mybest
Teko

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024)

Teko teh berbahan kaca umumnya berdesain stylish, bisa dikatakan mampu memberikan nuansa tersendiri di ruang keluarga Anda. Teko tipe ini sangat cocok digunakan untuk menghidangkan teh ketika menjamu tamu atau saat berkumpul bersama keluarga.


Kami akan menjelaskan tips memilih teko teh berbahan kaca, serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya di artikel ini. Anda akan menemukan beragam teko teh yang bagus dari merek Suji, IKEA, dan Kumala Home & Kitchen. Terdapat juga komentar dari tea mixologist kami, Cakra Virajati, untuk menambah wawasan Anda. Simak penjelasan kami sampai akhir, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Cakra Virajati
Pakar
Tea mixologist
Cakra Virajati

Cakra berkecimpung di dunia teh sejak akhir tahun 2018. Saat itu, Cakra membuat Kedai Teh Dialog di Mataram, Lombok. Tahun 2019, Cakra berhasil menjadi juara di kategori tea mixology dalam tiga kompetisi yang berbeda. Cakra menjadi founder ACTEAVIST, yakni komunitas pencinta teh bagi milenial Indonesia. Cakra juga menjadi konsultan menu untuk beberapa kedai teh serta mendirikan Kedai Teh Dialog di Boyolali, Jawa Tengah.

Profil Cakra Virajati
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teko teh berbahan kaca

Tidak hanya enak dipandang, teko teh berbahan kaca juga bisa memengaruhi rasa teh Anda. Oleh karena itu, mari simak poin cara memilih yang akan kami jabarkan berikut ini!
1

Pastikan kapasitasnya cukup memadai

Pastikan kapasitasnya cukup memadai
Sumber: ikea.co.id
Kapasitas teko teh berbeda-beda tergantung pada produsennya. Beberapa produk menyebutkan kapasitas maksimal teko ketika terisi penuh. Ada juga produk lain yang mencantumkan kapasitas maksimal yang dianjurkan saat digunakan. Jadi, pilihlah produk dengan ukuran dan kapasitas yang memadai.

Apabila kapasitasnya terlalu kecil dan teko tersebut penuh terisi, teh di dalamnya akan mudah tumpah saat dituang. Namun, jika ukurannya terlalu besar sementara air panas yang diisi terlalu sedikit, daun teh tidak akan terseduh sempurna. Tentu rasa tehnya pun menjadi kurang enak.

Cakra Virajati
Tea mixologist
Cakra Virajati

Ada dua cara yang dikenal dalam menyeduh teh berdasarkan alat yang dipakai, yakni tradisional dan modern. Tradisional biasanya menggunakan bahan tanah liat dan terkesan sangat klasik. Teapot Yixing misalnya, memiliki bentuk-bentuk yang indah dengan ukuran volume air sekitar 100–150 ml. 


Anda dapat menambahkan gramasi teh Anda dan menyeduh dalam waktu 20–30 detik untuk mendapatkan rasa teh yang enak. Sementara itu, menyeduh gaya modern adalah kegiatan menyeduh teh menggunakan teapot kekinian, seperti porcelain hingga bahan kaca. 


Teko modern biasanya menyediakan ruang yang cukup besar dalam teapot-nya sehingga mampu menampung air sekitar 200–700 ml. Jika menyeduh dengan gaya modern, air yang dipakai bisa sekitar 300 ml atau lebih. Gramasi tehnya juga lebih sedikit dibandingkan gaya tradisional. Namun, waktu penyeduhannya berkisar antara 3–5 menit. 

2

Pilih produk berdasarkan bentuknya

Pilih produk berdasarkan bentuknya
Sumber: suji.co.id
Saat menyeduh teh, daun teh biasanya berputar di dalam teko untuk menghasilkan teh yang enak. Anda bisa memilih teko teh berbentuk bulat agar daun tehnya mudah bergerak bebas di dalam teko. Sementara itu, jika Anda mengutamakan kemudahan membersihkan teko, pilihlah produk dengan mulut teko yang lebar.

Untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan, teko teh dengan indikator takaran memang tepat dipilih. Namun, jika Anda mengutamakan desain, teko teh polos tanpa tulisan atau produk dengan gambar menarik juga pantas dipertimbangkan. Pilihlah produk dengan bentuk dan desain sesuai preferensi Anda.

Cakra Virajati
Tea mixologist
Cakra Virajati

Teapot yang berbentuk lebar sangat disarankan dalam menyeduh teh. Hal ini bertujuan agar daun teh yang diseduh dapat terekstraksi dengan maksimal ketika terkena air panas. Setelah digunakan, jangan sampai mencuci teko teh berbahan dasar tanah liat dengan detergen. 


Hal ini disebabkan oleh sifat tanah liat yang mampu menyerap aroma karena memiliki pori-pori yang cukup besar. Anda tentu tidak menginginkan seduhan teh Anda berikutnya memiliki aroma detergen, kan? Jika memungkinkan, Anda dapat menyeduh satu jenis teh yang sama untuk teko teh berbahan dasar tanah liat.

3

Periksa daya tahan dan retensi panasnya

Teko teh berbahan kaca tipis dan ringan cukup populer karena tampilannya yang menawan. Meskipun begitu, Anda harus menggunakan produk seperti ini dengan sangat hati-hati karena rentan pecah.

Di sisi lain, produk berbahan tempered glass berbobot lebih berat, tetapi lebih durableProduk yang durable bisa Anda panaskan kembali berulang kali. Hal tersebut membuatnya cocok dipilih untuk penggunaan sehari-hari. 


Sementara itu, ada juga produk yang gagang atau bagian alasnya dibuat dari resin atau material sejenis lainnya. Produk seperti itu mungkin sekilas terlihat kurang elegan. Namun, produk berbahan resin mudah digunakan dan memiliki daya retensi panas lebih baik daripada produk yang seluruhnya berbahan kaca.

Cakra Virajati
Tea mixologist
Cakra Virajati

Sesuaikan suhu air dengan seduhan teh jika Anda ingin mendapatkan rasa yang maksimal. Suhu air untuk teh putih berkisar 70–80°C, teh hijau 70–85°C, teh oolong 80–95°C, dan teh hitam di suhu 100°C. 


Suhu dalam teko dapat cepat menurun jika kita tidak segera meminum teh yang diseduh. Untuk itu, Anda bisa membilas teko dengan air panas sebelum dipakai untuk menyeduh. Selain untuk membersihkan alat yang digunakan, bilasan ini dapat berfungsi agar suhu teh tidak cepat turun.

4

Kenali tipe saringannya

Berdasarkan infuser atau saringannya, terdapat dua tipe teko teh berbahan kaca. Pertama, tipe yang saringannya sudah terpasang di dalam teko. Lalu, tipe kedua adalah yang saringannya jadi satu dengan tutup teko. 

Terlepas dari tipe apa pun yang Anda gunakan, pastikan saringannya mudah untuk dibersihkan. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan membuang daun teh sekaligus memperkecil risiko tersangkutnya daun teh di corong teko.


Penting untuk diingat, produk dengan lubang saringan terlalu kasar atau besar akan kurang optimal menyaring daun teh. Bisa jadi daun tehnya juga malah tersangkut di lubang saringan tersebut. Sangat disarankan agar Anda memilih produk yang lubang saringannya lebih kecil dari daun teh yang Anda gunakan.

Selain itu, produk yang saringannya berukuran besar akan membuat daun teh lebih tersebar sehingga menghasilkan teh yang enak. Di sisi lain, ada juga produk yang saringannya cukup panjang dan bisa masuk jauh ke dalam teko. Anda bisa memakai lebih sedikit air panas saat membuat teh menggunakan produk seperti ini.

Cakra Virajati
Tea mixologist
Cakra Virajati

Saringan adalah alat yang paling penting dalam menyeduh teh. Makin rapat saringan, tentu akan membuat Anda makin nyaman untuk menyeduh teh. Hal ini disebabkan oleh saringan tersebut yang dapat menyaring partikel daun teh yang paling kecil sekalipun. 


Pastikan juga ukuran tinggi saringan cukup proporsional dengan bentuk teapot yang dimiliki. Beberapa teko memiliki saringan bawaan yang cukup pendek sehingga membutuhkan air yang cukup banyak saat kita menyeduh teh. Hal ini dapat mengurangi cita rasa saat meminum teh. 


Jika memungkinkan, pilih saringan yang memiliki food grade category. Saringan yang berbahan dasar logam biasanya akan berpengaruh pada rasa teh.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi teko teh terbaik berbahan kaca

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teko teh terbaik berbahan kaca yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Cakra Virajati.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

PT Usaha Sukses Sentosa

USS Teapot with Black Cups 5 pcs8991676010283

PT Usaha Sukses Sentosa USS Teapot with Black Cups 5 pcs 1

Rp79.500

Agak Murah

Sudah satu set dengan empat cangkir, makin ekonomis

2

Miniso

Teko Teh Fruit Series

Miniso Teko Teh Fruit Series  1

Rp59.900

Agak Murah

Tampilannya menggemaskan berkat sentuhan gambar buah

3

Gavin Toys

Teapot Infuser

Gavin Toys Teapot Infuser 1

Rp60.000

Agak Murah

Makin artistik dengan infuser berdesain ciamik

4

Kamjove

Press Tea Cup TP 160

Kamjove Press Tea Cup  1

Rp177.150

Menengah

Tekan tombol dan penutupnya langsung terbuka, praktis!

5

IKEA

RIKLIG Teapot301.632.17

IKEA RIKLIG Teapot 1

Rp199.000

Menengah

Kapasitasnya sangat besar, mencapai 1.500 ml!

6

Tokyo1

Flower Tea 170098

Tokyo1 Flower Tea 170098 1

Rp194.900

Menengah

Ukuran mungilnya tidak akan makan banyak tempat di meja Anda

7

Suji

Yokode Teapot 350 ml with Stainless Steel StrainerTP-100.00

Suji  Yokode Teapot 350 ml with Stainless Steel Strainer 1

Rp475.000

Agak Mahal

Rasakan sensasi menyeduh teh ala Jepang

8

Kumala Home & Kitchen

Okinawa Borosilicate Teapot with wooden lidZQ111

Kumala Home & Kitchen Okinawa Borosilicate Teapot with wooden lid 1

Rp368.000

Agak Mahal

Hadirkan kesan manis dan warm dengan penutup berbahan kayu

9

Suji

Daobei Teapot with Glass Infuser

Suji  Daobei Teapot with Glass Infuser 1

Rp475.000

Agak Mahal

Mampu hasilkan teh nikmat tanpa membutuhkan banyak air panas

10

Suji

Blossom Teapot with Glass InfuserSP-202.69

Suji  Blossom Teapot with Glass Infuser 1

Rp450.000

Agak Mahal

Desain ramping untuk kesan elegan yang menawan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PT Usaha Sukses SentosaUSS Teapot with Black Cups 5 pcs8991676010283

USS Teapot with Black Cups 5 pcs 1
Harga referensi
Rp79.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp79.500
Agak Murah

Sudah satu set dengan empat cangkir, makin ekonomis

Ketika Anda membeli produk ini, Anda akan memperoleh teko teh kaca berkapasitas 700 ml lengkap dengan saringan stainless. Bukan cuma itu saja, Anda juga akan langsung memperoleh empat cangkir secara cuma-cuma. Apabila Anda tidak ingin mengeluarkan dana tambahan untuk membeli cangkir teh, tentu produk dari USS ini tidak boleh dilewatkan.
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

MinisoTeko Teh Fruit Series

Teko Teh Fruit Series  1
Sumber: shopee.co.id
Teko Teh Fruit Series  2
Sumber: shopee.co.id
Teko Teh Fruit Series  3
Sumber: shopee.co.id
Teko Teh Fruit Series  4
Sumber: shopee.co.id
Teko Teh Fruit Series  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp59.900
Agak Murah
Harga referensi
Rp59.900
Agak Murah

Tampilannya menggemaskan berkat sentuhan gambar buah

Tidak mau kalah, Miniso yang terkenal dengan barang-barang cute-nya pun menghadirkan teko teh dengan desain yang menggemaskan. Teko teh ini mempunyai dua pilihan tema buah, yakni pipineapple dan peach. Gambar buah-buah tersebut menghiasi badan kaca pada teko teh ini. Apabila Anda menyukai produk berdesain imut, teko teh dari Miniso inilah opsinya.
No.3

Gavin ToysTeapot Infuser

Harga referensi
Rp60.000
Agak Murah

Makin artistik dengan infuser berdesain ciamik

Teapot Infuser keluaran Gavin ini hadir dengan bentuk menyerupai tabung yang memiliki saringan cukup besar. Bukan hanya itu, produk ini juga menawarkan gagang dengan desain bentuk naga berwarna kontras yang terlihat begitu menarik hati. Nah, bagi Anda yang menyukai barang-barang artistik, teko teh ini siap menghiasi meja Anda.
No.4

KamjovePress Tea Cup TP 160

Harga referensi
Rp177.150
Menengah

Tekan tombol dan penutupnya langsung terbuka, praktis!

Pernahkah Anda merasa kesulitan saat hendak membuka tutup teko, misalnya untuk menambahkan air panas atau daun teh? Kalau iya, produk ini pantas untuk Anda miliki. Cukup dengan menekan tombol di bagian penutup, penutupnya akan otomatis terbuka. Alhasil, Anda pun bisa dengan mudah membuka penutupnya bahkan dengan satu tangan saja!

No.5

IKEARIKLIG Teapot301.632.17

Harga referensi
Rp199.000
Menengah

Kapasitasnya sangat besar, mencapai 1.500 ml!

Teko teh dari IKEA ini hadir dengan kapasitas yang sangat besar, yaitu 1.500 ml. Kapasitas besarnya tersebut membuat produk ini sangat cocok dipilih oleh Anda yang sering membuat teh untuk dinikmati banyak orang. Di samping itu, produk yang aman untuk microwave ini juga memiliki desain sederhana sehingga memudahkan Anda untuk mencucinya.
No.6

Tokyo1Flower Tea 170098

Harga referensi
Rp194.900
Menengah

Ukuran mungilnya tidak akan makan banyak tempat di meja Anda

Anda yang sedang mencari teapot berukuran kecil agar hemat tempat, produk ini patut untuk dipilih. Meskipun ukuran produk ini tergolong mungil, nyatanya teko teh ini tetap mampu menampung hingga 480 ml teh, lho! 

Anda masih bisa menyajikan teh untuk 3–4 orang menggunakan teko teh kaca bening ini. Ditambah lagi, saringannya yang menyatu di bagian corong didesain transparan sehingga jika dilihat secara sekilas tidak akan tampak. Menarik!

No.7

Suji Yokode Teapot 350 ml with Stainless Steel StrainerTP-100.00

Harga referensi
Rp475.000
Agak Mahal

Rasakan sensasi menyeduh teh ala Jepang

Teko teh dari Suji ini merupakan pilihan yang tepat apabila Anda ingin merasakan nuansa menyeduh teh khas Jepang. Produk ini hadir dengan gagang berbentuk lurus di bagian sampingnya, ala Jepang banget! Tidak hanya membuat tampilannya makin khas, gagang tersebut juga memudahkan Anda untuk menuang teh hingga habis.

No.8

Kumala Home & KitchenOkinawa Borosilicate Teapot with wooden lidZQ111

Harga referensi
Rp368.000
Agak Mahal

Hadirkan kesan manis dan warm dengan penutup berbahan kayu

Memiliki kapasitas cukup besar, Anda bisa menyajikan teh untuk 4–6 orang menggunakan produk ini. Desainnya yang simpel juga memudahkan Anda untuk membersihkannya setelah selesai digunakan. Dilengkapi corong berukuran besar, Anda pun bisa lebih cepat menuangkan teh.

Selain itu, produk ini dilengkapi tutup berbahan kayu sehingga mudah dibuka tutup bahkan saat tekonya panas. Menariknya, penggunaan bahan kayu juga membuat tampilan produk ini terkesan lebih manis dan natural. Pilih produk ini jika Anda mencari teko teh berdesain cantik dan terkesan warm saat ditaruh di meja, ya!
No.9

Suji Daobei Teapot with Glass Infuser

Harga referensi
Rp475.000
Agak Mahal

Mampu hasilkan teh nikmat tanpa membutuhkan banyak air panas

Apakah Anda ingin menikmati teh kental yang enak dengan sedikit saja air panas? Kalau begitu, produk ini adalah pilihan terbaik. Teko teh ini dilengkapi glass infuser yang ukurannya tergolong besar sehingga mampu membuat daun teh tersebar lebih merata.

Tidak hanya itu, saringan berbahan kaca tersebut juga cukup dalam dan hampir bisa mencapai dasar teko teh. Dengan begitu, Anda bisa membuat teh nikmat tanpa perlu menuangkan banyak air panas. Tenang saja, glass infuser-nya juga bisa dilepas pasang sehingga mudah untuk Anda bersihkan, kok.
No.10

Suji Blossom Teapot with Glass InfuserSP-202.69

Harga referensi
Rp450.000
Agak Mahal

Desain ramping untuk kesan elegan yang menawan

Untuk Anda yang menyukai produk dengan tampilan elegan, teapot kaca ini patut diperhitungkan. Hadir dengan bentuk yang ramping dan desain sleek, produk ini terkesan elegan sekaligus berkelas saat berada di dalam ruangan. Meskipun begitu, Anda tidak akan kesulitan mengangkat teko ini dan menuangkan teh karena gagang produk ini cukup lebar.

Tips menyeduh teh dengan baik dari tea mixologist, Cakra Virajati

Tips menyeduh teh dengan baik dari tea mixologist, Cakra Virajati

Berikut ini lima hal yang perlu diperhatikan dalam menyeduh teh:

  1. Jenis tehnya
  2. Air untuk menyeduh
  3. Suhu air
  4. Alat yang digunakan
  5. Waktu yang diperlukan untuk menyeduh 

Untuk gaya tradisional, perbanyak gramasi teh (sekitar 4–5 gram), persingkat waktu, dan sedikit volume air. Sementara itu, untuk gaya modern, gramasi teh cukup 2–3 gram, waktu diperpanjang (bisa sampai lima menit), dan perbanyak volume air (200–300 ml). 


Untuk suhu air dapat menyesuaikan jenis teh yang digunakan. Teh putih dapat menggunakan suhu 70°C, sedangkan teh hitam harus diseduh mendidih 100°C.

Baca juga rekomendasi teh, teko, saringan, dan sendok teh di sini

Tidak hanya produk yang berbahan kaca, Anda juga bisa menggunakan teko teh lainnya untuk menyeduh teh. Momen menyeduh teh akan makin nikmat dan menyenangkan jika memilih teh yang nikmat, serta adanya saringan dan sendok teh. Ketahui lebih detail mengenai cara memilih dan rekomendasi terbaik produk-produk tersebut pada artikel berikut.

Kesimpulan

Teko teh berbahan kaca memiliki tampilan yang menawan dan sangat fungsional untuk menyeduh teh. Anda bisa memilih produk dengan kapasitas dan bentuk sesuai kebutuhan Anda.


Selain itu, ketahanan dan daya retensi panasnya juga harus Anda ketahui terlebih dahulu. Penting juga untuk mengecek saringannya. Apabila Anda mau, Anda bisa memilih produk yang saringannya berukuran besar dan dalam. Pilihlah produk yang paling Anda suka dan segera nikmati teh hangat yang nikmat!

5 Rekomendasi Teko Teh Berbahan Kaca terbaik

No. 1: PT Usaha Sukses SentosaUSS Teapot with Black Cups 5 pcs8991676010283

No. 2: MinisoTeko Teh Fruit Series

No. 3: Gavin ToysTeapot Infuser

No. 4: KamjovePress Tea Cup TP 160

No. 5: IKEARIKLIG Teapot301.632.17

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Teko Teh Terbaik Berbahan Kaca - Ditinjau oleh Tea Mixologist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.