10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Beberapa tahun belakangan, yoga menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk memulai yoga, benda pertama yang penting untuk Anda miliki adalah matras yoga. Banyak produk matras yoga yang bermunculan mulai dari keluaran brand olahraga ternama seperti Liforme, Reebok, Adidas, hingga brand independen khusus peralatan yoga.

Jika Anda pemula, pasti Anda akan kebingungan dalam memilih matras yoga untuk pertama kalinya. Karena itu, kali ini kami akan membandingkan matras yoga populer mulai dari segi bahan, ketebalan, kemudahan dalam penyimpanan, dan lain-lain, serta memperkenalkan matras yoga yang direkomendasikan untuk para pemula.

Daftar isi

Cara memilih matras yoga

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan saat memilih matras yoga. Jika Anda pemula, mungkin Anda awalnya hanya memilih berdasarkan warna atau harga saja dan cenderung untuk membeli matras lagi setelah lama tidak menggunakannya untuk latihan. Untuk itu, mari pilih produk terbaik yang sesuai dengan penggunaan dan tempat pemakaiannya.

Pahami jenis yoga yang ingin Anda pelajari

Secara luas yoga dibagi menjadi dua jenis yaitu “yoga statis” dan “yoga dinamis”. Anda harus memilih matras yoga berdasarkan jenis yoga yang ingin Anda pelajari. Mari kita mulai dengan mengecek lebih lanjut mengenai manfaat dari masing-masing jenis yoga ini.

Yoga statis untuk relaksasi

Yoga statis untuk relaksasi

Yoga statis adalah jenis yoga dengan banyak pose duduk atau tidur di atas matras. Ini adalah jenis yoga yang lebih menekankan pada pernapasan dan meditasi dibandingkan perubahan pose sehingga bisa dikatakan sebagai yoga untuk pemula atau yoga yang lebih rileks. Jenis ini juga merupakan tipe yang direkomendasikan untuk orang yang ingin meningkatkan kelenturan tubuh dengan aman.

Yoga dinamis untuk latihan kekuatan otot

Yoga dinamis untuk latihan kekuatan

Yoga dinamis adalah jenis yoga dengan pose yang berpusat pada posisi berdiri di atas matras. Power yoga bisa dikatakan masuk dalam kategori ini dan memiliki berbagai macam pose. Yoga dinamis dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh dan meningkatkan kekuatan otot. Jenis ini adalah jenis yoga yang direkomendasikan bagi mereka yang ingin berkeringat, menyegarkan diri, dan ingin banyak menggerakkan tubuh.

Pilih ukuran yang sesuai dengan postur tubuh dan penggunaan Anda

Pilih ukuran matras yoga yang sesuai dengan postur tubuh dan penggunaan Anda

Ukuran umum matras yoga adalah 170 cm x 60 cm. Dengan ukuran ini sebagai panduan, Anda dapat memilih ukuran optimal sambil membayangkan penggunaannya sesuai dengan postur tubuh seperti tinggi dan berat badan Anda, serta tujuan penggunaannya.

Jika Anda ingin memilih matras yang mudah dibawa untuk keperluan studio dan lain-lain, disarankan untuk memilih matras yoga dengan ukuran yang lebih fleksibel. Untuk pria yang memiliki badan lebih besar atau penggunaan untuk yoga dinamis yang melakukan gerakan intens, disarankan untuk memilih matras yoga dengan ukuran yang lebih besar.

Pilih ketebalan sesuai pemakaiannya

Ketebalan matras yoga bervariasi tergantung produsen pembuatnya, mulai dari 1 mm atau kurang, hingga 10 mm atau lebih. Karena perbedaan ketebalan ini, portabilitas dan sifat bantalan suatu matras yoga menjadi sangat berbeda. Sekarang, kami akan memperkenalkan ketebalan optimum matras yoga sesuai dengan jenis dan penggunaan.

Pilih ketebalan 6 mm atau lebih untuk yoga statis

Pilih ketebalan 6 mm atau lebih untuk yoga statis

Untuk yoga statis, matras yoga cocok digunakan adalah yang memiliki sifat bantalan tinggi dan mampu membuat Anda tidak terlalu merasakan keras atau dinginnya lantai. Sebaiknya pilih produk yang memiliki ketebalan lebih dari 6 mm agar lebih nyaman saat digunakan untuk pose tidur atau pose lutut di atas lantai.

Matras yoga dengan ketebalan 10 mm atau lebih, seperti misalnya 12 mm, juga tersedia di pasaran. Meskipun matras yoga setebal ini sulit untuk disimpan atau dibawa, produk ini direkomendasikan untuk Anda yang sangat memperhatikan kesehatan lutut dan siku atau ingin menggunakannya di rumah.

Ketebalan 3 sampai 6 mm sudah optimal untuk yoga studio dan dinamis

Ketebalan 3 sampai 6 mm sudah optimal untuk yoga studio dan dinamis

Semakin tipis matras yoga, semakin mudah matras itu untuk dibawa-bawa. Bagi yang ingin membeli matras yoga yang portabel untuk digunakan di studio, sebaiknya Anda menyediakan matras yoga setipis mungkin. Anda dapat memilih matras dengan ketebalan 3 mm sampai 6 mm.

Selain itu, matras yoga yang tipis juga cocok untuk yoga dinamis. Dalam melakukan yoga dinamis, Anda dapat kehilangan kestabilan tubuh jika menggunakan matras yoga yang terlalu tebal karena akan mempersulit pose tegak berdiri. Namun, jika matrasnya terlalu tipis, keras dan dinginnya lantai akan ditransmisikan secara langsung dan memberikan beban bagi tubuh. Jadi, matras yoga dengan ketebalan minimal 3 mm adalah pilihan yang paling ideal.

Stabilitas dan portabilitas ditentukan oleh beratnya

Berat matras yoga adalah poin yang menentukan stabilitas dan portabilitasnya. Berat matras yoga yang ideal bisa bervariasi tergantung pada tempat di mana Anda ingin melakukan yoga dan jenis yoga yang akan Anda lakukan. Berikut cara memilih matras yoga berdasarkan berat dan penggunaannya.

Pilih matras yoga yang ringan untuk penggunaan yoga statis dan di dalam studio

Pilih matras yoga yang ringan untuk penggunaan yoga statis dan di dalam studio

Untuk yoga statis yang tidak terlalu menuntut kestabilan matras yoga, tipe yang ringan adalah pilihan terbaik. Matras dengan berat 1 kg adalah pilihan yang tepat tanpa harus kesulitan ketika membawanya ke luar, misalnya ke studio atau saat Anda ingin melakukan yoga di tempat tujuan saat sedang traveling.

Bahkan saat Anda ingin menggunakannya di atas tikar atau di lantai rumah yang relatif lebih empuk, matras yoga yang ringan juga bisa menjadi pilihan.

Pilih matras yoga yang agak berat untuk yoga dinamis dan penggunaan di rumah

Pilih matras yoga yang agak berat untuk yoga dinamis dan penggunaan di rumah

Untuk melakukan yoga dinamis, matras yoga dengan berat sekitar 1,5 kg atau lebih dapat menjadi pilihan optimal karena matras tidak akan mudah bergeser karena gerakan yang Anda lakukan. Meski tidak sesuai untuk dibawa-bawa, matras yoga seperti ini bisa memberikan kestabilan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Matras yoga tipe ini sangat cocok untuk digunakan pada lantai keras yang dingin seperti papan dan beton, atau bagi mereka yang ingin lebih berhati-hati.

Perhatikan bahan dasarnya

Bahan dasar utama matras yoga yang direkomendasikan untuk pemula adalah PVC, TPE dan karet alam. Di sini, kami akan memperkenalkan keunggulan setiap bahan secara rinci. Jadi, Anda dapat memilih bahan terbaik dari suatu produk matras yoga berdasarkan harga, ketebalan, berat, kinerja pegangan, dan daya tahan.

PVC (polyvinyl chloride) yang fiturnya seimbang

PVC (polyvinyl chloride) yang fiturnya seimbang

PVC adalah bahan yang murah, tidak terlalu ringan, tapi juga tidak terlalu berat. Bahan ini sangat cocok dan bisa dikatakan adalah bahan standar untuk matras yoga. Jika Anda ingin memilih matras yoga yang seimbang dari berbagai aspek pertimbangan, Anda dapat memilih matras yang terbuat dari bahan PVC.

Bahan PVC menempel di lantai dengan baik. Akan tetapi, ada juga matras berbahan PVC yang dapat membuat tangan dan kaki tergelincir tergantung dari cara pengolahan permukaannya. Selain itu, bahan ini tidak tahan air dan tidak bisa dicuci. Bahan ini sulit didaur ulang dan menimbulkan zat berbahaya jika dibakar sehingga bisa dikatakan tidak ramah lingkungan. Kelemahan lainnya adalah bahan PVC juga memiliki bau yang khas dan butuh waktu serta teknik tersendiri sampai baunya bisa hilang.

TPE (thermoplastic elastomer) ideal untuk dibawa-bawa

PE (polimer termoplastik) ideal untuk dibawa-bawa

Dengan ketebalan yang sama, TPE memiliki berat sekitar setengahnya dibandingkan matras yoga yang menggunakan bahan PVC. Bahan ini ramah lingkungan, hampir tidak berbau, tahan air dan aman digunakan. Bisa dikatakan bahwan TPE ini ringan dan mudah dibawa serta merupakan bahan untuk mengatasi kekurangan PVC.

Akan tetapi, kekurangannya adalah bahan TPE memiliki daya tahan yang rendah dan harganya relatif lebih mahal. Selain itu, TPE juga dapat melunak pada suhu tinggi sehingga tidak bisa digunakan saat cuaca panas maupun pada lantai yang panas. Perlu diperhatikan bahwa bahan TPE juga anti air, sehingga berisiko menjadi licin bagi orang yang mudah mengeluarkan keringat.

Karet alam untuk daya tahan dan stabilitas yang sangat baik

Karet alam untuk daya tahan dan stabilitas yang sangat baik

Karet alam adalah bahan yang populer bagi mereka yang ingin memilih produk yang ramah lingkungan dan ingin menekankan kealamian. Karet alam memiliki daya tahan dan kestabilan yang tinggi serta kokoh dan tidak mudah tergeser. Namun, karena bobot karet alam cukup berat, matras yoga dengan bahan ini tidak disarankan untuk dibawa bepergian.

Kekurangan lain dari karet alam adalah baunya. Jika Anda mengelapkan cuka sari apel ke matras yoga berbahan karet alam atau menjemur matras tipe ini di bawah sinar matahari, secara bertahap baunya akan berkurang. Namun, Anda harus menghindari menggunakannya langsung di tempat yang tertutup dan produk berbahan karet alam ini tidak disarankan bagi Anda yang sensitif terhadap bau.

Pilih yang mudah disimpan

Pilih yang mudah disimpan

Seperti apa pun penggunaan matras yoga Anda, baik hanya di rumah atau untuk dibawa keluar keluar atau untuk digunakan di dalam studio, poin penting dalam memilih matras yoga adalah memastikan produk tersebut mudah penyimpanannya. Pilihlah matras yoga yang tidak akan menyulitkan dalam hal penyimpanan, persiapan, dan portabilitasnya.

Jika membawa matras yoga menjadi hal yang merepotkan bagi Anda, kemungkinan matras yoga yang berharga berubah hanya akan tersimpan begitu saja tanpa dipakai. Beberapa matras yoga yang tersedia di pasaran saat ini, ada yang memiliki tali, bisa dilipat, atau dilengkapi dengan tas khusus sehingga bisa dibawa dan disimpan dengan mudah.

Periksa harganya

Periksa harganya

Harga matras yoga bervariasi tergantung bahan yang digunakan. Namun, terdapat perbedaan harga yang cukup besar tergantung produsennya bahkan untuk bahan yang sama. Perbedaan harga ini bergantung pada kualitas bahan, desain, ataupun kekuatan brand. Jadi, belum tentu produk dengan merek yang lebih tinggi adalah matras yoga yang lebih baik kualitasnya.

Bahkan tidak sedikit produk matras yoga tanpa merek yang unggul dalam cost and performance. Namun, akan lebih baik jika pemula memilih matras yoga dengan merek yang terpercaya. Pilihlah yang paling sesuai anggaran dan kebutuhan Anda.

Merek matras yoga yang direkomendasikan untuk pemula

Bagi Anda para pemula, kami sarankan untuk memilih matras yoga dengan merek yang handal agar terhindar dari risiko kesalahan dalam membeli. Berikut ini kami akan memperkenalkan merek-merek utama matras yoga.

Manduka, merek favorit di seluruh dunia!

Manduka, merek favorit di seluruh dunia!

Manduka adalah merek matras yoga kelas dunia. Banyak instruktur dan loyalis profesional lain di seluruh dunia yang menggunakan merek ini karena daya tahan dan daya cengkeraman yang sangat bagus. Kisaran harganya cukup tinggi. Matras merek ini dianjurkan bagi mereka yang ingin mempraktikkan yoga secara aktif atau yang ingin memilih matras organik.

Jade Yoga, matras yoga yang tipis tetapi empuk

Jade Yoga matras yoga yang tipis tetapi empuk

Awalnya Jade Yoga adalah merek yang membuat karpet antiselip dari Amerika. Oleh karena itu, matras yoga dari Jade Yoga memiliki bantalan yang empuk, stabilitas tinggi, dan daya cengkeram yang luar biasa sehingga banyak instruktur profesional menggunakan matras yoga dari Jade Yoga.

Jade Yoga menggunakan bahan karet alam pada matras yoganya. Selain itu, Jade Yoga melakukan aktivitas peduli lingkungan dengan menanam satu pohon untuk setiap pembelian matras yang diproduksinya. Jade Yoga juga mengeluarkan matras yoga khusus yang cocok untuk perjalanan Anda.

Matras yoga keluaran Adidas yang terbuat dari busa antiselip

Matras yoga keluaran Adidas yang terbuat dari busa anti selip

Sebagai salah satu merek terkemuka di bidang olahraga, Adidas, juga memproduksi matras yoga dengan kualitas tinggi. Harganya yang cukup bersaing membuat Adidas menjadi salah satu alternatif pilihan matras yoga bagi para pemula.

Matras yoga dari Adidas menggunakan bahan busa sehingga sangat empuk dan tentunya antiselip. Logo 3-stripes khas Adidas yang tercetak pada matras yoga tentunya juga memberikan kepercaayan diri sebagai merek yang sudah terpercaya.

Lululemon matras yoga yang reversible

Lululemon matras yoga yang reversible

Lululemon terkenal sebagai produsen pakaian olahraga untuk wanita dengan desain yang cantik. Bisa dikatakan Lululemon menyediakan semua kebutuhan olahraga wanita, termasuk matras yoga!

Keunikan dari matras yoga produksi Lululemon adalah Anda bisa menggunakan kedua sisi matrasnya (reversible) karena kedua sisinya memiliki bahan dan fitur yang sama. Hal ini tentunya akan sangat membantu untuk Anda yang sering lupa membersihkan matras yoga karena Anda cukup memakai sisi sebaliknya.

Liforme, matras yoga dengan kualitas terbaik

 

Liforme, matras yoga dengan kualitas terbaik

Liforme merupakan salah satu produsen matras yoga terbaik di dunia. Merek ini sudah sangat terkenal di kalangan para yogis sehingga Anda dapat mempercayakan pengalaman pertama Anda dalam memilih matras yoga pada merek ini. Penggunaan bahan-bahan berkualitas yang ramah lingkungan menghasilkan produk matras yoga yang berkualitas pula. Hal ini menjadi salah satu faktor tingginya permintaan produk Liforme di kalangan pecinta yoga.

Reebok, matras yoga berdesain unik untuk menyesuaikan mood Anda

Reebok, matras yoga berdesain unik untuk menyesuaikan mood Anda

Tidak ingin kalah dengan para pesaingnya, Reebok pun memproduksi matras yoga yang dapat menjadi alternatif pilihan Anda. Matras yoga yang diproduksi oleh Reebok memiliki desain yang lucu dan unik yang dapat mencerminkan persona pribadi para penggunanya. Dengan kualitas dan desain yang berbeda dari yang lain, matras dari Reebok masuk dalam kategori favorit para praktisi yoga.

Pilih desain favorit untuk meningkatkan mood Anda

Pilih desain favorit untuk meningkatkan mood Anda

Dari berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih matras yoga yang direkomendasikan untuk pemula, yang terpenting di antara semua itu adalah memilih desain favorit Anda.

Dengan memilih matras yoga yang sesuai dengan warna dan desain favorit Anda, motivasi untuk melakukan olahraga yoga juga akan meningkat sehingga Anda akan lebih semangat mempelajari yoga dan lebih menikmati yoga.

Untuk latihan di studio, sebaiknya pilih desain yang sederhana terlebih dulu. Setelahnya, Anda dapat mengganti desain yang modis yang berbeda dengan sekeliling Anda. Saat membeli matras yoga untuk di rumah, sebaiknya pilih matras yang sesuai dengan suasana dan interior ruangan, serta desain yang akan membuat Anda termotivasi untuk melakukan yoga.

10 Rekomendasi matras yoga terbaik untuk pemula

Setelah mengetahui cara memilih matras yoga untuk pemula, berikutnya kami akan merekomendasikan 10 matras yoga terbaik untuk pemula yang telah kami bandingkan dari berbagai aspek seperti bahan, ukuran, ataupun cost & performance. Temukanlah matras yoga yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Kettler Yoga Mat Premium

10. Kettler Yoga Mat Premium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 425.000

Matras yoga antiselip dengan bahan bebas lateks

Matras yoga yang satu ini diproduksi oleh Kettler yang merupakan produsen alat-alat olahraga terpercaya dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Kettler Yoga Mat Premium dengan ketebalan 6 mm ini mencengkeram dengan baik, tidak mudah tergelincir, dan cocok digunakan pada berbagai jenis lantai.

Matras yoga dari Kettler ini memiliki desain yang sederhana dan elegan, sangat tepat untuk Anda yang ingin menghindari desain yang terlalu mencolok. Produk ini terbuat dari bahan TPE berkualitas yang antiselip serta 100% bebas dari PVC dan latex sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang tanpa khawatir pada bau dari matras, terutama ketika baru pertama kali digunakan.

9. Kess InHouse Pom Graphic Design Unparalleled Yoga Mat

9. Kess InHouse Pom Graphic Design Unparalleled Yoga Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.336.000

Matras yoga pembangkit mood

Apakah Anda mempercayai bahwa desain yang menarik akan membangkitkan mood? Jika ya, Anda bisa mencoba memilih matras yoga produksi Kess InHouse untuk mendukung aktivitas yoga Anda! Desain unik yang khusus dicetak di Amerika ini menjadikan matras dari Kess InHouse terlihat lebih menarik dan mungkin akan membuat Anda lebih bersemangat dalam mendalami yoga.

Matras ringan dengan ukuran 180 cm x 60 cm dan tebal 6 mm ini dilengkapi dengan carry bag dan shoulder strap sehingga praktis dibawa-bawa dan mudah disimpan. Matras dengan gambar unik ini terbuat dari bahan campuran busa polyester serta busa anti-slip. Perawatannya juga cukup mudah, Anda cukup menyeka bagian yang kotor dengan lap dan deterjen yang lembut.

8. Reebok Extra Thick Premium Studio Yoga Mat

8. Reebok Extra Thick Premium Studio Yoga Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.979.000

Matras yoga untuk studio dengan eyelets untuk mempermudah penyimpanan

Bagi Anda yang menginginkan matras yoga yang ideal untuk digunakan di studio, Reebok Extra Thick Premium Studio Yoga Mat ini adalah salah satu pilihan paling tepat! Matras ini memiliki ketebalan 6 mm yang mampu melindungi bagian tubuh Anda dari kerasnya lantai studio saat melakukan pose-pose yoga.

Matras yoga dari Reebok ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 183 cm x 61 cm sehingga Anda dapat dengan melakukan gerakan yoga dengan leluasa. Garis berwarna di bagian kanan dan kiri matras membantu Anda menentukan posisi tangan dan kaki dengan lebih baik. Matras ini juga dilengkapi dengan dua eyelets yang dapat Anda gunakan untuk menggantungnya di rak setelah selesai digunakan.

7. Lululemon The Reversible Mat 5 mm

7. Lululemon The Reversible Mat 5 mm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.400.000

Matras yoga yang dilengkapi dengan senyawa anti-mikroba

Merek yang lahir pada tahun 1998 di Kanada ini telah berkembang menjadi salah satu merek terkemuka untuk produk-produk yoga. Lululemon The Reversible Mat merupakan matras yoga yang didesain untuk memberikan bantalan pada siku, kaki, dan bagian tubuh lain saat Anda melakukan pose yoga di atas lantai yang keras.

Matras yoga dari Lululemon ini terbuat dari bahan polyurethane yang awet dan mudah dibersihkan serta dilengkapi dengan senyawa anti-mikroba yang dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri pada matras. Hanya saja produk ini bobotnya agak berat sehingga kurang praktis untuk dibawa bepergian.

6. Suga Recycled Wetsuit Yoga Mat

6. Suga Recycled Wetsuit Yoga Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.725.000

Matras yoga berbahan daur ulang

Suga Recycled Wetsuit Yoga Mat merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mencari matras yoga yang ramah lingkungan karena produk ini menggunakan bahan yang berasal dari daur ulang pakaian selam. Jika Anda sudah tidak lagi menggunakan matras ini, Anda juga dapat mengembalikannya ke pihak Suga untuk didaur ulang kembali. Konsep ramah lingkungan yang unik, bukan?

Penggunaan bahan dari pakaian selam pada matras yoga ini membuatnya memiliki daya cengkeram, daya tahan, elastisitas, serta kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan matras konvensional lainnya. Selain itu, bahan closed-cell foam dari matras berukuran 183 cm x 64 cm dengan ketebalan 5 mm ini juga membuat kotoran dan bakteri dari lantai tidak mudah menempel pada matras.

5. Jade Yoga Harmony Mat

5. Jade Yoga Harmony Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.711.000

Matras berbahan karet alam yang dapat dicuci

Brand asal Amerika ini terkenal dengan produksi Jade Yoga Harmony Mat, matras yoga yang menggunakan bahan karet alam berkualitas tinggi dan tidak mengandung PVC, EVA, ataupun karet sintetis. Produk ini juga diawasi oleh undang-undang tenaga kerja, konsumen, dan lingkungan Amerika sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitasnya.

Karena menggunakan karet alam, matras dengan ketebalan 6 mm dan ukuran 180 cm x 60 cm ini memiliki grip yang sangat kuat dan juga anti-slip sehingga Anda tidak perlu khawatir matras akan menjadi licin. Selain itu, matras yoga ini juga dapat dicuci dan cukup dijemur di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya.

4. Reebok Hello 2 Sided Yoga Mat

4. Reebok Hello 2 Sided Yoga Mat

 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.418.000

Matras yoga berslogan yang anti selip di kedua sisinya

Matras yoga dengan pemanis slogan “Hi Hello Hey” dari Reebok ini sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil berbeda. Dengan ukuran 173 cm x 61 cm, Reebok Hello 2 Sided Yoga Mat mampu memberikan ruang pribadi yang sempurna saat Anda melakukan yoga.

Jika Anda merasa bosan dengan tampilan slogannya, Anda bisa membalik matras yoga ini karena kedua sisinya dapat digunakan dengan fungsi yang sama. Bahan antiselip dari matras ini menempel kuat di lantai sehingga dapat menjaga kestabilan posisi Anda. Matras dengan ketebalan 4 mm dari Reebok ini juga mudah dibersihkan sehingga bau keringat tidak akan menempel.

3. Manduka PROlite Yoga Mat

3. Manduka PROlite Yoga Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.890.000

Matras yoga dengan material bersertifikat internasional

Manduka PROlite Yoga Mat merupakan matras yoga berukuran sedang yang memiliki bantalan dengan kepadatan tinggi sehingga dapat mendukung latihan yoga Anda dengan maksimal. Permukaannya yang padat mampu mencegah keringat merembes ke dalam matras mengurangi perkembangan bakteri. Anda bisa membersihkan matras ini dengan menyeka menggunakan lap khusus Manduka.

Matras berbahan PVC dari Manduka ini telah memiliki sertifikasi dari sebuah lembaga di Eropa dan menjamin tidak mengeluarkan emisi beracun saat proses pembuatannya. Material berkualitas dari Manduka menghasilkan matras yoga yang tidak akan mengelupas ataupun memudar warnanya dalam jangka waktu yang lama.

2. Adidas Yoga Mat Camouflage

2. Adidas Yoga Mat Camouflage

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 531.300

Matras yoga dengan dan motif kamuflase yang berbeda dari yang lain!

Jika Anda menginginkan matras yoga dengan warna yang mencolok, Adidas Yoga Mat Camouflage bisa menjadi pilihan! Warna cerah yang dihadirkan dalam produk matras yoga saat ini akan membuat mood Anda lebih ceria saat melakukan yoga. Selain itu, motif kamuflasenya juga sangat unik sehingga tidak akan mudah tertukar dengan matras orang lain.

Matras yoga dari Adidas ini menggunakan bahan 100% busa ethylene-vinyl acetate yang lembut dan fleksibel. Matras yoga dengan ketebalan 6 mm ini juga antiselip sehingga tidak mudah bergeser saat Anda berlatih yoga di atasnya. Produk ini juga dilengkapi dengan strap yang modis yang memudahkannya untuk dibawa bepergian.

1. Liforme Yoga Mat

1. Liforme Yoga Mat

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.100.000

Matras yoga tipis dengan grip yang kuat meski terkena keringat!

Liforme Yoga Mat merupakan salah satu matras yoga dengan kualitas terbaik, terlebih untuk pemula. Dengan ukuran 185 cm x 68 cm, produk ini beberapa sentimeter lebih lebar dari matras yoga biasa sehingga dapat melindungi lebih banyak area tubuh Anda. Dengan ketebalan hanya 4,2 mm sekalipun, matras ini tetap mampu memberikan bantalan yang empuk saat digunakan.

Matras yoga dari Liforme ini berbahan karet alam dan eco-polyurethane serta bebas PVC sehingga aman bagi lingkungan. Dengan teknologi GripForMe, matras yoga ini memiliki grip yang kuat bahkan saat matras terkena keringat. Matras ini juga dilengkapi dengan sistem AlignForMe yang dapat membantu Anda untuk berlatih yoga sendiri dengan bantuan gambar navigasi pada dasar matras.

Olah tubuh yang bisa dilakukan dengan matras yoga

Yoga bukan satu-satunya latihan olah tubuh yang bisa Anda lakukan dengan matras yoga. Berikutnya kami akan memperkenalkan latihan yang direkomendasikan dengan menggunakan matras yoga agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan matras yoga untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan ideal!

Memperindah bentuk tubuh dengan latihan otot

Memperindah bentuk tubuh dengan latihan otot

Matras yoga juga sangat berguna bila Anda ingin melakukan latihan otot yang menempatkan pantat, punggung, lutut, siku, atau bagian lain di lantai, seperti planking atau push-up. Matras yoga dapat mencegah rasa sakit akibat menyentuh lantai saat latihan karena memiliki bantalan sehingga Anda bisa berkonsentrasi pada latihan otot tanpa mengkhawatirkan hal lain.

Selain itu, dengan menggunakan matras yoga, keringat juga tidak akan langsung menempel di lantai. Hal ini akan mempermudah Anda membersihkan tempat yang digunakan untuk latihan. Anda juga dapat menggunakan properti latihan otot seperti dumbbell dan balance ball karena matras yoga dapat meredam efek kejut dan juga anti-slip.

Tubuh lentur dengan peregangan

Tubuh lentur dengan peregangan

Saat Anda ingin melakukan peregangan di rumah, tetapi sedikit khawatir jika harus melakukannya langsung di atas lantai, Anda bisa menggunakan matras yoga sebagai alas yang tepat. Hanya dengan meletakkan matras yoga di atas lantai atau karpet, Anda bisa langsung mendapatkan ruang peregangan milik sendiri di rumah. Bahkan setelah mandi atau berkeringat, Anda bisa meregangkan tubuh tanpa perlu khawatir kotoran di lantai akan menempel pada tubuh Anda.

Kesimpulan

Nah, bagaimana penjelasan kami tentang cara memilih matras yoga kali ini? Beragamnya kebutuhan orang akan matras yoga mendorong produsen membuat berbagai macam produk yang pasti akan membingungkan Anda sebagai pemula.

Namun, jangan khawatir! Anda dapat merujuk pada artikel ini dan memilih salah satu produk rekomendasi kami yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga Anda menemukan matras yoga yang paling sesuai dan mendukung aktivitas yoga Anda, ya!