• 10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sesuai namanya, chef knife sering digunakan oleh para koki (chef). Chef knife (pisau koki) termasuk pisau serbaguna yang disukai para ibu rumah tangga karena memiliki beragam fungsi. Pisau ini dapat dipakai untuk memotong sayuran, mengiris daging, mencincang bumbu, dan sebagainya.


Berbagai ukuran chef knife serta bahan yang digunakan mungkin membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips cara memilih chef knife terbaik. Produk-produk terbaik rekomendasi kami, seperti merek IKEA, Tramontina, dan Jamie Oliver juga akan kami ulas. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 17 Agustus 2020
  • 7.597 Views
Daftar isi

Apa kelebihan dari chef knife (pisau koki)?

Apa kelebihan dari chef knife (pisau koki)?

Chef knife atau yang juga disebut French knife memiliki bentuk mata pisau yang meruncing dengan ujung tajam. Ujung mata pisau yang tajam ini mudah digunakan untuk menusuk bahan makanan yang akan diolah. Anda dapat memotong, mencincang daging, atau bahkan memisahkan daging ikan dari tulangnya menggunakan pisau ini.


Ketajaman ujung pisau ini bukan hanya untuk memotong daging dan ikan, melainkan juga untuk mengolah bahan makanan lain seperti sayur dan buah-buahan. Di pasaran, chef knife tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.


Santoku knife, pisau serbaguna yang umum digunakan di Jepang, mempunyai mata pisau yang lebih lebar dengan ujung melengkung. Pisau ini juga memiliki ragam kegunaan, khususnya untuk mencincang sayuran.


Sementara itu, di negara-negara Barat, bentuk chef knife biasanya lebih panjang dengan ketajaman yang juga baik. Di sana, pisau ini biasa dipakai untuk mengiris daging yang besar dan keras serta memotong labu.

Cara memilih chef knife (pisau koki)

Pertama-tama, kami akan menjelaskan pada Anda apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih chef knife. Poin penting yang harus Anda perhatikan adalah ukuran mata pisau serta bahan yang digunakan. Simak penjelasannya berikut ini!

Sesuaikan ukuran mata pisau dengan ukuran tangan dan bahan yang akan diolah

Sesuaikan ukuran mata pisau dengan ukuran tangan dan bahan yang akan diolah

Mata pisau chef knife tersedia dalam berbagai ukuran. Namun, ukuran yang biasanya dijual di pasaran adalah 18 cm, 21 cm, dan 24 cm. Mata pisau yang panjangnya 18 cm cocok dipakai oleh Anda yang bertangan kecil. Gunakan pisau ini hanya untuk memotong bahan masakan yang berukuran kecil pula. Chef knife berukuran 18 cm susah dipakai jika digunakan untuk memotong bahan masakan yang besar seperti bongkahan daging.


Chef knife ukuran 18 cm paling pas dipakai oleh wanita untuk memasak sehari-hari. Anda bisa memotong berbagai bahan masakan dengan pisau ini selama ukurannya tidak terlalu besar. Jika Anda bingung dalam memilih ukuran, pisau berukuran 18 cm tidak akan mengecewakan Anda.


Chef knife berukuran 21 cm biasanya dipakai untuk keperluan komersial, misalnya di toko daging. Pisau ini akan memudahkan Anda ketika memotong bongkahan daging atau ikan berukuran besar. Namun, bagi sebagian orang, pisau ini sulit dipakai dan dikendalikan. Sebelum memilih ukuran pisau, ada baiknya Anda memeriksa ukuran tempat penyimpanannya terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan bahan mata pisau yang digunakan

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk mata pisau chef knife adalah baja, stainless steel, keramik, dan baja Damaskus. Masing-masing bahan ini memiliki kelebihan tersendiri. Yuk, lihat tiap kelebihan bahan berikut ini.

Baja: sangat tajam dan biasa digunakan oleh para profesional

Baja: sangat tajam dan biasa digunakan oleh para profesional

Pisau koki dari baja memiliki kualitas ketajaman yang baik. Bahan ini banyak disukai dan sering digunakan oleh para profesional. Kualitas mata pisaunya juga sangat bagus. Jika Anda rajin mengasahnya dengan benar, pisau ini dapat dipakai dalam jangka lama.


Sayangnya, pisau dari bahan baja mudah berkarat. Jadi, Anda harus segera membersihkannya setelah digunakan. Meski mudah berkarat, Anda bisa menghilangkan karatnya dengan cara mengasahnya.

Baja Damaskus : tajam, tahan lama, dan berdesain menarik

Baja Damaskus : tajam, tahan lama, dan berdesain menarik

Baja Damaskus adalah bahan legendaris buatan Eropa Kuno yang dibuat kembali menggunakan teknologi masa kini. Bahan ini merupakan salah satu jenis baja yang tahan lama, tahan karat, dan memiliki ketajaman yang sangat baik.


Pembuatan pisau ini adalah dengan menggabungkan logam molibdenum dan menempanya bersama baja Damaskus hingga berlapis-lapis. Proses tersebut akan menghasilkan pisau yang tahan karat dan supertajam. Pola yang tersusun dari lapisan baja ini menyerupai serat kayu yang memberikan kesan mewah. Karena itu, pisau berbahan baja Damaskus ideal untuk Anda yang mengutamakan tampilan pisau.

Stainless steel: tahan karat dan mudah dirawat

Stainless steel: tahan karat dan mudah dirawat

Karakteristik chef knife dari bahan stainless steel yaitu tahan terhadap karat dan mudah dirawat. Meski kualitas ketajamannya sedikit lebih rendah daripada baja, bahan ini mudah dibersihkan. Karena itu, pisau koki berbahan ini kami rekomendasikan untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Tak hanya ibu rumah tangga, chef knife dari stainless steel juga banyak dijadikan favorit oleh para profesional.


Jika dilihat sekilas, chef knife dari stainless steel memang terlihat mirip dengan pisau dari baja. Akan tetapi, pisau koki dari stainless steel dijual dengan harga yang terjangkau karena diproduksi secara massal. Pisau ini sangat berguna sehingga Anda tak akan rugi memilikinya!

Keramik: ringan dan bebas karat

Keramik: ringan dan bebas karat

Pisau koki dari keramik mempunyai bobot yang ringan sehingga tidak membuat tangan Anda cepat lelah. Cocok dipakai oleh anak-anak dan orang tua. Berbeda dengan bahan baja dan stainless steel, pisau dari keramik tidak akan berkarat. Selain itu, warnanya juga tidak akan pudar meski dipakai untuk mengiris bahan makanan yang mengandung asam seperti lemon.


Meskipun mudah dirawat, chef knife dari keramik mudah retak. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat memotong bahan makanan yang keras karena dikhawatirkan akan rusak.

Jangan lupa mengecek bahan gagang pisau

Bahan gagang pisau juga merupakan poin yang tak boleh diabaikan. Bahan yang digunakan pada gagang akan memengaruhi kenyamanan dan kemudahan saat menggunakan pisau. Bahan yang biasa digunakan untuk gagang pisau adalah kayu, resin, dan stainless steel. Cek perbedaannya berikut ini!

Kayu: ringan dan nyaman dipegang

Kayu: ringan dan nyaman dipegang

Pisau bergagang kayu dikenal ringan dan nyaman dipegang. Meskipun begitu, bahan kayu mudah menyerap air sehingga warna dan bentuknya cenderung mudah berubah. Bahkan, jika tidak dikeringkan dengan benar, gagang pisau dari kayu akan rusak terlebih dahulu sebelum mata pisaunya. Karena itu, berhati-hatilah saat membersihkannya, ya!

Resin: higienis dan tidak mudah rusak

Resin: higienis dan tidak mudah rusak

Gagang pisau dari resin umumnya berat dan keras sehingga bobot gagang dan mata pisaunya seimbang. Kelebihan lainnya adalah sifatnya yang antibakteri. Bahan ini juga tahan air sehingga mudah dirawat. Para profesional biasanya menggunakan pisau dengan gagang berbahan resin. Apabila Anda tidak memfavoritkan bahan tertentu, pisau koki bergagang resin bisa jadi opsi yang pas.

Stainless steel: tampak stylish dan mudah dirawat

Stainless steel: tampak stylish dan mudah dirawat

Kelebihan gagang dari stainless steel adalah tahan karat dan mudah dibersihkan. Chef knife bergagang stainless steel cocok untuk pemula karena mudah dipakai. Stainless steel juga terkesan lebih higienis karena tidak memiliki serat. Kami merekomendasikan gagang dari bahan ini untuk Anda yang mementingkan desain karena bahan ini membuat tampilan pisau tampak lebih stylish. Selain itu, jika Anda memilih gagang yang didesain antiselip, tangan Anda tidak akan mudah terasa lelah ketika memotong.

Periksa kelebihan pisau berdasarkan mereknya

Apabila Anda mencari chef knife yang terbaik untuk Anda, kami sarankan Anda memilih berdasarkan kelebihan dari mereknya. Jika Anda tidak mengetahui kelebihan tiap merek, berikut ini penjelasan kami. Temukan pisau yang sesuai untuk Anda, ya.

IKEA: tetap tajam meski dipakai dalam jangka lama

Siapa yang tak kenal IKEA? Tak hanya furnitur, merek peralatan rumah tangga asal Swedia ini juga mengeluarkan produk pisau serbaguna untuk di dapur. Pisau-pisau dapur dari IKEA umumnya menggunakan campuran unsur logam molibdenum dan vanadium. Perpaduan kedua logam ini membuat pisau dapur IKEA tetap tajam dalam waktu lama.


Tak hanya itu, gagang pisaunya juga memakai bahan dan desain yang dibuat sedemikian rupa sehingga membuatnya nyaman digenggam. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk gagang pisaunya adalah plastik polipropilena, karet sintetis, plastik asetal, dan stainless steel. Pilihlah pisau-pisau dari IKEA jika Anda menginginkan ketajaman yang tahan lama.

Jamie Oliver: untuk Anda yang ingin memasak layaknya chef profesional

Kami merekomendasikan pisau dari chef terkenal Jamie Oliver untuk para anak muda yang ingin memasak layaknya chef profesional. Produk pisau Jamie Oliver diklaim memiliki kualitas yang premium. Desainnya yang sangat stylish pasti disukai anak muda yang hobi masak hingga kalangan profesional. 


Mata pisau dan gagangnya menggunakan stainless steel yang menjamin ketahanan terhadap karat. Memasak hidangan sehari-hari hingga yang memiliki kesulitan tinggi menjadi lebih mudah jika menggunakan pisau Jamie Oliver.

Tramontina: memberi garansi 25 tahun

Pisau dari Tramontina dirancang khusus untuk penggunaan sehari-hari. Produsen ini memberikan garansi ketahanan produk mereka selama 25 tahun. Baja yang digunakan untuk mata pisaunya sudah melalui proses hardening untuk memanaskannya. Kemudian, baja didinginkan dan dilakukan proses tempering untuk meningkatkan elastisitas baja. Semua proses tersebut menghasilkan mata pisau yang awet dan tahan lama. Selain itu, gagang milik pisau chef knife Tramontina didesain ergonomis untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat digunakan.

10 Rekomendasi chef knife (pisau koki) terbaik

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda sudah mengetahui chef knife seperti apa yang dibutuhkan. Berikut adalah rekomendasi pisau koki terbaik yang dapat Anda pilih untuk menemani kegiatan memasak Anda.

10
Panjang mata pisau27,5 cm
Bahan mata pisauStainless steel
Bahan gagang pisauTidak ada keterangan
9
Panjang mata pisau22 cm
Bahan mata pisauStainless steel
Bahan gagang pisauPlastik
8
Panjang mata pisau20,5 cm
Bahan mata pisauStainless steel lapis titanium
Bahan gagang pisauTidak ada keterangan
7

GrandsharpChef Knife 8 inch Japanese Damascus Knife VG 10

Rp 3.326.000,00

Panjang mata pisau20,3 cm
Bahan mata pisauBaja Damaskus
Bahan gagang pisauTidak ada keterangan
6
Panjang mata pisauTidak ada keterangan
Bahan mata pisauStainless steel
Bahan gagang pisauStainless steel
5
Panjang mata pisau20 cm
Bahan mata pisauStainless steel
Bahan gagang pisauPlastik asetal
4
Panjang mata pisau14 cm
Bahan mata pisauKeramik
Bahan gagang pisauTidak ada keterangan
3
Panjang mata pisau18 cm
Bahan mata pisauVG10+13 Chrome Stainless Steel
Bahan gagang pisauReinforced black wood
2
Panjang mata pisau27,3 cm
Bahan mata pisauStainless steel
Bahan gagang pisauTidak ada keterangan
1
Panjang mata pisau20,3 cm
Bahan mata pisauStainless steel
Bahan gagang pisauPolycarbonate, fiberglass

Tabel perbandingan produk chef knife (pisau koki) terbaik

Gambar produk
1
Tramontina 8" Chef's Knife 1

Tramontina

2
Jamie Oliver Chef Knife 1

Jamie Oliver

3
TOJIRO DP A-1 3Layered by VG10 Chef Knife 180mm 1

TOJIRO

4
Kohana Chef's Knife 1

Kohana

5
IKEA VARDAGEN Pisau Masak, Abu-Abu Tua 1

IKEA

6
IDEAL Unibody Full Stainless Steel Chef Knife 1

IDEAL

7
Grandsharp Chef Knife 8 inch Japanese Damascus Knife VG 10 1

Grandsharp

8
Neoflam Titanium Chef Knife 8" Rose Gold 1

Neoflam

9
Nirosta  Chef Knife 1

Nirosta

10
G-Smart Pisau Koki – 27,5 cm 1

G-Smart

Nama produk

8" Chef's Knife

Chef Knife

DP A-1 3Layered by VG10 Chef Knife 180mm

Chef's Knife

VARDAGEN Pisau Masak, Abu-Abu Tua

Unibody Full Stainless Steel Chef Knife

Chef Knife 8 inch Japanese Damascus Knife VG 10

Titanium Chef Knife 8" Rose Gold

Chef Knife

Pisau Koki – 27,5 cm

Keunggulan

Berkualitas, kuat, dan tahan lama!

Pisau koki stylish yang memberi sentuhan modern di dapur Anda

Gagangnya dari kayu yang tahan air

Dibuat dari bahan yang buat makanan tetap fresh

Panjang gagang seimbang dengan mata pisaunya, enggak bikin tangan pegal

Tak ada lagi tragedi gagang pisau patah!

Pola di permukaan mata pisaunya indah dan khas

Dilapisi titanium, jadi lebih tahan gores

Dengan gagang plastik yang ringan dan tak mudah rusak

Mengiris jadi lebih mudah berkat adanya granton edge

HargaRp 551.000,00Rp 880.000,00Rp 1.447.400,00Rp 350.000,00Rp 249.000,00Rp 71.000,00Rp 3.326.000,00Rp 271.000,00Rp 80.000,00Rp 60.000,00
Panjang mata pisau20,3 cm27,3 cm18 cm14 cm20 cmTidak ada keterangan20,3 cm20,5 cm22 cm27,5 cm
Bahan mata pisauStainless steelStainless steelVG10+13 Chrome Stainless SteelKeramikStainless steelStainless steelBaja DamaskusStainless steel lapis titaniumStainless steelStainless steel
Bahan gagang pisauPolycarbonate, fiberglassTidak ada keteranganReinforced black woodTidak ada keteranganPlastik asetalStainless steelTidak ada keteranganTidak ada keteranganPlastikTidak ada keterangan
Tautan produk

Cara menjaga chef knife (pisau koki) agar tetap tajam

Cara menjaga chef knife (pisau koki) agar tetap tajam

Untuk menjaga agar chef knife Anda tetap tajam tentu adalah dengan mengasahnya. Para pemula biasanya belum tahu cara mengasah yang benar. Hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah membasahi batu asah, lalu asahlah pisau di bawah air yang mengalir. Dengan begitu, proses mengasah akan menjadi lebih mudah dan pisau juga tidak rusak.


Asahlah pisau pada batu asah dengan kemiringan 45 derajat. Kemudian, arahkan ke depan dan ke belakang secara perlahan. Jangan asah pisau dari ujungnya karena dapat merusak pisau. Kuncinya adalah Anda harus mengasah secara seimbang. Terakhir, bersihkan sisa asahan menggunakan kertas koran. Jika Anda merasa mengasah dengan batu terasa merepotkan, Anda bisa memakai alat pengasah pisau yang banyak dijual. 

Baca juga rekomendasi pengasah pisau di sini

Pengasah pisau merupakan benda penting untuk menjaga pisau tetap tajam. Asah pisau Anda secara rutin jika dirasa ketajaman pisau mulai berkurang. Kami telah mengulas beberapa produk pengasah pisau serta menjelaskan cara memilihnya. Apabila Anda tertarik untuk mencari tahu, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah melihat berbagai macam chef knife (pisau koki), tentunya Anda akan menemukan berbagai macam desain, bahan, kualitas, serta harga yang beragam. Sudahkah Anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Pisau koki merupakan pisau serbaguna yang sangat diperlukan ketika Anda memasak. Dengan memilih pisau yang sesuai, kegiatan memasak Anda akan menjadi lebih mudah, lebih cepat, serta lebih menyenangkan. Selamat memotong dan memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    153.308 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    88.322 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    95.795 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    97.422 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Selain karena desainnya yang minimalis, bahan keramik juga jauh lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti BOLDe, Maxim, LocknLock, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang tepat. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan dapur
    3.896 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2020)
    Timbangan dapur digital memainkan peranan penting saat Anda ingin mengukur bahan makanan dalam jumlah sedikit. Anda dapat menemukan timbangan dapur digital dengan berbagai variasi bentuk dan performa. Mulai dari produk yang harganya murah, tahan air, sampai yang mudah dibersihkan, semuanya mudah ditemukan di online shop.Nah, sebelum Anda menentukan pilihan, mari simak cara memilih timbangan digital untuk dapur guna mendapatkan produk terbaik. Selain itu, kami akan merekomendasikan sepuluh timbangan dapur digital terbaik dari berbagai merek, seperti Taffware dan Idealife. Mari simak terus artikel ini!
    Peralatan dapur
    54.659 Views
  • 10 Rekomendasi Pepper Mill (Penggiling Merica) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pepper Mill (Penggiling Merica) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pepper mill atau penggiling lada digunakan untuk menggiling lada dan beberapa bahan masakan yang harus dihaluskan seperti garam batu. Tentunya bumbu yang digiling langsung saat akan dimasak pasti menghasilkan aroma yang khusus. Pepper mill mungkin sudah jadi kawan akrab Anda saat memasak ya. Pepper mill mana yang sudah Anda miliki di dapur? Manual atau elektrik?Bagi Anda yang baru ingin memulai belajar memasak, Anda perlu mengetahui bahwa pepper mill memiliki banyak model. Mungkin sulit bagi Anda menentukan pepper mill mana yang akan Anda pilih. Untuk membantu Anda, kami akan memberikan beberapa informasi tentang pepper mill beserta rekomendasinya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    2.546 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori