10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Pisau adalah salah satu kebutuhan utama Anda di dapur. Bagai seorang chef, gunakanlah pisau koki profesional dengan kualitas terbaik, untuk hasil potongan yang maksimal!

Apakah Anda tahu bagaimana cara memilih pisau koki terbaik? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pisau koki, sekaligus merekomendasikan pisau koki terbaik untuk Anda. Siap memotong bagai chef profesional?

Daftar isi

Pisau dapur apa yang Anda gunakan?

Pisau dapur apa yang Anda gunakan?

Apabila kita membicarakan tentang proses masak-memasak, tentunya salah satu komponen terpenting yang harus disiapkan adalah pisau dapur. Bisakah Anda menjelaskan jenis pisau yang Anda gunakan saat ini? Apakah sesuai dengan kebutuhan Anda dan nyaman untuk digunakan? Bisa jadi Anda membeli pisau tersebut tanpa mengetahui lebih lanjut mengenai jenis dan kegunaan pisau dapur tersebut.

Berikut ini, kami akan memperkenalkan satu buah pisau yang dapat memudahkan proses masak memasak Anda, yaitu pisau koki yang multifungsi.

Hal-hal penting mengenai pisau dapur

Makanan lezat yang dihasilkan dari dapur Anda sendiri tentunya lebih berharga daripada makanan lezat yang disajikan oleh rumah makan. Untuk menyiapkan makanan lezat dari dapur Anda, tentunya diperlukan sebuah pisau dapur.

Pisau dapur macam apa yang tepat untuk Anda? Sebelumnya, mari kita pelajari mengenai pisau dapur yang cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Jenis pisau dapur yang cocok untuk rumah tangga

Ada beberapa jenis pisau yang sering digunakan di dapur, yaitu pisau koki (chef’s knife), pisau kupas (parring knife), pisau roti (bread knife), dan pisau filet (fillet knife). Mari kita lihat apa saja perbedaan bentuk dan fungsi dari pisau-pisau ini.

Pisau koki

Pisau koki

Pisau koki ini mempunyai karakteristik bentuk pisau yang memanjang dan ujung yang tajam. Panjang pisau ini berkisar antara 15 cm hingga 30 cm, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pisau koki yang tajam ini dapat digunakan untuk mengupas, memotong, mengiris, membentuk bahan masakan menjadi potongan kotak-kotak, dan memotongnya hingga menjadi bentuk yang kecil. Daging, ikan, serta sayuran dapat dipotong menggunakan pisau koki ini.

Pisau kupas

Pisau kupas

Pisau kupas juga sering digunakan di dapur. Bentuk pisau ini lebih kecil dibandingkan dengan pisau dapur lainnya. Panjang pisau ini sekitar 5 cm hingga 10 cm. Karena bentuknya yang kecil, pisau ini terlihat seperti pisau koki mini.

Fungsi dari pisau kupas adalah untuk mengupas buah, memotong sayuran, dan dapat digunakan untuk melepaskan kulit udang. Kelebihan lain dari pisau ini adalah, Anda dapat memotong bahan masakan dengan lebih detail dan presisi, seperti untuk membuat hiasan makanan.

Pisau roti

Pisau roti

Pisau roti memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan pisau dapur lainnya. Panjang yang dimiliki pisau ini adalah 12,5 cm sampai 30 cm. Jenis pisau yang dimiliki pisau roti ini berbentuk gerigi, yang akan memudahkan Anda untuk memotong roti yang keras pada bagian luarnya, tanpa membuat bagian dalamnya yang lembut menjadi hancur.

Sesuai dengan namanya, pisau roti ini cocok untuk memotong roti Perancis atau yang lebih dikenal dengan nama baguette. Tidak hanya itu, pisau roti ini dapat Anda gunakan untuk memotong buah, sayuran, daging yang lunak, serta makanan dengan permukaan yang sedikit keras, seperti buah nanas.

Pisau filet

Pisau filet

Pisau filet memiliki bentuk yang lebih tipis dan ramping dibandingkan dengan pisau koki. Ukuran panjang yang dimiliki oleh pisau filet adalah sekitar 15 cm dengan ujung pisaunya yang meruncing dan melekuk.

Fungsi utama dari pisau ini adalah memotong daging mentah. Selain itu, pisau filet dirancang untuk memisahkan daging ayam dari tulangnya, mengiris daging dengan tipis, memisahkan ikan dari tulangnya, serta membuang lemak pada daging.

Pisau koki adalah pisau serbaguna

Seperti yang sudah Anda baca di atas, ternyata banyak jenis pisau dapur dengan fungsi yang berbeda-beda. Untuk Anda yang praktis dan tidak ingin memiliki banyak pisau, pisau koki dapat menjadi pilihan Anda. Pisau ini dapat dikatakan sebagai pisau serbaguna, karena memiliki keunggulan-keunggulan berikut ini.

Pisau koki dapat digunakan untuk berbagai ukuran bahan masakan

Pisau koki dapat digunakan untuk berbagai ukuran bahan masakan

Ketika Anda menyiapkan bahan masakan, pada saat memotong daging dan sayuran, pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memotong bahan yang memiliki diameter yang cukup besar, seperti kol atau semangka? Mungkin saja hal ini terjadi karena pisau yang Anda gunakan terlalu pendek.

Pisau koki memiliki panjang sekitar 15 cm sampai dengan 30 cm. Dengan varian panjangnya ini, Anda dapat memilih panjang yang nyaman untuk Anda gunakan. Pilihan pisau koki dengan panjang sekitar 20 cm sampai dengan 24 cm adalah pilihan yang terbaik untuk digunakan pada berbagai macam ukuran bahan masakan.

Mata pisau koki yang meruncing

Mata pisau koki yang meruncing

Ujung mata pisau yang meruncing merupakan salah satu ciri khas dari pisau koki. Dengan ciri khasnya ini, pisau koki dapat digunakan untuk memotong ikan, ayam, dan daging lainnya dengan mudah.

Pada saat ini, banyak bahan masakan yang terbungkus oleh kemasan plastik, seperti bumbu-bumbu instan, ataupun daging yang dikemas oleh plastik kedap udara. Dengan pisau koki, Anda dapat menggunakan ujung mata pisaunya yang runcing untuk membuka plastik ini, sehingga Anda tidak lagi perlu menyiapkan gunting di dapur anda.

Cara memilih pisau koki

Karena pisau dapur digunakan sehari-hari, sepertinya memilih pisau pada saat membelinya merupakan hal yang mudah. Namun, dengan adanya berbagai bentuk, jenis, bahan dasar, serta kualitas pisau yang ada di pasaran,  memilih pisau bisa menjadi hal yang membingungkan Anda.

Jika Anda menginginkan pisau serbaguna, maka pisau koki merupakan pilihan yang terbaik. Selain itu, apa saja yang perlu Anda perhatikan pada saat memilih pisau koki?

Pilih panjang pisau koki yang sesuai

Pilih panjang pisau koki yang sesuai

Panjang pisau harus nyaman untuk Anda gunakan, karena hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya cedera di dapur Anda. Panjang pisau yang umum adalah berukuran 18 cm, 21 cm, dan 24 cm. Apa saja perbedaannya?

18 cm

Walaupun ukuran ini pendek, pisau koki dengan panjang 18 cm memiliki kelebihan yaitu, Anda dapat mengendalikan pisau ini dengan mudah. Pisau koki ini dapat memotong bahan masakan dengan ukuran yang kecil maupun besar.

21 cm

Pisau koki dengan ukuran 21 cm dirasa cocok untuk digunakan oleh wanita, karena ukuran ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pisau ini dapat digunakan untuk bahan masakan dengan ukuran yang besar seperti semangka, serta daging dengan ukuran pada umumnya.

24 cm

Pisau koki dengan panjang 24 cm dirasa lebih cocok digunakan oleh kaum pria. Fungsi yang dimiliki oleh pisau ini adalah untuk memotong bahan masakan dengan berbagai macam ukuran.

Pilih bahan dasar pisau koki

Bahan pisau merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan pada saat memilih pisau. Ada tiga jenis bahan utama yang digunakan untuk membuat pisau dapur. Ketiga bahan utama ini memiliki keunggulannya masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baja

Baja

Baja merupakan perpaduan besi yang memiliki sifat kuat dan tahan panas. Pisau dari bahan baja memiliki ketajaman yang baik. Karena itu, bahan ini masih menjadi pilihan oleh koki profesional.

Kelemahan dari bahan baja ini adalah adanya kemungkinan pisau menjadi karatan, karena tidak dirawat dengan baik. Namun, pisau ini dapat diasah dengan mudah untuk menajamkannya kembali.

Baja tahan karat (stainless steel)

Baja tahan karat (stainless steel)

Penampilan baja tahan karat terlihat mirip dengan baja biasa. Perbedaannya adalah, baja tahan karat merupakan material yang mengandung senyawa besi serta kromium yang berfungsi mencegah terjadinya korosi (karat pada logam).

Pada pisau yang memiliki bahan dasar baja tahan karat, ketajamannya tidak setajam pisau dengan bahan baja biasa. Namun, kelebihan yang dimiliki pisau ini adalah kemampuan tahan karat, sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan di dapur rumah Anda.

Keramik

Keramik

Tampilan pisau keramik secara sekilas seperti pisau berbahan dasar plastik putih, sehingga banyak orang meragukan kualitasnya. Padahal, pisau berbahan keramik ini memiliki mata pisau yang tajam, ringan, serta tahan terhadap asam. Pisau keramik ini tidak mudah rusak dan berubah warna, apabila Anda menggunakannya untuk memotong bahan masakan yang asam, seperti lemon.

Pisau keramik ini juga tidak mungkin berkarat. Namun, kelemahannya adalah pisau keramik ini tidak dapat digunakan untuk memotong bahan masakan yang keras, karena tidak sekuat pisau dengan bahan baja ataupun baja tahan karat.

Pilih berdasarkan harga

Pilih berdasarkan harga

Berbagai toko peralatan rumah tangga menawarkan pisau dengan harga yang beragam. Pisau dengan harga berapa yang sebaiknya Anda beli?

Jika Anda ingin membeli pisau dengan harga yang lebih murah, Anda dapat memilih pisau dengan bahan dasar baja atau keramik. Pisau dapur berbahan baja tahan karat juga tersedia dengan harga yang murah, tetapi biasanya tidak memiliki ketajaman yang baik. Maka pada saat Anda memilih pisau pada saat ingin membelinya, sebaiknya pertimbangkanlah harga yang ditawarkannya dengan kualitas pisau itu sendiri.

10 Rekomendasi pisau koki terbaik

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda sudah dapat megetahui jenis pisau apa yang Anda butuhkan. Dapat dikatakan bahwa pisau koki merupakan salah satu pisau yang wajib hadir di dapur rumah Anda.

Berikut adalah 10 rekomendasi pisau koki terbaik yang dapat Anda pilih untuk menemani kegiatan memasak Anda.

10. QN Pisau Koki Professional

10. QN Pisau Koki Professional

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 400.000

4 Pisau dalam 1 tempat, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pisau koki ini memiliki bahan dasar baja tahan karat, termasuk pada pegangan pisaunya. Desain pisau ini sangat mewah dan menarik, dimana terdapat 4 buah pisau yang bisa menyatu menjadi satu pada tempatnya, yang dilengkapi oleh magnet, sehingga penyimpanan pisau ini menjadi ringkas dan rapih.

4 Jenis pisau ini memiliki ukuran yang berbeda-beda, yaitu 8,3 cm, 12,7 cm, 20,3 cm, dan 22,3 cm. Dengan ukuran yang berbeda-beda ini, pisau koki dapat Anda gunakan sesuai dengan ukuran serta bahan masakan yang akan Anda potong atau kupas.

9. Ideal Pisau Koki Fancy – 18 cm

9. Ideal Pisau Koki Fancy - 18 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.000

Warna-warni cerah pada pegangan yang nyaman untuk digenggam

Pernahkah Anda merasa bosan dengan peralatan masak yang desainnya itu-itu saja? Ideal mengeluarkan pisau koki dengan desain yang menarik pada pegangannya. Warna-warni cerah akan menghiasi dapur Anda, dengan sedikit gambar bunga-bunga. Ada berbagai pilihan warna juga.

Desain yang menarik ini diimbangi dengan kualitas baja tahan karat dan ketajaman yang baik. Panjang pisau koki ini adalah 18 cm, tentunya nyaman  untuk Anda gunakan.

8. IKEA Fordubbla (set isi 2 pcs)

8. IKEA Fordubbla (set isi 2 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 52.900

Si kuning dari Swedia, dapat dipilih untuk memotong atau mengupas

IKEA, toko peralatan rumah tangga yang berasal dari Swedia, mengeluarkan pisau koki dengan jenis Fordubbla. Pisau koki ini dijual berbarengan dengan pisau kupas. Bahan dasar pisau koki ini adalah baja tahan karat yang berkualitas.

Desain pisau ini memiliki desain yang khas IKEA, yaitu minimalis dan modern. Pisau koki ini dilengkapi dengan pegangan yang berwarna kuning, dan memiliki bahan dasar plastik polipropilena. Panjang yang dimiliki pisau koki ini adalah 27 cm.

7. Gohide Universal Pisau Koki Bahan Keramik

7. Gohide Universal Pisau Koki Bahan Keramik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 149.900

Pisau keramik dengan desain elegan, tetap tajam dan anti lengket

Pisau koki berbahan dasar keramik ini tidak akan menimbulkan karat serta noda walaupun sering Anda gunakan. Meskipun memiliki bahan dasar keramik, pisau koki ini memiliki ketajaman yang baik, dapat digunakan untuk mengupas dan memotong sayuran serta buah-buahan yang memiliki testur lengket.

Desain pisau ini dirancang untuk terlihat elegan dan mewah, tetapi tetap nyaman untuk Anda gunakan. Panjang pisau ini secara keseluruhan adalah 20,5 cm. Tambahan lain dari pisau koki ini adalah dilengkapi dengan penutup mata pisau, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terluka pada saat menyimpannya atau pada saat Anda membawanya bepergian.

6. Ideal Pisau Koki – 20 cm

6. Ideal Pisau Koki - 20 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.500

Pisau koki yang dapat membuka botol

Ideal adalah perusahaan dalam negeri yang mengeluarkan produk rumah tangga dengan kualitas tinggi. Salah satu produk yang dikeluarkan adalah pisau koki yang dilengkapi dengan pembuka botol, yang memiliki ukuran sepanjang 20 cm. Bahan yang digunakannya adalah baja tahan karat.

Pisau koki serbaguna ini dapat digunakan untuk memotong, mengupas, mengiris, dan keunggulannya adalah dapat membuka botol. Tampilan pisau koki ini dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari plastik, tersedia dalam warna hitam dan biru.

5. G-Smart Pisau Koki – 27,5 cm

5. G-Smart Pisau Koki - 27,5 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.000

Pisau koki dengan granton edge, pengirisan bahan masakan menjadi lebih mudah

Pisau koki G-Smart ini merupakan pisau yang sering digunakan oleh koki-koki profesional di Jepang. Desain pisau ini berbeda dari pisau lainnya, terutama pada bagian bilah pisaunya. Pisau koki ini memiliki granton edge pada kedua bilah pisau, yang dapat memudahkan proses pengirisan bahan makanan.

Bahan dasar dari pisau ini adalah baja tahan karat dengan kualitas yang premium, sehingga akan tahan lama dan dapat diasah kembali. Pegangan pisau juga terbuat dari bahan yang kuat dan nyaman untuk digunakan. Panjang yang dimiliki oleh pisau ini adalah 27,5 cm.

4. Neoflam Pisau Koki Mukizu

4. Neoflam Pisau Koki Mukizu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 153.000

Praktis memotong makanan dengan pisau yang dilapisi lapisan anti lengket

Pisau koki Mukizu, yang bilah pisaunya yang tajam dan tahan lama, dilapisi oleh lapisan anti lengket Ecolon. Dengan adanya lapisan anti lengket ini, maka bahan makanan tidak mudah menempel pada permukaan pisau dan pisau akan lebih mudah dibersihkan. Pisau koki keluaran Neoflam adalah yang berwarna biru muda.

Pisau Mukizu dapat digunakan untuk memotong, mencincang, serta mengiris bahan masakan. Desain yang ditawarkan juga menarik, dan tersedia dalam pilihan berbagai macam warna yang lembut. Selain itu, pegangan pisau juga dilapisi oleh antibakteri Microban, sehingga kebersihan pegangan pisau lebih terjaga dan aman dari bakteri jahat.

3. Jamie Oliver JB7300 Chef Knife

3. Jamie Oliver JB7300 Chef Knife

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 480.000

Pisau koki dari koki terkenal Jamie Oliver, untuk membantu persiapan memasak Anda

Peralatan dapur yang ditawarkan oleh Jamie Oliver memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu, produk-produk yang ditawarkan selalu dikombinasikan dengan desain yang modern dan minimalis.

Pisau koki Jamie Oliver ini terbuat dari bahan baja anti karat dengan desain mediterania. Perpaduan ini akan memberikan suasana modern pada dapur Anda. Panjang pisau ini adalah 27,3 cm, akan nyaman Anda gunakan untuk kegiatan masak-memasak setiap hari.

2. Tupperware Pisau Tchef

2. Tupperware Pisau Tchef

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 360.000

Pisau besar untuk memotong daging dan sushi

Tupperware adalah salah satu merek terkenal yang memproduksi peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik, termasuk wadah penyimpanan, wadah penyajian, dan berbagai peralatan dapur. Salah satu produknya adalah pisau Tchef yang diproduksi secara eksklusif dengan jumlah yang terbatas.

Keunggulan pisau Tchef ini adalah bahan dasar yang digunakannya berupa baja tahan karat dengan kualitas yang tinggi. Ukuran yang dimiliki adalah 30 cm, sehingga nyaman digunakan untuk memotong daging dan cocok sebagai pemotong sushi. Tambahan lainnya adalah adanya sarung pengaman, sehingga mata pisau akan terlindungi pada saat penyimpanan.

1. Maxim Pisau Koki Serbaguna – 19 cm

1. Maxim Pisau Koki Serbaguna - 19 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 103.000

Pisau dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau

Maxim merupakan salah satu produsen peralatan dapur sejak 31 tahun yang lalu. Salah satu produk yang ditawarkan oleh Maxim adalah pisau koki serbaguna yang dapat mempermudah proses masak memasak di dapur Anda.

Bahan pisau koki ini terbuat dari bahan baja anti karat yang berkualitas tinggi, yang mudah untuk dibersihkan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Desain pisau ini dilengkapi oleh pegangan dengan warna yang elegan, yaitu merah dan hitam. Pegangan pisau ini terbuat dari bahan silikon yang kokoh dan nyaman untuk Anda pegang pada saat menggunakannya.

Kesimpulan

Setelah melihat berbagai macam pisau koki, tentunya Anda akan menemukan adanya pisau koki dengan berbagai macam desain, bahan, kualitas, serta harga yang beragam. Sudahkah Anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Pisau koki memang merupakan pisau serbaguna yang sangat diperlukan ketika Anda memasak. Dengan memilih pisau yang sesuai untuk Anda, maka kegiatan memasak Anda akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat, serta lebih menyenangkan. Selamat memotong dan memasak!