WPA2-PSK, WPA & WPA2-PSK, WPA, WPA2Tidak disebutkanWPA-PSK, WPA2-PSK encryptionTidak disebutkan
Port LANAdaAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkanAdaAdaAdaTidak disebutkanAda
Konsumsi daya110 V–240 V(50 Hz–60 Hz)DC 5 V / 1,5 ATidak disebutkan 100 V–240 V AC, 50/60 HzTidak disebutkanTidak disebutkanDC 9 V (0,6 A)100 V–240 V AC, 50 Hz–60 Hz, 50 mA100 V–240 V/0,35 ATidak disebutkan
Tautan produk

Cara memilih penguat sinyal Wi-Fi

Kami akan mengulas cara memilih penguat sinyal Wi-Fi yang tepat. Simaklah setiap poinnya dengan teliti sehingga Anda dapat menemukan produk sesuai kebutuhan Anda.

Sesuaikan kecepatan standar Wi-Fi dengan koneksi router utama

Sesuaikan kecepatan standar Wi-Fi dengan koneksi router utama
Penguat sinyal Wi-Fi harus disesuaikan dengan kecepatan komunikasi yang dimiliki router induk. Misalnya, kecepatan router utamanya 433 Mbps hingga 867 Mbps atau lebih tinggi lagi. Dengan demikian, Anda harus memilih Wi-Fi repeater dengan kecepatan koneksi pada kisaran angka tersebut.

Hal ini karena Wi-Fi repeater tidak dapat bekerja lebih baik daripada kinerja unit masternya. Jika Anda membeli Wi-Fi repeater spesifikasi tinggi, tetapi unit masternya sudah lama, koneksinya tidak akan optimal. 

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui kecepatan koneksi standar unit master utamanya. Kemudian, barulah memilih Wi-Fi repeater dengan standar koneksi yang sesuai. Standar kecepatan koneksi pada Wi-Fi repeater ini biasanya tertulis di tabel spesifikasi yang tertera pada kotak luar.

Pilih Wi-Fi repeater dengan koneksi simultan dual band

Untuk koneksi Wi-Fi yang cepat, sebaiknya Anda menggunakan Wi-Fi repeater dengan dual band. Repeater dual band bekerja dengan menangkap sinyal dari router pada satu band dan mengeluarkannya di sisi yang lain. 


Biasanya, band pertama memiliki frekuensi 2,4 GHz dengan sinyal yang mampu menembus penghalang seperti dinding. Band kedua memiliki frekuensi 5 GHz dengan sistem koneksi tinggi, tetapi lemah terhadap penghalang.


Meskipun didukung dual band, jika hanya satu band yang dapat digunakan, kecepatan koneksi yang dihasilkan mungkin akan menurun. Dengan demikian, Wi-Fi repeater dual band direkomendasikan untuk Anda yang mencari produk dengan sistem koneksi yang cepat. Hal ini karena Wi-Fi repeater dual band tidak memungkinkan untuk memperlambat kecepatan koneksi dari router utama.

Pertimbangkan bentuk produk dengan lokasi pemasangan Anda terlebih dahulu

Berdasarkan bentuknya, ada dua tipe Wi-Fi repeater yakni tipe plug-in dan tipe stasioner. Bentuk Wi-Fi repeater ini dipengaruhi oleh lokasi pemasangan di rumah Anda. Maka dari itu, silakan bayangkan lokasi Anda akan meletakkan Wi-Fi repeater. Selain itu, Anda juga perlu memilih bentuk repeater yang sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Tipe plug-in, lebih praktis dan rapi tanpa adanya kabel

Tipe plug-in, lebih praktis dan rapi tanpa adanya kabel

Wi-Fi repeater jenis plug-in adalah tipe yang langsung terhubung dengan stopkontak. Jenis ini tidak terlalu makan tempat karena tidak menggunakan kabel. Keuntungannya, Anda dapat meletakkan Wi-Fi repeater dengan rapi meskipun di ruangan sempit, seperti di koridor maupun tangga. Asalkan ada stopkontak, Wi-Fi repeater bisa dipasang secara langsung.


Namun, perhatikan juga ukuran Wi-Fi repeater yang hendak Anda pilih. Jika Wi-Fi repeater terlalu besar, kemungkinan hal itu akan mengganggu outlet stopkontak lain. Selain itu, ketahui juga lokasi stopkontak yang hendak Anda gunakan untuk memasang Wi-Fi repeater. Pastikan tempat tersebut terdapat stopkontak untuk memasang Wi-Fi repeater dan menjangkau area yang Anda inginkan. 

Tipe stasioner, menempatkan Wi-Fi router di mana saja tidak masalah

Tipe stasioner, menempatkan Wi-Fi router di mana saja tidak masalah

Anda dapat dengan bebas meletakkan Wi-Fi repeater jenis stasioner di mana saja. Anda dapat meletakkan Wi-Fi repeater di meja maupun di atas lemari. Hal ini karena tipe stasioner menggunakan kabel sehingga tidak terpaku dengan letak stopkontak. Wi-Fi repeater jenis stasioner ini disarankan letak stopkontak di rumah Anda cukup tersembunyi.

Sayangnya, karena menggunakan kabel sebagai penghubung daya, kabel yang terpasang pada Wi-Fi repeater akan terlihat mencolok. Tampilan kabelnya akan tetap terlihat meskipun Anda mencoba menyembunyikannya. Meski terlihat kurang rapih, Anda bisa mempertimbangkan tipe ini jika mengincar repeater yang bisa diletakkan di mana saja.

Pilih produk yang mempunyai tombol WPS

Pilih produk yang mempunyai tombol WPS

Kami menyarankan Anda memilih Wi-Fi repeater yang mempunyai tombol WPS. WPS (Wi-Fi Protected Setup) merupakan sistem keamanan untuk mengatur mode pada Wi-Fi repeater. Fitur WPS ini berguna untuk melakukan proses pengaturan Wi-Fi repeater untuk kali pertama dengan lebih mudah. 


Jika Anda seorang pemula, adanya tombol WPS ini akan sangat membantu. Namun, sekali lagi, pengaturan sederhana Wi-Fi repeater ini hanya bisa dilakukan untuk produk yang memiliki tombol WPS.


Jika Anda menghubungkan router utama ke Wi-Fi repeater, keduanya akan memiliki SSID (service set identifier) yang sama. Biasanya, hal ini akan secara otomatis terhubung pada perangkat yang memiliki gelombang radio yang kuat. 


Namun, kadang kala Wi-Fi repater sulit terhubung dengan perangkat Anda atau tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda mengalami hal ini, Wi-Fi router harus berpindah ke mode manual. Kemudian, Anda harus mengatur SSID pada Wi-Fi repeater secara manual juga.

Periksa juga fitur tambahan yang terpasang pada penguat sinyal Wi-Fi

Area jangkauan dan kecepatan koneksi para Wi-Fi repeater memang hal yang perlu diperhatikan. Di sisi lain, ada beberapa produk yang memiliki beberapa fitur tambahan untuk kenyamanan penggunaan. Mari kita periksa beberapa fitur tambahan yang biasanya tersedia pada Wi-Fi repeater.

Beamforming Function, jangkauan koneksi jadi lebih baik dengan sinyal terfokus

Beamforming Function, jangkauan koneksi jadi lebih baik dengan sinyal terfokus

Beamforming adalah teknik yang memfokuskan sinyal Wi-Fi ke perangkat penerima tertentu. Jenis Wi-Fi repeater ini tidak menyebarkan sinyal ke segala arah. Dengan begitu, Anda dapat memfokuskan penggunaan Wi-Fi repeater ini di tempat yang sulit dijangkau sinyal. 


Biasanya, jenis Wi-Fi repeater dengan beamforming menghasilkan koneksi yang lebih cepat dan lebih andal. Dampaknya, tidak semua area di sekitar Anda dapat terjangkau sinyal secara optimal. Anda tidak perlu khawatir karena fitur beamforming dapat dinonaktifkan. 

Port kabel LAN, lebih praktis karena dapat terhubung dengan TV dan konsol game

Port kabel LAN, lebih praktis karena dapat terhubung dengan TV dan konsol game

Beberapa Wi-Fi repeater memiliki port untuk kabel LAN. Port ini dapat tersambung dengan TV atau konsol game. Jenis penguat sinyal Wi-Fi ini direkomendasikan untuk Anda ingin menyabungkan kabel LAN ke TV, tetapi jaraknya terlalu jauh. Dengan begitu, Anda tidak perlu menambah kabel LAN lagi.

10 Rekomendasi penguat sinyal Wi-Fi terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi penguat sinyal terbaik yang bisa jadi referensi pilihan Anda. Bandingkanlah keunggulan tiap-tiap produk dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda.

10

Kextech WirelessN WiFi Router Repeater 2 LAN Port 300 Mbps

LV-WR02B

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisPlug-in
Ukuran80 mm x 30 mm
Kecepatan standar300 Mbps
Tombol WPSAda
Sistem keamananTidak disebutkan
Port LANAda
Konsumsi dayaTidak disebutkan
9
JenisPlug-in
Ukuran80 mm × 54 mm × 70 mm
Kecepatan standar2,4 GHz, up to 300 Mbps
Tombol WPSTidak disebutkan
Sistem keamananWPA-PSK, WPA2-PSK encryption
Port LANTidak disebutkan
Konsumsi daya100 V–240 V/0,35 A
8

ComfastWiFi Extender Amplifier

CF-WR302S

Mulai dari Rp 218.000,00

JenisPlug-in
Ukuran217 mm x 24 mm x 58 mm
Kecepatan standar300 Mbps
Tombol WPSAda
Sistem keamananTidak disebutkan
Port LANAda
Konsumsi daya100 V–240 V AC, 50 Hz–60 Hz, 50 mA
7

Tenda AP4 Jalur Akses Nirkabel 300Mbps

Mulai dari Rp 225.000,00

JenisStasioner
UkuranTidak disebutkan
Kecepatan standar300 Mbps
Tombol WPSAda
Sistem keamanan64/128 WEP, WPA-PSK, WPA2-PSK, WPA & WPA2-PSK, WPA, WPA2
Port LANAda
Konsumsi dayaDC 9 V (0,6 A)
6

TP-Link300Mbps Wi-Fi Range Extender

TL-WA850RE

Mulai dari Rp 250.000,00

JenisPlug-in
Ukuran110 mm x 65,8 mm x 75,2 mm
Kecepatan standarUp to 300 Mbps
Tombol WPSTidak disebutkan
Sistem keamanan64/128/152-bit WEP, WPA-PSK, WPA2-PSK
Port LANAda
Konsumsi dayaTidak disebutkan
5

XiaomiWiFi Repeater USB Amplify Range Extender 2 New Version

Mulai dari Rp 262.000,00

JenisPlug-in
Ukuran120 mm x 30 mm x 9 mm
Kecepatan standar300 Mbps
Tombol WPSTidak disebutkan
Sistem keamananTidak disebutkan
Port LANTidak disebutkan
Konsumsi dayaTidak disebutkan
4

PROLiNK300Mbps Wireless Extender

PWN3702P

Mulai dari Rp 490.000,00

JenisPlug-in
Ukuran58,93 mm x 49,05 mm x 94,52 mm
Kecepatan standarUp to 433 Mbps
Tombol WPSAda
Sistem keamanan64/128-bit WEP, WPA-PSK, WPA2-PSK
Port LANTidak disebutkan
Konsumsi daya 100 V–240 V AC, 50/60 Hz
3

ASUSWireless-N300 Range Extender/Repeater / Access Point / Media Bridge

RP-N12

Mulai dari Rp 525.000,00

JenisPlug-in
UkuranTidak disebutkan
Kecepatan standarup to 300 Mbps
Tombol WPSAda
Sistem keamanan64-bit WEP, 128-bit WEP, WPA2-PSK, WPA-PSK, WPS support
Port LANAda
Konsumsi dayaTidak disebutkan
2

Wavlink AERIAL D4 – AC1200 Dual-band Wireless AP/Range Extender/Router

WL-WN575A3

Mulai dari Rp 435.000,00

JenisPlug-in
Ukuran72 mm x 50 mm x 25 mm
Kecepatan standarUp to 867 Mbps
Tombol WPSAda
Sistem keamananWPA-PSK, WPA2-PSK encryption
Port LANAda
Konsumsi dayaDC 5 V / 1,5 A
1
JenisStasioner
Ukuran179 mm x 128 mm x 28 mm
Kecepatan standar Up to 300 Mbps
Tombol WPSAda
Sistem keamanan64-bit WEP, 128-bit WEP, WPA2-PSK, WPA-PSK, WPA-Enterprise, WPA2-Enterprise, WPS support
Port LANAda
Konsumsi daya110 V–240 V(50 Hz–60 Hz)

Baca juga rekomendasi perlengkapan networking lainnya di sini

Selain Wi-Fi repeater, kami juga telah mengulas perangkat networking lainnya, yakni wireless LAN adapter dan wireless router. Apakah Anda membutuhkan artikel ulasannya? Jika iya, Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah mendapatkan penguat sinyal yang sesuai? Wi-Fi repeater akan mempermudah pekerjaan dan aktivitas Anda, baik di rumah, kantor, ataupun tempat usaha yang sedang Anda rintis. 


Maka dari itu, Anda perlu memilih Wi-Fi repeater yang tepat. Bacalah dengan saksama setiap poin yang telah kami jelaskan. Selanjutnya, bandingkan keunggulan dari tiap produk. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang telah Anda siapkan. Semoga ulasan ini membantu Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda ingin memelihara jaringan Wi-Fi untuk browsing dan melakukan remote working dari rumah, gunakanlah wireless router. Wireless router adalah perangkat nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer agar terkoneksi dengan internet.Ketika memilih router, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan, seperti jumlah pengguna, standar komunikasi, dan pita frekuensinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan bagaimana memilih wireless router terbaik sesuai kebutuhan Anda. Produk merek TP-LiNK, Asus, TOTOLINK, dan Tenda pun akan kami rekomendasikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Networking
    185.191 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless LAN Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless LAN Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless LAN adapter adalah alat yang menghubungkan perangkat elektronik pada koneksi internet. Alat ini berguna membantu Anda saat menggunakan komputer tanpa fungsi wireless atau saat fungsi tersebut rusak. Adaptor ini juga ideal untuk meningkatkan standar komunikasi perangkat Anda.Ada banyak produsen yang menjual adaptor wireless dalam berbagai ukuran dan bentuk, seperti TP-Link, D-Link, EPSON, dan ASUS. Anda mungkin bertanya-tanya mana yang harus dipilih. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih wireless LAN adapter untuk memudahkan Anda. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk dari kami, ya!
    Networking
    46.834 Views
  • 10 Rekomendasi MiFi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MiFi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MiFi adalah modem portabel yang saat ini kian populer. Istilah MiFi sendiri bisa berasal dari kata modem wifi, mobile wifi, atau my wifi. Apa pun Anda menyebutnya, perangkat ini dapat membantu Anda terhubung ke internet untuk beberapa perangkat sekaligus.Ada banyak merk MiFi yang bagus di pasaran. Anda bisa menemukan produk buatan Huawei, Bolt, Andromax, dan lainnya. Bahkan, tidak sedikit yang dijual bundling bersama paket internet dari operator seluler, seperti Smartfren, Telkomsel, atau XL. Jadi, simak tips memilih beserta rekomendasi produk MiFi terbaik dari kami di artikel ini, ya!
    Networking
    11.074 Views
  • 10 Rekomendasi Modem 4G Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Modem 4G Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada era digital seperti sekarang ini, banyak aktivitas yang dilakukan secara online. Untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih baik, Anda sebaiknya menggunakan modem 4G. Modem merupakan perangkat komunikasi dua arah yang berfungsi mengubah jaringan internet agar diterima perangkat dengan lebih baik.Ada berbagai jenis modem 4G murah yang bagus, Anda dapat memilih merek Huawei, ZTE, Prolink, D-Link, dan lainnya. Namun, Anda harus teliti sebelum membeli supaya sesuai dengan kebutuhan. Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih modem 4G untuk Anda. Jadi, simak artikel ini hingga selesai, ya!
    Networking
    3.177 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Internet sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi sebagian orang. Untuk mendapatkan jaringan internet yang bagus, Anda sebaiknya memilih kabel LAN terbaik. Ada banyak merek kabel LAN yang bagus di pasaran, mulai dari Zimm Link, Spectra, VENTION, hingga Belden.Memilih kabel LAN sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun, Anda tetap harus jeli ketika memilihnya. Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih kabel LAN di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk kabel LAN terbaik. Maka dari itu, jangan sampai tidak menyimak artikel ini, ya.
    Networking
    736 Views
  • 10 Rekomendasi Router Tenda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Router Tenda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Router adalah alat yang berfungsi menghubungkan jaringan internet kepada berbagai perangkat ataupun jaringan lain. Salah satu merek router ternama yang berkualias bagus adalah Tenda. Router Tenda yang berasal dari Tiongkok ini tersedia dalam banyak model dan jenis sehingga Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Di bawah, kami telah menyiapkan tips memilih router Tenda, baik yang memiliki antena internal, eksternal, maupun jenis outdoor. Anda juga akan mendapatkan rekomendasi router Tenda yang bagus, seperti N301, AC6, O3, F3, dan F6. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca ulasannya sampai akhir, ya!
    Networking
    131 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori