1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Aksesori kamera
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Camera stabilizer atau gimbal adalah alat yang dipasang ke kamera agar hasil rekaman video tidak goyang. Stabilizer bisa digunakan untuk kamera DSLR, mirrorless, camcorder, atau HP. Agar mendapat produk yang tepat, periksalah kompatibilitas dan fitur yang ditawarkannya.

 

Kali ini kami akan berbagi rekomendasi stabilizer kamera terbaik untuk Anda. Ada banyak merek camera stabilizer yang bagus di pasaran. Harganya pun bervariasi. Anda bisa menemukan gimbal kamera dari Brica, Zhiyun, DJI, dan Feiyu. Kami akan mengulas cara memilih produknya lebih dahulu di bawah ini. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Diperbaharui 12-21-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih camera stabilizer

Anda akan menemukan banyak camera stabilizer dengan harga, fitur, dan berat yang berbeda-beda. Agar tidak salah pilih, perhatikanlah dengan cermat hal-hal yang perlu Anda ketahui berikut sebelum memutuskan untuk membelinya.

① Tentukan tipe stabilizer yang menunjang aktivitas merekam Anda

Camera stabilizer terbagi menjadi dua tipe, yaitu mekanik (analog) dan elektrik (digital). Pengaturan kamera pada stabilizer merupakan bagian yang paling sulit sehingga pemilihan tipenya menjadi salah satu faktor penentu.

Mekanik, tanpa baterai sehingga bisa digunakan kapan pun

Mekanik, tanpa baterai sehingga bisa digunakan kapan pun

Stabilizer mekanik adalah tipe yang keseimbangannya perlu diatur secara manual. Anda harus mengubah dan menyesuaikan pemberat berdasarkan kameranya. Hal ini mungkin awalnya butuh waktu sedikit lebih lama. Namun, Anda dapat lebih cepat melakukan penyesuaian mengikuti perubahan kondisi saat merekam bila sudah terbiasa.


Ada juga produk tipe mekanik yang memungkinkan Anda mengambil gambar dari sudut rendah sehingga angle gambarnya lebih variatif. Stabilizer ini pun mampu menopang kamera yang berat. Jika Anda seorang pemula, pilih stabilizer mekanik. Selain bisa belajar sistem penyesuaian gimbal, harga tipe ini lebih terjangkau.

Elektrik, pengambilan gambar lebih praktis dan stabil

Elektrik, pengambilan gambar lebih praktis dan stabil

Stabilizer elektrik dilengkapi axis yang otomatis menyesuaikan dan mempertahankan posisi kamera agar hasil rekamannya lebih stabil. Berikut beberapa karakteristik dari camera stabilizer tipe elektrik.


  • Bagi beberapa orang, stabilizer elektrik lebih mudah dioperasikan. Namun, penyesuaian pengaturannya lebih lambat jika terjadi pergerakan objek tiba-tiba.
  • Pengaturan awal stabilizer elektrik cukup sulit karena butuh kalibrasi antara stabilizer dan kamera. Tipe ini pas jika Anda terbiasa menggunakan stabilizer.
  • Tipe elektrik dilengkapi beragam mode, seperti timelapse, motion timelapse, dan panorama. Jadi, hasil footage Anda makin bervariasi.

Dapat disimpulkan jika tipe elektrik dianjurkan untuk pengambilan video yang pergerakan objeknya telah dipahami, misalnya ketika merekam film. Harga stabilizer elektrik juga lebih tinggi. Jadi, pertimbangkanlah hal ini dengan baik, ya!

② Pilih tipe handel stabilizer yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Selanjutnya, Anda perlu memahami model camera stabilizer berdasarkan tipe handelnya. Setelah itu, pilihlah stabilizer dengan handel yang sesuai dengan cara merekam yang sering Anda lakukan.

Handheld, mode genggam untuk merekam video sambil berjalan

Handheld, mode genggam untuk merekam video sambil berjalan

Handheld adalah jenis stabilizer dengan satu pegangan sehingga bisa dioperasikan lewat satu tangan saja. Banyak stabilizer tipe handheld yang bobotnya kurang dari 1 kg. Menggunakannya dalam waktu lama tidak akan membuat tangan cepat pegal.


Biasanya Anda sudah mendapatkan boks penyimpanan dalam paket pembelian sehingga aman saat dibawa. Jenis stabilizer ini cocok untuk Anda yang suka merekam di luar ruangan atau vlogging. Dengan stabilizer ini, Anda dapat merekam dan menghasilkan beragam footage seorang diri.

Body-mount, untuk mengambil gambar secara profesional

Body-mount, untuk mengambil gambar secara profesional

Tipe ini adalah stabilizer mekanik yang tidak menggunakan baterai sehingga dapat digunakan di mana pun dan kapan pun. Body-mount stabilizer juga biasa digunakan para videografer profesional untuk mengambil gambar.


Namun, setup tipe ini cukup rumit dan membutuhkan trik tersendiri agar bisa seimbang. Anda perlu menyetel sumbunya agar stabilizer berada pada posisi horizontal. Selanjutnya, barulah Anda dapat menggunakan stabilizer untuk merekam.


Produk dengan handel yang bisa dioperasikan menggunakan satu tangan adalah salah satu body-mount stabilizer yang populer. Akan tetapi, tangan Anda akan terasa pegal bila merekam dalam waktu lama karena bobotnya agak berat. Anda pun harus mengeluarkan tenaga ekstra saat membawanya bepergian.

Shoulder mount rig, dapat merekam lama dengan stabil

Shoulder mount rig, dapat merekam lama dengan stabil

Shoulder mount rig memiliki bentuk paling berbeda dari jenis stabilizer yang telah dijelaskan sebelumnya. Stabilizer ini tidak hanya dipegang dengan tangan, tetapi juga ditopang dengan bahu. Karena itu, berat stabilizer, kamera, dan perangkat lainnya terasa lebih ringan.


Saat merekam, kaki Anda juga bisa lebih leluasa bergerak untuk mendapatkan hasil tangkapan yang terlihat mulus. Hal ini terlebih jika Anda mengambil angle yang tinggi atau sejajar dengan bahu. Sayangnya stabilizer ini sulit ditemukan di Indonesia.

③ Periksa faktor lain yang memengaruhi kenyamanan penggunaan stabilizer

Selain jenis dan tipe handel, masih ada hal-hal penting lain yang memengaruhi kenyamanan saat menggunakan stabilizer. Mulai dari kompatibilitas, sistem gimbal, hingga bobot produk, semuanya penting untuk dicek. Mari cari tahu lebih lanjut!

Axis, memengaruhi tingkat kemulusan pergerakan stabilizer

Axis, memengaruhi tingkat kemulusan pergerakan stabilizer

Apabila Anda memilih stabilizer elektrik, periksa juga axis (gimbal) produknya. Axis adalah motor yang berfungsi menahan guncangan agar kamera tetap seimbang ketika sedang merekam. Biasanya stabilizer elektrik memiliki tiga axis, yakni pan, tilt, dan roll.


  • Pan: gerakan axis secara horizontal (kiri dan kanan)
  • Tilt: gerakan vertikal (atas dan bawah)
  • Roll: gerakan mount berputar (rotasi)

Bagian yang perlu Anda periksa adalah besaran perputaran axis dari stabilizer. Ada stabilizer dengan axis yang mampu berputar 360° dan ada juga yang kurang dari itu. Makin besar perputaran axis, makin luas juga angle dan area yang bisa Anda rekam.

Kompatibilitas, menentukan perangkat yang cocok

Kompatibilitas, menentukan perangkat yang cocok

Mengingat tidak setiap stabilizer kompatibel dengan semua alat perekaman, pilihlah produk yang sesuai dengan perangkat Anda. Ada stabilizer yang hanya kompatibel dengan kamera DSLR dan mirrorless. Ada juga produk yang kompatibel dengan alat lain, seperti kamera digital, action cam, dan bahkan HP.


Selain itu, Anda perlu memeriksa beban maksimal kamera yang mampu ditopang stabilizer. Karena berfungsi menyeimbangkan kamera, tentu stabilizer mempunyai kapasitas beban yang terbatas. Hal ini terlebih jika Anda akan menggunakan perangkat lain, seperti mic atau flash.

Bobot dan ukuran, memudahkan saat bergerak serta merekam

Bobot dan ukuran, memudahkan saat bergerak serta merekam

Bila Anda bermobilitas tinggi atau suka bepergian, jangan lupa untuk mengecek ukuran dan bobot stabilizer. Stabilizer yang berat dan besar tidak praktis untuk dibawa, terlebih saat barang bawaan Anda juga banyak. Saat ini ada banyak produk yang dapat dilipat menjadi lebih kecil dengan bobot di bawah 1 kg.


Jika Anda sering merekam di banyak tempat, akan lebih baik menggunakan stabilizer yang ringan dan praktis dibawa. Selain itu, sebaiknya Anda menyiapkan baterai cadangan untuk electrical stabilizer. Berhubung Anda juga perlu membawa wadah baterainya, periksalah produk pilihan Anda dengan lebih mendetail!

④ Lihat juga kapasitas baterai dan lama waktu penggunaannya

Lihat juga kapasitas baterai dan lama waktu penggunaannya

Jika Anda memilih electric stabilizer, jangan lupa untuk memeriksa kapasitas baterainya. Hal ini berpengaruh pada lama pemakaian stabilizer. Daya tahan baterai pada tiap stabilizer berbeda-beda, mulai dari 8 jam hingga 18 jam.


Ada stabilizer yang dapat digunakan seharian penuh dan ada juga yang hanya setengah hari. Jika Anda sering merekam di luar ruangan, sebaiknya pilih stabilizer dengan baterai yang tahan lama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir stabilizer kehabisan baterai saat sedang merekam.

10 Rekomendasi camera stabilizer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk camera stabilizer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Brica

B-Steady Multi - 3 Axis Compact Camera Gimbal

Brica  B-Steady Multi - 3 Axis Compact Camera Gimbal 1枚目

Pengoperasian mudah untuk para pemula

2

TaffStudio

Stabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLR

TaffStudio Stabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLR 1枚目

Harga terjangkau yang tidak bikin kantong bolong!

3

Gudsen

Moza AirCross 2

Gudsen  Moza AirCross 2 1枚目

Fast charging, baterai full dalam 1,5 jam!

4

Feiyu

SCORP-C

Feiyu  SCORP-C 1枚目

Teknologi canggih untuk hasil rekaman yang halus

5

Zhiyun

Crane-M3

Zhiyun  Crane-M3 1枚目

Memberi banyak kemudahan untuk videografer profesional

6

DJI

RSC 2

DJI  RSC 2 1枚目

Fitur yang lengkap untuk film dengan shoot menarik

7

Sony

Shooting Grip

Sony Shooting Grip 1枚目

Praktis dan fleksibel untuk konten vlog traveling

8

Yelangu

B300 Vest Arm for 3-Axis Gimbal

Yelangu  B300 Vest Arm for 3-Axis Gimbal 1枚目

Tidak kehilangan momen 1 detik pun di acara penting

9

EVO Gimbals

Evo Rage Gen 2

EVO Gimbals  Evo Rage Gen 2 1枚目

Baterainya tahan lama untuk dipakai seharian

10

SmallRig

Advanced Universal Shoulder Pad Kit

SmallRig Advanced Universal Shoulder Pad Kit 1枚目

Lebih mudah untuk shoot gambar eye level POV sambil bergerak

Perincian produk
Close
No.1

Brica B-Steady Multi - 3 Axis Compact Camera Gimbal

Mulai dari Rp1.649.000,00

Pengoperasian mudah untuk para pemula

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk gimbal elektrik dengan tiga axis
  • Dilengkapi fitur menarik, seperti timelapse, tracking, panorama, dan zoom control

Kekurangan:

  • Kompatibilitasnya terbatas hingga kamera mirrorless


Brica B-Steady Multi merupakan stabilizer untuk kamera yang berukuran kecil, seperti mirrorless, kamera digital, action cam, dan smartphone. Karena ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan, produk ini cocok untuk Anda yang baru belajar memakai stabilizer elektrik.


Anda bisa melakukan eksplorasi dengan mode-mode perekaman yang ada pada gimbal kamera mirrorless ini, seperti panorama dan timelapse. Ada juga zoom control untuk Anda pelajari agar mendapatkan hasil rekaman layaknya profesional. Fitur-fiturnya masih terbilang sederhana sehingga mudah dipelajari untuk pemula.

No.2

TaffStudioStabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLRS40

Mulai dari Rp552.600,00

Harga terjangkau yang tidak bikin kantong bolong!

Kelebihan:

  • Dapat digunakan merekam dengan dua perangkat sekaligus

Kekurangan:

  • Tidak ada axis, penstabilan gambar di kamera dipengaruhi gerakan tangan Anda

Jika Anda butuh rekomendasi gimbal kamera tipe mekanik dengan harga terjangkau, kami menyarankan produk ini. TaffStudio S40 merupakan stabilizer yang budget-friendly. Anda bisa mendapatkannya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.


Pada grip produk ini terdapat mount untuk dua kamera. Mount tersebut bisa dipakai untuk satu kamera besar atau dua action cam dalam waktu bersamaan. Dengan dua mount untuk action cam, Anda dapat merekam dari dua angle sekaligus. Anda juga bisa memakai stabilizer kamera HP ini untuk membandingkan kualitas dua action cam.

No.3

Gudsen Moza AirCross 2

Mulai dari Rp6.999.000,00

Fast charging, baterai full dalam 1,5 jam!

Kelebihan:

  • Ada banyak pilihan mode perekaman, seperti timelapse dan motion control
  • Kompatibilitasnya tinggi, bisa dipasangkan dengan kamera DSLR yang besar

Kekurangan:

  • Fiturnya tergolong cukup rumit untuk pemula

Salah satu fitur menarik dari Moza AirCross 2 adalah sistem fast charging-nya. Untuk full charging, Anda hanya perlu menunggu 1,5 jam. Tidak hanya itu, daya tahan baterainya juga lama. Sekali full charging, Anda bisa menggunakan stabilizer kamera DSLR ini selama 12 jam. Produk ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang tidak ingin mengecas stabilizer dalam waktu lama.

No.4

Teknologi canggih untuk hasil rekaman yang halus

Kelebihan:

  • Daya tahan baterainya lama, hingga 13 jam
  • Kendali intuitif sehingga bisa dioperasikan dengan mudah

Kekurangan:

  • Didesain khusus untuk Sony A7 series

Bila Anda mencari rekomendasi stabilizer kamera dengan teknologi terbaru yang canggih, produk Feiyu ini menjadi pilihan yang tepat. Gimbal kamera DSLR ini sudah dilengkapi CPU W9 terbaru dengan kinerja tinggi. Hal ini membuatnya memiliki kontrol lebih halus untuk hasil rekaman yang halus.


Anda juga akan menemukan beberapa mode perekaman yang menarik, seperti Magic Wheel dan Follow Focus. Dipadukan dengan gagang yang pengaturannya mudah, Anda bisa bereksplorasi untuk mendapatkan footage yang cantik dari produk ini.

No.5

Memberi banyak kemudahan untuk videografer profesional

Kelebihan:

  • Mendukung fast charging
  • Ada port mikrofon untuk mendapatkan audio yang jernih

Kekurangan:

  • Daya tahan baterai tergolong pendek, kurang cocok untuk penggunaan outdoor yang lama

Jika Anda seorang videografer profesional yang memprioritaskan kepraktisan dengan daya efisiensi yang tinggi, pertimbangkanlah Zhiyun Crane M3. Stabilizer kamera HP ini memiliki desain yang simpel dan ringan, tetapi mampu dipasangkan dengan kamera yang berat.


Selain itu, ada fitur Quick Release 4.0 agar pemasangan kamera ke stabilizer ini bisa lebih cepat. Produk ini juga mempunyai Multi-functional Expansion Base. Karena itu, Anda bisa menancapkan audio jack 6.5 mm agar mendapatkan audio yang jernih.

No.6

Fitur yang lengkap untuk film dengan shoot menarik

Kelebihan:

  • Kompatibel dengan kamera dan lensa yang berat
  • Dilengkapi banyak mode perekaman


Kekurangan:

  • Perlu keahlian untuk memaksimalkan fiturnya, kurang cocok untuk pemula

DJI RSC 2 menjadi salah satu gimbal kamera terbaik untuk Anda yang ingin menjadi filmmaker. Stabilizer kamera mirrorless ini memiliki fitur yang lengkap agar Anda mendapatkan footage menarik. Pertama, ada enam konfigurasi perekaman sehingga Anda bisa merekam dengan berbagai mode, termasuk low angle.


Untuk proses yang optimal, produk ini juga dapat dipasangkan dengan tipe pegangan yang lain, seperti dual handle, hand grip, dan NATO. Fitur lain yang tak kalah penting adalah Focus System. Fitur tersebut memudahkan Anda mengambil gambar dari tampilan blurry ke tampilan jelas.

No.7

SonyShooting GripGP-VPT2BT

Mulai dari Rp1.719.000,00

Praktis dan fleksibel untuk konten vlog traveling

Kelebihan:

  • Simpel dan praktis, dapat dioperasikan dengan satu tangan
  • Stabilizer dan kameranya terintegrasi dengan Bluetooth

Kekurangan:

  • Tidak ada axis sehingga perlu digerakkan secara manual
  • Kompatibilitasnya terbatas untuk produk Sony

Untuk Anda yang senang membuat konten saat traveling, produk Sony ini bisa dipertimbangkan. Shooting grip ini praktis dan fleksibel. Bentuk yang kecil membuatnya dapat dioperasikan dengan satu tangan dan tidak membutuhkan ruang besar untuk disimpan. Stabilizer kamera ini juga bisa dijadikan mini tripod, lho! Dengan begitu, membuat konten di mana saja jadi lebih menyenangkan.

No.8

Yelangu B300 Vest Arm for 3-Axis Gimbal

Mulai dari Rp5.499.000,00

Tidak kehilangan momen 1 detik pun di acara penting

Kelebihan:

  • Mendukung kamera yang berukuran besar
  • Tidak menggunakan baterai, bisa digunakan dalam waktu lama

Kekurangan:

  • Bobotnya tinggi, perlu waktu agar terbiasa membawanya


Produk ini adalah salah satu stabilizer kamera terbaik untuk perekaman event penting, seperti pernikahan atau acara korporat. Stabilizer tipe vest arm dari Yelanggu ini harus dipasangkan ke tubuh Anda. Meski termasuk stabilizer mekanik, produk ini memiliki tiga axis sehingga bisa digerakkan ke mana saja. Produk ini juga kompatibel dengan kamera yang berukuran besar, lho!

No.9

EVO Gimbals Evo Rage Gen 2

Mulai dari Rp4.600.000,00

Baterainya tahan lama untuk dipakai seharian

Kelebihan:

  • Harganya masih terjangkau untuk kelas gimbal elektrik
  • Ada wireless remote untuk mengoperasikan stabilizer dari jarak jauh

Kekurangan:

  • Ukurannya besar, kurang praktis jika dibawa bepergian

Apakah Anda sering merekam di luar ruangan yang jauh dari daya listrik? Jika iya, pertimbangkanlah stabilizer keluaran EVO Gimbals yang memiliki baterai tahan lama ini. Dalam sekali charging, baterainya dapat mengoperasikan stabilizer selama 18 jam. Stabilizer kamera ini juga memiliki box penyimpan yang tangguh sehingga lebih aman saat tidak sengaja jatuh.

No.10

SmallRigAdvanced Universal Shoulder Pad KitKGW101

Mulai dari Rp4.911.300,00

Lebih mudah untuk shoot gambar eye level POV sambil bergerak

Kelebihan:

  • Ada dua pegangan agar Anda lebih stabil saat membawa kamera
  • Bisa dipasangkan dengan perlengkapan lain, seperti lightning dan mic

Kekurangan:

  • Tidak ada axis sehingga kemulusan gambar dipengaruhi cara jalan Anda

Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang sering merekam dengan gambar eye level POV. Contohnya, ketika ada scene yang menyorot bagian belakang seseorang atau POV dari mata subjek yang bersangkutan.


Stabilizer kamera ini memiliki bentuk yang kecil, ringan, dan dilengkapi dua pegangan. Jadi, Anda dapat melangkah dengan leluasa saat sedang merekam sambil berjalan. Selain itu, Anda bisa melihat tampilan gambar yang sedang direkam dengan lebih jelas karena stabilizer ditopang di bahu.

Baca juga rekomendasi perlengkapan kamera lainnya di sini

Untuk memudahkan pekerjaan Anda, masih ada beberapa perlengkapan yang perlu dimiliki. Kami juga telah mengulas dry box, dust blower, dan mic kamera untuk Anda. Jika Anda juga sedang mencari barang-barang tersebut, silakan kunjungi link berikut.

Kesimpulan

Camera stabilizer memudahkan Anda merekam video yang stabil dan minim guncangan. Hal ini akan memudahkan proses editing sehingga hasil akhirnya sesuai dengan ekspektasi Anda. Maka dari itu, penting untuk memilih camera stabilizer yang tepat.


Pahamilah kebutuhan jenis gambar yang Anda rekam. Setelah itu, barulah pilih produk yang fiturnya mendukung Anda dalam mengambil gambar yang diinginkan. Semoga ulasan kami membantu Anda menemukan stabilizer kamera terbaik. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer