• 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Camera stabilizer merupakan penyeimbang dan peredam goyangan pada kamera saat ada pergerakan ketika kita mengambil video. Tidak hanya digunakan oleh fotografer profesional, stabilizer juga populer di kalangan penikmat hobi videografi. Dengan menggunakan stabilizer, Anda bisa mengambil video dengan mulus tanpa risiko blur.

Jenis camera stabilizer sangat bervariasi tergantung pada bentuk dan fungsinya. Bahkan sekarang sudah ada stabilizer untuk smartphone! Kali ini kami akan merekomendasikan camera stabilizer dengan pertimbangan beberapa poin penting dalam memilih produk terbaik. Temukanlah camera stabilizer yang paling tepat untuk Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 11 Mei 2020
  • 20.121 Views
Daftar isi

Cara memilih camera stabilizer

Camera stabilizer berfungsi menyeimbangkan kamera dan meminimalisir risiko hasil gambar yang blur saat Anda merekam video. Dengan menggunakan alat ini, kamera akan tetap berada dalam posisi horizontal dan menghasilkan video yang fokus meski fotografer atau subjeknya bergerak.
Stabilizer dijual dengan harga beragam dan memiliki berat yang sangat berbeda satu dengan lain. Berat stabilizer perlu diperhatikan dengan cermat dalam memilih produk karena berkaitan dengan seberapa sering Anda akan menggunakannya. Mari kita bahas beberapa poin penting dalam memilih camera stabilizer!

Perhatikan tipenya: mekanik atau elektrik

Camera stabilizer terbagi menjadi dua tipe, yaitu mekanik (analog) dan tipe elektrik (digital). Pengaturan kamera pada stabilizer dianggap merupakan bagian yang paling sulit sehingga pemilihan tipenya menjadi salah satu faktor penentu. Jadi, perhatikanlah poin ini dengan saksama!

Pilih tipe mekanik untuk pengambilan gambar dengan pergerakan mulus dan detail

Pilih tipe mekanik untuk pengambilan gambar dengan pergerakan mulus dan detail
Pada stabilizer tipe mekanik, Anda harus mengatur keseimbangan secara manual dengan mengubah dan menyesuaikan pemberat berdasarkan kamera yang digunakan. Mungkin pada awalnya, akan diperlukan waktu sedikit lebih lama untuk pengaturan. Akan tetapi, karena mengatur sendiri setting-nya, Anda bisa melakukan penyesuaian lebih cepat mengikuti perubahan kondisi di tengah pengambilan video.
Selain itu, ada juga beberapa stabilizer tipe mekanik yang dapat mengambil gambar dari sudut rendah sehingga genre gambar yang dapat Anda ambil juga semakin beragam. Tipe mekanik dianjurkan bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli stabilizer pertama kalinya karena harganya lebih rendah dari pada tipe elektrik.

Pilih tipe elektrik untuk pengambilan gambar yang stabil dalam jangka waktu lama

Pilih tipe elektrik untuk pengambilan gambar yang stabil dalam jangka waktu lama
Perbedaan utamanya dengan tipe mekanik adalah stabilizer elektrik dilengkapi motor yang secara otomatis dapat menyesuaikan dan mempertahankan posisi kamera agar tetap horizontal. Tipe ini memungkinkan pengambilan gambar yang lebih stabil, dan bagi beberapa orang lebih mudah dioperasikan daripada tipe mekanik.
Akan tetapi, jika terjadi pergerakan subjek secara tiba-tiba, penyesuaian pengaturannya lebih lambat dibandingkan tipe mekanik. Tambahan lagi, pengaturan awalnya juga lebih rumit sehingga pengerjaannya lebih sulit.
Tipe elektrik dianjurkan untuk pengambilan video yang pergerakan subjeknya telah Anda pahami, misalnya ketika merekam film. Selain itu, karena pengaturan awal yang sulit, tipe ini mungkin lebih tepat untuk Anda yang sudah memiliki cukup terbiasa menggunakan stabilizer.

Perhatikan modelnya

Yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah model dan ukuran dari camera stabilizer. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan situasi pengambilan gambar yang akan Anda lakukan.

Tipe handheld untuk Anda yang ingin merekam video sambil jalan ke berbagai tempat

Tipe handheld untuk Anda yang ingin merekam video sambil jalan ke berbagai tempat
Bagi Anda yang ingin mengambil gambar saat ada acara atau ketika melakukan perjalanan, kami merekomendasikan stabilizer tipe handheld yang mudah dibawa dan bisa digenggam sambil berjalan. Saat ini sudah banyak stabilizer tipe genggam yang beratnya kurang dari 1 kg sehingga Anda bisa lebih leluasa melakukan pengambilan gambar cukup dengan satu tangan saja.
Bahkan belakangan ini ada juga stabilizer yang bisa digunakan pada smartphone sehingga Anda bisa merekam video dengan lebih lebih mudah! Stabilizer tipe ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru ingin mencoba menggunakan stabilizer.

Tipe body-mount untuk Anda yang melakukan pengambilan gambar profesional

Tipe body-mount untuk Anda yang melakukan pengambilan gambar profesional
Bagi Anda yang melakukan pengambilan gambar secara profesional, disarankan untuk memilih stabilizer dengan tipe body-mount yang ukurannya lebih besar. Anda bisa memasang sendiri pemberat pada tiga sumbu untuk mempertahankan posisi horizontal kamera. Hal ini merupakan pekerjaan rumit yang memerlukan trik tersendiri dalam menyeimbangkannya. Jadi, agar video yang dihasilkan bisa maksimal, tipe ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman menggunakan stabilizer.
Ada juga di antara stabilizer tipe body-mount ini yang memiliki handle sehingga memungkinkan Anda mengoperasikannya dengan satu tangan. Akan tetapi, karena bobotnya agak berat, sebagian besar stabilizer tipe ini kurang cocok untuk dibawa-bawa.
Namun, belakangan ini muncul stabilizer tipe body-mount yang ringan dan mudah dilipat. Jika Anda ingin menggunakan stabilizer yang lengkap untuk perjalanan, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih produk yang lebih ringkas dari tipe body-mount.

Cek seberapa mulus pergerakan gimbalnya

Cek seberapa mulus pergerakan gimbalnya
Dalam menentukan bagus atau tidaknya suatu camera stabilizer, hal penting yang harus Anda pastikan adalah seberapa mulus pergerakan gimbal-nya (bagian yang dapat berputar). Jika gerakan pada bagian ini tidak mulus, hasil gambar Anda akan tetap blur meskipun telah menggunakan stabilizer.
Apa pun tipe stabilizer yang akan Anda pilih, pastikan untuk mengecek mulus atau tidaknya pergerakan atau perputaran gimbal. Setelah memasang kamera pada stabilizer, Anda bisa mencoba menggerakkannya ke atas, bawah, kiri atau kanan, dan lihat apakah gimbal-nya bisa menyesuaikan gerakan dengan sempurna atau tidak.

10 Rekomendasi camera stabilizer terbaik

Setelah memahami cara memilih camera stabilizer, sekarang saatnya kami memperkenalkan sepuluh rekomendasi camera stabilizer terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda!
10
TipeMekanik
ModelHandheld<br>
Berat0,4 kg
9

NeewerCarbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer

Rp 3.337.000,00

JenisMekanik
ModelHandheld
BeratTidak disebutkan
8
JenisElektrik
ModelHandheld/body-mount
Berat1,1 kg
7
JenisElektrik
ModelHandheld
BeratTidak disebutkan
6

NeewerAluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig

Rp 1.981.012,00

JenisMekanik
ModelHandheld/shoulder-mount
BeratTidak disebutkan
5
JenisElektrik
ModelHandheld
BeratTidak disebutkan
4
JenisElektrik
ModelHandheld/body-mount
Berat2,3 kg
3
TipeMekanik
ModelHandheld
Berat1,15 kg
2
JenisMekanik
ModelBody-mount
Berat0,4 kg
1

IkanEC1 Beholder 3-Axis Gimbal Stabilizer

Rp 15.575.000,00

JenisElektrik
ModelHandheld type
BeratTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk camera stabilizer terbaik

Gambar produk
1
Ikan EC1 Beholder 3-Axis Gimbal Stabilizer 1

Ikan

2
iFootage Wildcat II 1

iFootage

3
Glidecam HD-2000 1

Glidecam

4
DJI Ronin-M 1

DJI

5
FeiyuTech G5 3-Axis Splashproof Handheld Gimbal 1

FeiyuTech

6
Neewer Aluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig 1

Neewer

7
Zhiyun Zhiyun Crane Plus 1

Zhiyun

8
Gudsen MOZA Air for Mirrorless and DSLR Cameras 1

Gudsen

9
Neewer Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer 1

Neewer

10
Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08 1

Sevenoak

Nama produk

EC1 Beholder 3-Axis Gimbal Stabilizer

Wildcat II

HD-2000

Ronin-M

G5 3-Axis Splashproof Handheld Gimbal

Aluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig

Zhiyun Crane Plus

MOZA Air for Mirrorless and DSLR Cameras

Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer

Mini Action Stabilizer SK-W08

Keunggulan

Fitur lock mode untuk mengunci posisi kamera saat Anda bergerak

Dapat digunakan sebagai tripod maupun stabilizer

Hasilkan video menakjubkan bahkan sambil bergerak cepat!

Stabilizer profesional yang mudah dikemas

Splash-proof stabilizer yang mampu bertahan saat kondisi basah

Kenyamanan untuk penggunaan dalam jangka waktu lama

Pengaturan cepat untuk merekam video dengan mulus!

Stabilizer dengan desain sleek dan performa maksimal

Pegangan karet antislip agar nyaman digenggam

Harga terjangkau dengan hasil setara profesional!

HargaRp 15.575.000,00Rp 5.190.000,00Rp 5.750.000,00Rp 14.950.000,00Rp 3.985.000,00Rp 1.981.012,00Rp 3.799.000,00Rp 3.675.000,00Rp 3.337.000,00Rp 377.500,00
JenisElektrikMekanikMekanikElektrikElektrikMekanikElektrikElektrikMekanikMekanik
ModelHandheld typeBody-mountHandheldHandheld/body-mountHandheldHandheld/shoulder-mountHandheldHandheld/body-mountHandheldHandheld<br>
BeratTidak disebutkan0,4 kg1,15 kg2,3 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan1,1 kgTidak disebutkan0,4 kg
Tautan produk

Kesimpulan

Dengan menggunakan camera stabilizer, semua orang bisa mengambil gambar yang indah dengan lebih fokus dan mulus. Namun, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil maksimal dibutuhkan latihan rutin hingga Anda terbiasa menggunakannya.
Untuk itu, ada baiknya memahami terlebih dahulu kebutuhan fotografi Anda sebelum mengeluarkan uang untuk membeli stabilizer yang diinginkan. Semoga Anda dapat segera menemukan camera stabilizer yang paling cocok untuk gaya videografi Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop telah menjadi perlengkapan yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sekolah, bekerja, hingga hiburan. Ada banyak jenis laptop dengan spesifikasi yang beragam. Maka dari itu, penting untuk memilih laptop dengan spek yang tinggi. Dengan demikian, aktivitas Anda menggunakan laptop tidak terganggu.Laptop dengan spesifikasi tinggi tidak selalu memiliki harga yang mahal. Kali ini, kami akan mengulas laptop dengan harga 4 jutaan yang memiliki spek terbaik. Setelah itu, ada juga rekomendasi produk yang bisa jadi referensi Anda seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    191.183 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    138.195 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    118.542 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    92.284 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    115.425 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    HP dikenal sebagai salah satu produsen laptop terkenal di Indonesia. Berbagai laptop HP sudah dirilis mulai dari seri untuk pemula sampai seri profesional dengan spesifikasi yang bervariasi. Hal ini dapat membuat sebagian pengguna laptop HP bingung sehingga salah memilih laptop.Mari simak artikel berikut ini apabila Anda membutuhkan panduan cara memilih laptop merek HP. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh laptop HP terbaik dari seri OMEN, Envy, HP, Spectre dan Pavilion. Jadi, jangan lupa bookmark artikel ini dan bagikan juga ke kerabat, ya!
    Komputer & kamera
    57.489 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    62.485 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori