• 10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Baby Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memiliki anak adalah hal yang paling membahagiakan. Jika Anda orang tua yang baru memiliki bayi, pastinya Anda menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Memiliki baby monitor adalah salah satu cara memberikan perhatian kepada anak Anda. Beberapa produsen yang terkenal di pasaran adalah Samsung, Motorola, dan iBaby.

Baby monitor merupakan alat yang dapat memantau kondisi bayi Anda setiap saat. Berkat itu, Anda dapat lebih tenang saat sedang tidak bisa bersama si kecil. Artikel ini akan membantu Anda memilih baby monitor terbaik untuk Anda dan si kecil!
  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2021
Daftar isi

Perlukah Anda memiliki baby monitor?

Perlukah Anda memiliki baby monitor?

Sebenarnya, perlu atau tidaknya baby monitor tergantung pada lingkungan pengasuhan anak. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa baby monitor dapat meringankan stres dalam mengasuh si kecil. 


Dalam keseharian, pasti ada saatnya Anda harus beranjak dari sisi bayi untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya. Saat tidak diawasi, orang tua umumnya merasa waswas dengan keadaan si kecil. Baby monitor dapat meringankan rasa khawatir tersebut dengan mendeteksi pergerakan dan mengawasi kondisi bayi. Dengan begitu, Anda dapat lebih relaks dalam menikmati waktu Anda.

Cara memilih baby monitor

Tidak hanya untuk memantau kondisi bayi, baby monitor juga memiliki berbagai fungsi lain. Berikut ini kami akan mengulas lima poin dalam pemilihan baby monitor. Simak selengkapnya di bawah ini!

Pilih yang sesuai dengan lokasi penggunaan

Ada dua jenis baby monitor. Jenis pertama memantau dengan menggunakan monitor khusus. Sementara jenis kedua dapat dihubungkan dengan smartphone melalui aplikasi khusus. Pilihlah jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan!

Jenis yang khusus untuk penggunaan indoor

Jenis yang khusus untuk penggunaan indoor

Untuk penggunaan indoor, pilihlah jenis dengan kamera dan monitor khusus. Kamera dan monitornya sudah otomatis dihubungkan secara nirkabel. Anda hanya perlu mengaktifkan dan menggunakannya saja. Tipe ini mudah digunakan oleh Anda yang tidak mau pusing berurusan dengan teknologi. 


Monitornya dapat diletakkan di tempat yang mudah dilihat. Dengan begitu, Anda bisa sewaktu-waktu memperhatikan kondisi bayi tanpa harus menghentikan pekerjaan. Karena tidak terhubung pada smartphone, Anda bisa melewati waktu dengan lebih efisien dan efektif tanpa terikat smartphone.

Namun, tipe ini tidak terhubung dengan jaringan internet dan memiliki batasan jarak pemakaian. Jika Anda ingin dapat memantau bayi dari manapun, pilihlah tipe yang dapat dihubungkan dengan smartphone

Jenis yang dapat dihubungkan dengan aplikasi smartphone

Jenis yang dapat dihubungkan dengan aplikasi smartphone

Jenis ini sering disebut juga sebagai network camera. Anda dapat melihat gambar dari aplikasi smartphone dengan menghubungkan kamera ke internet. Pastikan lokasi instalasi kamera memiliki koneksi internet agar dapat terhubung dengan aplikasi.


Tentu saja jenis ini juga bisa digunakan dalam rumah. Namun, manfaatnya baru benar-benar terasa saat Anda berada di luar rumah. Anda dapat memantau kondisi si kecil di manapun Anda berada, dari aplikasi smartphone. Sistem yang sama juga digunakan untuk kamera monitor hewan peliharaan dan sebagainya. 


Di satu sisi, jenis ini memerlukan pengaturan tambahan pada saat digunakan pertama kali. Pengaturan ini sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan jenis yang dibahas sebelumnya. Selain itu, karena sangat bergantung dengan internet, bisa saja terjadi gangguan jika koneksi memburuk.

Pilih yang dilengkapi berbagai fungsi deteksi

Selain merekam video bayi, beberapa produk juga memiliki fungsi pendeteksi lainnya. Berbagai fungsi ini dapat memberi tahu Anda jika terjadi sesuatu dengan si kecil.

Kemampuan menangkap dan mendeteksi suara

Kemampuan menangkap dan mendeteksi suara

Kamera dengan mikrofon akan menangkap suara bayi di dalam ruangan dan memberikan pertanda kepada Anda. Fungsi ini membuat Anda dapat mengetahui jika bayi mendadak menangis atau terjadi hal lainnya. Kami menyarankan fungsi ini agar Anda dapat langsung mengetahui kondisi si kecil melalui suara.

Dilengkapi dengan sensor gerakan

Dilengkapi dengan sensor gerakan

Fungsi ini dapat memberi tahu ibu jika si kecil berada di luar jangkauan kamera. Dengan fungsi ini, Anda dapat mengetahui pergerakan bayi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Beberapa produk dilengkapi dengan fungsi pelacakan otomatis yang dapat mengatur lensa kamera mengikuti pergerakan bayi. Anda dapat memantau si kecil dengan mudah tanpa harus terus-menerus mengatur kamera.

Terdapat sensor pendeteksi suhu

Terdapat sensor pendeteksi suhu

Dengan fungsi ini, Anda bisa langsung mendeteksi demam pada si kecil dengan cepat. Beberapa produk hanya menampilkan suhu pada monitor atau aplikasi. Namun, ada juga yang dapat memberi tahu Anda jika suhu melebihi kisaran normal. Untuk alasan keamanan, pilihlah tipe ini. 


Pada dasarnya, kamera hanya menanggapi suhu di sekitar kamera saja dan bukan suhu ruangan. Suhu yang terdeteksi kamera tidak selalu akurat. Karena itu, jadikanlah informasi suhu yang diberikan sebagai panduan saja.

Pilih berdasarkan sudut pandang dan kualitas gambar

Pilih berdasarkan sudut pandang dan kualitas gambar

Sudut pandang kamera sangat penting diperhatikan agar Anda mengetahui luas area yang mampu ditangkap oleh kamera. Semakin lebar sudutnya, semakin luas area yang dapat ditangkap. Pilihlah produk dengan sudut pandang yang sesuai dengan lokasi penempatan yang ditujukan.


Perhatikan juga kualitas gambar yang mampu dihasilkan. Anda bisa mengeceknya dengan mencari tahu jumlah pixel serta ukuran monitor. Jika memungkinkan, coba dan lihatlah hasil rekaman dari berbagai produk sebelum menentukan pilihan. Jangan hanya bergantung pada keterangan spec yang tertulis di kemasan.

Pilih yang memiliki lisensi dan sertifikasi keamanan

Pilih yang memiliki lisensi dan sertifikasi keamanan

Di beberapa negara, alat-alat yang digunakan untuk bayi harus memiliki lisensi atau sertifikat keamanan. Baby monitor umumnya harus memiliki sertifikat keamanan untuk digunakan pada bayi. Karena alat ini menggunakan gelombang radio, Anda harus yakin produk tersebut aman dan tidak mengganggu perkembangan bayi.


Di Indonesia, lisensi atau sertifikat keamanan tersebut ditandai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Nasional (BSN). SNI akan memastikan produk tidak berbahaya saat digunakan. Pastikan Anda memilih baby monitor yang memiliki SNI dari Indonesia, lisensi, atau sertifikat keamanan dari negara produsennya.

Pilih yang memiliki fungsi-fungsi tambahan

Baby monitor merupakan produk dengan harga yang umumnya tidak murah. Tentunya Anda mengharapkan produk berkemampuan sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan. Karena itu, mari pastikan produk tersebut memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti di bawah ini!

Pengendalian jarak jauh dengan kemampuan zoom dan pan-tilt

Pengendalian jarak jauh dengan kemampuan zoom dan pan-tilt

Fungsi ini membuat Anda mampu mengontrol kamera dari kejauhan. Produk dengan fungsi pan-tilt dapat membantu Anda mengatur luas area yang direkam berikut posisi kamera. Anda dapat menyesuaikannya hanya dengan sentuhan tombol pada monitor maupun aplikasi pemantau. Hal ini dapat membantu Anda mengawasi si kecil jika ia bergerak keluar dari rentang pengambilan gambar.


Selain itu, fungsi zoom dapat membantu Anda mengawasi si kecil dengan lebih saksama. Anda dapat melihat ekspresi bayi dan mengetahui kondisinya dengan lebih jelas.

Pilih yang bisa digunakan untuk komunikasi dua arah

Pilih yang bisa digunakan untuk komunikasi dua arah

Berkat adanya mikrofon dan speaker pada kamera serta monitor, Anda dapat berkomunikasi dengan si kecil dari kejauhan! Anda dapat menenangkan bayi secara langsung ketika ia mulai menangis. 


Seiring pertumbuhan si kecil, produk dapat dipakai sebagai alat pemantau yang baik. Produk dapat dipakai untuk berkomunikasi ketika anak sudah bisa berbicara. Karena itu, produk yang memiliki fungsi ini cenderung lebih bermanfaat dipakai untuk jangka waktu lama.

Pilih yang memiliki fitur music player sebagai pengantar tidur si kecil

Pilih yang memiliki fitur music player sebagai pengantar tidur si kecil

Dengan fungsi ini, Anda dapat memutar lullaby dari kamera agar si kecil tertidur dengan lelap. Fungsi ini dapat membantu Anda menenangkan bayi dan menemaninya tidur ketika Anda merasa lelah. Selain memutar musik, beberapa produk dapat menghasilkan white noise yang menenangkan. Perhatikan keterangan produk dengan baik agar menemukan fitur dan fungsi yang paling cocok untuk si kecil.

10 Rekomendasi baby monitor terbaik

Kami sudah membahas kiat-kiat pemilihan baby monitor. Di bawah ini kami mengulas sepuluh rekomendasi baby monitor terbaik. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan si kecil!
10
TipeMonitor
Fungsi deteksi Suara
Resolusi videoTidak dijelaskan
Ukuran produk10,3 x 7,5 x 4,7 cm
Fungsi tambahanMode gelap・Out of range alert
Jarak jangkau pantauan300 meter
Ukuran layar2 inci
DayaTidak dijelaskan
9

MBOSSWireless Baby Monitor

Mulai dari Rp 1.123.000,00

TipeMonitor
Fungsi deteksi Suhu・Suara
Resolusi video720 pixel
Ukuran produkTidak dijelaskan
Fungsi tambahanMode gelap・VOX mode・Komunikasi dua arah・Music player
Jarak jangkau pantauan50 meter indoor・100 meter outdoor
Ukuran layar4,3 inci
DayaDC 5V
8

Tommee TippeeDigital Video, Movement and Sound Monitor

Mulai dari Rp 2.462.200,00

TipeMonitor
Fungsi deteksi Gerakan・Suhu
Resolusi videoTidak dijelaskan
Ukuran produkTidak dijelaskan
Fungsi tambahanSensor pad・Komunikasi dua arah・Night light・Paging function
Jarak jangkau pantauan300 meter
Ukuran layarTidak dijelaskan
DayaTidak dijelaskan
7
TipeNetwork camera
Fungsi deteksi Gerakan・Suara
Resolusi video1080 pixel
Ukuran produk12 x 20 x 10 cm
Fungsi tambahanMode gelap・Sensor kualitas udara・Komunikasi dua arah・Laser・Split screen view
Jarak jangkau pantauanTidak dijelaskan
Ukuran layarTidak dijelaskan
DayaTidak dijelaskan
6
TipeNetwork camera
Fungsi deteksi Gerakan
Resolusi video1080 pixel
Ukuran produk15 x 10 x 10 cm
Fungsi tambahanMode gelap・Pan-tilt
Jarak jangkau pantauanTidak dijelaskan
Ukuran layarTidak dijelaskan
DayaDC 5V
5

SamsungSimpleVIEW Baby Monitoring System

SEW 3040

Mulai dari Rp 1.900.000,00

TipeMonitor
Fungsi deteksi Suara
Resolusi video480 x 272 pixel
Ukuran produkTidak dijelaskan
Fungsi tambahanMode gelap・Komunikasi dua arah・Auto scan・Sleep mode
Jarak jangkau pantauan250 meter
Ukuran layar4,3 inci
Daya1300 mAh Li-on battery
4
TipeMonitor
Fungsi deteksi Suhu・Suara
Resolusi video640 x 480 pixel
Ukuran produk6,3 x 12,6 x 2,7 cm
Fungsi tambahanMode gelap・Komunikasi dua arah・Music player
Jarak jangkau pantauanTidak dijelaskan
Ukuran layar2,4 inci
Daya3,7 V・600 mAh Li-polymer battery (rechargeable)
3

BeurerDual Baby Video Monitor 2-in-1

BY 99

Mulai dari Rp 4.494.000,00

TipeNetwork camera・Monitor
Fungsi deteksi Gerakan・Suhu・Suara
Resolusi video 1280 x 720 pixel
Ukuran produk11, 5 x 6,9 x 2,4 cm・9 x 6,5 x 5,8 cm
Fungsi tambahanZoom・Pan-tilt・Music player・Mode gelap・Eco+ mode
Jarak jangkau pantauan300 meter・Unlimited (internet connection)
Ukuran layar2,4 inci
Daya100 - 240V
2
TipeNetwork camera
Fungsi deteksi Gerakan・Suara
Resolusi video1280 x 720 pixel
Ukuran produk81 x 43 mm
Fungsi tambahanMode gelap ・Komunikasi dua arah・Cloud Storage
Jarak jangkau pantauanTidak dijelaskan
Ukuran layarTidak dijelaskan
DayaTidak dijelaskan
1

iBabyDigital Baby Video Camera

M7 Lite

Mulai dari Rp 3.565.000,00

TipeNetwork camera
Fungsi deteksi Kelembapan・Suhu・Suara
Resolusi video1080 pixel
Ukuran produkTidak dijelaskan
Fungsi tambahanMode gelap・Wi-Fi speaker・Komunikasi dua arah・Record videos・Free cloud storage・Pan-tilt
Jarak jangkau pantauanTidak dijelaskan
Ukuran layarTidak dijelaskan
DayaTidak dijelaskan

Tabel perbandingan produk baby monitor terbaik

Gambar produk
1
iBaby Digital Baby Video Camera 1

iBaby

2
Clever Dog Smart Wifi Camera  1

Clever Dog

3
Beurer Dual Baby Video Monitor 2-in-1 1

Beurer

4
VOCUSE Baby Monitor 1

VOCUSE

5
Samsung SimpleVIEW Baby Monitoring System 1

Samsung

6
ALDO CCTV Baby Monitor 1

ALDO

7
iFamCare Helmet Monitor 1

iFamCare

8
Tommee Tippee Digital Video, Movement and Sound Monitor 1

Tommee Tippee

9
MBOSS Wireless Baby Monitor 1

MBOSS

10
Motorola Digital Video Baby Monitor 1

Motorola

Nama produk

Digital Baby Video Camera

Smart Wifi Camera

Dual Baby Video Monitor 2-in-1

Baby Monitor

SimpleVIEW Baby Monitoring System

CCTV Baby Monitor

Helmet Monitor

Digital Video, Movement and Sound Monitor

Wireless Baby Monitor

Digital Video Baby Monitor

Keunggulan

Mengawasi, merekam, dan menyimpan video perkembangan bayi dengan satu alat

Fitur P2P untuk melindungi komunikasi dari peretas

Dual-type, dapat digunakan indoor maupun outdoor

Mode gelap mampu merekam hingga jarak lima meter

Melihat si kecil dengan lebih jelas berkat layar lebih lebar!

Kamera mampu diputar 360˚, menjangkau berbagai sudut!

Mampu mengukur kualitas udara di dalam ruangan

Dijual satu set dengan sensor pad untuk mendeteksi gerak bayi saat tidur

Memiliki fungsi VOX untuk menghemat daya

Baby monitor sederhana, mudah digunakan

Harga mulai dariRp 3.565.000,00Rp 629.000,00Rp 4.494.000,00Rp 875.000,00Rp 1.900.000,00Rp 410.000,00Rp 1.600.000,00Rp 2.462.200,00Rp 1.123.000,00Rp 2.109.000,00
TipeNetwork cameraNetwork cameraNetwork camera・MonitorMonitorMonitor Network cameraNetwork cameraMonitorMonitorMonitor
Fungsi deteksi Kelembapan・Suhu・SuaraGerakan・SuaraGerakan・Suhu・SuaraSuhu・SuaraSuaraGerakanGerakan・SuaraGerakan・SuhuSuhu・SuaraSuara
Resolusi video1080 pixel1280 x 720 pixel 1280 x 720 pixel640 x 480 pixel480 x 272 pixel1080 pixel1080 pixelTidak dijelaskan720 pixelTidak dijelaskan
Ukuran produkTidak dijelaskan81 x 43 mm11, 5 x 6,9 x 2,4 cm・9 x 6,5 x 5,8 cm6,3 x 12,6 x 2,7 cmTidak dijelaskan15 x 10 x 10 cm12 x 20 x 10 cmTidak dijelaskanTidak dijelaskan10,3 x 7,5 x 4,7 cm
Fungsi tambahanMode gelap・Wi-Fi speaker・Komunikasi dua arah・Record videos・Free cloud storage・Pan-tiltMode gelap ・Komunikasi dua arah・Cloud StorageZoom・Pan-tilt・Music player・Mode gelap・Eco+ modeMode gelap・Komunikasi dua arah・Music playerMode gelap・Komunikasi dua arah・Auto scan・Sleep modeMode gelap・Pan-tilt Mode gelap・Sensor kualitas udara・Komunikasi dua arah・Laser・Split screen viewSensor pad・Komunikasi dua arah・Night light・Paging functionMode gelap・VOX mode・Komunikasi dua arah・Music playerMode gelap・Out of range alert
Jarak jangkau pantauanTidak dijelaskanTidak dijelaskan300 meter・Unlimited (internet connection)Tidak dijelaskan250 meterTidak dijelaskanTidak dijelaskan300 meter50 meter indoor・100 meter outdoor300 meter
Ukuran layarTidak dijelaskanTidak dijelaskan2,4 inci2,4 inci4,3 inciTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan4,3 inci2 inci
DayaTidak dijelaskanTidak dijelaskan100 - 240V3,7 V・600 mAh Li-polymer battery (rechargeable)1300 mAh Li-on batteryDC 5VTidak dijelaskanTidak dijelaskanDC 5VTidak dijelaskan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi keperluan bayi lainnya di sini!

Semua orang tua pastinya menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Selain baby monitor, masih banyak produk yang dapat membantu Anda melindungi sang buah hati. Untuk memudahkan Anda memilih, kami sudah merangkum beberapa produk yang dapat memenuhi kebutuhan bayi. Silahkan cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan baby monitor, Anda bisa tenang meninggalkan bayi Anda yang sedang tidur atau bermain sendiri di kamarnya. Baby monitor membuat si kecil tetap aman meski Anda mengerjakan tugas lainnya. 

Kami sudah mengulas sepuluh rekomendasi baby monitor terbaik untuk Anda dan juga cara memilihnya. Apakah ada yang menarik hati Anda? Pilihlah produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda dan sang buah hati, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mandi merupakan hal yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir hingga yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda tentu ingin memilih produk yang berkualitas dan aman bagi kulitnya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Detergen Bebas Bahan Aditif Terbaik untuk Pakaian Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Detergen khusus pakaian bayi adalah pilihan terbaik untuk membersihkan pakaian dan kain yang menempel pada kulit bayi Anda. Selain itu, formulanya cocok untuk ibu yang baru melahirkan, serta orang dewasa yang berkulit sensitif. Namun, takaran penggunaan dan komposisi detergen bayi bervariasi pada setiap produsen. Anda mungkin jadi bingung dalam memilih.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih detergen pakaian bayi. Setelah itu, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti Pigeon, Sleek, Buds Organics, Cussons, dan sebagainya. Jadi, simak ulasan kami sampai akhir ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori