10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepatu Sepak Bola Terbaik untuk Berlatih (Terbaru Tahun 2018)

Sepatu adalah salah satu perlengkapan penting saat bermain sepak bola. Sepatu sepak bola terdiri dari berbagai macam kategori tergantung dari jenis lapangan yang dipakai. Nike, Adidas dan Puma telah terkenal sejak lama sebagai penyedia sepatu sepak bola yang populer.

Artikel kami berikut ini akan membahas sepatu bola yang dipakai khusus di artificial ground. Pemilihan sepatu yang tepat akan meningkatkan performa Anda serta menjauhkan Anda dari cedera. Penasaran dengan ulasan kami? Mari ikuti saksama pemaparan berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih sepatu bola

Sepatu bola yang dipakai di lapangan artificial yang berupa rumput sintetis atau lapangan futsal memiliki perbedaan dengan sepatu yang dipakai di pertandingan sepak bola dengan lapangan tanah dan rumput yang alami. Sepatu bola yang dipakai anak-anak juga berbeda dengan sepatu bola untuk orang dewasa.

Anak-anak yang berada pada fase perkembangan memiliki struktur tulang yang lebih lunak daripada orang dewasa sehingga dikhawatirkan terjadi deformasi dan kondisi negatif lainnya pada tulang jika salah memilih sepatu bola. Hal ini bisa muncul karena adanya beban pada tulang yang berlebih terutama pada pergelangan kaki saat bermain bola.

Simaklah artikel berikut ini yang akan membeberkan cara memilih sepatu bola yang biasa digunakan di lapangan rumput sintetis serta lapangan futsal. Kami juga akan merekomendasikan 10 sepatu bola terbaik yang bisa Anda pilih berdasarkan fitur, penggunaan, harga atau model. Silakan mengikuti ulasan ini sampai akhir.

Pilih berdasarkan penggunaan

Permainan sepak bola telah berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini. Kini sepak bola tidak hanya dimainkan di lapangan terbuka tapi juga sudah banyak kompetisi yang dimainkan di lapangan indoor seperti kompetisi futsal. Sejak tahun 2002 futsal mulai populer di Indonesia ketika Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah putaran final kejuaran futsal tingkat Asia.

Apabila Anda mengikuti kompetisi bola, sepatu yang Anda pilih tergantung dari jenis kompetisi yang Anda ikuti karena beda kompetisi maka akan berbeda pula jenis lapangan yang dipakai. Jenis lapangan akan menjadi faktor signifikan saat Anda memilih sepatu bola. Sepatu bola yang digunakan di lapangan dengan rumput sintetis berbeda dengan sepatu bola yang dipakai di lapangan futsal.

Penggunaan di lapangan berumput sintetis

Penggunaan di lapangan berumput sintetis

Sepatu sepak bola umumnya memiliki outsole dengan ujung bawah runcing yang disebut pul sepatu/stud yang berguna untuk membantu penapakan saat bermain di lapangan rumput alami. Sepatu sepak bola dengan stud runcing bisa dipakai di lapangan rumput sintetis namun akan cepat memperpendek usia sepatu sehingga dibuat desain sepatu dengan stud yang lebih rendah (sepatu artificial grass).

Sepatu artificial grass memiliki kekuatan penapakan sepatu yang lebih rendah, namun beban yang akan diterima pergelangan kaki lebih sedikit sehingga Anda tidak akan letih jika menggunakan sepatu seperti ini untuk waktu yang lama.

Penggunaan di lapangan futsal

Penggunaan di lapangan futsal

Futsal pada umumnya dimainkan di lapangan tertutup dengan permukaan lantai  yang keras. Sepatu futsal tidak memiliki stud tetapi memiliki bagian outsole yang umumnya terbuat dari karet yang berfungsi untuk memberikan penapakan maksimal di permukaan lapangan. Bagian atas sepatu ini biasanya sama dengan sepatu sepak bola pada umumnya.

Pilih ukuran yang sesuai

Pilih ukuran yang sesuai

Anda perlu memperhatikan kenyamanan ketika memilih sepatu bola untuk berolahraga atau berkompetisi. Kenyamanan menjadi hal yang wajib dipertimbangkan karena Anda lebih banyak bergerak ketika menggunakan sepatu olahraga daripada sepatu jenis lainnya. Pemilihan ukuran tergantung kenyamanan Anda saat mencoba sepatu. Beberapa orang memilih sepatu yang pas di kaki namun ada juga beberapa orang yang senang dengan sepatu yang sedikit lebih besar sehingga memiliki ruang gerak yang lebih enak pada bagian jari kaki. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Saat Anda memilih sepatu bola cobalah kenyamanannya dengan cara berjalan dan berlari dengan sepatu tersebut. Ukuran sepatu di Indonesia berbeda dengan ukuran sepatu di Eropa dan Jepang. Anda harus melakukan konversi terlebih dahulu sebelum membeli sepatu dari produsen luar negeri. Perlu Anda perhatikan juga bahwa ukuran sepatu di negara Eropa juga bisa berbeda-beda. Sepatu buatan produsen Spanyol bisa memiliki ukuran berbeda dengan ukuran sepatu buatan produsen Italia.

Pahami karakteristik dari produsen lalu pilih yang sesuai

Pahami karakteristik dari produsen lalu pilih yang sesuai

Beberapa produsen memiliki bentuk sepatu bola yang berbeda-beda. Produsen sepatu biasanya membuat sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki negara pembuat. Sepatu buatan produsen Jepang, memiliki ukuran sepatu yang lebar di depan sedangkan produsen dari Eropa memiliki bentuk ukuran sepatu yang lebih sempit, sehingga dengan ukuran yang sama bisa memberikan kenyamanan yang berbeda pada kaki Anda.

Pilih bahan sepatu yang dipakai

Pilih bahan sepatu yang dipakai

Sepatu bola memiliki harga dan jenis yang berbeda tergantung dari bahan yang digunakan di bagian atas (armor) dan di bagian bawah (sol/outsole). Ada banyak sepatu dengan bagian armor yang terbuat dari kulit sintetis. Beberapa sepatu berkualitas tinggi menggunakan kulit kanguru yang eksklusif dengan harga yang biasanya lebih mahal dibandingkan sepatu dengan bahan armor yang terbuat dari bahan kulit sintetis.

10 Rekomendasi sepatu sepak bola terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi 10 sepatu bola terbaik untuk artificial ground. Jika senang dengan model atau fitur tertentu, Anda bisa memilih lebih dari satu produk. Selamat memilih!

10. Joma Mundial 704

10. Joma Mundial 704

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Paket komplit dengan harga terjangkau

Sistem ventilasi VTS pada produk ini akan menjaga sirkulasi yang baik sehingga kaki tidak cepat panas. Anda akan menyerang lebih stabil dengan daya tahan tinggi karena di ujung sepatu dilengkapi teknologi pelindung. Teknologi EVA pada bagian insole berfungsi sebagai bantalan kaki saat menyerang. Selain itu karet pilihan pada bagian outsole membuat sepatu ini akan lebih awet.

Produk ini cocok untuk Anda yang mencari sepatu sepak bola yang kualitasnya apik dan harganya bersahabat. Produk ini dilengkapi juga dengan teknologi rotasi yang terletak di sol untuk membantu pergerakan saat berputar sehingga mencegah cedera pada pergelangan kaki dan lutut. Kalau ada produk dengan fitur lengkap dengan harga murah, untuk apa beli yang mahal?

9. Kelme Feline 4.0

9. Kelme Feline 4.0

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 596.750

Dominasi pertandingan dengan perlindungan anti cedera

Produk ini merupakan sepatu yang cocok bagi Anda yang bertugas mengontrol bola di lapangan tengah. Sepatu ini memiliki perbaikan dari versi terdahulu dengan peningkatan di bagian tumit sehingga lebih nyaman dan fleksibel saat digunakan. Area pergelangan kaki akan terasa nyaman dengan adanya desain khusus sehingga pergerakan Anda lebih lincah.

Bagian upper sepatu dilengkapi dengan teknologi 3D hexa control berbentuk bantalan heksagonal yang akan memudahkan Anda dalam mengontrol dan membawa bola saat menggunakan punggung kaki. Teknologi bantalan phylon akan melindungi telapak kaki, lutut serta punggung dari cedera. Kendalikan pertandingan tanpa khawatir cedera saat bermanuver dengan produk ini.

8. Munich Gresca Kids 1500604

8. Munich Gresca Kids 1500604

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.450.000

Sepatu ringan yang tahan lama dengan proteksi sempurna

Produk ini dibuat untuk anak yang gemar main bola di lapangan futsal. Bagian upper sole produk ini terbuat dari bahan kulit kanguru. Bahan dari kulit kanguru memiliki karakteristik lapisan tipis namun kuat saat digunakan sehingga lebih awet dan lebih ringan. Sepatu ini berukuran melebar di bagian depan sehingga kurang cocok untuk anak dengan struktur kaki menyempit.

Bagian luar dilengkapi material karet yang bisa melindungi kaki saat menendang bola. Produk ini dilengkapi 2 lapisan sol EVA untuk melindungi pergerakan kaki anak-anak dengan tulang yang masih dalam masa tumbuh kembang. Dengan model yang unik, produk ini bisa juga dipakai untuk jalan-jalan di car free day. Lindungi kaki anak Anda dengan proteksi sempurna dengan sepatu ini!

7. Specs Cyanide Wildcat

7. Specs Cyanide Wildcat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 349.000

Bermain liar saat menusuk di posisi sayap

Produk ini dilengkapi dengan teknologi Flexi-Arc yang memungkinkan Anda untuk melakukan putaran dengan cepat saat berlari. Specs Cyanide Wildcat juga dilengkapi dengan teknologi Vertecs untuk memberikan perlindungan pada daerah telapak kaki sehingga kaki lebih stabil. Produk ini cocok dipakai apabila Anda berada di posisi yang sering bermanuver saat berlari seperti penyerang sayap.

Desain sepatu ini mengesankan sifat liar pada penggunanya. Perpaduan warna oranye, biru muda dan hitam akan mencolok saat dipakai diatas lapangan. Teknologi yang tak kalah penting adalah teknologi non marking yang membuat sepatu ini tidak berbekas di atas lapangan. Hancurkan pertahanan lawan dengan produk ini! Setuju?

6. Puma evoPOWER Vigor 4 Graphic IT

6. Puma evoPOWER Vigor 4 Graphic IT

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 639.000

Membobol gawang dengan sepatu spektakuler

Produk ini digunakan pada lapangan tertutup dan terbuat dari bahan sintetis yang lembut namun tahan lama. Sepatu ini cocok dipakai oleh striker karena dirancang untuk memberikan kenyamanan ekstra saat Anda melakukan penyelesaian akhir yang mengkombinasikan kekuatan tendangan di bagian atas sepatu dan akurasi pada bagian dalam sepatu. Produk ini terbuat dari bahan karet EVA (etil venil asetat) di bagian outsole.

Bahan sol dengan teknologi EVA akan memberikan kekokohan pada sepatu sehingga tidak mudah patah dan produk tahan terhadap air. Bahan karet juga memberikan gesekan maksimum saat berlari di atas lapangan indoor yang cenderung halus. Gunakan produk ini untuk penyelesaian akhir yang sempurna !

5. Nike TiempoX Finale 10R IC

5. Nike TiempoX Finale 10R IC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.089.000

Merayakan sentuhan Ronaldinho kala berjaya

Sepatu yang memadukan bahan kulit dan sintetis ini akan menghasilkan sentuhan bola yang sempurna dan kenyamanan saat menahan bola. Produk ini cocok untuk target man saat mengontrol umpan direct yang diberikan pemain tengah. Lapisan bantalan midsole menghasilkan sepatu yang ringan sehingga memudahkan permainan Anda.

Selain itu produk ini dibuat untuk Anda penggemar Ronaldinho. Kode 10R merupakan penghormatan terhadap salah satu legenda Barcelona dan Brasil tersebut. Bagian ujung sepatu dibuat dengan berlapis sesuai desain yang dibuat kala magis Ronaldinho masih mengundang decak kagum. Andapun akan tersenyum ala Ronaldinho setelah merasakan efek magis dari sepatu ini.

4. Adidas Ace 17.4 Sala

4. Adidas Ace 17.4 Sala

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 880.000

Kontrol absolut di pertandingan penting

Produk ini memiliki kombinasi bagian atas sintetis dengan outsole karet. Adidas Ace 17.4 Sala akan mempermudah Anda saat mendominasi permainan dengan bola sehingga memperbanyak ruang gerak rekan setim Anda. Sepatu ini dilengkapi teknologi control feel lembut dan ringan yang terbuat dari bahan kanvas yang akan menyesuaikan kaki Anda sehingga meningkatkan sentuhan pada bola.

Gerakan dengan kecepatan tinggi akan mudah dilakukan dengan outsole sala vulkanisasi yang memberikan kontrol maksimum di permukaan lantai futsal yang padat. Cocok untuk Anda yang terbiasa mengontrol permainan dengan menguasai bola layaknya Andres Iniesta atau Jack Wilshere. Kontrol momen penting Anda saat pertandingan dengan menggunakan produk ini.

3. Mizuno Basara 103 Sala

3. Mizuno Basara 103 Sala

 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 879.800

Tampil modis di pertandingan berintensitas tinggi

Mizuno Basara 103 Sala dirancang untuk Anda yang senang bermain dengan intensitas permainan yang tinggi di lapangan futsal. Produk ini memiliki Teknologi Dynamotion Fit yang biasanya terdapat pada produk sepatu lari Mizuno. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk nyaman saat berlari dan berputar karena bagian upper sepatu akan ikut bergerak mengikuti kaki Anda.

Teknologi D-Flex Groove pada bagian telapak kaki memungkinkan Anda bergerak dengan kecepatan dan kekuatan maksimal dengan cara memindahkan gaya pada tubuh ke sepatu dengan baik. Perpaduan warna dan model membuat sepatu ini tidak terlihat konvensional atau berlebihan. Cocok untuk Anda yang ingin tampil trendi dan modis. Jangan mau kalah gaya di lapangan, pilihlah produk ini!

2. Nike MercurialX Proximo II IC

2. Nike MercurialX Proximo II IC

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.748.063

Mengunci sepatu dan kaki dengan sempurna

Produk ini memiliki desain flyknit untuk menyelubungi kaki Anda dengan dikombinasikan kabel flywire yang bersatu dengan tali sehingga dapat mengunci sepatu dengan sempurna. Nike grip system akan membantu Anda agar tidak mudah terpeleset. Selain itu teknologi ACC (All Condition Technology) memberi Anda kontrol presisi di lapangan kering maupun basah.

Outsole dengan alur flex membuat Anda bisa bergerak alami. Teknologi midsole phylon membuat produk ini ringan dengan bantalan responsif. Produk ini cocok dipakai oleh Anda yang memiliki kecepatan tinggi di atas lapangan dengan pergerakan eksplosif ke jantung pertahanan seperti Steven Gerrard. Mainkan bola di kaki dan masukkan ke gawang dengan gerakan eksplosif bersama sepatu ini!

1. Adidas Ace Prime Mesh 17.3

1. Adidas Ace Prime Mesh 17.3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 870.000

Kontrol bola sempurna untuk permainan terbaik Anda

Produk ini dirancang untuk memberikan kontrol bola terbaik saat Anda berada di lapangan rumput sintetis. Bagian upper  didesain berbentuk jala yang akan memberikan kemudahan saat Anda menggiring bola. Produk ini cocok untuk Anda yang berada pada posisi playmaker, pemain tengah hingga supporting striker karena Anda memerlukan kontrol bola terbaik untuk mendikte permainan.

Produk ini memiliki desain unik dengan bagian atas sepatu yang dibuat lebih panjang dibandingkan sepatu sepak bola pada umumnya sehingga memberikan kelenturan gerakan di pergelangan kaki saat mengontrol bola. Hal ini akan memberikan kesan sepatu yang menjadi satu dengan kaki Anda. Kini kontrol bola sebaik Mesut Ozil atau Dennis Bergkamp akan mudah Anda lakukan.

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepatu sepak bola untuk lapangan artificial ground. Bagaimana pendapat Anda? Sudahkah mendapatkan sepatu idaman Anda? Semoga Anda bisa menemukan sepatu yang cocok untuk Anda gunakan bermain sepak bola di lapangan rumput sintetis ataupun lapangan futsal. Jaga tubuh Anda agar tidak cedera dan selamat bermain sepak bola karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.