10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dear diary” Wah, Anda yang lahir sebelum era digital pasti sangat akrab dengan kata-kata tersebut ya. Menulis buku harian merupakan hal yang biasa dilakukan orang-orang karena memberikan efek lega setelah menulis. Selain itu, Anda dapat menyimpan memori Anda, baik yang menyenangkan maupun yang tidak.

Tak hanya buku harian biasa, sekarang banyak jenis buku harian yang berbeda berdasarkan fungsinya seperti untuk mencatat perkembangan anak, program diet, dan travel story. Kali ini kami akan memberikan informasi seputar buku harian sekaligus merekomendasikan buku harian berdasarkan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih buku harian

Kebanyakan orang menulis tentang kesehariannya di dalam blog maupun merekam dalam bentuk vlog. Tetapi untuk beberapa orang, menulis di atas kertas tetap menjadi hal yang lebih menyenangkan. Dengan pilihan buku harian yang beragam, Anda mungkin sulit untuk menentukan buku yang cocok untuk Anda. Berikut kami berikan tips dalam memilih buku harian. Selamat membaca!

Ada tidaknya tanggal

Ada tidaknya tanggal

Tidak semua buku harian memiliki tanggal. Ada buku harian yang memiliki tanggal dan ada buku harian yang tidak memiliki tanggal. Buku harian dengan tanggal cocok untuk Anda yang ingin merekam kondisi fisik atau mencatat acara-acara penting. Dengan demikian, lebih mudah untuk Anda jika ingin melacak atau melihat kembali catatan tersebut di buku harian. Sedangkan, tipe buku harian tanpa tanggal cocok untuk Anda yang ingin menyimpan perkembangan anak dan mengatur diet.

Desain isi buku harian

Desain isi buku harian

Berdasarkan desain isinya, ada 2 tipe buku harian, bergaris dan tanpa garis. Buku harian bergaris pun ada 2 tipe lagi, yang bergaris banyak dan jarang. Bagi Anda yang suka menulis dengan detail, pilihlah buku harian dengan garis yang banyak sehingga Anda dapat menulis lebih banyak. Untuk Anda yang suka berkreasi, pilihlah buku harian tanpa garis. Anda dapat menghiasi buku harian Anda dengan washi tapedoodle, stiker, dan ornamen lainnya tanpa batas!

Ukuran buku

Ukuran buku

Bagi kebanyakan orang, menulis buku harian lebih nyaman dilakukan di rumah. Namun, bagi sebagian orang lainnya menulis buku harian dapat dilakukan di sela-sela jam kerja, di cafe, perpustakaan, maupun tempat lainnya. Semuanya tergantung dari kenyamanan Anda untuk menulisnya. Untuk itu, pilihlah ukuran buku harian yang sesuai untuk Anda gunakan.

Bagi Anda yang gemar menulis buku harian di luar rumah, sebaiknya pilih ukuran buku yang mudah untuk dibawa-bawa, seperti ukuran A6. Jangan pilih yang terlalu besar karena akan merepotkan Anda untuk membawanya. Bagi Anda yang merasa lebih nyaman untuk menulis buku harian di rumah, ukuran B5 pas untuk Anda.

Periode waktu buku harian

Periode waktu buku harian

Biasanya, buku harian dirancang untuk setahun. Tetapi, ada pula buku harian yang dapat digunakan dalam jangka waktu 3 atau 5 tahun. Tentukan pilihan Anda berdasarkan lamanya Anda ingin menulis buku harian.

Anda dapat menulis satu hari satu lembar pada buku harian 365 hari. Tetapi, Anda perlu memperhatikan kembali isi buku harian karena tidak setiap buku harian 1 tahun menyediakan 1 halaman per harinya.

Desain sampul

Desain sampul

Berbagai produk menawarkan berbagai desain sampul buku harian. Jika Anda lebih berniat memiliki satu buku harian untuk jangka waktu yang panjang, pilihlah sampul buku yang tebal. Sampul buku yang tebal juga direkomendasikan bagi Anda yang menyukai menulis buku harian di luar rumah karena akan lebih awet Anda bawa kemana-mana. Selain itu, pilihlah buku harian dengan kunci pengaman agar privasi Anda lebih terjaga. Buku harian yang dilengkapi dengan pembatas juga memudahkan Anda membuka halaman. Tentunya, pilihlah buku harian yang memiliki warna dan corak atau gambar sesuai kesukaan Anda, ya!

Buku harian khusus

Buku harian khusus

Buku harian tak hanya untuk menulis tentang keseharian Anda saja. Sekarang banyak buku harian untuk keperluan-keperluan lain seperti persiapan pernikahan, keuangan, diet, dan pola makan anak. Buku harian khusus ini akan membantu Anda untuk melacak kembali kegiatan Anda. Misalnya untuk melihat makanan apa saja yang membuat berat badan Anda meningkat, makanan yang membuat si kecil alergi, dan berapa pengeluaran Anda. Menarik ya!

10 Rekomendasi buku harian terbaik

Anda masih bingung memilih buku harian? Berikut kami berikan rekomendasi buku harian untuk Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda ya!

10. Blackhorse New 2018 Flower Schedule Notebook

10. Blackhorse New 2018 Flower Schedule Notebook

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 72.000

Planner untuk merancanakan kegiatan sehari-hari

Belum ketinggalan tentunya untuk mencatat jadwal Anda selama 2018 ini. Bagi Anda yang baru mau memulai mencatat jadwal harian, Blackhorse New 2018 Flower Schedule Notebook kami rekomendasikan untuk Anda. Anda dapat mencatat jadwal harian Anda setiap bulannya.

Dengan desain isi yang sederhana, Anda dapat berkreasi di setiap jadwal harian Anda. Buku yang tipis dapat Anda bawa pergi kemana pun untuk mencatat rencana Anda. Planner ini tersedia dalam 4 warna dan corak bunga yang menarik! Rencanakan hari-hari 2018 Anda dengan planner ini!

9. Peekmybook Secret Recipe

9. Peekmybook Secret Recipe

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Rencanakan menu sehat Anda

Anda memiliki resolusi hidup sehat di 2018? Mulailah dengan mengatur menu makanan Anda sehari-hari. Dengan Peekmybook Secret Recipe Anda dapat merencanakan menu harian Anda serta mencatat resep-resep pilihan Anda. Anda juga tak perlu bingung memisahkan resep makanan gurih dan manis karena buku ini memiliki 2 jenis halaman, untuk resep makanan gurih dan manis.

Terdapat pula halaman kosong untuk menulis hal-hal lainnya seperti data berat badan Anda dan jadwal olahraga. Halaman yang berwarna dengan gambar menarik menambah semangat Anda dalam mengatur menu harian Anda. Siap menjalankan resolusi hidup sehat?

8. NICESHOP 3 Years Lined Diary

8. NICESHOP 3 Years Lined Diary

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 320.577

3 tahun tetap menulis

Bagi Anda yang berniat menulis buku harian dalam jangka waktu lebih dari setahun, kami merekomendasikan NICESHOP 3 Years Lined Diary. Anda dapat menulis suka duka selama 3 tahun untuk mencapai mimpi-mimpi Anda termasuk pencapaian-pencapaian Anda. Anda dapat melihat seberapa jauh Anda melangkah selama 3 tahun!

Dilapisi dengan hardcover, buku ini akan awet Anda pakai untuk menulis setiap hari. Anda juga dapat dengan mudah melihat kembali ke tanggal yang Anda inginkan karena ada tanda untuk setiap bulan di samping buku ini. Dilengkapi dengan penanda buku dari metal memudahkan Anda untuk menandai halaman. Sudah siap menulis?

7. Wedding Planning Organizer And Complete Checklist

7. Wedding Planning Organizer And Complete Checklist

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.048.000

Persiapkan momen bahagia Anda dengan teliti

Mempersiapkan pernikahan pasti cukup merepotkan bagi Anda dan pasangan Anda. Banyak detail-detail yang harus Anda perhatikan agar hari bahagia Anda terlihat sempurna. Wedding Planning Organizer And Complete Checklist adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Dilengkapi dengan 80 halaman yang dapat Anda gunakan untuk mencatat anggaran, vendor, daftar tamu, bahkan sampai rencana honeymoon dapat Anda rencanakan dengan rapih.

Catat seluruh diskusi, informasi, dan inspirasi hari pernikahan Anda di buku ini. Tentunya buku ini dapat menjadi kenangan yang spesial untuk Anda dan pasangan Anda setelah hari pernikahan. Buku ini juga merupakan hadiah yang pas untuk teman Anda yang baru lamaran, lho!

6. Nice Day 365 Daily Planner

6. Nice Day 365 Daily Planner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 84.100

Tak bosan merencanakan kegiatan setahun

Satu buku jurnal harian Nice Day ini dibuat untuk menjadi temanmu selama satu tahun. Di dalamnya terdapat berbagai jenis halaman, yearly plan, monthly plan, weekly plan untuk memudahkan Anda mencatat jadwal kegiatan. Planner ini juga dilengkapi dengan halaman kosong yang dapat Anda gunakan untuk mencatat hal-hal penting lainnya.

Ukuran 13 x 18 cm pas di tas ransel Anda sehingga dapat Anda bawa kemana pun. Dengan sampul hardcover serta isi kertas penuh ilustrasi berwarna yang lucu, dijamin kamu tidak akan bosan menulis! Yuk segera rencanakan kegiatan Anda!

5. Travel Diary Little Companion – Black

5. Travel Diary Little Companion - Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Buku harian traveller sejati

Anda suka sekali jalan-jalan dan menulis tentang perjalanan Anda? Wah, buku harian ini sangat pas untuk Anda! Dengan bentuk yang tipis membuat buku ini lebih mudah Anda bawa selama perjalanan. Jika Anda sering berpergian, Anda dapat mencatat sebanyak 12 perjalanan Anda di dalam buku ini, lho!

Dengan Travel Diary Little Companion Anda dapat mencatat seluruh pengalaman perjalanan Anda seperti rute perjalanan, jadwal perjalanan, makanan terenak, sampai detail pengeluaran Anda. Siapa tahu dengan mencatat semua detail perjalanan, Anda dapat menerbitkan sebuah buku tentang perjalanan Anda!

4. Vintage A7 Pocket Notebooks Journals Planner

4. Vintage A7 Pocket Notebooks Journals Planner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 171.000

Pocket diary untuk Anda yang aktif

Bagi Anda yang sering bepergian dan menulis buku harian di luar rumah, Vintage A7 Pocket Notebooks Journals Planner sangat pas untuk Anda. Ukurannya yang kecil mudah Anda bawa kemana pun Anda pergi, selain itu juga memberikan kenyamanan ketika harus menulis di tempat umum.

Produk ini dilengkapi dengan kode kunci pengaman sehingga memberi Anda privasi. Desain sampul yang polos dari PU leather sangat sesuai untuk Anda seorang profesional. Tak hanya warna putih, buku harian ini memiliki 4 variasi warna elegan lainnya. Pilih sesuai warna favorit Anda, ya!

3. Peekmybook Recipe Book for Baby

3. Peekmybook Recipe Book for Baby

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 109.000

Menu-menu harian si kecil

Memiliki si kecil tentunya merupakan kesibukan baru untuk Anda, para ibu. Ketika si kecil sudah boleh makan selain ASI, Anda sibuk mempersiapkan resep-resep makanan yang sesuai untuk si kecil. Pastinya Anda butuh buku untuk mencatat resep-resep tersebut ya. Kami rekomendasikan Peekmybook Recipe Book for Baby untuk mencatat menu-menu si kecil.

Selain untuk mencatat menu-menu, buku ini membantu Anda mencatat perkembangan si kecil termasuk detail lainnya seperti berat dan tinggi badannya. Buku ini juga dilengkapi dengan halaman kosong yang dapat Anda gunakan untuk mencatat hal lainnya seperti jenis vitamin yang dikonsumsi, tanggal imunisasi, jadwal dokter, dan lain-lain. Catat perkembangan si buah hati di dalam buku ini!

2. Peekmybook Passbook

2. Peekmybook Passbook

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Buku harian keuangan Anda

Anda ingin memulai berbisnis atau sekedar menghemat pengeluaran? Mulailah dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda. Peekmybook Passbook dapat Anda gunakan untuk pembukuan keuangan Anda. Dilengkapi dengan hardcover membuat buku ini awet Anda gunakan untuk mencatat dan melihat pengeluaran dan pemasukan.

Ditambah dengan halaman bergaris, buku ini juga dapat Anda gunakan untuk mencatat rencana bisnis Anda. Ukuran A5 membuat Anda dapat mencatat dengan lebih nyaman. Harganya pun termasuk ramah untuk kantong Anda. Yuk, segera dibeli!

1. Clobeau Classical Vintage Diary Notebook Hardcover

1. Clobeau Classical Vintage Diary Notebook Hardcover

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 901.962

Gaya vintage untuk melengkapi kegiatan Anda

Kami rekomendasikan Clobeau Classical Vintage Diary Notebook Hardcover untuk Anda yang menyukai tema vintage. Dilengkapi dengan hardcover, kotak penyimpan, serta kunci bersandi membuat privasi Anda lebih terjaga. Buku ini tersedia dalam warna lain seperti biru, merah, dan emas.

Terdiri dari 4 jenis halaman tanpa tanggal, bergaris, kotak-kotak, kosong, dan weekly plan, membuat Anda dapat berkreasi sesuai keinginan. Tak hanya untuk menulis aktivitas, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat sketsa pada halaman yang kosong. Halaman yang dijahit serta dilem membuat buku ini awet tahan lama.

Kesimpulan

Ternyata buku harian tidak lagi hanya untuk menulis suka duka hari Anda, ya. Banyak jenis buku harian sesuai dengan kebutuhan Anda seperti mencatat perkembangan buah hati Anda, mencatat keuangan, dan lain-lain. Pastikan Anda membeli buku harian dengan ukuran maupun fungsi yang sesuai dengan kebutuhan agar aktivitas Anda dapat berjalan lancar.

Mulai tertarik untuk menulis buku harian lagi? Selamat menulis dan merencanakan hari-hari Anda!