1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Satu bingkai untuk satu foto sudah biasa. Bagaimana kalau Anda ingin "memajang" banyak foto sekaligus? Pakai bingkai foto digital saja! Bingkai foto digital dapat menyimpan beberapa foto dan menampilkannya bergantian. Anda lalu bisa menempatkannya di meja, di dinding, dan sudut rumah lainnya. 

Ada cukup banyak bingkai foto digital dari beberapa merek, seperti Mediatech dan Frameo. Agar Anda tak bingung, kami akan memberikan tips memilih digital photo frame yang bagus. Sepuluh bingkai foto digital terbaik juga akan kami review setelahnya. Mari simak selengkapnya!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa daya tarik bingkai foto digital?

Apa daya tarik bingkai foto digital?
Sumber: andoer.com


Bingkai foto digital (digital photo frame) menawarkan cara tak biasa dalam bernostalgia. Dengan menggunakan aliran listrik, bingkai foto ini dapat menampilkan foto-foto secara bergantian atau slide show. Cukup dengan satu frame saja, Anda dapat "memajang" banyak foto sekaligus.


Beberapa produk bahkan memiliki fitur yang lebih canggih. Tak hanya foto, ada juga bingkai digital yang menampilkan video dan memutar musik. Pada beberapa produk lain, Anda juga dapat mengecek tanggal atau melihat jam. Sungguh produk yang multiguna sekali, bukan?


Bingkai foto digital dapat membuat meja dan dinding rumah menjadi lebih berwarna. Selain itu, barang ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk di pameran. Anda mungkin juga pernah menemukan bingkai foto digital di resepsionis perkantoran.

Cara memilih bingkai foto digital

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum membeli bingkai foto digital, seperti ukuran layar dan media penyimpanannya. Berikut kami jelaskan secara detail agar Anda makin mudah menemukan bingkai yang tepat.

① Pilih berdasarkan ukuran layarnya

Pilih berdasarkan ukuran layarnya
Sumber: andoer.com
Ketika memilih bingkai foto digital, ukuran layar sangat penting untuk dipertimbangkan. Ukuran layar yang umum ditemukan pada banyak produk adalah 7–10 inci. Namun, ada juga yang berukuran lebih dari 13 inci. Perbedaan ukuran ini perlu Anda sesuaikan berdasarkan penempatannya.

  • Frame ≤7 inci, pas untuk diletakkan di meja atau di tempat yang mudah terlihat
  • Frame ≥10 inci, cocok untuk diletakkan di area yang agak jauh

Agar nyaman dalam memandang foto, perhatikan pula aspek rasio layar produk. Aspek rasio adalah perbandingan antara panjang dan lebar layar. Umumnya, bingkai digital memiliki aspek rasio 4:3 (standar) dan 16:9 (widescreen).


Temukan bingkai dengan rasio 4:3 jika Anda memajang foto dari kamera digital dan smartphone. Sementara itu, jika ingin menampilkan video, Anda bisa memilih rasio 16:9.

② Cek resolusi layar bingkai digital

Cek resolusi layar bingkai digital
Sumber: andoer.com
Resolusi layar juga menjadi perhatian utama agar foto di bingkai digital bisa jernih dan cantik. Resolusi layar ditentukan oleh jumlah pikselnya. Piksel sendiri merujuk pada titik-titik kecil yang menyusun sebuah gambar digital

Resolusi layar dituliskan dengan jumlah piksel lebar dikalikan piksel tinggi layar, seperti 720p x 480p. Makin tinggi jumlah piksel, makin banyak titik yang muncul. Dengan begitu, makin jernih pula foto yang ditampilkan. 


Produk beresolusi sekitar 720p x 480p bisa Anda pilih untuk ukuran layar 7 inci. Namun, untuk ukuran bingkai yang lebih besar, Anda sebaiknya memilih resolusi 1024p x 768p atau lebih.

③ Periksa kapasitas penyimpanan datanya

Seperti perangkat digital lain, digital photo frame juga memerlukan memori penyimpanan. Beberapa produk sudah dilengkapi dengan memori penyimpanan internal. Biasanya, memori internal ini diunggulkan dalam nama produk dan disebut sebagai "built-in memory"

Jika Anda tak ingin repot menyediakan kartu memori sendiri, produk dengan penyimpanan built-in bisa dipilih. Periksalah dengan saksama kapasitas memori internal untuk mendukung penyimpanan foto dan video Anda.

④ Perhatikan ketersediaan support media eksternalnya

Perhatikan ketersediaan support media eksternalnya

Jika produk yang Anda idamkan tidak memiliki memori bawaan, Anda masih bisa menggunakan memori eksternal. Ada banyak jenis kartu yang bisa Anda pilih. Namun, sebuah produk biasanya hanya mendukung beberapa jenis kartu memori saja.


Biasanya, jenis kartu yang umum dipakai pada banyak frame adalah SD card. Kartu lain, seperti MultiMediaCard (MMC), juga kompatibel dengan banyak produk. Cek dengan saksama jenis kartu yang bisa dibaca oleh bingkai foto digital idaman Anda.


Banyak bingkai foto digital juga memiliki port untuk USB. Dengan begitu, Anda bisa memasukkan USB flash drive untuk menampilkan foto di bingkai digital.

⑤ Temukan bingkai yang memiliki remote control

Temukan bingkai yang memiliki remote control
Sumber: andoer.com
Keberadaan remote control sangat berguna untuk mengoperasikan bingkai foto dari jauh. Menyalakan dan mematikan bingkai pun akan menjadi lebih praktis dengan adanya alat ini. 

Bila Anda menyukai sesuatu yang praktis, bingkai foto digital yang memiliki remote control sangat patut dipertimbangkan. Untungnya, sudah banyak bingkai digital yang memiliki remote control.

10 Rekomendasi bingkai foto digital terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bingkai foto digital terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Digital Photo Frame 7 Inch with LED Lights

 Digital Photo Frame 7 Inch with LED Lights 1枚目

Sudut kamar makin elok dengan LED

2

IDBTech

Digital Photo Frame 17 Inch Built in Memory

IDBTech Digital Photo Frame 17 Inch Built in Memory  1枚目

Memiliki ukuran layar yang besar untuk memajang foto keluarga besar!

3

Frameo

Digital Photo Frame 10 Inch

Frameo Digital Photo Frame 10 Inch 1枚目

Bisa menerima foto dari kerabat yang jauh menggunakan aplikasi khusus

4

Digital Photo Frame 10 Inch EVD DPF-11

 Digital Photo Frame 10 Inch EVD DPF-11 1枚目

Memandang foto tanpa bosan dengan efek transisi

5

Digital Photo Frame 10 Inch Touchscreen Android

 Digital Photo Frame 10 Inch Touchscreen Android 1枚目

Bingkai digital keren karena bisa touchscreen!

6

Digital Photo Frame Media 10 Inch Built in Memory

 Digital Photo Frame Media 10 Inch Built in Memory 1枚目

Sudah termasuk memori internal 512 MB untuk menyimpan foto!

7

Mediatech

7 Inch Digital Photo Frame Multifunction

Mediatech 7 Inch Digital Photo Frame Multifunction 1枚目

Menawarkan fitur-fitur yang ideal untuk bernostalgia

8

Mediatech

8 Inch Digital Photo Frame Multifunction

Mediatech 8 Inch Digital Photo Frame Multifunction 1枚目

Dengan TFT display untuk tampilan gambar yang tajam

9

Andoer

10.1 Inch Ultra-thin IPS LCD Digital Photo Frame

Andoer  10.1 Inch Ultra-thin IPS LCD Digital Photo Frame 1枚目

Super canggih dengan fitur deteksi gerakan, foto otomatis terdisplai jika Anda mendekat!

10

Andoer

Frame Foto Digital 13.3 FHD

Andoer Frame Foto Digital 13.3 FHD 1枚目

Tampilan foto dan video yang cantik dengan LCD IPS

Perincian produk
Close
No.1

Digital Photo Frame 7 Inch with LED Lights

Mulai dari Rp431.045,00

Sudut kamar makin elok dengan LED

Sebagai produk dekorasi ruangan, Anda tentu mencari bingkai yang elegan dan cantik. Frame ini dapat menjadi pilihan tepat. Sesuai namanya, bingkai ini dilengkapi dengan dengan LED atau light emitting diode


Keberadaan LED tersebut membuat bingkai foto digital ini memiliki daya tarik tersendiri. Dipadukan dengan bingkai transparan di sekelilingnya, produk ini dapat membuat ruang kamar Anda tampak estetik. 

No.2

IDBTechDigital Photo Frame 17 Inch Built in Memory

Mulai dari Rp1.500.000,00

Memiliki ukuran layar yang besar untuk memajang foto keluarga besar!

Saat berkumpul dengan keluarga besar di hari raya, foto beramai-ramai tentu sudah menjadi tradisi. Pajanglah foto keluarga besar Anda menggunakan bingkai ini. Dengan ukuran layar mencapai 17 inci, frame ini sangat pas untuk memajang foto kebersamaan keluarga.


Poin menarik lain dari bingkai ini yaitu mendukung banyak format multimedia. Tak hanya JPG, JPEG, dan BMP, produk ini juga dapat menampilkan multimedia berformat GIF. Format musik yang bisa diputar pun sangat beragam, mulai dari MP3, WMA, hingga AAC!

No.3

FrameoDigital Photo Frame 10 Inch

Mulai dari Rp1.599.000,00

Bisa menerima foto dari kerabat yang jauh menggunakan aplikasi khusus

Pada banyak produk lain, pengguna hanya bisa mengimpor foto secara manual menggunakan USB drive. Di sinilah kelebihan Frameo. Produsen frame ini juga menyediakan aplikasi "Frameo" yang bisa diunduh di Google Play atau App Store. Dengan aplikasi tersebut, kerabat di tempat lain bisa mengirim foto langsung ke bingkai Anda!


Setiap frame memiliki kode unik yang bisa Anda berikan kepada teman dan kerabat. Kode tersebut akan menghubungkan frame dengan ponsel kerabat Anda. Dengan begitu, keluarga atau teman yang jauh bisa langsung membagikan keceriaan momen mereka. Untuk bisa menerima foto, bingkai Anda harus terhubung dengan internet, ya.

No.4

Digital Photo Frame 10 Inch EVD DPF-11

Mulai dari Rp615.000,00

Memandang foto tanpa bosan dengan efek transisi

Melihat-lihat foto tanpa efek transisi tertentu mungkin membosankan. Nah, tidak demikian dengan produk ini. Bingkai DPF-11 ini memberikan fitur efek saat foto berganti. Anda juga dapat memperbesar foto yang sedang ditampilkan. 


Selain efek tersebut, bingkai ini juga sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan dari sebuah bingkai digital. Produk ini dapat memutar musik dan video serta dapat memperlihatkan jam. Anda juga bisa menjadikan bingkai ini sebagai alarm.

No.5

Digital Photo Frame 10 Inch Touchscreen Android

Mulai dari Rp1.450.000,00

Bingkai digital keren karena bisa touchscreen!

Selain hadir dengan warna hitam yang mencuri perhatian, produk ini juga memiliki beberapa kelebihan. Layarnya bisa dioperasikan dengan sentuhan jari alias touchscreen. Jika Anda bosan menggunakan remote control yang sangat konvensional, produk ini sangat layak dikoleksi.


Selain itu, sesuai namanya, bingkai foto digital ini juga hadir dengan sistem operasi (OS) Android. Jenis OS Android yang dimiliki produk ini adalah versi utama ke-6, yaitu Marshmallow 6.0.1. Dengan OS tersebut, Anda akan merasa sedang menggunakan smartphone Android saat mengoperasikan bingkai ini.

No.6

Digital Photo Frame Media 10 Inch Built in Memory

Mulai dari Rp785.000,00

Sudah termasuk memori internal 512 MB untuk menyimpan foto!

Sesuai nama produknya, bingkai ini memberikan built-in memory sebesar 512 MB. Kapasitas ini boleh jadi mumpuni atau tidak, tergantung pada ukuran fotonya. 


Namun, keberadaan memori internal tersebut tetaplah memberikan space yang lumayan untuk menyimpan beberapa file. Bila Anda mencari produk yang menyediakan penyimpanan bawaan, produk ini tentu bisa dipertimbangkan.

No.7

Mediatech7 Inch Digital Photo Frame Multifunction

Mulai dari Rp899.000,00

Menawarkan fitur-fitur yang ideal untuk bernostalgia

Bingkai foto digital ini boleh dbilang memiliki fitur basic, tetapi tetap ideal untuk Anda koleksi. Remote control disediakan untuk mengatur frame-nya. Anda juga bisa memutar musik dan video dari berbagai format untuk experience yang lebih menyenangkan.


Seperti banyak bingkai digital lain, produk ini juga dilengkapi dengan stand. Stand ini berguna untuk menempatkan frame di atas meja. Dengan ukuran layar 7 inci, digital photo frame ini memang cocok untuk diletakkan di meja, seperti meja kerja.

No.8

Mediatech8 Inch Digital Photo Frame Multifunction

Mulai dari Rp999.000,00

Dengan TFT display untuk tampilan gambar yang tajam

Seperti seri produknya lain, bingkai digital dari Mediatech ini juga menawarkan fitur ideal untuk memajang foto. Namun, dengan layar yang lebih besar 1 inci, produk ini tentu memberikan daya tarik tersendiri.


Tampilan layar bingkai ini menggunakan LCD varian TFT (Thin Film Transistor). LCD jenis TFT sangat umum ditemukan dalam berbagai perangkat berlayar. Meski sering dianggap "kalah" dibandingkan dengan jenis IPS, TFT tetap dapat menampilkan gambar yang tajam dan menarik.

No.9

Andoer 10.1 Inch Ultra-thin IPS LCD Digital Photo Frame

Mulai dari Rp1.330.500,00

Super canggih dengan fitur deteksi gerakan, foto otomatis terdisplai jika Anda mendekat!

Produk ini menghadirkan fitur yang sangat mutakhir, yakni motion detection function. Dengan adanya fungsi ini, foto akan ditampilkan apabila ada gerakan manusia yang terdeteksi dalam jarak 1,5 meter. 


Sebaliknya, bila tak ada gerakan dalam jarak tersebut, bingkai pun otomatis tidak menampilkan foto. Fungsi tersebut menguntungkan karena foto bisa ditampilkan jika Anda memang membutuhkan. Anda juga bisa mengatur waktu standby-nya juga, lho.

No.10

AndoerFrame Foto Digital 13.3 FHD

Mulai dari Rp2.663.300,00

Tampilan foto dan video yang cantik dengan LCD IPS

Andoer merupakan salah satu merek yang cukup banyak memiliki koleksi digital photo frame. Produk dengan layar 13,3 inci ini sendiri layak dikoleksi karena fitur-fitur yang sudah mumpuni. Selain itu, display dari bingkai ini menggunakan LCD jenis IPS.


IPS atau in-plane switching sangat populer karena memberikan warna yang eye-catching pada layar. Selain itu, teknologi ini memberikan kualitas gambar yang sangat baik dari semua sudut pandang. Hal tersebut membuat LCD IPS pada produk ini akan menampilkan foto-foto yang cantik.

Baca juga rekomendasi bingkai foto lainnya di sini

Bingkai foto digital tentu tak bisa menggantikan keberadaan bingkai foto biasa. Kami pun sudah mengulas cara memilih bingkai foto biasa, termasuk bingkai foto untuk dinding. Silakan klik artikel yang hendak Anda baca dengan mengeklik salah satu tautan berikut.

Kesimpulan

Bingkai foto digital bisa menjadi pilihan untuk menampilkan dan memajang foto di rumah. Dengan adanya bingkai foto digital, Anda tak perlu lagi mencetak banyak foto untuk dipandang. Desain bingkai yang elegan juga mempercantik sudut rumah Anda.

Selalu cek dengan teliti spesifikasi tiap-tiap produk yang hendak Anda beli. Periksalah ukuran layarnya, resolusinya, dan fitur-fitur menarik lainnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda untuk mengenang momen-momen manis, ya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer