1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2023)

Sepatu adalah salah satu perlengkapan penting saat bermain sepak bola. Sepatu sepak bola terdiri dari berbagai macam kategori, tergantung dari jenis lapangan tempat permainan dilangsungkan. MUNICH, adidas, dan PUMA telah dikenal sejak lama sebagai produsen merek sepatu sepak bola yang bagus.

Artikel ini akan membahas sepatu bola yang dipakai khusus di artificial ground. Anda dapat menemukan rekomendasi sepatu bola untuk kaki lebar dan produk dengan look yang stand out. Pemilihan sepatu bola rumput sintetis dan indoor yang tepat akan meningkatkan performa serta menjauhkan Anda dari cedera. Selamat membaca dengan saksama, ya!
Diperbaharui 10-06-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih sepatu bola untuk artificial ground

Sepatu bola yang dipakai di lapangan artificial berbeda dengan sepatu bola untuk lapangan tanah. Agar Anda dapat memilih yang tepat, di bawah ini akan kami jelaskan terlebih dahulu cara memilihnya.

① Sesuaikan modelnya dengan lapangan yang digunakan

Tidak hanya dimainkan di lapangan terbuka, kompetisi sepak bola di lapangan indoor juga makin banyak dan kian populer. Karena itu, Anda perlu memilih sepatu sesuai dengan penggunaannya. Anda bisa memilih sepatu untuk digunakan di lapangan rumput sintetis, lapangan vinyl atau parquette.

Sepatu model turf, untuk penggunaan di lapangan rumput sintetis atau mini soccer

Biasanya sepatu bola akan digunakan di lapangan tanah, di rumput sintetis, atau untuk latihan. Meski sama-sama memiliki tonjolan pada outsole-nya, sepatu untuk lapangan rumput sintetis berbeda dengan sepatu sepak bola biasa. Outsole sepatu untuk lapangan rumput sintetis umumnya memiliki tonjolan yang lebih pendek, yang disebut sebagai turf.

Sepatu bola lapangan sintetis atau sepatu mini soccer daya cengkeramnya lebih inferior. Namun, model ini tidak terlalu membebani pergelangan kaki dan kebanyakan berukuran kecil. Dengan begitu, Anda pun tak akan mudah lelah meski bermain sepak bola dalam waktu lama.

Sepatu model indoor, untuk penggunaan di lapangan vinyl atau parquette

Sekarang, bermain sepak bola di lapangan indoor, seperti lapangan vinyl atau parquette (lantai kayu) juga makin populer. Di lapangan seperti ini, Anda bisa menggunakan sepatu model indoor atau sepatu futsal.

Secara umum sepatu model indoor atau futsal mirip dengan training shoes untuk sepak bola. Perbedaan besarnya terletak pada warna outsole-nya. Di luar hal tersebut, terkait bahan upper dan poin-poin lainnya, sepatu futsal sama saja dengan sepatu sepak bola biasa.

② Pilih yang pas dengan gaya permainan Anda

Pilih yang pas dengan gaya permainan Anda

Pemilihan sepatu yang sesuai dengan gaya bermain Anda pastinya dapat mengoptimalkan permainan Anda di lapangan. Supaya memiliki gambaran sepatu sepak bola yang cocok dengan gaya permainan Anda, simak poin-poin berikut ini.


  • Untuk Anda yang gaya bermainnya bertahan dan melakukan umpan-umpan pendek, pilih sepatu dengan outsole yang kuat. Hal ini berguna untuk menghalau bola atau pergerakan lawan agar Anda tetap stabil saat berduel dengan pemain lawan.

  • Sepatu yang ringan diperuntukkan bagi Anda yang sering berlari di atas lapangan. Anda dapat memaksimalkan kecepatan berkat dukungan sepatu yang ringan agar tidak mudah dikejar oleh lawan.

  • Sepatu dengan upper tebal cocok digunakan untuk pemain yang sering melakukan kontrol bola dan agar umpannya makin akurat. Sepatu jenis ini juga dapat membantu Anda untuk melakukan tendangan yang kencang ke arah gawang lawan.

③ Cek bahan yang digunakan

Sepatu sepak bola untuk artificial ground juga memiliki perbedaan tipe berdasarkan bahan upper dan outsole-nya. Banyak sepatu sepak bola yang menggunakan bahan kulit sintetis pada bagian upper-nya.

Anda juga akan menemukan sepatu sepak bola berbahan kulit asli yang terasa lebih pas di kaki. Terdapat juga sepatu yang menggunakan bahan tekstil pada bagian upper agar nyaman dan ringan saat digunakan.


Selain itu, Anda juga perlu mengecek bagian-bagian pada sepatu sepak bola yang mempengaruhi pengontrolan bola. Pastikan bagian jari kaki dan upper-nya dijahit dengan baik. Meski begitu, ingat untuk selalu mengecek terlebih dahulu material yang digunakan sebelum memutuskan untuk membeli, ya!

④ Supaya lebih nyaman, pastikan sepatunya sesuai bentuk telapak kaki Anda

Supaya lebih nyaman, pastikan sepatunya sesuai bentuk telapak kaki Anda
Umumnya, saat memilih sepatu mungkin terdapat perbedaan bentuk kaki antara satu orang dengan orang lainnya. Karena itu, Anda perlu memastikan sepatu pilihan Anda terasa pas di kaki. Untuk bisa menemukan sepatu bola yang tepat, Anda juga perlu mengetahui karakteristik tiap-tiap produsennya. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui karakteristik desain sepatu dari beberapa negara.

  • Produk buatan Asia biasanya membuat sepatu bola untuk kaki lebar. Hal tersebut disesuaikan dengan bentuk kaki kebanyakan orang Asia yang bentuknya melebar.

  • Sepatu sepak bola keluaran produsen Eropa atau Amerika Serikat biasanya cenderung menyempit. Alasannya karena desain terebut sesuai bentuk kaki orang-orang di pasar domestiknya.

Apabila orang berkaki lebar menggunakan produk keluaran Eropa atau Amerika Serikat, sepatu tersebut mungkin tidak nyaman dipakai. Karena itu, Anda bisa mengecek dan mencari info terlebih dahulu terkait karakteristik sepatu bola keluaran produsen tertentu.

10 Rekomendasi sepatu sepak bola terbaik untuk artificial ground

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu sepak bola terbaik untuk artificial ground yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Vita Nova Atletik

Ortuseight Jogosala Rampage

Vita Nova Atletik  Ortuseight Jogosala Rampage 1枚目

Kestabilannya mumpuni untuk mendukung pergerakan pivot

2

SPECS

Ls Ultra In Meta Crush Pack

SPECS Ls Ultra In Meta Crush Pack 1枚目

Lincah di lapangan mini soccer dengan high grip rubber outsole

3

SPECS

Metasala Nativ 3

SPECS Metasala Nativ 3  1枚目

Satu sepatu untuk sepakbola dan hangout? Bisa!

4

Vita Nova Atletik

Ortuseight Catalyst Revenge In

Vita Nova Atletik Ortuseight Catalyst Revenge In 1枚目

Kaki lebih nyaman dan aman dengan dukungan berbagai teknologi

5

SPEED

Futsala Arabika 2

SPEED Futsala Arabika 2 1枚目

Sepatu bola untuk lapangan sintetis berharga ekonomis

6

Decathlon

KIPSTA Agility 100

Decathlon KIPSTA Agility 100  1枚目

Dapat diberi detail nama Anda untuk kesan lebih personal

7

adidas

Copa Sense.3 Indoor Sala Boots

adidas Copa Sense.3 Indoor Sala Boots 1枚目

Kontrol bola lebih optimal dengan bahan upper yang superlembut

8

Nike

Phantom GT2 Academy IC

Nike Phantom GT2 Academy IC 1枚目

Pancarkan gaya stand out yang cool

9

MUNICH

Prisma

MUNICH Prisma 1枚目

Sepatu yang nyaman untuk si kaki lebar

10

Puma

King Top TT

Puma King Top TT 1枚目

Tampil klasik dengan fold-out tongue dan warna monokrom

Perincian produk
Close
No.1

Vita Nova Atletik Ortuseight Jogosala Rampage

Mulai dari Rp429.000,00

Kestabilannya mumpuni untuk mendukung pergerakan pivot

Kelebihan:

  • Dilengkapi Quick-Fit yang dapat menyesuaikan bentuk kaki sehingga memberikan kenyamanan bagi pemakainya
  • Terdapat teknologi Ort-shoX yang merupakan teknologi pada insole untuk mencegah kaki bergeser ketika berlatih

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan daya tahan sepatunya kurang bagus

Sepatu ini layak untuk dipilih jika Anda kerap melakukan gerakan pivot saat bermain bola. Produk lokal Ortuseight ini dilengkapi dengan berbagai teknologi yang akan memastikan kaki Anda aman dan nyaman selama bermain.


Selain itu, sepatu ini dilengkapi dengan teknologi Cumulus Foam. Teknologi ini memberikan midsole yang mampu meredam benturan kaki ke permukaan tanah. Kerennya lagi, Anda juga bisa lebih mudah melakukan gerakan pivot, seperti menggocek untuk mengecoh lawan berkat teknologi Ort-Curve. Yakin, tak tertarik?

No.2

SPECSLs Ultra In Meta Crush Pack

Mulai dari Rp579.800,00

Lincah di lapangan mini soccer dengan high grip rubber outsole

Kelebihan:

  • Desain fleksibel, empuk, dan berbobot ringan, Anda pun bisa lebih leluasa bergerak
  • Pengguna yang berkaki lebar menyatakan bahwa nyaman memakainya

Kekurangan:

  • Bagian dalam agak susah dibersihkan karena insole-nya tidak bisa dilepas menurut beberapa pengguna

Anda sering merasa kesulitan berlari di lapangan mini soccer? Yuk, pilih saja produk ini. Outsole berbahan karetnya dapat meningkatkan traksi ketika bergerak di lapangan. Alhasil, Anda pun tak perlu takut tergelincir atau kesulitan berlari. Ls Ultra In Meta Crush Pack ini merupakan sepatu yang cocok untuk mini soccer.


Selain itu, outsole-nya juga dirancang khusus untuk memudahkan Anda mengubah arah saat sedang berlari. Anda pun bisa dengan mudah melewati pemain lawan layaknya Neymar. Bagian upper-nya juga dibuat untuk memudahkan Anda mengontrol bola saat berlari di lapangan rumput sintetis.

No.3

SPECSMetasala Nativ 3

Mulai dari Rp499.800,00

Satu sepatu untuk sepakbola dan hangout? Bisa!

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan outsole berbahan karet berdaya cengkeram tinggi dan peredam phylon
  • Memiliki lapisan busa, nyaman saat dipakai

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengeluhkan ada bagian yang terasa sempit

Jika Anda mencari sepatu yang dapat digunakan untuk hangout dan olahraga, produk ini pilihannya. Sepatu SPECS Metasala Nativ 3 dapat diandalkan sebagai sepatu multifungsi, bahkan sebagai produk lifestyle untuk para pencinta sepakbola.


Dengan perpaduan material sintetis dan tekstil, sepatu ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Sepatu ini memiliki keamanan berupa sistem penguncian pada area tali dan tengah sepatu. Dengan begitu, sepatu akan melekat kuat di kaki Anda.

No.4

Vita Nova AtletikOrtuseight Catalyst Revenge In

Mulai dari Rp379.000,00

Kaki lebih nyaman dan aman dengan dukungan berbagai teknologi

Kelebihan:

  • Sepatu tak akan mudah lepas saat pertandingan karena dibuat dengan teknologi Ort-Strap
  • Adanya teknologi Ort-treX yang dapat menghasilkan akselerasi dan manuver cepat

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan lemnya kurang rapi

Sepatu Ortuseight Catalyst Revenge In adalah sepatu futsal yang menggunakan teknologi Quick-Fit. Sepatu ini dilengkapi material pelapis dalam upper sepatu yang dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memberikan kenyamanan bagi Anda. Sepatu ini juga dilengkapi dengan teknologi Ort-Spine.


Teknologi ini mampu melindungi tapak kaki dari cedera sekaligus tetap memberikan fleksibilitas dalam bermanuver. Perlindungan lain juga didapat dari teknologi Ort-shoX pada insole yang mencegah kaki bergeser. Sepatu ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan keamanan dan kenyamanan ekstra saat bermain.

No.5

Sepatu bola untuk lapangan sintetis berharga ekonomis

Kelebihan:

  • Menawarkan size yang cukup lengkap, bisa dipakai anak-anak dan dewasa

Kekurangan:

  • Seller tidak mencantumkan detail ukuran berdasarkan sentimeter sehingga beberapa pengguna mengeluh jika ukuran tidak sesuai

Apakah Anda memiliki bujet yang minim untuk membeli sepatu sepak bola artificial ground? Kalau begitu, jatuhkan saja pilihan Anda pada produk ini. SPEED menawarkan sepatu sepak bola dengan harga yang miring dibandingkan merek lainnya.


Tak hanya itu, sepatu sepak bola ini juga berbahan lentur dan memiliki sol yang ringan. Dengan demikian, kaki tak akan mudah lecet dan Anda pun bisa bermain dengan nyaman di lapangan.

No.6

DecathlonKIPSTA Agility 100 8398029

Mulai dari Rp295.000,00

Dapat diberi detail nama Anda untuk kesan lebih personal

Kelebihan:

  • Berbahan PU yang awet di setiap musim
  • Dapat dijadikan sebagai sepatu sekolah berkat balutan warna hitamnya

Kekurangan:

  • Tidak bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci
  • Tidak dikemas menggunakan kardus, hanya kertas tipis

Sepatu sepak bola ini dibuat dari bahan upper serta sol yang tahan saat digunakan di bebatuan dan tanah buatan. Decathlon KIPSTA Agility 100 juga memiliki stabilitas yang mumpuni berkat adanya penguatan internal yang akan mendukung kaki Anda.


Menariknya lagi, rekomendasi sepatu mini soccer ini juga bisa diberi detail nama Anda, lho. Anda tinggal membawanya saja ke toko Decathlon resmi terdekat. Produk ini merupakan pilihan tepat apabila Anda ingin memiliki sepatu bola artificial grass yang personalized.

No.7

adidasCopa Sense.3 Indoor Sala Boots

Mulai dari Rp800.000,00

Kontrol bola lebih optimal dengan bahan upper yang superlembut

Kelebihan:

  • Jahitan di bagian upper-nya didesain seminimal mungkin untuk mengurangi iritasi saat Anda bergerak
  • Tersedia ukuran size untuk anak-anak dan orang dewasa
  • Di bagian upper tengah sampai belakang berbahan mesh yang breathable

Kekurangan:

  • Insole-nya tidak dapat dilepas sehingga cukup sulit membersihkannya

Apabila Anda terbiasa mengontrol permainan dengan menguasai bola, sepatu adidas Copa Sense.3 Indoor Sala Boots ini wajib dipilih. Bagian upper-nya dibuat dari kulit sintetis yang lembut. Alhasil, Anda pun bisa melakukan sentuhan terhadap bola dengan lebih ringan ke arah mana pun.


Tak hanya itu, Anda juga dapat bergerak makin gesit ke berbagai arah tanpa kehilangan kontrol bola. Semuanya berkat outsole berbahan karet yang membuat Anda lebih mudah berakselerasi.

No.8

NikePhantom GT2 Academy ICDC0765-808

Mulai dari Rp1.279.000,00

Pancarkan gaya stand out yang cool

Kelebihan:

  • Dibuat dari kulit sintetis yang ringan, tahan lama, dan mudah dibersihkan
  • Bahannya breathable, tidak akan membuat kaki merasa pengap ataupun menimbulkan bau apak

Kekurangan:

  • Kurang cocok dipilih oleh penyuka warna netral

Pilihlah sepatu bola yang satu ini apabila Anda ingin tampil stand out saat di lapangan. Nike Phantom GT2 Academy IC ini hadir dengan balutan warna oranye yang mencolok dan fresh. Anda pun akan menjadi pusat perhatian para penonton.


Tak hanya tampilannya yang menarik, kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Didesain dengan sockliner yang empuk, sepatu ini akan memberikan kenyamanan dan daya tanggap selama pertandingan.

No.9

Sepatu yang nyaman untuk si kaki lebar

Kelebihan:

  • Menawarkan empat belas pilihan warna yang menarik dan stylish
  • Dilengkapi teknologi X-LITE, Xtructural Mesh, dan X-ARCH yang menyempurnakan kenyamanan saat bermain

Kekurangan:

  • Awal dipakai akan terasa ngepres, setelah 2–3 kali pemakaian baru terasa nyaman menurut beberapa review

Upper sepatu MUNICH Prisma ini dibuat dari bahan kulit asli yang dapat mengikuti kontur kaki Anda. Sementara itu, outsole-nya yang tinggi dan tapaknya yang lebar mampu memberikan kenyamanan untuk Anda yang memiliki kaki lebar.


Pemilik kaki yang lebar tak akan merasa kesempitan atau kesakitan saat memakainya di lapangan, deh. Anda bisa makin bebas bergerak dan menyalurkan tenaga secara maksimal ke seluruh penjuru lapangan.

No.10

PumaKing Top TT105734_01

Mulai dari Rp1.830.700,00

Tampil klasik dengan fold-out tongue dan warna monokrom

Kelebihan:
  • Outsole-nya didesain dengan stud berbahan karet, pergerakan makin fleksibel di lapangan
  • Dibuat dari kulit kanguru yang sudah mendapat sertifikasi dari Leather Working Group

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan sepatu ini cukup sempit sehingga kurang cocok untuk pemilik kaki lebar

Di pasaran, kebanyakan sepatu sepak bola berwarna cerah. Namun, sepatu ini memiliki aura retro yang kentara dengan warna monokromnya. Sepatu PUMA King Top TT bisa digunakan untuk lapangan sintetis.


Dibuat dari bahan kulit kanguru, desain sepatu ini makin terlihat klasik dan mewah. Terlebih lagi, bagian lidah sepatunya dilipat keluar ala sepatu bola jadul. Pastinya, produk ini tak boleh dilewatkan oleh Anda para pencinta dan kolektor sepatu sepak bola berdesain klasik.

Pertanyaan umum seputar sepatu sepak bola untuk artificial ground

Pertanyaan umum seputar sepatu sepak bola untuk artificial ground

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar sepatu sepak bola untuk artificial ground. Jika Anda masih penasaran dengan sepatu sepak bola untuk artificial ground, simak jawabannya di bawah ini.

Apa bedanya futsal dengan mini soccer?

Perbedaan futsal dan mini soccer terletak pada jenis dan ukuran bola, ukuran lapangan, serta format permainan. Ukuran lapangan futsal lebih kecil daripada lapangan untuk mini soccer. Kemudian, mini soccer menggunakan ukuran bola nomor 5 dengan berat sekitar 410–450 gram.


Sementara itu, ukuran bola yang digunakan untuk futsal adalah nomor 4 dengan berat sekitar 400–440 gram. Untuk format permainan, futsal dimainkan 5 melawan 5, sedangkan mini soccer 7 melawan 7 atau 9 melawan 9.

Apakah sepatu futsal bisa dipakai untuk sepak bola?

Sepatu futsal tidak direkomendasikan untuk dipakai ketika bermain sepak bola. Alasannya karena sepatu futsal hanya didesain untuk digunakan di lapangan court dan rumput sintetis. 

Baca juga rekomendasi sepatu untuk sepak bola dan futsal di sini

Anda perlu menggunakan sepatu bola jika Anda bermain sepak bola di lapangan tanah atau rumput asli. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sepatu futsal untuk bermain di lapangan indoor agar permainan Anda makin optimal. Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai sepatu untuk sepak bola dan sepatu futsal di sini.

Kesimpulan

Apabila hendak bermain bola di lapangan artificial ground, Anda perlu memilih sepatu yang tepat. Anda bisa memilih sepatu sesuai dengan penggunaannya, misalnya untuk lapangan rumput sintetis, vinyl, atau parquette. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan gaya bermain Anda agar permainan lebih optimal.


Selain itu, pastikan sepatu tersebut memiliki ukuran dan karakteristik yang sesuai dengan kaki Anda. Anda juga perlu mengecek bahan yang digunakan. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer