mybest
Aksesori bersepeda

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024)

Untuk melakukan kegiatan outdoor, seperti road bike, Anda memerlukan kacamata hitam sebagai salah satu alat pendukung. Dengan memakainya, mata akan terlindung dari sinar UV, angin, debu, dan lain sebagainya. Produk ini tersedia dalam beragam model dan merek sehingga mungkin akan menyulitkan Anda ketika hendak memilih.


Untuk itu, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk kacamata hitam untuk road bike yang bagus dan populer. Adapun mereknya, seperti Nankai, uvex, dan yang lainnya. Sebelum itu, simak dulu poin-poin dalam memilihnya berikut ini. Selamat membaca dan temukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Perlukah menggunakan kacamata hitam untuk road bike?

Perlukah menggunakan kacamata hitam untuk road bike?

Kacamata hitam lebih fungsional dari sekadar menunjang penampilan. Kacamata ini dapat melindungi dan mencegah gangguan mata akibat paparan sinar ultraviolet (UV)Beberapa penelitian menyatakan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan berisiko menyebabkan katarak tiga kali lipat. Ditambah lagi, debu, kotoran, dan hewan kecil mungkin saja masuk ke mata saat Anda mengendarai sepeda. Itu sebabnya kacamata hitam sangat diperlukan.


Hanya saja, meski perlindungan terhadap sinar UV itu penting, faktanya banyak yang memilih kacamata berdasarkan warna lensa. Memang tidaklah salah memilih produk sesuai selera dan gaya masing-masing. Namun, Anda perlu memahami bahwa warna lensa yang berbeda akan memberikan efek yang berbeda pula. Kami akan menjelaskannya dengan lebih rinci di bawah ini.

Cara memilih kacamata hitam untuk road bike

Kacamata hitam bisa dikatakan sebagai perlengkapan yang penting untuk dimiliki oleh para pengendara sepeda. Nah, agar menemukan produk yang tepat, perhatikanlah beberapa hal berikut ini.

1

Pilih warna lensa sesuai tujuannya, ada bening, abu-abu, orange–pink, sepia-lightbrown, biru

Pilih warna lensa sesuai tujuannya, ada bening, abu-abu, orange–pink, sepia-lightbrown, biru

Kami merekomendasikan Anda untuk memilih warna lensa berdasarkan tujuan penggunaan dan kondisi pemakaian. Hal ini bertujuan agar kenyamanan dan keamanan mata Anda selalu terjaga saat bersepeda.


  • Lensa bening

Warna bening adalah warna favorit bagi pengendara yang menginginkan pandangan jelas, seperti tidak memakai kacamata. Meskipun efek antisilaunya hanya sedikit, lensa ini tetap akan melindungi mata Anda dari angin dan debu. Selain itu, kacamata berlensa bening aman digunakan pada malam hari, saat cuaca mendung, atau saat hujan.


  • Lensa abu-abu

Sama halnya dengan lensa bening, warna yang terlihat melalui lensa abu-abu tidak jauh berbeda dengan warna aslinya. Namun, lensa abu-abu lebih cocok digunakan saat siang hari yang terik karena sedikit lebih gelap daripada lensa bening. Sebaliknya, saat cuaca mendung, lensa ini akan membuat pandangan Anda tidak seterang saat menggunakan lensa bening.


  • Lensa orange–pink

Lensa orange-pink adalah warna lensa yang dapat mempertajam kontras sehingga Anda dapat melihat objek dengan lebih jelas. Hal ini menjadikan kacamata dengan lensa orange-pink pas digunakan ketika berkendara di tengah kota yang ramai.


  • Lensa sepia-lightbrown

Kacamata berlensa sepia-lightbrown memiliki warna dengan kejernihan yang hampir menyamai warna lensa bening. Lensa ini akan melindungi mata dari blue light yang dapat menyebabkan efek kabut pada penglihatan.


  • Lensa biru

Lensa biru memiliki efek menekan pengaruh warna lain, seperti oranye dan kuning. Hal tersebut menjadikan lensa biru cocok digunakan ketika matahari dan pantulan sinar dari jalan terlihat sangat menyilaukan. Dengan lensa ini, Anda juga tidak akan terganggu oleh lampu kendaraan lain saat mengendarai sepeda pada malam hari.

2

Sesuaikan frame dengan ukuran dan struktur wajah

Sesuaikan frame dengan ukuran dan struktur wajah

Terlepas dari fungsi dan desain yang dimiliki, kacamata yang tidak sesuai dengan struktur wajah akan terasa kurang nyaman digunakan. Oleh karena itu, saat memilih kacamata road bike, periksalah kecocokan frame dengan lekukan wajah. Pastikan bagian lensa menyentuh pipi dan nose pad tidak tergelincir dari hidung Anda.


Cobalah produk terlebih dahulu untuk memastikan Anda dapat melihat ke segala sudut dengan jelas saat memakai produk tersebut. Namun, hal ini tentunya tidak bisa dilakukan jika Anda membeli secara online. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih produk yang telah disesuaikan dengan rangka wajah orang Asia. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kacamata yang sesuai untuk Anda.


Sebetulnya, produk dengan desain berdasarkan rangka orang Barat pun ada beberapa yang sesuai ketika digunakan orang Asia. Ada baiknya Anda memeriksa ulasan dari pembeli lain sebelum memutuskan membeli kacamata di online shop.

3

Pertimbangkan fungsi lainnya: Lensa photochromic, lensa polarized, dan lensa mirror

Untuk kenyamanan berkendara yang lebih baik, pertimbangkanlah kacamata hitam yang dilengkapi dengan satu atau beberapa fungsi lainnya. Simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

Lensa photochromic: Cocok untuk berkendara saat siang atau malam

Lensa photochromic: Cocok untuk berkendara saat siang atau malam

Lensa fotokromik membuat warna lensa berubah sesuai dengan jumlah sinar ultraviolet yang mengenai lensa. Lensa menjadi lebih gelap di tempat dengan sinar UV yang kuat. Sebaliknya, warna lensa akan menjadi lebih jernih di tempat dengan sinar UV yang lemah. Itu sebabnya lensa ini cocok digunakan untuk bersepeda baik pada waktu siang maupun malam hari.


Anda juga dapat menyimak artikel tentang kacamata fotokromik melalui link di bawah ini. Selamat membaca!

Lensa polarized: Tidak membuat mata lelah

Lensa polarized: Tidak membuat mata lelah

Lensa terpolarisasi atau polarized lense membuat pantulan cahaya dari permukaan jalan atau permukaan air tidak dapat tembus. Dengan begitu, Anda bisa memakainya ketika ingin berkendara di bawah terik matahari. Jangan khawatir, lensa polarized tidak menghalangi masuknya cahaya biasa sehingga Anda tetap dapat melihat dengan jelas. Dengan lensa seperti ini, pastinya mata Anda tidak akan mudah menjadi lelah.

Lensa mirror: Melindungi mata dari pancaran sinar yang kuat

Lensa mirror: Melindungi mata dari pancaran sinar yang kuat

Lensa mirror tidak cocok digunakan saat gelap, tetapi kemampuan lensa ini sangat baik dalam menghalangi sinar yang menyilaukan. Karena itu, lensa ini sering digunakan ketika cuaca cerah dengan intensitas sinar yang sangat kuat. Bukan hanya itu, lensa mirror juga dapat membuat objek terlihat dengan jelas. Lensa mirror bahkan menjadi pilihan orang-orang yang melakukan snow sports, lho!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kacamata hitam terbaik untuk road bike

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kacamata hitam terbaik untuk road bike yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Nankai

Kacamata Bicycle Black Mirror054 - 09

Nankai Kacamata Bicycle Black Mirror 1

Rp19.800

Lebih Murah

Harganya ekonomis, tetapi punya banyak kelebihan!

2

Rockbros

Polarized Sports Sunglasses 5 Lens0089

Rockbros Polarized Sports Sunglasses 5 Lens 1

Rp103.000

Agak Murah

Dilengkapi frame miopia, mata minus tetap dapat bersepeda dengan nyaman

3

EIGER

EXCURSION AVIATOR SUN GLASSES

EIGER EXCURSION AVIATOR SUN GLASSES 1

Rp309.000

Menengah

Kacamatanya bisa dilipat, mudah dibawa dan disimpan

4

uvex

I-vo Spectacles9160076

uvex I-vo Spectacles 1

Rp161.100

Menengah

Gagangnya dapat disesuaikan dengan kenyamanan Anda

5

Kapvoe

Eugene Polarized Cycling SunglassesKE9023

Kapvoe Eugene Polarized Cycling Sunglasses 1

Rp300.000

Menengah

Frame berbahan TR90 pastikan kacamata awet

6

GREY JACK

Kacamata Polarized Photocromic 2in13034

GREY JACK Kacamata Polarized Photocromic 2in1 1

Rp599.000

Lebih Mahal

Lensa photochromic dan lensa polarized-nya bikin mata tidak mudah lelah

7

Rockbros

Orange Polarized Retro Style10116

Rockbros Orange Polarized Retro Style 1

Rp114.800

Agak Murah

Kacamata untuk tampil kasual dan retro saat bersepeda

8

GREY JACK

Sunglasses Polarized Sporty3034

GREY JACK Sunglasses Polarized Sporty 1

Rp599.000

Lebih Mahal

Ada pilihan lensa dan frame bernuansa pink untuk kacamata gowes wanita

9

POC

Aspire

POC  Aspire 1

Rp130.000

Agak Murah

Dibekali empat warna lensa untuk bersepeda kapan saja

10

Forester

Full Set Sport SunglassesSLF-DI.100

Forester Full Set Sport Sunglasses 1

Rp245.000

Menengah

Antijatuh, bisa diubah menjadi model goggle pula!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NankaiKacamata Bicycle Black Mirror054 - 09

Kacamata Bicycle Black Mirror 1
Sumber: nankai.co.id
Kacamata Bicycle Black Mirror 2
Sumber: nankai.co.id
Kacamata Bicycle Black Mirror 3
Sumber: nankai.co.id
Kacamata Bicycle Black Mirror 4
Sumber: nankai.co.id
Harga referensi
Rp19.800
Lebih Murah
Harga referensi
Rp19.800
Lebih Murah

Harganya ekonomis, tetapi punya banyak kelebihan!

Kelebihan:

  • Dilengkapi nose pad berbahan karet, tidak membuat hidung terasa sakit meski dipakai seharian

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi pouch khusus sehingga Anda perlu menyimpannya di tempat yang aman

Kacamata Nankai sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan kacamata pertamanya tanpa membuat kantong Anda kempis. Hadir dengan harga terjangkau, produk ini pun memiliki banyak keunggulan.


Mulai dari perlindungan terhadap sinar UV hingga lensa polarized, semua akan Anda dapatkan. Selain itu, frame-nya menggunakan bahan karet alami dan sudah dilapisi polikarbonat sehingga lebih awet. Kacamata gowes murah dengan tawaran yang menarik, bukan?

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

RockbrosPolarized Sports Sunglasses 5 Lens0089

Harga referensi
Rp103.000
Agak Murah

Dilengkapi frame miopia, mata minus tetap dapat bersepeda dengan nyaman

Kelebihan:
  • Dilengkapi lima buah lensa berwarna, dapat dipilih sesuai kondisi saat bersepeda
  • Sudah dilengkapi lap pembersih dan pouch kacamata

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi mengenai garansi produk

Kegiatan bersepeda digemari semua kalangan. Namun, terkadang bagi orang berkacamata minus, hal ini menjadi masalah tersendiri. Rockbros menjawab permasalahan tersebut dengan mengeluarkan produk ini. Kacamata ini dilengkapi frame miopia sehingga orang yang berkacamata minus pun tetap dapat menikmati aktivitas bersepeda. Apabila Anda mengalami miopia dan tetap ingin bersepeda dengan nyaman, pilihlah produk ini.

No.3

EIGEREXCURSION AVIATOR SUN GLASSES

Harga referensi
Rp309.000
Menengah

Kacamatanya bisa dilipat, mudah dibawa dan disimpan

Kelebihan:

  • Case yang tersedia dilengkapi dengan carabiner sehingga dapat Anda kaitkan ke tas atau ikat pinggang

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan ukurannya

EIGER merupakan brand lokal yang menjual berbagai macam fashion item untuk mendukung petualang Anda. Salah satu produk yang dapat mendukung hobi road bike Anda adalah kacamata hitam ini. EXCURSION AVIATOR SUN GLASSES dilengkapi dengan lensa polarized yang mampu menghalau silau dari pantulan sinar matahari. 


Bukan hanya itu, produk ini juga dapat Anda lipat menjadi dua bagian, lalu dimasukkan ke dalam case khusus yang tersedia. Karena bentuknya kecil, Anda bisa meletakkannya dalam saku celana. Anda ingin memiliki kacamata hitam road bike yang tak memakan tempat? Produk inilah jawabannya.

No.4

uvexI-vo Spectacles9160076

Harga referensi
Rp161.100
Menengah

Gagangnya dapat disesuaikan dengan kenyamanan Anda

Kelebihan:
  • Memiliki sertifikat EN 166 untuk perlindung mata maksimal dan EN 172 untuk mengurangi cahaya matahari dalam penggunaan industri
  • Diklaim tahan terhadap goresan dan tahan bahan-bahan kimia berkat teknologi uvex supravision sapphire

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi dengan pouch kacamata dan lap pembersih sehingga Anda perlu membelinya sendiri

Dengan lensa abu-abu, produk ini cocok digunakan saat cuaca cerah. Anda tidak perlu khawatir mengenai kecocokan kacamata ini. Multi-level side arm inclination dan different side arm length memungkinkan Anda mengatur gagang sesuai kenyamanan masing-masing.


Produk dari uvex ini pas untuk Anda yang menginginkan kepraktisan pengaturan gagang kacamata. Desainnya yang trendi membuat kacamata ini juga dapat memenuhi kebutuhan fashion Anda. Selain dapat melindungi mata dari sinar UV, lensanya juga memiliki bentuk yang memberi Anda area pandang lebih luas.

No.5

KapvoeEugene Polarized Cycling SunglassesKE9023

Harga referensi
Rp300.000
Menengah

Frame berbahan TR90 pastikan kacamata awet

Kelebihan:

  • Menghadirkan 13 pilihan warna yang modis
  • Dilengkapi pouch eksklusif sehingga kacamata aman dibawa-bawa
  • Memiliki tiga lensa tambahan yang dapat diganti sesuai dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Informasi mengenai garansi produk tidak tertera

Salah satu pertimbangan saat membeli kacamata untuk road bike adalah ketahanannya. Anda dapat mempertimbangkan produk dari Kapvoe karena frame-nya terbuat dari bahan TR90 yang fleksibel, ringan, dan tahan lama. Selain itu, lensanya pun sudah dilengkapi polarized. Alhasil, mata Anda tidak akan mudah lelah karena pantulan cahaya dari permukaan jalan.

No.6

GREY JACKKacamata Polarized Photocromic 2in13034

Harga referensi
Rp599.000
Lebih Mahal

Lensa photochromic dan lensa polarized-nya bikin mata tidak mudah lelah

Kelebihan:

  • Desain nose pad-nya diklaim tidak membuat sakit pada saat pemakaian
  • Dilengkapi dengan hardcase yang aman untuk meletakkan kacamata

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna

Kacamata hitam road bike satu ini merupakan pilihan tepat jika Anda ingin memiliki produk yang multifungsi. Pasalnya, produk ini memiliki dua fungsi, yakni bisa sebagai lensa photochromic dan lensa polarized. Alhasil, Anda bisa lebih nyaman bersepeda tanpa takut silau serta mata tidak akan mudah lelah pada siang hari. Anda juga tak perlu khawatir jika kacamatanya kotor karena produk ini sudah dilengkapi dengan lap pembersih kaca.

No.7

RockbrosOrange Polarized Retro Style10116

Harga referensi
Rp114.800
Agak Murah

Kacamata untuk tampil kasual dan retro saat bersepeda

Kelebihan:
  • Sudah dilengkapi dengan lap pembersih lensa dan pouch untuk menyimpan kacamata

Kekurangan:

  • Pilihan frame-nya hanya satu warna

Kacamata ini hadir untuk Anda yang menyukai model vintage. Selain desain yang klasik, kacamata ini juga dapat Anda gunakan untuk tampilan kasual. Warna jingga di bagian gagangnya juga dapat membuat penampilan Anda terlihat menarik dan trendi, lho. Anda tidak perlu khawatir karena kacamata ini sudah dilengkapi lensa polarized yang membuat pandangan menjadi lebih nyaman.

No.8

GREY JACKSunglasses Polarized Sporty3034

Harga referensi
Rp599.000
Lebih Mahal

Ada pilihan lensa dan frame bernuansa pink untuk kacamata gowes wanita

Kelebihan:

  • Frame-nya dibuat dari bahan TR90 yang kokoh dan awet 
  • Dilengkapi dengan paper bag eksklusif, boks kacamata, serta lap pembersih kaca

Kekurangan:

  • Lensanya tidak dapat diganti dengan mudah

Pilihlah produk keluaran GREY JACK ini apabila Anda ingin memiliki kacamata hitam road bike dengan tampilan yang feminin. Pasalnya, selain memiliki dua pilihan warna hitam, produk ini pun menawarkan kacamata dengan frame dan lensa berwarna pink.


Sentuhan kombinasi warna putihnya pun membuat kacamata ini tampak begitu menarik hati. Karena desainnya uniseks, produk ini pun cocok dijadikan sebagai kacamata couple saat bersepeda bersama pasangan!

Harga referensi
Rp130.000
Agak Murah

Dibekali empat warna lensa untuk bersepeda kapan saja

Kelebihan:

  • Hadirkan 14 pilihan warna frame yang menarik sekaligus kekinian
  • Memiliki nose pad berbahan karet hidrofilik yang membuat pemakaian makin nyaman dan aman, bahkan saat basah

Kekurangan:

  • Informasi mengenai garansi produk tidak dicantumkan

Anda dapat memantapkan pilihan pada produk keluaran POC ini untuk menemani bersepeda, baik saat siang maupun malam hari. Hal ini berkat dukungan kelengkapan empat warna lensa yang diberikan dalam setiap set pembeliannya. Anda pun tinggal menyesuaikan warna lensa dengan kebutuhan bersepeda. Kini, kapan pun Anda ingin bersepeda tidak akan menjadi masalah yang berarti lagi, bukan?

No.10

ForesterFull Set Sport SunglassesSLF-DI.100

Harga referensi
Rp245.000
Menengah

Antijatuh, bisa diubah menjadi model goggle pula!

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi softcase dan hardcase untuk menyimpan kacamata dengan aman
  • Satu paketnya tersedia empat warna lensa yang berbeda

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna frame

Jika Anda sering bersepeda dan menghadapi medan berlubang atau berbatu, sebaiknya Anda memilih kacamata Forester ini. Dengan menggunakan kacamata antijatuh ini, Anda pun dapat bersepeda dengan tenang. Hal ini karena adanya tali karet untuk mengganti gagang menjadi model goggle sehingga kacamata melekat di wajah. Tak perlu khawatir jatuh, deh!

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Selain kacamata hitam untuk road bike, kami juga mempunyai rekomendasi kacamata lainnya. Terdapat produk kacamata untuk wajah bulat, kacamata baca, dan kacamata anti-UV. Anda bisa mengetahui lebih jauh dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Demikian rekomendasi kacamata road bike yang kami pilih berdasarkan kelebihannya masing-masing. Bagaimana menurut Anda? Pastikan Anda telah memahami poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli.


Dengan kacamata road bike yang tepat, aktivitas bersepeda Anda akan menjadi makin nyaman dan aman. Silakan bookmark artikel ini agar mudah dibaca ulang dan gunakan penjelasan kami sebagai panduan dalam memilih. Selamat bersepeda!

5 Rekomendasi Kacamata Hitam untuk Road Bike terbaik

No. 1: NankaiKacamata Bicycle Black Mirror054 - 09

No. 2: RockbrosPolarized Sports Sunglasses 5 Lens0089

No. 3: EIGEREXCURSION AVIATOR SUN GLASSES

No. 4: uvexI-vo Spectacles9160076

No. 5: KapvoeEugene Polarized Cycling SunglassesKE9023

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Rekomendasi Kacamata Hitam Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.