10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Memiliki anak adalah hal yang paling membahagiakan. Seorang bayi adalah anugerah terindah. Jika Anda seorang orang tua, apalagi baru memiliki bayi, Anda akan menginginkan yang terbaik untuk anak Anda. Memiliki baby monitor adalah salah satu cara untuk memberi yang terbaik untuk anak Anda.

Baby monitor adalah alat yang dapat memantau kondisi bayi Anda di setiap saat. Jika Anda sibuk mengerjakan tugas rumah tangga atau bekerja di luar rumah, Anda akan tetap bisa mengetahui keadaan bayi Anda. Artikel ini akan membantu Anda memilih baby monitor terbaik untuk Anda dan bayi Anda!

Daftar isi

Cara memilih baby monitor terbaik

Tidak hanya untuk memantau kondisi bayi, baby monitor juga memiliki berbagai fungsi. Semakin bagus fungsi-fungsi tersebut, semakin mahal harga baby monitor. Pastikan Anda mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam sebuah baby monitor. Juga pastikan Anda mengetahui apa yang Anda perlukan dalam sebuah baby monitor. Simak cara memilih baby monitor di bawah ini!

Pilih produk dengan lisensi/sertifikasi keamanan

Pilih produk dengan lisensi/sertifikasi keamanan

Di beberapa negara, alat-alat yang digunakan untuk bayi harus memiliki lisensi atau sertifikat keamanan. Baby monitor, misalnya, harus memiliki sertifikat keamanan untuk digunakan pada atau dekat bayi. Alat tersebut menggunakan gelombang radio untuk pengoperasiannya. Anda harus yakin baby monitor Anda aman dan tidak mengganggu perkembangan bayi.

Di Indonesia, lisensi atau sertifikat keamanan tersebut diwakili dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Nasional (BSN). SNI akan memastikan alat yang Anda gunakan tidak berbahaya saat digunakan. Namun, pastikan Anda memilih baby monitor yang memiliki SNI dari Indonesia atau lisensi/sertifikat keamanan dari negara produsennya.

Pilih memantau dengan audio atau video

Pilih memantau dengan audio atau video

Ada dua fungsi baby monitor untuk memantau bayi Anda, baby monitor yang hanya mengeluarkan suara (audio) dan baby monitor yang mengeluarkan gambar dan suara (video). Bayi yang baru lahir biasanya hanya bisa menangis saat menginginkan sesuatu. Untuk bayi yang baru lahir, maka baby monitor yang mengeluarkan audio akan sesuai. Harga alat ini juga relatif lebih murah.

Namun jika bayi Anda mulai banyak bergerak, maka Anda akan ingin mengetahui keadaan bayi Anda lebih jauh. Baby monitor yang mengeluarkan gambar dan suara akan lebih cocok untuk Anda. Dengan melihat gambar dan mendengar suara baby monitor jenis ini, Anda akan lebih tenang dalam melakukan pekerjaan Anda.

Pilih komunikasi searah atau dua arah

Pilih komunikasi searah atau dua arah

Fungsi komunikasi baby monitor bisa dibedakan dengan komunikasi searah atau dua arah. Dengan komunikasi searah, Anda hanya bisa mendengarkan suara bayi Anda. Sementara dengan komunikasi dua arah, Anda dan bayi Anda bisa saling mendengarkan suara masing-masing. Apa keuntungan dari kedua fungsi komunikasi tersebut?

Anda bekerja dan mendengar bayi Anda menangis melalui baby monitor. Jika Anda bisa dengan cepat menghampiri dan menenangkan bayi Anda, baby monitor dengan fungsi komunikasi searah cukup untuk Anda. Jika Anda tidak bisa segera menghampiri bayi Anda, dengan fungsi komunikasi dua arah Anda akan bisa menenangkan bayi Anda melalui baby monitor, bahkan Anda bisa menyanyikan lagu untuknya.

Fungsi komunikasi dua arah memiliki kekurangan. Ada kemungkinan suara bising dari tempat Anda terbawa ke kamar bayi, melalui baby monitor. Ini bisa mengganggu bayi Anda saat ia tidur. Hal ini bisa dihindari dengan menyalakan fungsi audio baby monitor Anda di saat -saat tertentu saja. Namun, hal ini tidak praktis dan Anda tidak bisa memantau bayi Anda setiap saat.

Pilih performa kamera

Pilih performa kamera

Ada bermacam-macam fungsi kamera pada baby monitor dengan video. Ada tipe kamera yang diam, tipe kamera bergerak, tipe kamera yang bisa dioperasikan dengan jarak jauh. Akan sedikit membingungkan untuk memilih baby monitor dengan kamera. Jangan khawatir, masing-masing fungsi tersebut memiliki nilai tambah.

Tipe kamera yang diam akan sesuai jika bayi Anda belum banyak bergerak. Baby monitor dengan kamera yang tidak bergerak bisa membantu Anda memantau bayi yang tidur dengan tenang. Jika bayi Anda sudah mulai berguling atau bergeser saat tidur, ada kemungkinan ia akan berpindah ke blind spot kamera. Ini bisa ditangani dengan baby monitor dengan kamera bergerak.

Untuk bayi yang sudah lincah dan banyak bergerak, Anda mungkin memerlukan baby monitor dengan kamera yang bisa dioperasikan dari jarak jauh. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir kehilangan pandangan akan bayi Anda. Selain ketiga tipe kamera di atas, ada pula baby monitor dengan kamera night vision. Anda akan dengan mudah memantau bayi Anda di malam hari.

Pilih metode koneksi tanpa kabel

Pilih metode koneksi tanpa kabel

Berdasarkan metode koneksi, ada baby monitor analog, digital, digital DECT dan baby monitor dengan koneksi WiFi. Baby monitor analog beroperasi menggunakan frekuensi 49 atau 900 mHz. Suara yang dihasilkan baby monitor analog tidak bersih, bercampur dengan yang lainnya, dan kadang bisa terdengar orang lain yang menggunakan frekuensi sama. Ini tidak akan aman untuk keluarga Anda.

Baby monitor digital menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Hasil suara lebih bersih dan suara tidak bocor ke lingkungan sekitar. Namun, kadang frekuensi baby monitor digital terganggu dengan perangkat wireless yang menggunakan frekuensi sama. Baby monitor digital DECT menggunakan frekuensi 1,9 GHz. Tidak banyak alat yang menggunakan frekuensi ini, sehingga suara yang dihasilkan jauh lebih bersih.

Baby monitor dengan koneksi WiFi memiliki koneksi yang lebih baik dibandingkan dengan kedua baby monitor sebelumnya. Alat ini juga biasanya bisa dihubungkan dengan aplikasi pada smartphone Anda. Anda bisa mengatur baby monitor dari mana pun Anda berada. Kelemahan tipe ini adalah Anda harus menggunakannya pada area yang memiliki sambungan WiFi.

Sumber daya listriknya

Sumber daya listriknya

Anda dapat memilih alat ini berdasarkan sumber daya listriknya. Ada baby monitor yang menggunakan listrik (dengan kabel) dan ada yang menggunakan baterai. Jika Anda memilih baby monitor yang menggunakan listrik, pastikan Anda dapat meletakkannya dekat dengan stopkontak. Jangan lupakan keamanan bayi Anda dengan memperhatikan letak kabel dan stopkontaknya.

Baby monitor dengan baterai akan lebih praktis dalam penggunaannya. Anda tidak akan direpotkan dengan kabel dan letak stopkontak. Selain itu, bayi Anda akan lebih aman karena tidak ada risiko memainkan kabel listrik. Baby monitor dengan baterai juga akan lebih mudah dibawa-bawa.

Fungsi-fungsi lainnya

Fungsi-fungsi lainnya

Beberapa produsen menambahkan fungsi-fungsi lain pada baby monitor. Fungsi-fungsi tersebut membantu Anda dalam memantau bayi Anda dan merupakan nilai tambah bagi alat tersebut. Ada yang memiliki fungsi alarm untuk pengaturan temperatur; fungsi auto tracking pada kamera; fungsi lagu pengantar tidur; fungsi perekaman suara; dan berbagai fungsi lainnya.

Fungsi-fungsi tambahan pada baby monitor berpengaruh pada harganya. Semakin lengkap dan canggih fungsi tambahannya, semakin mahal harga baby monitor. Jika fungsi utama baby monitor yaitu memantau keadaan bayi Anda, sudah cukup bagi Anda maka Anda tidak memerlukan alat dengan berbagai macam fungsi. Jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya membeli baby monitor yang lengkap fungsinya.

10 Rekomendasi baby monitor terbaik

Nah, sudah tahu cara memilih baby monitor untuk si kecil? Di bawah ini kami berikan 10 rekomendasi baby monitor terbaik. Anda bisa memilih salah satunya dengan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda.

10. Baby Cry Baby Monitor

10. Baby Cry Baby Monitor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 250.000

Boneka salju lucu yang membantu memantau saat bayi Anda menangis

Baby monitor Baby Cry ini adalah alat monitor bayi yang sederhana dengan harga sangat terjangkau. Alat ini mendeteksi saat bayi Anda menangis, juga mengeluarkan suara pemberitahuan saat anak Anda menangis. Desainnya sangat menarik, tampak seperti mainan bayi.

Terdiri dari dua unit, transmitter dan receiver, alat ini memiliki komunikasi satu arah dengan jangkauan sejauh 85 meter. Daya alat ini menggunakan 2 baterai AAA untuk masing-masing unit. Pada transmitter, Anda bisa mengatur sensitivitas penerimaan suara dan pada receiver Anda bisa mengatur volume suara.

9. Core Portable Baby Monitor

9. Core Portable Baby Monitor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 375.000

Baby monitor audio sederhana untuk dibawa ke mana saja

Baby monitor ini fiturnya sederhana. Alat ini memantau audio bayi Anda dengan jangkauan hingga 100 meter. Suara yang dihasilkannya cukup jernih dengan respon yang bagus. Anda bisa segera mengetahui jika bayi Anda menangis di kamar tidurnya saat berjauhan dengan Anda.

Core Portable Baby Monitor mudah dibawa-bawa dan menggunakan baterai alkalin 9 Volt atau adaptor AC/DC. Alat ini memiliki 2 saluran frekuensi, Anda bisa memilih saluran dengan suara lebih bersih untuk digunakan. Dilengkapi dengan lampu tidur yang lembut dan pengontrol volume suara, bayi Anda akan dapat tidur dengan tenang.

8. Takara Tomy Baby Walkabout

8. Takara Tomy Baby Walkabout

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 500.000

Bersuara jernih, Anda bisa mengerjakan tugas rumah dengan tenang

Takara Tomy Baby Walkabout adalah baby monitor yang menggunakan teknologi analog. Namun, untuk mengurangi gangguan suara yang muncul, alat ini menyediakan empat saluran yang bisa Anda pilih sehingga bisa mengurangi gangguannya. Suara jernih yang dihasilkan memungkinkan Anda cepat mengetahui apakah bayi Anda menangis atau bergerak.

Unit receiver-nya bersifat portabel dan dapat dengan mudah dibawa-bawa dalam jangkauan 300 m. Unit ini menggunakan baterai AA. Sementara, unit transmitter-nya yang disimpan di kamar bayi menggunakan adaptor AC/DC. Dengan alat ini, Anda dapat leluasa mengerjakan tugas-tugas rumah tangga atau bahkan istirahat sejenak untuk minum kopi.

7. Beurer Baby Monitor BY84

7. Beurer Baby Monitor BY84

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 885.000

Layar dengan LED biru yang memberitahukan mood bayi Anda

Beurer BY84 ini merupakan baby monitor yang memiliki EcoMode sehingga emisi yang dikeluarkannya rendah dan transmisi yang dilakukannya efisien. Alat ini menggunakan teknologi analog dengan frekuensi 864 MHz dan memiliki dua saluran yang bisa Anda pilih untuk mengurangi gangguan gelombang radio lainnya.

Jangkauannya sangat jauh, sampai 800 meter. Alat ini dilengkapi layar LED biru yang menunjukkan tingkat kebisingan di sekitar bayi Anda. Selain itu, pada layarnya juga terdapat fitur Baby Emotion agar Anda bisa mengetahui keadaan bayi, apakah ia sedang tidur, bangun, atau menangis. Alat ini menggunakan 3 baterai AAA untuk dayanya dan juga dengan suplai listrik dari adaptor AC/DC.

6. Angelcare Sound Baby Monitor AC401

6. Angelcare Sound Baby Monitor AC401

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.659.000

Mengetahui bayi Anda baik-baik saja sementara Anda berkegiatan, sangatlah melegakan

Alat ini adalah baby monitor yang bisa mendeteksi tidak hanya suara bayi Anda, tetapi juga mendeteksi pergerakkannya. Angelcare Baby Monitor AC401 terdiri dari 1 unit transmitter, 1 unit receiver dan 1 unit touchpad. Anda hanya perlu menempatkan touchpad di alas tidur bayi Anda, alat itu akan mendeteksi gerakan bayi Anda.

Untuk pendeteksian suara, alat ini menggunakan 2 frekuensi dan 8 saluran untuk menghindari gangguan sinyal. Bisa digunakan dengan mudah, jangkauan baby monitor ini di dalam ruangan adalah 100 meter dan 250 meter di luar ruangan. Alat ini juga bisa memantau suhu ruangan dan kelembapannya. Penggunaannya sangat praktis dengan 4 baterai ukuran AAA.

5. Motorola Audio Baby Monitor MBP161

5. Motorola Audio Baby Monitor MBP161

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.098.000

Tidak hanya memantau, tetapi juga mengingatkan Anda akan jadwal si kecil

Alat ini merupakan baby monitor pertama yang dibuat tidak hanya untuk memantau bayi, namun juga mengingatkan akan hal-hal penting untuk bayi Anda. Dengan fitur timer, Anda bisa mengatur reminder saat memberi makan, mengganti popok, atau waktu tidurnya. Memiliki petunjuk suhu kamar pada layarnya, Anda akan tahu saat udara terlalu panas atau terlalu dingin untuk si kecil.

Baby monitor Motorola MBP161 membantu Anda memantau bayi dengan teknologi digital DECT. Suaranya bersih sehingga suara bayi Anda akan terdengar jelas, tanpa ada kemungkinan orang lain ikut mendengar. Dengan jangkauan sejauh 300 meter, Anda bisa berkomunikasi dua arah dengan bayi Anda. Alat ini juga dilengkapi dengan indikator baterai dan tanda out of range yang berbunyi saat Anda di luar jangkauan sinyal.

4. Samsung SimpleView SEW 3040 W

4. Samsung SimpleView SEW 3040 W

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 3.519.000

Layar LCD 4,3 inci membuat Anda bisa melihat si kecil dengan jelas

Baby monitor ini disertai dengan layar LCD berukuran 4,3 inci. Anda bisa mengamati bayi Anda dengan leluasa, dengan jarak transmisi maksimal 300 meter. Alat ini menggunakan koneksi teknologi digital DECT, Anda tidak akan mengalami gangguan sinyal saat menggunakannya. Komunikasi dengan alat ini dilakukan secara dua arah, dengan tingkat volume suara yang bisa diatur.

Kamera pada baby monitor ini dilengkapi dengan fitur night vision dengan sinar infra merah, sehingga jangkauan penglihatannya bisa menyampai 4,5 meter. Alat ini bisa disambungkan dengan tiga kamera monitor lainnya (dijual terpisah), sehingga Anda bisa memantau ruangan-ruangan lain juga dengan mudah.

3. iBaby Monitor M6S

3. iBaby Monitor M6S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.850.000

Kapan pun dan di mana pun, Anda tetap bisa memantau bayi Anda dengan koneksi WiFi

iBaby Monitor M6S merupakan kamera wireless untuk memantau bayi Anda dengan koneksi WiFi dual band, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Terhubung dengan smartphone Anda, alat ini bisa memantau hingga 360° di sekitar bayi Anda. Anda juga bisa berkomunikasi dua arah dengan si kecil, bahkan mengatur lagu pengantar tidur dan cerita sebelum tidur dengan aplikasi pada gadget Anda.

iBaby M6S ini memiliki resolusi video Full High Definition 1080 p, gambar yang dihasilkan sangat jernih dengan audio yang jelas. Alat ini juga dilengkapi dengan fitur night vision untuk gambar yang lebih jelas pada malam hari. Sensitivitas alat ini pun tinggi, jika ada pergerakan atau suara, Anda akan langsung mendapatkan notifikasi pada gadget Anda.

2. Clever Dog Wireless Camera Baby Monitor

2. Clever Dog Wireless Camera Baby Monitor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 649.000

Memantau sekaligus menyimpan video momen berharga bayi Anda

Baby monitor dari Clever Dog ini memiliki koneksi dengan WiFi. Anda akan bisa selalu memantau keadaan bayi Anda saat Anda berada di kantor. Alat ini juga bisa disambungkan dengan smartphone Anda. Meskipun berjauhan, Anda dan bayi akan tetap aman. Clever Dog Wireless Camera Baby Monitor ini dilengkapi dengan teknologi P2P agar aman dari hacker.

Komunikasi menggunakan alat ini bisa dua arah dan memiliki pendeteksi gerak. Saat malam hari, Anda bisa mengaktifkan fitur night vision agar video lebih jelas. Alat ini menggunakan kabel micro USB untuk mengisi ulang baterainya, bisa juga menggunakan power bank saat diperlukan. Anda tidak akan kehilangan rekaman momen bayi Anda karena media penyimpanannya bisa sampai 32 GB.

1. Philips Avent SCD505

1. Philips Avent SCD505

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.295.000

Baby monitor dengan suara sebening kristal berkat teknologi digital DECT

Philips Avent SCD505 adalah baby monitor dengan teknologi digital DECT. Suara yang dihasilkan sebening kristal, jauh dari gangguan perangkat wireless lain, tidak ada yang bisa menguping keadaan Anda dan bayi Anda. Kisaran penggunaan alat ini sejauh 330 m. Baterainya kuat, bisa beroperasi selama 24 jam dengan lama pengisian baterai 8 jam.

Baby monitor Philips Avent SCD505 dilengkapi lampu malam dan lagu pengantar tidur yang dapat diatur dengan remote. Alat ini juga memiliki komunikasi dua arah, Anda bisa menenangkan bayi Anda saat akan menghampirinya. Dengan alat ini, Anda akan tenang saat tidak bersama bayi Anda. Jika Anda memiliki budget yang cukup besar untuk sebuah baby monitor, alat ini akan sempurna untuk Anda.

Kesimpulan

Dengan baby monitor Anda bisa tenang meninggalkan bayi Anda yang sedang tidur atau bermain sendiri di kamarnya. Sementara itu Anda bisa mengerjakan tugas Anda, baik di dalam rumah atau di kantor. Baby monitor membuat keluarga Anda terpantau dan tetap aman.

Kami sudah memberikan 10 rekomendasi baby monitor terbaik untuk Anda dan juga cara memilihnya. Apakah Anda sudah menemukan baby monitor untuk bayi Anda? Pastikan alat itu sesuai dengan apa yang Anda perlukan, ya!