10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Camera stabilizer merupakan penyeimbang dan peredam goyangan pada kamera saat kita melakukan pengambilan video atau gambar. Stabilizer ini tidak hanya digunakan oleh fotografer profesional, tetapi juga oleh penikmat hobi fotografi. Dengan memasangkan stabilizer pada kamera yang Anda gunakan, Anda dapat mengambil gambar dengan mulus tanpa risiko blur.

Jenis camera stabilizer sangat bervariasi tergantung pada bentuk dan fungsinya. Bahkan saat ini telah diciptakan stabilizer yang bisa digunakan untuk smartphone. Kali ini kami akan merekomendasikan camera stabilizer dengan membandingkan beberapa poin penting dalam memilih produk terbaik. Jadidkanlah artikel ini sebagai referensi dalam mencari camera stabilizer yang paling tepat untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih camera stabilizer

Camera stabilizer berfungsi menyeimbangkan kamera dan meminimalisir hasil gambar yang blur saat Anda melakukan pemotretan. Dengan menggunakan alat ini, kamera akan tetap menghasilkan gambar yang fokus meski fotografer atau subjek foto bergerak.

Stabilizer memiliki berat yang sangat berbeda antara satu dengan lain. Berat stabilizer menjadi poin penting dalam memilih karena ini berkaitan dengan seberapa sering Anda menggunakannya. Berikut mari kita lihat beeberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih camera stabilizer!

Perhatikan apakah tipenya mekanik atau elektrik

Ada dua tipe camera stabilizer, yaitu tipe mekanik (analog) dan tipe elektrik (digital). Pengaturan kamera pada stabilizer dianggap merupakan bagian yang paling sulit sehingga pemilihan tipe stabilizer menjadi faktor penentu dalam pengaturan ini. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan poin ini dengan seksama.

Tipe mekanik bagi Anda yang menginginkan hasil video bergerak dengan mulus

Tipe mekanik bagi Anda yang menginginkan hasil video bergerak dengan mulus

Saat memasang kamera stabilizer tipe mekanik, Anda mengatur keseimbangan dengan dengan mengubah dan menyesuaikan pemberat. Mungkin pada awalnya akan diperlukan waktu sedikit lebih lama. Akan tetapi, karena Anda yang melakukan sendiri pengaturannya, Anda bisa melakukan penyesuaikan dengan lebih cepat mengikuti perubahan kondisi.

Selain itu, ada juga beberapa stabilizer tipe mekanik yang dapat memotret dengan sudut rendah sehingga genre gambar yang dapat Anda ambil juga semakin beragam. Tipe mekanik dianjurkan bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli stabilizer pertama kalinya karena harganya lebih rendah dari pada tipe elektrik.

Tipe elektrik bagi Anda yang melakukan pemotretan stabil dalam jangka waktu lama

Tipe elektrik bagi Anda yang melakukan pemotretan stabil dalam jangka waktu lama

Perbedaan utama dari tipe elektrik dengan tipe mekanik adalah tipe elektrik memiliki motor yang secara otomatis dapat menyesuaikan dan mempertahankan posisi horisontal kamera. Bagi beberapa orang, tipe elektrik lebih mudah dioperasikan daripada tipe mekanik untuk menghasilkan gambar bergerak yang lebih stabil.

Akan tetapi, jika terjadi pergerakan subjek secara tiba-tiba, kecepatan penyesuaian pengaturan pada tipe elektrik lebih rendah dibandingkan dengan tipe mekanik. Tambahan lagi, pengaturan awalnya juga sangat presisi sehingga pengerjaannya juga lebih sulit.

Tipe elektrik dianjurkan untuk pengambilan gambar yang telah Anda pahami gerakan subjeknya, seperti perekaman film. Selain itu, karena pengaturan awal yang sulit, tipe ini mungkin lebih tepat untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman menggunakan stabilizer.

Perhatikan bentuknya

Yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah bentuk dan ukuran dari camera stabilizer. Penting untuk memilih stabilizer yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda dalam pengambilan gambar.

Handheld bagi Anda yang ingin berkeliling ke berbagai tempat

Handheld bagi Anda yang ingin berkeliling ke berbagai tempat

Bagi Anda yang ingin mengambil gambar saat melakukan perjalanan, kami merekomendasikan stabilizer genggam (handheld) yang mudah dibawa. Banyak stabilizer tipe genggam yang beratnya kurang dari 1 kg sehingga Anda bisa melakukan pengambilan gambar cukup dengan satu tangan saja. Ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pemotretan dengan lebih leluasa.

Bahkan belakangan ini ada juga stabilizer yang bisa digunakan pada smartphone. Tentu saja ini akan membuat pengambilan gambar Anda menjadi lebih mudah! Stabilizer tipe ini juga direkomendasikan bagi Anda yang baru pertama kali akan membeli stabilizer.

Body-mount type bagi Anda yang melakukan fotografi profesional

Body-mount type bagi Anda yang melakukan fotografi profesional

Bagi Anda yang melakukan fotografi profesional, disarankan untuk memilih stabilizer dengan tipe bodi besar. Anda bisa memasang sendiri pemberat yang digunakan pada stabilizer yang akan mempertahankan posisi horisontal kamera dari 3 sumbu. Hal ini merupakan pekerjaan rumit yang memerlukan trik tersendiri dalam menyeimbangkannya. Sehingga akan lebih baik jika Anda memiliki pengalaman menggunakan stabilizer untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Ada juga di antara stabilizer jenis body-mount ini yang memiliki pegangan tangan dan Anda bisa mengoperasikannya dengan satu tangan. Akan tetapi, karena bobotnya yang agak berat, sebagian besar stabilizer tipe ini kurang cocok untuk dibawa-bawa.

Namun, belakangan ini muncul stabilizer tipe body-mount yang ringan dan mudah dilipat. Jadi, jika Anda ingin menggunakan stabilizer yang lengkap untuk perjalanan, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih produk yang lebih ringkas.

Cek bagian gimbalnya

Kelancaran bagian gimbal

Dalam menentukan bagus atau jeleknya suatu produk camera stabilizer, hal penting yang harus Anda pastikan adalah kelancaran pergerakan gimbal (bagian yang dapat berputar). Jika gerakan pada bagian ini tidak mulus, hasil gambar Anda akan tetap blur meski telah menggunakan stabilizer.

Apapun tipe stabilizer yang Anda pilih, pastikan Anda mengecek mulus atau tidaknya pergerakan atau perputaran bagian gimbal ini. Setelah mengatur kamera, coba gerakkan kamera ke atas, bawah, kiri atau kanan dan lihat apakah gimbal pada stabilizer itu bisa menyesuaikan gerakan dengan sempurna.

10 Rekomendasi camera stabilizer terbaik

Setelah memahami cara memilih camera stabilizer, sekarang saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi produk camera stabilizer terbaik. Temukanlah camera stabilizer yang paling sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda.

10. Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08

10. Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 484.806

Stabilizer ekonomis dengan handle yang nyaman

Stabilizer dari Sevenoak ini dirancang untuk mampu menanggung beban hingga 0,5 kilogram, cocok digunakan untuk action camera dan smartphone. Meskipun bobotnya ringan, yaitu hanya 0,4 kilogram saja, Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08 ini mampu menjaga kamera Anda agar tetap menghasilkan gambar yang stabil.

Handle dari stabilizer ini dibuat empuk dan nyaman digenggam sehingga akan mengurangi efek pegal pada tangan Anda saat menggunakannya. Sevenoak melengkapi stabilizer ini dengan lempengan beban yang dapat Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Harganya pun cukup terjangkau, sangat cocok jika Anda memiliki budget terbatas, bukan?

9. Neewer Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer

9. Neewer Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.911.000

Handheld stabilizer yang dapat disesuaikan tingginya

Neewer memproduksi stabilizer berbahan serat karbon yang tahan lama dan memiliki konstruksi yang kuat. Stabilizer ini dirancang untuk meredam getaran dengan baik sehingga kamera lebih stabil dan dapat menghasilkan gambar yang lebih fokus dan jelas.

Handheld stabilizer dari Neewer ini dapat diatur tingginya sesuai kebutuhan, mulai dari 39 hingga 60 cm. Pegangan karet anti-licin pada stabilizer ini nyaman digenggam dan dapat digerakkan sesuai kebutuhan. Stabilizer ini dapat menopang beban hingga 3 kilogram, cocok digunakan untuk kamera DSLR Anda yang berat.

8. Gudsen MOZA Air

8. Gudsen MOZA Air

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.399.000

Camera stabilizer dengan pengendali jarak jauh

Bagi Anda yang gemar memproduksi video sinematik atau film profesional, Gudsen MOZA Air dapat menjadi camera stabilizer pilihan yang tepat untuk Anda! Stabilizer genggam dengan 3 sumbu ini telah dirancang untuk dapat digunakan pada semua jenis kamera mirrorless dan DSLR dengan berat maksimal 3,2 kilogram.

Selain sebagai stabilizer genggam, handle-nya juga dapat diubah menjadi stabilizer dengan handle ganda. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat karena dapat meringankan beban tangan Anda saat menggunakan kamera DSLR yang berat. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur wireless thumb controller yang memungkinkan Anda mengendalikan kamera dan stabilizer dari jarak jauh hingga 50 meter.

7. Zhiyun Crane

7. Zhiyun Crane

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.188.614

Stabilizer ringan untuk kinerja yang lebih efisien

Jika Anda pengguna kamera mirrorless, Anda bisa menjadikan Zhinyu Crane sebagai pilihan camera stabilizer Anda! Hanya dengan berat mencapai 950 gram, stabilizer ini cukup ringan untuk menemani kamera mungil Anda, bukan? Namun, jangan meremehkan produk ini karena baterainya mampu bertahan hingga 12 jam.

Dengan teknologi slip-ring yang canggih pada ketiga sumbunya, stabilizer dari Zhinyu ini mampu mengubah posisi kamera hingga 360° bergantung pada kebutuhan pengambilan gambar. Jika Anda menggunakan kamera SONY dan Panasonic, stabilizer Zhinyu bisa menghasilkan kinerja yang lebih efisien karena produk ini memiliki aplikasi camera control yang mampu menghubungkan kontrol kamera dan stabilizer menjadi satu.

6. Neewer Rig Set Movie Kit Film Making System

6. Neewer Rig Set Movie Kit Film Making System

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.724.958

Kenyamanan untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama

Meski terlihat berat dan kaku, Neewer Rig Set Movie Kit Film Making System justru didesain agar Anda tetap dapat bergerak dengan fleksibel, bebas selip, dan akurat. Handle dan shoulder pad dari stabilizer ini dirancang untuk memberikan kenyamanan pada pengambilan gambar dalam jangka waktu yang lama.

Stabilizer dengan tipe mekanik ini diciptakan untuk memberikan Anda kontrol penuh dengan fleksibilitas maksimal baik di dalam maupun luar ruangan. Camera stabilizer dari Neewer ini dapat digunakan untuk semua jenis kamera DSLR dan video camcorder. Hanya dengan budget 5 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang stabilizer profesional ini!

5. Feiyu Tech G5

5. Feiyu Tech G5

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.999.000

Untuk hasil gambar yang terlihat profesional

Feiyu Tech G5 merupakan stabilizer tipe elektrik yang didukung oleh baterai ICR 22650 yang menawarkan waktu operasi hingga 8 jam. Teknologi anti-goyang pada stabilizer ini memungkinkan semua orang untuk memproduksi video stabil yang terlihat profesional!

Feiyu Tech G5 adalah produk canggih yang telah dilengkapi dengan fitur splash-proof, sehingga dapat digunakan dalam kondisi hujan atau basah. Selain memiliki desain yang unik, stabilizer ini juga dapat dilipat sehingga lebih mudah dibawa. Camera stabilizer dari Feiyu Tech ini cocok digunakan untuk Anda para pemilik action camera.

4. DJI Ronin M

4. DJI Ronin M

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.900.000

Tipe elektrik dengan removable battery

Merek produsen drone terkenal, DJI, mengeluarkan camera stabilizer tangguh yang cocok untuk fotografi profesional. Meski merupakan perlengkapan profesional, DJI Ronin M didesain memiliki fleksibilitas yang tinggi. Handle bagian atasnya mudah dilipat, dikemas, dan dibongkar sehingga Anda dapat meminimalkan ukurannya untuk memudahkan saat dibawa.

DJI Ronin M dilengkapi dengan fitur smoothtrack yang memastikan gambar yang ditangkap oleh kamera tetap fokus dan jelas meski Anda melakukan pergerakan. Stabilizer ini memiliki baterai dengan umur penggunaan 3 jam yang dapat diganti. Jadi, pastikan Anda membawa baterai cadangan saat menggunakannya untuk pengambilan gambar dalam waktu lama.

3. Glidecam HD-2000

3. Glidecam HD-2000

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.149.900

Stabilizer dengan pengontrol ergonomis

Glidecam HD-2000 adalah salah satu produk stabilizer terbaik yang sering menyabet beberapa penghargaan karena inovasinya. Produk yang dibuat di Amerika ini diperuntukkan bagi Anda pemilik compact camera dengan berat 900 hingga 2700 gram. Stabilizer ini dilengkapi dengan 12 lempengan beban yang dapat diubah sesuai kebutuhan saat pengambilan gambar.

Glidecam HD-2000 membantu Anda menghasilkan gambar yang indah dan profesional tanpa menggunakan tripod. Tiga sumbu pada stabilizer ini mampu menghasilkan keselarasan operasional sehingga memberi Anda kontrol penuh pada stabilizer. Tombol pengontrol ergonomis yang dipasangkan pada stabilizer ini juga memudahkan Anda menyesuaikan pengaturan dan pergerakan dengan lebih cepat.

2. iFootage Wildcat II

2. iFootage Wildcat II

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.200.000

Camera stabilizer mungil dengan fitur maksimal

Stabilizer mungil iFootage Wildcat II yang satu ini memungkinkan Anda mengambil gambar dengan stabil dalam kondisi apa pun. Desain unik yang dibawa iFootage Wildcat II, yaitu memiliki struktur 3 kaki dan bobot sangat ringan yang hanya berkisar 500 gram, membuatnya juga dapat digunakan sebagai tripod.

Hingga saat ini camera stabilizer ini merupakan stabilizer terkecil, tercepat, dan dengan desain yang menarik. Stabilizer dari iFootage ini dirancang untuk dapat digunakan baik oleh fotografer amatir maupun profesional. Anda tidak perlu khawatir karena Wildcat II dilengkapi dengan sistem counter balance yang dapat mengatur keseimbangan dan disesuaikan sesuai kebutuhan dalam kurang dari 1 menit!

1. Ikan Beholder DS1

1. Ikan Beholder DS1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.700.000

Proses pasang-lepas kamera yang sangat mudah

Ikan Beholder DS1 merupakan stabilizer yang dirancang untuk penggunaan kamera DSLR ataupun kamera mirrorless. Konstruksi yang kokoh namun ringan dari stabilizer ini mampu membawa beban kamera hingga 1700 gram dengan tetap mampu menghasilkan gambar atau video yang stabil. Produk ini menggunakan baterai lithium yang perawatannya mudah dan ramah lingkungan.

Stabilizer dari Ikan ini terbuat dari bahan aluminium yang ringan, serta dilengkapi dengan pan and tilt control stick yang memberi Anda kendali penuh untuk merubah posisi stabilizer hanya dengan ujung jari. Selain itu, baseplate pada stabilizer ini mudah untuk dipasang dan dilepas untuk memudahkan penyesuaian kamera yang digunakan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan camera stabilizer, semua orang bisa mengambil gambar bergerak menjadi foto atau video yang indah, fokus, dan mulus. Namun, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil maksimal dibutuhkan latihan rutin hingga Anda terbiasa menggunakannya.

Banyaknya jenis stabilizer untuk berbagai kebutuhan fotografi tentu saja mempersulit konsumen untuk mengerucutkan pilihan. Jadi, untuk mencapai hasil yang maksimal, Anda harus memahami kebutuhan fotografi Anda terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang untuk membeli stabilizer yang Anda inginkan. Semoga Anda dapat segera menemukan camera stabilizer yang paling cocok untuk Anda, ya!