10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Anda yang lahir sebelum era digital pasti sangat akrab dengan kata “dear diary”, bukan? Menulis buku harian merupakan hal yang biasa dilakukan orang-orang karena memberikan efek lega setelah menulis. Selain itu, Anda dapat menyimpan memori Anda, baik yang menyenangkan maupun yang tidak.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi buku harian terbaik. Anda akan menemukan buku harian berkualitas keluaran Peekmybook, Ponybrown, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!

Daftar isi

Cara memilih buku harian

Penting untuk memilih buku harian yang sesuai dengan gaya menulis Anda. Berikut akan kami jelaskan satu per satu mengenai cara memilihnya.

Pilih produk berdasarkan ada tidaknya tanggal

Pilih produk berdasarkan ada tidaknya tanggal

Ada buku harian yang memiliki tanggal dan ada juga yang tidak. Buku harian bertanggal cocok bila Anda ingin merekam kondisi fisik atau mencatat acara-acara penting dalam jangka panjang. Dengan demikian, lebih mudah untuk Anda jika ingin melihat kembali catatan tersebut di buku harian.

Jika Anda memilih produk yang dilengkapi jadwal bulanan, Anda bisa mencatat jadwal dengan lebih rapi. Anda pun akan semakin mudah mengingat hal-hal yang terjadi dalam bulan tersebut. Namun, amat disayangkan buku harian yang memiliki tanggal masih cukup sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Sementara itu, buku harian tanpa tanggal bisa ditulisi kapan pun Anda mau. Hal tersebut membuat produk tersebut cocok untuk Anda yang ingin menyimpan memori tumbuh kembang anak dan mengatur diet. Meski begitu, ada juga produk tidak bertanggal yang jumlah halamannya tidak mencapai satu tahun. Ingat untuk selalu mengecek jumlah halamannya juga, ya!

Pilih produk berdasarkan layout-nya

Pilih produk berdasarkan layout-nya

Berdasarkan layout-nya, ada buku harian bergaris dan ada yang polos. Anda akan lebih rapi menulis pada buku harian bergaris. Oleh karena itu, buku harian bergaris tepat dipilih bila Anda lebih sering menulis kalimat dalam buku harian.

Buku harian bergaris pun dibagi menjadi dua tipe lagi, yaitu yang jarak antar garisnya sempit dan lebar. Bagi Anda yang suka menulis banyak, pilihlah buku harian yang jarak antar garisnya sempit. Bila Anda terbiasa menulis pendek, Anda bisa memilih buku harian yang jarak antar garisnya besar.

Nah, untuk Anda yang suka berkreasi, pilihlah buku harian tanpa garis atau polos. Anda dapat menghiasi buku harian Anda dengan masking tapedoodle, stiker, dan ornamen lainnya tanpa batas!

Pilih periode penulisan yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih periode penulisan yang sesuai dengan kebutuhan

Periode penulisan buku harian berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Biasanya, buku harian dirancang untuk setahun. Akan tetapi, ada juga buku harian yang dapat digunakan untuk jangka waktu 3 tahun sampai 5 tahun. Produk seperti ini tepat dipilih untuk penulisan dalam waktu sangat panjang. Anda juga akan menemukan buku harian yang dapat ditulisi hingga 365 hari. Pilihlah sesuai dengan preferensi Anda.

Meski begitu, tidak sedikit juga buku harian yang jumlah halamannya tidak cukup untuk ditulisi selama setahun. Jadi, pertimbangkanlah penulisan yang Anda inginkan sebelum memilih produk.

Pilih ukuran produk berdasarkan prioritas penulisan

Pilih ukuran produk berdasarkan prioritas penulisan

Buku harian tersedia dalam beragam ukuran. Untuk bisa memilih produk dengan ukuran yang tepat, pertimbangkan terlebih dahulu prioritas Anda. Apakah Anda lebih mengutamakan kemudahan saat dibawa atau kenyamanan dalam menulis?

Bagi Anda yang mengutamakan kemudahan untuk dibawa, pilihlah produk yang tidak makan tempat. Buku harian dengan ukuran seperti A6 akan mudah dibawa ke mana pun tanpa memenuhi tas.

Sementara itu, jika Anda memprioritaskan kenyamanan menulis, pilihlah produk berukuran besar, contohnya B5. Produk seperti ini sangat cocok untuk Anda yang menulis buku harian di rumah. Apalagi, Anda pun bisa menulis di atas meja.

Pilih desain produk yang Anda sukai

Pilih desain produk yang Anda sukai

Desain juga merupakan poin penting yang akan memengaruhi penggunaan buku harian. Contohnya, Anda bisa memilih produk dengan sampul hardcover untuk digunakan dalam waktu lama karena tergolong durable.

Selain itu, bila produk pilihan Anda dilengkapi pembatas halaman, Anda bisa dengan mudah membuka halaman yang terakhir ditulisi. Jika buku agendanya dilengkapi pengunci, Anda bisa dengan tenang meninggalkannya di rumah tanpa khawatir orang lain dapat membacanya.

Nah, bagi Anda yang mudah bosan, Anda bisa memilih produk dengan warna, hiasan, atau karakter favorit. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat dan senang menggunakan buku harian tersebut. Lihat terlebih dahulu desainnya sebelum memutuskan untuk membeli buku harian, ya!

Pilih produk berisi konten khusus sesuai kebutuhan

Pilih produk berisi konten khusus sesuai kebutuhan

Ada juga buku harian yang memiliki konten khusus, misalnya untuk program diet atau mencatat tumbuh kembang anak. Produk seperti ini tepat dipilih bila Anda sudah tahu hal-hal yang hendak Anda tuliskan.

Buku harian untuk diet memudahkan Anda mencatat berat badan dan asupan makanan setiap hari. Anda pun bisa memantau penurunan berat badan dalam wujud grafik. Dengan mengetahui perubahan bobot pada tubuh hari per hari, Anda akan makin bersemangat untuk diet. Rasa frustasi karena merasa tak ada perubahan penurunan berat badan pun bisa dicegah.

Sementara itu, Anda bisa mencatat jam tidur dan pemberian susu anak Anda di buku harian tumbuh kembang anak. Tentunya Anda bisa bernostalgia dan tersenyum sendiri saat melihat kembali perkembangan anak Anda di masa lalu.

10 Rekomendasi buku harian terbaik

Kini saatnya kami memberikan rekomendasi buku harian terbaik pilihan kami untuk Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda ya!

10. Daiichi Diary B5

10. Daiichi Diary B5

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 28.000

Makin nyaman menulis dengan ukuran B5

Adanya enam pilihan warna memungkinkan Anda memilih warna favorit. Selain itu, produk ini memiliki ukuran yang besar sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin nyaman menulis. Mengingat harganya pun bersahabat, buku harian ini terlihat semakin menarik, bukan?

Tipe layout Bergaris
Ukuran 18,5 cm × 14 cm × 26 cm
Periode penulisan/jumlah halaman 120 halaman
Keunggulan tambahan Tidak ada

9. Peekmybook The Secret Recipe

9. Peekmybook The Secret Recipe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Rencanakan menu sehat Anda setiap hari!

Anda memiliki resolusi hidup lebih sehat? Mulailah dengan mengatur menu makanan Anda sehari-hari. Dengan Peekmybook The Secret Recipe, Anda dapat merencanakan menu harian serta mencatat resep-resep pilihan Anda. Tentu produk ini wajib dimiliki untuk mempermudah Anda mengatur makan.

Dilengkapi dua jenis halaman untuk resep makanan gurih dan manis, resep makanan Anda pun tak akan tercampur. Selain itu, terdapat pula halaman kosong pada buku harian ini. Anda bisa menggunakannya untuk menulis hal-hal lainnya seperti data berat badan dan jadwal olahraga.

Tipe layout Bergaris
Ukuran A5 (15 cm × 21 cm)
Periode penulisan/jumlah halaman 182 halaman
Keunggulan tambahan Hardcover, halaman full color, dan water and fade resistant

8. Buku Harian Polos

8. Buku Harian Polos

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 92.400

Cover dan halamannya polos, makin bebas berkreasi

Buku harian yang satu ini tampil minimalis dengan sampul berwarna tanpa gambar apa pun. Tidak hanya itu, setiap halamannya pun polos tanpa ada tulisan, garis, atau gambar. Dengan begitu, Anda bebas menulis, menggambar, atau menghiasinya sesuka hati Anda. Jika Anda ingin segera meluapkan kreativitas, produk inilah pilihannya.

Tipe layout Polos
Ukuran 12,5 cm × 12,5 cm
Periode penulisan/jumlah halaman 60 halaman
Keunggulan tambahan Tidak ada

7. Diary Vintage Leaf

7. Diary Vintage Leaf

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 34.800

Tampil retro dengan cover kulit yang menarik

Hadir dengan cover berbahan kulit, produk ini terkesan sangat eksklusif sekaligus klasik. Adanya motif dedaunan juga membuat produk ini terlihat semakin menarik. Dipadukan dengan hiasan daun dan tali pengikat, nuansa retro  produk ini pun semakin kentara. Pastinya sangat cocok bagi Anda yang mencari buku harian bertema vintage!

Tipe layout Polos
Ukuran 14,5 cm × 10,5 cm
Periode penulisan/jumlah halaman 160 halaman
Keunggulan tambahan Tidak ada

6. Nice Day 365 Daily Planner Small

6. Nice Day 365 Daily Planner Small

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 79.000

Tak bosan merencanakan kegiatan untuk setahun

Produk ini cocok dijadikan partner Anda untuk menyusun jadwal dan rencana selama satu tahun. Di dalamnya terdapat yearly planmonthly plan, dan weekly plan untuk memudahkan Anda mencatat jadwal kegiatan. Planner ini juga dilengkapi dengan halaman kosong yang dapat Anda gunakan untuk mencatat hal-hal penting lainnya.

Tipe layout Bergaris
Ukuran 11 cm × 15 cm
Periode penulisan/jumlah halaman 1 tahun/204 halaman
Keunggulan tambahan Hardcover, halaman full color

5. Peekmybook Little Companion Travel Diary

5. Peekmybook Little Companion Travel Diary

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 119.000

Traveller sejati wajib punya! Tulis segala detail perjalanan Anda di dalamnya

Anda suka sekali jalan-jalan dan menulis tentang perjalanan Anda? Wah, buku harian ini sangat pas untuk Anda! Diklaim tipis dan pipih, buku ini pun semakin mudah Anda bawa selama perjalanan. Bahkan, Anda dapat mencatat hingga sebanyak dua belas perjalanan Anda di dalam buku ini, lho!

Dengan produk ini, Anda dapat mencatat seluruh pengalaman perjalanan Anda. Mulai dari rute perjalanan, jadwal perjalanan, makanan terenak, sampai detail pengeluaran Anda bisa dicatat lengkap. Siapa tahu dengan mencatat semua detail perjalanan, Anda dapat menerbitkan sebuah buku tentang perjalanan Anda!

Tipe layout Bergaris
Ukuran 13,5 cm × 21 cm
Periode penulisan/jumlah halaman 144 halaman
Keunggulan tambahan Hardcover, halaman full color, water and fade resistant, dan pembatas halaman

4. Ponybrown Budbear Everyday Diary

4. Ponybrown Budbear Everyday Diary

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.500

Buha Bear di mana-mana, imut banget!

Ketika Anda melihat isi halaman produk ini, Anda akan mendapati Buha Bear di mana-mana dengan beragam pose berbeda, lho! Adanya beruang imut tersebut membuat produk ini tepat dipilih oleh Anda yang menyukai benda-benda cute. Apalagi, produk ini juga tetap fungsional karena dilengkapi yearly plan, monthly plan, dan sebagainya.

Tipe layout Bergaris
Ukuran 20,7 cm × 10,7 cm × 0,9 cm
Periode penulisan/jumlah halaman 1 tahun/132 halaman
Keunggulan tambahan Halaman full color dan sampul plastik PVC

3. Peekmybook Recipe Book – Baby Edition

3. Peekmybook Recipe Book - Baby Edition

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 109.000

Catat menu makanan dan tumbuh kembang si kecil

Ketika si kecil sudah boleh makan makanan selain ASI, Anda tentu perlu mempersiapkan resep-resep makanan yang sesuai. Nah, Anda bisa menggunakan buku harian ini dan mencatat menu serta berbagai resep makanan untuk buah hati Anda.

Selain itu, buku ini juga dapat digunakan untuk mencatat perkembangan berat anak, tinggi badan, dan hal-hal lainnya. Halaman kosongnya pun bisa digunakan untuk mencatat jenis vitamin yang dikonsumsi, tanggal imunisasi, jadwal dokter, dan sebagainya. Yuk, catat perkembangan dan makanan khusus si buah hati di dalam buku ini!

Tipe layout Bergaris
Ukuran A5 (15 cm × 21 cm)
Periode penulisan/jumlah halaman 80 halaman
Keunggulan tambahan Hardcover, halaman full color, dan water and fade resistant

2. Peekmybook The Passbook

2. Peekmybook The Passbook

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Simpan dengan lengkap seluruh catatan pemasukan dan pengeluaran Anda!

Anda ingin memulai berbisnis atau ingin sekadar menghemat pengeluaran? Produk ini wajib dijadikan partner. Dilengkapi 72 halaman yang berisi tabel pengeluaran dan pemasukan, Anda bisa mencatat dengan rinci seluruh aktivitas keuangan Anda. Tenang saja, produk ini juga dilengkapi halaman kosong bergaris untuk mencatat informasi penting, kok!

Tipe layout Bergaris
Ukuran A5 (15 cm × 21 cm)
Periode penulisan/jumlah halaman 165 halaman
Keunggulan tambahan Hardcover dan water and fade resistant

1. Diary Password

1. Diary Password

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 60.000

Dilengkapi password, seluruh tulisan Anda pun aman terjaga

Tampil chic dengan tema girl, tidak salah bila produk ini banyak disukai para wanita. Tersedia dalam dua pilihan desain, Anda bebas memilih yang paling disuka. Kertasnya tidak hanya tebal, tetapi juga halus. Anda pun akan semakin nyaman menulis di buku harian ini.

Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi pengunci dengan mekanisme password. Anda tidak perlu takut lagi dengan orang-orang yang berusaha melihat isi diary saat Anda tidak berada di rumah. Cegah orang lain mengetahui isi diary Anda dengan memilih produk satu ini!

Tipe layout Bergaris
Ukuran 14,5 cm × 13 cm × 1,5 cm
Periode penulisan/jumlah halaman Tidak disebutkan
Keunggulan tambahan Hardcover dan pembatas halaman

Tips menulis buku harian dengan konsisten

Tips menulis buku harian dengan konsisten

Banyak orang yang bersemangat saat membeli buku harian dan mulai menulisinya, tetapi semangatnya tidak bertahan lama. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan juga tips untuk menulis buku harian dengan konsisten.

Poin pertama adalah menulis sesingkat mungkin. Tuliskan hal yang terjadi serta perasaan Anda pada hari tersebut dalam tiga baris. Awalnya, Anda akan sangat ingin menulis hingga halamannya penuh. Namun, hal tersebut bisa jadi malah membebani jika dilakukan terus-menerus. Bila Anda terbiasa menulis pendek dan tidak membutuhkan banyak waktu, Anda bisa dengan mudah menulis diary secara konsisten.

Poin kedua adalah fokuskan untuk menulis lebih kepada kesenangan dan kegembiraan dibanding perasaan negatif. Dengan begitu, ketika Anda membacanya kembali Anda pun akan merasa semakin bersemangat. Anda bisa mencoba menuliskan diary pendek dan bernuansa positif pada momen santai misalnya setelah mandi atau sebelum tidur. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan lebih menikmati saat-saat menulis di buku harian.

Baca juga rekomendasi berbagai buku agenda dan stationery lainnya di sini

Buku catatan dan berbagai buku agenda sangat fungsional untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, dengan menggunakan pembatas buku dan bolpoin, momen mencatat pun terasa semakin mudah dan menyenangkan. Kenali lebih jauh mengenai cara memilih dan rekomendasi seluruh produk tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Rasanya melegakan setelah meluapkan isi hati di buku harian, bukan? Untuk bisa menemukan produk yang tepat, Anda harus mengecek layout dan ada tidaknya tanggal.

Selain itu, ketahui juga periode penulisan dan ukuran buku harian pilihan Anda. Agar Anda tetap bersemangat menulis, Anda juga bisa memilih produk yang desainnya Anda suka. Bila dibutuhkan, pilihlah buku harian dengan konten khusus. Selamat memilih buku harian!