10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Apakah Anda memiliki banyak foto akan kenangan berharga, tetapi tidak memiliki banyak tempat untuk memajangnya? Bingkai foto digital dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Alat ini dapat menyimpan banyak foto dan menampilkannya bergantian. Bahkan, ada juga produk yang bisa menampilkan video, lho!

Meski begitu, banyaknya bingkai foto digital yang beredar di pasaran bisa saja membuat Anda bingung saat memilihnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi bingkai foto digital terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih bingkai foto digital

Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli bingkai foto digital, seperti ukuran layar, kualitas gambar, dan format gambar. Berikut akan kami jelaskan secara detail agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat.

Pilih produk berdasarkan ukuran layarnya

Pilih produk berdasarkan ukuran layarnya

Ketika memilih bingkai foto digital, ukuran layar adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Ukuran yang umum digunakan adalah 7-8 inci dan ada juga yang berukuran besar melebihi 15 inci. Pilihlah bingkai foto digital yang ukurannya sesuai dengan lokasi penempatannya.

Bila Anda hendak meletakkannya di tempat yang dekat atau mudah terlihat, produk berukuran ≤7 inci sudah mencukupi. Namun, jika Anda hendak meletakkannya di area yang agak jauh, produk berukuran ≥8 inci lebih direkomendasikan.

Rasio layar juga memengaruhi kenyamanan Anda dalam memandangnya. Terdapat dua jenis rasio, yaitu 4:3 dan 16:9. Sebagai patokan, pilihlah layar dengan rasio 4:3 jika Anda hendak memajang foto yang diambil dengan compact digital camera. Sementara itu, produk dengan rasio layar 16:9 cocok dipilih untuk foto yang diambil dari digital single lens reflex camera (DSLR). Kebanyakan bingkai foto digital yang tersedia memiliki rasio 16:9. Berhubung ada juga produk yang rasio layarnya bisa diubah, pilihlah produk dengan rasio layar sesuai preferensi Anda.

Pilih produk berdasarkan resolusi layarnya

Pilih produk berdasarkan resolusi layarnya

Ketika membeli bingkai foto digital, tentu Anda ingin setiap foto ditampilkan dengan jernih dan cantik. Oleh karena itu, Anda perlu memilih produk dengan resolusi layar yang tepat. Resolusi layar sendiri ditentukan oleh  jumlah pixel-nya. Pixel adalah titik yang muncul saat menampilkan gambar. Semakin besar jumlah pixel-nya, semakin banyak titik yang muncul dan semakin jernih pula foto yang ditampilkan.

Produk beresolusi ≥800 × 480 pixel sangat direkomendasikan terutama bila Anda hendak ingin menampilkan foto dari DSLR. Produk dengan pixel besar juga sering disebut model “high resolution” atau “hi-res“. Agar Anda tidak ragu atau salah memilih, Anda bisa langsung memilih produk bertipe high resolution.

Pilih produk berdasarkan kapasitas penyimpanan datanya

Pilih produk berdasarkan kapasitas penyimpanan datanya

Ada bingkai foto digital yang dilengkapi memori penyimpanan built-in untuk membaca dan menyimpan data foto Anda. Meski begitu, ada juga produk yang tidak memilikinya. Bila Anda memilih produk yang dilengkapi memori penyimpanan built-in, Anda pun tidak perlu menyediakan SD card tersendiri. Untuk Anda yang mengutamakan kemudahan membaca dan menyimpan data, produk dengan memori penyimpanan built-in lebih direkomendasikan.

Ketika Anda memilih produk dengan memori penyimpanan bawaan, cek juga kapasitas penyimpanannya. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula data foto yang bisa disimpan. Umumnya bingkai foto digital memiliki kapasitas 2 GB dan sudah cukup memadai. Namun, seiring dengan peningkatan performa kamera dan kualitas foto/video, Anda bisa memilih produk berkapasitas lebih besar. Contohnya, Anda bisa membeli bingkai foto digital berkapasitas 8 GB. Meski begitu, kebanyakan produk yang beredar di Indonesia tidak dilengkapi memori penyimpanan bawaan.

Pilih produk berdasarkan support media eksternalnya

Pilih produk berdasarkan support media eksternalnya

Ketika memilih bingkai foto digital, alangkah baiknya bila Anda juga memperhatikan media eksternal yang kompatibel dengan bingkai tersebut. Kebanyakan kamera menggunakan SD card sehingga bingkai foto digital umumnya mendukung SD card. Anda bisa langsung memasukkan SD card ke dalam bingkai foto dan seluruh foto pun langsung ditampilkan. Meski begitu, SD card juga memiliki spesifikasi tersendiri sehingga Anda harus memastikan bingkai foto digitalnya kompatibel.

Nah, jika Anda sering mengedit foto di komputer, produk yang support USB juga tepat untuk dipilih. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang mendukung baik SD card maupun USB.

Pilih produk berdasarkan fitur lain yang dimiliki

Pilih produk berdasarkan fitur lain yang dimiliki

Bingkai foto digital sudah banyak dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, misalnya untuk memutar musik dan menonton film. Berikut adalah beberapa fitur tambahan yang biasa dimiliki bingkai foto digital:

Music playback function
• Movie playback function
• Calendar function
• Clock function
• Timer function

Pilih produk berdasarkan ada tidaknya remote control

Pilih produk berdasarkan ada tidaknya remote control

Keberadaan remote control sangat berguna untuk Anda yang ingin mengoperasikan bingkai foto dari jauh. Menyalakan dan mematikan bingkai pun akan menjadi lebih praktis dengan adanya alat ini. Bagi Anda yang menginginkan kemudahan, pastikan bingkai foto digital yang Anda pilih dilengkapi remote control.

10 Rekomendasi bingkai foto digital terbaik

Setelah mengetahui cara memilih bingkai foto digital, sekarang saatnya Anda berkenalan dengan beberapa produk terbaik pilihan kami. Siapa tahu bingkai foto digital idaman Anda ada di antaranya!

10. Digital Photo Frame 7″ with LED Lights

10. Digital Photo Frame 7″ with LED Lights

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 600.000

Tampil memukau dengan lampu LED dan kaca

Adanya lampu LED membuat bingkai foto digital ini memiliki daya tarik tersendiri. Dipadukan dengan kaca transparan di sekelilingnya, produk ini pun terlihat semakin memukau. Untuk Anda yang menginginkan bingkai foto digital dengan tampilan modern dan cantik, produk ini adalah salah satu pilihannya.

Ukuran layar 7 inci (16:9)
Resolusi 1024 × 768 pixel
Support media eksternal USB dan SD card
Ukuran 23 cm × 16 cm × 3,5 cm
Bobot 1 kg

9. Dementia Digital Photo Frame 8″

9. Dementia Digital Photo Frame 8″

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 838.000

Tak bakal terlalu silau atau gelap lagi berkat auto brightness

Apakah Anda kadang merasa kesal karena cahaya layar bingkai foto digital terlalu silau atau malah terlalu gelap? Produk ini adalah solusi tepat atas permasalahan Anda. Dilengkapi fitur auto brightness, produk ini akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis. Anda pun tak perlu lagi mengubah kecerahannya secara manual.

Ukuran layar 8 inci (16:9)
Resolusi 1024 × 768 pixel
Support media eksternal USB dan SD card
Ukuran 21 cm × 20 cm
Bobot 0,5 kg

8. EVD Digital Photo Frame DPF10

8. EVD Digital Photo Frame DPF10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 630.000

Tampilkan foto lebih dinamis dengan adanya image transition effect

Bingkai foto digital ini sudah dilengkapi dengan fitur image transition effect. Adanya fitur tersebut memungkinkan produk ini untuk memberikan efek rotate, enlarge, dan sebagainya saat foto Anda berganti. Keren! Pastinya Anda yang menyukai setiap foto ditampilkan dengan berbagai efek dinamis tidak boleh melewatkan produk ini.

Ukuran layar 10 inci (16:9)
Resolusi 1024 × 600 pixel
Support media eksternal USB, SD card, MS card, dan MMC card
Ukuran 22 cm × 12,9 cm
Bobot 1 kg

7. Digital Photo Frame 17″

7. Digital Photo Frame 17"

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.000.000

Pasang foto ramai-ramai dengan seluruh anggota keluarga? Tidak masalah!

Bila Anda mencari bingkai foto digital berukuran sangat besar, produk ini adalah opsi yang pas. Bingkai foto digital ini memiliki ukuran yang sangat besar, yaitu 17 inci. Foto keluarga atau foto ramai-ramai bersama sahabat pun akan terlihat jelas di bingkai foto yang satu ini. Selain itu, produk ini juga memiliki fitur kalender, remote control, dan jam.

Ukuran layar 17 inci
Resolusi Tidak disebutkan
Support media eksternal USB, SD card, MS card, HDMI, MMC, SM card (smart media card), dan CF card (compact flash card)
Ukuran Tidak disebutkan
Bobot 3 kg 

6. Andoer Digital Photo Frame

6. Andoer Digital Photo Frame

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 579.000

Kombinasi metal plus ABS jadikan produk ini semakin durable

Penggunaan bahan metal dan ABS (akrilonitril butadiena stiren) membuat produk ini tidak hanya terlihat eksklusif, tetapi juga durable. Apalagi, catnya diklaim tidak mengelupas sehingga produk ini akan tetap terlihat menawan dalam jangka panjang. Untuk Anda yang menyukai produk dengan ketahanan mumpuni, pilih saja produk ini!

Ukuran layar 7 inci (16:9)
Resolusi 1024 × 600 pixel
Support media eksternal USB, MMC, dan SD card
Ukuran 17,5 cm × 12,5 cm × 0,7 cm
Bobot 0,239 kg

5. Digital Photo Frame 15″

5. Digital Photo Frame 15"

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.550.000

Bisa dipajang di meja dan juga dinding, lho!

Jika Anda mencari bingkai foto digital yang cara pemajangannya fleksibel, produk ini layak dipertimbangkan. Dilengkapi dengan stand, Anda bisa meletakkan produk ini di meja atau di dalam lemari kaca. Anda pun bisa menggantungnya di dinding. Dengan begitu, Anda bebas memajangnya di mana pun! Selain itu, rasio layarnya pun bisa diubah sesuai kebutuhan, lho.

Ukuran layar 15 inci (16:9 dan 4:3)
Resolusi 1024 × 768 pixel
Support media eksternal USB, SD card, MS card, MMC, dan XD card (extreme digital card)
Ukuran Tidak disebutkan
Bobot Tidak disebutkan

4. LODS Digital Photo Frame 12″

4. LODS Digital Photo Frame 12"

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.350.000

Produk berwarna cemerlang dengan dua pilihan rasio layar

Penggunaan layar TFT (thin-film transistor) pada produk ini akan membuat foto-foto Anda terlihat lebih colorful. Toh, produk ini memiliki dua opsi rasio layar sehingga cocok dengan foto dari DSLR dan kamera digital. Segera nikmati keindahan warna-warna cerah koleksi foto dari kamera Anda dengan membeli produk ini!

Ukuran layar 12 inci (16:9 dan 4:3)
Resolusi 1024 × 768 pixel
Support media eksternal USB, SD card, MS card, MMC, dan XD card
Ukuran 18,6 cm × 25,8 cm
Bobot 1,55 kg

3. Digital Photo Frame HD 10.1″

3. Digital Photo Frame HD 10.1"

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 661.010

Dilengkapi human body sensing, canggih banget!

Anda menyukai produk yang memiliki teknologi kekinian? Produk ini pantas dikoleksi. Dilengkapi human body sensing, produk ini akan kembali aktif saat ada orang yang lewat. Anda pun tak perlu repot mematikan atau menyalakannya kembali agar hemat listrik, canggih!

Memiliki memori penyimpanan bawaan 16 MB yang dapat di-upgrade hingga 16 GB, Anda pun bisa menyimpan banyak data foto. Daya listrik produk ini juga hanya 12 watt, tergolong normal dan tidak akan membuat tagihan listrik Anda membengkak.

Ukuran layar 15 inci (16:9)
Resolusi 1024 × 600 pixel
Support media eksternal USB, SD card, TF card (trans flash card), U disk, dan MS card
Ukuran 18,6 cm × 25,8 cm
Bobot Tidak disebutkan

2. Digital Photo Frame Hi-Res 15″

2. Digital Photo Frame Hi-Res 15"

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 974.700

Layarnya besar dan gambarnya pun tajam, tunggu apalagi?

Layarnya yang besar memungkinkan Anda untuk melihat foto favorit lebih jelas dari jarak agak jauh. Meski berukuran besar, foto Anda akan tetap terlihat tajam karena produk ini memiliki resolusi sangat tinggi. Tentu produk ini pas dipilih jika Anda ingin memajang foto favorit berukuran besar tanpa mengorbankan kualitas ketajamannya.

Ukuran layar 15 inci
Resolusi 1280 × 800 pixel
Support media eksternal USB, SD card, MMC
Ukuran 36,5 cm × 24,5 cm
Bobot Tidak disebutkan

1. Digital Photo Frame HD 1080P 13″

1. Digital Photo Frame HD 1080P 13"

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 754.680

Menampilkan video 1080P dan foto super jernih bukan lagi masalah

Bagi Anda yang ingin menampilkan memori termanis dalam wujud video dan foto beresolusi sangat tinggi, produk ini wajib dimiliki. Bingkai foto digital ini dirancang secara khusus sehingga mampu memutar video bahkan yang berkualitas 1080P tanpa kesulitan berarti.

Selain itu, produk ini juga memiliki resolusi sangat tinggi sehingga mampu menampilkan foto yang sangat jernih dan tajam. Kapasitas memori bawaannya 16 MB dan dapat Anda minta kepada penjual untuk diganti hingga 16 GB. Dilengkapi remote, kalender, dan jam, produk ini pun terlihat semakin menarik, bukan?

Ukuran layar (rasio layar) 13 inci (16:9)
Resolusi 1366 × 768 pixel
Support media eksternal USB, SD card, TF card, U disk, dan MS card
Ukuran 33,2 cm × 22,8 cm
Bobot Tidak disebutkan

Baca juga rekomendasi bingkai lainnya di sini

Tidak hanya bingkai foto digital, ada banyak bingkai foto lainnya yang sangat menarik. Bila Anda hendak memajang foto di dinding, Anda juga bisa menggunakan bingkai foto untuk di dinding. Selain itu, poster favorit pun bisa Anda pajang, lho! Ketahui cara memilih dan rekomendasi terbaik seluruh produk tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Jadi, apakah artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih bingkai foto digital? Dengan menggunakan bingkai foto digital, Anda dapat memajang berbagai foto tanpa perlu memakan banyak tempat.

Ketahui terlebih dahulu ukuran layar, resolusi, serta kapasitas penyimpanannya. Selain itu, cek juga fitur dan adanya remote control. Pilihlah bingkai foto digital yang tepat dan nikmati indahnya foto kenangan berharga Anda!