• 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.


Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Hannif Andy
  • Pembaharuan terakhir: 06 November 2021
Daftar isi

Cara memilih camera stabilizer

Produk camera stabilizer yang tersedia sangatlah beragam dengan harga, fitur, dan berat yang berbeda-beda. Agar tidak salah memilih, perhatikanlah dengan cermat hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Mari kita bahas satu per satu!

Tentukan tipe stabilizer yang menunjang aktivitas merekam Anda

Camera stabilizer terbagi menjadi dua tipe yaitu mekanik (analog) dan tipe elektrik (digital). Pengaturan kamera pada stabilizer merupakan bagian yang paling sulit sehingga pemilihan tipenya menjadi salah satu faktor penentu. Jadi, perhatikanlah poin berikut ini dengan saksama!

Tipe mekanik untuk mengambil gambar dengan pergerakan mulus dan detail

Tipe mekanik untuk mengambil gambar dengan pergerakan mulus dan detail

Pada stabilizer mekanik, Anda perlu mengatur keseimbangan stablizer secara manual. Anda harus mengubah dan menyesuaikan pemberat berdasarkan kamera yang digunakan. Mungkin pada awalnya akan diperlukan waktu yang sedikit lebih lama. Akan tetapi, saat sudah terbiasa, Anda bisa melakukan penyesuaian lebih cepat mengikuti perubahan kondisi saat merekam.


Selain itu, ada juga beberapa stabilizer mekanik yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari sudut rendah. Dengan demikian, genre gambar yang dapat Anda ambil dengan stabilizer tipe mekanik pun makin beragam. Stabilizer tipe mekanik juga mampu menopang kamera yang berat. 


Jika Anda baru pertama kali membeli stabilizer, kami menganjurkan untuk memilih stabilizer mekanik. Selain Anda bisa belajar sistem penyesuaian pada gimbal, stabilizer tipe mekanik memiliki harga yang lebih murah.

Tipe elektrik untuk pengambilan gambar yang stabil dalam jangka waktu lama

Tipe elektrik untuk pengambilan gambar yang stabil dalam jangka waktu lama

Perbedaan utama dengan tipe mekanik, stabilizer elektrik dilengkapi motor atau axis. Motor tersebut nantinya secara otomatis menyesuaikan dan mempertahankan posisi kamera agar tetap horizontal. Dengan begitu, gambar yang diambil pun minim goncangan.


Bagi beberapa orang, stabilizer elektrik lebih mudah dioperasikan daripada tipe mekanik. Akan tetapi, jika terjadi pergerakan objek tiba-tiba, penyesuaian pengaturannya jauh lebih lambat dari tipe mekanik. Ditambah lagi, pengaturan awal stabilizer elektrik juga lebih rumit. Maka dari itu, tipe ini pas jika Anda sudah terbiasa menggunakan stabilizer.


Tipe elektrik dianjurkan untuk pengambilan video yang pergerakan objeknya telah dipahami, misalnya ketika merekam film. Keunggulan lainnya, tipe elektrik biasanya dilengkapi beragam mode, seperti timelapse, motion timelapse, panorama, dan lainnya. Hasil footage yang bisa Anda rekam pun makin bervariasi.

Pilih tipe handel stabilizer yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Selanjutnya, Anda perlu memahami model camera stabilizer berdasarkan tipe handelnya. Setelah itu, pilihlah stabilizer dengan handel yang sesuai cara merekam yang sering Anda lakukan.

Handheld, mode genggam untuk merekam video sambil berjalan

Handheld adalah jenis stabilizer yang memiliki satu pegangan sehingga dapat dioperasikan dengan satu tangan. Terlebih lagi, banyak stabilizer tipe handheld yang memiliki berat kurang dari 1 kg. Anda pun bisa mengoperasikan stabilizer dengan satu tangan tanpa merasa pegal. Proses merekam menggunakan stabilizer handheld ini pun jadi makin mudah.


Biasanya, dalam paket pembelian Anda sudah mendapatkan boks penyimpanan sehingga aman saat dibawa-bawa. Jenis stabilizer ini cocok untuk Anda yang suka merekam di luar ruangan atau vlogging. Dengan stabilizer ini, Anda dapat merekam dan menghasilkan beragam footage seorang diri.

Body-mount, biasa digunakan untuk mengambil gambar secara profesional

Body-mount, biasa digunakan untuk mengambil gambar secara profesional

Body-mount stabilizer adalah stabilizer mekanik yang tidak menggunakan baterai sehingga dapat digunakan di mana pun dan kapan pun. Tipe stabilizer ini juga biasa digunakan para videografer profesional untuk mengambil gambar.


Namun, setup stabilizer cukup rumit dan membutuhkan trik tersendiri agar bisa seimbang. Anda perlu menyetel sumbunya agar stabilizer berada pada posisi horizontal. Kemudian, barulah Anda dapat menggunakan stabilizer untuk merekam.


Salah satu produk stabilizer body-mount yang populer adalah yang memiliki handel sehingga dapat dioperasikan dengan satu tangan. Akan tetapi, karena bobotnya agak berat, tangan Anda akan terasa pegal bila merekam dalam waktu lama. Saat dibawa bepergian pun Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Shoulder mount rig, merekam dengan stabil dan lebih nyaman

Shoulder mount rig memiliki bentuk paling berbeda dari jenis stabilizer yang telah dijelaskan sebelumnya. Stabilizer ini tidak hanya dipegang dengan tangan, tetapi juga ditopang dengan bahu. Karena itu, berat stabilizer, kamera, dan perangkat lainnya pun terasa lebih ringan. 


Saat merekam, kaki Anda juga bisa lebih leluasa bergerak untuk mendapatkan hasil tangkapan yang terlihat mulus. Terlebih jika Anda mengambil angle yang tinggi atau sejajar dengan bahu. Sayangnya, stabilizer jenis ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

Periksa faktor lain yang memengaruhi kenyamanan penggunaan stabilizer

Selain jenis dan tipe handel, masih ada hal-hal penting lain yang memengaruhi kenyamanan saat menggunakan stabilizer. Mulai dari kompatibilitas, sistem gimbal, bobot, dan lainnya. Mari cari tahu lebih lanjut! 

Kompatibilitas, sesuaikan dengan perangkat yang Anda miliki

Tidak semua stabilizer kompatibel dengan setiap perangkat perekaman. Karena itu, penting untuk mengetahui kompatibilitas stabilizer dengan perangkat yang Anda gunakan. Ada stabilizer yang bisa dipasangkan dengan kamera DSLR dan mirrorless saja.


Di sisi lain, ada juga produk yang kompatibel dengan DSLR, mirrorless, kamera digital, action cam, bahkan smartphone. Biasanya, saat merekam menggunakan kamera digital, action cam, atau smartphone, Anda harus menggunakan mount tambahan


Anda juga perlu memeriksa bobot maksimal kamera yang mampu ditopang oleh stabilizer. Karena berfungsi menyeimbangkan kamera, tentu stabilizer mempunyai kapasitas beban yang terbatas. Terlebih, jika Anda akan menggunakan perangkat lain, seperti mic atau flash.

Bobot dan ukuran, memudahkan saat bergerak dan merekam

Bila Anda bermobilitas tinggi atau suka bepergian, jangan lupa untuk mengecek ukuran dan bobot stabilizer. Stabilizer yang berat dan besar tidak praktis untuk dibawa, terlebih saat barang bawaan Anda juga banyak. Saat ini, ada banyak produk yang dapat dilipat menjadi lebih kecil dengan bobot di bawah 1 kilogram. 


Jika Anda sering merekam di banyak tempat, akan lebih baik menggunakan stabilizer yang ringan dan praktis dibawa.  Selain itu, untuk electrical stabilizer, sebaiknya Anda menyiapkan baterai cadangan. Berhubung Anda juga perlu membawa wadah baterainya, periksalah produk pilihan Anda dengan lebih mendetail!

Axis, memengaruhi tingkat kemulusan pergerakan stabilizer

Apabila Anda memilih stabilizer elektrik, periksa juga axis (gimbal) stabilizer-nya. Axis adalah motor yang menjaga kamera tetap seimbang ketika sedang merekam. Selain itu, axis menjaga kamera tetap stabil saat Anda bergerak atau sedang menggerakkan mount stabilizer-nya.


Axis berfungsi untuk menahan guncangan dari segala arah. Biasanya. stabilizer elektrik memiliki tiga axis, yakni pan, tilt, dan roll. Pan adalah gerakan axis secara horizontal (kiri dan kanan). Tilt merupakan gerakan vertikal (atas dan bawah). Ada juga roll (rotasi) yaitu gerakan mount berputar. 


Bagian yang perlu Anda periksa adalah besaran perputaran axis stabilizer. Ada stabilizer dengan axis yang mampu berputar 360°, ada juga yang kurang dari 360°. Makin besar perputaran axis, maka makin luas juga angle dan area yang bisa Anda rekam.

 

Lihat juga kapasitas baterai dan lama waktu penggunaannya

Jika Anda memilih electric stabilizer, selain memperhatikan fitur yang tersedia, jangan lupa untuk memeriksa kapasitas baterainya. Hal ini berpengaruh pada lama waktu pemakaian stabilizer. Mengingat daya tahan baterai pada tiap-tiap stabilizer berbeda-beda. Ada stabilizer yang bisa digunakan seharian penuh, ada juga yang hanya setengah hari saja.


Ada produk seperti Zhiyun CRANE M2 mampu bertahan hingga 7 jam. Sementara itu, stabilizer dari EVO Gimbals bisa digunakan lebih lama lagi yakni hingga 18 jam. Jika Anda sering merekam di luar ruangan, sebaiknya memilih stabilizer dengan baterai yang tahan lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir stabilizer kehabisan baterai atau menunggu saat stabilizer charging.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi camera stabilizer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk camera stabilizer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

SmallRig Advanced Universal Shoulder Pad Kit

KGW101

Mulai dari Rp 4.650.000,00

Tipe stabilizerMekanik
Model peganganShoulder mount rig
Jumlah axisTidak disebutkan
Perangkat yang kompatibelDSLR, mirrorless
Kapasitas bebanTidak disebutkan
Waktu pemakaianTidak disebutkan
Ukuran10,8 cm x 6,8 cm x 5,4 cm
Bobot 267 gram
9
Tipe stabilizerElektrik
Model peganganHandheld
Jumlah axis3-Axis (360° pan, 360° tilt, 360° roll)
Perangkat yang kompatibelDSLR
Beban maksimal2.500 gram
Waktu pemakaian18 jam
Ukuran15,4 cm x 15,9 cm x 40,2 cm
Bobot950 gram
8

Kingjoy Stabilizer Steady Cam

VS-1047

Mulai dari Rp 1.620.000,00

Tipe stabilizerMekanik
Model peganganBody-mount
Jumlah axisTidak disebutkan
Perangkat yang kompatibelHDSLR, mid-sized camcorder
Beban maksimal5.000 gram
Waktu pemakaianTidak disebutkan
Ukuran22 cm x 67 cm
Bobot1.500 gram
7

Yelangu Rig Stabilizer Kamera DSLR 15 mm Rod

5D2

Mulai dari Rp 504.900,00

Tipe stabilizerMekanik
Model peganganHandheld
Jumlah axisTidak disebutkan
Perangkat yang kompatibelDSLR
Beban maksimal5.000 gram
Waktu pemakaianTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
6
Tipe stabilizerElektrik
Model peganganHandheld
Jumlah axis3-Axis (360° pan, 360° tilt, 360° roll)
Perangkat yang kompatibelDSLR, mirrorless
Beban maksimal3.000 gram
Waktu pemakaian14 jam
Ukuran40 cm × 18,5 cm × 17,5 cm
Bobot1.216 gram
5
Tipe stabilizerElektrik
Model peganganHandheld
Jumlah axis3-Axis (360° pan, 360° tilt, 360° roll)
Perangkat yang kompatibelDSLR, mirrorless
Beban maksimal3.200 gram
Waktu pemakaian12 jam
Ukuran24 cm x 17 cm x 39 cm
Bobot1.050 gram
4

Brica B-Steady Multi - 3 Axis Compact Camera Gimbal

Mulai dari Rp 2.095.000,00

Tipe stabilizerElektrik
Model peganganHandheld
Jumlah axis3-Axis (600° pan, 320° tilt, 320° roll)
Perangkat yang kompatibelSmartphone, action cam, camera digital
Beban maksimal400 gram
Waktu pemakaian8 jam
Ukuran33,4 cm x 10,6 cm x 5 cm
Bobot530 gram
3
Tipe stabilizerElektrik
Model peganganHandheld
Jumlah axis3-Axis (360° pan, 280° tilt, 330° roll)
Perangkat yang kompatibelDSLR, mirrorless, smartphone, action cam
Beban maksimal1.200 gram
Waktu pemakaian9 jam
UkuranTidak disebutkan
Bobot665 gram
2
Tipe stabilizerElektrik
Model peganganHandheld
Jumlah axis3-Axis (360° pan, 310° tilt, 324° roll)
Perangkat yang kompatibelMirror camera, mirrorless, smartphone, action cam
Beban maksimal720 gram
Waktu pemakaian7 jam
Ukuran26,7 cm x 6,9 cm x 13,8 cm
Bobot500 gram
1

TaffStudio Stabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLR

S40

Mulai dari Rp 315.300,00

Tipe stabilizerMekanik
Model peganganBody-mount
Jumlah axisTidak disebutkan
Perangkat yang kompatibelDSLR, mirrorless, camera digital, action cam, smartphone
Beban maksimal3.000 gram
Waktu pemakaianTidak disebutkan
Ukuran29,5 cm x 18,5 cm x 9,5 cm
Bobot1.632 gram

Tabel perbandingan produk camera stabilizer terbaik

Gambar produk
1
TaffStudio  Stabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLR 1

TaffStudio

2
Zhiyun  CRANE M2 1

Zhiyun

3
FeiyuTech  G6 Max 1

FeiyuTech

4
Brica  B-Steady Multi - 3 Axis Compact Camera Gimbal  1

Brica

5
Gudsen Moza AirCross 2 1

Gudsen

6
DJI  RSC2 1

DJI

7
Yelangu  Rig Stabilizer Kamera DSLR 15 mm Rod 1

Yelangu

8
Kingjoy  Stabilizer Steady Cam 1

Kingjoy

9
EVO Gimbals EVO RAGE GEN2 1

EVO Gimbals

10
SmallRig  Advanced Universal Shoulder Pad Kit 1

SmallRig

Nama produk

Stabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLR

CRANE M2

G6 Max

B-Steady Multi - 3 Axis Compact Camera Gimbal

Moza AirCross 2

RSC2

Rig Stabilizer Kamera DSLR 15 mm Rod

Stabilizer Steady Cam

EVO RAGE GEN2

Advanced Universal Shoulder Pad Kit

Keunggulan

Harga terjangkau yang tidak bikin kantong bolong!

Selalu siap untuk merekam di mana dan kapan saja

Stabilizer elektrik yang kompatibel dengan banyak jenis kamera

Stabilizer tangkas untuk pemula yang baru belajar

Tawarkan beragam mode untuk hasil video yang bermacam-macam

Ambil gambar dari angle rumit jadi mudah berkat stabilizer ini

Lebih stabil saat merekam objek low angle

Mampu topang kamera berat untuk kebutuhan profesional

Baterai tangguh! Tidak perlu khawatir saat merekam lama

Rekam gambar makin gesit dengan stabilizer yang ringan

Harga mulai dariRp 315.300,00Rp 2.790.000,00Rp 3.549.000,00Rp 2.095.000,00Rp 6.999.000,00Rp 6.599.000,00Rp 504.900,00Rp 1.620.000,00Rp 3.450.000,00Rp 4.650.000,00
Tipe stabilizerMekanikElektrikElektrikElektrikElektrikElektrikMekanikMekanikElektrikMekanik
Model peganganBody-mountHandheldHandheldHandheldHandheldHandheldHandheldBody-mountHandheldShoulder mount rig
Jumlah axisTidak disebutkan3-Axis (360° pan, 310° tilt, 324° roll)3-Axis (360° pan, 280° tilt, 330° roll)3-Axis (600° pan, 320° tilt, 320° roll)3-Axis (360° pan, 360° tilt, 360° roll)3-Axis (360° pan, 360° tilt, 360° roll)Tidak disebutkanTidak disebutkan3-Axis (360° pan, 360° tilt, 360° roll)Tidak disebutkan
Perangkat yang kompatibelDSLR, mirrorless, camera digital, action cam, smartphoneMirror camera, mirrorless, smartphone, action camDSLR, mirrorless, smartphone, action camSmartphone, action cam, camera digitalDSLR, mirrorlessDSLR, mirrorlessDSLR HDSLR, mid-sized camcorderDSLRDSLR, mirrorless
Beban maksimal3.000 gram720 gram1.200 gram400 gram3.200 gram3.000 gram5.000 gram5.000 gram2.500 gramTidak disebutkan
Waktu pemakaianTidak disebutkan7 jam9 jam8 jam12 jam14 jamTidak disebutkanTidak disebutkan18 jamTidak disebutkan
Ukuran29,5 cm x 18,5 cm x 9,5 cm26,7 cm x 6,9 cm x 13,8 cmTidak disebutkan33,4 cm x 10,6 cm x 5 cm24 cm x 17 cm x 39 cm40 cm × 18,5 cm × 17,5 cmTidak disebutkan22 cm x 67 cm15,4 cm x 15,9 cm x 40,2 cm10,8 cm x 6,8 cm x 5,4 cm
Bobot1.632 gram 500 gram665 gram530 gram1.050 gram1.216 gramTidak disebutkan1.500 gram950 gram 267 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan kamera lainnya di sini

Bagi seorang fotografer atau videografer, mempunyai camera stabilizer saja belum cukup. Masih ada perlengkapan kamera lainnya yang bisa membantu Anda mendapatkan video yang berkualitas. Beberapa perlengkapan tersebut, di antaranya mic, grip, flash, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari barang-barang tersebut, silakan baca ulasan kami di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan camera stabilizer, Anda dapat mengambil gampar dengan lebih mulus dan fokus. Proses editing video yang direkam pun menjadi makin mudah. Namun, Anda perlu berlatih agar terbiasa menggunakan camera stabilizer.


Sebelum memilih camera stabilizer, pahami terlebih dahulu kebutuhan jenis gambar yang Anda rekam. Setelah itu barulah memilih camera stabilizer dengan fitur yang mendukung Anda dalam mengambil gambar yang diinginkan. Semoga ulasan kami membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari tripod murah terbaik? Pada artikel ini, kami memiliki ulasan tripod harga 100 ribuan hingga 1 jutaan. Selain harga, penting juga untuk memilih tripod berdasarkan perangkatnya. Misalnya, tripod untuk kamera DSLR, tripod mirrorless, atau tripod untuk HP. Sesuaikan juga ukuran tripod dengan kebutuhan Anda, baik tripod besar atau tripod mini.Jika Anda mencari rekomendasi tripod kamera dan tripod HP terbaik, kami juga memiliki tips memilihnya berikut ini. Beberapa merk tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, SD card menjadi perlengkapan yang dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan. Biasanya, SD card digunakan pada kamera digital atau DSLR. Namun, SD card juga bisa digunakan di ponsel maupun PC untuk menyimpan data.Ada banyak jenis SD card dengan berbagai merek dan kriteria yang tersedia di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas cara memilih SD card untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan produk yang direkomendasikan, seperti Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama setiap poin dan temukan SD card yang tepat untuk Anda. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran sudah dilengkapi flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang bagus dan terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini dapat sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih flash kamera eksternal yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk populer, seperti merek flash kamera Canon, Nikon, Sony, dan lainnya. Silakan baca terus artikel berikut ini.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Strap atau tali kamera diperlukan saat sedang memotret untuk mencegah kamera jatuh dari pegangan Anda. Ada strap berukuran panjang untuk dipasang di leher, ada juga jenis hand strap yang digunakan di tangan. Akhir-akhir ini, muncul desain cantik untuk hand strap kamera dari berbagai merek seperti Canon, Nikon, atau TFG.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan hand strap kamera terbaik untuk membantu Anda saat memotret. Namun sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih hand strap. 
    Aksesori kamera
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori